Meraih Keberkahan dan Solusi Problematika Hidup Dengan Bersedekah Subuh

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, bagaimana teman-temanku semoga rejeki di luaskan diberi kesehatan ya semuanya....
Ditengah BBM naik...
PPN naik...
Listrik siap siap naik....

Bismillah ya teman-teman ada Allah tempat kita mengadu, semoga Allah luaskan rejeki kita dan diberi kemampuan untuk bisa tercukupi kebutuhan kita YAKIN YAKIN. Setiap yang bernyawa sudah ada takaran rejekinya.

Sedikit cerita boleh yaa bukan untuk riya tapi bisa menjadi inspirasi sobatku semua. Dulu entah lupa tahun berapa secara tidak sengaja mendengarkan tausiyah Alm. Ust Ali Jaber tentang keistimewaan sedekah subuh.

"Barang siapa mempunyai masalah berat apapun rajinlah bersedekah subuh, tidak perlu banyak tapi sedikit rutin niscaya Allah akan segera memberi solusi, karena ketika subuh 2 Malaikat turun ke bumi mendoakan Umat yang bersedekah subuh"
Namanya manusia tak luput dari masalah ya kan? Orang akan menilai saya duh Yeni kamu tuh hidupnya enak, jalan-jalan melulu, happy happy melulu selalu sepaket dengan suami anak.

Alhamdulillah yaa kalau melihat saya demikian padahal saya tak luput dari masalah lho. Suami anak tertua tulang punggung keluarga dengan 3 adik, saya meski anak bontot tapi saya yang mampu secara finansial di keluarga jadi membantu orang tua. 

Mendengar tausiah online Alm. Ust Ali Jaber langsung saya tergerak hati untuk eksekusi, membuat celengan sedekah subuh setiap anggota keluarga, selepas subuh keluar rumah membeli nasi bungkus semampu saya dibagikan ke satpam/tukang sapu/penjaga masjid/tukang becak yang sudah mangkal.
Celengan atas nama anggota keluarga tiap subuh di isi kalau tidak sempat keluar berbagi, atau kalau berbuat salah menebus dengan sedekah kalau penuh di masukin masjid atau dibelikan nasi buat berbagi.

Semampu saya, pernah dunk duit menipis atau hanya mampu berbagi dengan beras yang ada di rumah meski sedikit tapi saya usahakan rutin setiap hari.

Alhamdulillah banyak sekali mujizat yang Allah beri, banyak kemudahan yang kami dapatkan. Kadang memang apa yang kita dapat tidak sesuai dengan yang kita mau tapi pasti ada hikmah di balik semua itu.

Seperti kisah salah satu sobat saya kejadian sudah lama ya, dia curhat tentang masalah dg suaminya, saya hanya bisa memberi saran untuk rutin sedekah subuh dan pasrah dengan jalan petunjuk yang Allah berikan. Alhamdulillah tidak lama Allah kasih banyak petunjuk tentang sifat buruk suaminya, semua kebongkar dan akhirnya berpisah meskipun sekarang dia sendiri tapi dia bahagia menjalaninya.

Setiap teman curhat masalah berat saya hanya bisa menyarankan untuk Sedekah subuh. Sampai suatu hari ada salah satu teman telpon ngotot apa saja yang saya lakukan ketika memiliki hajat/keinginan, beliau sampai minta tolong titip sedekah subuh ke saya untuk di bagikan atau titip beramal  ke anak yatim dkk. Dari titipan itu akhirnya saya buka kesempatan kepada teman lain jika ingin titip sedekah subuh bisa lewat saya. Saya hanya sebagai perantara ya bukan yang membuatkan menu nasi bungkus, karena saya pernah membaca sebagai perantara tidak boleh sekalian memperdagangkan contohnya teman titip sedekah subuh 10 bungkus, saya membuatkan dengan masak sendiri 10 bungkus itu tidak boleh sama saja dengan memperdagangkan.


