Tips Hunting Tiket Murah

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh...
Hai sobat gustiyeni famtrip semoga senantiasa di beri kesehatan, rejeki berlimpah bahagia dunia akhirat.
Yang kemarin kepoo gimana sih cara hunting tiket apalagi dapat tiket-tiket murahh, nah simak yaa perlahan - lahan sekalian praktek juga boleh tapi tidak lanjut ke pembayaran gak masalah kok yang penting tau alurnya.

"Alhamdulillah sekarang Free Karantina bagi yang sudah vaksin, tidak perlu lagi ke Hotel Karantina dan Biayanya detil, Turki Free Visa, Australia sudah buka, Korea juga sudah tapi Jepang belum bisa untuk turis"

Sebelumnya mesti paham dulu ya Pesawat LCC & Full Service

A. Pesawat LCC (Low Cost Carrier) : Maskapai penerbangan berbudget rendah/murah dengan meniadakan fasilitas, seperti hot seat (pengen duduk didepan mesti bayar lagi), meniadakan entertainment, meniadakan cemilan/makan pengen makan minum di dalam pesawat mesti bayar lagi, bawaan banyak mesti bayar lagi untuk bagasi. Selama penerbangannya hanya boleh bagasi Cabin maksimal 7kg, dan tas jinjing/ransel. 

Harga tiket anak dibawah 12th sama seperti dewasa. Kompensasi jika terjadi delay karena pesawat bermasalah untuk waktu yang lama tidak sebanyak full service, kalau beruntung bisa diganti penerbangan dengan maskapai lain, kalau lagi apes terlunta-lunta tidur dibandara tanpa ada kepastian.       
 Contoh maskapai LCC : Air Asia (AA), Scoot, tiger air, jetstar 

B. Pesawat Full Service : Pesawat dengan pelayanan penuh, sudah include bagasi tergantung maskapainya ada yang 20kg, 25kg, 30kg, dapat cemilan makan minum selama penerbangan, bagasi kabin otomatis juga dapat 7kg, penerbangan lebih dari 5 jam/overnight dapat 2x makan dan cemilan. Fasilitas dalam penerbangan terdapat entertainment  (film, music, games, berita), dapat bantal dan selimut.
Tergantung maskapainya penerbangan lama biasanya juga di kasih 1 set kaos kaki, sikat +pasta gigi.
Tiket Anak dibawah 12th beda harga. Penerbangan jarak jauh untuk anak-anak dapat suvenir (boneka, buku gambar+crayon, buku cerita dll). Jika terjadi delay karena kerusakan pesawat dll dalam waktu yang lama kompensasinya dapat penginapan, uang saku, pergantian penerbangan dengan maskapai lain atau uang tergantung kebijakan maskapainya. 
Contoh : Garuda Indonesia, Saudi Arabia, Singapore airlines, malaysia airlines, Philippine airlines, catcay pasific, Qantas, Royal Brunei, Qatar, Emirates, ANA, JAL /japan airlines,   Xiamen Air, Air Cina, China shouthern, Thai Airways, Vietnam, Asiana, China airlines dll. 

Semua kembali kepada kemampuan masing-masing kalau dirasa selisihnya tidak seberapa pilihlah full service.

CARA HUNTING TIKET KE LUAR NEGERI

1. Install aplikasi traveloka, skyscanner (gabungan berbagai web aplikasi lain),  tiket.com, trip.com, tripsta dan web masing2 maskapai atau langganan via email kalau ada promo

2. Mencari tahu bulan istimewa aplikasi tiket misalkan ultah tiket.com atau dikenal promo gledek. 
Di Ultah tiket.com ini kami pernah dapat Jakarta - Medan by Garuda pp only 3,5 jt 4 org, Jakarta - Osaka by Singapore Airlines pp only 11 jtan 4 orang.
Hari biasa iseng2 cek ada promo maskapai Malaysia Airlines di berbagai aplikasi tiket jakarta - Medinah pp 4 orang 8 jutaan. 
Kelas executive SQ ke singapore only 150 ribu.

"Gledek Tiket Com terbaru Ramadhan 2022 kemarin banyak teman saya dapat Jakarta - Belanda 3 orang total 15.9 juta by Turkish Airlines, Jakarta - Turki pp 4 jt dkk"

Gledek tiket.com 2019 Jakarta - Osaka pp 4 orang only Rp. 11.207.800 akhirnya Explore gunung tateyama all in 8.6 jutaan saja (boleh di baca pengalaman kami ke jepang yang ketiga kali)


Akhirnya bisa Umroh Mandiri Mewah bintang 5 habisnya cuma all in 12jtan saja (boleh dibaca juga yaa pengalaman oktober november umroh kami 2019 dg tiket murah)


"Teman pernah dapat tiket ke madinah cuma 150 ribu doanggg by MH"


