Family Trip ke Kepulauan Derawan (Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Sangalaki, Pulau Coconut, Pulau Spongebob, Kehe Daeng, Pulau Kakaban, Labuan Cermin, Berenang dengan Whale shark di Talisayan), City Tour Balikpapan, Camping di Bukit Embun Penajam Paser dan Ke Goa Tengkorak Desember 2020 - Januari 2021

Assalamualaikum teman-teman jangan bosan yaa membaca tulisan saya. Saran kritik boleh banget kokk demi kemajuan blog ini.
Kali ini saya akan mengulas pengalaman familytrip kami di akhir Desember 2020 sampai awal Januari 2021 ke KEPULAUAN DERAWAN maap yaa sudah setahun baru ditulis, youtubenya pun baru jadi 2 saking bingung saya karena banyak banget pengaalaman yang di dapat semuaa kereen indah banget. 
Alhamdulillah banget salah satu berkah pandemi karena belum boleh ke Luar Negeri  jadilah kami banyak traveling ke dalam negeri.

Pulau-pulau yang kami datangi sekaligus kami menginap disana.

Ide traveling ke Derawan ini gara-gara ketika traveling bareng 3 keluarga ke  PALEMBANG - LAMPUNG (VILLA APUNG ANDREAS, KILUAN, LAGUNA) di akhir bulan Oktober 2020, eeh lihat teman group traveling lagi main ke derawan langsung mupeng jiwa traveling kami berontak.

Hasil googling salah satu teman saya Mbak Susi untuk membuat ittinerary sendiri dan mencari informasi, alhasil hanya 1.5 bulan saja persiapan dan cuss berangkat. 

Peserta 3 keluarga (6 dewasa 3 anak 1 balita) dimana kami kenal juga di group WA traveling karena satu frekuensi jadi langsung nyambung akrab mulai emak, anak dan suami.
Mbak susi pake kerudung kuning pinter nego dan bikin ittinerary gamau rugi.

Trip ini saya sebut dengan "TRIP TIDAK MAU RUGI" babat semuaa karena jauh, rugi kalau setengah setengah. 
Destinasi yang di tuju antara lain
- Berau
- Pulau Derawan
- Pulau Maratua
- Pulau Kakaban
- Kehe daeng
- Pulau Sangalaki
- Pulau Virgin coconut
- Pulau spongebob
- gusung
- labuan cermin
lanjuttt dari Berau terbang ke 
Balikpapan kemudian nyebrang pakai kapal ke panajam paser bukit embun.

Adapun Ittinerary sekaligus ulasan selama kami di Derawan sebagai berikut :

A. Hari I
Kami berangkat pada tanggal 24 Desember 2020 dengan pesawat Lion Air pagi sekitar pukul 05.00, kami berangkat dari rumah pukul 03.30 dan cek in di Soeta mengular.

Adapun tiket yg kami beli
Jakarta - Berau by Lion Air
Berau - Balikpapan by Sriwijaya
Balikpapan - Jakarta by Batik

Sesampainya di Bandara Kalimarau Berau Kalimantan Timur kami sudah di tunggu 2 mobil Innova yang akan mengantarkan kami ke Dermaga Tanjung Redeb tempat kapal kami bersandar. Mobil yang kami sewa seharga 150 rb/mobil sudah BBM, driver, dengan jenis mobil Innova dengan tujuan Bandara Kalimarau - Dermaga Tanjung Redeb tapi mampir makan + belanja cemilan.

Mobil membawa kami menuju Dermaga Tanjung Redeb dimana dermaga ini dekat di Kota Berau paling cuma 15 menit. Di Berau ini ada 2 dermaga satunya lagi jauh dari Kota Berau yaitu Dermaga Tanjung Batu sekitar 2,5 jam dari Berau.

Kami mampir sarapan pagi menjelang siang di Warung Makan Ikan Bakar maklum belum sarapan, berangkat dari rumah pukul 02.30 euyy. Makan di Warung Makan Ikan Bakar total 8 dewasa 3 anak 1 balita total Rp. 573.100 murahkan yaks.

Setelah makan kami mampir ke Supermarket belanja cemilan selama 6 hari untuk kami 3 keluarga (6 dewasa 3 anak 1 balita) taklupa beli cracker buat pakan ikan ketika snorkling.
Ini belanjaan kami habis Rp. 1.115.800  buat 3 keluarga plus guide di kapal nantinya.

Sesampainya di Dermaga Tanjung Redeb kapal kami sudah menunggu. Kami sewa di NOAH MARATUA RESORT  recomended lho banyak para artis atau pejabat menginap dan sewa paket kapal disini.

Ini kapal boat dengan 2 mesin yang kami gunakan karena antar pulau jauh jadi sangat direcomendasikan menggunakan speedboat dengan 2 mesin. 

Kapal ini  berkapasitas 25 orang sebetulnya tapi Alhamdulillah peserta kami cuma 10 orang jadi enak pada bisa slonjoran tidur plus barang2 kami banyak.
Bisa jadi karena pandemi jadi kami negoo dapat murah

-KAPAL + NAKHODA + GUIDE MERANGKAP FOTOGRAFER VIDEO SELAMA 5 HARI 4 MALAM DG DESTINASI YG KAMI MAU
- MENGINAP 2 MALAM DI NOAH RESORT BEBAS PILIH KAMAR
- MAKAN TOTAL 6X DAN 2X SNACK 

TOTAL 34.100.000 tinggal di bagi jumlah peserta. Ig @noahmaratuaresort

Dari dermaga Tanjung Redeb menuju Pulau Derawan kurang lebih 45 - 1,5 jam bergantung ombak dan cuaca.  
Pemandangan yang kami lihat dari Tanjung Redeb airnya masih coklat kotor banyak rumah kumuh di sepanjang sungai, kami jumpai juga kapal batu bara, lama kelamaan sampai di lautan luas mulaai perubahan warna air menjadi biruu bening bersih dan banyak ikan berlompatan.

Sesampainya di Pulau Derawan kapal kami langsung bersandar di Penginapan Lestari dimana kami booking lewat tiket.com seharga 300rb + sarapan. Ternyata nasib kami sial bookingan kami yang sudah sebulan lalu tidak masuk di penginapan Lestari.