Biasanya saya akan membeli nasi uduk atau penjual yang habis subuh sudah jualan, saya beli, kemudian langsung di bagikan jadi saya tidak masak ya teman-teman saya beli sesuai nominal titipan tidak ada untung kan tujuannya berbagi. Proses membagikan saya ajak anak-anak supaya mereka kelak bisa mencontoh.

Lama kelamaan kok makin banyak, ketika pandemi datang ada teman yang suaminya korban PHK dia tinggal di Bali dan berencana pulang kampung. Iseng iseng saya bilang mau ga masak buat sedekah subuh, bebas menunya apa saja dan minta tolong di bagikan Alhamdulillah dia mau. Tak hanya satu yang saya mintai pertolongan ada teman yang janda suaminya meninggal, ada yang penjual makanan pagi di pasar.

Alhamdulillah sebelum Ramadhan rutin ada kegiatan Sedekah subuh dimana saya pesan di teman yang tinggal di Karanganyar, di Klaten, di Kalimantan menyebar sesuai dana donatur.

Memasuki Ramadhan saya tawarkan ke teman yang biasa masak sanggup ga untuk membagikan sahur karena memang berat ya...

Eeeh hanya satu yang menyanggupi langsung membuat spanduk Sahur Gratis. Lewat tulisan ini saya sangat berterima kasih buat teman SMP saya Ibu Ike yang mau susah payah masak segitu banyaknya untuk memberi makan sahur GRATIS. Kebayang jam berapa bangunnya dengan berbagai menu.
(menu sahur sebanyak ini only 5ribu perpax bagi para donatur, kalau saya tanya ke teman yang masak apa gak rugi dia selalu jawab tidak sekalian ikut berbagi)

Untuk Buka Puasa Gratis di handle oleh teman saya Ibu may Janda anak 4 yang tinggal di Bontang Kalimantan Timur dan Teman saya Ita di Klaten Jawa Tengah. Semoga bisa tambah personil yang masak lagi jika donasi buka puasa bertambah amin3x.
Penentuan Harga
Sejak awal kebetulan saya kalau beli nasi uduk untuk berbagi di beri harga 5rb/bungkus. Nah teman sayapun bisa membuatkan sedekah subuh 5rb/bungkus lanjut sampai sekarang sahur gratis juga 5rb per pax. 
Buka puasa 10rb perpax karena di bagikan biar kemakan isinya lebih banyak ada nasi sayur lauk buah.

Teman-teman yang berdonasi bebas mau titip buat sahur cuma 1 bungkus buka 1 bungkus boleh, ada yang nitip misalkan 50ribu bebas dibikin berapa hari bebas pokoknya dan saya selalu kasih rincian setiap sahur atau berbuka atau pas hari biasa hari ini berapa bungkus. Ada juga yang nitip setiap hari transfer 20rb, 10rb.

Testimoni para donatur dan yang memasak

Para Donatur
- Mbak Yenii baru kemarin ikut sedekah subuh tiba-tiba aku dapat pesenan mukena langsung banyak seumur umur baru ini lho mba dapat banyak pesenan 🤲🤲🤲
- Mba Yeni hidupku jadi tenang Hati ini tenang biasanya aku tuh kemrungsungan 
- Mbaa Yeni Alhamdulillah ada kabar baik suamiku dapat rejeki tak terduga setelah sekian lama off
Alhamdulillah ikut senang mendengarnya amazing memang karena saya sendiri berkali kali merasakan keajaiban sedekah subuh. 

Mulai dari bisa umroh murah meriah Hotel Mewah depan ka"bah klik disini kisahnya 👈, bantuan tak terduga dari yang tidak dikenal ketika tiket JRPASS Jepang ketinggalan di rumah sampai kejadian nyenggol motor, kejadian di Malang September 2021 tiba2 bapak mertua seperti terkena stroke langsung auto inget sedekah sambil berdoa eeh gak lama sadar sehat takperlu rawat inap dkk.

