Pengalaman Selama Pandemi, Traveling sambil Sekolah Online dan WFH (Work From Home)

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh...
Tak terasa sudah dua bulan anak-anak kembali bersekolah offline di tahun ajaran 2022 / 2023. Suami juga sudah ngantor meskipun masih separo WFH (Work From Home).

Ichi sudah kelas 8 dan Ranggi kelas 5, waktu begitu cepat berlalu terakhir aktif bersekolah disaat Ichi kelas 5 dan Ranggi kelas 2.

Keingat sebelum pandemi sekolah adik kakak berbeda, rutenya tidak searah pula. Kesibukan pagi hari saya anter si kakak, suami berangkat kantor sekalian anter sang adik. Rute sehari-hari saya membentuk segitiga di saat menjemput pulang sekolah, rumah saya di gambarkan di tengah, sekolah sang kakak serong ke kiri, sekolah adik serong ke kanan 🤭.

Masuk ke jenjang SMP, setelah survey ke beberapa sekolah akhirnya pilihan jatuh di sekolah adiknya. Alhamdulillah jadi satu sekolahan bikin emak gak ribet lagi.

Excited dan senang sekali anak-anak kembali ke sekolah dengan teman yang baru, aktifitas kembali normal pulang jam 14.45 WIB  molor-molor jam 15.00 WIB belum lagi kalau ekskul pulang jam 16.00 WIB.

Pelajaran renang di sekolah juga sudah diadakan. Meski kembali ke sekolah lagi akan tetapi prokes tetap dijalankan.
Serunya denger celotehan anak-anak habis berenang di sekolah.

Lomba Agustusan tahun 2022 yang diadakan pada hari ini tanggal 18 Agustus 2022 di Sekolah. Seruu sekali setelah sekian lama tidak ikut lomba-lomba.

Lomba 17-an Ichi dan printilannya
Lomba 17-an Ranggi dan printilannya

Dengan kembalinya anak-anak seperti sebelum pandemi otomatis kegiatan traveling keluarga kami jadi berkurang🤭.

Sebelum pandemi kami sudah biasa ijin untuk traveling biasanya ke Luar Negeri di musim gugur bulan Oktober - November dan musim semi Maret - April,  libur lebaran explore Indonesia. Sisi positifnya liburan kami bisa full tidak memikirkan pekerjaan suami karena status cuti, tidak memikirkan pelajaran dulu sementara.

Selama pandemi, traveling kami makin banyak tapi explore dalam negeri, naik pesawat maupun membawa mobil sendiri. Suami WFH, anak-anak daring sehingga ketika traveling di hari biasa mulai pagi sampai siang banyak di penginapan karena suami meeting pagi dulu sedangkan anak2 sekolah sampai jam 12 - 13.00 WIB. Sisi positifnya cuti awet, jalan santai, tempat wisata sepi.

"Karena saya hobby nyetir jadi yang mendominasi nyetir setiap membawa mobil adalah saya, sedangkan suami navigasi sambil meeting online"


Perjalanan Gusti Yeni Famtrip selama pandemi MARET 2020 - AGUSTUS 2022

Melalui tulisan ini, saya numpang menulis pengalaman anak-anak sekolah online berpindah-pindah tempat alias sambil traveling. 

"Setelah di pikir-pikir ini bagian impian saya, dulu hampir mau Home Schooling sambil explore dalam & Luar Negeri, karena banyak pertimbangan gak jadi, Atas kebesaran Allah impian belajar sambil traveling terealisasi"


Jadi mengenang di saat pandemi kemarin, jam sekolah, Seragam yang dipakai cukup atasan saja, kecuali olah raga harus berdiri mengikuti gerakan olah raga.

Bisa jadi ini bakal menjadi bahan cerita mereka di kemudian hari bahwa Indonesia pernah mengalami pandemi bertahun tahun dimana semua di haruskan stay dirumah saja.

Sayang tidak banyak yg saya dokumentasikan ketika sekolah online di beberapa kota kemarin kemarin.

- sekolah sambil perpanjang paspor

- sekolah sambil nemeni ayah bundanya perpanjang SIM 2021

- Sekolah di kamar hotel, di mobil, di Rest Area dkk.

- Setelah mendaki ke Kawah Ijen berangkat jam 2 pagi kembali ke parkiran sudah jam 7 pagi, auto menuju penginapan ujin dulu join zoom terlambat begitu sampai di penginapan anak-anak langsung ganti baju masuk kelas onlne. Seruuu sebetulnya capek dan ngantuk tapi mereka semangat sampai pelajaran usai lanjut berenang gada capeknya yaa anak2 ituu...

- Mampir rest area karena hujan deras petir dan suami meeting penting

- Disaat masuk ke destinasi wisata ayah sambil dengerin meeting

Masya Allah Tabarakallah Generasi Covid...
Ichi mengalami ujian kelulusan dan wisuda di rumah saja. Bahkan ujian akhir kelas 6 bulan April 2021 kami masih di Belitung 🤭.
      ujian kelas 6 di Hotel Fairfield Belitung

Generasi lulusan Covid bakal dikenang sepanjang masa dimana sekolah full online dirumah, teruntuk kami yang suka familytrip banyak kenangan yang kami lukis bersama.

Awal awal covid kami bepergian sambil belajar online menggunakan hp di mobil, kadang rehat di rest area anak2 sekolah saya suapin mereka. 

Menginjak perjalanan berikutnya anak2 complain krn pusing pake hp dimobil hasilnya kami menginap dari kota satu ke kota lain dan cari wifii kencang, biar pada daring pake laptop emaknya bisa jalan2 sendiri explore kota. 

Meskipun daring sambil traveling tapi anak2 tetep masuk sekolah, kalaupun ijin ga masuk krn sinyal (sangat jarang terjadi) dan pasti kami info ke walI kelas. Bahkan sempat beberapa kali waktu cek out tiba tapi ichi belum kelar sekolahnya lanjut di lobby hotel sampai kelar sekitar jam 14,30.

