Biaya Umroh Mandiri Kel. Anindya 14 jt all in


Pagii sobatku semuaaa

Tulisan ini banyak yang menunggu yaa, video di sosmed saya sempet viral karena keluarga Mbak Anindya ini PERDANA UMROH, sudah gitu tiket pesawat yang di dapatkan Solo - Jeddah pp 5 jt/orang.

Dari kamar di swissotel mekah type 3 bed view kabah

Waaww kok bisa sih tiket segitu?? Eits jangan salah saya share2 lho di sosmed disaat war tiket promo di Mey 2023 kemarin, sampai teman2 yang saya kenal dapat di tanggal berapa saja plus total yang di bayarkan saya catet di sini klik saja yaaa sebagai bukti nyata bahwa tiket promo itu adaa...
contoh pas awal promo ada yg dapat pp 4.3 jt malahan

War tiket promo ke jeddah 5jt pp, langkah apa selanjutnya??

Sama di oktober - Novembee 2019 saya umroh dengan tiket pp cuma 2jt lhoo start Jakarta - Medinah ulasan kisah pribadi saya suami dan anak2 ini

Umroh bintang 5 harga minimalis 11jtan all in

Keluarga mbak Anindya termasuk jajaran yang beruntung gerak cepat membeli tiket buat 6 orang ( 4 dewasa 2 anak) untuk keberangkatan Agustus 2023 kemarin.

Perlu di ketahui bahwa tiket promo itu tidak kenal waktu kapan munculnya, waktu terbangnya kita bisa pilih setahun yang akan datang yaa...jadii kalau pengen berburu tiket promo siapkan paspor terlebih dahulu dan rajin hunting tiketnya.

Baca : Tips Hunting Tiket ala gustiyenifamtrip

Langkah - langkah yang di persiapkan ketika umroh mandiri antara lain :

1. Tiket sudah di tangan otomatis paspor juga yaa pastikan endorse nama bagi yang hanya memiliki nama 1 suku kata, endorse nama di kantor imigrasi GRATIS.

Supaya hemat lebih baik ketika membeli tiket umroh multicity misalkan

Berangkat : Jakarta - Medinah

Pulang : Jeddah - Jakarta atau sebaliknya tapi misalkan selisihnya jauh lebih mahal ya gapapa ambil landing dan pulang di airport sama misal.jeddah atau madinah saja.

2. Hunting hotel 

Umroh mandiri bebas kita mau kemana dulu, kalau saya pribadi cek harga hotel yang startegis mana yang lebih murah yaa itu yang dituju....

Misalkan landing langsung ke medinah 3 hari sama ke.mekah hotel lebih murah mana, dan tanggal berikutnya sampai pulang cek ricek aja...

Mbak Anindya memutuskan ke Madinah terlebih dahulu baru ke Mekah supaya pulangnya lebih dekat karena Mekah ke Jeddah lebih dekat di bandingkan medinah ke Jeddah. Soalnya pesawat Mbak Anindya landing dan pulang di Jeddah.

Hunting hotel bisa di aplikas all accor, agoda, booking, traveloka dkk mana yang termurah dan ambil yang free cancel dulu supaya kalau ada harga yang lebih murah bisa kita ganti.

Baca : Cara Pesan Hotel Free Cancel di Agoda

Mbak Anindya pesan melalui aplikasi all accor dimana aplikasi ini group hotel berbintang yang tergabung dalam accor keuntungannya kita bisa cancel pas hari H, harga juga bisa lebih murah dan lebih diakui, hotel yang tergabung disini banyak (pullman, swissotel, hilton dkk)

         ini yaa aplikasi Accor All cuss instal

Jumlah orang ketika pesan hotel.bisa diisi 2 orang tapi nanti aslinya yang masuk bisa 5 dewasa, aturan disana maksimal 5 dewasa kalau anak2 dibawah 12th ga dihitung, hotel berbintang di arab sana juga luas.

