Explore GeoPark Kawah Ijen + Cara Booking Tiket + Guide + Hotel Kampoeng Joglo Ijen 200rban permalam

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh 
Teman-teman di Roadtrip kami sejak Februari sampai Maret 2022 ini ada salah satu destinasi kami yang terkeren yaitu Kawah Ijen. Sebetulnya kami sudah maju mundur untuk trip ini mengingat saya punya asma, trekking naik gunung di tengah suhu dingin selama 2 jam berangkatnyapun pagi jam 2 rasanya kok awang awangen kalau bahasa jawa.
Sempat tertunda 2x pertama ketika menginap di Ketapang Banyuwangi kami sudah prepare berangkat tengah malam malah sudah beli tiket online eeeh kok mager maless bangunn. 

Mencoba berangkat sudah siangan di tengah jalan belok arah malah ke air terjun karena suami pikir trekking sudah mulai panas ga bakal nyaman apalagi kawah ijen jam 12 siang sudah tutup.

Akhirnya setelah 5 hari di Ketapang Banyuwangi kami pindah hotel di Kampoeng Joglo Ijen Desa Licin Banyuwangi selama 2 malam. Banyak yang menyarankan kami menginap di tempat yang mendekati Kawah Ijen supaya tidak kejauhan karena kalau dari Ketapang butuh waktu 2,5 jam perjalanan.

Akhirnya kami menginap di Desa Licin booking by Agoda 2 kamar harga tiap kamar 200rban dengan model rumah joglo ada kolam renang nuansa pedesaan kental karena jauh dari rumah penduduk, penginapannya di kelilingi sawah.

Nah enaknya di Hotel ini menyediakan sewa mobil, sopir dan guide untuk ke Kawah Ijen. Hari Minggu kami cek in sekalian ambil paketan sewa mobil 200rb sopir 200rb dan guide 200rb untuk trip ke kawah ijen senin jam 2 pagi kami berangkat.
Kamar kami satu rumah joglo berisi 2 kamar komplit dengan jemuran dan teras jadi bisa jemur baju.
Kamar 200rban per malam.
Lobby hotel Kampoeng Joglo Ijen menyenangkan seperti pendopo karena tamu cuma kami, anak-anak kuasai lesehan disini sambil belajar online. Booking by AGODA


Ternyata pilihan suami menggunakan jasa guide sopir dan mobil tidak salah, jalan menuju Paltuding Ijen berkelok kelok tajam hutan gelap ada jurang dan ada jalan rusak. 

Ada tikungan mayat yang banyak memakan korban juga di situ. Perjalanan dari penginapan Kampoeng Joglo Ijen menuju gerbang Ijen Paltuding sekitar 1 jam.

Sampai di pintu masuk kawah ijen kami di mintai bukti booking tiket online. Pastikan ya teman-teman booking online via https://tiket.bbksdajatim.org
Mekanisme Order Tiket Kawah Ijen 
1. 
https://tiket.bbksdajatim.org/#/
2. Daftar dulu dengan email, lanjut ke halaman tertulis pemesanan tiket
Ceklist setuju
3. Masuk halaman pilihan tiket klik TWA Kawah Ijen

4. Masuk ke tanggal kita datang PASTIKAN YA JANGAN SALAH TANGGAL

5. Isi jumlah yang akan masuk untuk guide dan sopir tidak perlu pakai tiket cukup kita saja pesertanya, mobil yg di gunakan juga sekalian bayar parkir.

6. Isi data nama dan nomor identitas
Selanjutnya keluar barcode tiket yang di scan di loket bisa bayar cash di TKP bisa bayar transfer.

Pastikan teman teman order sendiri biar prosesnya cepat jangan percaya pihak hotel atau guide untuk di orderkan karena kenyataan di lapangan tetep tamu harus order sendiri dengan menunjukkan barcode, bisa satu aplikasi untuk order langsung 4 tiket seperti saya.

Jangan lupa outfit baju dingin dan trekking pole. Tongkat trekking sangat membantu kita.
Tiket di tunjukkan di pintu gerbang ini mulai trekking kami dari sini.
Gelap gulita jam 3 pagi kami mulai trekking tapi jangan khawatir karena banyak yang mengikuti kami yaitu penduduk lokal yang menawarkan jasa trolley. 

Jasa trolley dorong ini kita yang tidak kuat cukup duduk di dorongan empuk dan ada 3 orang yang mendorong menuju keatas biayanya mulai 600-800rb per orang. Kalau sudah di tengah tengah bisa nego.

Alhamdulillah kami tidak menggunakan jasa trolley sama sekali, pelan pelan santai dan kalau istirahat tidak lama kalau kelamaan malah bikin capek lho.