EPICSALE traveloka kami pernah dapat :

- Jakarta - Tokyo transit Bangkok by Air asia 7  orang plus bagasi total 20 jtan Ulasannya disini ya total all in tiket plus penginapan makan di Jepang Bangkok all in 8.5jt

- Jakarta - Shanghai, Beijing - Jakarta by Catcay transit Hongkong 24 jam 4 org total 13 jutaan (kepending karena pandemi)

- Jakarta -  Auckland  , Wellington - Jakatta by Qantas transit 16 jam di Sydney total 4 orang 19 jutaan. (Kepending pandemi)

- tiket perancis pp plus hotel disneyland paris 30 jt 4 org Paris dan Swiss ala backpaker tp bak sultan nginep di hotel.disneyland

- Jakarta - Turki pp 4 orang 19 jtan (kepending pandemi )

- Jakarta - India pp 4 orang only 7 jt (h-2 mau brkt maskapainya bangkrut 😭😭)

3. Rajin cek rute yang kita inginkan jauh-jauh hari, geser-geser saja tanggal-tanggalnya. Misal Jakarta - Tokyo pp asal aja klik tanggal dan bulan pastinya menyesuaikan jadwal kita ya (kalau saya sudah punya kalender pendidikan setahun yang akan datang, bulan2 biasanya anak ulangan,  dan bulan dimana kerjaan suami banyak).
Di awal masuk sekolah yang saya cari calender akademik, kapan anak2 libur atau free time.


Saya pribadi suka ambil hari jumat (cari penerbangan malam sekali sehingga Suami masih bisa kerja dihari Jumat,  sabtu sudah sampai negara tujuan) atau sabtu pagi-pagi sekali, pulangnya hari sabtu atau minggu berikutnya, syukur2 ada tanggal merah ditengah2 minggu juga wajib di cek tiketnya. 

"Sering dapat pertanyaan suami kerja gimana? Ya cutilah kalau dapat sabtu minggu 2x total 4 hr cuti suami 5 hari kerja jd total 9 hari traveling, syukur2 ada tanggal merah lebih dari 1 tambah deh travelingnya"

3. Wajib baca dulu promo masing2 aplikasi tiket, sapa tau ada promo Rute yang kita inginkan biasanya dengan memasukkan kode promo.
Contoh traveloka baca promo-promonya yaa.

4. Aplikasi yang pertama saya buka biasanya Traveloka, isi Rute dan tanggalnya nanti Akan muncul maskapai2 penerbangan dengan harga, lama perjalanan dan waktu perjalanan. Untuk traveloka saya suka promo kotak warna biru bertuliskan SMART COMBO artinya promo tiket harga berangkat dann pulang hampir sama, kalau beda selisihnya sedikit tapi menggunakan maskapai yang sama, biasanya smart combo ini maskapai full service.
Ini contoh yaa Jakarta - Tokyo betangkat 25 Februari pulang 6 Maret. Tampilan pertama harga hemat smart combo. Misal kita ambil salah satu penerbangan.

Tangkapan layar berikutnya tiket pulang akan muncul Smart Combo juga cuma beda jam saja.

Ini hasil akhirnya berangkat tanggal 25 februari pulang 6 maret. Untuk mengetahui lebih detil klik tulisan DETAIL.


Di bagian Detail akan keluar rincian nomor pesawat, jatah bagasi , keterangan dapat makanan dan fasilitas hiburan di dalam pesawat.

Waktu transit juga terpampang maskapai Singapore Airlines berarti transit di Sinngapore kalau naik MH transit di Malaysia.
Seperti pengalaman familytrip kami

Triknya kami ambil waktu transit lama sehingga bisa city tour, kalau negara ASEAN tanpa perlu Visa.

Untuk contoh diatas Jakarta Singapore landing pukul 08.10 pagi, berangkat lagi pukul 23.55 malam lumayan kan banyak waktu city tour ke Singapore bisa memanfaatkan free city tour yang Changi Airport siapkan.

Langkah berikutnya keluar seperti ini abaikan saja saran saya membeli asuransi perjalanan terpisah.

Pengisian data-data, kalau sudah pernah diisi tinggal pilih saja.


Keluar seperti ini nah untuk memasukkan kode diskon klik KUPON TAMBAH

Akan keluar seperti ini dibawah ada rincian kupon coba2 saja di klik dengan membaca syarat2nya. Tidak selalu kode kupon masuk di list ini yaa, suka dipisah jd cek di bagian halaman depan PROMOS copy paste kodenya atau Ikut LIVE STREAMING TRAVELOKA SUKA DI SEBAR KODE PROMONYA TAPI WAKTU DAN JUMLAH TERBATAS.

