Perbedaan Sleeper Bus Sinar Jaya & Executive Toilet Jurusan Jakarta - Solo PP || Cara Booking Tiket Bus via Traveloka

Pagiiii....
Perjalanan masih lanjut dalam rangka mengisi liburan anak-anak sepulang dari Explore Lombok, selang satu hari setelah pulang dari Lombok akhirnya kami memutuskan untuk berlebaran Idhul Adha di Solo.

Si kecil Ranggi kangen dengan sepupu yang ada di Yogya. Kami cek tiket bus ke Solo untuk kepulangan hari Kamis di Traveloka. Alhamdulillah masih dapat tiket H-1 bus Sinar Jaya type Executive Toilet, pulang pergi ber-4 kena total 1.700.000.

Sebelum issued kami masih berpikir kalau seperti biasanya bawa mobil habisnya Bensin+Toll pp 2 juta belum jajannya, belum capek nyetir, belum biasanya mampir menginap di Hotel Cirebon / kuningan. 

Okelah akhirnya deal setuju naik bus kami hemat waktu, tenaga dan biaya. Cuss suami bayar deh tiket via traveloka. Di Desember 2021 kemarin kami pulang Solo mencoba naik Sleeper Bus Sinar Jaya, nah yang sekarang sleeper bus sudah habis tinggal Executive Toilet.

Di maklumi sih memang Sleeper Bus itu favourite, beruntung lho kami masih dapat tiket mudik H-1, hari H kami berangkat tiket-tiket sudah sold, ketika kami cek in di Terminal Pulogebang Jakarta Timur banyak yang membeli tiket langsung di TKP tapi kehabisan juga.

Lebaran Idhul Adha kemarin jatuh di hari Sabtu sama Minggu, kami perjalanan ke Solo hari Kamis, wajarlah yaa tiket bus pada sold apalagi yang Jumat. Alhamdulillah beruntungnya kami masih dapat tiket PP padahal beli mendadak di hari Rabu Siang.

Mekanisme Cek In di Terminal Pulogebang

Terminal Pulogebang Jakarta Timur adalah terminal pilihan kami karena dekat dengan rumah naik motor tidak macet sekitar 10 menit, naik mobil 20 menit.

Terminal bus sekarang dibandingkan dulu jauh berbeda, sekarang itu di Terminal Bus serasa di bandara. Penumpang tiba di Terminal langsung menuju counter agent bus untuk cek in. Saya dan anak-anak tiba di terminal pulogebang sekitar Pukul 18.00 dari rumah, sedangankan suami tiba selisih 15 menit,  kebetulan suami WFO (Work From Office) langsung naik ojek dari kantor di Pulomas Jakarta Timur menuju Pulogebang.

Tiba di Terminal Pulogebang kami naik ke lantai 2 menuju counter agent bus Sinar Jaya untuk melakukan cek in dengan cara mengirim kode booking kita / barcode yang kita dapatkan dari traveloka. Petugas akan mengganti barcode dengan tiket fisik sambil di tulis nomor bus kita.
          Setelah cek in di counter tiket

Selanjutnya kami menuju counter cek tiket + kartu vaksin bisa di perlihatkan dari aplikasi Peduli Lindungi, komplit semua di beri selembar kertas kecil oleh petugas kalau kami sudah lengkap persyaratan. 

Langkah berikutnya masuk ke ruang tunggu di lantai 3 sebelum naik kami di minta scan tiket di pintu masuk. 
Area tunggu lantai 3 luas sekalii terdapat sekitar 6 pintu di mana di atas pintu tertera nama bus dan jurusannya. Penumpang cukup duduk manis menunggu di panggil ketika bus kita telah siap.
    Ruang tunggu, suami masih chat kerjaan 

Sambil menunggu bus, kami mengisi batre hp sambil ngemil, seharusnya bus kami berangkat pukul 18.30 WIB eeeh molor jadi 19.15 WIB.
Pintu 1 dan 2 tempat bus sinar jaya mangkal
 Ruang tunggu di Terminal Pulogebang lantai 3 

Bus Sinar Jaya ini berangkat dari Terminal Kampung Rambutan, begitu tiba di Terminal Pulogebang nama kami di panggil, kami langsung memasuki bus dengan nomor kursi sesuai dengan tiket langsung bus berangkat menuju Solo. 