Ada 3 pos istirahat nah pos terakhir yaitu pos 3 terdapat warung bisa beli minuman hangat atau cemilan selanjutnya trekking nanjak ke gunung sudah tidak ada yang jualan lagi.
Sedikit lagi sampai Masya Allah takhenti bersyukur kami di beri cuaca teramat sangat bagus dan aroma belerang tidak tercium sama sekali.

2 jam kami trekking plus istirahat bentar tak terasa kami jalani begitu sampai di Kawah Ijen Masya Allah bak mimpi saya peluk anak-anak yang amazing bagi saya.

Betapa saya acungin jempol stamina anak-anak karena trekking ini yang terberat bagi kami, selama roadtrip, kami trekking ke Bromo yang dingin tapi tidak jauh cuma 100-150 meter, trekking susur sungai di Banyuwangi tidak sampai 2 jam sekali jalan, Diving snorkling H-1 sebelum trekking kawah ijen so amazing banget stamina kami.

Rasanya bersorak sorak sampai di sini kami tanpa bantuan trolley sama sekali. 
Setelah istirahat sebentar di kawah ijen yang ada pagarnya ini kami lanjut trekking lagi nanjak ke atas lho jd masih lanjutt buat mendapatkan spot yang cakep kereen.
yeayyy ini adalah spot fav jadi mesti naik lagi keatas untuk mendapatkan spot ini.

Masya Allah Tabarakallah akhirnya Gusti yeni family bisa menaklukkan Geopark kawah ijen, Allah mudahkan kami dengan memberi cuaca sangat bagus dan tidak bau belerang sama sekali.

Patut berbangga Indonesia memiliki 6 Geopark salah satunya adalah Geopark Kawah Ijen ini. Geopark Ijen di tetapkan oleh UNESCO pada tahun 2016.

Geopark menurut wikipedia 
Taman bumi alias kawasan yang memiliki unsur warisan alam dan budaya, meliputi unsur geologi, arkeologi, ekologi dan budaya. Geopark wilayah terpadu yang terdepan dalam perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan dan mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal disana. 

Geopark Ijen merupakan salah satu taman bumi di tengah2 antara Banyuwangi dan Bondowoso. Keindahan Geopark kawah ijen ini diakui dunia.




Ditahun 2019 area kawah ijen ini sempat terjadi kebakaran sampai di titik pos 3 jadi area toilet yang terbakar masih belum di perbaiki, tanaman tanaman masih banyak yg belum tumbuh.

Tak henti kami bersyukur semua atas Ijin dari Allah mulai dari perjalanan berangkat yang lancar, cuaca bagus, angin yang membawa aroma belerang menyengat larinya tidak kearah kami, sepinya pengunjung membuat kami puass berfoto ria.
Pemandangan sebelum kami pulang kabutnya perlahan hilang sehingga gunung dibelakang kami terlihat.
Sampai di penginapan kembali pukul 09.00 anak-anak lanjut sekolah online dulu meski terlambat belum mandi, sekolah online sampai jam 12 lanjut berenang.
Masya Allah energinya luar biasa habis trekking kawah ijen lanjut sekolah eeeh lanjut renang padahal kami berangkat jam 2 pagi.

Salah satu keuntungan sekolah online sambil traveling energi anak anak tidak terbuang untuk main gadget, biasanya selepas sekolah kami keluar makan siang sambil explore kota yang kami datangi.

Pengeluaran kami trip Kawah Ijen plus pengianapan 3 hari 2 malam

- Mobil 200
- Sopir 200
- Guide mas wahono (082257031571) 200
- Tiket masuk 4 orang total 20 ribu
- Parkir mobil 10 ribu
- Jajan minum dan cemilan 50 ribu
- penginapan Kampoeng Joglo Ijen 2 malam 2 kamar total 800rban 
- Makan selama di penginapan karena jauh dari penjual kami banyak pesan makan di Hotel kebetulan enak2 total 3 hari 2 malam pesan makan di hotel habis 300 ribu.

Kalau mau lebih dekat lagi teman-teman bisa camping di Paltuding disediakan area camping.
Selama pandemi Kawah Ijen baru buka pukul 03.00 - 12.00 WIB sehingga kalau mau mengejar blue fire rasanya sulit karena blue fire biasanya pukul 03.00-04.00 wib.

Sekian dulu ulasan Trip kami ke Kawah Ijen Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Jangan lupaa Kawah Ijen ini bagian dari Banyuwangi so explore Banyuwangi sekalian ya bisa baca di sini Explore Banyuwangi seminggu.
Selanjutnya kami explore di Batu Malang dan Malang Selatan.