Bisa dihitung jari anak2 ijin tidak masuk disaat pandemi, tidak sampai 5x dalam setahun, karena wifi dirumah gangguan dan pernah didaerah yg susah sinyal.

"Sekolah swasta daringnya beneran ada interaksi, diskusi tanya jawab, dan kalau ijin tidak masuk masih bisa"

MARET 2020 - APRIL 2020
Awal mula sekolah mulai diliburkan, suami full WFH nah kebetulan adik suami menikah di Sheraton Yogyakarta.

Bismillah lanjut tetap acara dilaksanakan dengan resiko undangan yang sudah tersebar banyak yang tidak bisa hadir. Makanan masih banyak tersisa akhirnya di bagi ke Panti.

Hotel sheraton pada saat itu hanya dibuka 2 lantai saja, serasa milik sendiri kami bebas berenang di beberapa kolam tanpa ramai.
     Sheraton Yogya dari kamar President Suites

Explore Yogya di Malioboro yang sepiiih karena pandemi dan lanjut naik Jeep kami ke merapi

Ulasan jeep merapi Link Jeep merapi

Stay At Home di saat Covid Melanda
Beberes rumah, cat ulang rumah, ganti wallpaper sendiri bersama anak-anak. Kami handle sendiri, sama hobby baru sepedaan.

Agustus 2020
Perdana keluar kandang setelah beberapa bulan ditakutkan dengan berita covid, selalu stay at home aktifitas kami beberes rumah.

Akhirnya kami memberanikan diri Glamping di Sari Ater Lembang Bandung, penginapan model tenda akan tetapi didalamnya ada kasur tv karpet meja kursi makan. 

Alhamdulillah seruu banget sudah gitu di depannya ada kolam renang air panas alami, serasaa milik sendiri karena sepi dan kami membuat api unggun BBQ an juga disana.

Setelah dari Glamping Sari Ater lanjut turun ke Bandung menginap di Ahadiat Hotel Bandung dan silaturahmi temen sosmed Mbak Anggi.
               Ulasan Sari Ater Glamping


OKTOBER 2020

Pertama kali keluar kandang jauhan keluar pulau setelah beberapa bulan dilarang kemana-mana. Kami roadtrip dari Jakarta ke Palembang kemudian ke Lampung (Teluk Kiluan, Villa Andreas Pahawang) 
        Al-Quran Raksasa di Palembang

naik kapal kecil selebar tempat yg saya duduki kami di tengah Teluk Kiluan melihat lumba lumba

Roadtrip kami rame-rame 3 keluarga membawa mobil sendiri-sendiri.
Menginap di Maldivesnya Indonesia Penginapan di atas air dan di Pulau Pahawang

DESEMBER  2020 - JANUARI 2021

Setelah pulang dari Palembang Lampung penasaran dengan Kepulauan Derawan, bismillah akhirnya kami 3 keluarga booking tiket ke Berau dan Balikpapan sekalian. Trip yang tidak mau rugi karena di saat normal pasti mahal. 

Familytrip ke Derawan ini kami menggunakan tes antigen, pada saat awal-awal harga masih tinggi dan antri pula.

Destinasi kami di Kepulauan Derawan antara lain :

     familytrip 3 keluarga dengan anak kecil

- Jakarta - Berau
- Explore Pulau Derawan 1 malam, Pulau maratua 2 malam, Pulau Kakaban, Kehe Daing, Pulau Sangalaki 1 malam, berenang bersama Hiu Tutul, Pulau Spongebob dan Danau Cermin nan elokk.
                       Labuan cermin
                      pulau sangalaki
 Pulau dengan ribuan ubur ubur jinak yaitu Pulau Kakaban
Berenang bersama hiu tutul di Tanjung Redeb
                diving di derawan

"Kepulauan Derawan Luar Biasa Indah" 

- Menginap semalam di Berau sebelum terbang ke Balikpapan lanjut kami terbang keesokan harinya ke Balikpapan
- 1 malam di Balikpapan lanjut menyebrang ke Penajam Paser dan camping di Bukit Embun 1 malam
seminggu di pulau lanjut camping di bukit
                    Bukit tengkorak di PPU

- kembali ke Balikpapan menginap 3 malam 
- Kembali ke Jakarta
(Bagi yg ingin ke Derawan klik ulasan kami ya komplit plit biaya detilnya & ittinerary dijamin puass)

FEBRUARI 2021 - MARET 2021

Roadtrip Jawa mulai dari 

Lanjuttt MUDIKK LAGIII

- Mampir dulu kami ke pemandian air panas alami GUCIKU
- Merasakan sensasi sewa COMPERVAN DI YOGYA 2 hari 1 malam, menginap di pinggir Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogya.

Syahduuu bener bangun tidur buka tenda langsung lihat laut.
Kembali ke Solo dan Mengajak Mertua dan Orang tua ke Hotel Sunqita Tegal. Hotel ini juga memiliki fasilitas air panas alami dengan view yang wowww kereeen. Harganyapun hemat lho 300 ribuan perkamar kami sewa 4 kamar 

Kami explore Guci Tegal lebih lama disini, ada pancuran pitu nah selama covid tutup, ada air terjun ada sewa jeep.

Kembali lagi ke Solo, selanjutnya mertua minta anter kondangan ke Bandung, 

- Perjalanan setelah suami WFH, karena sudah malam sampai Cirebon kami menginap dulu di reddoorz 1 malam.

- Mertua sukaa dengan air panas alami buat pegel-pegel nah kami balik lagi menginap di Glamping Sari Ater Recomended tersedia kolam air panas alami dimana di Agustus 2020 kami habis menginap disini

- Lanjut perjalanan ke Hotel berikutnya Menginap di hotel dengan air panas alami di Ciwidey Hot Waterboom sambil menikmati udara segar di kebun teh Ciwidey.
- Setelah dari Ciwidey kami menghadiri kondangan di saat covid di Bandung, kami menginap 1 malam  di Zest Hotel.

