Keliling Road trip Java Part 3 - Destinasi wisata yang bisa di kunjungi di Salatiga, Ambarawa, Bandungan, Kopeng, dan Bawen

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabaraktuh semoga hari ini teman-teman diberi kesehatan bahagia dunia akhirat.

Genap 5 hari tepatnya tanggal hari ini 24 February 2022 kami stay di Salatiga Jawa Tengah. Setelah sebelumnya sudah di bahas di Roadtrip Java part 1 - Explore Semarang dan Pabrik Gula Ajibarang, Roadtrip java Part 2 - Riview hotel d'emmericknah kali ini kami rangkup Tempat Wisata yang bisa di kunjungi di Salatiga, Ambarawa, Kopeng dan bandungan.

1. Rawa Pening
Rawa yang di kelilingi gunung kalau lokasi di Ambarawa ada Kampung Rawa berdasarkan pengalaman di part 2 saya tidak merekomendasikannya. Mahal biaya makan disana istilahnya di kepruk. 
Menikmati Rawa Pening cukup di pinggir aja atau ke Eling Bening dan Kalibiru sama-sama Rawa Pening. Terdapat tempat nongkrong atau warung apung.
Kampung Rawa Pening di
Jl. Khan Abdul Halim, Tambakrejo, Tambak boyo Ambarawa (kurang recomended disini)

Bukit Cinta Rawa Pening di Kebondowo Kalibiru Kab. Semarang. (Recomended)


Eling Bening beralamat di Jl. Sarjono Bawen Kab. Semarang.

2. Benteng Pendem Ambarawa
Wajib kesini kalau suka foto dan belajar sejarah karena bangunan benteng yang masih di gunakan untuk Lapas II A Ambarawa juga rumah sipir dan beberapa penduduk.
Biaya 5rb
Parkir mobil 5rb

3. Museum Kereta Api Ambarawa
Kereta loko yang keliling dari Salatiga dan ambarawa melewati sawah dan rawa pening.

Tiket 100.000
Tapi bukan pake uap beneran kayak jaman dulu lho.
Kami explore museum.KAI tidak naik.kereta lokomotif.
Tiket masuk dewasa 20.000
Tiket anak 3-12 th 20.000
Pelajar berseragam 10.000
Pertama kali kami ke museum KAI, banyak yang bisa di pelajari disini tentang perkereta apian di Indonesia.
Model kereta api, mesin tiket, bangunan stasiun jaman Belanda.

Obrolan dengan suami harusnya Indonesia perkeretaapian sudah maju kayak jepang karena sudah lama di Negeri kita ada transportasi kereta api.

Dulu jaman tahun 80 dan 90 an setiap lebaran saya diajak Bapak naik kereta Api ke Jakarta. Dan mengalami yang namanya penumpang bejubel, jendela kaca kereta api pecah, penumpang duduk di atas gerbong seperti gambar di bawah ini.
4. Gedong Songo, Taman Bunga Cellosia, Ayanaz Bandungan
Taman bunga Cellosia lokasinya tepat di jalan menuju Gedong Songo dan Ayanaz. Taman bunga dengan desain ala-ala barat menjadikan pengunjung bebas foto di banyak spot. Taman bunga Cellosia ini menjadi destinasi fav wisatawan. Banyak bus pariwisata yang mampir kesini.

Dari Taman bunga Cellosia naik ke atas dengan jalanan yang nanjak dan berliku menuju Candi Gedong Songo dan Ayanaz satu area. Ayanaz sementara tutup sampai 23 April 2022.

Kami trekking nanjak menuju Candi yang berjumlah 9 akan tetapi lokasinya berbeda-beda. Siapkan stamina untuk trekking ya, di atas jugq terdapat sumber air panas belerang. Jika capek bisa naik kuda rute pendek 60rb rute panjang 120rb rutenya memang jauhh dengan jalan nanjak.
Sumber air belerang.
Kolam berendam air panas belerang
5. Umbul Senjoyo
Umbul Senjoyo berada di jalan Senjoyo IV Kadipurwo Gendongan, Tingkir Salatiga. Umbul ini berada di ketinggian 650 Mdpl, sehingga udaranya sejukk airnya jernih.

