Keliling / Roadtrip Java Part 2 - Staycation Hotel d'Emmerick Salatiga, Makan siang di Warung Apung Rawa Pening, Jejak Sejarah Benteng Pendem Ambarawa

Assalamuaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh sobat Gustiyenifamtrip.
Melanjutkan roadtrip Part 1 PG Ajibarang dan Explore Semarang kami meluncur menginap di jalan raya menuju Kopeng Salatiga selama 5 hari.
Sebelumnya kami makan malam di pinggir jalan ring road salatiga "Ayam Goreng & Tumpang Koyor BU Yusro"

Recomended menurut kami baik dari sisi harga maupun rasa.

Pesanan kami
- Ayam kampung paha bawah 2 pcs @20rb besar lhoo ukurannya
- Trancam / gudangan 1 porsi
- Nasi 3 piring
- Tumpang koyor 1 porsi
- Es teh, Es Jeruk & Lemon tea masing masing satu gelas 
- krupuk 1
Total 95rban saja.
 Restonya model rumah joglo dengan ornamen radio kuno, meja kursi kayu ala-ala jaman dululah.

Nama penginapan kami adalah d'Emmerick Salib Putih Hotel. Nama salib putih diambil karena hotel ini dekat dengan Gereja Tua yang terkenal di Salatiga bernama Salib Putih.
Gereja tuaa yang asrii banget berada di jalan utama menuju Kopeng tidak jauh dari penginapan kami.

Hotel d'Emmerick Salib Putih ini luasss sekali dari gerbang security masuk ke lobby lumayan jauh tapi ditumbuhi pepohonan yang sejuk, untuk menuju ke kamar, mobil kami naik lagi parkir di dekat kamar. Pemandangan yang disuguhkan ketika parkir adalah Pegunungan dan Rawa Pening.
Hotel d'Emmerick ini juga terdapat kolam renang, area playground dan camping ground juga.
Alamat Hotel d'Emmerick 
Jl. Hasanudin (jl raya salatiga - Kopeng) KM 4 Salatiga
Tlp (0298) 325 498

Selama 5 hari 4 malam staycation kami di sini only Rp. 1jutaan by Agoda dg kamar type family.
Setiap kamar bagian timur memiliki balkon dengan pemandangan hutan, kalau kamar di bagian timur dekat parkir mobil di lantai 1 tidak terdapat balkon akan tetapi di lantai 2 terdapat balkon.
Kamar luas terdapat meja panjang 2 dan meja bundar 1 cocoklah buat wfh suami dan anak2 daring.
Balkonnya sejukk melihat hutan jati dan sebelah kiri kelihatan kolam renang.
Lobby hotel dengan nuansa vintage.
Terdapat area memberi makan kelinci dan memanah membayar 10 ribu saja kalau mau bermain memanah dan memberi makan hewan.
Untuk menu sarapan setiap pax dapat memilih satu jus, satu minuman hangat atau dingin, satu olahan telur, satu olahan roti dan satu makanan utama. 
Kami booking tanpa sarapan ya teman-teman karena kami pikir di daerah jajan murah sekalian kuliner alhasil kami tanya kalau beli menu sarapan 65rb sebetulnya worth it 65rb dapat segambreng.
Type kamar lain
DELUXE
Balkon di dekat kolam renang
Type Superior
view gunung cakep dr parkiran.
Sewa tenda 1 tenda kapasitas 6 orang + sleepingbag + renang + dinner + lunch + Breakfast + BBQ + toilet + lampu + 2x coffee break + tenda untuk makanan + wifii + api unggun Rp. 250.000 / orang.
Paket 525.000 / tenda untuk 4 orang
Fasilitas
- dinner                        - Jogging track
- breakfast                  - Free berenang
- BBQ + Bonfire     

Sewa area camping 200rb/ tenda.

Di gerbang hotel ada warung angkringan susu segar aslii harga terjangkau buka jam 11 siang sampai 8 malam.
Tarif Normal Hotel ini ya sobatku
Teman-teman bisa laundry di pick up di Hotel ini jasa laundry kiloannya.
perkilonya 5rb
Bisa hubungi WA 0821 3822 8882

Hari kedua kami explore Ambarawa. Pertama yang kami datangi sekaligus makan siang adalah Rawa Pening. Rawa pening ini adalah legenda cerita rakyat masuk dalam pelajaran SD juga (sejarahnya baca di google saja ya). Rawa Pening ini di kelilingi gunung.

