Hotel ARRA Lembah Pinus dan Camping di Mandalawangi Cibodas Cipanas || Riview dan Family Activity

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh...
Ketemu lagi dengan tulisan GustiYeni Famtrip jangan bosen ya teman temanku yang baik hati. Semoga senantiasa di beri kesehatan, rejeki berlimpah bahagia dunia akhirat. Pokoknya blog ini pembahasannya familytrip karena kami memang selalu pergi bersama selain pengalaman kami juga pengalaman teman saya yg suka ngebolang bersama anak2 yang masih kecil kecil.

Kali ini kami ulas keseruan camping kami bersama 3 keluarga lain weekend kemarin 11- 13 Februari 2022.

Berawal dari tulisan pengalaman gustiyenifamtrip Umroh mandiri 12jtan All In mewaah hotel zamzam tower di suatu group FB akirnya viral dan pada kepo pengen tau caranya akhirnya terbentuknya group WA BBT (Belajar Bareng Traveling) isinya all about  traveling A-Z.

Sebelum pandemi hebohnya tiket promoo, share yg lagi pada traveling. Disaat PPKM dan kasus omicron tinggi banyak yang mikir berulang kali pergi naik pesawat, endingnyaa cari trip deket2 misal trekking atau camping atau roadtrip.

Acara camping fiks baru H-3 dilempar teman group akhirnya mengikuti saran teman yang biasa camping+naik gunung pilihan jatuh pada Mandalawangi Cibodas Puncak Cipanas.
Mengingat plat mobil kami ganjil kami berangkat jumat, 3 keluarga lain berangkat subuh sebelum pemeriksaan ganjil genap di ciawi pukul 07.00 maklum plat mobil semua ganjil.

Jumat kami sudah meluncur karena suami WFH anak-anak kembali PJJ, booking Hotel ARRA cipanas meski bintang 3 ternyata bagus.
Ini adalah type standart dengan 2 kamar harga 300 ribuan. Bisa booking di @agoda atau aplikasi lain.

Type Standard yang kami tempati Fasilitasnya antara lain :
- 1 unit di dalamnya terdapat 2 kamar tidur beserta kamar mandi di dalamnya plus ruang tamu
- Meja Kursi tamu
- TV
- teko air, minuman cleo 4, gula teh kopi
- Wifii kenceng
- Toiletries, water heater
- Sarapan untuk 4 orang
Kolam renang model Indoor dengan 1 kolam olimpic dan 1 kolam kecil.
Taman playground luas, di Hotel Arra ini juga tersedia model cottage dengan 2 kamar dan 3 kamar.
Tarif resmi dari Hotel nah biasanya saya bandingkan dengan aplikasi lain seperti agoda traveloka dkk lebih murah ambil. Prinsip ala backpaker cari yang murah nyamankanπŸ˜ƒ.

Untuk sarapan bisa memilih american breakfast atau Indonesia Breakfast bisa di antar di kamar dan kalau di restorant di ambilkan. Sarapannya lumayanlah buat energi kami camping, selepas sarapan bersiap menuju lokasi Camping di Mandalawangi Cibodas kurang lebih 7 km dari penginapan kami. 

Cibodas ini sudah menjadi taman wisata sehingga terdapat pintu gerbang untuk membayar retribusi pemda setempat.
Tiketnya Rp. 12.000 / orang dewasa dan Rp. 5.000 parkir.

Sesampainya di area parkir Mandalawangi, kami membawa tas ransel dan tas cemilan secukupnya dikarenakan medan menuju camping naik turun.
Tiket masuk buat yang camping menginap 29rb / orang
Di pintu masuk Mandalawangi seperti biasa prosedur cek suhu, membayar tiket dan scan peduli lindungi.

"Pengalaman kami traveling selama pandemi aplikasi peduli lindungi sekedar formalitas, apalagi di pelosok desa susah sinyal tidak bisa scan peduli lindungi"

Wisata Alam Mandalawangi ini bukan hanya di gunakan untuk camping saja akan tetapi untuk berwisata seharian juga bisa dengan biaya Rp.18.500/orang.

Areanya luasss ada danau, air terjun, air mancur, hutan, sungai jernih, toilet bersih dimana-mana cocok buat acara outbond dan pengalaman camping perdana.