Mbak anindya pesan 

- Hotel Madinah Shad al Madinah 3 hari 2 malam

- Hotel Mekah di swissotel zam zam tower 4 hari 3 malam dengan view kabah jadi ada type kamarnya city view, partial kabah atau view kabah atau junior suites view kabah


3. VISA

Visa untuk.masuk arab saudi beragam yang penting bisa masuk yaa, nah begitu masuk arab saudi mau ibadah silakan mau jalan-jalan silakan jadi tidak bergantung pada kalau mau umroh harus pakai VISA UMROH sama sekali TIDAK Ya....

- Visa Umroh : yang mengeluarkan travel berijin ppiu, nah kita bisa melobby travel umroh supaya mengeluarkan visa buat kita, dengan menunjukkan tiket pp, pesanan hotel dan bisa jadi jaminan karena travel kena denda lho kalau ada yang nakal menyalahgunakan visa umroh untuk menjadi tki ilegal akirnya tidak balik.

- Visa Turis : yang mengeluarkan VFS Tashel, ada di kota - kota besar cari saja yaa, biasanya nih nanti dapat multiple 1 tahun lho, syaratnya tiket pp, hotel, ittinerary, rek koran 3bulan, foto, surat cuti dari kantor kita bekerja, surat keterangan bekerja dkk pokoknya seperti pengajuan visa ke negara lainlah.


- Visa umroh by web nusuk :sayangnya sejak musim haji 2023 sampai tulisan ini dibuat awal September 2023 belum dibuka lagi. Ini semua serba online langsung KSA arab saudi, berkas2 di upload dan prosesnya cepat, untuk biaya beragam karena web nusuk ini ada syaratnya pakai transportasi di dia bs pilih mobil mau sedan atau yang gedhe, hotel pesan minimum 5 hari gapapa sisa hari kan kita bisa pesan sendiri yaa....

Baca pengalaman teman yang umroh mandiri pakai web nusuk :

Umroh Mandiri by nusuk Maret 2023

Umroh Mandiri Mas Ikhsan by nusuk 31 januari - 14 feb 2023

Umroh Mandiri mas baihaqi 25 hari by nusuk februari 2023

Jadii teman-temanku link diatas sangat membantu buat yang memang berniat mau Umroh Mandiri, ulasannya lengkap ya...


Mbak Anindya ini mendapatkan visa via travel karena by nusuk masih tutup, beliau kena 190 usd per orang, nah sekalian siskopatuh jd nanti dapat idcard foto kita, nama PT penerbit visa dan bagian belakang ada nama hotel yang diinapi.

Baca : Jenis Jenis Visa masuk arab saudi

4. Transportasi

Sobatku semuaa bisa banget menggunakan moda transportasi seperti :

- Haramain Train / Kereta Cepat : Saya sangat merekomendasikan ini karena hemat waktu banget dan tidak capek. Jeddah - Madinah kalau naik kereta cepat cuma 1 jam 40 menit lhoo...kebayang naik bus / mobil carteran 4-6 jam.

Bisa pesan klik disini atau via ini cek google haramain train https://rail.ninja/haramain-train

- Careem online install

- Uber online install

- sewa private bisa hubungi mutowwif 

- Bus saptco 

https://saptco.com.sa/en-us/homepage


5. Mutowif

Pembimbing kita dalam melaksanakan umroh bagi yang newbie yaa, disana banyak kok WNI kuliah kerja yang mau jadi mutowwif, atau bantu kita carikan mobil sekalian.

Bisa hubungi Ust. HARIRIE +249 11 167 3998

Arby +966 53 001 4147 


6. Tata Cara Umroh

Tata cara beribadah bisa di pelajari ketika di Indonesia, bisa ikut manasik yang saya tau di Pondok Gedhe Bekasi ada, atau bisa berguru dulu ke ustadz, persiapkan diri kita sebaik mungkin menjadi tamu Allah ya....


ITTINERARY MBAK ANINDYA

1. Perjalanan dari Cibubur menuju kota solo menggunakan sleeperbus Sinar Jaya sore hari tiba di Solo sekitar subuh, turun di Kartasura sewa mobil plus sopir 500rb, kopernya titip di mobil innova tersebut.