Selanjutnya kembali lagi ke Bekasi selang beberapa hari kami roadtrip lagi kembali ke Solo taklupa mengginap 1 malam kali ini menginap di hotel yang ada air panas alami plus waterboom di Kuningan.
- Hotel plus air panas alami Grage Sangkan Aquapark Kuningan

Seminggu lebih keliling-keliling bersama mertua

Sampai di Solo masih keliling-keliling explore 

Pertama kali kami mencoba Paralayang, excited sekaliii awalnya takut takut gimana eeeh jadi ketagihan. Biaya 400rb/ orang.
- Setalah naik Paralayang di tempat yang tidak jauh dari tempat mendarat di Paralayang kami mencoba River Tubing di Kemuning Jawa Tengah
Menaiki ban sambil menyusuri sungai yang jernih dan bening segar woww banget.

Balik ke Harapan Indah Bekasi, prepare ke Belitung.

April 2021

Masya Allah tabarakallah disaat detik-detik si kakak mau ujian kelas 6 kami malah cabut ke Belitung. Beli tiket juga mendadak ambil paket tiket +hotel di Air Asia.

Destinasi ini harusnya kami pergi di tahun 2020 karena aturan pandemi di tutup penerbangan ke Belitung akhirnya refund tiket kami.

Disaat dunia penerbangan kembali normal meski pakai antigen cuss kami pergi ke Belitung.
 Belitung kereeenn bangettt....

MEY 2021 - JUNI 2021

April setelah dari Belitung siap-siap puasa Ramadhan nah kami tidak mau seperti tahun 2020 DILARANG MUDIK...

Sebelum di larang kami mudik duluan di awal Ramadhan tak lupa masih sempet2nya camping dulu di awal ramadhan di Granadaland.

Gara-gara compervan di Yogya eee suami beli rooftent nah ini begitu rooftent jadi kami jajal pakai di Granadaland.

Lihat keseruan kami ya Camping dengan rooftent seru di awal ramadhan 2021
Seperti biasa menuju ke Solo apalagi pas puasa, kami mampir-mampir berangkat sebelum buka puasa akhirnya kami cek in di Cirebon tepatnya di Hotel Asri Cirebon sekalian sahur disana....
Murahh mana kamarnya luass nah ulasan Hotel Asri yg menyatu dengan Mall di Cirebon cek disini yaa cuma 300rban lhooo...

Setelah cek out kami pindah lagi menginap di Hotel Horison Kuningan konon katanya hotel ini juga ada fasilitas air panas alaminya.

Buka puasa dan sahur disini, view hotelnya juaraaa sih tapi air panas alaminya kurang mantep tetep recomended yg kami kunjungi bulan maret bersama.mertua yaitu Hotel Grage Sangkan Kuningan.

Lanjut pulang ke Solo menikmati Ramadhan di rumah mertua dan rumah orang tua saya gantian tiap hari wira wiri...

Kuliner bersama keluarga dan bepergian bareng Orang Tua + Mertua antara lain :

- Penginapan plus pemandian air panas Nglingut Kendal
- Camping di Bukit Paralayang Segoro Gunung Kemuning sekeluarga besar. 

Viewnya juaraaaa hari pertama lebaran kami bersama orang tua plus mertua plus kakak adik ipar ponakan camping disini.
Pagi harinya kami Explore ke kebun teh dan 

Liburan Lebaran Masih lanjut.....
- Explore Wonogiri menggunakan Kereta Solo - Wonogiri
- Mencoba Bus Werkudoro keliling solo


Solo sekitarnya kan murah muraah ajak rombongan keluarga paling habis makan ga sampai 500rb.

Mumpung lama di Solo sampai 2 bulanan lebih lho kami maksimalin kuliner dan mencoba berbagai destinasi.

Umbul ini mata air alami yg seger nah dibikin buat renang, airnya jernih polll...

Obyek Wisata Air dan Resto Air WATER GONG

Modelnya seperti di Jepang selokan dengan banyak ikaan airnya bening banget...

Kami juga menginap di Villa Tawangmangu mewah murah di Villa murah di Tawangmangu,
 trekking ke Air Terjun Grojogan Sewu yang fenomenal bersama anak-anak. 
Napak tilas peninggalan Mangkuneran berupa 7 mata air beda rasa dan beda Fungsi, ulasannya di sini klik ya
 pokoknyaa Masya Allah enaak enak seruu bisa rame rame nyenengin keluarga besar Insya Allah pahala mengalir.

JULI 2021
Begitu sampai rumah Bekasi, Serangan covid parah menyerang dinegeri ini, Alhamdulillah kami sehat 🤲🤲

AGUSTUS 2021
Menginap di Tree House Safari Lodge Bogor dan berkunjung ke  Taman Safari Bogor saat PPKM level 3. 
 Berbekal Promooo 3 hari 2 malam lhoo cuma bayar semalam menginap di Hotel impian anak-anak ada prosotannya di dalam kamar.

Puass banget menginap di Safari Lodge Puncak Bogor sekaligus explore Taman Safari Cisarua Bogor Indonesia.
tonton yaa video :Taman Safari Bogor
(Gara2 postingan menginap disini views blog ulasan Hotel dengan prosotan di kamar jadi tinggi, mungkin orang pada jenuh di rumah ya)


SEPTEMBER 2021 - OKTOBER 2021
September 2021 roadtrip kembali, penginapan recomended buat anak-anak yang kami singgahi dan promo antara lain
1. Horison Aquapark Kuningan Jabar ulasan lengkap bisa klik di judul.
Kuningan lageee.....
Hotel yang berbeda Hotel Sangkan AquaPark ini memiliki waterboom ada kolam ombak. Kamarnya cakep 1 cottage dengan 2 kamar 1 ruang tamu dan kamar mandi. 

Kami rame-rame menginap disini bersama adik ipar dan mertua. Hotel recomended dengan desain yang cakep sampai Ichi komen pengen punya model kamar seperti hotel ini.

Dalam rangka memperingati Ulang Tahun Pernikahan Orang tua saya dan ulang tahun bapak mertua kami ajak mereka ke Batu malang dan Prigen.

