Tips Umroh Bersama Anak - anak...RIBETKAH???

Assalamualaikum sobatku semuaaa....
Pasti ada yaa yang berfikiran Umroh mengajak anak ribet pasti, entar rewel gimana dkk....
Sesuai nama blog ini kami selalu bepergian sepaket bersama anak-anak dan Alhamdulillah Allah sudah mudahkan kami Umroh sekeluarga di tahun 2019 ketika si kecil berusia 7 tahun dan 9 tahun. 

Tergolong sudah besar yaks?? Tapi tenang nanti saya share pengalaman teman-teman saya umroh bersama anak2, umroh mandiri pula.

PENGALAMAN SAYA PRIBADI

Cita-cita sejak lama selepas daftar haji 2015, suatu saat nanti Umroh berempat pengennya sih yang kecil kelas 1 SD jadi paling gak sudah paham. Umroh berempat menginap di Hotel Zam Zam tower mekah dalam pikiran saya supaya ketika anak-anak capek bisa ditinggal di Hotel.

Keuntungan hotel di depan juga supaya tidak kesasar, saya berangkat ke masjid sendiri tidak masalah.

Eits tapi pada saat itu kalau di kalkulasi Umroh fasilitas bintang 5 kan mahal bisa seratus juta lebih.

Qadarullah Allah memudahkan kami di tahun 2018 tepatnya 1 Desember kami dapat tiket Jakarta - Madinah Pp cuma 2jt x 4 hanya 8jt dengan maskapai Malaysia Airlines untuk keberangkatan akhir Oktober - November 2019. Meskipun setahun kemudian berangkatnya tapi kan mayan dapat tiket murah.

Alhamdulillah hari yang ditunggu akhirnya kami berangkat total habisnya hanya 11 jutaan/orang dengan hotel bintang 5 fasilitas woww.

Selama Umroh anak-anak happy banget padahal saya pribadi mikir kalau kami traveling ke negara lain setiap hari mengunjungi destinasi berbedakan? Kalau umroh kan cuma Hotel - Masjid - balik Hotel paling jalan jalan keliling sambil cuci mata lihat jajanan.

City tour di Madinah juga ke Masjid lagi, ke kebun kurma yaa standart yang rata-rata jemaah kunjungi.

Lari-lari mengejar burung merpati, jalan-jalan eeh ketemu pasar kurma di madinah, lihat rute rute bus.
City tour Mekah juga sama sih standart.

Semua kami lalui 2x umroh anak-anak melakukan dengan happy tidak mengeluh malahan yang bikin surpraise mereka belum pernah naik gunung eeeh ditawari naik ke goa hira langsung mau...

Karena anak kami 2 cewek cowok nah yang cewek sama saya, yang cowok sama ayahnya, kunci kamar kami bawa masing-masing jadi ibadah suka-suka gak harus tunggu-tungguan. Kecuali mau beli jajan baru janjian selepas solat ketemu di misalkan MC D  kalau gak ada janji saya sama anak cewek sukaa habis maghrib bablas isya tidak balik hotel.

Nanti kami ketemu di tempat makan atau dikamar biasanya ada aja kisah seru anak lanang. Prosesi ibadah juga masing masing dari kami sambil memberi tahu anak, kebetulan sih anak-anak sudah dapat pelajaran dari sekolah jadi tidak begitu PR lagi.


Bergegas kami H-1 sebelum pulang naik ke goa hira selepas sholat ashar, medan berbatu nanjak Masya Allah tabarakallah anak-anak malah sampai duluan di atas.
bebatuan bawahnya jurang samping ichi mutowif kami
Kami sholat maghrib diatas gunung serasa mengharu biru dada ini, apalagi masuk ke goa kecil tempat Rasullullah SAW menerima wahyu.
sholat maghrib di gunung gantian krn diatas batu
    Goa tempat Rasullullah menerima wahyu
           foto di gunung tempat gua hira

Ke goa hira ini kami naik taksi dari plataran kabah menuju perkampungan tempat start trekking dimulai.

Kalau kami urusan makan cemilan berlimpah karena ambil LA (Land Areangement) include makan 3x.

