Melihat Keindahan Alam Desa Sembalun di Lombok Timur, NTB

Masya Allah tabarakallah....
Indahnyaa setelah beberapa hari menikmati Pantai di Lombok, mulai Lombok Tengah, Lombok Barat, Kota Mataram dan Lombok Utara. Akhirnya kami bisa ke Lombok Timur, sempat suami tarik ulur mengingat perjalanan kesini itu jauh sekitar 2 jam kalau tidak berhenti, dengan jarak kurleb 80km dari penginapan dan malamnya ada janji dengan teman di Kota Mataram.

Tapi saya sih kekeh karena sudah jauh-jauh ke Lombok, masak sih tidak di tuntasin ke Lombok Timur sekalian, kepoo dengan area sawah kotak kotak bak karpet yang viral.

Akhirnya berangkat 💪 cek out dari  Anema Wellness Resort, Private Beach and Private pools only 1.3 jt/ malam taklupa mampir-mampir ke destinasi yang satu jalur.

Destinasi yang bisa di kunjungi sebelum ke Sembalun 

Air terjun KERTAGANGGA ini memiliki 3 Air Terjun akan tetapi berbeda lokasi. Kereen indah  meski kami harus trekking terlebih dahulu. 


Jangan lupa yaa mampir ke Air Terjun Tiu Kelep dan Sedang Gile yang lokasinya berdekatan.

Teman-teman bisa menikmati air terjun dari bawah dengan melakukan trekking sekitar 30-45 menit atau kalau tidak mau capek bisa melihat air terjun dari atas.

Seperti yang kami lakukan karena menghemat energi, kami menikmati air terjun dan tanaman kopi dari atas.
Kalau bingung aktifkan google map menuju Rumah Tradisional Desa Senaru nah kalau sudah sampai, tinggal naik lagi menggunakan mobil bisa kok lokasinya nanti di sebelah kiri jalan.
            Air terjun Tiu Kelep dari drone
Kebun kopi, coklat dengan pemandangan air terjun Tiu Kelep sekaligus ini adalah jalur trekking naik ke Gunung Rinjani

Untuk Sendang Gile kami melihat dari Rumah Makan Pondok Senaru, sekalian makan siang dengan view Air Terjun Sendang Gile.
                   Air terjun Sendang Gile

Selain wisata alam, di daerah Bayan ini juga ada beberapa Masjid Kuno, salah satunya Masjid Kuno Bayan Beleq yang didirikan pertama kali di Lombok.

Wisata edukatif buat anak-anak dengan mengenalkan rumah adat suku sasak di Desa Senaru Lombok. 
Dimana rumahnya masih asli di tinggali penduduk, modelnya masih lawas dengan ubin dari tanah, dinding dari bambu, tanpa jendela. Rumah tradisional suku sasak terbagi menjadi 2 bagian yaitu tempat untuk tinggal yang dinamakan Bale, dan ada tempat untuk menyimpan padi dinamakan Lumbung.

Alhamdulillah setelah mampir-mampir, akhirnya sampai juga di destinasi kereen yang suka terlihat di iklan-iklan TV keindahan Lombok.

Sembalun adalah nama Kecamatan di Lombok Timur dimana kawasan ini berada di ketinggian 2000 meter dari permukaan air laut. Kecamatan Sembalun ini memiliki 6 Desa yaitu Desa Sembalun Bumbung, Sembalun Lawang, Sembalun Timba Gading, Sajang dan Bilok Petung.

Tempat yang kami singgahi adalah Sembalun Lawang. 

(Oiyaa ada lho teman saya yang muter muter kesasar untuk menuju bukit dengan view area sawah kotak kotak. )

Alhamdulillah pak driver kami tau yang kami mau dan paham wilayahnya, memang sih jalurnya mesti masuk jalan kecil, melewati jalan jelek, pohon bambu rindang untuk menuju bukit dengan view area persawahan kotak-kotak ini.

Mungkin paling amannya teman-teman mengaktifkan google map dengan tujuan Bale Adat Desa Beleq Sembalun Lawang

Ketika sampai di Bale Adat Desa Beleq Sembalun Lawang, kita tinggal jalan kaki tidak terlalu jauh untuk menaiki bukit dengan view area sawah dan perbukitan sekitar 200 meter.