Terminal Pulogebang ini dari lantai 3 langsung akses jalannya masuk toll jorr tidak keluar toll lagi kecuali di saat makan malam sekitar pukul 22.00 WIB di daerah Indramayu.

Makan malam dengan menunjukkan barcode tiket bus, model prasmanan ambil sendiri nasi, sayur, lauk 1 bebas pilih mau ayam atau telur dan teh hangat. Desember kemarin ketika kami naik Sleeper Bus Sinar Jaya belum di sediakan Pop mie, sekarang di sediakan Pop Mie bagi yang tidak berselera makan nasi, Pop Mie boleh di bawa pulang juga.
Alhamdulillah kami tiba di Terminal Tirtonadi Solo sebelum azan subuh, sekitar pukul 04.30 sehingga kami masih bisa solat subuh di rumah.

Cepet banget kan yaa ga berasa berangkat pukul 19.15 WIB  tiba 04.30 selama perjalanan di bus numpang tidur.

Mekanisme Cek In di Terminal Tirtonadi Solo

Cek in di Terminal Tirtonadi lebih simpel, turun dari mobil langsung menuju counter bus Sinar Jaya yang berada di deretan sebelah barat pintu masuk. 
Scan barcode tiket traveloka untuk di tukar dengan tiket fisik, tanpa cek vaksin dkk langsung di minta menunggu karena bus terlambat datang dari Sragen.

Memasuki bus kami berjalan keluar ruang tunggu menuju area pemberhentian bus, memasukkan bagasi, menuju kursi dan tak lama bus berangkat.

Makan malam di area gringsing, menu sama selama jadwal makan anak-anak selalu tidak mau ikut dikarenakan mengantuk.

Bus tiba di Pulogebang sekitar pukul 04.30 sehingga kami bisa sholat subuh di rumah.
            Ruang tunggu Terminal Tirtonadi          Memasukkan barang di bagasi
                      Siap-siap berangkat     Tidur dengan pulasnya sambil kedinginan

Perbedaan Sleeper Bus dan Executive Toilet Sinar Jaya

- Kapasitas 21 seat
- Terdapat LCD private di setiap seat bisa untuk main games/melihat film/mendengarkan musik
- Bantal dan selimut
- Bisa tidur slonjoran sehingga tidak pegel di badan
- Diberi sandal karena sandal / sepatu kita di lepas ketika masuk dan di letakkan di rak sepatu / sandal yang telah di sediakan
- Toilet 
- Dapat makan minum
- Harga 315.000
- Di aplikasi Traveloka bernama Suite Class

Model sleeperbus atas bawah kursi sekaligus tempat tidurnya bener bener bisa tidur lurus, terdapat gorden, LCD bisa buat main, nonton film atau dengerin musik


2. Executive Toilet Sinar Jaya
- Kapasitas 32
- Format kursi 2-2
- Terdapat slonjoran kaki yang bisa di stel naik turun sehingga bisa tidur slonjoran tapi tidak senyaman yang Sleeper Bus yaa
- Toilet
- AC
- Kursi Recliner
- Stop kontak
- Portal Usb
- Bagasi besar
- Dapat makan minum
- Bantal
- Selimut
- Tarif Normal 190.000
(Karena musim mudik lebaran Idhul Adha Alhasil kami dapat harga lebih mahal dari normal pp 1.7jt untuk 4 orang)

Untuk tidur posisi kaki masih menekuk tidak lurus sempurna seperti sleeper bus

Cara Booking Tiket Bus via Traveloka
1. Buka aplikasi si burung biru
2. Pilih Tiket Bus dan Travel

3. Pilih lokasi berangkat dan kota tujuan, kami pilih Pulogebang 

4. Destinasi awal Terminal Pulogebang tujuan Solo Jawa Tengah tentukan tanggal berangkat dan pulang sekalian. Bisa juga hanya membeli tiket berangkat saja.