Tapi makanan emang anak-anak agak susah mereka suka roti sosis susu nah kebetulan menu sarapan pagi di Hotel kesukaan anak-anak. Alhamdulillah kami boleh lho minta di bungkus buat bekel cemilan anak-anak dikamar atau ketika kami city tour sampai pulang kami masih membawa selai wadah kaca kecil-kecil aneka rasa, dikasih banyak sama hotel.
si kecil ASHA ini anak temen suami sama-sama dapat tiket murah, berangkat sama akan tetapi hotel kami berbeda. Lucu si kecil ini gak rewel ngegemesin.
Si cantik Asha masih ASI lhoo...ketika Sai malahan di gendong bundanya sambil minum ASI😃


Kesimpulan saya 
1. Jangan underestimates dengan anak-anak karena mereka energinya masih banyak dibanding kita yang sudah berumur, 

2. Minta sama Allah untuk memudahkan semuanya

3. Alhamdulillah lancar sehat semua dan happy anak2 pengen ngajak balik lagi 😃

4. Umroh kami ini sekaligus survey selama disana kalau sewa mobil pribadi bagaimana? Kalau naik bus medinah mekah dimana? Sewa loker bagaimana? Banyak info yang kami dapat saya share untuk panduan teman2 jika pengen UMROH MANDIRI.

Ulasan lengkap kisah umroh kami disini Umroh bintang harga kaki 5 only 11 jtan all in mewahh

PENGALAMAN UMROH MANDIRI MBAK ANIE BERSAMA 2 ANAK MARET 2023
Ini pengalaman terbaru, baru awal ramadhan kemarin selesai melaksanakan umroh.

Masih anget bisa baca komplit ulasan n budgetnya di sini Umroh Mandiri Mbak Ani cuma 14.5 jt / orang selama 8 hari di Maret 2023

"PARENTS AND KIDDOS GOAL"

Perjalanan umroh jadi perjalanan penuh warna bagi Mbak Anie sekeluarga. Bahagia nya banyak walau drama nya pun gak kurang-kurang.

Umroh dengan anak yg belom faham banget nilai ibadah umroh itu gampang-gampang susah, apalagi ibadah umroh itu full kegiatan religi, jalur yg di tempuh cuma Hotel - Masjid-Hotel-Mesjid, begitu terus berulang.

Tidak ada ceritanya maen ke Fun Land atau ke tempat wisata yang memicu adrenalin, paling jauh nyari camilan ke Bin Dawood, Carefour atau ke mall di Zam Zam tower, selebihnya di Mesjid atau pelataran mesjid. Melihat anak-anak kejar-kejaran burung merpati.

ATM kesabaran mesti banyak saat anak lagi bete, rasa sayang juga mesti full saat anak2 lelah dan ngambek waktu tawaf dan Sa’i, atau capek di mesjid seharian dan pengen pulang ke hotel. 

                     bobok di masjid

Ada lucunya, juga ada harunya. Tak terasa air mata menetes saat si kecil kami demam sampai menggigil saat umroh ke dua, bahkan kami hampir menyerah saat setiap selesai berjalan antara safa dan marwa harus stop karena si kecil sudah tak kuat, tp walau di bujuk utk stop, dengan perlahan gadis kecil kami berkata “ Caca bisa selesaikan, pasti bisa “ , ya Allah, di keseharian si kecil kami ini mmg ratu drama tp aku yakin saat itu dia gak lagi berakting.

Cuaca Makkah Madinah memang suka labil kayak ABG galau, berubah-ubah, kadang panas, berdebu, kadang dingin, hampir sebagian besar jamaah terkena Batpil.

Tapi kebahagiaan yg kami rasakan jauh lebih berlipat, karena bisa full menghabiskan waktu dengan anak-anak, tidak seperti disini yang terkadang harus berbagi waktu dgn urusan pekerjaan.

Terima kasih ya anak-anakku sayang, sdh kuat dan sabar selama perjalanan ini, next kita ke destinasi lain lagi ya, kita seru-seruan dan happy bersama.

Nah sobatku Mbak Ani ini Umroh Mandiri untuk urusan makan masak di hotel kadang jajan tapi anak-anak lebih suka masak, tapi jajan cemilan mah tetep namanya juga bawa anak anakkan.