2. Istirahat di Front One Hotel Bandara, cek out boleh di jam 14.30 sore nambah 100rb per kmr mbak lumayan jd tidak lama menunggu di bandara karena pesawatnya jam 16.00


3. Cek in di bandara Soekarno Hatta  pesawat yang di gunakan Garuda landing di Jakarta bagasi keluar semua padahal tiketnya menyatu ya, nah lanjut menginap di Annara Hotel Soekarno Hatta karena beliau terbang keesokan harinya.


4. Cek in berikutnya di Soekarno Hatta bagasi masuk kembali, maskapainya Saudi Arabia,.proses imigrasi lancar malah tidak ditanyakan sama sekali siskopatuhnya.


Imigrasi Saudi 


5. Landing di Jeddah langsung mencari uber menuju ke apartemen yang di sewa dari booking.com kenapa?? Karena membawa anak kecil plus orang tua menjaga stamina.


6. Keesokan harinya baru menuju ke Madinah menggunakan kereta cepat tidak sampai 2 jam, cek in di Hotel Shad Al Madinah


7. RAUDHOH

Sebelum berangkat sudah cek ricek mencari slot kosong untuk masuk raudhoh di aplikasi nusuk, 1 orang 1 hp dan 1 aplikasi ya

Tips cek raudah aplikasi nusuk : hari jumat jam 13.00 waktu indo

Mbak Anin sampe sebulan ngecek tiap hari aplikasi nusuk ini, jd mereka memang  ada waktu - waktunya buka lewat aplikasi ini. 


Biasanya buka utk seminggu kedepan, malem jumat atau hr jumat.


8. Prosesi di madinah standart yaa hotel masjid makan jajan, kalau mau city tour ziarah yaa naik uber karena naik bus hop on off mahal euyy...


9. Prosesi menuju ke Mekah menggunakan kereta cepat kembali, ambil miqot sampai di mekah cek in di swissotel hotel mekah 


10. Umroh perdana dilakukan, mau umroh lagi bisa naik taksi ke masjid taneem buat ambil miqotnya yaa


11. Waktunya kembali pesawat Jeddah - Jakarta pukul  18.50,  jalan dari mekkah pukul 14.35 keretanya cuma 40 menit lgsg sampai bandara jeddah



RINCIAN BUDGET UMROH MANDIRI MBAK ANINDYA (16 agustus-22 agustus 2023)

4 dewasa, 2 balita

- visa - 17.550.000

- siskopatuh- 1.500.000

- tiket pesawat - 30.000.000

- bus sinarjaya - 2.296.536

- hotel front one solo - 412.380

- anara airport hotel - 1.012.476 + extra bed 375.000 = 1.387.476

- WDF APARTEMEN JEDDAH 1 Malam Rp. 2.418.952  linknya ini luas banget keren https://www.booking.com/Share-KfgG2y

- Hotel Shad Al Madinah 3 hari  2 Malam Rp. 8.773.140 - ambil type triple bed 

   View Hotel Shad Al Madinah ketika sarapan

- Hotel Swissotel Makkah Ring 1 view kabah 4 hari 3 malam  Rp. 13.154.099 - type triple bed 


- taxi makkah hotel to jeddah airport - 1.200.000

taxi airport jeddah- hotel : 70 sar (320rb)

hotel jeddah- airport : 36 sar (144rb)

madinah station - hotel : 46 sar (184rb)

hotel- masjid quba: 35 sar (140 rb)

masjid quba-hotel : 21 sar (240rb)

hotel- madinah station : 50 sar (200rb)

makkah station - hotel : 100 sar (400rb)

hotel- makkah station: 100 sar (400rb)

( kl yg angka bulet itu taksi tembak, yg angka ga bulet itu uber)


MENSIASATI MAKAN

- Ambil paket sarapan di hotel ketika pesan hotel, bungkus scramble egg buah roti bilang ke petugas buat anak2 boleh lhoo saya dulu juga gitu malah dikasih wadah bagus.

- Membawa dari rumah beras dan lauk kering (rendang,abon, ikan asin) majicjar juga aman yaa bawa dari rumah percaya deh bawa bekel menghemat banyak.
Sempat kehabisan beras beli di Madinah 2kg 20 sar (1 sar 4000) sekitar 80.000an beli di bin dawood. Memilih ini krn berasnya pendek-pendek, tp ternyata pas masak di rice cooker mini Mbak Anin harus 2x ngasih air krn agak lbh padet tekstur berasnya

- Jajan Al-baik 3x (nugget 1 porsi isi 7 dan kentang harga 16 sar / 62.000)
- KFC 2x (ayam 3 potong harga 33 sar/132rb)
Di sana tu porsi gedhee yaa jd bisa buat keluarga gini makan rame rame...