Umbul ini dalam bahasa jawa sumber mata air alami. Umbul Sentojoyo ini masih baruu tidak ada tiket masuk hanya bayar parkir saja, dan beli pakan ikan. Banyak warung jualan di sini, ada salah satu yang unik tempat kongkow .
Kereen banget bunga di dalam air di Danau yang bermekaran warna hijau kuning. Kira-kira ada yang tau bunga apa yaa?

Kalau duduk di tengah tengah sini bayar 5rb/ orang.

6. Gumuk Reco
Gumuk Reco ini jalurnya kecil kami sewa motor di antar di Hotel 24 jam 70 ribu. Sebetulnya destinasi Gumuk Reco ini di tutup 3 minggu ini tapi kami ngeyel ke atas dan tidak di kunci.
Kalau naik mobil kesini parkir di rumah penduduk bagian bawah kemudian naik ojek 50rb keatas.
Kami berempat naik motor vario bejubel hehehe....nikmati keseruan selagi masih diberi kesempatan.

Ketika turun kami jalan dulu karena motor matic bahaya kalau turunan tajam.
Foto sepuasnya di jembatan kaca.
Yang unik sebetulnya rock climbing disini sayang tutup padahal.kami pengen banget

7. Kopeng
Kopeng daerah wisata mendekati gunung merbabu kalau dari penginapan kami tinggal lurus keatas. Ada banyak tempat wisata di Kopeng, ada umbul, tempat nongkrong, foto2 masih alamii udara dingin segar.
Gunung sari ini tiket masuk 20rb
Embun Merbabu murah bagusss bersih tiket 10rb
8. Dusun Semilir
Penginapan yang kami incar Alhamdulillah dapat diskon. Tiket tanpa menginap ini :
Kalau menginap Free tiket masuk akan tetapi wahana bermain.bayar.
Wahana bermain seruu...
Prosotan panjang warna warni

part 4 ulasan Dusun semilir lebih komplitnya ya.

9. Benteng Salatiga yang di jadikan tempat membuat Sim terdapat cafe bisa buat nongkrong 
Sekian dulu Wassalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh.
Lanjut part 4 kami explore Pulau Madura

Posting Komentar

21 Komentar

  1. Seru banget objek-objek wisatanya. Fresh gitu lo. Semoga kesampean deh bisa berkunjung ke sana.

    BalasHapus
  2. Hampir semua objek wisata di atas aku pernah kunjungin juga, emang seru banget yaa selagi masih bisa berkumpul dan berwisata bareng keluarga menikmati semuanyaa. Btw itu enak banget yang duduk ditengah cuma bayar 5k, murah banget. Trus ada perosotan aesthetic istilah jaman now perosotan warna warni. Turut berbahagiaa,ikut jalan2 jugaak nih.

    BalasHapus
  3. Dari semua saya kok lebih tertarik ke dusun semilir yaa.. Karena penginapannya keren banget, dan banyak wahana main untuk anak2. Jadi seru kalau famtrip kesini sepertinya

    BalasHapus
  4. Wah senangnya membaca pengalaman mbak Gusti Yeni Keliling Road trip Java Part 3 ini, saya jadi tahu Destinasi wisata yang bisa di kunjungi di Salatiga, Ambarawa, Bandungan, Kopeng, dan Bawen
    Saya sih pengen ajak anak anak ke museum Ambarawa

    BalasHapus
  5. Seru banget sih mba. dari sini kita bisa melihat potensi wisata dari Salatiga dan sekitarnya ya. Ini belum termasuk Kopi Banaran lho ya... ternyata emang banyak banget lokasi wisata potensial di sekitar Jawa Tengah. Jadi pengen jalan-jalan...