Bukit dengan Sawah Petak Petak 

Sembalun Lawang juga merupakan titik awal jalur pendakian ke Gunung Rinjani, selain di Desa Senaru.

Sebelum menuju bukit kami seperti biasa di minta mengisi buku tamu dan biaya masuk 5000/orang. Jalan yang kami lalui masih berupa tanah di sebelah kanan kami pohon bambu yang rimbun, sebelah kiri kami Rumah Adat Beleq, berjalan mendaki sekitar 200 meter akhirnya menikmati indahnya area sawah yang terhampar luas, berkotak-kotak, sejuk di pandang mata.

          Mengisi buku tamu dan donasi 
Dikeliling bukit hijau dengan langit biru cerah Masya Allah cantik banget.

Di depan kami hamparan sawah dan bukit nah belakang kami pohon bambu rindang dan bukit.

      Ini lokasi di samping Rumah Adat Beleq

Alhamdulillah meskipun puncak musim libur kenaikan kelas sekaligus bertepatan dengan hari Minggu lokasi yang kami datangi semua sepii.

Bale Adat Desa Beleq Sembalun Lawang 
Rumah Tradisional Suku Sasak yang kecil di belakang saya dinamakan Lumbung, di depan saya  Bale

Rumah adat atau rumah tradisional suku sasak di Desa Sembalun, dulu ada 7 rumah karena gempa di bulan Maret 2019 rumah adatnya tinggal 2 buah dan 1 rumah Lumbung. Disini rumahnya hanya untuk pajangan alias tidak di tinggali berbeda dengan di Desa Senaru tadi.

Rumah tradisional ini bernama Bale dimana pintunya pendek cuma 1 pintu tanpa ada jendela. Teras rumah di pel dengan kotoran kerbau atau sapi bagian dalam rumah masih tanah.


Satu tempat kita bisa menikmati Indahnya alam dari bukit, Rumah Tradisional Suku Sasak di Sembalun dan Hutan Bambu yang tidak jauh dari lokasi.

Setelah dari tempat ini kami melanjutkan perjalanan menuju puncak pass-nya Lombok Timur, yang bernama Taman Wisata Pusuk Sembalun.

Kawasan wisata alam yang menawarkan view khas lereng Gunung Rinjani. Berada di ketinggian kami istirahat sambil melihat pemandangan dari atas, banyak kita jumpai monyet-monyet berkeliaran.dengan bebasnya disini. 
Monyet bebas berkeliaran, disamping melihat pemandangan dari atas, bisa juga sambil berfoto ria.
Duduk menikmati pemandangan  tak lupa kami  menghidupkan drone sambil memesan minuman hangat atau gorengan yang banyak di jual di sepanjang jalan.
              view dari Sembalun Pusuk

Indah banget ya teman-teman jadi Lombok Utara dan Lombok Timur itu alamnyaa kereen, wisatanya komplit ada Pantai jernih pasir putih, pasir hitam, ada Air terjun, Masjid Kuno, Rumah Tradisional, Bukit, Kebun kopi, kebun buah strawberry, perbukitan dan Gunung Rinjani yang terkenal.

So jangan hanya menikmati pantai saja yaa, teman-teman wajib explore daerah sejuk dinginnya juga.

Nah setelah dari Sembalun Pusuk kami melanjutkan perjalanan menuju Kuta Lombok, sebetulnya kami mau mampir di air panas alami jalurnya kami lewati ketika turun dari Sembalun Pusuk, tapi karena sudah menjelang maghrib dan tempat tersebut berada di tengah hutan jadi kami skipp.

Perjalanan menuju Mataram kami kena macet di Kota Lombok Timur tepatnya di daerah Tuan Guru Bajang, akhirnya janji bertemu teman gagal dan sampai di Shu Villa Kuta Lombok sudah malam langsung makan malam dan tidur.

Baru keesokan harinya kami Explore Kuta, Belajar surfing di Pantai Selong Belanak Pantai Mawun dan Dua Goa Excotic di Lombok Tengah. Sengaja menginap hari terakhir di Kuta karena dekat dengan Bandara internasional Lombok, untuk Sirkuit Mandalika dan Pantai selatan lain yang berada di Lombok Tengah kami explore di hari pertama kedatangan (Bukit Merese, Bukit Seger, Pantai Seger, Pantai Tanjung Aan).