Tenang disini banyak yang jualan kalau ribet masak, bisa sewa tenda sudah jadi tinggal masuk, bisa booking lokasi fav beberapa hari sebelumnya.
Ini tabel harga sewa tenda listrik dkk.
Ini kami sewa tempat di pinggir sungai dan dekat Toilet. 4 keluarga dengan 4 tenda dimana tenda hijau dan kuning milik pribadi teman kami, saya dan teman satunya tenda biru yang sewa terima jadi Rp. 140.000
Ini tenda yang kami sewa cukup buat 4 orang, kami bawa sendiri sleepingbag dan bantal tiup. Bisa juga sewa disini kasur, bantal guling selimut. 
Kalau sewa kasur plus selimut dan bantal 40rb.

Aktifitas kami antara lain...
1. Masak masak yang seruu kalau rame-rame memang rempong salah satu teman saya apa saja dibawa bahkan mau bawa kulkas kecil segala πŸ˜‡
2. Lokasi kami didepan sungai sehingga anak-anak main air di sungai
3. Trekking ke air terjun, jaraknya lumayan dengan medan naik turun, salah satu sobatku, mba adhe anaknya 3 masih kecil kecil yang terkecil baru 1th tapi biasa diajak camping lho.
Sobatku satu ini memang wonderwomen, ibu dengan 4 anak dimana usia anak yang kedua sampai 4 berdekatan  dia tanpa punya ART kemana2 nyetir sendiri bawa bocah. Yang terkecil masih 1 tahun lebih, jadi inget Januari 2020 sobatku ini traveling ke Jepang dalam kondisi hamil anak keempat, bawa 3 anak (nomor 2 dan nomor 3 masih balita) sama suami.

Demi tiket murah JAL pulangnya tidak bareng, suaminya pulang duluan sama anak nomor 1, dia bersama dua anak usia balita semua kondisi hamil sendirian masih urus jastip sepatu onitsuka. Menuju bandara teteplah naik transportasi umum mana tahan dengan boaya taksi disana dimana cuma 500 meter bisa ratusan ribu. Bawa 2 balita plus koper 2 plus ransel yg di pakai di foto atasπŸ˜€. The Power of Kepepet tapi seruuu seneng dia.

Foto dibawah ini pengalaman teman saya, yang saya abadikan jadi tulisan atas ijin sobatku di saat pesanan onitsuka membludak anaknya sampai tertidur di sofa toko.
Jadi rasanya malu kalau ngeluh traveling bawa anak ribet, malu sama temenku satu ini πŸ˜ƒ. Kebetulan hobby suaminya naik gunung jadi sering banget dia sama suami ajak anak2 yang masih kecil camping.

"Mumpung anak2 belum punya dunia sendiri puas-puasin quality time dan mengukir banyak memori bersama mereka"

Kondisi jalanan menuju air terjun
Fasilitasnya banyakkan?? Musholla, air terjun, danau, sungai ada beberapa titik, toilet ada banyak dan bersih.

Rincian Biaya kami yang sewa tenda
1. Tiket masuk wisata Cibodas 2 dewasa @12rb : 24rb parkir 5rb -----29.000

2. Tiket masuk Mandalawangi Camp 4 x @29rb -----116.000

3. Tenda sudah pasang 140.000 harusnya 150rb didiskon

4. Toilet semalam itung dewasa saja 2x5rb :10rb

5. Sharing Listrik 150rb bagi 4 tenda anggaplah 40rb

6. Sharing kayu api unggun dan jagung bakar 35 rb

7. Parkir menginap 30rb

Total untuk kami 400.000 πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Jreng jreng compare dengan Hotel Arra SAMA tidur di Hotel nyaman, dapat sarapan komplit. 

"TAPII HIDUP TIDAK SELALU NYAMAN, SUPAYA ANAK-ANAK MEMPUNYAI PENGALAMAN CAMPING DENGAN SEGALA KETIDAKNYAMANANNYA"

Untuk teman-teman yang pengen mengajak camping keluarga boleh di mandalawangi cibodas ini, kalau punya tenda sendiri dan repot membawa barang bisa pakai potter biaya potter 50rb sekali jalan.
Bawaan salah satu teman saya bu Susi banyak banget sampai beberapa kali diangkut potter.

Anak-anak main UNO
Api unggun dan bakar jagung
Ini adalah glamping dengan harga sewa 1 juta berkapasitas 6 orang.

Bisa hubungi Mas Nunu 0812 2019 2664
Bisa booking tempat sewa tenda dkk.

Sekian dulu wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

 Travelmates yang paling seru adalah keluarga nah selain keluarga menemukan teman yang cocok  gampang gampang susah tapi kalau sudah satu frekuensi suka ngebolang meskipun baru saja ketemu tatap muka asik aja, ini kami 4 keluarga dimana 1 keluarga baru kenal hari itu juga, temannya temen, keluarga satu lagi baru ketemu tatap muka saat itu.