Penginapan instagramable yang kami tempati di Batu Malang ini kereen banget lho, 3 lantai dengan view cakepp semuaa...

Ulasan lengkap di klik di bagian judul yaa...

              Mertua dan orangtua saya
Setelah cek out dari Villa Batu, sholat jumat dulu di masjid alun-alun kota Batu, awalnya kami mau mandi air panas alami ternyata kondisinya tidak terawat alhasil lanjut kami ke Baobab Safari Prigen.

Hotel recomended kidsfriendly di prigen Jawa Timur dengan tema suasana Africa. Hotel ini satu management dengan Taman Safari Indonesia di Jawa Timur.
Kolam renang langsung menyatu dengan aneka hewan africa sehingga kita berenang sambil melihat Jerapah atau Gajah berlalu lalang.
Dari jendela kamar juga bisa langsung melihat aneka hewan tersebut kebetulan kami dapat harga promo 639rb perkamar include tiket masuk taman safari 2 pax.
                          balkon kamar

Lanjut explore Taman Safari Prigen, seumur-umur orang tua kami belum pernah masuk ke Taman Safari.

Alhamdulillah happy...
Sampai di Solo selang beberapa hari lanjut kamii menginap di Hotel hits di Yogya.
Kami dapat promo 3 hari 2 malam hanya 1.5jt type kamar family free sarapan dan aneka wahana bermain spt : atv, naik kuda, outbond, kolam renang ada 3 dkk

Yang ke enam adalah inii penginapan unikkk promooo pulaa namanya Nira Comper Village.

Tidur didalam balon unikkan? 

OKTOBER 2021 GAGAL KE TURKI

Sebetulnya kami harusnya berangkat ke Turki, eeeh karena kondisi covid tinggi varian delta membuat kami rechedule di.bulan Februari 2022.

Sebagai gantinya kami naik balon udara di Sari Ater dan mennginap di sana sekalian berendam di air panas alaminya.

Lanjut dari Lembang kami ke Sentul mencoba trekking sentul menginap dulu di Grand Mulya Bogor tarif hemat pastinya 300rban.
                   Hotel Grand Mulya Bogor
Hotel bintang 4 hanya 200.000 plus sarapan ulasan Grand Mulya Sentul klik disini
   Trekking Sentul Curug Barong & Leuwi Hejo

NOVEMBER 2021
- Trekking di Curug Cisarua dua bogor
- 18 - 21 November Explore Cilegon kami menginap di Greenotel Cilegon hotel dan waterboom PROMOO CUMA 118 RIBU DOANG LHOOO...

Lanjut menginap di Kahai Beach Hotel Lampung nah Hotel ini recomended lhoo dengan view laut dan waterboom harga 250rban.

Berikutnya baru kami explore ke  Anak Gunung Krakatau beserta pulau disekitarnya
Seminggu setelah kami pulang dari Krakatau ini, penyebrangan ke Lampung ditutup karena ombak angin besar, anak gunung krakatau juga bergejolak.

DESEMBER 2021

- Merasakan sensasi naik sleeper bus Jakarta ke Solo

- Paginya sampai Solo langsung cabut ngadem ke Kemuning kami ke Tenggir Park dan wisata candi di sana. Murah meriahh bikin seger pikiran tiket masuk 5 rban lhoo....
- Acara pernikahan sodara lanjut jalan jalan lagi bareng orang tua mertua ke Cafe di Kaki Gunung Lawu teman2 wajib mencobanya yaa cakep viewnyaa The Mongkrang

- ROADTRIP kembali menyusuri dari Solo - Wonogiri - Pracimantoro - Pantai Sembukan
Pantai yang berbatasan antara Wonogiri dan yogyakarta, pantai tempat sultan bertemu dengan nyai roro kidul.

- Museum Karst Praci 
Museum dengan banyak goa unik didalamnya telatnya di Pracimantoro
hotel di wonosari gunung kidul murah bagus bersih strategis

Sungguh sangat menakjubkan Goa Jomblang ini sebelum masuk kita turun dengan tali diketinggian 60 meter.

- Pantai Watu Lawang menginap di Radika with private pool dan sea view 
lanjut kami menyusuri pantai selatan sampai Parang Tritis mampir ke pemandian air panas Parang kusumo tiket masuk cuma 5rb sajaa lho...
, tak lupa mampir ke Gumuk Pasir dimana disini seperti padang pasir kek di luar negeri, kami menginap di Rajaklana Resort di Bantul murah saja 600rb sdh floating bf.
         Turun ke goa jomblang seperti ini

Dari Bantul yogya kami menuju ke Taman Sari Yogya
menginap di Andelir Guest House Condong Catur, 3 lantai cuma 500rb murah kaannn...
Bisa rame ramee bareng mertua, adik ipar dan ponakan.

terakir pulang Solo mampir ke Candi Plaosan.
 Rute seminggu dari solo menyusuri pantai selatan ke yogya balik solo lagi

Selang seminggu pergi lagi kali ini mengajak orang tua dan mertua ke Pacitan menginap di guest house keren murah. 
Rute sama dari Solo ke Wonogiri dan menginap di Pacitan, explore Pantai Watu karung pacitan, Goa Gong dan Air Panas alami.
    pemandian air panas alami di Pacitan
                    Goa Gong di Pacitan

Selanjut nya balik Solo dan pulangg masih mampir lagi menginap diCirebon.

Keberuntungan bagi kami padahal libur Natal dan Tahun baru siap-siap susah dapat penginapan mana mendadak pula. 

Nasib baik masih berpihak kepada kami, kami mendapatkan Hotel Strategis di Cirebon include sarapan lho 350rb saja. 

Ulasan Hotelnya klik disini Trias Hotel Cirebon

Taklupa mencoba mampir ke destinasi yang lagi hits mumpung hari biasa Telaga Biru Cicerem Kuningan
Meski hari biasa ternyata antrian foto spot yang fav tetep mengular....