Drama berjam-jampun dimulai dimana kami menggunakan simcard Indosat eeh disana tidak ada sinyal, akhirnya pinjam telkomsel untuk menghubungi tiket.com karena penginapan Lestari penuh pada saat itu dan kami minta ganti, negosiasi alot karena di dekat Penginapan Lestari ada Penginapan baru bernama Aqualunk dan masih kosong jumlah kamarnya akhirnya kami minta ganti ke penginapan itu.

"Pelajaran yang bisa di ambil tidak cuma sekali kami mengalami hal spt itu, setelah booking pastikan hubungi penginapan memastikan pesanan kita sudah masuk atau belum"

Ini penginapan kami di Derawan harga sewa aslinya sih 500rb nah waktu itu yang urus teman saya akhirnya dapat ganti penginapan ini awalnya mau di ganti ke Pratasaba Resort tapi lokasi di Maratua jauh dari Pulau Derawan sama saja buang waktu.

Sorenya setelah istirahat kami naik kapal menuju spot snorkling di Pulau Derawan.
Snorkling di pulau derawan kereen jernih airnya, aneka hewan warna warni berkeliaran. Tanpa di kasih makananpun ikannya sudah banyak alami bergerumbul baguss keren.
Setelah snorkling kami berburu sunset di Gusung Sanggalau.

Gusung Sanggalau adalah Merupakan gundukan pasir putihhh yang akan terlihat ketika air surut dan akan menghilang ketika air pasang. 
Arti Sanggalau adalah Gusung cantik yang bikin galau, galau karena cakepnya kali ya πŸ˜€

Coba ini pake drone keren banget sayang kami tidak sewa drone. Ini baru satu gusung ternyata ada gusung lebih keren lagi dari ini yaitu di maratua.

Malam hari di Pulau Derawan kami jalan-jalan di kampung penduduk beli Ikan Bakar segar buat makan malam, murahh lho kami makan sambil melihat bintang di langit yang cerah di lesehan balkon penginapan. Total makan malam plus cemilan pisang goreng 230rb saja bisa buat 12 orang.

B. HARI KE-II
Paginya setelah sarapan seharusnya kami berburu hiu tutul tapi BATAL karena sejak subuh hujan gedhe plus angin akhirnya kami cek out dari penginapan agak siang menunggu hujan reda. 

Dari Pulau Derawan kami menuju penginapan berikutnya tepatnya di Noah Resort Pulau Maratua.

Sebelumnya kami mlipir dulu ke landmarknya Pulau Derawan dimana ada patung ubur-ubur, Pari Manta, Penyu yang artinya di Kepulauan Derawan ini ada 3 jenis hewan unik tersebut.
Pulau Derawan ke Pulau Maratua sekitar 1 - 1,5 jam bergantung cuaca dan ombak.

PULAU MARATUA 
adalah merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan Malaysia. Pulau kecil memanjang ini berpenghuni sekitar 2800 an jiwa. Pulau ini memiliki bandara kecil jadi teman-teman bisa landing langsung di Pulau ini.

Di Pulau Maratua ini kami menginap di Noah Resort dimana penginapan ini jauh dari akses penduduk Pulau Maratua karena lokasi resort ini di bagian selatan. 

Pegawai di resort ini diambil dari penduduk Maratua dan penduduk pulau derawan dimana mereka harus menaiki kapal ketika ke penginapan ini.

Betapa pegawai resort sangat baik dalam menjamu kami, kasian banyak yg masih dirumahkan karena pandemi ini.

Ini adalah model Noah Resort dimana ada kamar yang banyak disukai turis LN Hill Top dan Manta Bungalow utara karena lokasi di atas dengan view yang keren dan suasananya sunyi sepii cocok buat yang mencari ketenangan.

Kami menginap 3 hari 2 malam disini dan bebas memilih type kamar, malam pertama kami memilih kamar di atas air yang di namakan water villa, hari kedua kami pindah ke Hill Top.
Pagi-pagi buka jendela lihat penyu dan banyak ikan di depan kamar water villa kami.

sunrise di noah resort
Ini Type Hill Top

Ini toilet di kamar hill top full kaca tp posisi tertinggi jadi ga ada yg ngintip kita mandi 😁 tenang ada korden kok yg pasti luass banget ini kamar mandi.

Hill top dari luar spt ini pintunya juga full kaca.
Malam pertama di Noah Resort ada tamu yang sewa kapal untuk mancing harga sewa 1.5 juta komplit berangkat habis makan malam dan ini baru tiba pagi.

Begitu sampai di Noah Maratua Resort, kami drop barang dan makan siang, lanjut pakai baju renang untuk explore Pulau Maratua. 

(Di Noah Resort ini kami ambil paket makan, snack, penginapan, kapal, guide & mobil untuk tour darat di Pulau Maratua)

Kapal boat membawa kami ke perkampungan penduduk Pulau Maratua kemudian kami naik mobil bak terbuka keliling Pulau Maratua dan berhenti di Goa Hallo Tabung.
Dermaga tempat kapal kami bersandar dan menunggu kami explore pulau maratua.
Mobil bak terbuka kami keliling pulau maratua seruuu kan.

Goa Hallo Tabung Pulau Maratua
Kami berhenti di Goa Hallo Tabung, Goa ini lokasinya tersembunyi di dalam hutan, bisa di akses dengan jalur darat bisa juga langsung dari jalur laut.
Goa Hallo Tabung ini memiliki air asin karena airnya berasal dari air laut, memiliki kedalaman 35 meter dan panjang 20 meter.
Cakep banget kan foto di sini padahal cahaya alami ini pas sedang mendung kelihatan biru warnanya.

Ujung-ujung goa berupa karang-karang tajam jadi hati-hati makanya pakai sepatu snorkling biar kaki tidak lecet.
Tiket Masuk Goa Hallo Tabung 10ribu
Pintu masuk menuju Goa Hallo Tabung, masuk kedalam hutan dulu tapi rapi jalannya.
Bagian dalam goa Hallo Tabung.

Setelah dari Goa Hallo Tabung kami snorkling di Pratasaba Resort nah resort ini yang sebetulnya di kasih sama tiket.com sebagai gantinya penginapan di pulau derawan. Alasan kami tidak mau karena di Pulau Maratua kami sudah booking noah resort 2 malam kalau kami iyakan menginap di Pratasaba rugi dunk tidak bisa menikmati menginap di Pulau Derawannya πŸ˜€ (tetep emak gamau rugi).