Jajanan Di Arab Saudi 

Copas Tulisan Mbak Ani yang bikin ketawa ketiwi....

Karena bawa anak-anak hampir tiap hari di pastikan jajan, makan fast food, biar pada gak crancky dan bikin ibadah jd gak khusuk.
Urusan jajan ini bikin kantong mau nangis, disini itu semua mahal (ehh salah, aku nya yg kismin deng 😂). 

Satu butir telur 1 SAR atau Rp. 4002. Pop Mie di warung seblah rumah cuma 3000 an disini 4,5 SAR ATAU Rp. 20 rbu. 

Ada lagi yang bikin mamak garuk kepala, tisyu basah 14,5 SAR 1 biji, laaah.. di kampungku pabrik tisyu pada jor2 an promo beli 1 gratis 1, ya kan??? 

Pengen makan donat ? 7 SAR sebiji sayang.. di Indonesia donat Jkok cuma 6500, apalagi donat kentang super lembut menul cuma 2500 an sebiji.

Makan KeEpCi ? Paket dinner 3 ayam, kentang, roti plus pepsi kecil 33 SAR atau 130 rbu. Belom lagi ngomongin setarbak, 26 SAR alias 110 rb ukuran grande.

Jadi mamak2 yg kaum mendang mending, udah paling benar dah kita tinggal di Indonesia, semua murah, kalau kepepet minta ke tetangga jg bisa🤪🤪. Kalau pengen jajan di luar negri juga, mending ke Turki aja, beli coklat sekoper paling abis 500 rbuan.
Yang mau ke Arab Saudi dan sekitarnya, udah bisa nabung buat jajan ya, soalnya orang indonesia terkenal paling rajin belanja, sampai penjual2 disini pada pintar bahasa indonesia.


PENGALAMAN UMROH MANDIRI MBAK HADI BERSAMA 3 ANAK DIMANA YANG BESAR ABK (ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS) FEBRUARI 2020

Keluarga Mbak Hadi ini umroh disaat awal pandemi dan mau selepas umroh keluar aturan Saudi Closed.

Mbak hadi ini putranya 3 dimana yang besar anak berkebutuhan khusus (ABK) usia 11 th, yang kedua usia 8th  dan ketiga masih kecil-kecil pada saat itu usia 3 tahun.

Beliau Umroh Mandiri dengan membeli tiket sendiri, mampir Dubai dulu beberapa hari lanjut landing Medinah booking mobil private di jemput lanjut cek in Hotel Madinah.

Prosesi ibadah di medinah standart yang berbeda ke Raudhoh, kegiatan anak-anak selepas beribadah jajan, jalan-jalan.

Prosesi Ibadah Umroh sewa mutowif untuk mendampingi dan mengajarkan step by stepnya termasuk disaat Tawaf Wada' ketika meninggalkan Mekah.

Mobil private yang disewa untuk penjemputan, medinah ke mekah dan ke bandara.

Hotel di Mekah Keluarga Mbak Hadi booking Pullman Zam Zam Tower supaya memudahkan karena dekat yaa.

Prosesi umroh kata anak-anak lumayan capek, tapi pas sai seneng lari lari😄😄😄 kan malem malem jadi tidak berasa, selepas umroh kembali ke Hotel Pullman langsung tidur.
Makan selama di Mekah Medinah

Keluarga Mbak Hadi tidak masak tapi makan beli karena porsi disana besar sehingga bisa dimakan ramai-ramai. Tergolong murah hemat biaya makan ber-5.

So far semua lancar jaya, jadi teman-teman kalau bertanya amannya anak diajak umroh usia berapa?

Mulai bayipun oke saja, banyak yang tawaf sai sambil gendong anak bayi, banyak yang sholat, dede bayi di tidurkan di depannya sambil dikasih mainan, bisa juga menggunakan stroller.

Insya Allah dengan niat yang tulus, ikhlas, buang jauh jauh pikiran negatif dan minta Allah supaya tidak rewel dkk.