Teman yang di repoti masak 
- Makasih ya buu sejak terlibat sedekah subuh rejekiku lancar
- Makasih ya Buun saya amalkan sedekah subuh atas saran Ibu Alhamdulillah anak saya dapat beasiswa kuliah (kisah Ibu May berjuang sendiri buat 4 anaknya dengan jualan Bakso di rumah)

Bukan bermaksud Riya ya teman-teman sekali lagi bukan, semoga dengan tulisan ini banyak teman-teman yang terbantu. Semoga yang sedang di uji sakit atau sedang dalam masalah besar atau sedang susah rejekinya bisa mempraktekan sedekah subuh untuk mendapatkan solusi terbaik dari Allah.

"Solusi Terbaik dari Allah Tidak Selalu yang Kita Inginkan ya"

Rasullullah SAW bersabda "Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur"
(HR Thabrani)

Sedekah di bulan Ramadhan niscaya Allah akan melipat gandakan pahala, adapun manfaat sedekah di Bulan Ramadhan antara lain.

1. Pahala berlipat ganda
(HR At-Tirmidzi) Dari Anas RA, sahabat bertanya Wahai Rasulullah sedekah apa yang paling utama? Sedekah di bulan Ramadhan.

2. Dibebaskan dari siksa kubur
Jauhilah api neraka walau hanya dengan bersedekah dengan sebiji kurma (HR Bukhari dan muslim)

3. Balasan surga
Selain Shalat, Puasa, dengan bersedekah akan membawa kita ke Surga. 

4. Keberkahan rejeki
Rasullulah bersabda Harta tidak akan berkurang dengan dengan bersedekah dan hamba yang pemaaf akan ditambahkan kewibawaannya (HR Muslim)

Ooiyaa yang ikutan sedekah subuh bukan hanya teman sesama muslim ada yang non muslim ikutan juga.

Hambatan Sedekah Subuh
Namanya setan itu selalu mengganggu ya, apalagi di waktu subuh, kita di bikin nyaman tidur sama halnya dengan malas sholat subuh, sedekah subuhpun juga sama beratnya, masalahnya antara lain :

1. Komplek rumah saya sepii saya takut keluar rumah
2. Tidak sempat sedekah subuh karena sudah repot berangkat ke kantor
3. Tidak ada yang mau di beri sedekah karena komplek rumah besar besar sepii
4. Kalau dinkasih sedekah makanan pilih pilih kalau lauknya tidak enak tidak mau menerima
Diatas adalah salah satu permasalahan yang biasa saya dengar. 

Alhamdulillah saya menjalani bertahun tahun meski komplek sepi tapi aman, yg berjualan subuh sudah banyak di sepanjang jalan yang menerima sedekah subuh juga banyak pada sukaa. Nah teman teman yang mengalami hal diatas solusinya bisa titip ke teman yang jualan pagi di pasar atau memberi pekerjaan kepada teman yang sedang kesusahan dengan membuatkan nasi bungkus tiap sebelum subuh atau pakai celengan sedekah subuh.

Alhamdulillah meski tulisan ini ditulis ketika Ramadhan tahun 2022 akan tetapi sampai detik ini bulan September 2022 Masya Allah Tabarakallah jumlah peserta sedekah subuh bertambah setiap harinya, yang memasak juga bertambah menjadi 5 orang dengan 5 masjid berbeda kota dan yg kami bantu setiap bulan anak yatim.

Masya Allah tidak terbayangkan sebelumnya sekarang setiap minggu dari sedekah subuh bisa ikut membantu sembako untuk panti yatim, anak yatim dan spp anak yatim antara lain :

1. Ibu Vera Solo, anak kls 2 SD dan Bayi, suami meninggal ketika istri hamil. Bantuan pempers susu cemilan anak dan uang bulanan.

2. Ibu Yunita bantuan uang bulanan dan susu bayi, suami meninggal baru beberapa bulan lalu, anak masih 3 bulan dan 2 th  yg bayi sakit2an pula.