Jadwal LIVE STREAMING TRAVELOKA

" Kalau di group ada yang suka share live streaming minta teman2 menonton sebentar bantulah, berarti lagi mengejar kupon atau teman2 bisa ikutan"

Kalau sekedar cek harga akhir tidak masalah yaa klik kode kupon tapi tidak lanjut membayar, kalau mau mencoba lagi kode kupon di hapus karena penggunaan kode kupon biasanya cm bisa 1x untuk 1 akun.

Tandai dengan cara dicatat atau screenshoot yang menurut kita cocok harganya kemudian bandingkan langsung dengan web maskapai atau aplikasi lain. Cari tiket dengan tanggal yang sama dengan traveloka untuk membandingkan apakah lebih murah di traveloka atau web nya langsung.
Contoh kode kupon diskon yang di pake barengan.


5. Bandingkan juga tiket di pembahasan no.4 dengan aplikasi skyscanner, tiket.com, langsung dari Google dll intinya mencari yang lebih murah tapi kategori maskapai yang sama ya misal sesama full service jangan bedakan full service dengan pesawat LCC namanya ga apple to apple

6. Setiap hari cek lagi sapa tau harganya turun lagi, kalau dirasa cocok dengan kantong tinggal melanjutkan proses isi data dan mem bayar. Kalau saya pribadi lebih suka membayar cash bukan model cicilan karena setelah tiket sudah kebeli tinggal persiapan sebelum berangkat menabung tiap bulan untuk biaya Akomodasi.
Makanya perencanaan liburan keluarga kami jauh-jauh hari, jeda pembelian tiket dengan keberangkatan lama supaya persiapannya matang.

Bisa tonton disini Tips Sering Familytrip ala kami di sini πŸ‘ˆ

7. Pembelian dengan 2 atau 3 akun berbeda, memaksimalkan diskon kupon promo.

Contoh kasus 
- Kami ber-4 karena anak-anak masih kecil harus ikut orang dewasa jadi di waktu yang sama pesan tiketnya saya + anak no.1 di akun traveloka saya
Suami + anak no.2 di akun traveloka suami pastikan waktu dan maskapai sama 
Dapat hemat deh diskonnya, hal ini sudah kami buktikan di tiket Cina, Newzealand dan Turki jadi mantul. Seruu lho berburu tiket itu suami pas ngantor saya dirumah menyamakan tiket langsung closing bareng bareng 🀩🀩. Alhamdulillah memang saya dan suami setype suka traveling bersama anak jadi seruu.

 "WAKTU SEBELUM PANDEMI TIKET PROMO SUKA MUNCUL DISAAT TANGGAL GAJIAN MULAI TGL 25 SAMPAI AWAL BULAN (Yang bikin langsung miskinnn kami pernah dunk gajian tinggal dikit demi tiket hemat ambil 2 destinasi sekaligus. Tapi kalau sudah jiwa traveling rela hemat, rela puasa, rela tidak beli apapun demi tiket murah dan traveling negeri impian"

Enak lagi kalau anak sudah gedhe pernah dunk demi tiket murah Jakarta - Perancis 5jtan teman saya pake 5 akun termasuk pinjam akun saya karena dia total sekeluarga 5 orang.

Seperti di kisah teman saya yang pernah saya ulas di Emak Strong πŸ’ͺ teman saya hamil plus bawa anak 3, ketika pulang dari Jepang beda hari terbang antara suami dan dia karena beli tiket promo tidak bersamaan menyebabkan harga tiket kedua mahal alhasil tiket suami + anak 1 pulangnya duluan.

"Ribetnya tiket beda kode booking cuma ketika ngurus rechedule atau refund harus sabar satu satu, kalau cek in mah bisa early cek in cari kursi berjejer"

8. Aplikasi tiket ada pilihan multicity / Multikota artinya kita bisa pilih tujuan penerbangan berangkat dan pulang berbeda Contoh :
 Berangkat dari Jakarta ke - Tokyo.  
Pulangnya dari Osaka ke - Jakarta atau beberapa negara langsung                
Berangkat dari Jakarta ke Tokyo          Pulangnya dari Osaka ke Seoul Korea pilih tanggalnya kemudian
 dari  Seoul Korea ke Jakarta.      
Multicity ini lebih hemat waktu kita bisa menjelajah kota atau negara tanpa harus kembali ke kota atau negara pertama kita menjejakkan kaki.


contoh diatas.
Penerbangan 1 Jakarta - Medinah 3 oktober
Penerbangan 2 Jeddah - Jakarta 15 oktober
Artinya kita landing medinah pulang ke Jakarta langsung dari Jeddah, hemat waktu kan karena kalau balik lagi ke medinah dari mekah memakan waktu lama.