Baru sekali ini kami ke Rawa Pening ini, di tengah rawa pening ada namanya Kampung Rawa dimana tiket masuknya 3rb dan tiket parkir mobil 15rb.

Banyak yang berwisata di Rawa Pening ini seperti berperahu ria sewa kapal 110rb maksimal 8 penumpang. Area bermain anak-anak, area jajanan dan terdapat 2 Warung Makan Apung Kampung Rawa.
Ini warung apung tapi tidak menggunakan perahu.

Kami menjajal salah satu warung makan apung dimana menuju ke warung menggunakan perahu yang ditarik dengan tali sisi uniknya itu kali ya.
Perahu itu yang membawa kami ke warung makan apung.
Untuk menu yang kami pesan sangat minimalis karena harganya woww versi kami ya.
- 1 porsi lele isi 2 lele ukuran sedang 35.000
- 2 porsi nasi 8000 x2 : 16.000
- teh panas 1 gelas : 10.000
- es teh 1 gelas : 10.000
- tahu tempe penyet seporsi (4 tempe tipis di penyet, tahu 1 di belah dua) 25.000

TOTAL 96.000 (mahal yakss) untuk rasaa biasa saja.
Tidak lama kami disini karena sudah mulai ramai, kami lanjut ke Benteng Pendem.

Benteng Pendem atau William Fort 1
Merupakan benteng terkenal di Ambarawa, kab. Semarang Jawa Tengah.  Benteng peninggalan koloni ini dibangun pada tahun 1834 sampai 1845.
Lokasi benteng ini kalau dari Rawa Pening ada di tengah sawah, kalau mengikuti map akan di tunjukkan jalurnya di belakang RSUD Ambarawa, dekat dengan museum KAI.

Benteng ini dulunya sebagai tempat barak militer, tahanan musuh, penyimpanan logistis militer itulah mengapa ketika kita datang kesini melihat bentuk dari benteng ini kotak, berkamar-kamar, berjendela dan berteralis besi.

Sampai sekarang benteng ini sebagian di pergunakan untuk Lapas Kelas II A Ambarawa, rumah dinas sipir, tentara dan rumah penduduk.

Benteng ini berada di tengah area persawahan, bangunannya masih asli mulai rusak bocor sebetulnya kesan mistis harusnya ada yaa tapi karena di huni masyarakat jadi kesan mistisnya berkurang.
Setiap lengkuangan terdapat kamar kamar yang masih di huni ada juga yang kosong baik bagian atas maupun bawah.
Salah satu ruangan buat pengunjung istirahat.

Dilantai 2 ada bangunan yang tidak terpakai ada juga yg masih dipakai untuk tempat tinggal.
Bentengnya ini tidak hanya satu tempat tapi berpencar di area yg sama.

Bangunan tua dengan arsitek yang bagu ini di bangun  dengan memeras tenaga bangsa kita, banyak yang meninggal ketika menjadi tawanan disini dan disuruh kerja paksa tapi minim asupan makanan.

Untuk foto prewed atau foto vintage baguss disesuaikan dg warna baju natural.

Tiket masuk 5rb
Parkir mobil 5rb

Setelah dari benteng pendem ini kami menuju museum Kereta Api dan Bandungan ikutin kisahnya di Part 3 Destinasi Wisata di Salatiga, Ambarawa, Bandungan, Kopeng dan Bawen lanjut Part 4 Penginapan Impian Dusun Semilir kereen abisπŸ‘Œ

Kesimpulan dari part 2 ini hotel d"emrick recomended, kalau mau ke rawa pening di pinggir danau saja untuk masuk kampung rawa menurut saya kurang recomended.

Sekian dulu yaa wassalamualaikum.


Posting Komentar

34 Komentar

  1. Tertarik untuk Camping in The Valley, 5oo rb an berempat itu hemat termasuk breakfast. View-nya asyik. Dan Benteng Pendem, bisa nih dikunjungi sebagai wisata edukasi. Buat pepotoan keren nih...
    Asyik nih WFH dan PJJ -nya sambil roadtrip...