3. Ibu Anis Solo  anak 3 suami meninggal 3 th lalu, keseharian jualan sempol, dan ikut membantu memasak sedekah subuh, bantuan berupa spp sekolah dan sembako seminggu sekali

4. Ibu Daryanti Solo, anak 3 suami meninggal sudah lama ketika anak2 masih kecil, bantuan berupa uang sekolah anak2.

5. Ibu Yuni Klaten, anak 2 suami meninggal 4 th lalu disaat anak2 masih kecil dan sakit2an, bantuan uang sekolah dan sembako

6. Intan di Tasik anak SMK kls 1, ayahnya meninggal ketika kls 2 SMP, anaknya pinter, biaya masuk SMK full dan biaya tinggal di pesantren.

7. Ibu Suri di Bogor anak kls 2 SD suami sebagai satpam meninggal Agustus 2022 kemarin, bantuan berupa spp anak dan kebutuhan bulanan

8. Ibu Arifah Puspa di Yogya, suami meninggal kecelakaan, istri kerja apa saja anak 2 masih kecil bantuan spp dan bulanan.

9. Anak yatim piatu di madura dimana di tahun 2022 ibunya meninggal setelah 2021 ayahnya yg meninggal

10. Mbak wulan dan mbak arum baru awal tahun 2023 suami meninggal dengan anak yang masih kecil2.

Mekanisme bantuan buat janda dan anak yatim, misalkan hari ini total sedekah subuh 100 pax nah saya bagi 80 pax berupa nasi bungkus dibagi ke jemaah masjid subuh yang 20 pax berupa uang 20x5rb : 100rb buat saya belikan sembako untuk anak yatim kalau luar kota saya order online indomaret free ongkir pembelanjaan diatas 100rb atau berupa bantuan spp anak yatim (nomor rekening mereka sudah saya simpan, setiap bulan langsung transfer ke mereka).
Pastinya semua atas persetujuan donatur ya...
Hal kecil bisa berdampak besar Masya Allah mulai dari cuma 5rb/bungkus perhari dikumpulkan bisa membantu banyak fihak. Sekian dulu teman-teman Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah di Ramadhan 2023 masih berlanjut Sahur Buka Gratisnyaa....
31 Maret 2023 seneng tiba tiba dapat chat teman yang berharap dagangannya laris manis.


Boleh banget di baca kisah inspiratif the power sedekah
3. Masya Allah disaat pandemi banyak impian saya terkabul Pengalaman traveling selama pandemi

Posting Komentar

51 Komentar

  1. Kalo rajin menyimak tausiyah Syeikh Ali Jabeer (alm) beliau banyak mengupas keutamaan sedekah Subuh
    Alhamdulillah, semoga di bln Ramadan ini kita makin rajin melakukan amal kebaikan ya

    BalasHapus
  2. Masya Allah, solusinya bisa titip ke orang seperti Mbak Yeni ya. Saya salut, sedekah benar2 ringan dititipkan ke Mbak Yeni. Sering dapat info orang menyalurkan sedekah, kok yang lagi gak punya duit jadinya berat. Ada yang minimal 100.000, minimal 50.000.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ke langsung penjual makanan pagi mom, nitip belii tiap pagi dan minta ri bagikan sekalian. Saya hanya perantara krn memang saya ikutan untuk nominal ada yg nitip tiap hari 5rb ada yg 20rb buat hari itu jd bebas

      Hapus
  3. Sedekah subuh memang luar biasa yaa Mak Yen. Aku percaya banget kalo kita bersedekah insyallah akan mendapatkan rezeki melalui tangan2 yang lain entah siapapun itu dalam bentuk apapun. Semoga dengan kenaikan harga2 sekarang ini ga mengurangi kita untuk bersedekah.
    Semoga penuh berkah Mak Yeniii.