Multicity bisa untuk penerbangan ketiga, empat dst
Misalkan contoh kasus 
Penerbangan 1 Jakarta - Medinah
Penerbangan 2 Jeddah - Amman
Penerbangan 3 Amman - Jakarta
HASIL AKHIRNYA TOTAL 18 JUTAAN

Atau bisa juga jakarta jepang korea balik jakarta
Penerbangan 1 Jakarta - Tokyo 3 april
Penerbangan 2 Osaka - Korea  10 April (osak ke korea dekat soalnya)
Penerbangan 3 korea - Jakarta 16 april (tidak usah balik jepang lagi pulangnya)

11. Penggunaan aplikasi traveloka untuk paket tiket pp + hotel. Caranya pilih Rute dan tanggal yang kita inginkan untuk tiket. Untuk hotel pilih lokasi hotel, tanggal menginap dan lama menginap. Misalkan untuk tiket pp jkt-Seoul korea 10hari, Isian hotel untuk lokasi di Seoul dengan lama menginap cuma 4 hari 3 malam, masuk kan jumlah orang, pilih mau berapa kamar klik search. Akan muncul biaya per pax (tiket pp n hotel) tinggal dikalikan jumlah orangnya. Bisa juga memakai menu filter untuk rate hotel dan maskapai. Cek dengan teliti riview hotel, lokasi hotel dan fasilitasnya.

Contoh
Kita ambil Jakarta Hongkong
Pilih kota yang akan kita tinggali dan berapa malam, saran saya maksimal 3 malam kl waktu di Hongkong 7 malam sisa 4 malam pindah hotel.
keluar seperti ini harga yg tertera perpax sdh tiket hotel misal 4 org ambil yg 5,6jt kali 4 = 20 jtan


12. Pembelian tiket bisa setahun sebelum berangkat.

13. Harga nyungsep kadang harga error di tengah malam kisaran jam 1 sampai subuh (kadang-kadang lho yaa dulu sebelum pandemi sukaa ramee dpt info murah)

14. Cek email ya teman-teman kalau berlangganan info promo maskapai, seperti kemarin promo valentine Garuda. Dua bulan lalu juga garuda promo di aplikasi traveloka teman saya dapat Jakarta - Sorong 2,8 jutaan PP baru kemarin pulang dari raja empat. Jakarta - Lombok 500rb dkk
Promo Garuda februari 2022 ini.

15. Setelah tiket sudah didapatkan baru deh rajin-rajin mencari info seperti visa kalau harus menggunakan visa, transportasi dalam kota, luar kota atau Antar negara, tempat wisatanya, baca riview hotel/hostel/apartemen, hunting hotel jauh2 hari gunakan aplikasi agoda atau booking.com tanpa membayar terlebih dahulu dan bisa dicancel tanpa kena biaya. Membuat estimasi budget. Membuat itinerary perjalanan (itunerary ini bisa berubah2 nih melihat sikon). Menyicil tuker uang dengan cek setiap hari nilai kurs dan lokasi money changer yang murah, tuker uangnya bertahap sedikit2 gapapa kok.

16. Biasanya weekend harga tiket mahal-mahal, nanti disaat weekday harga turun ga mesti berubah-ubah jadi kalau lagi nganggur sebelum tidur iseng saja cek tiket.

17. Belilah tiket sendiri karena point masuk ke akun kita, mengumpulkan point sangat bermanfaat untuk pembelian berikutnya jika sudah banyak bisa untuk diskon pembelian

18. Joinlah group yang satu frekuensi sama sama hobby traveling, suka di share promo-promo murah

Contoh multikota domestik, Insya Allah next destinasi Nias plus explore Samosir
- Jakarta ke Silangit explore disana dulu selanjutnya ke Nias naik kapal
- Baliknya Nias - Medan karena langsung Jakarta rugi transit ke Medan juga 
- Explore Medan baru pulang Jakarta
19. Teman-teman wajib waspada ya untuk transit, apakah butuh visa atau tidak, kalau butuh visa type apa. Perhatikan lokasinya juga contoh ini Jakarta - Osaka ternyata transit di Tokyo beda bandara pula.
Kalau murah banget tapi perlu waktu dan biaya karena Tokyo Narita dan Tokyo Haneda itu jaraknya jauhhh.