Resort ini recomended πŸ‘, pemandangannya keren, mau snokling tinggal turun ke bawah di restonya,  kami snorkling disini sambil beli cemilan gorengan disini.
Snorkling disini ikannya banyak kalau pengen ikan berkumpul di kasih makanan.
warna hijau tosca airnya cakep banget kan jernihh tanpa sampah.
Biaya snorkling di Pratasab 30rb / orang
Jernih sekali kan bawah kami sudah bergerumbul aneka ikan.

Puas snorkling kami kembali ke Noah Resort mobil bak terbuka kembali membawa kami balik ke dermaga tempat kapal boat kami bersandar. 

Makan malam lanjut melihat bintang2 di depan kamar Hill Top Noah Resort.
Lokasi di depan hill top jadi kalau malam pas langit berbintang cakepp kami rebahan di sini.

C. HARI KE III 
Diving, Kehe Daeng, Snorkling & Pulau Virgin Coconut

Selepas sarapan pagi saya suami, teman saya mb indah dan suaminya persiapan Briefing untuk PENGALAMAN DIVING PERTAMA KALI + TATA CARANYA. Oiya mbak indah dan suaminya tidak bisa berenang lho tapi boleh diving.

Biaya Diving Pemula dari Noah Maratua Resort 750rb/orang komplit sudah dipinjami peralatan dan pelatihan singkat tentang fungsi alat2nya.
Setelah briefing di noah resort kami ujicoba di laut deket dengan gusung dimana tempatnya tidak begitu dalam. Ujicoba menggunaan oksigen dkk. Teknik dasar diving baru kami pindah ke tempat yang dalam.
Kami latihan diving, anak-anak main pasir di gusung pulau maratua. Gusung ini lebih kereeen dibanding yg gusung galaunya derawan πŸ˜€.

Setelah kami selesai diving gusung ini tidak terlihat lagi ketutup air laut yang sedang pasang.
Seruuu banget justru suami saya sama mbak indah mencapai kedalaman 10 meter lebih sampai jam tangan suami rusak karena tidak kuat dg tekanan di kedalaman 10 meter. 

Peserta diving hanya 4 dan ada 2 instruktur yg mendampingi kami menyelam plus guide yg ambil foto video juga bantu kami. 

KEHE DAENG
Setelah diving kami menuju ke Kehe Daeng, Kehe Daeng adalah Laguna cantik yang artinya Lubang Ikan. Destinasi ini belum banyak orang tahu lho jadi masih sepii dan alami.
Tempat kapal kami bersandar
Ini jalur lewat atas dengan naik tangga jalan ke semak belukar baru turun ke danau bening di belakang kami.
kereen kan ini airnya air laut.

Ada 2 cara untuk ke laguna cantik ini, setelah kapal bersandar bisa lewat terowongan kecil penuh dengan air jadi kalau melewati terowongan ini siap2 basah, kalau air pasang tidak bisa lewat terowongan sini ya. 
Cara kedua lewat tangga kayu buatan di bagian tebing, harap memakai sepatu karena yang diinjak disini karang-karang tajam. 

Setelah dari Kehe Daeng kami kembali ke Noah Resort untuk makan siang dan sholat.

VIRGIN COCONUT ISLAND atau PULAU BAKUNGAN
Setelah istirahat siang kami lanjut ke Pulau Virgin Coconut. Pulau ini tidak berpenghuni dan disini hanya ada resort private milik warga asing. Ada 18 kamar di pinggir pantai dengan desain unik full kaca, ditengah pulau juga ada kolam renangnya, pulau ini memang khusus resort dimana tamunya turis asing. Pandemi membuat pulau ini sepii tidak dibuka penginapannya.

Pulau ini berada di bakungan kecil bibir pantai dan khusus menyuguhkan suasan private dan sunyi. Meskipun tidak dibuka tapi guide kami ijin dulu kesini karena sempet heboh di berita dulu ada warga lokal diusir warga asing ketika singgah di sini mungkin karena tidak ijin ya.

Di daerah pulau sini memang menjadi spot menyelam kelas dunia, wisatawan yang menginap di sini dapat paket komplit mulai hidangan mewah hingga explore ke bawah laut.
Pulau ini kayak belitung ada menara pandangnya.

Snorkling lagi di spot yang berbeda
Anak-anak sangat suka snorkling dan kepulauan derawan kereen kereen ikan-ikannya, sepuasnya tiap hari kami snorkling.
 aneka warna bintang laut juga kami temukan disini.
Dari atas kapal airnya jernihh banget ikan ikan kelihatan pokoknya kereeen πŸ‘.

"Bayi satu ini keren tidak rewel sama sekali padahal usianya masih 2tahunan seruu merasakan petualangannya"
Malamnya kami karaokean di Noah Resort, saya pindah kamar yang top hill. Tamunya cuma kami saja jadi serasa resort milik sendiri makan ikan bakar besarr besarr karaokean pokoknya makanan melimpah dapat bonus dari Noah Resort.
"Type watervilla cocok bagi manula atau yang tidak mau capek karena dekat dengan restoran dan kapal, Type Hill Top bagi yang suka ketenangan, pemandangan okee dan tenang tapi jalannya nanjak keatas"

D. HARI KE-IV 
PULAU KAKABAN & PULAU SANGALAKI

Kami cek out dari Noah Resort sekalian membawa bekal makan siang yang di masukkan dalam nasi box untuk di makan ketika di Pulau Kakaban. Kami menuju Pulau Kakaban.

PULAU KAKABAN (Pulau dengan sejuta ubur-ubur)

Masya Allah keren banget pulau ini, setelah kapal kami bersandar kami jalan masuk hutan dengan medan naik turun tidak sampai 1 km ketemu danau. Pulau kakaban ini mempunyai luas 774,2 hektar dan tidak dihuni.

Pulau kakaban ini mempunyai danau unik di dalamnya, dimana danaunya terdiri dari air hujan dan rembesan air laut dari dalam tanah. Yang unik disini ada banyak ubur-ubur tidak ngengat yang berjenis Golden Jellyfish dan Moon Jellyfish. Konon danau ubur-ubur tidak ngengat ini SANGAT LANGKA LHO.
Danau yang penuh dengan ubur ubur jinak makin ketengah airnya makin jernih ubur-ubur makin banyak. 

NDESOO BERJAMAAH KAMI...
AMAZINGGG INDONESIAKUU πŸ‘

Setelah puas berenang bersama ubur - ubur kami makan siang di pulau ini selanjutnya kami menuju Pulau Sangalaki.