    BalasHapus
  2. Nah membaca artikel Mbak Gusti, aku nyesel kemarin gak mampir ke Benteng Willem. Padahal sudah dekat banget, dan sudah pergi ke museum kereta juga. Jadi besok mesti ke Ambawara lagi nih, dan benteng ini gak boleh ketinggalan lagi :)

    BalasHapus
  3. Asyik banget hotelnya mbak. Hotel d'Emmerick ini luas dan suasananya asri, fasilitasnya lengkap pula. Suka dengan kursi-kursi rotan yang di lobby, jadi mengingatkan kursi-kursi yang ada di rumah ortu.

    BalasHapus
  4. Terima kasih ulasannya. Saya belum pernah ke Salatiga. Hotel d emmerick ini hotel klasik bintang 3 dengan view bukit yang indah. Jauh dari keramaian perkotaan

    BalasHapus
  5. Aku suka dengan pemandangan benteng pendem yang berada di tengah sawah. Benteng ini ada penghuninya ya mbak? tapi kesan mistisnya tetap terlihat mungkin karena umurnya sudah ratusan tahun dan tidak terurus. Tapi justru kesan mistisnya itu yang menarik sih. Keren nih kalau foto disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess ada yg kosong ada yg di tempati, yang kosong karena rusak bocor

      Hapus
  6. Camping dengan harga 500rb-an untuk 4 orang itu udah murah banget yaa apalagi fasilitasnya juga lengkap . Untuk view hotelnya aku juga suka karena bikin kita ngerasa tenang, adem dan nyaman. Benteng pendemnya juga cocok nih buat wisata edukasi

    BalasHapus
  7. Bagaimana ceritanya bisa dapat rate 5 hari cuma sejutaan mbak? mengingat kamarnya sangat luas dan beda jauh sama daftar rate yang tertera. Tempatnya asyik nih hotel mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membandingkan dengan aplikasi lain mbakuu kebetulan dpt promo dr Agoda

      Hapus
  8. Berasa dibawa jalan2 initu, makasih lohh. Btw kalo aku punn paling suka view room hotel yang menghadap ke hutaan, kbayang pas buka jendela atau pas dibalkon disuguhin pemandangan iijo2 royo yang menyegarkan.

    BalasHapus
  9. Aku pernah berkunjung ke Benteng pendhem dan museum kereta Ambarawa. Mengesankan sekali ya jadi tau sejarah. Tapi ga sempat makan siang di Rawa Pening sih. Kapan2 harus ah πŸ˜‹πŸ˜‹ Hotel itu ada nama 'salib' nya sih jadi ragu2 menginap di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mb yg booking suami dia cek berdasarkan rating dan view dan sudah ribuan yg nginep disana. Azan terdengar dr Hotel ada musholla juga menu hotel gada yg berbau pork tp emang kami tanpa sarapan jd jajan terus keluar hotel.

      Hapus
  10. Wuaaa, seru banget mbak perjalanannya. Takjub sama harga package tenda ber4 yang sangat terjangkau. Lima ratus ribuan udah sama breakfast dan makan malam. Bisa aku inget-inget nih!

    BalasHapus
  11. Wah penginapannya lumayan daopat murah ya mbak
    Sempat2nya liburan juga diselingi WFH dan belajar daring haha tapi seru yaaa, ada hikmahnya jg pandemi krn aktivitas sehari2 bisa dikerjakan sambil liburan :D
    Puasa banget bisa melihat banyak peninggalan bersejarah saat keliling tanah Jawa ya, banyak yg msh terjaga jg bangunannya.

    BalasHapus
  12. Seru banget deh kalo mampir ke blog ini. Bawaannya kepengen jalan-jalan. Huhu mupeng deh. Apalagi ini, nginepnya di hotel dengan pemandangan outdoor yang cakep. Memanjakan mata. Relaxing banget. Bisa wisata sejarah juga ya roadtrip-nya.