Pertanyaan yang biasa muncul

a. Airport gimana mba?
   -- misal ke jepang pilih saja all airport-- atau pelajari dulu Jepang Airportnya apa saja yang biasa dipakai landing.

b.Bagaimana kalau paspor saya menjelang expired sedangkan promo tiket sedang berlangsung?
-- Tetep bisa membeli tiket sekarang kok dengan cara mundurin masa berlaku paspor menjadi setahun atau dua tahun, setelah perpanjang paspor baru ubah lewat CS aplikaso tiket dengan mengupload foto paspor baru--

c. Bagaimana jika nama penumpang kurang huruf atau kelebihan huruf?
--Bisa revisi lewat chat CS aplikasi tiket yang kita ambil

d. Saya tidak punya kartu kredit sedangkan promonya banyak pake kartu kredit.
--Tidak selalu kok, sering promo pake kartu debet suatu bank atau promo tanpa syarat, saya seringnya dapat promo tanpa syarat.

e. Apakah travelfair selalu lebih murah?
--TIDAKK, berkali kali cek travelfair di mall masig mahal, bahkan tiket saya SQ ke Jepang lebih murah daripada punya teman saya yang beli di pameran Travel Fair, padahal bulan berangkatnya sama--

f. Dimasa pandemi seperti ini bagaimana dengan tiket promo?
--Masih ada tiket promo, kebetulan saya dapat tiket turki hemat (masih fleksibel dan frew rechedule, tiket lombok tiket belitung tapi tiket domestik itu sudah refund gara gara PPKM tahun kmrn), kalau kondisi belum pasti tiket domestik saya mendingan beli mendadak saja sekarang--

g. Sering ikut challange di Instagram spt traveloka atau tiket com dkk Alhamdulillah iseng2 berhadiah pernah dapat semua saya voucher diskon lumayan di saat pandemi kemarin bisa buat bayar hotel atau tiket.

h. Aman ga beli di sosmed tiketnya karena lebih murah dari OTA atau aplikasi lain?
--saya BOLD YA JANGANNNN MUDAH TERGIUR, 
PALING AMAN BELI SENDIRI BANDINGKAN DENGAN APLIKASI LAIN SUPAYA TIDAK TERTIPU, INGET LHO TEMAN2 PROMO MURAH ITU WAKTUNYA TERBATAS BUKAN ANY TIME SIAPA CEPAT DIA DAPAT. BANYAK YANG TERTIPU KARENA TIKET MURAH BELI DI SI A, B dkk--

Ulasan diatas bisa untuk penerbangan domestik yaa jadi bukan hanya luar negeri saja.
Sekian dulu semoga bermanfaat...
Silakan praktek ....
Nanti kalau ingat lagi saya tambahi infonya yaa...

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Jangan Lupa Share di sosmed jikalau dirasa tulisan ini bermanfaat.

Jika ada pertanyaan silakan yaa boleh juga japri.

"Selamat Huntung Tiket πŸ’ͺπŸ’ͺ...."



Posting Komentar

73 Komentar

  1. Oh jadi harus tau bulan istimewa juga ya supaya dapatin harga promo tiket. Lumayan juga ya kalau dapat itke SQ 150 rb doang. Selanjutnya tergantung ya kita mau naik maskapai apa terantung promonya aja.
    Aku pernah dapat promo KLM ke KL tapi waktu itu pas kebetulan aja mau ke sana eh dapat, ga tau momen apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess bun biasanya sdh heboh dpt bocoran para traveller, ditunggu bentar lagi ada promo ini itu dkk

      Hapus
  2. Banyak jalan menuju Roma seperti juga banyak jalan mencari tiket murah untuk tujuan wisata impian. Kuncinya cuma rajin dan menganggarkan waktu untuk silau silau promo dan berbagai tawaran lainnya ya mbak. Untungnya semua aplikasi bisa diinstal dalam satu gadget. Jadi bisa berpindah dengan mudah untuk memantau harga tiket ke destinasi yang kita inginkan

    BalasHapus
  3. Wah, makasih nih kita dikasih tips berburu tiket murah naik pesawat. Memang sih kudu rajin intip2 berbagai aplikasi ya dan browsing, supaya dapat sesuai harapan. Ber4 PP 11 jutaan murah banget itu mbak. Bahagianya bukan main ya. Mesti disesuaikan juga dengan cuti suami hehehe.

    BalasHapus
  4. Gass Mbak mumpung anak masih kecil . Anakku dah SMP dan SMA , suami dah numpuk list kerjaannya, jadi sekarang nyocokin jadwal susahnyaa..duh. Dulu masih santai roadtrip atau terbang kemana. Tapi serius dirimu jago urusan nyari yang hemat kayak tiket ini. Aku coba lain kali. Thanks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betull mb diaan emang kamii ngegass mumpung anak-anak masih bisa.diajak next dah dewasa bakal susah apalagi kalau dah kuliah.

      Hapus
  5. Wah, KLO yg kasih tips travel blogger seperti mbak Gusti Yeni gini ya pasti recommended tipsnya
    Tips hunting tiket murah ini sangat diperlukan buat yg suka jalan jalan tapi tetap pengen hemat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maturnuwun mbakuu, prinsipnya jalan teruss tp yg murahh

      Hapus
  6. Berarti hunting tiket harus jauh hari juga ya mba,

    Jadi inget saudara yang di Jogja juga gitu. Kalo mau pulang ke Medan hunting tiketnya sudah jauh-jauh hari.