    BalasHapus
  4. Acungkan 2 jempol untuk mbak Yenni yang memberikan rejekinya pada mereka yang berkekurangan. Rasanya ada kebahagiaan tersendiri ya mbak saat kita ikhlas memberi. Diberkati rejekinya ya mbak

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, jadi ikut seneng baca cerita ini. Allah membukakan pintu lewat sedekah subuh yang kita kerjakan ya Mbak

    BalasHapus
  6. MaasyaAllah tabarakallah... salut sekali mbak. Bukan ramadhan memang bulan penuh berkah. Saatnya berlomba dalam kebaikan

    BalasHapus
  7. Masya Allah... luar biasa dasyat manfaatnya dari sedekah subuh. di bulan penuh berkah ini semua umat muslim berlomba-lomba melakukan kebaikan. semoga berkah ya mba

    BalasHapus
  8. Masya Allah mbak... Sedekah itu manfaatnya memang luar biasa, karena aku selalu ingat kata almarhum papahku "sisihkan rezekimu untuk sedekah, walau itu sedikit". Dulu aku mikirnya kenapa sih papahku seneng banget bagi2, setelah aku paham semuanya ya Allah....

    BalasHapus
  9. Intinya berbagi berkat pada sesama seberapapun itu tetap mendapatkan balasan kebaikan. Entah lewat tangan siapa. Rejeki itu dititipkan.

    BalasHapus
  10. Masya Allah keren sekali mbaaak, Insya Allah sedekah subuh bisa membuat hati jadi lebih tenang yah mbaaak. Aku biasanya sih rutin Jumat Berkah aja di Mesjid komplek mbak, dikelola langsung ama ibu2 pengajian. Kadang dalam bentuk uang atau kalo ada waktu bantu2 packing makanan juga

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah dengan kita rajin sedekah, Insha Allah mendapatkan ketenangan dan juga rejeki baik secara materi atau non materi.

    BalasHapus
  12. Subhanallah sekali mbak yeni ini. Ulasannya sangat bermanfaat dan patut untuk ditiru. Memang banyak sekali fadhilah sedekah subuh apalagi jika dilakukan dibulan ramadhan maka pahalanya juga akan berlipat ganda.

    BalasHapus
  13. Senang membaca , diingatkan saya jadinya terutama soal sedekah subuh. Semoga keberkahan berlimpah pada kita semua. Inspiratif Mbak Yeni, bisa diteladani ini:)

    BalasHapus
  14. Senangnya ya bisa berbagi, sekalipun diri juga sedang ada problem. Ternyata itu tak jadi halangan untuk tebar kebaikan. Sebelum pandemi, dulu ibu saya juga terlibat kegiatan jual nasi bungkus murah buat bapak2 tukang becak, cuma dihargai Rp 3 ribuan. Pas pandemi kegiatan dihentikan. Belum jalan sampai sekarang.

    BalasHapus
  15. Masya Allah, berkah terus Mba. Memang sedekah ini banyak berkahnya. Apalagi sedekah di Ramdhan, berklai-kali lipat pahalanya ya.

    BalasHapus
  16. Alhamdulillag mba. Memotivasi sekali. Semoga Allah berikan juga aku selalu kemudahan untuk melakukan sedekah subuh ya mba. Aamiin ya Allah

    BalasHapus
  17. Terharu banget bacanya Mbak, aku ada celengan sedekah subuh di rumah tapi sering lupa isinya habis baca artikel ini jadi lebih semangat lagi berbagi Insya Allah...semoga berkah ya Mbak Yeni dan teman-teman...

    BalasHapus
  18. MashaAllah~
    Ini yang harus selalu digaungkan sebagai umat muslim, bahwa meski keadaan sempit atau lapang, tapi tetap dengan azzam untuk senantiasa tangan di atas. Caranya dengan mengumpulkan uang untuk sedekah shubuh setiap hari secara kontinyu.

    Barakallahu fiik, kak Gusti.
    Indah sekali hikmah yang bisa dipetik.

    BalasHapus
  19. PR banget nih mbak untuk konsisten sedekah subuh...semoga dimudahkan dan luput dari lalai untuk bersedekah subuh ya..

