KISAH MUDIK LEBARAN 2021, MUDIK NEKAT DIMASA PANDEMI

Assalamualaikum teman teman semoga sehat selalu ya, jaga kewarasan jangan parno berlebih karena omicron. Sebagai kenang-kenangan saya akan menulis bisa jadi ittinerary juga sih ketika kami mudik lebaran 2021 awal Ramadhan ke Solo. Total hampir 2 bulan kami di Solo karena suami masih WFH dan perusahaan membebaskan bekerja di mana saja, anak-anak juga masih daring online.

Seumur-umur kami tidak mudik lebaran hanya pada saat Lebaran 2020, jadi untuk tahun 2021 sebelum mudik dilarang dengan berbagai aturan ketat kami duluan mudik dah. Kebetulan mertua dan orang tua sama sama dari Solo.

Urutan trip kami sebelum mudik sampai kembali lagi total hampir 2 bulan kami meninggalkan rumah.

1. Memulai perjalanan dengan menginap di Cirebon tepatnya di HOTEL ASRI CIREBON

Hotel 🌟4 dengan rate 200-350 ribuan sudah sarapan prasmanan, waktu itu sarapan kami ganti sahur, booking via traveloka dapat potongan diskon pula, lokasi strategis menyatu dengan mall. Parkiran tamu menjadi satu di basement dengan pengunjung mall tapi tamu hotel di prioritaskan kok. 

Kalau tidak ada potongan diskon di traveloka harga normal hotelnya 250rban lho tergantung type kamar.

Fasilitas
- kolam renang anak & dewasa
- tempat gym
- toiletries, tv, meja belajar, kursi, kursi malas
- kamar luas dapat di depan kolam renang
- lift langsung ke mall atau parkir basement

2. Lanjut ke Kota Kuningan menginap di Hotel Horison Tirtasanita Kuningan 
Kota ini selain Cirebon menjadi kota transit kami kalau ke solo atau dari solo karena di kota kuningan ini ada air panas alami. Kami sukaak banget berburu air panas alami buat menghilangkan capek penat.

Sebelumnya kami mencoba menginap di Hotel + Waterpark+ Air Panas Alami Hotel Grage Kuningan dengan rate 600rban kamar luas plus sarapan plus waterboom sepuasnya.
Hotel Horison Tirtasanita ini katanya juga recomended air panasnya akhirnya kami mencobanya. Booking by traveloka juga dengan harga 700rban plus sarapan sahur yang diantar ke kamar.

view dari balkon kamar kami gunung cermai yang woww...
menu sahur diantar di kamar, kalau buka puasa banyak yang jualan di depan hotel sama bisa gojek.
Bisa candle light dinner juga disini
Dapat hiasan kamar ultah dan kue kebetulan memang bulan April keluarga kami yang ultah 3 (suami, saya dan anak yg bontot).

Hotel Horison ini luas bersih bagus tapi sayang SPA AIR PANAS  KURANG MANTEP panasnya tidak seperti Hotel Grage.
Ini area spa air panasnya.

Anak- anak sedikit kecewa akhirnya kami mampir malam2 ke Aquamedic Hot Water Spa Hotel Grage
Disini dibuka untuk umum dengan biaya 135rb suhu air panas alami 40 derajat dimana nanti ada petugas yang memberi arahan step by step yang kita lalui mulai dari semprot punggung, telapak kaki, pinggang sampai terakhir kepala pundak buat hilangkan kolesterol. Saya sukaak disini habis mengikuti tahapan berendam serasa badan lemas seperti habis olah raga 2 jam tapi sesudahnya bisa tidur pulas dan segar.

Treatment ini bagus juga lho untuk menurunkan berat badan, mengeluarkan dahak sesudah berendam, terapi orang tua dkk. Jadi Hotel Grage selain waterboom ada kolam air panas GRATIS buat tamu hotel ada juga Spa Air Panas Aquamedic tapi berbayar, kalau tamu hotel diskon 20%. 

