Goa Jomblang Wonosari Gunung Kidul, Trip Amazingg WAJIB DI COBA👍


Assalamualaikum Wr Wb...
Salah satu Hits dari roadtrip kami menyusuri pantai selatan adalah trip ke Goa Jomblang.
Roadtrip kami berawal dari Solo - Wonogiri - Pantai Sembukan pantai perbatasan wonogiri dan yogya dimana merupakan pintu 13 Nyai Roro Kidul bertemu dengan Sultan - Museum Karst - menginap di Hotel Murah Di Wonosari karena aneka goa ada di Wonosari yaa - Lanjut menginap di Penginapan view laut dan private pools di Gunung Kidul - Lanjut perjalanan menyusuri pantai selatan ke Parang tritis- mandi air panas alami - main di padang pasir Gumuk Pasir - Resort Private 500rban free floating breakfast di bantul - explore Yogya dan  Menginap villa 500rban di Yogya.

Goa Jomlang ini unik spesial dan banyak yang berkunjung kesini karena keunikannya. Turun kebawah goa wajib pakai alat karena tidak ada tembusannya mungkin ada ya tapi jauh hanya group mapala atau team peneliti yg bisa melanjutkan penelitian tentang goa ini.

Biaya trip ke goa ini Rp. 500.000 / orang sudah makan siang tarif resmii ya gada calo disini.

Start mulai jam 09.00 - 13.00 WIB 

Persiapan menggunakan pakaian gelap karena bakal berkotor ria, memakai sepatu boots yang sudah di sediakan. Kami sebelumnya booking dulu ke operator nomor Wa mas budi 0819 0371 6500
Atau admin kantor 081 1117010

Menuju TKP aktifkan google map, sampai di TKP kami disuruh memakai sepatu boots yang telah di sediakan.
Memakai body harnest fungsinya hanya untuk duduk saja ketika turun. Tidak perlu banyak gerak cukup diem saja sistem turun dan naik dengan katrol plus tenaga manusia.
Menggunakan helm dan peralatan rappeling, belakang kami adalah mulut goa yang lebar.
Persiapan turun tandem
Kedalaman goa 60 meter dibawah sudah ada guide yang mendampingi kami.

Kami naik dan turun menggunakan alat dan di tarik oleh puluhan penduduk desa.

Banyak tumbuhan langka yg tidak di ketahui namanya di dalam lubang. Contohnya ini buahnya seperti cabe tapi dalamnya seperti kedelai. 

Setelah turun kami trekking dengan jalanan berbatu becek ke mulut goa.
Mulut goa becek karena bulan November 2021 goa ini kerendam banjir bandang dari sungai yang berada di dalam goa. Goa ini sampai tertutup air jadi goa ini baru di buka beberapa hari lalu. Kami tanggal 16 Desember 2021 hanya ada 6 orang ( kami ber-4 & 2 org dr jakarta). 

Sebelum pandemi disini antri minim 30 orang perhari lho. Kebayang antrinya di dalam goa gelap gulita dan kami jalan menuju ke dalam untuk mendapatkan spot terbaik terunik dari goa ini.

Masuk goa dengan senter hp dan headlamp
sampai setelah perjalanan gelap berbecek becek ria. Dibelakang kami adalah jurang dibawahnya ada sungai, belakang kami batu purba dimana batunya terbentuk dari tetesan air diatas goa ribuan tahun lalu.

Batu purba terbentuk alami dari tetesan air langit goa. Ini kondisinya diluar tidak hujan tapi tetesan airnya banyak seperti hujan.
Batunya amazing ini masih di teliti.
Kami menunggu matahari menyinari dalam goa, karena cuma kami ber-6 jadi santai di dalam sambil.menunggu sinar matahari.
Sinar matahari masuk dengan sempurna Masya Allah tabarakallah kereen banget sungguh indah ciptaan Allah.
Dibawah saya sungai yang tembus ke pantai krakal.

Setelah selesai trip kami makan siang sudah di sediakan sayang boxnya sterofoam, teman2 jangan lupa request jangan pake sterofoam.

Awalnya kami lanjut mau ke Sungai Kalisuci trip ke sungai dan 2 goa tapi kondisi hujan saat kami makan siang. Barangkali teman teman mau ke Kalisuci tripnya seperti ini.
Biaya 120rb rute sungai dan 2 goa terakhir trekking nanjak. Lokasi dilewati dari Goa Jomblang ke arah pantai Gunung kidul.

Lanjut kami menginap di Pantai Indrayanti Gunung Kidul.
Penginapan Murah di Pantai Gunung Kidul dengan view pantai plus private pool

WA operator Kalisuci 0878 3909 3229
WA operator Goa Pindul  0812 2764 862 goa pindul plus oyo river 110 rb.
(foto dapat dr operator)
Goa Tanding 150rb operator bisa ke WA goa pindul 
(foto dpt dr operator)

Sekian dulu ikuti selalu perjalanan kami ya.

Lanjut setelah di sini kami explore ke bawah ke area pantai.

