"Narai Juku" Jalur Perdagangan Jaman Edo di Shiogiri, Nagano, Jepang

Assalamualaikum sobatku semua....
Kali ini saya akan kilas balik perjalanan kami ke Jepang yang ketiga kali di Musim Panas tapi rasa musim gugur, nah kalau di Lombok seperti yang kami samperin kemarin Kampung Tradisional Desa Senaru Lombok Utara yang masih terjaga keasliannya. Naah kalau di Jepang juga ada tempat yang di jaga keasliannya,  model rumah, suasananya dan masih di huni. Tempat itu bernama Narai Juku.
Sejarah Narai Juku

Pada jaman EDO (1603-1868)
Narai juku merupakan kota kecil, sunyi disebelah barat Tokyo di perfecture Nagano. Kota ini merupakan salah satu jalur utama yang menghubungkan Kyoto dengan Edo (tokyo). 

Narai Juku ini merupakan jalur post / jalur para petinggi dalam melaksanakan suatu urusan, atau rute berkelana dan jalur perdagangan (kiso-ji).

Jalur ini dilestarikan mulai bentuk rumah kayu tradisionalnya yang antik dengan strukture yang tahan lama dimana bangunan-bangunan ini berumur lebih dari 330 tahun tanpa renovasi meskipun daerah ini pernah terkena gempa.

Penginapan kuno tempat para penulis buku atau pejabat menginap masih ada, beberapa sumber mata air di beberapa titik sepanjang jalan juga masih ada, dimana dulunya digunakan para pengelana untuk beristirahat mengambil air minum.

Sejak turun dari kereta di stasiun Narai, atmosphere tempo dulu sangat berasa, seolah-olah kita berada di jaman jepang tempo dulu. Tempatnya sunyi sejuk karena dikelilingi pegunungan.

Stasiun Narai Juku kecil terbuat dari kayu, bentuknya juga masih jaman dulu, tapi sudah diberi sentuhan modern seperti scan tiket ketika kami akan masuk.
         Kursi tunggu di stasiun Narai Juku

Stasiun yang tidak bergitu luas hanya berbentuk kotak di sekat untuk ruang pegawai dan ruang tunggu dengan kursi kayu beberapa buah saja, hiasan dinding yang berisikan foto-foto jaman dahulu.
        Ruang tunggu di stasiun Narai Juku


Begitu keluar dari stasiun langsung jalanan yang tidak begitu lebar, di seberang stasiun tembok tinggi dimana diatasnya terdapat rumah penduduk. Memang di Narai Juku ini  kontur tanahnya perbukitan tak heran jika udaranya sejuk dingin padahal kami ke Narai Juku di musim panas.

Kami berjalan kaki menyusuri kanan kiri rumah kuno yang masih terpelihara dengan baik karena masih berpenghuni. Penghuni rumah di Narai Juku  kebanyakan sudah lanjut usia, kakek nenek hidup dari jualan suvenir atau warung makan atau berkebun.

Narai Juku ini juga terkenal dengan kerajinan tangan dari kayu yang bagus.
                      Stasiun Narai Juku

    Stasiun Narai Juku yang didalamnya terdiri dari ruang loket dan ruang tunggu.

Sepanjang jalan kami bisa melihat peta daerah ini, misalkan mau trekking menyusuri jalur Kiso-ji bisa. Ada beberapa wisatawan yang trekking dari Narai juku ini, pasti banyak ditemui pemandangan yang menyejukkan mata.

                 Peta jalur perdagangan

Narai juku sebuah perkampungan, layaknya perkampungan terdapat kuburan atau makam, klinik kesehatan dan tempat beribadah/shrine.
               Makam alias kuburan

Rumah asli penduduk di gunakan untuk menjual suvenir


                            Restaurant
             Restaurant masih berdiri 



              Peta Narai Juku
                   Tandu jaman kuno
Ini penginapan kuno dahulu sering di gunakan singgah para pedagang.