PENGALAMAN MBAK ANGGI RAMADHAN 2018 DENGAN 4  ANAK (1 SMA, 4 SD, 3 SD, & 3 Tahun)

Ada rasa yg gak bisa dituangkan lewat kata, hanya bisa diresapi dalam hati🤭...bisa umroh di bulan puasa, bareng keluarga....yg pahalanya setara haji dengan rasulullah🥹...Masya Allah 😘

Menghayati betul, moment gendong bayi pas sa'i..berasa kaya ngerasain perjuangan siti hajar😁

Dukanya....gak bisa total ibadah di masjid😬
Tahun 2018 Umroh Ramadhan bareng anak-anak
Tahun 2019 Umroh Ramadhan bersama kakak ipar

Mbak Anggi ini Umrohnya beli tiket sendiri dan beli LA (Land Arrangement) sudah 3x beliau seperti itu. Ambil LA yang include makan, hotel yg beliau mau dan transport, pesertanya hanya Mbak Anggi beserta keluarga. Insya Allah tanggal 1 April 2023 berangkat Umroh Ramadhan kembali.

Pengalaman Berbuka di Tanah Suci

Menu khas berbuka di nabawi maupun masjidil haram...sangat sederhana, tapi mewah menurut bagi jemaah yang bisa melaksanakan ibadah ramadhan di tanah suci....karena menjadi ajang buka puasa bersama sedunia🥲....

Tidak ada hamparan berbagai macam makanan, hanya kurma...roti gandum...laban..zamzam...gahwa atau cay.
Esensi dari sederhanakan menu berbukamu, syukuri apa yang kau dapat....maka semua akan terasa nikmat.
Tips yang akan berumroh ramadhan, bisa bawa snack2 khas Indonesia untuk dibagikan...
Sambil menunggu berbuka di tempat sa'i...menjelang maghrib berdiri saja di pinggir jalur sa'i, tawarkan snacks yang kita bawa....pasti kalian bakal dapet bom ucapan doa2 dari yang sedang sa'i❤️

atas seijin Mbak Anggi sc status fb disaat umroh ramadhan bersama keluarga.

Safar...antara ujian dan nikmat.

Awal perjalanan safar Mbak Anggi sekeluarga sesungguhnya sangat melelahkan. 

Berangkat dari Bandung jam 7 pagi tiba jam 10 siang, lanjut menuju bandara soetta, take off jam 14.50.

Perjalanan Jakarta-Oman kurang lebih 7 jam sebetulnya tidaklah terlalu lama...tapi yang jadi ujian adalah panjangnya waktu puasa 😬

Setiap liat keluar jendela...aku tuh syediiih, terang teruus diluar,padahal jam Indonesia sudah waktunya maghrib...walhasil akhirnya berbuka 10 menit sebelum landing tepat jam 9 malam waktu Indonesia😬. Benar2 suatu ujian..

Transit selama 5 jam, terasa singkat...karena dapat lapak tidur enak di bandara😁. 

Melanjutkan perjalanan menuju Jeddah selama 3 jam...ambil miqot di pesawat daan alhamdulillah tiba di Jeddah tepat adzan subuh. Proses imigrasi..yang lamaa, dilanjutkan perjalanan menuju Mekkah kurleb 4 jam lalu bersiap prosesi umroh.

Teringat perjalanan safar tahun lalu, Kuala Lumpur-Madinah dengan waktu puasa sekitar 16 jam juga...MasyaAllah, anak2 Allah tidurkan sepanjang perjalanan dan mereka baru bangun beberapa saat sebelum berbuka. Benar2 suatu kenikmatan.
Hanya Allah...sebaik-baik teman dalam perjalanan...setiap ujian dan kenikmatan dariNya akan selalu indah,jika selalu dalam kerangka keimanan.
PENGALAMAN UMROH MANDIRI MBAK ANINDYA BERSAMA 2 ANAK USIA 3TH DAN 5 TH AGUSTUS 2023

1. Kedua anak Mbak Anindya kalau sudah jam 7 malam harus sudah di kasur sehingga berupaya tidak melakukan perjalanan ketika malam hari kecuali tidur di pesawat. Sehingga ketika landing di Jeddah sudah maghrib langsung pesan apartemen dekat dengan bandara King Abdul Aziz Jeddah menginap semalam, baru besoknya melakukan perjalanan ke madinah.

