Jeep Lava Tour Merapi, Rekomendasi Wisata dan Penginapan di Sleman, Yogya, Bantul & Gunungkidul

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Libur sekolah telah tiba...
Lebaran tinggal menghitung hari...
Teman-teman sudah mulai packing buat mudik?.atau malah sudah mudik duluan.

Seneng yaa akhirnya dibolehin mudik, pastinya mudik sekaligus liburan yaks...

Siapa yang mamasukkan Yogyakarta sebagai tempat berlibur???

Yogya tidak ada matinya tiap 2 bulan sekali saya ke Yogya belum bisa menuntaskan semua destinasi wisata yang di tawarkan bahkan cenderung selalu ada yang baru.

Kali ini saya akan mengulas tentang wisata Yogya bagian yang dingin dingin tepatnya di area Kaliurang - Cangkringan - Merapi.
Area kaliurang sudah ramai banget untuk kuliner, sepanjang jalan kaliurang mulai dari Jadah Mbok Carik, Gudeg Yu Djum, Kopi Klotok yang antrinyaa woww banget dan ingat lho ya kopi klotok menyuguhkan makanan ndeso, nuansa ndeso tapi tidak boleh bungkus bawa pulang. Sate klatak yang endeusss sate yang di tusuk pakai jeruji besi ban motor, jeruji besinya bersih lho yaa bukan yang karatan hasilnya daging sate empukk parahhh. Itu beberapa kuliner yang hits di area Kaliurang ya....
                           sate klatak
Nah untuk penginapan juga ada yang cakep nuansa alamnya dapet boleh di coba Nira Comper Village. Pernah saya ulas di sini Nira Comper Village πŸ‘ˆ
Tambah seruu lagii kita bisa explore Gunung Merapi dengan Jeep.
Jeep Lava Tour Merapi ini di kelola oleh warga seputaran Gunung Merapi.

Info teman saya orang luar area Merapi mau investasi Jeep.tidak di perbolehkan lho jadi khusus buat warga Merapi baik yg punya usaha atau yang menjalankan tournya.

Biasanya sopir Jeep sekaligus merangkap dari fotograger sampai jadi guide.

Biaya tour merapi pakai jeep, normalnya seperti ini: 
Short  2 jam 350 (tanpa tracking air)
Medium 3 jam 450 (pakai tracking air)
Long 4 jam 600 (pakai tracking air plus keatas kerumah mbah marijan)

Whatapp Jeep Mas Joko 08574 3238313
Ketua JWM merapi Utari 0823 2533 3700
Driver Jeep 0856 4393 4893

Urutan rute jeep :
1. museum mini desa cangkriman
2. batu allien kalau cuaca bagus gunung merapi kelihatan cakep foto dengan background merapi, dari sini juga bisa melihat penambangan pasir.
3. bungker kali adem, rute short sampai disini saja
4. tracking air di sungai— sudah masuk rute medium
5. rute naik lagi kerumah mbah marijan dan beberapa destinasi lain masuk kategori rute long.
Untuk biaya bisa nego, kemarin saya dapat rute medium 340rb karena adik ipar punya kenalan disana.


Museum Mini Sisa Hartaku adalah Destinasi Pertama Jeep kami


Disini dulunya desa penduduk, rumah yang dijadikan museum mini ini adalah rumah bapak kimin, dengan istri bernama ny wati tinggal bersama 4 putra putrinya. Bapak Kimin sudah meninggal putra putrinya masih.

Rumah korban letusan merapi tahun 2010 ini masih asli, didalamnya masih tersedia jam dinding yg menunjukan merapi erupsi yaitu tepatnya jumat 5 november 2010 pukul 12.05 tengah malam.
Dari sini banyak yang bisa dipelajari yang bikin bulu kuduk merinding akan ganasnya abu vulkanik yang meluluhlantakkan pedesaan di area lereng merapi. Gelas kaca pecah, tv tabung meleleh, hewan peliharaan tinggal tulang belulang dkk. 
Desa yang dulunya padat penduduk jadi tertimbun abu vulkanik yang sekarang jadi semak belukar.


(5-15 km tidak boleh dihuni oleh warga...
Penduduk yg dulunya tinggal dilereng merapi sudah pindah di 15-20 km)

Radius 5-15 km dari merapi tidak boleh digunakan untuk rumah tinggal, jadi kalau kita explore merapi mulai di museum mini cangkringan sampai keatas ada yang jualan makanan suvenir, itu hanya jualan sepanjang hari saja, kalau sore Sudah kembali turun.

Zona pemukiman penduduk di mulai 15km.

Bagaimana nasib penduduk korban erupsi merapi ???
1. Mereka dapat bantuan rumah 
2. Usaha penambangan pasir, jeep dikuasai penduduk lokal 
3. Dapat bantuan modal
4. Kemarin sempat ada PT masuk bukan punya penduduk lokal didemo
5. Persatuan penduduk lokal merapi sangat kuat, misalkan saya punya modal jeep di jalankan penduduk lokal merapi tidak boleh
6. Setiap desa sudah ada pembagian lahan sendiri
Alhamdulillah penduduknya makmur makmur sekarang.