Wassalamualaikum wr wb

Posting Komentar

19 Komentar

  1. Duuh mupeng. Aku belum sempat aja nih main ke tempat ini. Kalau ke Gunung kidul mainnya selalu ke pantai atau ke embung yang di atas

    BalasHapus
  2. wah keren foto-fotonya,seru banget eksplor Goa Jamlang Wonosari,Gunungkidul. Lengkap infonya pula, bisa jadi panduan untuk kunjungan ke sini. Thanks, Mba

    BalasHapus
  3. Subhanallah Goa Jombang dahsyat ya Mbak. Sudah turunnya tegak 90 derat dengan tali gitu, becek, gelap. Nah ketemu batu-batu purba itu yang langsung bikin takjub. Unik benar bentuk batunya. Duh, jadi pengen deh

    BalasHapus
  4. MasyaAllah.. pasti jadi pengalaman yang menyenangkan untuk anak-anak mbak, explore keindahan alam, pertama saya kira cahaya itu seperti gaun karena fotonya memanjang, ternyta lubang goa, keren banget. Ada banyak pesan dan kesan saat dalam perjalanan ya mbak..

    BalasHapus
  5. Masya Allah Mba, keren banget ini. Semoga nanti bisa mampir ke Wonosari. Soalnya saya belum pernah ke sana.

    BalasHapus
  6. MashaAllah~
    Indah sekali di Goa Jomblang Wonosari Gunung Kidul. Tapi aku jadi inget salah satu konten artis SM, member Super Junior dan TVXQ juga pernah nge-trip ke Goa Jomblang Wonosari Gunung Kidul.

    Aku serem liat mereka teriak-teriak pas turun, karena mereka bilang "Ini masih konvensional sekali. Aman gak?"
    Lah...oppa engga pada pernah naik sesuatu yang dikantrol sama manusia. huhu...seru seru~

    BalasHapus
  7. Mbak, anak2 terlihat sangat menikmati susur goanya, ya. Meskpun berbecek2 ria, seru banget kelihatannya.

    Btw, aku baru tahu kalau sungai yang di dalam goa itu sampai tembus ke pantai krakal, lho.

    BalasHapus
  8. wah seru banget mbak, bisa susur goa seperti ini
    aku juga pengen ajak anak anak kesini
    Semoga bisa segera kesmpaian

    BalasHapus
  9. Mashaallah, kehidupan bawah tanah yang penuh misteri namun menyimpan juga keindahan yang alami ya Mak. Jujur, aku belum berani turun ke goa sedalam itu. Masuk goa yang dekat dataran aja masih ketar-ketir duluan, udah parno diawal-awal. hebat, anak-anak juga berani yaa ikut serta ke dalam.

    BalasHapus
  10. Eyaampun, seru banget ini travelingnya. Aku pernah nulis tantang goa ini. Dulu cuma dari baca-baca aja. Lihat gimana mbak turun begitu jadi kepengen. Semoga kesampaian bisa main sampai ke goa itu.

    BalasHapus
  11. Belum pernah nih jalan jalan ngajak anak ke gua. Harus dicoba nih kalau wisata k daerah Yogya

    BalasHapus
  12. Seru banget, aku belum pernah loh adventure ke dalam gua gitu apalagi ini harus pakai alat ya untuk turun ke dalam gua. Harus memberanikan dirini nih ke tempat2 gelap & sempit, agak takut soalna.
    Dari fotonya keren juga ya & bagus gitu ternyata kalau sudah sampai dalam.

    BalasHapus
  13. Cakep banget foto yang pas ada sinar matahari itu mba. Jadi kepengen datang kesini ajak anak-anak.

    Waktu pertama kali tahu Goa Jomblang ini, justru pas lihat di Netflix, Lee Seung Gi yang datang kesini. Jadi penasaran deh.

    BalasHapus
  14. kecxe banget mainnya ke gunung goa
    aku takut sebenarnya sama main2 ke gunung ni. karena memang tidak pernah nyoba, sekalinya paling ke bromo doang wkwkkw. seru makkk, poto2nya juga bagus-bagus
    sesekali emang bisa buat nyoba brani liburan gini ya

    BalasHapus
  15. Lumayan banget itu sampai 60meter, tapi setelah lihat penampakan Goa nya pasti puas yaaa

    BalasHapus
  16. Wah serunya famtrip ke gua... Ini minimal bisa dilakukan kalau anak usia berapa ya mba? Aku penasaran foto-foto kece sekeluarga itu siapa yang ambil, apakah ada tour guide-nya atau persiapin tripod buat foto? Hehe. Makasih suguhan pengalaman yang menyenangkan, jadi mupeng euy

    BalasHapus
  17. Ada guide yg fotoin kak, guide yg mendampingi kalau sendiri gatau arah apalagi di dalam gelap becek bgt di bantu pake batu batu

    BalasHapus
  18. wahh mupeng banget liatnya. perjalanannya menantang ya dan kece deh anak-anak ikutan. foto pas kena sinar matahari itu keren banger

    BalasHapus