2. Membawa stroller tandem sehingga sekali dorong berisi dua anak, plus ada penutupnya kebetulan Arab Saudi panas banget 42 drajat sehingga anak2 bisa tertutup mukanya, ketika tertidurpun tidak kepanasan.

3. Ibadah gantian, hotel di ring 1 supaya dekat kalau bolak balik ke Masjid dan hotel.

4. Membawa stok cemilan yang banyak dan makanan kesukaan anak, majicjar traveling, bawa nasi lauk.

5. Ketika sarapan di hotel minta lauk seperti telur sosis roti selai buat stok makanan anak2.

YANG BIKIN ANAK-ANAK HAPPY DI TANAH SUCI

1. Setiap habis sholat atau jalan di area masjid adaa saja yang kasih coklat, uang, cemilan sepertinya mereka senang anak-anak ikut memakmurkan masjid.

2. Lari-lari mengejar burung merpati


KESIMPULAN DARI KISAH DIATAS

1. Umroh membawa anak bisaa banget 

2. Pastikan perbekalan anak mulai mainan dan cemilan yg disukai 

3. Baju yang nyaman sesuai musim, pastikan orang tua cek suhu di mekah medinah sebelum berangkat

4. Vitamin jangan lupa

5. Jangan memaksa diri, santai mohon sama Allah dimudahkan segalanya

6. Biaya membawa anak kecil hemat karena tiket masih harga anak, hotel juga belum kena charge, sarapan gratis. Kalau travel biasanya anak dibawah 2th hanya kena biaya tiket tergantung maskapai ada yang separo  ada yang 25 persen.

7. Ada juga yang menerapkan aturan Travel yaaa anak dibawah 2th kena 10 juta all in, balita diskon 2jt....

8. Kalau Umroh Mandiri tiket hunting sendiri biaya tiket anak  dibawah 3th lebih murah cuma bayar 20persen saja, dibawah 12th kurang lebih 75%, di arab kamar bisa ambil sekamar ber-2 jadi anak2 gak kena charge kamar plus sarapan free buat anak.

9. Kalau anak sedang aktif2nya pakailah gelang seperti ini
    sumber dari google, pernah lihat jemaah bawa anak pake tali seperti itu.


Barangkali ada yang mau memberi tambahan atau berbagi cerita boleh yaa....

Posting Komentar

51 Komentar

  1. Alhamdulillah beruntung banget bisa dikasih kesempatan sama Allah untuk bisa berkunjung ke Makkah dan Madinah. Apalagi dapat tiket promo ya, makin semangat lagi untuk ke sana. Anak-anak memang paling semangat deh urusan jalan-jalan, sampe bisa naik ke atas goa hiro lebih dulu, hehehe...

    Semoga saya dan keluarga juga bisa mengunjungi tanah suci Makkah, aaamiiin 🤲🤲

    BalasHapus
  2. Ahamdulillah, ikut bahagia membaca kisah perjalanan ini mbak. Jadi pengin umroh mandiri seperti ini juga. Merasakan pengalaman umroh di bulan ramadhan, dan lainnya. Semoga bisa di segerakan ke tanah suci mekkah dan madinah bersama keluarga dan anak-anak.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, bisa umrah apalagi bersama keluarga merupakan suatu kenikmatan yang luar biasa. Semoga kita semua bisa diberikan rezeki yang cukup untuk bisa umrah juga,, aamiin

    BalasHapus
  4. Aaakkk, jadi kangen umroh 🥲 semoga ada kesempatan buat umroh lagi. Anw, nggak bs bayangin gmn riwehnya umroh bawa anak kecil. Untung mbaknya masih bs fokus ibadah ya dan anak2 juga nggak rewel

    BalasHapus
  5. MashaAllah Tabarakallah,serunya bisa umroh bersama keluarga seperti ini. Impian banget bisa umroh nantinya bersama anak dan suami. Sekarang baru dimampukan umroh sendirian. Tentunya segala keribetan akan menjadi sebuah kebahagiaan dan keberkahan ya,kakak.