    BalasHapus
  6. Aku kalau pulkam juga sering mampir tempat-tempat wisata Mbak . Sebagian besar yang ditulis ini pernah kusinggahi. Tapi aku belum pernah ke Benteng Pendem dan Gumuk Reco. Kayaknya seru banget ya foto diatas ketinggian di atas kaca.

    BalasHapus
  7. Dusun Semilir udah jadi aja nih penginapannya.. Cakep banget ya.. Trakhir kesana masih 80%an deh tempat wisatanya.. Wajib nih dikunjungi kalo pas ke Jateng

    BalasHapus
  8. Baca pos ini membuat saya tersadar bahwa di Jawa Tengah saja banyak banget tempat yang bisa dieksplorasi. Di Rawa pening saja ada banyak spot. Terus benteng dan taman bermain. Bagus Mbak. Terima kasih. Semoga kalau Jawa Trip lagi ke Jateng saya gak bakalan mati gaya :)

    BalasHapus
  9. Seru selalu nih perjalanannya. Emang satu lokasi wisata saja banyak banget ternyata ya hal yang bisa kita lakukan dan dapat pelajaran dari kondisi serta situasinya.
    Ditunggu nih pengalaman perjalanan selanjutnya...

    BalasHapus
  10. Kemarin ada temen yang review Prosotan panjang warna warni ini juga, kak..
    Seneng banget yaa...
    Anak-anak puas bermain dan dekt dengan alam.
    Rasanya lelah tapi puas, eksplorasi Salatiga, Ambarawa, Bandungan, Kopeng, dan Bawen.

    BalasHapus
  11. Jadi pengen piknik nih jadinya.

    Itu tanaman kecil-kecil yang di umbul Senjoyo itu di dalam air ya mbak? Bukan mengapung.

    BalasHapus
  12. Impian nih bisa road trip Jawa, tapi tabungan belum cukup nih heuheu. Pengennya ke Yogya dan sekitarnya dulu

    BalasHapus
  13. Yang benteng pendem masih kepake ya mbak? Berarti maish terawat banget dong ya. Ditunggu cerita jalan-jalan yang di Dusun Semilir ya. Aku dari kapan hari pengen kesana, penasaran banget

    BalasHapus
  14. Ya Allah keren bangettt.. pengen kayak keluarga mbak Yeni, jalan bareng anak memetik banyak hikmah apalagi bisa menghasilkan, ini keren banget.

    BalasHapus
  15. ya allah keren yah dan ternyata ini di Indonesia yaak, mata dan badan ikutan happy yah di sini, hahaha

    BalasHapus
  16. Asyik banget mbak road trip ya sampai ke Gumuk Reco aku paling takut ke sana jalannya curam banget apalagi musim hujan begini hehe pengen menginap di Semilir deh..

    BalasHapus
  17. Aku berasa ikut virtual traveling baca tulisan mba yeni ini ya, informasinya lengkap dan banyak foto di setiap spot. Jadi referensi aku yang nanti pas mudik untuk pertama kalinya juga bakal road trip gak naik transportasi umum. Udah punya bayangan bakal mampir ke mana dulu selama perjalanan jakarta surabaya.

    BalasHapus
  18. Meski lokasinya jauh, noted aja dlu nih siapa tau ada rejeki bisa berkunjung ke Salatiga dan menikmati destinasi wisatanya

    BalasHapus
  19. Puas banget ini ya jalan-jalannya. Aku juga mau cobain kayak gini deh tapi entah kapan lagi. Enak tuh nyemplungin kaki ke mata airnya. Jalan-jalan sekeluarga biarpun capek tapi berkesan.

    BalasHapus
  20. komplit banget ulasannya ya mbak tahu-tahu udah selesai aja bacanya. Seru banget petualangan ke tempat wisata walau sama keluarga alias bawa anak. nantinya pengen bisa kayak gitu juga nih jelajah wisata di Jawa Tengah

    BalasHapus