    BalasHapus
  20. Masya Allah, hidup berkah jadi impian yah. Saya juga punya celengan sedekah subuh dan disalurkan pas hari jumat, semoga Allah mudahkan.

    BalasHapus
  21. Masyaallah, Mak, semoga terus sehat, ya, biar bisa terus menjadi perantara kebaikan bagi banyak orang.

    BalasHapus
  22. Subhanallah, salut banget sama usahanya bersedekah, apalagi terlihat dari lingkup kecil pelan pelan menjadi besar, Barakallah

    BalasHapus
  23. Melakukan sedekah memang banyak ganjarannya ya mbak
    Apalagi sedekah subuh
    Pahalanya lebih dahsyat ya pastinya

    BalasHapus
  24. Di rumahku, adik aku juga dibiasakan sedekah subuh mbak. Jadi dibuatkan kaleng untuk tabungan sedekah subuh. Aku aja kayaknya yang kurang rajin.
    Baca post ini jadi diingatkan lagi. Karena berbagi juga menyenangkan

    BalasHapus
  25. iya saya juga menjalankan sedekah subuh ini mba Yeni. dan banyak keberkahan yang inshaa Allah saya peroleh

    BalasHapus
  26. MaasyaAllah tabarakallah, baca ini aku jadi semangat untuk sedekah subuh lagi, maklum kadang nggak konsisten 😅 apalagi ini bulan penuh berkah ya

    BalasHapus
  27. MasyaAllah mbak, inspiratif sekali mbak,. Memang ya banyak banget keberkahan dari bersedekah, apalagi kalau bisa konsisten sedekah di bulan ramadhan lebih banyak pahala yang diraih.

    BalasHapus
  28. semangat makkk sedekah subuhnya. aku belum pernah begini tapi jadi pengingat kirain begini hanya bisa dilakukan di masjid saja

    BalasHapus
  29. Dengan bersedekah maka rezeki kita pun dilancarkan ya tentunya dengan sedekah ikhlas ya. MAntapbanget sedekah subuhnya ya. Boleh juga idenya untuk membuat celengan sedekah subuh.
    Kalau di Masjid aku dikasih juga celengan buat anak yatim gitu, dua minggu sekali celengannya diambil

    BalasHapus
  30. Masya Allah seneng bacanya. Sekarang semakin terbuka kesempatan untuk berbagi dan berbuat baik ya mak. Yang penting ada niat

    BalasHapus
  31. Masya Allah.. baca ini terus ingat-ingat lagi, saya pernah gak ya sedekah subuh. Duh kayaknya belum pernah. Apalagi pas Ramadan nih, kelar shalat subuh, ngaji bentar, terus bawaannya ngantuk aja. Hiks. Kok jadi pengen cobain yaa untuk sedekah subuh. Bismillah..

    BalasHapus
  32. Masya allah adem banget bacanya. Saya juga ingat di rumah orang tua selalu ada sedekah subuh. Sedangkan ketika saya pisah rumah malah lupa tidak membiasakan hal tersebut. Terima kasih remindernya, Mak. Mumpung masih Ramadan, insya Allah akan saya mulai kembali sedekah subuh. AMiin

    BalasHapus
  33. MasyaAllah. Berkah selalu sedekah shubuhnya ya mbak. Saya belum bisa segigih dan seistiqomah ini.

    BalasHapus
  34. Masya Allah, luar biasa sekali kedahsyatan sedekah subuh ini ya, Mbak. Jadi seperti efek domino, semua mendapat keberkahan. Mulai dari yang memberi donasi, memasak makanan, sampai dengan yang menerimanya.