    Preparation juga lebih maksimal ya kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess bundaa, banyak yg bilang ke saya jalan2 teruss apalagi ke LN lhaa tiker sudah kebeli lamaa sambil nabung kok ya kebetulan perginya jeda antara pergi ke tmp A sm B gak lama hehehe.

      Hapus
  7. Hai mbak Yenni selalu suka deh dengan pembahasan tentang travelling yang up to date. Menarik sekali tentang naik pesawat LCC dengan fasilitas terbatas sepertinya cocok ya kalau berangkat sendiri dan tidak membawa banyak perlengkapan. Dengan dana terbatas tetapi masih bisa jalan-jalan, he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa maak dennise kl saya apa aja angkut yg penting murah pake LCC anak2 jg happy yg penting persiapannya

      Hapus
  8. MasyaAllah mbak yeni, seneng banget baca dapat tiket murah jakarta madinah, ternyata kalau hunting beneran bisa dapat juga ya tiket murah, makasih infonya mbak, ternyata gitu ya, kudu tahu musim atau Hut penyedia tiket biar dapat murah, tapi mungkin cepet cepetan yaa hihihi but thanks banget lho infonya manfaat banget

    BalasHapus
  9. Baru tahu soal multicity. Dulu mah tahunya kalau kita pergi ke suatu negara mesti pulang lewat bandara kota di negara itu, sekarang masih bisa lanjut lewat bandara kota lain di negara itu atau negara lain pula. Menghemat banget sekaligus daya jelajah lebih luas.

    Bagi traveller bepergian hemat adalah cara terbaik karena untuk urusan jelajah bukan bisnis. Jadi butuh persiapan matang. Sekaligus paham caranya. Hematnya itu bisa jutaan, loh. Uang segitu besar artinya karena kita tidak selalu bisa leluasa menjelajahi suatu tempat. Harus pakai nabung.

    Cek promo di aplikasi tepercaya kayak gitu juga menghemat waktu. Plus dapat tempat menginap pilihan kita yang oke. Zaman dulu mah gak gitu.

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum. Salam kenal mbak Yeni, sepertinya saya baru pertama berkunjung ke sini. Langsung exited bacanya. Seneng banget bisa jalan-jalan ke mancanegara dan bisa akses tiket lebih hemat juga. Jadi nambah satu referensi blog untuk ngetrip fan hunting tiket murah. Bikin mupeng, semoga bisa kesampaian trip ke luar negeri juga. Aamiin

    BalasHapus
  11. Waah, asiknya nih bisa jalan2 murmer ke destinasi impian dengan berburu tiket murah, bener banget nih tips2 di atas asalkan ada kemauan dan niat buat huntingnya,kbayang tuh pas dapetnya paduluan-duuan, siapa cepat dia dapet..

    BalasHapus
  12. Dahsyat tipsnya. Komplit banget. Ku bookmark dulu ah. Ntar buat dibaca ulang pas mau travelling. Canggih banget sih bisa ke jepang PP 11 juta buat 4 orang.

    BalasHapus
  13. memang kalau mau dapat tiket murah itu kita harus sering ngecek aplikasi ota ini yaa. saya belum pernah ke luar negeri nih kecuali pas umrah. kalau misal masih lajang kayaknya saya mau ke luar negeri ini tapi karena sudah punya anak lihat angka di atas langsung puyeng ngumpulinnya gimana. hehe

    BalasHapus
  14. Iya, Traveloka andalanku untuk pesan tiket pesawat, booking hotel dan lainnya semoga ada kesempatan bisa pesan tiket pesawat ke luar negeri juga di Traveloka ya

    BalasHapus
  15. Yang suka jalan-jalan ke luar negeri wajib tahu nih tips mencari tiket ke luar negeri, supaya bisa mendapatkan harga promo. Kalau dapat harga promo tentunya senang banget, soalnya bisa lebih hemat. Terima kasih atas informasinya mbak, ini bisa jadi panduan buat saya kalau mau cari tiket ke luar negeri😊☺

    BalasHapus
  16. Promo tiket di Traveloka memang keren2 dari dulu ya apalagi sebelun masa pandemi, saya juga gitu pas pesen tiket hotel murah banget dan hotelnya bagus pula

    BalasHapus
  17. Komplit nih tipsnya.
    Jadi kalau anggota keluarga banyak, sebaiknya nggak pakai satu akun ya mbak pesannya, biar semua bisa pakai harga promo dan lebih murah jatuhnya. Noted

    BalasHapus
  18. Akhirnyaaa share tentang tips hunting tiket. Kudu di save lamannya ini maj buat dipraktekkin nanti setelah diskusi sama suami hihi

    BalasHapus
  19. informatif sekali...kak Gusti.
    Ak baca pelan-pelan dan semoga rejeki yaa..daet tiket murah saat akan melakukan perjalanan.