"Saran saya dengan harga yang sama recomended ke Hotel Grage Sangkan Kuningan ya teman-teman"

3.  Sampai di Solo tercinta, Buka puasa di RM Kusuma Sari Solo
Buka puasa bersama orang tua, mertua, adik ipar, kakak beserta keluarga di RM Kusuma Sari dimana resto ini jadul enak recomended 
Jaman saya SD puluhan tahun lalu RM Kusuma Sari ini terkenal rame karena ruangan AC menunya hot plate dengan harga terjangkau dulu belum booming hot plate gitu. Selain menu western juga ada menu makanan tradisional sop bening seperti kalau ada kondangan di solo sama kroketnya endesss sampai sekarang.
sampai sekarang setiap mudik pasti mampir kesini.

4. Buka puasa di lagi di NDALEM KOPI SOLO ANYAR bersama kakak ipar nomor 1, ponakan plus orang tua. Recomended ya teman-teman karena disini luas banget ada model rumah joglo jawa sama ada garden cafe dengan live music.
Menunya ada tradisional di area rumah joglo dan menu kekinian di Anita Garden Cafe. Spot foto banyak instagramable, tempat bermain anak juga banyak dan ada foto pakai baju lurik jawa juga lho.
2. Camping bersama keluarga di bukit paralayang kemuning view keren bak drakor Bukit Paralayang Kemuning Karanganyar Jawa Tengah
Memang sejak menikah saya berupaya menyatukan kedua keluarga, tiap pergi diajak serta rame2.

Banyak banget destinasi alam yang keren cakep di Kemuning Karanganyar Jawa Tengah ini, jadi teman-teman kalau mau ke magetan dari solo lewat jalur Tawangmangu saja bisa mampir ke kemuning lanjut cemoro sewu sampai sarangan. Kereen banget jalannya sudah halus lebar.
Bukit paralayang ini lokasinya di atas dan memang buat start paralayang. Kita bisa mencoba paralayang juga disini dengan biaya 400rb/org.
Seruu lho paralayang....
Karena request mertua pengen camping jadilah saya anak suami pake rooftent.
mertua, kakak saya sekeluarga, adik ipar sekeluarga pakai tenda sewa disini juga 80rban. Posisi rooftent saya di bawah lampu2 dekatnya ada resto yg buka sampai jam 3 pagi lho.
Bapak ibu saya tidur di villa satu area juga karena tidak tahan dingin. Villa sekamar 500rb komplit kamar mandi dalam, air hangat, tempat tidur bagus bersih viewnya cakep.


Paginya kami sewa jeep 400rb explore ke atas yaitu ke candi cetho dimana lokasi candi ini dekat dengan jalur pendakian gunung lawu.
Melewati kebun teh 
Puncaknya candi cetho
Candi kethek naik lagi dari candi cetho
ada pura saraswati di sebelum candi cethek
susur sungai dengan jeep.

3. 
GELATOKU SOLO berlokasi di gedung joeang 45 samping Beteng Trade Center Solo. Gedung yang dulunya jadul di sulap menjadi cantik bersih instagramable tapi tidak merubah model asli gedungnya. Kesukaan anak anak disini pengunjung wajib membeli 1 es cream/orang untuk bisa masuk dan puas berfoto ria.
Nah disini juga ada hotelnya juga lho, satu lokasi termasuknya strategis karena dekat Gladak Pusatnya Solo, Klewer, kalau mau coba naik kereta ke wonogiri juga dekat ke stasiun sangkrah.

4. SAPTA TIRTA PABLENGAN MATESIH KARANGANYAR kisah tentang 7 air ini bisa di baca di blog ini versi blog
Keunikannya disini terdapat 7 sumber air yang berdekatan akan tetapi mempunyai khasiat berbeda beda. Peninggalan kraton solo 7 mata air beda rasa ini. Air Urus-urus, Air Kasekten, Air Hidup, Air Bleng, Air Mati, Air Hangat, Air Soda. Amazing lhoo wajib di baca dan didatangi biaya tiket cuma 5rb saja.

Explore solo dengan bus tingkat, biasanya buka ketika weekend. Start dari belakang stadion manahan dengan rute dari manahan melipir ke jalan slamet riyadi sampai satwa taru jurug kemudian kembali lagi lewat terminal tirtonadi. Bus ini mulai beroperasi kembali sejak pandemi off.
Tiket 20ribu / orang.