Umroh Mandiri Beli Air Zam Zam dimana??? 
Bisa teman2 tenang di bandara ada 8 sar kisarannya pergalon, pastikan beli yaa jangan ketinggalan.

Butuh Mutowwif bisa kesini
Bisa hubungi Ust. HARIRIE +249 11 167 3998

Arby +966 53 001 4147 
Kalau mereka berhalangan pasti mereka akan bantu carikan teman yang lain, bisa juga minta pesanin mobil atau pesenin hotel tapi menurut saya agak riskan ya mending langsung booking sendiri.
Atau ini

1. Sarah dinar perempuan ya WA 085777090069
2. Dhikka wa 0838 1224 937 
Beliau yg dipakai mas andri krn landing tengah malam jd minta tolong bantu cek in sama dampingi umroh plus city tour ke thaif

3. Junaidi Driver mekah +966536471623
Bisa pesen mobil sewa di dia sama mutowif juga dia orang madura 

4. Abby Medinah mahasiswa +966530014147
5. Haririe +249111673998
6. Mutowif Mbak Stevy bisa sekalian pesen armada ke Thaif +966 56 260 3713
7. Pak Revy 200 sar +62 812 6530 0818
8. Ms Zainal 200 sar +966 54 838 1252

Saran
1. Pake longjohn/heat tech pas di pesawat, krn acnya dingin bgt byk yg pada bersin2 kedinginan

2. Aman bawa majicjar, lauk pauk keringan, selebihnya bisa beli di supermarket bindawood mulai telur beras bumbu sayur adaa.
Mbak Anindya pakai rice cooker han river kecil, jd masak air di electric kettle, lgsg tuang ke situ 10-15 mnt udah mateng nasinya
Lauk yang dibawa :
- dendeng basah
- tongkol suir 
- daging cabe hijau
Teman mbak anin jualan jadi sama dia udah di packing seal per 100 gram jd bs sekali makan.

Ibu mertua bawa ikan bilis cabe, diwadahin di kantong zip ikea yg kecil2, kita sempet bawa nasi jg dikantong zip itu
3. Cetak semua tiket, visa, hotel 
4. Bawa anak siapkan bekel yaa cemilan cemilan satu koper khusus perbekalan deh mulai majicjar sampai cemilan supaya hemat

Komen Mbak Anindya berbekal ulasan di blog ini   (aku ada baca di blog mbak yeni yg disuruh byk bawa bekel pas umroh itu bener bgt sih, aku satu koper isinya mi gelas, lauk2, anak2 dibawain beng2, sosis so nice, dan cemilan lainnya, krn disana ga ada kaya indomaret ya yg supermarket kecil2, jd kl belanja ya ke bin dawood)

5. Bawa Stroller yaaa bagi yang bawa anak2
Sebaiknya emg bawa kl buat anak dbwh 5 thn krn lmyn bgt anak2 ga lgsg nyoncrong kena matahari, dan mrk tiap keluar kena matahari pasti sll ketiduran.

Masjidil haram itu ada tempat buat naro stroller gt mbak di dkt pilar yang tangga turun ke bawah bisa masuk dr pintu 79

Mbak Anindya kalau travelling selalu bawa stroller tandem nyewa, biar sekali dorong dua anak terbawa, bapaknya in charge dgn koper aja, ini merk cocolatte twin, kl dilipet ga terlalu gede.