Dari Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat dan Kota Mataram memiliki keunikan tersendiri yang pasti di LOMBOK UTARA tidak kita jumpai Indomaret Alfamart.

Di lihat di peta ini rute kami dalam satu hari mulai penginapan di Lombok Utara sampai berakhir di Penginapan Kuta Lombok Tengah.
Sekian dulu lanjut Budget total dan Ittinerary kami selama 5 hari 4 malam di Lombok. 

Seee you 👌

Nb :
Persewaan mobil yang kami gunakan itu recomended dan 
 murah lho karena untuk rute sembalun dari Lombok Utara muter ke Lombok.Timur lanjut Ke Kota Mataram berakhir di Lombok Tengah tarifnya tetep flat 500rb all in driver BBM. Tempat lain mesti di mintai tambahan BBM karena jauh.

- Sewa mobil+driver+BBM 500rb/hari ke Bp Eka 0819 0762 6370
- Sewa go pro 100rb di Gili Trawangan
- Drone 2 hari 1.5 juta Wa 0819 3316 6603

Posting Komentar

32 Komentar

  1. Ya Allah ini indah banget asli pemandanganya. Kebayang menuju desa lewat sawah-sawah seger gitu deh. Emang wilayah timur ini karena jarang terjamah turis, punya view2 cakep yaaa

    BalasHapus
  2. Setelahnya mengunjungi blognya Mbak Yeni, dan terpukau dengan keindahan Lombok Utara, aku menyadari sesuatu, gambar dengan pengambilan portrait ternyata bagus juga ya kalau blognya dibaca dari HP. Maaf nih, Mbak, mau tanya OOT ya, settingan ukuran gambar portrait nya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Settingnya full mbak Rani, tanpa edit, apa ngaruh dari HP ya mbk?

      Hapus
  3. Ga nyangka ya Lombok kaya banget wisata daerah
    dan kupikir panas semua udaranya ternyata ada yang sejuk juga

    semoga sampe ke sini one day sama family

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin Mak Tanti, beneran kereen aku aja belum bisa move on

      Hapus
  4. Aakkkk Lombok keren bangettt

    Dah lama aku ngga cuss k Lombok.
    Kapan2 mau ahhh k sini ama kluarga jugaakkk

    BalasHapus
  5. Kalau sudah ke Sembalun banyak yang bisa dimampiri, objek wisatanya bederet. Dulu sebelum turun ke Tiu Kelep, aku juga foto-foto juga di tebing itu, yang ngadep ke petak-petak sawah bak permadani. Paling suka pas main air di Tiu Kelep, mesti jalan dulu beberapa ratus meter, lewati jembatan segala, sungai juga hehe.

    Jadi kangen ke Lombok lagi. Puas banget soalnya kalau wisata di sana, dari pantai sampai gunung, kenyang. Dulu pas ke sana cuaca sedang bagus banget, hasil foto cakep-cakep. Makanya pas aku tulis buat majalah, mudah buat sortir, editornya suka semua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastii kereen hasil foti mb Rien 👍 tidak diragukan lagi, Lombok memang kereen ya mbaa cakep banget q masih gagal move on

      Hapus
  6. Yang saya apresiasi itu, driver-nya mau antarkan ke Sembalun ini.

    Beberapa teman saya gagal approach taman wisata Sembalun ini karena driver yang mereka sewa di Lombok tak paham Sembalun.

    Sepertinya denyut wisata di Lombok sudah lebih sigap sekarang.

    Eh ya, drone-nya nyewa di mana, Mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ituuu sewa drone sudah saya kasih nomor wa nya. Untuk driver memang saya akui karena banyak yang alasan gamau ke Sembalun. Teman saya juga muter muter ga ketemu tempat sawah kotak kotak memang.

      Hapus
  7. masyaAllah indah banget ya mbak Alam Sembalun itu. Air terjunnya juga bikin pengen bisa sampai ke sana. Apalagi foto yang mbak difoto dengan latar belakang gunung, subhanallah beneran indah. Barakallah mbak, jadi ikut menikmati alam sembalun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mb Sri semoga diijabah bisa ke Lombok

      Hapus
  8. Masyaallah Keren banget ini viewnya. Cakep banget ya Liat semua keindahan alam di Lombok Dari mulai Pantai, Air terjun, Sawah petak juga cantik. Bikin adem yang mandang. Jadi pengen berkunjung ke Lombok deh.