Kami sangka ubur uburnya berbahaya jadi sempet kaget woww berenang sama ubur-ubur apa ga kena gigit. 

PULAU SANGALAKI (Disini Kami Banyak Belajar tentang Penyu)
Pulau Sangalaki adalah Pulau yang tidak berpenghuni tapi hanya petugas KLH (Kementrian Lingkungan Hidup) dan pengelola resort yang tinggal di sini untuk menjaga kelestarian penyu.
Traveling tambah sodara ini pengurus resort orang tana toraja jadi next kalau ada acara rambu solo mau di kabari.

Booking bisa ke nomor diatas.

Sebelum pandemi yang menginap disini Wisatawan  domestik 20% sisanya 80 persen wisatawan asing, kebayang selama pandemi kosong sepii gelap kamar resortnya. (Biasanya tarif dollar disini)

Mampir dan menginap disini tidaklah merugi karena merupakan bagian dari wisata edukatif untuk anak-anak. Jadi disini itu tempat penyu hijau dan penyu sisik bertelur, supaya penyu tidak punah petugas KLH keliling menjaga telur penyu karena sampai semalam banyak banget pencuri telur penyu.

Pakai cctv saja masih ada aja pencuri telur penyu lho. Padahal habitat penyu mulai berkurang dari puluhan telur penyu yang menetas 1000:1 yang bisa tumbuh hingga dewasa.

Tidak boleh bermain di pantai lama karena takut ada pari manta.

Kami menginap disini, kamarnya langsung view pantai dengan harga sewa Rp. 2juta/malam include makan malam, snack, sarapan pagi dan nasi box buat makan siang + guide lokal wajib pakai.

Di Pulau Sangalaki ini kami belajar banyak hal antara lain :

a. Selepas maghrib kami melihat penyu datang untuk bertelur, kami melihat proses awal penyu mencari tempat, menggali pasir, bertelur, menutup telur dengan pasir, melihat penyu mengeluarkan air mata sebelum meninggalkan telurnya untuk kembali ke pantai.
Ketika penyu datang jangan ada sorot cahaya karena bakal balik lagi ke laut jadi biarkan penyu cari tempat bertelur, menggali pasir dulu nah ketika bertelur baru boleh di sorot pake lampu. Sekali bertelur banyak puluhan.

b. Kami melihat proses telur-telur penyu menetas, jadi lokasi tempat penyu menimbun telur biasanya di kasih tanda sama petugas KLH (Kementrian Lingkungan Hidup). Kebetulan ada yang waktunya menetas jadi dari dalam pasir kita buka pelan2 pasirnya eeeh telurnya menetas keluar tukik alias anak penyu.
Setelah menutup telurnya dengan pasir, penyu mandi pasir dengan cara mengibas-ibaskan pasir ke badan setelah itu dia balik ke laut.

c. Tukik alias anak penyu yang keluar dari pasir di pindah ke dalam kolam supaya belajar berenang kata petugasnya baru keesokan harinya tukik2 di lepas ke laut.
Telur menetas di dalam pasir dan tukiknya pada keluar.
telur yang rusak 
Dikumpulin di wadah kemudian masukin ke kolam kata anak saya biar belajar berenang 😁
Proses memindahkan tukik ke kolam.
Melepaskan tukik berjuang di lautan luass
Pelepasan tukik ke laut
penyu kembali ke laut setelah bertelur nah pencuri telur suka lihat tanda jejak kaki penyu untuk mencari telur.

d. Ketika kami cek out dari Sangalaki kami juga menemukan bangkai penyu di dekat kapal dimana kepalanya lepas 😭 sedihnya.

Jadi mulai dari penyu datang, bertelur, kembali ke laut, telur menetas, tukik dibersihkan, tukik di antar ke laut sampai penyu mati kami temui semuaa dan pengalaman seruu buat anak kami.
ini kamar kami depan kami pantai 
Banyak pasir di sekitar penginapan bisa jadi penyu datang dan bertelur di area penginapan.
Kami ketemu Pari Manta ketika kami di kapal, Pulau Sangalaki juga terkenal dengan pari manta makanya di perlukan guide lokal supaya diawasi anak-anak bermain di pasir jangan terlalu dekat pantai karena bahaya kalau ada pari manta bisa gigit.

"Di resort sangalaki ini juga disediakan paket diving, aktifitas penyu datang mulai malam sampai pagi jadi paling bagus memang menginap disini.

E. HARI KE-V
Pulau Spongebob, Labuan Cermin dan Berenang bersama Hiu Tutul

Setelah cek out dari Pulau Sangalaki kami lanjut ke Pulau Spongebob. 

PULAU SPONGEBOB ATAU PULAU MANIMBORA 

Pulau ini kalau air sedang pasang akan tertutup air. Seperti di film-film spongebob pulau ada pohon kelapa dengan pasir putih bersih.

Pas banget airnya lagi surut setelah itu kami pergi airnya pasang ketutup semuaa tinggal pohon yg kelihatan.

Luas pulau ini sekitar 2x lapangan basket jadi tidak butuh lama buat keliling pulau sini mau bermain pasir putih atau foto2 ria. Bagusnya kesini pagi atau sore kalau siang airnya pasang.
Labuan Cermin, Biduk Biduk Tanjung Redeb
Merupakan danau 2 rasa dimana bagian atas adalah air laut bagian bawah adalah air tawar yang menyatu menghasilkan pantulan warna bak kaca kerena air yang jernih.

Di labuan cermin ini kapal kami tidak bisa masuk jadi kami mesti sewa kapal kayu dari penduduk lokal untuk menuju Labuan Cermin.

Penampakan air di dalam labuan cermin atau disebut danau dua rasa karena airnya terdiri dari air laut dan air tawar.
Ada perbedaan warnanya kan antara air laut diatasnya dan air tawar dibagian bawah.
Kapal yang kami sewa ketika berada di area labuan cermin / danau dua rasa buat berfoto ria.
Ini dermaga tempat kapal kami bersandar kemudian pindah sewa kapal kayu yg lebih kecil untuk ke labuan cermin.
Selain berfoto di atas kapal kita bisa juga berenang di danau 2 rasa ini, airnya segar sekalii Masya Allah. Kedalaman danau ini sekitar 4-5 meter jadi bisa berenang pakai pelampung bagi yang tidak bisa berenang.