Moda transportasi dan mutowif yg bisa dipakai 
Transportasi

1. Haramaintransport
2. Hujjaj travel
3. Taxi umroh indo
4. Falwatransport +966547330596

5. Irfan SB tour 
     - india  +918019407987
     - ksa    +966500438736

6. Pak Subari +966 55 428 3201 mekah

7. Mas Farhan +966 54 821 2842 madinah

8. Pak Zahir +966 54 707 6812 mekah

9. Pak syarief +966 55 993 7723 mekah mobil sedan kami diarahkan ke pak subari pakai innova yang cukup berlima plus koper2 kami

10. Muhammad Rauf +966 58 056 6867 (mobilnya bisa pilih ada macam2)

11. Taksi argo hijau dpn st haramain
12. Uber / careem / bolt termurah bolt pake kartu arab

13. bus 300 langsung di dpn stasiun
14. Ubaid pakistan +966560741185
15. Abdullah indonesia 
+966560908868

Mutowif
1. Andi Fakhry 0821 2214 1220 gercep bantuan lulusan cairo

2. Dhika 08381224937

3. Arfat +966565998479 / +966565998479 lulusan umul quro mekah

3. Usta tholab 083129526670 (jgn lupa req tausiah malam2 di haram)

4. Ust hakim +62 822-8387-3709 ( mekkah )

5. Ust ahmad +966 50 174 0642 ( medinah )

6. Ust nursamsi mekah kk abdur 0878 6932 5677

7. Ust revi Mutofif 
No wa 081265300818
8. Ust.zainal arifin malang mutowif
+62 859-6431-3570

Kalau butuh handling
1. No tlp handling soekarno hatta 0812 1148 4159

2. No tlp handling jeddah babah salma +966 53 8006254

3. No tlp handling mekah hakimi 0822 8387 3709

4. No tlp handling madinah +966 50 174 0642

5.  iwan catering 15 sar di madinah bisa diantar tanpa minimum jumlahnya  +955 53 972 9368 

Posting Komentar

38 Komentar

  1. ya Allah jadi kangen banget umroh. semoga next aku bisa ke sana lagi dan bs ibadah lebih khusyuk. aamiin.
    anw, 14 juta udah termasuk biasa semuanya termasuk terjangkau banget ya. tp, berarti harus tahu semua urutnnya sendiri ya. wah, harus apalin berarti. boleh nih jadi referensi

    BalasHapus
  2. Ulasannya mudah banget dipahami dan bisa nih diaplikasikan. Emang harus rajin hunting tiket murah yha kalo mau umroh mandiri. Bonusnya bisa ajak anak2 juga rame2 nih. Eh baru tau lho kalo Mutowifnya banyak WNI yang nyambi ama kuliah. Hehe. Jadi makin gampang yaaa.

    BalasHapus
  3. Masya Allah. Tulisan Mbak Yeni ini sangat menginpisrasi banyak orang, termasuk saya untuk bisa umroh dengan bajet yang tidak terlalu besar. Untuk tiket pesawat itu memang kuncinya ya, Mbak. 5 juta PP itu sangat memangkas dana. Semoga bisa segera umroh juga. Aamin...

    BalasHapus
  4. Kalau umroh mandiri gini jadi lebih hemat yaa dan dapat hotel yang deket masjidil haram pun alhamdulillaaaah rasanya. Jadi pengen umroh deh. Ehh bikin paspor dulu yak, baru urus yang lain-lain.

    BalasHapus
  5. Masya allah. Impian banget bisa jadi salah satu yang terpilih untuk ke rumah Allah ya kak. Semoga yang belum disegerakan. Saya aja liat dimedia aja langsung bergetar dan terharu apalagi bisa ke sana langsung. Impian semua muslim muslimah

    BalasHapus
  6. Semoga Fenni dan keluarga bisa beribadah umroh,
    alhamdulillah dapat wawasan kalau mau umroh mandiri,
    khususnya tentang asiknya dari Madinah dulu ya baru ke Mekah, biar lebih simple

    BalasHapus
  7. Kalo bareng travel agen, ga mgkn bs dpt segitu tuh. Temenku aja yg dr Jkt bs abis minimal 22jt loh. Hotelnya jg msh jauh. Untungnya dia msh muda. Jd ga mslh kl hrs jalan kaki dl. Sekalian bs jalan2.

    Smg bs meniru cara umroh mandiri kyk kakak gini. Bs hemat bgt ya.