    BalasHapus
  6. Menarik sekali pengalamannya mbak bisa umroh bersama anak-anak. Dan selama di perjalanan tidak rewel.

    BalasHapus
  7. MasyaAllah tabarakAllah bisa punya kesempatan ke sana ya mba. Bisa jadi referensi nih suatu saat kalau ajak anak Umroh

    BalasHapus
  8. MasyaAllah watabarokallah
    Terharu banget baca pengalaman keluarga-keluarga yang berangkat umroh dengan membawa anak-anak mereka. jadi motivasi banget untuk bisa melakukan hal serupa

    BalasHapus
  9. Masha Allah, memang semua berawal dari prasangka ya. Kalau prasangka baik, yakin bisa, Allah mudahkan segalanya. Anak-anak meskipun secara umum dianggap mudah lelah dan rewel, tapi semua kembali pada cara orangtua mengedukasi, cara bersikap dan menanggapinya. Masha Allah merinding baca status FB temen Mbak Yeni.

    BalasHapus
  10. Ya ampun mbaa impian banget bisa ajak anakku juga nanti suatu saat bisa umroh bareng yaa, aamiin

    BalasHapus
  11. Ada seninya ya beribadah bersama anak, tetapi disitulah sambil memberikan contoh juga. Apalagi ibadah umroh ini bakal memberikan pengalaman berkesan seumur hidup

    BalasHapus
  12. Shalawatin dulu.
    Masyallah sedih, dn alhamdulillah ada teman yg bisa brngkt umroh..

    Smoga sy bareng keluarga umroh dn ibadah disana. Aamiin.

    BalasHapus
  13. Masha Allah, memang semua berawal dari prasangka ya. Asal berprasangka baik, insya Allah semua dimudahkan. Anak-anak juga tergantung bagaimana feeling ortu. Kalau ortu tenang insya Allah anak tenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kak Damar.
      Aku jadi belajar banyak hal dari artikel kak Yeni mengenai travelling dan kali ini beribadah umroh bersama anak-anak.
      Barakallahu fiik~

      Hapus
  14. Hwaa seru bangeeet mbak. Pasti nyenengin bisa ibadah di Tanah Suci lengkap sama keluarganya. Inspiratif banget para bocahnya, semangat semua. Semoga next bisa ikutan umroh jugaaa

    BalasHapus
  15. Masyaallah senangany bisa umroh sekeluarga seperti ini ya mbak
    Kalau sudah dipersiapkan dengan baik, umroh sama anak pun nggak ribet ya

    BalasHapus
  16. Sepertinya seru ya umrah mandiri, buat yang sering ke luar negeri tentunya tidak ada masalah. Tapi buat yang pertama kali ke luar negri mending ikut travel. Tapi pengen juga umrah mandiri sekeluarga...

    BalasHapus
  17. Masya Allah perjalananya mbak, sampe kebayang akutuh kalau melakukan perjalanan seperti ini sambil bawa nakkanak hehhe. (Berandai-andai ggp kan ya, meski belum punya anak).

    BalasHapus
  18. Masyaa Allah mbak. Adem lihatnya. Kalau anak udah tujuh tahun lebih cenderung lebih enak ya diajak umroh. Bismillah semoga aku ada rizki juga untuk umroh bersama suami, anak-anak dan juga ibuku. Aamiin.

    BalasHapus
  19. wah pasti seru banget sih umroh sama anak. akkkk aku jadi pengen, walau belum nikah apalagi punya anak :"D

    BalasHapus
  20. MashaAllah~
    Kalau dniatkan dengan sungguh-sungguh hanya mengharap ridlo Allah, lillahi ta'ala, maka kesulitan macam apapun bisa teratasi. Dan pesan kak Yeni aku ingat-ingat terus nih, biar semangat untuk tetap menjaga kobar semangat anak-anak dalam beribadah umroh.