Alhamdulillah suami anak langsung bisa gabung ngobrol seru.






Posting Komentar

34 Komentar

  1. Wisata Alam Mandalawangi destinasi impian nih. Pengen banget kesana tapi memang harus kumpulin teman dulu ya yang mau camping. Thanks kak reviewnya lengkap + harganya. Jadi bisa prepare biaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sendirian juga banyak kaak, saya lihat banyak kok sekeluarga doang.

      Hapus
  2. Mbak Gusti Yeni, circle dirimu seru banget. Punya kegemaran sama, sama-sama senang traveling kemanapun bareng keluarga. Sudah gitu pada tangguh semua. Terutama ibu yang sedang hamil, bawa balita, bawa koper dua, dan gembol ransel. Sungguh aku baca aja senang, apa lagi yang menjalani Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbaa, awale pada takut traveling mandiri jd PD meski tiap jalan bener ga nih baca petanya, bener ga nih ittinerarynya disaat ke LN ya...sampai para suami ikutan minta tanyain rute πŸ˜€

      Hapus
  3. Mba temenmu ini menginspirasi banget untuk camping sama anak-anak.. bener juga yaa camping saat anak2 masih kecil dan belum menemukan dunia mereka sendiri. Jadi mau ngerayu pak suami deh buat camping keluarga. ngg abang pulang dr pesantren aja ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss kakak emang sejak awal karena saya sendiri selalu familytrip dg segala keriwehan alhasil banyak ketemu teman2 sefrekuensi. Anak tmnku yg gedhe juga di pondok tapi krn omicron disuruh jemput dulu

      Hapus
  4. Saya juga bila jalan-jalan lebih memilih bareng sama anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seruu yaa kakk meski rempong tapi menciptakan bonding antar orang tua dan anak

      Hapus
  5. aihh seru banget kemping sekeluarga rame2. meski riweuh tapi seru dan penuh kesan. udah lama banget aku pengen kemping sekeluarga belum kesampean

    BalasHapus
  6. Ya Allah ... Mau camping ramean gini. Aku tuh udah lamaaa enggak pergi jalan-jalan bareng teman. Keknya mikirin bocah mulu, hahah padahal dulu tiap weekend main ke pantai. Seru ... Seru! Tinggal kirim blog post ini ke suami. Kali Aja di-acc

    BalasHapus
  7. Seru banget mbak, camping rame rame gini
    Anak anak pasti senang ya mbak
    Kapan kapan aku juga pengen ajak anak anak camping seperti ini

    BalasHapus
  8. Aiiiih seruuuuu beeeet. Rinci dengan keterangan fasilitas dan harga. Kereeen. TfS mak Yen..

    Btw aku naik gunung gede tahun 1998 atau 1999 (pas masih STM dan PKL di Jakarta jd nyolong ngetrek ke Gede). Minggu pertama gagal smp puncak krn badai. Ga kapok, minggu kedua diulangi berdua sama temen yg lain dan akhirnya muncak.

    Hihi..kalau inget energi waktu itu ya...kok ya berlimpah ruaaaaah...

    BalasHapus
  9. WiFi kenceng adalah salah satu fasilitas yang paling aku cari kalo lagi bepergian dan juga staycation mba.

    Soalnya bisa menyelesaikan segala urusan sambil staycation dan menikmati keindahan alam bersama keluarga ya kan

    BalasHapus
  10. Wah mantap sekali ini.... destinasi mandalawangi bisa lah masuk list daftar pengajuan ke suamo buat ke sini. Harganya masih tidak terlalu mahal segitu mah.

    BalasHapus
  11. Seru banget ya pengen banget ajak anak-anak kemping begini ah mau share linknya ke WAG keluarga biar bisa ke sana pas liburan, apalagi tenda dll bisa disewa semua ya di sana, kami ngga punya printilannya soalnya

    BalasHapus
  12. Asyik dan seru ya campingnya. Beruntung gak hujan juga

    Btw, soal traveling bawa anak itu balik ke orangtuanya sih. Ada yang malas, ada yang enjoy. Lumayan memang buat kenangan sebelum mereka asyik dengan dunianya nanti

    BalasHapus
  13. Asyik banget ada sungai depan lokasi kemah. Anak-anak bisa puas tuh mandi di sungai.