6. KERETA SOLO - WONOGIRI 4 RIBU SAJA https://youtu.be/bdsW6rqG-zk
Alhamdulillah kereta wisata sudah beroperasi kembali ke jurusan wonogiri, kami start dari stasiun sangkrah pukul 06.00 kembali lagi ke solo siang hari. Tiket kereta cuma 4rb keretanya bersih, AC seperti di Jepang.
Sampai wonogiri kami jalan-jalan ke pasar, kulineran, ke taman plinteng semar bisa juga ke waduk gajah mungkur tapi karena sudah sering kesana jadi anak2 pada gamau.


Kami mengajak orang tua dan mertua menginap sekaligus berendam air panas alami di Nglimut Gonoharjo Kendal. 
Air belerang disini berwarna coklat lumpur, udara disini dingin jadi cocok sambil berendam air panas alami. Untuk kesehatan orang tua dan mertua, mereka pada suka berendam air panas alami makanya kami hunting pemandian air panas include penginapannya supaya tidak kecapean dan berendam sepuasnya.
penginapannya unik bagus, ada banyak spot foto juga sama waterbom sayangnya air panas alami kolamnya tidak besar banget. Karena hanya kami tamu menginap jadi berendam malam2 serasa kolam milik sendiri.


Setelah menginap di Kendal kami lanjut menginap di Guciku Tegal, disini poro sepuh sukaaa banget karena penginapan bagus dan air berendamnya banyak sekali, di kamar mandi dalam kamarpun air panasnya alami juga.
saya pribadi beberapa kali kesini tidak ada bosannya, waterboom dari atas sampai kebawah belakang saya paling bawah semua air panas alami.
kayak kolam.onsen di jepang kotak ada semburan2 kyk jacuzi.
tamu hotel bebas main sepuasnya kalau bukan tamu hotel bayar buka pagi sampai sore saja. Malam hari dikuras disikat lhoo jd bersih habis di kuras sikat kita malam2 bisa berendam lagi.
Luass banget mulai dari atas ada waterboom anak2 turun lagi waterboom lagi yg agak dalam trs prosotan menuju aliran seperti sungai ini memanjang kurang lebih 300 meter baru ketemu prosotan lagi ke kolam besar. 
Banyak titik semprotan air yg panas enak buat punggung seperti di pijat.

Mau Booking? bisa baca di sini Guciku hotel atau villa?

Selain GUCIKU ada penginapan plus waterboom juga di Tegal, satu jalur dengan Guciku namanya SUNKITA nah Hotel Sunkita ini ada di aplikasi OTA ya, lebih murah dia menang di view bagus tapi untuk fasilitas waterboom air panas tidak sekomplit GUCIKU.
Pada saat kami menginap di Sunkita waterboom di tutup.
Jadi berendamnya di kolam ini saja ketika cek in baru proses di kuras baru bisa di pakai sorenya.
menang dapat view di sini kalau menginap di Sunkita.

Karena salah satu adik ipar rumahnya di yogya makanya tiap mudik kami pasti ke yogya sambil staycation di Yogya mencoba beberapa hotel promo. 
Salah satunya Hotel Alana ini, Hotel Alana ada 2 yang kami datangi The Alana yg dekat malioboro kami dapat 350rb plus sarapan dan dan welcome cake. Satunya lagi Alana di jalan kaliurang juga cakep awalnya kami salah cek in ke jalan kaliurang lho.

Kami naik vw jadul disini explore sawah, pengrajin di kulonprogo yogya. Omah Cantrix ini konsepnya restoran jawa sekaligus menyediakan vw kuno buat keliling sawah buat berfoto ria.

Menu makanannyapun beragam, banyak menu tradisional dan jajanan jaman kita kecil.
Booking VW by WA 081 22751 0573
Reservasi sebelum hari H pilih jadwalnya jangan terlambat
- 08.00
- 10.00
- 12.00
- 14.00
- 16.00

11. Setelah dari yogya kami kumpul dengan anak cucu orang tua saya di Villa murah besar di tawangmangu jawa tengah VILLA JALASANA TAWANGMANGU, 2 LANTAI, 4 KAMAR BESAR DAN RUANG SANTAI BESAR

villa sebesar ini hanya 800rb di area TawangMangu karanganyar jawa tengah jalur menuju sarangan.