    Dulu sebelum pandemi iya tuh..uda dihapalin bener habitnya penyedia jasa tiket online ini.

    BalasHapus
  20. Mbak Yeni, aku baca pelan-pelan karena udah lupa Cara berburu tiket murah. Dulu waktu masih single kerjaanku begini, Cari tiket air Asia promo duh senang banget. Selain itu Cari tiket yg maskapainya mau bangkrut. Hahaha ... Pernah lho liburan sekeluarga Surabaya - Palu 250ribu PP padahal normalnya 1,5jt PP. Setelah itu maskapainya tutup.

    BalasHapus
  21. Sepertinya kalau bawa anak mending pesawat yang full service ya mbak. Kalau kita org dewasa yg bepergian backpacker misalnya LCC gk masalah :D
    Aku nih susah beruntung dapat tiket murah, sekali doank waktu itu krn mendadak mudik last minute saat lebaran eh dapat pesawat bagus di bawah sejuta.
    Semoga nanti pas ada kesempatan dan rezekinya lagi aku bisa praktikin caramu, kali rezeki dapat tiket murah lg TFS

    BalasHapus
  22. udah semangat ya mba mau jalan dan bepergian ke sana kemari hehe. Semoga hunting tiketnya dapet yang dituju dan sehat selalu dalam perjalanan

    BalasHapus
  23. Masya Allah.. pengalamannya berburu tiket murah sudah banyak sekali.. tipsnya komplit plit plit.. hehe.
    Seneng ya pastinya bisa dapet tiket murah, jadi sisa dananya bisa dipakai buat yg lain atau buat next trip :)

    BalasHapus
  24. Banyak juga yang harus diketahui saat berburu tiket promo. Paling bener emang pesannya jauh-jauh hari. Btw, kalau pergi ke LN, kemungkinan aku bakal pilih Pesawat full service aja. Gak kebayang kudu gelandang di negara orang

    BalasHapus
  25. Terima kasih ulasannya ya mak, udah lama gak hunting tiket pesawat. terakhir desember 2021 lalu, kalo sebelum pandemi yah sering banget, hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah smg bentar lg kelar pandeminya

      Hapus
  26. Wuih keren. Perjuangan berburu tiket banyak banget. Dan banyak ya yang harus kita cermati. Biar gak nyesel, dan tentu saja beneran hemat di kantong. Nanti duit lebihnya bisa buat yang lainnya. Misalnya oleh-oleh. DUh, ngiri deh bisa jalan-jalan dengan cara berburu tiket murah ini. Tapi aku kayaknya gak bisa setelaten itu. Heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa maak seruu maklum emak2 tukang ngebolangg jd sukakk aja

      Hapus
  27. Berburu promo itu seru ya Mbak, kuncinya itu harus rajin ngecek yaa terus tahu juga tangal ada diskon gede. Noted nih, kapan2 mau praktek walau enggak sampai bayar...heheh

    BalasHapus
  28. Aku udah lama ga hunting tiket murah. Kayaknya sejak pandemi ini susah dapat tiket murah ya hahaha. Perasaan harganya ga ada yang murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabaar tahan emang skrg tiket lg tinggi2...

      Hapus
  29. Cara ikut group WA nya bagaimana ya?

    BalasHapus
  30. Wah...mantul banget umroh mandiri, dapet tiketnya bisa murah-meriah banget. Aku belum pernah nih berburu tiket murah. Mantenginnya yang kurang sabar. Tapi worthed yah, jadi liburannya puas banget, bisa sekeluarga pula...
    Pengen ke Eropa sama suami iiih...ada ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gledek tiket com ramadhan kemarin banyak yg dapat eropa.5jtan pp.mbaa... So banyak.mencari info saja yaa

      Hapus
  31. memang kalau mau dapat tiket pesawat murah itu kita harus rajin ngecek harga tiket ya, mbak. sebelum pandemi dulu sering banget kayaknya saya dengar cerita teman dapat tiket murah banget ke luar negeri. kalau saya kadang sedapatnya aja tiket ini kalau nggak dapat yang murah nggak jadi jalan-jalan. hihi

    BalasHapus
  32. memang kalau mau dapat tiket pesawat murah itu kita harus rajin ngecek harga tiket ya, mbak. sebelum pandemi dulu sering banget kayaknya saya dengar cerita teman dapat tiket murah banget ke luar negeri. kalau saya kadang sedapatnya aja tiket ini kalau nggak dapat yang murah nggak jadi jalan-jalan. hihi

    BalasHapus
  33. Infonya bermanfaat banget nih apalagi sekarang setelah pandemi bisa hunting tiket promo. Berharap bisa dapat tiket murah lagi.