Sumber air buat minum ini ada beberapa titik

                          Tempat Ibadah



Makam berupa patung untuk mengenang jasa para pahlawan


Narai Juku
Narai, Shiogiri, Nagano 399-6303 
Jepang
Kami ke Narai Juku menggunakan kartu pass JR Matsumoto dimana kartu ini bisa digunakan untuk naik kereta maupun bus untuk wilayah mulai nagoya, matsumoto, tsumago yang satu rute sampai naik gunung tateyama kurobe tercover kartu pass ini.

Nah dua hari sebelum ke Narai Juku kami mampir ke  Gashoo Village (tinggal klik yaa ulasan detil tentang tempat ini), merupakan desa tua juga, rumahnya masih kunoo dengan segala perabot peralatan bertani, berkebun, membatik, menenun dkk.
                           Gassho Village

Posting Komentar

31 Komentar

  1. Terlihat dari foto-foto ini suasana di Narai Juku tenang dan damai gitu..Wah
    Bayangi jalan di mana di kanan kiri rumah kuno yang masih terjaga dan terpelihara dengan baik karena masih berpenghuni. Meski penghuni sudah lansia tapi masih produktif dan mandiri ya . Foto-fotonya ini bagus banget Mba Yeni..Jadi berasa ke Narai Juku juga saya

    BalasHapus
  2. Sangat tradisional dan asri, ya. Jadi pengin ikut mampir ke sana, deh.

    BalasHapus
  3. Setelah baca usai, maaf saya mau balik lagi ke atas nih, pada bagian judul. Rasanya ga enak aja membaca dan melihatnya. Maaf banget tapinya ya...
    di lestarikan itu artinya apa? Mungkin maksudnya dilestarikan ya?
    Disatukan dan dipisah cara penulisannya ada aturannya kan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mbakuuuh atas masukannya, sudah aq revisi dan ganti malahan, makasih banyak yaa🥰

      Hapus
  4. Melihat semua fotonya sudah sangat menjelaskan begitu detail, bagaimana kondisi di Narai Juku yang sangat mengagumkan itu...
    Senang banget ya bisa menyaksikan langsung semua itu. Jadi pengen ke Jepang... Hehehe

    BalasHapus
  5. Ya Allah kak yeni, udah sampe 3 kali ke Jepang. Kalo baca tokyo zaman dulu di komik emang sering nemu Edo.
    Btw semuanya masih sangat asli dan dijaga ya kak. Sampe stasiunnya berasa banget kayak lagi baca komik Jepang yang berbau zaman Kekaisaran.

    BalasHapus
  6. Ending fotonya dengan baju lurik ya kak? 😁

    Dapat banget suasananya kak, sehingga buat daku yang belum pernah ke Jepang, jadi kayak dapat gambaran oke nya, biar suatu saat pas ke sana bisa kunjungi yang direkomendasikan kak Yeni

    BalasHapus
  7. keren banget masih dipertahankan keasliannya ya, ini justru bisa jadi daya tarik wisata tersendiri ya :)

    BalasHapus
  8. Narai Juku cantik banget dan terasa sekali nuansa tradisional Jepangnya. Kalau ke sana pengen foto-foto terus hehehe.

    Di Jepang emang bersih banget ya tiap tempatnya.

    BalasHapus
  9. Aku pernah lihat acara renovasi rumah Jepang gitu. Dan ternyata memang banyak banget rumah yang sudah ratusan tahun. Apalagi di desa yang masih dijaga keasliannya seperti Narai Juku pasti serasa di zaman duli banget ya.

    BalasHapus
  10. Menarik banget sih Narai Juku ini. Aku selalu tertarik dengan bangunan, suasana yang masih dijaga kelestariannya kayak gini. Membayangkan kehidupan masa lalunya tu jadi kerasa banget. Tenang dan syahdu gitu kayaknya

    BalasHapus
  11. Tempatnya terlihat asri, tenang dan damai ya. Mungkin karena aku seneng furnitur kayu dan warna-warna kayu, jadinya suka banget lihat foto-foto di Narai Juku ini,

    BalasHapus
  12. sejuk banget ya mbak yen, udah mah sejuk pada pakai kayu lagi kebanyakan, jadi makin nyaman. aku gagal fokus sama kursi yang ditempel itu, memang sengaja atau memang bukan kursi ya?