    Hihi... iya mbak, saya pun nemui di beberapa lokasi, scan aplikasi peduli lindungi itu cuma terpajang aja, tapi nggak scan barcode pun boleh aja masuk

    BalasHapus
  14. Aku juga gitu mbak kalau mau nginep2 aku bandingin dulu harga2 di beberapa aplikasi supaya dapat yang lbh menguntungkan dr sisi harga maupun ratingnya/ fasilitasnya :D
    Seru banget eui kemping2 gtu, anak2ku blm sempat kemping udah tinggi lagi kasus copid dan pas msh hujan gini, pdhl aku ada naksir tempat
    InsyaAllah kalau cuaca bagus aku juga mau ajakin kemping ah
    Makasih info tempat kempingnya :D

    BalasHapus
  15. Wadidaaw...
    Keren banget travelling sendirian cuma sama anak-anak dan nyetir sendiri. Rasanya jadi jiper melihat banyak wanita hebat yang bisa tetap menyeimbangkan hobi dan keseharian.

    Aku sejujurnya belum pernah camping.
    Dan emm, antara gak tahan banting atau ketakutan sendiri akan banyak hal, jadi butuh pertimbangan panjaaang...

    Berharap suatu hari nanti bisa merasakan nikmatnya camping di Wisata Alam Mandalawangi bersama keluarga.

    BalasHapus
  16. Baca blog ini dari kemarin bawaannya pengen ikutan liburan. Mana informasi yang disampaikan lengkap banget lagi.

    BalasHapus
  17. Gak bosen kok apalagi kalau disuguhi certa jalan-jalan sekalian refreshing lewat foto & cerita. Semoga sehat selalu juga untuk kita semua,
    Terakhir ke Cibonas udah lama banget, jadi kangen ke sana. Sejuk ya ngobep di sana apalagi bisa berkemah juga nih di taman nasional gung gede

    BalasHapus
  18. Serunya bisa short escape begitu. Ke alam pula. Huhu iya, tiap main ke postingan di blog ini, mupeeeng banget. Jalan-jalan terus. Aamiin semoga bisa jalan-jalan ke Lembah Pinus. Kemping bareng keluarga seru banget deh ih

    BalasHapus
  19. Ih seru banget ini mba. Apalagi bareng teman dan dapat bonus teman baru. Bagus juga pemandangannya ya mba

    BalasHapus
  20. Aku jadi malu, anak baru satu dan udah 7 tahun, kalau jalan2 aja udah ngeluh ribet. Hiks... Btw, campingnya nyenengin, seru apalagi sama keluarga lain plus bisa sewa tenda langsung jadi, enggak ribet ini mah..

    BalasHapus
  21. camping seru banget ya bareng anak2 aku belum pernah paling depan rumah, sebelum nikah dulu pengen banget kapan2 kemping ama keluarga belum kesampaian

    BalasHapus
  22. Tiap kali mampir ke blog ini, hasrat jalan-jalanku langsung menyala deh. beneran bikin pengen jalan2 lagi. Dulu aku suka pakai alasan nggak bisa jalan2 karena anak masih kecil, males repot. Padahal sebenarnya nggak masalah juga ya mak. Semoga pandemi cepat pergi nih, aku juga pengen bisa traveling kayak gini

    BalasHapus
  23. Kalau baca cerita teman-teman yang camping bareng anak gitu seruu banget, tapi saya pengen camping gak berangkat juga sampai sekarang, masih kepikiran kalau daerahnya banyak dihuni makhluk tak kasat mata itu lho mbak hehe

    BalasHapus
  24. asik banget ini, cocok banget ama anak aku, mau kemping tapi gak mau jauh dari listrik, hahaha. Kalo bisa ada minimal kipaslah. Itu tenda ada lampu kelapkelip gitu, bearsa kayak lagi shooting drakor gak sih, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suhunyaa dingin banget lho bun masak mau pake kipas hehehe

      Hapus
  25. Pengalaman menyenangkan camping di alam terbuka itu emang berharga banget, mak. Apalagi kalau ala backpacker. Rempong dikit tapi puas. Bukan sekadar hematnya aja tapi juga menaklukan tantangan. Trus momen romantisnya itu adalah menatap langit tanpa batas, ga terhalang gedung-gedung seperti di kota. Duh, kangen momen-momen kayak gini

    BalasHapus
  26. Akhir bulan ini kami berencana camping, tapi belum menentukan daerah mana yang mau dituju. Sepertinya Mandalawangi ini bisa dicoba, areanya lumayan oke buat anak-anak. Tarif persewaan juga standart aja ya, gak terlalu mahal dan udah gak pakek ribet bawa2 tenda.

    BalasHapus
  27. Jadi pengen ikutan staycation
    Sayangnya kondisi begini jadi ragu mau ngapa ngapain
    Entah takut atau gimana
    Tarif di sini juga terjangkau jadi aman ya buat next wishlist

    BalasHapus