    BalasHapus
  13. seru banget ini road trip keliling Jawa bersama keluarga, wah aku mau mau.. btw kemarin ke Palopo lewat jalur darat dari Makassar aku juga laundry baju hahah biar bisa dipake lagi yekan. Irit koper juga maksudnya.. wah aku tertarik nih melakukan road trip seperti ini,spill budgetnya dong kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Budget nanti di akhir perjalanan ya kakk sdh aku cicil catet

      Hapus
  14. Dekat ini dengan tempat tinggalku, tapi malah belum pernah loh nyobain nginep di situ. Beberapa kali lewat padahal depan emmerick itu. Yang benteng pendem keren yaaa...

    BalasHapus
  15. Boleh juga nih tempatnya. Kalau udah bisa jalan-jalan lagi dan kalau pas ke Salatiga coba mampir ah

    BalasHapus
  16. Worthed bangettt mba,

    95ribu dengan jumlah orseean sebanyak itu.

    Aku penasaran sama tumpang nya mba..
    Apakah rasanya cenderung manis juga.

    Ini mah gak cuma dapet pengalaman traveling doang
    Eksperimen kulinernya juga dapet.

    BalasHapus
  17. Pemandangannya indah sekali cocok banget ini untuk healing bersama keluarga aku tahunya juga dari cerita rakyat mengenai Rawa Pening

    BalasHapus
  18. Cantik banget yaa..
    ambince di Benteng Pendem atau William Fort. Kebayang indahnya kalau dibuat foto post wedd. Hihii..

    Dan sungguhan aku tertarik pengen tahu legenda cerita rakyat dari Rawa Pening. Bisa aku jadiin bahan dongeng ke anak-anak.

    Jadi banyak-banyak bersyukur yaa, kak Gusti.
    Karena hidup dan berada di zaman yang tenang, jauh dari penjajahan. Alhamdulillah~

    BalasHapus
  19. ini salah satu cita - cita aku nih mba untuk keliling Jawa.. sayangnya waktu di Indonesia kemarin banyak di rumah karena Corona yaaa

    BalasHapus
  20. Tempat menginapnya nyaman ya mbak
    Aku juga suka dengan suasana vintage seperti itu
    Haha, sama
    Kadang saat staycation anakku juga sambil belajar online

    BalasHapus
  21. Kalo udah ke ambarawa wajiblah ya mak napak tilas atau wisata sejarah dulu, kota pahlawan yah kan , aku suka ke wisata sejarah juga, btw untuk kamar yang pertama 5 hari, 4 malam sejutaan, murah yah

    BalasHapus
  22. penginapannya asri bangeeet dan 5 hari udah 1jt itu termasuk murah bgt ya mbaaa. Bisa jadi iten nanti buat kalo mau road trip nihh

    BalasHapus
  23. Seru banget perjalanannya mbak. Aku pernah nginep di Demmerick tapi yang campignya. Dingin euy. Hehe. Terus paginya ke Gunung dan offroad naik jeep gitu. Di hotelnya sama seperti mbak ceritakan bisa memanah juga. Pingin juga lanjut ke Benteng Ambarawa

    BalasHapus
  24. Lihat keseruan traveling mbak dan keluarga keliling jawa super banget. Pengen banget ngetrip bareng keluarga dan keliling jawa. Dulu, cita-cita saya pengen menyusuri pulau jawa lewat jalur pinggir pantai mbak, tapi kayaknya sukar terlaksana nih haha

    BalasHapus
  25. seru mbak travelingnya jadi sekalian bisa ngajarin anak ya? tentang sejarag juga gak cuma jalan-jalan aja. jadi pengen kutiru biasanya aku mageran kalau di hotel ya wes ga gkemana-mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wua seru banget mbk travelingnya.. Hotel 5hr 1 jutaan lumayan murah banget ya. Mana ke rawa pening, ini destinasi impian sejak 10 tahun lalu haha... Viewnya bagus banget

      Hapus
  26. Kalo mampir kesini bawannya pengen jalan-jalan mulu ngikutin rekomendasi dari ulasan mbak disini hehehe

    BalasHapus
  27. Lengkap bangettt reviewnyaaa, sering lewat Ambarawa kalo mau ke Magelang/ Jogja. Tapi ga pernah mampir ke tempat wisatanya. Menarik juga yaa, mungkin besok-besok bakal buat agenda ke sana :D

    BalasHapus
  28. Bagus mb... Sudah lama pengen eksplore ambarawa dan sekitarnya. Tempatnya adeem dan unik-unik ya tampaknya...

    BalasHapus