Bungker Kaliadem
Bungker yang di bangun untuk tempat persembunyian dari lahar panas gunung merapi ternyata menyisakan cerita tragis.

Bunker kaliadem ini memiliki 2 pintu besi yang tebal, selesai di bangun tahun 2005. Ketika erupsi merapi 2006 terjadi ternyata ada 2 relawan yang bersembunyi di bunker ini, akan tetapi naas nyawa mereka tidak tertolong.
Ada yang meninggal di kamar mandi mungkin karena udara di dalam ikut panas mencoba mengguyur dengan air ternyata airnya ikut panas (hanya menduga2 yaπŸ˜„).
         Tempat relawan meninggal disini

Di dalam bunker saat ini ada tumpukan pasir dan batu sisa-sisa erupsi merapi yang masuk kedalamnya yang sekarang menjadi batu berdebu karena usia.

Batu Allien
Masya Allah Tabarakallah di tempat yang saat ini di jadikan penambangan pasir terdapat Batu yang menyerupai wajah, orang menyebutnya Batu Allien.
Rumah Mbah Marijan
Kalau kita ambil rute panjang akan naik lagi menuju rumah mbah Marijan, juru kunci Merapi yang akhirnya menemui ajalnya disebabkan oleh ganasnya lahar panas merapi.

Kebetulan di saat kami explore merapi ketika pandemi sehingga mengharuskan memakai masker, beruntung pula dengan masker melindungi kita dari debu tebal makin.ke atas debu makin banyak.

Susur Sungai
Jangan sampai tidak ambil rute trakir ini yaa, jadi ketika trip kita selesai kita kembali ke tempat awal.di.dekat sungai.nah kita akan diajak.offroad trabas trabas air sungai berlumpur seru seruu sedap bikin anak anak.ketagihan πŸ˜„

Sekian ulasan Lava Tour Merapi semoga bisa dijadikan referensi.

Eitsss jangan beranjak dulu, daftar penginapan dan tempat wisata yang bisa menjadikan teman-teman referensi selama di Yogyakarta.

Area Sleman, Kalasan , Sepanjang Jalan Bandara Lama Yogya
a.  Sheraton Hotel
Recomended type Lagoon depan kamar langsung kolam renang

c.  Kampung Lawasan berada di belakang Plaza Ambarukmo, Hotel model.joglo jawa tidak memiliki jumlah kamar yang banyak tapi cukup nyaman murah only 300 ribuan.

e.  Destinasi Wisata Obelix Hills

Area Kota

d. Taman Sari wisata sejarah murah meriah

Area Bantul
- Proses pembuatan Coklat Monggo dan Museum Coklat klik ulasannyaπŸ‘ˆ
- Gumuk pasir Parang kusumo 
- Pantai Parangtritis
- Pemandian Air Panas Parangkusumo

Area Gunung Kidul
- Penginapan di Wonosari Gunung Kidul Griya Limasan cek πŸ‘ˆ

- Penginapan di area pinggir pantai gunung kidul dengan private pools Klik disini πŸ‘ˆ
Kulon progo
Piknik antimainstream di yogya bisa coba inii....camping di depan pantai pake compervan seruuu pastinya.

Semoga bermanfaat ...
Wassalamualaikum Warrahmatullahiwabakarakatuh

Posting Komentar

22 Komentar

  1. wah jeep lava tour merapi ini seru banget lho mak, meski aku ke sana tahun 2015 lah udah lama banget ya, masih terasa keseruannya

    BalasHapus
  2. Wah, lengkaaap, seperti biasa selalu suka info detilnya Mbak Yeni.
    Aku Insya Allah Rabu pagi mudik ke Kediri, terus lebaran ketiga ke Jogja. Tujuan utama lihatin (calon) kampusnya anakku yang daftar kuliah tahun depan. Tujuan lain..tentu jalan-jalan.
    Pas ada info ini! Makasiih

    BalasHapus
  3. Wah, toss kita mbak Gusti. Aku juga pernah berwisata Lava Tour pakai Jeep di Gunung Merapi. Sekalian mampir ke rumah Mbak Maridjan juga. AKu pilih Land Rover bisa berenam tuh. Asik ya supirnya baik multi fungsi bisa motoin kece juga hehehe :D Udah aku tulis juga ceritanya di blog.

    BalasHapus
  4. Kangen ih main ke Merapi naik jeep gini, aku terakhir tuh sama teman-teman karena memang pas liburan bareng. Kalau sama keluarga belum nyobain sih, pasti seru banget ya. Anakku demen nih kalau naik jeep gini, btw dari rekomendasi hotelnya aku belum pernah nyoba si Alamanda itu. Nanti ah kalau ke Yogya lagi mau cobain kesana.