BERENANG BERSAMA HIU TUTUL DI TALISAYAN

Bisa melihat dan berenang bersama hiu tutul ini anugerah pas hiunya muncul kami datang. Kami.membeli ikan kecil kecil 200rb dan di sebar di daerah kapal kami supaya hiu mendekat. Tenang hiunya jinak kok.

Rencana awal hari kedua berburu hiu tutul tapi di lokasi berbeda ternyata hiunya sudah tenggelam lagi.

Putih kecil2 ikan segar yang disebar buat makanan hiu
Takut takut gimana gitu ketika pas berhadapan mulutnya lagi kebuka πŸ˜€πŸ˜€ woww banget.
Banyak burung burung karena bau ikan yang disebar kali ya.
Perjalanan kembali ke Berau kami dibuat kagum dunk dengan di siul siul lumba-lumba muncul kanan kiri kapal kami tapi tidak dekat banget yaa.

Back to BERAU
Kembali ke Berau kami menginap di HOTEL DERAWAN INDAH sebetulnya pengen explore kota berau apa daya sudah lelah hayati πŸ˜€πŸ˜€ penerbangan kami ke balikpapan di rechedule jadi pagii pula.
Penginapan kami di Berau Kota "Hotel Derawan Indah" harga 285rb meskipun ada kolam renangnya tapi sudah tidak tertarik lagi karena sudah puass dengan pemandangan keren selama 6 hari.

CATATAN BAGI YANG INGIN KE KEPULAUAN DERAWAN

1. Sekalian kelarin semua destinasi dikunjungi kalau setengah2 sangaaat rugii waktu, tenaga & biaya

2. Tidak usah berhemat, hemat dibeberapa anggaran saja akan tetapi untuk sewa kapal jangan asal2an carilah boat dengan mesin 2 keatas karena menghemat waktu.

3. Jangan full kapasitas kapal karena bakal tidak nyaman, Alhamdulillah kapasitas boat kami kemarin 25 orang tapi hanya terisi 10 orang plus segala tas koper alat snorkling pelampung sudah berasa penuh tapi untuk kursi bisa buat tidur.
4. Demi stamina ketika dikapal sambil perjalanan dari tempat satu ke tempat lain usahakan tidur, nah dengan kapal yang tidak terisi banyak penumpang pada bisa tidur terutama anak2.

5. Percayalah perjalanan di darat dan laut itu berbeda goncangan terasa ketika ombak besar dan bikin mabuk, saya sudah mengalami habis diving masuk kapal karena goyang2 mutah langsung di laut.

6. Usahakan di setiap pulau menginap selain hemat waktu juga merasakan suasana yang berbeda karena setiap pulau punya keunikan tersendiri

7. Start dr dermaga tanjung redeb menghemat waktu juga, nah padahal kapal di tanjung redeb kapal yg kapasitas besar kalau kapal kecil2 start di tanjung batu padahal perjalanan berau tanjung batu lamaa 2 jaman.

8. Derawan sendiri crowded kurang oke lho karena campur penduduk sedihnya lagi penginapan diatas air saluran pembuangannya langsung ke laut sedihhkannn, spot yg oke Maratua, Sangalaki sangat edukatif dan pulau kakaban yang amazing

9. Kapal bisa buat ajang jemuran hehehe maklum sekali kami jalan beberapa tempat pasti basah2an

"Trip kami 6D5N bikin geleng-geleng kepala guide maupun pihak Noah Resort karena baru kali ini customers menentukan ittinerary sendiri dan semua destinasi di datangi"

Banyak kok paketan untuk explore ke derawan tapi perhatikan hal dibawah ini :

1. Cek kapasitas kapal dan tenaga kapal boatnya sangat berpengaruh pada waktu dan kenyamanan. Kemarin kalau kapal kami nekat dipenuhi bener2 gak nyaman sempet lihat kapal dengan penumpang full plus barang full.

2. Cek destinasinya karena kepulauan derawan itu luasss, kalau hanya derawan saja bisa murah tapi tempat yang lain pasti beda.

3. Cek biaya diluar paket seperti biaya pakan hiu, biaya masuk wisata, parkir kapal, dan makan

4. Paling oke ada teman perjalanan dan arrange sendiri, booking kapal sendiri seperti kami kemarin jatuhnya sangat hemat di banding tour paket.

Waktu tempuh antar pulau dengan catatan cuaca dan ombak bersahabat :

1. Dermaga tanjung redeb ke derawan 2 jam

2. Dermaga tanjung batu ke derawan 15 menit, tapi berau ke tanjung batu jalur darat jalannya jelek 2,5-3 jam

3. Derawan ke pulau maratua 45 menit
 
4. Beda waktu ya derawan ke noah maratua resort lebih lama karena lokasinya berbeda bs memakan waktu 1,5 - 2 jam krn di noah resort airnya tenang tidak ada ombak beda sama pulau maratua

5. Derawan ke pulau sangalaki 30 menit

6. Derawan ke pulau kakaban 40 menit

7. Sangalaki ke labuan cermin 4 jam

8. Labuan cermin ke tanjung redeb berau 4 jam

9. Tanjung redeb berau ke Sangalaki 4 jam

 10. tanjung batu (khusus kapal kecil) ke Sangalaki 1 - 2 jam

11.Pelabuhan Tengkayu Tarakan bisa ke sangalaki naik boat 2-3 jam

" Kami iseng tanya ke travel ittinerary kami eeeh dikasih harga 7jtan dunk per orang khusus derawan lho jadi hemat kan kalau arrange sendiri"

TOTAL BUDGET KAMI BEREMPAT DERAWAN+BALIKPAPAN+PENAJAM PASER + 32 jutaan (setara dengan trip kami ke jepang) antara lain :

1. Total Budget Khusus Derawan  kami berempat 6D5N sebesar 18 jutaan all in komplit plus tips ke semua petugas hotel, guide & sopir.

2. Tiket pesawat Jakarta -Berau, Berau-Balikpapan, Balikpapan-Jakarta total 4 orang 11 jutaan

3. Balikpapan, Penajam, Paser (Makan, camping, mobil, kapal ferry 2jt) untuk 3 Hotel di Balikpapan  2.3 juta 


F. HARI KE - VI
BALIKPAPAN - PENAJAM - PASER

Seharusnya penerbangan kami ke Balikpapan sore eeh ternyata di rechedule pagi alhasil sampai Balikpapan kami sewa mobil manual lepas kunci 300 ribuan. 