Januari 2022
Urutan roadtrip kami di akhir 28 Januari 2022 sampai awal 3 Februari 2022 antara lain :

1. Kawah Domas Tangkuban Perahu

Ulasan bisa klik disini Kawah cakep bisa buat merebus telur, berada di area Gunung Tangkuban Perahu membuat kawah ini tidak begitu populer karena harus menggunakan guide untuk menyusuri hutan menuju ke area kawah.

Uniknya disini ada batang pohon yang di dalamnya memiliki motif batik.

2. Menginap di Pondok.Anteng dan Trekking Curug Luhur

Setelah dari Kawah Domas kami menginap di pondok Anteng lokasinya di dekat dengan Curug Luhur. 
Baca ulasan Pondok Anteng
Pondok Anteng penginapan baru hanya ada 2 cottage dengan desain Rumah Joglo pemandangannya apik banget, pagi2 kami trekking ke air terjun curug sambil melihat penduduk memerah susu sapi
3. Menginap di Hotel Container Unik alias Hotel Container di Bandung ulasannya klik disini klik yaa
4. Menikmati sejuknya kebun teh
5. Cottage tengah situ Cileunca "Echoethno" Pengalengan ulasannya di klik ya Penginapan di tengah Situ Cileunca yg okee banget

6. Hotel Syariah keren di Bandung Cinnamon Hotel Beautiq di Bandung
Explore Bandung
7. Rehat di rumah

Lanjut 11 - 13 Februari 2022 Menginap di Hotel Arra dan camping di Mandalawangi Cibodas bersama 4 keluarga baca ulasan dan biayanya disini Cibodas Puncak biayanya
19 Februari - Maret 2022 selama 32 hari full

Roadtrip ini terjadi karena pada saat itu serangan Omicron, seharusnya kami pergi ke Turki, suami sudah mengajukan cuti seminggu.

Tiket turki saya beli Januari 2021 setelah familytrip ke Derawan pada saat itu tiket ke turki sedang promo. Saya beli untuk keberangkatan Oktober 2021 eee ternyata serangan Delta akirnya rechedule ke Februari 2022 eeeh serangan Omicron.

Banyak yang nekat ke Turki pulang pulang karantina karena positif dan suami tidak mau begitu akhirnya kami roadtrip sajaa keliling jawa 32 hari.

Adapun ulasan perjalanan demi perjalanan bisa klik di tautan dibawah ini :



- Surabaya
- Explore 3 hari 2 malam di Madura
- Menginap lagi satu malam di Surabaya mencari Hotel yang sinyal wifii okee...setelah anak2 selesai belajar lanjut kami ke Bromo

- Bromo satu malam ulasan komplitnya cek disini Bromo penginapan dan sewa jeep
- Kota berikutnya adalah Situbondo satu malam lanjut ke Banyuwangi

- Explore 5 hari 4 malam di Banyuwangi depan ketapang, explore Baluran, snorkling diving baca ulasannya disini Banyuwangi budget dan ittinerary
- Kawah Ijen Baca ulasannya disini

- Batu Malang menginap di Gradia Hotel Bantu Malang 3D2N
- Pantai Malang Selatan ulasan keindahan CMC clungup nin

- Solo
- Yogya
- Magelang tergabung dalam link ini ulasannya Explore magelang yogya solo


Perjalanan pulang mampir Hotel Oak Tree Semarang
Mampir Masjid Kapal Semarang

Terangkum dalam ulasan ini total budget, ittinerary komplit bisa jadi rujukan kalau ngetrip yaa disini 32 Hari Keliling Jateng Jatim total budget ittinerary 

APRIL - MEY 2022

Tepat H-1sebelum puasa refresing duluu Purwakarta 
penginapan komplit dg waterboom murah banget pulaa...

        Romantic Lunch H-1 sebelum puasa

Ulasan Mudik destinasi kemana saja lengkapnya disini Dari cirebon-yogya-solo-magelang-jepara-karimunjawa-semarang

Mudikk sebelum sampai rumah mampir ke Cirebon dan Menginap di Heha Ocean View Gunung Kidul
 lanjut
- Solo
- Salatiga
- Demak
- KUDUS
- jepara yang kami inget di Jepara Sambal Gami Borneo duhh endeusss niaannnn...sama kami dapat pengianapan murah kamar baru dan meewaah ada jacuzzi nyaa...

- Karimunjawa akhirnyaa menjejakkan kaki di Karimunjawa bersama 3 keluarga dg anak kecil-kecil tp para emak pada bisa diving lhooo....

Ulasan tips bawa anak.kecil2 traveling ke karimunjawa klik disini yaa
                 diving di karimunjawa

- Semarang lanjut pulangnya menginap beberapa hari disini sambil sekolah online.

- Pulang selang 2 minggu tepatnya 28 Mey trip ke 
Singapore dan pulangnya dari Batam akhirnya pecah jugaa paspor dipake lagi setelah selama pandemi nganggur.

Juni 2022 - Juli 2022

- Selepas ambil raport kenaikan kelas kami refresing dulu menikmati Promo Hotel Holiday Inn Bandung

- Mudik ke solo naik bus berlebaran haji di Solo sambil menghabiskan liburan kenaikan kelas dengan mengunjungi Keraton Mangkuneragan Solo dan Kemuning.

Agustus 2022

September 2022
Minggu ketiga September 2022 anak2 libur midtest Explore Gunung Papandayan Garut.
Baca : Ittinerary Budget Explore Garut Klik disiniii

Masya Allah tabarakallah terima kasih takterhingga untuk support suami, banyak yang mengira (teman SMP, SMA kuliah tiap ketemuan) saya kerja di BAGIAN PARIWISATA ATAU ENDORSE 😢 padahal TIDAK YAA...

Alhamdulillah  MURNI FAMTRIP BIAYA SENDIRI UANG SUAMI, LHA SAYA KAN TIDAK BEKERJA. Suami bekerja di Perusahaan IT.

Mungkin bagian dari doa2 orang tua maupun saya pribadi semenjak nikah harus pergi bareng, jangan bahagia sendiri meski rempong bawa anak, tetep diajak karena Kita Tidak Tahu Umur.