    BalasHapus
  21. kalo menurutku, itu tergantung mindset orang tua juga si kak, jika anak diajak umroh tanpa kepikiran ribet atau sebagainya, pasti ttp tenang dan nyaman,

    BalasHapus
  22. Kalau ad ayang mau ditanyakan boleh ya, mbak suatu saat aku tanay-tanya. Jadi pengen nyobain umroh mandiri juga nih. Doain ya, Mbak bisa segera menyusul

    BalasHapus
  23. Kalau bawa bocil ke manapun ada aja ceritanya ya mba, dan jangan lupa selalu bawa uang jajan yg banyak hehehe. Semoga saya dan keluarga juga dimampukan untuk umroh bersama, aamiin

    BalasHapus
  24. https://senjahari.com1 April 2023 pukul 05.44

    Senangnya bisa umroh sama keluarga. Pas lihat foto² ini, paling suka yang di gunung gua hira. Viewnya cantik di sana.. ❤️

    BalasHapus
  25. MasyaAllah.. Memang anak kecil itu punya energi yang banyak, dan melebihi kita yang sudah berumur. Beruntung juga ya masalah makannya aman. Ini akan jadi pengalaman terunik buat anak anak ya bun

    BalasHapus
  26. Melibatkan anak dalam kegiatan umroh itu bisa membangun kepercayaan diri anak, sekaligus, bangun kekuatan imannya pada sang Pencipta. Terpenting sih untuk kebutuhan makan, dan darurat seperti obat saat sakit terjaga

    BalasHapus
  27. Seru ya bisa umrah bareng dengan keluarga termasuk anak-anak. Kalau diniatkan Insya Allah lancar & anti rewel ya. Noted banget berdoa minta sama Allah
    Alhamdulillah umrahnya dimudahkan ya mbak sampai hotelnya juga dekat

    BalasHapus
  28. Masya Allah terharu baca ceritanya. Merinding mbaa. Allah mudahkan ya insya Allah. Mauuuu. Ya Allah. Anak2 bisa diandalkan ya malah pikiran orang dewasa suka kmana2 hehe. Aku lihat mengejar burung ini jadi kenangan tak terlupakan. Napak tilas, ke gua hira dan tempat2 lain yg sering didengar critanya bareng orang2 tercinta dan kesayangan, orang2 terpilih ya mba. Buka puasa di sana pasti jg rasanya beda ya mba, udah surga dunia. Masya Allah

    BalasHapus
  29. Kalau anaknya memang sudah sering bepergian, kayanya emang gak papa sih kalau diajak umroh. Ortunya sudah tahu medannya kaya gimana. Yang mungkin jadi pikiran itu kalau sama-sama baru pertama kali ke tanah suci

    BalasHapus
  30. Maasyaa Allaah mbak Yeni
    aku jadi tambah semangat berangkat ber 5 sekeluarga ini, mau umroh mandiri saja seperti yang mbak Yeni tulis, Insya Allah dimudahkan Allah
    barakallahu fiik mbak Yeni, tulisannya

    BalasHapus
  31. Masya Allah, pengen banget mbak bisa umroh sekeluarga... Baca ini jadi tercerahkan dan semakin semangat...

    BalasHapus
  32. masyaallah mba, meski terkesan ribet umroh dengan anak tapi menjadi berkah juga ya selama perjalanan sehingga ada kisah yang bisa diceritakan

    BalasHapus
  33. MasyaAllah.. Asalkan niat untuk Allah, insyaAllah semua dimudahkan yaa. Aku pun waktu umroh banyak juga melihat anak-anak kecil yang ikutan ibadah bersama orangtuanya. Justru akan menjadi kenangan berharga ya untuk mereka ❤️

    BalasHapus
  34. Nah iya energi anak- anak tuh luar biasa, malah kita yang keteteran ngikuti mereka karena fakstor usia. Alhamdulillah lancar jaya umroh bareng anak-anak ya Mba Yeni, mereka senang ibadah juga lancar...Senang sekali dibagi tips detil ini

    BalasHapus
  35. Wow...happy banget ya mbak Yenni umroh bersama anak-anak. Pasti happynya beda ya saat holiday dengan umroh, ada nilai religinya. Tetapi ampyun ya mahal banget ya harga Pop mie 20 ribuan. 1 SAR 4002, mikir juga ya mbak kalau mau ngemil atau rindu masakan Indonesia

    BalasHapus
  36. masyaAllah tabarakallah mbak, salut banget sama keluarga mbak, kompak banget. Umroh juga ga ribet yaa. Alhamdulilah. Pengen deh nyoba umroh mandiri, moga rejekinya ada . Aamiin

    BalasHapus
  37. Masyaallah setuju sih Allah sesuai persangkaan hambanya ya mbak. Bismilah yakin anak2 bisa insyaallah lancar2.