Nb : Guide Mas Wahono 0822 5703 1571

Posting Komentar

18 Komentar

  1. Dimudahkan dan dilancarakan perjalanannya ke geopark Kawah Ijen ya, Mbak yeni. Alhamdulillah.
    Senangnya sesuai rencana, stamina sekeluarga juga paripurna...
    Saya bacanya ikut senangn.
    Noted, pesan sendiri tiket online karena ada barcode di sana.
    Sangat informatif artikelnya. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Ah mbak ini, lagi-lagi deh, aku mupeng kalo mampir dan baca artikelnya. Jalan-jalan terus ke alam bareng keluarga. Pastinya anak-anak senang. Alhamdulillah ya semuanya lancar. Aku sendiri belom pernah deh booking tiket secara online. Seringnya beli langsung ke loketnya. Sehat-sehat selalu Mbak sekeluarga, biar bisa jalan-jalan terus dan berbagi keseruannya :)

    BalasHapus
  3. Wah menarik banget cerita Explore GeoPark Kawah Ijen ini mbak
    Penginapan yg bagus, view yg cantik
    Pasti hepi ya jalan jalan ke sii

    BalasHapus
  4. Masya Allah seru sekali rasanya kalau baca artikelnya mbak yeni ini. Dan sangat mendetail ulasan mengenai pemesanan tiket online nya. Selalu suka kalau mampir di blognya mbak yeni rasanya seperti ikut merasakan tripnya juga jadinya. Saya tunggu nih next trip di Batu Malang dan Malang selatan.

    BalasHapus
  5. MasyaAllah mbak, luar biasa banget stamina nya yaa. Apalagi ajak anak anak, tapi mereka kayak enjoy ya. Btw makasih rekomendasinya ya.m mbak, jadi pas jalan jalan ke Ijin geopark dah ada panduan nya nih

    BalasHapus
  6. pemandabgannya masha Allah, budgetnya juga terjangkau ya Allah jadi ingin vacation, berasa ingin vacation deh..kapan yaa bisa sekeluarga bisa liburan gitu

    BalasHapus
  7. Bagus banget pemandangannya, walau harus berangkat jam 2 dini hari, tapi nggak rugi ya mbak, karena perjalannya seru dan sampai kawah pemadangannya bagus banget.

    Jauh banget ya harga tiket buat pengunjung lokal dan WNA 5 ribu banding 100 ribu

    BalasHapus
  8. MasyaAllah indaaah sekali. Jadi mupeng pengen ajak anak-anak ke sana suatu hari nanti. Hotel joglonya asyik ya. Murah juga 200 ribu perkamar ada kolam renangnya

    BalasHapus
  9. wah makasi udah sharing perjalanan ini jadi tau juga kalo sekarang reservasinya lewat aplikasi nanti pas lebaran mampir ke sana juga deh biar tau anak2

    BalasHapus
  10. Jadi keinget dulu Juga pernah tracking jam 3 pagian seneng bisa nyaksiin sun rise ya mba . Mau Juga ke kawah ijen ... Aku dulu negeri diatas awan lolai ngerasain sholat shubuh berasa permadani awan

    BalasHapus
  11. Selalu mantap banget nih perjalanan keluarganya. Pemandangannya kawah ijen bagus banget ya jadi ke sana pastinya banyak kesan yang didapat.

    BalasHapus
  12. Anak2 kuat banget ya, Mbak. Luar biasa banget. Btw, penginapannya terjangkau banget. Semoga aku bisa sampai Injen.

    BalasHapus
  13. Di licin ini apik2 ya ternyata hotele. Aku biasane nyari kotane mba. Jadi kepengen jogloan gini secara murah 200 loh.

    Pengen ngajak ijen secara dekeeet. Cuma rada takut gitu kenapa2 😂😂😂 kalau ke gunung

    BalasHapus
  14. Kerennya anak-anak yaa, kak Gusti..
    Bisa diajakin berpetulang seru tanpa mengeluh dan fisiknya bener-bener teruji. Kka Gusti juga..Keren banget.

    Jadi kenangan gak terlupakan explore Geopark Ijen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwaa keren banget mbak ini itynerarynya. Tempat nginepnya asik banget, bener bener kayak di rumah gitu ya. Khas Joglo banget, fasilitasnya komplit ada kolam renang ya pula. Yang bikin takjub, view kawah ijennya keren banget.. Pas cerah ya mbk cuacanya

      Hapus
  15. Seru banget sih ini perjalanannya. Kagum banget ama anak-anak yang energinya luar biasa. Mungkin karena mereka seneng dapet banyak pengalamna baru jadi walau capek pun nggak terasa gt ya.

    BalasHapus
  16. Seru banget perjalanannya yaa anak-anak bisa treking dua jam dengan happy tanpa mengeluh dan ngga usah pakai jasa pendorong hehe hasilnya bisa menikmati pemandangan cantik Kawah Ijen

    BalasHapus
  17. Tantangan tentang travelling bersama anak rasanya bisa ditepis dengan mudah setelah baca tulisan Mak Yeni. Ini impian saya banget, bisa travelling bareng keluarga suatu hari nanti. Kawah Ijen udah pasti masuk ke bucket list dan perlu dikunjungi. Rasa lelah bakal terbayar dengan pemandangan Ijen yang luar biasa cantik!

    BalasHapus