5. Klik cari akan keluarga berbagai merk bus dan typenya
                        Executive Toilet
            Sleeper Bus atau Suites Class

6. Sinar Jaya memiliki jam berangkat sejak pagi, nah kami mengambil jam yang termalam yaitu 18.30. 

7. Langkah berikutnya memilih jam kepulangan dari Solo ke Jakarta

8. Mengisi data penumpang
9. Klik selanjutnya, pilih nomor kursi, pastikan ceklist Asuransi dihilangkan saja tapi kalau mau pakai asuransi boleh juga sih.

10. Memilih kursi tempat duduk

11. Pastikan cek kembali

12. Proses pembayaran
Setelah selesai akan keluar barcode tiket sesuai nama.
Demikian dulu teman-teman next lanjut di Solo kami jalan-jalan kemana saja..


Posting Komentar

20 Komentar

  1. Pengin banget nyobain sleeper bus. Belum pernah, euy! Tapi yang executive juga boleh lah ya kalau sleeper bus lagi full. Oh ya Mbak, untuk naik bus dari terminal, enaknya kita datang berapa jam sebelum jadwal keberangkatan?

    BalasHapus
  2. Lain harga lain pula fasilitas yg ditawarkan ya... Yang mahal melebihi naik pesawat itu fasilitas nya hehehe ...

    Btw, saya mau tanya nih, di paragraf dua, ada kalimat "Si kecil Ranggi kangen dengan ponakan yang ada di Yogya."

    Maksudnya itu ponakan Mbak, kan ya? Bukan ponakan Ranggi? Kalau ponakan Ranggi emang Ranggi punya kakak yg udah menikah dan punya anak?
    Jika benar maksudnya ponakan Mbak, berarti itu kata yg tepatnya adalah sepupu Ranggi, bukan ponakan Ranggi

    Sepupu dan ponakan (keponakan) kan lain arti ya? Maaf jika tidak berkenan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih maak atas revisinya, sudah aku edit yaa, pokoknya aku makasih banget kalau ada yang kasih masukan

      Hapus
  3. sleeper bus terlihat nyaman sekali nih mbaaa dan pastinya bisa tiba dengan cepat juga ya. Aku jadi penasaran soalnya dan kita pernah punya rencana untuk road trip di Jawa sebelum berangkat ke NZ. Semoga next time bisa

    BalasHapus
  4. Mau nyobain deh mba, lengkap kelihatan bedanya ya. Anak aku 3 berarti x5 nih tiketnya. Mudah2an bisa ngebus, anak2 belum pernah ngebus jauh. Jadi bayangin dinginnya di sleeper bus. 😁 nunggu cerita lanjutannya mbaa

    BalasHapus
  5. Aku pernah naik yang executive dari Solo - kapasitas sama 32 seat - tapi duduk - dan kaki ada sandaran sehingga posisi badan nyaman, mbak Yen

    sleeper bus waktu itu penuh - ada lagi besoknya jadi aku batal naik deh

    boleh juga ini, kalo bisa boboan pasti anak anak seneng ya, nyaman banget

    BalasHapus
  6. Berasa pindah rumah kalau naik bus ini, belum pernah nyobain tapi buat sandal dilepas didepan ini nggak pernah terpikirkan hahaa.. jadi ada bayangan kalau mau pesan di Traveloka ;)

    BalasHapus
  7. Wahh nyaman banget ya, bisa tidur selonjoran kakinya jadi nggak capek. Tahun 2013 suamiku PP Jakarta - Semarang, belum pernah naik bus seperti ini. Dia selalu pilih executive, itu pun katanya udah nyaman.