Kami hanya ingin menikmati hidup, mengimbangi hidup sibuk kerja iya tapi refresing juga harus, kami rela tidak punya barang branded, tabungan berlimpah tapi dengan Traveling Ilmu & Pengalaman yg kami dapatkan Insya Allah bermanfaat buat anak2 juga kelak dewasa.

Masya Allah tabarakallah Covid menyadarkan kita bahwasannya usia itu rahasia Allah, banyak sodara kita yang meninggal karena covid, banyak anak kehilangan kedua orang tuanya. 

Kita masih di beri sehat sampai sekarang, bersyukur masih di beri kesempatan untuk bersama keluarga dan mengisi sisa usia dengan yg bermanfaat.

Orangtua saya sudah diatas 75 th semua dan mertua (usia menjelang 70), mereka senang sekali hampir setiap 2-3 bulan disaat pandemi kami mudik dan mengajak mereka jalan-jalan. Alhamdulillah selama pandemi mereka sehat walafiat padahal ada komorbid 🙏🙏

Sektor pariwisata memang terpukul disaat pandemi, hotel dan tempat wisata sangat lesu bahkan mereka dalam melayani kami sangat all out karena berasa ada harapan ada tamu lagi....bener-bener bikin sedih, memang suami disaat pandemi lebih suka ke dalam negeri dibanding luar negeri karena itung-itung berbagi rejeki.

Disaat kami trip menggunakan moda transport udara biasanya kami sewa mobil lepas kunci tapi ini ambil paket plus sopir itung2 berbagi rejeki.

Banyaak sekali ilmu yang kami dapat selama traveling di saat pandemi, bakal menjadi kenangan tersendiri yang tak mungkin kami lupakan.

Becandaannya teman2 saya "Mbak Yeni kayake kalau kelamaan dirumah ada aja yang sakit kepalalah, flu dkk", "Mbak rumahmu dianggurin🤭🤭"

"Rejeki Akan Mengalir di saat kita membahagiakan Keluarga apalagi Orang Tua, banyak rejeki yang tak terduga disaat kami mengajak mereka traveling"

Nb Artikel Terkait silakan klik ulasan lengkapnya







Maaf ya teman2 kalau foto2nya bikin lambat skip2 saja 🙏🙏

Posting Komentar

59 Komentar

  1. Subhanallah menarik sekali ceritanya.. terbayang tingkat kesibukan yang sangat tinggi.. tapi semua bisa dijalani dengan baik.. O ya terusin juga cerita travelingnya yaaa.. asik deh bacanya

    BalasHapus
  2. Hikmah memandang positif dari pandemi ya, Mbak. Dengan WFH malah bisa melanglang buana. Termasuk bisa sekeluarga lagi. Seru.

    BalasHapus
  3. Menarik banget lo mbak ceritanya. Seru...

    Iya,saya juga kadang bertanya2 sendiri. Kok bisa jalan2 terus 🤭. Sekarang tau jawabannya

    BalasHapus
  4. Keren kak, hikmah yang di bawa oleh pandemi memang memberikan kita opsi bahwa belajar itu bisa di mana aja dan gak harus di dalam ruangan.
    Terlebih bagi anak yang memang hobinya eksplore sana sini..

    BalasHapus
  5. Masyaa allah, fun banget mbak. Jadi malah bisa menikmati waktu seperti liburan 😍

    BalasHapus
  6. Bener banget mba, lebih bahagia tuh kalau liburan bawa anak, jangan egois liburan sendiri, karena liburan bersama keluarga akan memberikan kenangan terindah khusunya buat anak2 :)

    BalasHapus
  7. Onde mande mantap betul perjalanan wisatanya.. Seru ya bareng keluarga gitu melanglang. Dan sy makin terpesona karena kak Gusti yg lebih bnyk nyetir 👍

    BalasHapus
  8. Sekolah anak-anak nggak terlalu ketat, ya, Mak? Maksimal izin buat travelling berapa hari? Tiap mampir ke sini aku mupeng terus lihat famtrip yang tiada akhir. 🤭💜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketat tp ada batasan ijin mba tiap term...jadi kami maksimal tiap term alias tiap 3 bulan ambil 5 hari kerja buat ijin sisanya sabtu minggu kan...nah kalau online kan bs sekolah dr mana aja

      Hapus
  9. Asyik banget sebenernya ya mbak, sekolah sambil Travelling. Pastinya harus bisa bagi waktu. Misal tiba-tiba mau berkunjung ke tempat wisata mana, eh trnyata ada pelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess mbaa begitulah tp waktu kami fleksibel yaa.. jadi skipp dulu biar kelarin kerjaan atau sekolah baru lanjut lagi...disaat suami banyak kerjaan kami ambil hotel yg wifii kenceng bbrp hari stay di situ biasanya sdh ada fasilitas bermain buat anak2 jd tdk mengganggu suami

      Hapus
  10. Dipikir pikir ko bisa ya kita ini punya pengalaman dan kesempatan wfh, pjj, dll gegara pandemi. Tapi semua itu sekarang malah jadi pengalaman yang berharga ya. Secara tidak langsung ikut menempa diri kita juga.

    BalasHapus
  11. lengkap banget mbak ulasannya, kalau baca ulasannya nih semua model famtrip sudah dicoba ya mbak mulai dari tingkat ekonomi sampai eksekutif
    penasaran cerita jalan-jalan pas pandemi itu lo, kan banyak larangan disana sini kok mbak dan keluarga bisa lewat gitu aja
    tiket pesawat juga murah banget ya pas pandemi, skearang sudah selangit, gegara avtur naik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdh saya ulas juga tips traveling di saat pandemi nanti saya share yaa

      Hapus
  12. MasyaAllah anak2 pasti mengenang selalu deh pergi2an dgn ortunya yg hebat. Iyaa Juli2021 bener2 kelam banget itu mba. Suasananya nyeremin. Alhamdulillah skrg udah kita lewati yaa covid. Anak2 sekolah seperti biasa.
    Ini lengkap euy..asyik kalau hobi dan dananya ada 😍

    BalasHapus
  13. Wah ini keliling2nya bikin envy sekali, aku malah gara2 covid, terbiasa rebahan di rumah, jadi males kemana2 mak, mungkin perlu pemanasan lagi, nih. hehe. Anak2 sih ngajakin camping di Buper, cuma kayaknya harus nunggu liburan karena kan sudah full PTM ky dulu lagi.