Landing Balikpapan lanjut makan siang
Bandara Sepinggan Balikpapan besar beda dengan bandara di Kalimau Berau kecil.

Kami menuju Hotel The Luxe, promo traveloka cuma dapat 65rb sama 85rb kami booking 2 malam
The Luxe Hotel Lumayan dunk pinggir jalan bersihh, AC, komplitlah meskipun kamar kecil ya.

Niat hati mau ke danau cermin lamaru cek di google koo cakep 
ternyata zonk mana lokasi agak jauh masuk perumahan ini lokasinya di perumahan.
Bikin ngakak semobil habis kemarin di labuan cermin eeeh ke Danau Cermin Lamaru kebanting dah😭. Muter-muter balikpapan banyak tempat wisata masih di tutup endingnya panggil tukang pijat sama ngurusi cucian πŸ˜€.

G. HARI KE VII PENAJAM PASER
Kami menuju dermaga kampung baru untuk menyebrang ke penajam paser utama. Nah kamar Hotel The Luxe malam kedua kami isi koper kami saja karena kami akan camping di Bukit Embun sehingga kami  bawa baju secukupnya saja.

Mobil sewaan di balikpapan kami kembalikan ketika di dermaga kampung baru. Dari dermaga kampung baru kami menggunakan kapal kecil ke penajam paser utama (PPU) Sesampainya di dermaga PPU kami sudah di tunggu mobil plus sopir dari vendor yang berbeda lagi. 
Kami sewa mobil innova plus sopir selama 2 hari 1 malam selama di Penajam Paser.

Sebelum ke area camping kami mampir ambil tenda dan peralatan masaknya di persewaan tenda yang kami dapat dari google.
Ini info persewaannya murah bangett.

Perjalanan menuju bukit embun kami mampir dulu ke Goa Tengkorak dan Goa Loyang 
Goa Tengkorak di bukit sopang. Menuju ke goa ini kami harus menaikin anak tangga dari kayu yang tinggi.
Goa Tengkorak di Desa Kasungai Batu sopan kalimantan timur.

Tempat ini hampir mirip tana toraja, menurut juru kunci dulu penduduk seputar sini menganut aliran kepercayaan.

Misal :
-  Ada yg sakit upacara disini dg memberikan kue 44 macam
- Dulu ada mumi istri siri raja disini lama lama hilang entah kemana
- Dulu goa ini dalamnya luas bak kamar, lama kelamaan mengecil
- Dulu tempat ini sangat mistis sering orang disini bawa makanan diganggu tapi skrg kesan mistis hilang karena dibangun area bermain yg rapi di bagian bawah goa.
-  Tengkorak tersebut milik masyarakat setempat jaman kerajaan Sadurengas, dulu meninggalnya di taruh saja di goa.

Jalan menuju kesini woww becek banget mungkin karena musim hujan desember.
Goa Loyang sejalur dengan goa tengkorak
Goa Loyang ini seperti bentuknya seperti tenggorokan manusia yaa. Ada beberapa goa disini dengan medan wow tapi kereen banget sayang tidak di pelihara seperti di Yogya apa mungkin karena pandemi ya jadi terbengkalai.
Menuju ke goa loyang ini masuk hutan kemudian naik tangga kayi tinggi dan berliku-liku kayunyapun ada beberapa yang lapuk.

Mampir Makan siang dimana disini itu lumayan murah lho rame2 habis 250rban sudah plus sopir.

Camping di Bukit Embun

Kata suami temenku : " Hotel Nyaman Plus AC komplit di kosongin cuma buat titip koper, eeeh orangnya pilih tidur di Tenda cari sengsara 😁😁" . 
Kalau di pikir pikir bener juga yaks 🀣. Bukit embun dingin, sayang sekali kami tidak dapat embun putih yang banyak. Dinamakan bukit embun karena fenomena menjelang pagi dipenuhi embun jadi seperti negeri di atas awan duhh sayang kami tidak ketemu awan waktu itu 😭.
Tenda ini ada 3 ruangan dimana kanan kiri buat kami tidur ruang tengah buat ruang makan, sopir tidur di mobil.

Gunung embun desa liang kan paser
, lagi hits tempat ini tapii jalannya ancurrr dan jauh sekali melewati kebun sawit.

Peralatan camping komplit alat masak kursi dkk sewa murah sih kebetulan lewat jalur yg kami lewati only 250rb komplit (tenda 3 kamar, kursi, alat masak, lampu bonus cemilan buat anak2).

Kapal feri boat pp plus mobil
innova dan sopir 1,4jt selama 2 hari semalam anter kami puter2 dengan medan yg woww sekali plus bantu pasang tenda.

Sangat di sayangkan embun ada pukul 3.30 setelah itu hilang krn angin kencang, dan semalam hujan bener2 deh stamina kami diuji disini sudah perjalanan jauhh sekali, tidur ditenda punggung pegel semua.

H. HARI KE-VIII
Keesokan harinya kami mampir ke Museum Sadurengas Penajam Paser  dan kembali ke dermaga PPU (Penajam Paser Utama) menuju balikpapan. Mau ke calon ibu kota baru kok masih jauhh jadi batal.
Sesampainya di Hotel The Luxe Balikpapan kami ambil koper dan Pindah hotel ke Hotel + waterboom + Mall Balikpapan HOTEL ASTARA. 

Kami booking Hotel Astara Balikpapan karena bertepatan dengan malam tahun baru dan disini terkenal meriah kembang apinya, ealah ternyata karena pandemi ditiadakan jadi sepii deh. Kamar kami menghadap ke kolam waterboom eeh para tamu pada berdiri di balkon bikin petasan kecil2an disaat jam 12 malam pergantian tahun.
Dapat mahal karena tahun baru kena 1.7 jutaan plus sarapan.

Keesokan harinya anak anak puas-puasin main di waterpark Hotel Astara, dan belanja cemilan di Mall yang menyatu dengan Hotel Astara. Mall ini sekelas Kokas jadi barang-barangnya mahal, restonya juga resto brand terkenal jadi beli cemilanpun sedikit mahal. 

I. HARI KE IX
Pindah hotel lagi view laut juga, kami sengaja extend di Balikpapan karena masih kangen ngobrol dengan sobatku jaman kuliah yang sekarang tinggal di Balikpapan.
Golden Tulip Balikpapan adalah pilihan hotel kami dimana hotel ini seperti apartemen, kami ambil 1 unit di dalamnya ada 2 kamar, ruang tamu, ruang makan, dapur, balkon. Harganya waktu itu sekitar 500rban recomended karena luas cakep sayang kami sudah capek jadi tidak merasakan berenang di kolam renang infinity hotel ini.