Air terjun legendaris dan kami lewat dari bawah jadi jalan ke air terjun tidak terlalu jauh, pintu utama di atas dan butuh effort tinggi karena ada banyak anak tangga.

13. Makan siang di AMANAH RESTO KEMUNING
Amanah ini juga salah satu resto fav saya berlokasi di antara jalur ke kemuning dan ke tawang mangu recomended murah enak seger bikin anak2 suka karena ada kolam renang, pabrik roti yg enak banget masih anget2.

Resto ini juga tidak jauh dari amanah, disini menyediakan jeep cuma 150rb untuk explore ke makam pak harto lho. Sayang kami belum mencobanya karena sudah kesorean untuk explore naik jeep.
15. Explore klaten ke UMBUL SI GEDHANG DAN KAPILALER

Di klaten banyak sekali sumber mata air alami yang jernih dan banyak ikan, bisa dipakai berenang juga. Dulu yang terkenal hanya umbul cokrotulung sekarang banyak sekali bermunculan dan di buka buat wisata dengan biaya murah meriah bisa berenang sepuasnya dengan air bersih segar dan mengalir.

Umbul si Gedhang dan Kapilaler ini salah satunya, ikannya gedhe gedhee airnya seger jernih. Selain disini yang booming banget Umbul Ponggok banyak spot foto cakep.
Tiket masuk 8000 dapat Gratis air mineral VIT murahkan renang sepuasnya.

16. RESTO AIR WATER GONG klaten seperti selokan jepang 
Ini warung makan dan kolam pancing, disini masuk bayar 5000 / orang dapat pakan ikan. Kita nongkrong sambil kasih makan ikan bisa sekalian pesan makanan ikan bakar yang segar diambil dari kolam. 
Masakannya juga enak yang pasti saya suka ikan bakar dimana ikannya masih segar baru di bakar kemudian di sajikan.
17. Resto milik pembalap Rio Grandis Barn
Berlokasi di jalan utama colomadu dekat bandara. Restoran ini instagramable banget banyak dikelilingi kaca bening. Dibagian belakang bangunan resto ada lahan lumayan luas berumput hijau dan ada hewan rusa.

Menunya western kekinian untung saya cuma sama anak-anak doang karena mengajak orang tua ga bakal suka makanan aneh2 😀.
Anak-anak suka milies crepes dan carbonara.

18. Es Masuk https://youtu.be/4KExcCJENXk
Reunian dengan teman SMP di RM Es Masuk. Rumah makan ini juga salah satu legendaris di jaman sekolah selalu rameee meskipun sekarang tidak lagi seramai dulu tapi lumayan masih enak kok. 

Cek yaa kuliner apa saja menurut versi saya pribadi yang enak, murah di Solo. Pokoknya kalau mudik berat badan siap siap naik.
Alhamdulillah hampir 2 bulan di Solo dan keliling sampai anak-anak kangen rumah.

Puji syukur beribu-ribu syukur kami panjatkan karena begitu kami sudah balik, varian delta menyerang, dimana tiba-tiba banyak korban berjatuhan, RS penuh sampai membludak. Alhamdulillah kami sekeluarga besar sehat walafiat, Allah menjaga kami semua, saya sempet ketar-ketir takut orang tua kami kena waktu itu. 

Dari kasus varian delta kemarin banyak hikmah yang bisa di petik adalah
1.  Kesehatan itu mahal (yang berduit masih susah dapat akses rawat inap), 

2. Mempunyai uang banyak belum tentu bisa mendapatkan fasilitas yang kita mau (semua tetep antri, tabung gaspun kosong dimana2)

3. Kebersamaan bersama orang tercinta adalah penting karena usia tidak ada yang tau (kejadian delta banyak kehilangan teman/sodara baik jauh atau dekat). Usahakan luangkan waktu bersama keluarga tercinta apalagi kalau orang tua masih komplit.