    BalasHapus
  34. Kalau rajin intip-intip kaya momen-momen spesial di agen perjalanan, ternyata banyak juga ya promo dalam dan luar negeri. Cocok banget buat backpacker, yang pasti harus well planning, ya

    BalasHapus
  35. Kalau ngikutin tips hunting tiket dari kak yeni, dijamin rencana liburan mah pasti terlaksana. Gak berakhir wacana aja karena udah pasti dapet tiket murah

    BalasHapus
  36. mba, aku pengen banget bisa ke Jepang dengan ticket murah, terima kasih banyak tipsnya mba, semoga nnti dapat ticket promo yang murce

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantengin medsosnya sangat perlu kak, biar impian traveling ke luar negeri bisa terwujud. Jadi kudu ceki-ceki selalu

      Hapus
  37. Makasih kak tips nya saya jadi paham klu mau bepergian internasional. Sedangkan domestik biasanya cuma buat pulkam dan pesan dr jauh hari lumayan murah dan sy juaa pelanggan setia traveloka.

    BalasHapus
  38. Tipsnya keren bisa nih dicoba mbak. Ternyata untuk banyak tiket promo kalau kita mau berburu ya. Tadinya trip ke luar negeri menjadi momok bagi saya. Dengar cerita teman yang mengeluhkan mahalnya biaya perjalanan membuat saya mengurungkan niat untuk ngetrip. Setelah tahu tips ini jadi pingin deh nyoba itenerary sendiri.

    BalasHapus
  39. Ternyata tips berburu tiket murah untuk perjalanan ke tempat impian itu memang harus dari jauh-jauh hari ya. Rajin ngecek aplikasi seperti Traveloka.
    Traveling kalau disiapkan dari jauh hari, perjalanannya pasti menyenangkan, gak berasa diuber2 karena sudah direncanakan dgn detail.
    Makasih tipsnya mba.

    BalasHapus
  40. Menarik banget mbak. Ternyata kalau mau ikhtiar bisa dapat tiket pesawat murah ya. Tapi ya memang kudu teliti dan tahu hari-hari penting setiap aplikasi ya. Bakal dicoba nih.

    BalasHapus
  41. Apa cuma pernah pakai traveloka mba? Kalau pesen tiket pesawat murah mana dari beberapa web itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebas mbaa mana aja yg lebih murah kalau aku yaa...

      Hapus
  42. Baru tahu ada istilah Low Cost Carrier dan Full Service. Dengar-dengar kalau business class sedang kosong, bisa pindah juga dengan membayar beberapa ratus dollar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebijakan maskapai tp tidak.menjamin bisa, kalau lagi hokky upgrade free ke bisnis gratis lhoo tmnku kmrn dapat gratis

      Hapus
  43. Tipsnya bikin takjub meski jujur saya belum tentu bisa mengikuti nya nih hehehe...
    Memang sih seperak dua perak kalau dikumpulkan kna jadi banyak ya. Selisih satu sama lain bisa dibuat atau dipakai untuk kepentingan lainnya.

    BalasHapus
  44. aku baru tau nih tipe pesawat LCC, semacam paket ekonomi ya karena meniadakan fasilitas2 gitu. biasanya klo terbang pas low season gitu mungkin ya harga2 tiketnya pada sale, menarik banget banyak jalan-jalan ke LN berburu tiket murah ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas musim.liburan juga bisaa kok bun dapat murah, promo bebass ajaa geser2 tanggal bulannya apalagi kalau pake kode diskon endingnya di potongan harga tiket akir.

      Hapus
  45. Cari tiket pesawat murah itu harus ya mbak
    Biar bisa tetap hemat saat liburan ya

    BalasHapus
  46. JAdi inget waktu masih jadi backpacker aktif dulu. hunting tiket murah setengah sape satu tahun sebelum keberangkatan. Nungguin promo AA tengah malem jam 00 teng. terasa banget sih perjuangannya yah

    BalasHapus
  47. buat dapet tiket pesawat memang harus pinter2 hunting ya mbak, kebetulan juga Traveloka ini punya banyak "tanggal kejutan" gitu, kombinasi yang pas. jadi kepikiran hunting ke Bali pake traveloka juga nih mbak hihihi

    BalasHapus
  48. mba yen makasih tipsnya, duu itu kalau lagi promo heboh bisa jauh banget ya harganya, auto mupeng nih^_^

    BalasHapus
  49. Wah noted ini, cari tiket pesawat murah emang enggak mudah sih..
    Btw, aku baru tahu nih ttg pesawat LCC dan Full Service, bedanya jauh bgt yak fasilitasnya.

    BalasHapus
  50. huaaa aku iri bisa dapet tiket ke madinah murah begitu xD keren mba ^^ wah mesti latihan hunting tiket murah nih, kepo juga jadinya :))

    BalasHapus