    BalasHapus
  13. Baru kemarin baca traveling yang di Lombok, ternyata ada juga yang di Jepang.. wah keren banget ya bisa sampai sana.. saya pingin bisa lihat bunga sakura di sana.. sekarang yang dilihat sakura tiruan aja di dekat rumah

    BalasHapus
  14. Menarik banget Marau Juku ini
    Seru ya mbak, kalau bisa menghabiskan waktu di tempat yang masih menjaga keaslian budayanya

    BalasHapus
  15. Stasiunnya juga masih unik yah, masih kayu-kayu gitu. Mbaa Yeen aku mau juga ah trekking di Narai Juku, pasti pemandangannya memanjakan mata banget. Mana udahlah masih kebawa jaman edo huhu.

    BalasHapus
  16. wah mbaa.. aku seneng banget lihat foto2nyaa.. khas banget yaa nuansa bangunan, tone, hingga jalan2nya. jadi inget pas dulu aku ke hiroshima tahun 2013an.. duh kangen aslii

    BalasHapus
  17. MasyaAllaah shlawatin dlu ah biar bisa kesana juga kayak kak Gusti. Suasananya jg masi asli bangett, trip impian!

    BalasHapus
  18. Tampak sepi sekali di Narai juku ya, kak Gusti.
    Senang bisa mencoba banyak hal baru yang ditawarkan ketika menginap di Narai juku. Cuacanya bersahabat untuk beneran jalan kaki melihat-lihat dan berkenalan dengan wilayah Narai juku.

    BalasHapus
  19. Jepang tuh memang asri dan bersih ya. Ini kok unik sekali kotanya mb. Cantik dah

    BalasHapus
  20. Serunya bisa jalan-jalan ke Jepang. Apalagi ke Narai Juku ini ya kak, kelihatan banget pemandangannya masih asri dan kental dengan zaman dulu tapi masih terawat dan terjaga.

    BalasHapus
  21. Luar biasa ya ... bangunan tradisionalnya berumur lebih dari 330 tahun tanpa renovasi. Hal ini menunjukkan kearifan lokal dalam bangunannya padahal sudah mengalami gempa tetap masih kokoh.

    BalasHapus
  22. Waah, keren banget udah ke Jepang 3x! Aku dari sekolah pengen ke Jepang tapi belum kesampean. Semoga nanti bisa ke sana

    Liat foto-fotonya kayak yang sunyiiiii banget ya Narai-Juku itu
    Kerasa banget vibe jadulnya

    BalasHapus
  23. Waaah asiknyaaa. Mbak Yeni, Jepang yang ada toko-toko komiknya tuh di mana ya? Saya penggemar manga, mulai dari Doraemon, Sailormoon, Popcorn, dll.

    BalasHapus
  24. Wah saya belum sempat kesini, untung ada ulasannya dan lengkap. Tadinya sy kira ada kaitannya juga sm harajuku hehe...

    BalasHapus
  25. Masya Allah, Narai Juku cantik banget. Senang sekali bisa berkunjung ke sana. Wah, jadi mikir nih, aku kapan ya hehe

    BalasHapus
  26. Kampung tapi keren gitu ya. Modern artistik dan bersih. Aah jadi pingin ke sana

    BalasHapus
  27. Ah serunya destinasi di jepang, udaranya sejuk banget ya kelihatan dari suasana desanya.

    Seru banget ya naik kereta apa aja pakai kartu, jadi nggak harus bolak balik mengeluarkan uang

    BalasHapus
  28. Desa Narai Juku ini kayak Desa Penglipuran di Bali ya Mbak,, desa tradisional yang masih dijaga keasliannya. Beruntung sekali Mbak Yeni sekeluarga bisa jalan-jalan sampai ke Narai Juku ini ya, sambil belajar adat istiadat di Narai Juku. Btw ada istilah lain di Jepang, Hara Juku ya.

    BalasHapus
  29. Ini bisa dikategorikan wisata sejarah ya mbak. Jepang memang indah banget ya wisatanya. Saya belum ada cukup rezeki ke sana, tapi baca artikel mbak sudah seperti sedang berada di Jepang

    BalasHapus
  30. Racun dikau mbakk hahaha

    BalasHapus