    BalasHapus
  9. Bagus banget mbak, simpan dulu ah no hp pak Eka. Semoga suatu saat bisa piknik ke Lombok juga dan sampai di Sembalun dengan mampir lihat air terjun dulu

    BalasHapus
  10. salah satu tujuan wisata di Indonesia yang masuk ke bucket list aku, NTB seindah itu ya masyaallah

    BalasHapus
  11. Lombok jadi salah satu tempat wisata impian mbak. Banyak sekali tempat untuk di explore. Masya Allah.. Indahnya mbakkkk.....

    BalasHapus
  12. Destinasi wisata lengkap di Lombok untuk itinerary selama 5 hari 4 malam. Panduan travelling ke Lombok yang nyaman bersama anak beserta daerah wisata lengkap dengan biaya serta nomer kontak yang bisa dihubungi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah paket komplit tapi belum semua kami jelajahi makk

      Hapus
  13. Wah ternyata super lengkap yah di Lombok tuh selama ini tahunya hanya pantai aja ternyata beneran indah kalo beneran dieksplorasi. Mudah2an suatu saat bisa berkunjung ke sana juga barengan anak2 nih.

    Wah, beneran di Lombok Utara gak ada alfa dan indomaret nih mbak? Jadi paling warung biasa aja yah?

    BalasHapus
  14. Lombok menyimpan sejuta pesona ya mbak
    Nggak hanya punya pantai yang cantik, tapi juga punya gunung yang indah
    Best view nih

    BalasHapus
  15. Lombok daerah wisatanya keren2 bgt ya, gak pantainya, gak bukitnya keren pol, beneran destinasi yanh rekomended buat dikunjungi ya cakep bgt viewnya

    BalasHapus
  16. Senang banget melihat pemandangan di Lombok itu indah ya, apalagi air terjunnya. Walau belum pernah ke Lombok, mendengar kesan orang yang pernah ke sana membuat merinding.Suka dengan kisahnya.

    BalasHapus
  17. Beneran indah banget ya pemandangan pegunungannya Lombok.. Jadi pengen keliling Lombok juga nih mak.. Apalagi yang ke Sembalun..huhuhu..itu cakeeepp banget

    BalasHapus
  18. Penasaran sama Kampung tradisional Suku Sasak di Desa Senaru. Dulu lihat di TV soal rumah yang alasnya dipel pakai kotoran sapi atau kerbau. Btw, air terjunnya juga cakep yaa

    BalasHapus
  19. Mantap nih mba, lengkap ada data pihak2 yang menyewakan mobil maupun sewa drone nya. Bisa jadi referensi misal kapan2 bisa menyambangi Lombok.

    BalasHapus
  20. Sembalun tuh cantik banget, aku suka nonton vlog pendaki gunung yang sedang di Rinjani. Jadi aku tahu tentang Pusuk Sembilan, sayang driver ku dulu gak mau antar ke Lombok Timur. Bener ya emang jauh banget. Udah pengen foto-foto di sawah dari atas bukit, terus mampir ke hutan bambu. Nggak usah jauh-jauh ke Jepang, di sini ada kan

    BalasHapus
  21. Masya Allah, indahnya ya Mbak Yeni. Mbak, sudah bisa nih bikin buku traveling ... kisah travelingnya sudah banyak dan unik2 ...

    BalasHapus
  22. Oh baru tau NTB terkenal dengan sawah kek kotak2 itu, klau di NTT soalnya terkenalnya kalau gak salah yang jaring laba2 itu ya mbak?
    Ku belum pernah ke Lombok hehe
    Ternyata kalau mau trekking ke Rinjani jalur yang dilewati juga dibuka utk pelesir dan cakep banget pula ada air terjunnya yaa, moga2 kelak bisa ke sana :D

    BalasHapus
  23. Lombok emang terkenal dengan keindahan alam dan kaya akan destinasi wisata.
    Lihat postingan ini, masha Allah mupeng banget pengen ke sana

    BalasHapus
  24. Cakep banget view nya. Lombok itu memang indah, aku pernah dusun Tetebatu Lombok timur cantik nyaaa

    BalasHapus
  25. Masyaallah, indah banget. Aku suka alamnya dan juga jatuh cinta dengan karya tenunnya. Semoga suatu saat aku bisa ke sana, aamiin

    BalasHapus