Selama di Balikpapan kami banyak staycation saja di Hotel istirahat.

Kalau kami bepergian jarang belanja oleh-oleh atau suvenir adanya buka jastip, kebetulan pada order Kepiting Khas Balikpapan sama krupuk ikan πŸ˜€.

Sekian kisah perjalanan kami, pasti sudah bosen maksimal yaa karena panjang kisahnya. Maapken πŸ™πŸ™

Indonesia kereen indah banget alamnya bikin ketagihan explore tempat lain.

Sekian dulu wassalamualaikum wr wb.
Budgeting yg ke derawan 3 keluarga.

* Kapal+guide+penginapan bisa ke ig @noahmaratuaresort WA 0812-5197-2860 dibantu juga sewa mobil penjemputan di bandara
* Sangalaki bisa ke WA 08121 883 9030
* Penginapan derawan sendiri bisa atau bisa minta tolong noah resort
* sebaiknya sewa drone sekalian kami nyesel kami bawa 2 drone murah sama mahal tapi nyungsep semuaa karena angin jadi sayang banget kan pasti kereen di foto dari atas.

Trip yang AMAZINGG dan seru kaan mulai laut, bukit, kapal, mobil, pesawat, kamar mewah sampai tidur di tenda, wisata horor pun di jabaninn.
"Keluarga adalah teman perjalanan paling mengasikkan"
Kenangan indah bersama keluarga bakal di kenang selalu dalam ingatan anak2.

Posting Komentar

45 Komentar

  1. Salut dengan kekonsistenan ibu membuat blog seputar Travelling bersama keluarga. Sepertinya pandemi korona tidak terlalu berpengaruh untuk tidak Travelling dulu, malah menjadi semacam tantangan baru Travelling saat pandemi hehe.. Kali ini Travelling ke Balikpapan. Saya belum pernah ke sana malah. Di blog ini detail sekali, sampai pengeluaran biaya-biaya selama Travelling. Sukses selalu

    BalasHapus
  2. Terima kasih pak vicky, sukses selalu juga buat bapak 🀲🀲

    BalasHapus
  3. Udah lah ini mah liburan paket lengkap. Harus dipuas-puasin, ya, liburan ke Pulau Derawan mah, kalau nggak rugi banyak dan pastinya kepikiran terus. 🀭 Lucu juga ada yang namanya Pulau Spongebob.

    BalasHapus
  4. Jujur aku baru tau sama tempat ini wkwk maklum tim rebahan πŸ˜… detail sekali kak artikel nya.. Aku yang jarang kemana-mana jadi tau tentang semua yang ada di tempat wisata nya...

    BalasHapus
  5. Mantap sekali ibu yang satu ini. Jadi pengen ikutan jejaknya... seru gitu familytrip terus diulas di blog. Berasa lagi jalan2 pokonya kalau mampir ke blog ini

    BalasHapus
  6. Mantab banget ini... Keluarga yang kompak, pasti banyak sekali cerita menarik lainnya melebihi kisah yang ditulis ya

    BalasHapus
  7. Keren perjalanan traveling nya ya mbak. Puas banget menikmati berbagai keindahan pantai dan seluruh objek wisata yang ada di Balikpapan

    BalasHapus
  8. Bukan balikpapan kak tapi Berau kepulauan Derawan kalau balikpapannya sendiri jelek

    BalasHapus
  9. puas banget yah kak dgn liburannya... asyik deh baca tulisannya serasa ikut liburan juga

    BalasHapus
  10. Hahaha, saya setuju dengan asas trip gak mau rugi. Apalagi kalau ngetrip jauh, biayanya juga lumayan, sekalian aja babat semua. Terkecuali yang memang punya motivasi khusus liburan alias healing trip, hehhee.

    BalasHapus
  11. Seru banget setiap mampir di blog post ini terutama terkait family trip.
    Beneran, jadi pengen diangkat jadi keluarganya kak Yeni aja akutu

    BalasHapus
  12. πŸ˜€πŸ˜€bisa aja bun

    BalasHapus
  13. Wuah serunyaaa family trip ke kepulauan Derawan ini. Traveling bersama keluarga rame-rame seperti ini bikin hati bahagia ya dan bakal jadi kenangan indah yang akan selalu diingat. Indah sekali tempatnya!
    Semoga pandemi ini cepat usai, biar bisa traveling dengan nyaman.

    BalasHapus
  14. Lengkap banget nih mak informasinya. Membantu banget buat keluarga yang pengen ngajak anak-anak ke pulau Derawan ini. Apalagi ini termasuk destinasi impianku nih mak

    BalasHapus
  15. Lengkaaap banget, Mbak. Keren! Komplit bener ini destinasi yang dikunjungi selama traveling ke Kepulauan Derawan. Setuju keseruan yang akan terus dikenang apalagi bareng keluarga ya
    Foto-fotonya pun cakep!
    Bisa jadi rujukan nih itinerarynya kalau aku ke sana nanti.
    Sedikit saran, biar enggak kepanjangan dipisah aja Mbak nulisnya, bisa per destinasi atau per hari. Jadi lebih nyaman bacanya artikelnya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapp mb dian πŸ‘ awalnya mau di bikin per pulau nah kadang tmn2 yg mau traveling suka langsung brek jadi satu males buka2 link.

      Hapus
  16. Family trip yang cihuy banget nih mbak. Udah menjelajah ke berbagai pulau ya. Tentu bangga dan bahagia bisa beramai2 mengunjungi banyak destinasi, naik kapal, belanjaan bererot selama wisata dan seseruan main airnya. Kalau boleh berbagi saran, fotonya diperbesar lagi deh pasti makin ciamik menikmatinya hehehe. Sekaligus lebih dipenggal/ dikhususkan lagi destinasinya misal tempat A dan B, biar lebih enak bacanya hehe thanks :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap bunn makasih masukannya kalau belanja kami ga belanja sama sekali kalau jastip makanan iyaa hehehe jastip kepiting dandito banyak yg pesen.