    BalasHapus
  8. Aku juga belum pernah naik sleeper bus. Jadi tahu deh sekarang dalemnya kek gitu. Kalau perjalanan jauh jadi lebih nyaman yah. Ga bikin badan pegel2 kalau bangun tidur.

    BalasHapus
  9. Wah seru banget yah naik sleeper bus jadi lebih nyaman karena bisa tidur selama dalam perjalanan deh. Pengen nyobain juga nih dari Bandung. Wah, udah lama bener aku gak ke terminal sekarang jadi kece gitu yaaah

    BalasHapus
  10. Malam mbak Yeni.Wow sekarang keren banget ya stasiun Pulogadung.Berarti aku udah lama banget ya gak kesana. Ada deh sekitar 10 tahunan lagi zamannya banyak copet,he he he. Ada harga ada kualitas ya mbak. Nyaman banget naik Sleeper Bus Sinar Jaya. Suasananya nyaman, seperti tidak di mobil,kaki bisa dilurusin. Perjalanan panjang tidak terasa ya mbak

    BalasHapus
  11. Penasaran sama sleeper bus..awal tahun lalu kantor suami saya sewa sleeper bus Sinar Jaya ini untuk acara ke Jogja..2 bus. Katanya memang seru..ga capek nyetir, lebih hemat pula
    Kapan waktu pengin mudik pakai moda ini. Baru tahu harganya dan cara belinya.
    Btw, tentang istirahat makan memang jam ngantuk itu ya..saya aja males makan jam segitu apalagi anak-anak.. Syukur klo tersedia popmie juga. Bisa jadi pilihan nih SinarJaya sleeper bus maupun Executive buat mudik.

    BalasHapus
  12. Wua seru banget mbak, sleeper bus ini bikin penumpang nyaman ya mbak. Kaki nggak capek, terus nggak begitu capek kare kaki bisa selonjoran manja hehe

    BalasHapus
  13. Wah asik juga ya naik sleeper bus ini
    Meski perjalanan jauh tetap bisa nyaman ya mbak
    Harganya juga g terlalu mahal

    BalasHapus
  14. Enjoooyyy banget klo naik sleeper bus ini
    Daku juga mauuukk kapan2 nyoba ama kluarga aja

    BalasHapus
  15. Aku udah lama banget gak pernah naik bis nih mbak. Terminal bus Pulogebang beberapa kali lewat besar banget ya sampai ada lantai3 gitu, tapi belum pernah masuk.
    aku pikir sleeper bus itu mahal banget loh mbak hargayany, ternyata terjangkau juga ya

    BalasHapus
  16. Anak saya kalo diajak naik bus, katanya naik tayo. Mau kalo perjalanan tidak terlalu jauh. Tapi kalo jauh, lebih suka naik mobil pribadi sebab bisa atur waktu berhenti sendiri, hehehe. Tapi capek yah Mb

    BalasHapus
  17. Kangen sama terminal Pulogebang ihhh.. Belum pernah naik sleeper bus nih..cuma mentok di doble decker.. Ini Sleeper bus nya Sinar Jaya udah ada rute Sumenep-Pulogebang kayaknya next holiday bisa dicoba.

    BalasHapus
  18. Wah, hanya beda 125 ribu yaa..
    Lebih seru naik sleeper bus daripada bus Executive biasa. Pengalaman tapi yaa...semuanya kudu dicobain dan merasakan mana yang lebih nyaman dan santuy untuk perjalanan lebih dari 6 jam.

    BalasHapus
  19. Kapan ya terakhir naik bus, sekarang lebih sering naik kereta api dan mobil. Jadi pengen cobain naik bus sleeper ini kayaknya nyaman ya dan jadi pengalaman seru buat anak-anak..

    BalasHapus