    BalasHapus
  35. Alhamdulillah, pertolongan Allah begitu dekat. Saya tu kadang cuma bisa melongo aja kak Yen ketika Allah menitipkan masalah kemudian Allah pula yang selalu memberi jalan keluar. Salah satunya memang sedekah subuh.
    Oh ya kak, saya pernah jadi perantara sedekah. Meski bukan dari uang kita, ketika bertemu dengan target sedekah rasanya bahagia sekali. Beneran bikin kita selalu bersyukur dan merasa Allah tu baik banget. Selalu memberi yang kita butuhkan.

    BalasHapus
  36. Betul banget ketika Allah menentukan sesuatu, Allah sudah siapkan pintu penyelesaiannya yang akan kita buka perlahan lahan.. Senangnya Mbak Yeni diberi peluang oleh Allah untuk membuka sebagian dari pintu pintu itu

    BalasHapus
  37. Masya Allah, menginspirasi banget mba. jadi diingatkan kembali dahsyatnya sedekah Subuh jika dilakukan berkelanjutan. Apalagi dilakukan dengan bersama-sama begini, yang jadi donatur, yang memasak, semuanya mendapatkan keberkahan.

    BalasHapus
  38. Sering dengar tentang sedekah Subuh ini tapi masih belum bisa konsisten *tutup muka pake talenan*. Karena belum terbiasa jadi lupa melulu.

    BalasHapus
  39. Iya mbak, sedekah subuh emang dahsyat
    Luar biasa dampaknya
    Memberikan banyak kemudahan

    BalasHapus
  40. Barokallah semoga bisa ditiru semangat sedekahnya ya. Kalo saya palingan sedekah Jumat, soalnya gak ada yang mengumpulkan sedekah subuh di tempat saya.

    BalasHapus
  41. Kalau gini gak ada alasan untuk tidak bersedekah ya, yuk yuk semangat untuk saling berbagi

    BalasHapus
  42. Mbak, aku dulu tau sedekah subuh juga dari salahsatu teman, agak lama barulah aku coba sedekah subuh tapi belum dikeluarkan uangnya
    Masih ada dan belum dibagikan
    Pun belum konsisten lagi sampai sekarang

    Tulisan ini bener2 bikin tambah semangat untuk konsisten sedekah subuh nya

    BalasHapus
  43. MaasyaAllah luar biasa sekali ya kak manfaat bersedekah subuh, semoga saya juga bisa menerapkan hal luar biasa yang satu ini dalam kehidupan agar selalu dimudahkan jalan oleh Allah, Aamiin.

    BalasHapus
  44. Setiap mampir di postingan kak Yeni, aku tuh selalu Nemu hal-hal yang inspiratif. Mulai dari ide traveling, kulineran dan yang ini tentang sedekah subuh.

    Terharu akutu

    BalasHapus
  45. Sedekah subuh pastinya bagai mengawali datangnya rejeki ya mbak karena memudahkan orang lain yg hendak mengisi energi sebelum berkegiatan

    BalasHapus
  46. Kalau sedekah subuh via aplikasi kita bisa gitu juga bisa dinamakan sedekah subuh ya mbak? Saya pribadi kadang masak gitu suka gada waktunya. Tapi memang the power of sedekah ini luar biasa ya mbak

    BalasHapus
  47. Allah itu memang Maha Pember Rezeki ya, Mba. Apa pun kesulitan yang dihadapi pasti Allah tunjukan jalannya. Alhamdulillah saya mengamalkan Shalawat Jibril dan keajaiban Allah datang tidak terduga. Saya jadi termotivasi buat sedekah Subuh ini.

    BalasHapus
  48. Aku percaya dahsyatnya Sedekah Subuh ini. Soalnya aku juga mengalaminya. Kalau untuk hambatan, aku sih ga takut ya bangun terlalu pagi. Cuma kadang malasnya itu sih yang timbul. Namun kalau sudah terbiasa, amanlah

    BalasHapus
  49. Betul mbak, godaan pagi hari itu ada aja. Padahal niatnya sudah mantap untuk sedekah, eee ke pending. Solusinya mantap, berusaha memudahkan bersedekah dan meraih keberkahan sang Ilahi.

    BalasHapus