      Hapus
  17. Saking banyaknya pengalaman pernah ke sana ke sini jadi bingung sendiri ya mba mau mulai nulis yang mana dulu hihihi πŸ˜‚. Pulau derawan ya namanya, jujur aku baru denger mba. Keliatan banget ya main aku kurang jauh hihihi πŸ˜‚. Aduh mba travellingnya seru banget sih apalagi ama banyak keluarga begini. Pasti seru banget. Aih aku kapan ya bisa jalan jalan kayak mba 😍

    BalasHapus
  18. aih seru emang traveling bareng keluarga. kalo aku belum berani traveling dulu karena ada larangan dari kantor suami. sekarang juga belum berani. maklum parnoan :D
    moga kapan2 bisa ke derawan aamiin

    BalasHapus
  19. wih puas banget ya, mumpung di Kalimantan timur, mesti di jelajahi semua.
    Saya kenalnya pulau Derawan aja, ternyata banyak juga obyek wisata alam yang menarik di seputaran situ ya.

    Goa tengkoraknya serem ya, walau udah ada arena permainan di bawahnya, tetap aja kalau saya milih main ke tempat lain aja

    BalasHapus
  20. Waaa, mantap banget. Pemandangan lautnya emang kece. Tapi aku paling suka saat di goa. Maklum dulu pas pertama kali ke goa tuh agak takut-takut gitu. Eh ternyata gak seseram kelihatannya. Btw, itu ada Ubur-ubur langka kesukaan Spongebob kayanya, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ˜€πŸ˜€πŸ‘Œ ubur2nya ngegemesin mak

      Hapus
  21. Seru sekali liburannya barengan 3 keluarga tapi bisa tetep kompak yaah dan perhitungan budgetnya rapi sekali sih, kagum akutu. Nanti kalo pandemi kelar pengen juga nih liburan ke Derawan barengan anak2 sepertinya harus mulai nabung dan nyusun budget dari sekarang nih

    BalasHapus
  22. Wah, seru banget liburan di derawan mba... lautnya bersih dan indah. biaya snorklingnya tuh lho... cuma 30k, masya Allah... terjangkau ya ternyata. Semoga suatu saat bisa liburan ke sana juga, aamiin...

    BalasHapus
  23. Mantap banget... Makasih sharing pengalaman liburannya... Menghibur sekali untuk saya yang baru berani main di bandung dan sekitarnya aja, hihihi... Lengkap pula sama itinerary dan budgetnya, buat nyontek kalau kapan-kapan ada rezekinya...

    BalasHapus
  24. Wah liburannya udah sampai Kalimantan nih :D
    Ternyata biaya snorkeling terjangkau juga ya mbak 20 ribuan?
    Aku baru tau istilah gusung, berarti ke sananya kudu pas surut ya supaya bisa putu2 cantik :D
    Itu yang di pulau Maratua asyik banget buka jendela udah bisa langsung liat laut dan kehidupan di dalamnya yaa

    BalasHapus
  25. Cakep banget emang Derawan ya..ternyata destinasi lainnya di sekitar Derawan banyak banget.. Harus meluangkan waktu cukup lama nih biar bisa eksplor semua lokasi

    BalasHapus
  26. omaygaaad aku scroll sampe ga habis habis!

    saran dong mbak Yen dipecah jadi 2-3 bagian saja, aku lelah bacanya hihi...

    ini destinasi impian yang belum kesampaian nih mbak dan udah mau ke sana tahun 2016 pun batal, semoga one day bisa ke sana ama keluarga juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁😁maap ya maakk biar paket komplit plitt tapi malah melelahkan ya makk hehehe

      Hapus
  27. Lengkap dan detail tulisannya. Pengen sekali ke sana. Tapi harus kumpulin biaya dulu biar lebih puas disana. Makasih mbaa

    BalasHapus
  28. Baca judulnya, baca isinya sepadanlah kenapa itu panjang sekali, hehehe. Btw itu biaya snorklingnya murah yah, tapi yah buat ke sananya yang mahal. Kalo liat pasir dan tukiknya hampir samalah dengan pulau Tikus yang ada di Bengkulu mba, kapan waktu main ke sini ya wisata sejarah , kuliner dan wisata alam lengkap deh, yang gak ada sih gurun aja Bengkulu nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaap bengkulu sebetulnya mau kami datangi pas awal pandemi tp sempet ditutup bandara jadinya batal sampai sekarang.

      Hapus
  29. sseerunya mbaak filtrip gini ke derawan. itu anak-anak sekolahnya ttp ya kan daring. pasti juga hepi belajar sambil travelling. bte, resortnya seneng mesti kedatangan tamu setelah lama sepi ya pandemi :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak2 pas libur akhir tahun sampai awal tahun

      Hapus
  30. Aselik, cakep banget yaah...
    Ketagihan liat foto-foto Family Trip ke Pulau Derawan yang penuh dengan keindahan alam laut nan biru juga pantainya yang bersih.

    Informasi yang sangat lengkap.
    Kak Gusti memukau sekali.

    BalasHapus
  31. masyaAllah senangnya mbak, puas banget ya main di kepulauan derawan bersama keluarga. beneran mbak, jauah tripnya jauh emang kudu sekalian aja, puas jadinya kan hehe btw alamnya indah banget mbak, masyaAllah jadi pengen ke sana deh

    BalasHapus
  32. Seru banget acara jalan-jalan kali ini. Meskipun sudah setahun berlalu tapi keseruannya seperti masih baru aja. Foto, video lengkap, jadi full of memories. Next, bakal ada cerita ngetrip kemana lagi nih?

    BalasHapus
  33. Waahh... aku kok naksir banget yang pas di goa hallo tabung. keren banget ya pepotoan di sana. Semua destinasi di tulisan ini jadi pengin masukin ke wishlist traveling deh. Doakan ya mba ada rejeki biar bisa ikut menikmati perjalanan berkesan seperti dirimu.

    BalasHapus
  34. masya Allah seru bangets ya dan pastinya abis jalan2 bersama keluarga jaid makin happy dan makin semangat kerja lagi biar bisa piknik ke banyak tempat. Keren euy Kepulauan Derawan

    BalasHapus
  35. Seru banget yah Kak dan pastinya habis jalan2 bersama keluarga itu bawaannya happy banget

    BalasHapus
  36. Masyaa Allah indah banget. Aku belum pernah ke Balikpapan jadi mupeng. Nikmat banget ini bisa snorkeling setiap hari. Ikannya banyak. Paling suka sama Noah Resort. Gagus banget view-nya. Paket wisatanya juga lengkap. Sudah plus mobil dan guide.

    BalasHapus