    BalasHapus
  14. aku selama pandemi dan saat harus isolasi terasa sekali tersiksanya mbaa hehehe.. biasanya jalan - jalan terus soalnya.. well.. sekarang udah bisa exploring lagi yaa

    BalasHapus
  15. Asyik bgt kalo bisa traveling pas pandemi, karena harga² hotel dll kan lagi kebanting bangettt ya
    Ini memory yg luar biasa utk anak jugaaaa

    BalasHapus
  16. Perjalanan full dan alhamdulillah tetap sehat ya, Mbak di tengah covid. Bagi tips jaga kesehatan jga dong karena perjalanannya sepadat itu. Eh atau jangan-jangan malah pusing ya kalau gak keluar jalan? Hehehe

    BalasHapus
  17. Yes mbak Yenni, usia itu rahasia Allah,adik tercinta meninggal dan it is broke my heart deeply. Masih bersyukur kita semua masih di beri sehat sampai sekarang, bersyukur masih di beri kesempatan untuk bersama keluarga dan mengisi sisa usia dengan yg bermanfaat.
    AKu selalu menunggu tulisan tulisanmu loooh

    BalasHapus
  18. Wow luar biasa cerita perjalanan liburan mbak Yenni selama pandemi. Ini menjadi cerita memori indah bagi anak-anak kelak dimana mereka pernah melakukan tugas sekolah di rumah, di tempat liburan. Asek deh apalagi kalau dokumentasinya lengkap termasuk ada videonya ya mbak Yen

    BalasHapus
  19. Keren, mbak beneran keluarganya suka travelling yaa. Saya juga kalau traveling pengennya ngajak anak-anak biar mereka bisa merasakan hal yang sama dengan saya. Cuma kayaknya jiwa travelling saya kurang kuat jadinya nggak terlalu sering travelling. Hehe

    BalasHapus
  20. Ke Solo nggak berkabar mba... Yang jelas sekarang seneng bisa beraktivitas seperti dulu, anak-anak juga menikmati masa sekolah. Semoga kondisi stabil terus ya...

    BalasHapus
  21. Dan dengan dituliskan jadi ga cuma manfaat buat keluarga inti + krluarga besar tapi juga buat banyak orang yak...terbayang kelak anak cucu baca blog ini :)

    BalasHapus
  22. Masyaallah seru ya bisa traveling sambil belajar, by the way anaknya sekarang udah ngerasain sekolah yang sebenarnya kan mbak? Bukan di hotel lagi hehe

    BalasHapus
  23. Pandemi akan selalu diingat kita semua. Terutama anak-anak, mereka sekolah dari rumah dg dramanya masing-masing. Sisi enaknya ya itu, bisa disambi traveling, online di mana aja bisa.

    BalasHapus
  24. Ternyata selama PJJ malah bisa banyak traveling sama ank2 yaa...krn mrk bisa belajar dr manapun asalkan ada koneksi internet. Di masa pandemi lalu bbrp kali aku jg dinas bawa anak2, di weekdays (trus extend sm weekend) tp mrk ttp sekolah klo bs akses secara online. Tp ttp offline learning lebih sehat sih menurutku buat anak2 mba

    BalasHapus
  25. Di musim PJJ malah lebih leluasa ya ajak anak2 traveling karena mereka bisa belajar dari mana aja asalkan ada akses internet. Jd lebih fleksibel. Tapi tetap aja sih offline learning lebih sehat aja buat anak2 klo menurtuku mba

    BalasHapus
  26. Wah tidak bisaa ini seru sekali bakalan dikenang seumur hidup sama mereka. Mau ngulang lagi masa itu tapi gak mau pas yang ada covid nya hehe. Anak anak se-frekuenai ya bund, traveling bersama sama

    BalasHapus
  27. wah seru ya mba,belajar sambil jalan jalan, saya yang anaknya homeschooling schooltravelernya masih jadi wishlist hihi

    BalasHapus
  28. Roadtrip bareng keluarga happy Pastinya ya mba banyak pengalaman anak2 Juga happy Pastinya tambahan pengalaman keren mba .dari Solo - Wonogiri - Pracimantoro - Pantai Sembukan - Museum Karst Praci ... Next kemana lagi?

    BalasHapus
  29. Pandemi banyak ngasih pelajaran ya Mba Yeni. Banyak banget malahan. Bersyukur masih dikasih kesempatan umur sampai saat ini. Seru banget ya bisa sering famtrip, anak-anak pasti punya banyak kenangan Indah tentang traveling bersama orang tuanya

    BalasHapus
  30. Serunya homeschooling ini adalah bisa belajar dari mana saja ya mbak
    Makanya asik juga kalau jadi schooltraveller

    BalasHapus
  31. "Generasi lulusan Covid" wuaaah bakal jadi cerita sepanjang hidup tuh ya mbak.
    Salah satu blessing in disguise buat anak2 sekolah formal adalah bisa sekolah sambil travelingan saat pandemi kmrn yaa.

    BalasHapus
  32. MashaAllah~
    Kalau membaca pengalaman kak Yeni travelling di sepanjangan tahun saat pandemi, maka rangkuman hal yang menarik dan membuat pembaca mendapat pengalaman yang luar biasa dalam memaknai kebersamaan keluarga.

    BalasHapus
  33. Enak banget ya belajar dan kerja sambil traveling. Pasti anak-anak hepi juga deh. Abis belajar, langsung nyebur ke kolam renang. Impian banget.