    BalasHapus
  8. MasyaAllah memang benar orang-orang pilihan ya mba yang bisa kesana. Baca ini aku auto bayangin ribetnya kalau umroh mandiri. Namun, kun fayakun ya mba, semua kemudahan datangnya dari Allah

    BalasHapus
  9. Masya Allah, ini info yg bermanfaat banget nih. War tiket umroh mandiri. Segala sesuatunya memang harus dipersiapkan, termasuk cari-cari info promo tiket ke Jeddah.

    BalasHapus
  10. MashaAllaa~
    Jadi menambah semangat bagi yang menginginkan umrah mandiri, kak Yeni.
    Menularkan semangat mencari informasi dan yakin akan kemudahan yang diberikan Allah ketika akan beribadah ke Baitullah.

    BalasHapus
  11. Tulisannya lengkap banget ini dan bisa jadi panduan bagi yang mau umroh mandiri. Apalagi ada tips untuk dapat tiket murah. Itu asli murah banget lho tiket promonya.

    BalasHapus
  12. Murah juga ya 14jtan. Soalnya kalau ikut travel umroh harganya sudah menyentuh angka 30jutaan. Ini bisa cuma setengahnya aja..

    BalasHapus
  13. MasyaaAllah, keknya aku udah deg-degan duluan deh kalo buat war-waran tiket gitu, tapi ini umrah ya, semoga aja dimudahkan kayak ceritamu ini mbak yen.

    BalasHapus
  14. Duh, pengen banget aku bisa umroh mandiri seperti ini
    Biayanya terjangkau ya mbak
    Bisa dicoba kapan kapan

    BalasHapus
  15. MasyaaAllah mbak Anindya dan keluarga.. ikut semangat ikut senang ngrasain kemudahan dan rasa bahagianya, terimakasih info dan tips2nya ..mbak Anindya dan mbak Yeni, tolong info promo tiket tahun depan mbak ya semoga bisa segera nyusul hadir di tanah haram, ringankan langkah kaki kami ya Robb

    BalasHapus
  16. wah begini yaa kalau umroh mandiri, tetep harus belajar dulu yaa dari rumah, apalagi klo misal klo g ada pendamping Mutowwif ya? Btw, klo umroh mandiri sebebas itu yaa tanggal2 utk berangkatnya? engga kaya jadwal haji yg udh tetap ya?

    BalasHapus
  17. masya allah, alhamdulillah, mudah-mudahan saya juga bisa diberikan kemudahan untuk pergi ke tanah suci bersama keluarga, amiin. kalau baca cerita umroh atau haji suka ikut berkaca-kaca jadinya

    BalasHapus
  18. masyaAllah baru kemarin suami ngajakin umroh mandiri sekeluarga (belum tahu kapan sih). nanti postingan ini kukasih liat suami karna kudu banget diikutin (kalau jadi, aamiin). tengkiyu ulasannya ya mba :*

    BalasHapus
  19. Pengalaman Mbak Anindya dan keluarga bisa menjadi penyemangat buat yang ingin umrah secara mandiri dengan harga tiket yang super terjangkau. Gak kebayang yaa.. kemudahan yang diberikan Allah ketika menjadi tamuNya dengan niatan yang tulus. Barakallahu fiikum~

    BalasHapus
  20. Ya Allah masya Allah perjalanan umroh sama anak2 juga ya mba Anin. Kalau bawa anak bener2 ya kudu itu sekoper camilan aja, butuh camilan kangen domart pasti anak2 kalau nggak dibawain camilan Indonesia 😁Pengin deh mba umroh mandiri gini, aku sama suami. Bismillah baca2 lagi duluuu, dan nyari rezekiNya. Doain yaa mba, makasih tulisan2nya^^

    BalasHapus
  21. Semoga pos ini bisa jadi refrensi teman-teman yang ingin umroh mandiri. Kalau membaca di atas dan bisa mengurusnya, sepertinya lebih enak umroh mandiri ya. Selain biaya bisa di hemat, bisa dapat hotel yang dekat Ka'bah pula. Wah seru sekali

    BalasHapus
  22. Semoga kita semua dimudahkan bisa ibadah ke tanah suci bareng kluarga. Rinduuuu bgt bs umroh lagi

    sharing yg sangat berfaedah.
    makasii banyak ya

    BalasHapus
  23. MasyaAllah, info tentang umroh mandiri ini bermanfaat sekali, Mbak. Saya jadi ada gambaran gimana caranya supaya bisa umrah mandiri bareng keluarga. Persiapannya harus benar-benar matang ya. Dari persiapan tata cara ibadahnya, akomodasi, transportasi sampai persiapan makanan di sana, harus disiapin sedetil mungkin.