    BalasHapus
  38. Mba Yeni alhamdulillah Allah mudahkan ya perjalanan umrahnya bersama anak. Senang banget harganya dapat murah PP hanya Rp 2 juta. Pengalamanku umrah bersama anak menyenangkan sekali 🥰. Anak anak juga bahagiaa

    BalasHapus
  39. MasyaAllah, perjalanannya dimudahkan ya, Mbak. Anak-anak juga gak rewel. Malah semangat banget. Jadi pengalaman berharga banget deh rasanya

    BalasHapus
  40. Masyaallah, keren mbak Yeni
    Kalau tahu tipsnya, umroh bareng anak nggak ribet ya mbak

    BalasHapus
  41. Masya Allah... Kalau memang sudah diniatkan, Allah pasti mudahkan jalannya ya mak. Aku tuh salut banget deh, karena ini umrah mandiri yang memang semuanya yang ngatur kita. Baca ulasannya ternyata lebih enak ya mak.

    BalasHapus
  42. Maasyaa Allah hebat sekali
    Manusia manusia pilihan keluarganya Mbak nih
    Saya berharap juga bisa dimudahkan umroh

    BalasHapus
  43. Masyaallah mbak, sungguh beruntung bisa diundang beberapa kali oleh-Nya untuk datang ke Makkah Al Mukarromah, terlebih lagi dengan membawa serta anak-anak
    Gak kebayang memori yang mereka kenang saat dewasa nanti
    Pun masyallah seru bisa ibadah umroh bareng keluarga

    BalasHapus
  44. Mbak beruntung banget dapat tiket pesawat kok promonya mayan hehee. Umroh sama anak kecil tu emang gampang2 susah yaa. Aku membayangkan gmn khusyuknya ibadah di sana kakau anaknya kekecilan. Tp kalau SD rasanya udah pas krn anaknya dah paham. Wah aku takjub sholat di atas gunung saat gelap tu. MasyaAllah luar biasa ceritanya. Tengkyu sharing pengalamannya yaa

    BalasHapus
  45. Masya Allah, pengalaman yang luar biasa, ibadah berasa vacation yaa. Wah Alhamdulillah murah PP nya...mudah2an aku punya rezeki juga umrah sekeluarga

    BalasHapus
  46. Para keluarga yang udah berhasil melewati segala rintangan umroh bareng anak ini bener-bener bikin aku respect Mak sama mereka. Mengajak mereka untuk turut disiplin menjalankan serangkaian ibadah dengan segala perbedaan cuaca dan budaya, pasti melelahkan juga. Tapi akhirnya mereka berhasil dan bisa berbagai ke kita siap tau ada rejeki menyusul juga dengan membawa keluarga termasuk anak-anak yang usianya belum dewasa. Salut bangettt

    BalasHapus
  47. Umroh mandiri memang lebih hemat sih, tapi kalau buat umroh pertama mending enggak deh, mungkin kalau pernah umroh dan tahu medannya ya umroh mandiri lebih recommended.

    BalasHapus
  48. alhamdulillah bisa memboyong anak-anak dan keluarga untuk umroh. seneng ya kalau ada promo tiket murah untuk umroh gini. memudahkan kita juga untuk ibadah dengan biaya terjangkau

    BalasHapus
  49. subhanallah masyaallahbisa umroh sekeluarga. Impian masa depan nih, murah banget ya tiketnya. Pengalaman yang tidak terlupakan untuk si kecil nih

    BalasHapus
  50. Masyaallah ikut bahagia baca ini
    Alhamdulillah semua dimudahkan ya mba. Dan pasti ini jadi pengalaman anak-anak yang tak terlupakan nantinya. Semoga bertambah berkah utkmu & klrg mba, aamiin

    BalasHapus