    BalasHapus
  34. Luar biasa, mobilitas tinggi loh mba keluargamu, tetap sehat dan penuh semangat untuk menjejak bumi Allah di saat pandemi. Alhamdulillah, sekolah anak-anak lancar, refreshing juga tetap bisa dilakukan. Semoga saya juga ada rejeki untuk bisa mendatangi berbagai tempat di dalam negeri maupun luar negeri bersama keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daku pun demikian, semoga ada rejeki sehingga bisa bepergian ke destinasi wisata impian dan juga pergi beribadah umroh, aamiin

      Hapus
  35. Wah masa pandemi banyak tinggal di rumah saya mba, pasca Pandemi ini saya hanya ke Bali, Lombok, Jogja, Solo, Kalimantan, dan keliling Jakarta saja belum kemana mana lagi, mudah-mudahan makin aman ya Mba, dan bisa traveling bebas kemana saja

    BalasHapus
  36. mb Gusti ini bikin mupeng selalu heheh. Bisa banget memanajemen keluarga dengan mobilitas tinggi kayak gini

    BalasHapus
  37. Pandemi tetap traveling. Malah bisa sekalian sekolah dan kerja. Yang penting tetap jaga prokes dong, ya

    BalasHapus
  38. Segala sesuatu, kalau dicari solusinya, malah justru menyenangkan ya, Mbak.
    Contohnya saat pandemi kemarin, Mbak Yeni malah bisa mempunyai aktivitas berbeda dibandingkan sebelum-sebelumnya. Dan justru semua ini akan jadi kenangan manis yang tak terlupakan.

    BalasHapus
  39. Luar biasa sekali sudah explore ke banyak tempat. Termasuk ke luar negeri. Saya saat pandemi juga sempat untuk jalan-jalan kok, ya tetap patuhi prokes, biar sama-sama aman dan nyaman. Very nice sharing 👍

    BalasHapus
  40. Seru banget ini. Sekolah dan traveling tetap jalan. Alhamdulillah selama 2 tahun kemarin sudah jelajah kemana-mana, bahkan sempet pecah telor ke LN sekalian. Keren-keren...Sehat-sehat terus ya...

    BalasHapus
  41. Saat kita bisa mengambil sisi positif dan berusaha untuk menyikapi dengan bijak, semua bisa dijalani dengan baik, menyenangkan, tanpa harus ada yang terlewatkan ya, Mbak.
    Selama pandemi memang banyak hal baru yang juga memberikan kesan tersendiri bagi diri dan orang lain.

    Btw, terima kasih, Mbak. Memngingatkan tentang pentingnya kebersamaan dalam keluarga.

    BalasHapus
  42. Sisi positif dari kewajiban melakukan segala sesuatu dari rumah saja tuh ya begini. Bisa sambil mengerjakan hal lain. Termasuk traveling. Hehehe

    Jadi, aku pernah kedatangan seorang teman dari Jakarta. Dia adalah guru.

    Pas pandemi kan sekolah dari rumah tuh. Nah dia juga gitu. Kegiatan jalan-jalannya ke pending karena nungguin dia selesai ngajar.

    Tapi ya seru. Hehehe

    BalasHapus
  43. MasyaAllah salut banget mbaa, hobbi yang insyaAllah akan bawa berkah buat sekeluarga. Aku terkesima sama kata2nya mba, semuanya kudu dibawa, kudu ikut, karena kita ngga tahu kan umur sampe mana huhu.,bener banget

    BalasHapus
  44. Keren nih,, saat pandemi masih bisa Travelling, pandemi melanda tapi Travelling tetep lanjut ygy hehe

    BalasHapus
  45. Seru dn banyak agenda nya iya kak, sy mah selama pandemi PP kerja aja... Mau bepergian hrus tes pcr dulu, ah jadi pengen liburan.. Skrng udh aman kali ya kak.

    BalasHapus
  46. Pandemi juga memberikan pengalaman yang menarik ya mbak
    Bisa jalan jalan sambil tetap sekolah dan bekerja
    Seru juga

    BalasHapus
  47. Lengkap sekali dan menjadi catatan perjalanan yang bisa dikenang untuk waktu yang lama nih. Memang ya, pandemi membawa banyak cerita dan banyak hal yang juga yang bisa disyukuri, termasuk kesempatan punya lebih banyak waktu bersama keluarga karena adanya WFH dan SFH. Sehat selalu Kak Gusti sekeluarga

    BalasHapus
  48. Seru banget baca perjalanan traveling mbanya. Paling kepincut sama traveling ke pulau Derawan, Belitung, dan Karimunjawa. Familytripnya juga seru banget itu, rame, semuanya ada

    BalasHapus
  49. Ini beneran serunya Work from home dan Sekolah online. Semua bisa dilakukan berbarengan termasuk traveling bareng. Yang penting ada jaringan internet maka semua beres dan semua bahagia dong

    BalasHapus
  50. Wah seru banget ya bisa jalan-jalan disaat pandemi , dan pandemi ternyata punya banyak cerita yang menarik juga ya

    BalasHapus
  51. 32 hari road trip jawa gileee lama banget liburannys mantap banget. Kalau saya kebayangnya cape beberesnya gak sih mba? Tapi yang namanya liburan pasti hepi2 sih terlebih anak anak jadi hiburan tersendiri ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdh ada link cara mengatur bawaan tdk semua harus diturunkan saya bikin perplastik....gak capek beres2 tuhh soalnya dah biasa jd sat set sat set happy banget kurang malahan hehehehe

      Hapus
  52. Aih, seru x sekolah sambil jenjalan. Btw, anaknya konsen kah mbak belajarnya sambil travelling?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak terasa masa pandemi udah berlalu ya mbak. Masa dimana semua dilakukan serba di rumah. Alhamdulillah sekarang udah offline lagi. Cerita perjalanannya seru ya mbak..Wisatanya keren-keren banget

      Hapus
    2. Konsen aja mbaa kan pagi sampai siang doang...sambil ngemil sarapan hotel biasanyaa atau pesen minuman yg lucu2 di hotel

      Hapus