    BalasHapus
  24. membaca ini, kalau ingin umroh mandiri memang harus sat set wat wet dan harus bejalan sesuai rencana biar nggak melenceng kemana-mana ya budgetnya

    BalasHapus
  25. menarik sekali review biaya umorh mandiri dengan budget 14 juta dari keluarga Anindya, masyaallah, semoga aku sekeluarga dimudahkan Allah SWT untuk melakukan ibadah umroh juga ya aamiin jamaah

    BalasHapus
  26. Masya Allah... Alhamdulillah ya mbak bisa mendapatkan juga teman-teman mbak Yeni untuk tiket murah umrah mandiri. Ini juga lengkap banget ulasannya, jadi bisa panduan untukku dan teman-teman yang lainnya ingin umrah juga.

    BalasHapus
  27. Wah, mantap ini
    Infonya aku share
    Kebetulan aku dan suami punya rencana mau umroh mandiri tahun depan. Doakan bisa tercapai ya mbak

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah bisa umroh sekeluarga, pasti akan menjadi kenangan indah buat bocil nih mba, semoga suatu saat bisa nyusul deh umroh.

    BalasHapus
  29. Ini yang saya suka dari blog mbak Yenni setiapkali mengulas travelling rinci banget. Semua biaya ditulis secara detil. Begitupula dengan biaya umroh mandiri. Good article

    BalasHapus
  30. ini beli tiketnya pas yang heboh kemarin ya, mbak. alhamdulillah yaa berkat tulisan mbak gusti ini bisa tahu cara umroh mandiri. tinggal berani nggaknya aja nih kitanya buat umroh mandiri yang bisa lebih hemat dibandingkan pakai travel

    BalasHapus
  31. Ikut deg-degan pas baca di bagian imigrasinya. Tapi jadi ikut senang jugaaa karena akhirnya lancar jaya, ya. Akhirnya jadi ikut terharuuuuu. Ya Allah, beruntung sekali keluarga Anindya bisa umroh mandiri dengan biaya terjangkau dan dilancarkan semuanya.

    BalasHapus
  32. ada saja orang yg mengambil keuntungan, atau tak peduli kerugian org lain dg kerjaan sbg travel umroh abal2. Tulisan mak yen tentu menolong banyak orang. semoga yang rindu umroh dimudahkan dan disegerakan yaaa...amiiin.

    BalasHapus
  33. Semoga saya sekeluarga juga bisa mengikuti jejak mbak Anindya.
    Iya beberapa waktu yang lalu, rame juga di beranda medsos saya info tiket umroh murah dari Solo

    BalasHapus
  34. Masya Allah ulasan lengkap dan sangat bermanfaat. Terima kasih Mbak Yeni dan Mbak Anindya. Semoga aku dan keluarga bisa segera umroh. Ingin agak lama di sana. Tips bekal ini berguna banget!

    BalasHapus
  35. Umrah mandiri seperti Mbak Anindya cocok ya untuk yang biasa traveling ke luar negeri jadi paham untuk order ini itu ya mbak..takjub deh 5 juta PP tiket pesawatnya

    BalasHapus
  36. Masya Allah,, sangat membantu,, memotivasi sekali bagi saya utk mempelajari umroh mandiri. Umroh sekeluarga bukan hanya mimpi setelah baca blog ini. Terimakasih

    BalasHapus
  37. Ya Allah, Mbaaa ma kasih ya infonya. Saya save ya linknya dan share ke pak suami. Doain ada rejekinya ya mba. Dari dulu mau ajak umroh keluarga. Semoga qobul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mbak. Aku juga ikut mendoakan yaa. Ini keinginan mertua juga nih, bisa umroh sekeluarga besar gitu. Semoga kami juga bisa segera melaksanakannya ya Allah.

      Hapus