    BalasHapus
  5. Selalu seruuu ga ngebosenin beberapa kali Lava Tour ke Merapi ampe punya kenalan Mas2 yang sewain Jeep, balik lagi pake Jeep itu lagi, hihii. Semua pernah nyobain juga ampe ke rumah Mbah Marijan juga. Semoga next explorenya sama keluarga yang susah banget ngumpul nih.

    BalasHapus
  6. Mbaaa, ini jadi obat kangen Jogja BANGETT! Udah lama daku ngga cuss ke Jogjaaaa, moga2 thn ini atau thn depan ada rezeki bisa ke sana.
    Pantengin spot2 yg mba Yeni datangi, mau ke sono jugaaakkk

    BalasHapus
  7. Lava tour merapi ini masih masuk wishlist saya mbak, entah kapan bisa kesampaian ajak anak-anak ke sana. Tahun ini kami nggak mudik, jadi rencana main ke sana juga masih di pending dulu

    BalasHapus
  8. Duh mupeng banget ingin naik jeep ke Merapi gini, semoga secepatnya bisa terlaksana ah ke Merapi barengn keluarga

    BalasHapus
  9. Dennise Sihombing26 April 2022 17.09

    Wow mbak Yeni sempat mampir ke rumah Mbah Mijan ya? Ada suasana mistisnya gak mbak? Aku kalo ke Jogja cuma sampe kota saja. Btw bayar sewa Jeep ada tambahan fee lagi untuk driver?

    BalasHapus
  10. Beberapa kali ke Jogja ga sempet mulu nyobain Lava Tournya, nih. Seoga next bisa mewujudkannya. Kalau kulinerannya, aku suka sate klataknya.Walaupun ngantrinya lumayan, lama.Tapi worth it dengan kepuasan mencicipinya

    BalasHapus
  11. Lama banget gak ke kompleks gunung merapi. Pengen ke sana tapi belum kesampaian. Apalagi saat ini banyak yang berubah.

    Baru suamiku yg udah naik jeep merapi pas toue bareng perusahaannya.

    BalasHapus
  12. Waktu aku pengen ke museum mini itu mba untuk liat juga bagaimana banyak sisa sisa dampak luapan merapi ini ya mba. Senang jika bisa berkunjung bersama keluarga

    BalasHapus
  13. Jeep Lava Tour Merapi hanya untuk warga sekitar, itu sangat bagus. Yg luar ngga boleh investasi di situ, ada baiknya. Karena bisa memajukan penghasilan warga merapi juga ya..

    BalasHapus
  14. Wah, ini wisata tempat daerah suami dan ibuku, aku suka wisata alam begini. Memberi kesan dan perjuangan tersendiri. Pengen nih aku lihat rumah mba Mijan, karena belum pernah

    BalasHapus
  15. Mau banget sih memasukkan JOgja nanti saat mudik, tapi lihat nanti deh. Terakhir ke sana tahun 2019 sebelum pandemi.
    Pingin juga balik lagi explore merapi sama keluarga. Maunya yang long time, soalnya waktu itu cuma short time aja

    BalasHapus
  16. Wahh aku sering ke Jogja malah belum pernah nyobam andi air panas di Parang Kusumo. Ntar kalo libur lebaran deh kesana. Kalo makan sate klatak sama nih, aku juga sukanya di Pak dewam

    BalasHapus
  17. mbak aman ya e merapi sekarang-sekarang ini? ini pas di jateng jadi pengen juga ke merapi cuma takut batuk soale beberapa kali merapi batuk

    BalasHapus
  18. Asa merinding ya...kalau kilas balik kejadian meletusnya gunung merapi.
    Aku ingat sekali kalau Mbah Marijan menolak untuk dievakuasi karena memang beliau juru kunci yang tidak boleh meninggalkan "rumah".

    Seru sekali..
    Sekaligus merinding pas baca fakta-fakta yang pernah terjadi saat musibah terjadi.

    BalasHapus
  19. Masya Allah, ini tuh bakal jadi pengalaman seru sih buat anak-anak. Alhamdulillah mereka berkesempatan explore banyak tempat, mencoba menginap di penginapan dengan nuansa yang berbeda-beda, dan pengalaman menarik lainnya.

    BalasHapus
  20. Suamiku udah pernah ke sini nih mba Gusti, aku nggak sempat ikutan karena ada gawean waktu itu. Semoga ada rejeki lagi bisa naik jepp lava tour mengexplore di sini. Mupeng.

    BalasHapus
  21. Iya bener Mba, yang bunker itu katanya berasa dalam oven panasnya, jadi serasa terpanggang. ALfatihah buat relawan yang meninggal di sana. Oh jadi sesudah kejadian itu area 15 km harus dikosongkan ya. Berarti sebelum kejadian itu area di bawah 15 km aman ya saat erupsi sebelum waktu itu?

    BalasHapus
  22. Waaahh seruu bangeeeett, saya yg di Jogja malah belum buat liputa selengkap ini, senengnya bisa ikut menginfokan tentang wisata di kotaku. Ditunggu lagi di Jogja yaaa

    BalasHapus