4. Maaf bukan berarti kami abai dengan larangan pemerintah untuk stay di rumah, awal pandemi memang kami nurut begitu agak longgar sejak September 2020 kami mulai roadtrip tetep prokes dijalankan. 

Menghindari tempat ramai selama kami jalan kebetulan banyak tempat sepi dan memang sektor pariwisata sangat terpukul makanya banyak diskon hotel gila-gilaan, pedagang suvenir jual murah, banyak yang memberikan pelayanan bagus kepada tamu mulai tukang parkir, petugas hotel, penjual makanan harapan mereka segera bisa kembali ramai seperti dulu.

Sekian dulu teman-teman jangan bosan yaa membaca tulisan saya 🙏
Wassalamualaikum jangan bosan yaa teman-teman mampir di blog saya.

Nb : Kalau di tanya budget habis berapa? "Tidak menghitung" anggap saja :
- Menyenangkan Orang Tua rejeki selalu ada
- Numpang tinggal gantian di rumah mertua sama orang tua saya, anggap saja gantinya merepotkan mereka diganti diajak jalan2
- Gantinya biaya makan sehari-hari karena wisata Jawa Tengah murahh meriah, makanpun rame-rame paling habisnya 250-500rb beda dengan di jakarta sekitarnya rame2 bisa jutaan 😀
- Berburu promo Hotel dapat saja murah bisa untuk pesan beberapa kamar

Posting Komentar

39 Komentar

  1. Waduuuuh, mudik nekat aja segini menggiurkan mbaa. Jadinya kalo ditotalkan berapa budget yang keluar untuk biaya mudik?

    BalasHapus
  2. Gak dihitung mbakuh, anggap saja menyenangkan Orang tua, Mertua rejeki selalu mengalir, hikmahnya kami semua diberi kesehatan disaat pandemi delta mungkin wujud Allah mengganti apa yang telah kami keluarkan.

    BalasHapus
  3. Wah puas banget ya mbak bisa wfh sekalian jalan-jalan. Rajin berburu promo jadi salah satu kunci nih hehehe

    BalasHapus
  4. Mudiknya kok seru banget siiih, bikin pengen... Enaknya ke semua tempat wisata dengan aman. Menjaga protokol di setiap tempat wisata wajib banget sih. Biar semuanya aman dan selamat. Asyiiiik deh, tempat wisatanya keren-keren. Hotelnya juga nyaman.

    BalasHapus
  5. Mudiknya enak tenan mbakkk... sambil halan-halan gitu. Jadi mupeng. Btw seneng banget kalau mampir ke blog ini. Berasa lagi ikut jalan2

    BalasHapus
  6. Mantap mudiknya, Mba. Kayaknya disusuri semuanya. Kayak saya kalau mudik gitulah Mba.seneng lihat foto-foto nya mba. Jadi nice info juga beberapa destinasi dan activity kalau mau ke sana.

    BalasHapus
  7. Baca ini, jadi ingat pengalaman mudik lintas sumatera beberapa waktu lalu.
    Memang kudu menyiapkan fisik kalau road trip ya, Mak.
    Tapi, sepadan dengan kebahagiaan yang didapatkan.

    Kami juga ada rencana mau road trip lagi, kali ini pengen sampai ke ujung Sumatera, Aceh.
    Semoga.

    Aamiin ya Allah, Ya Robballalaamiin.



    BalasHapus
  8. Amiin3x semoga terealisasi tahun ini ya maak, waah seruu acehh saya kemarin baru sampai palembang maak.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. wow mudik berkualitas ini namanya mbak. 2 bulan gantian nginap di orangtua dan mertua. Ngajak piknik mereka dan juga saudara-saudara. Semuanya jadi senang.

    Saya juga ikut seneng karena bisa dapat rekomendasi hotel dan tempat wisata sekitaran solo. Ntar klo pas mudik ke klaten, pengen juga menyempatkan mengunjungi

    BalasHapus
  11. ninggalin jejak di sini ^_^

    mudik Yeni selalu penuh warnaaaaa..
    sebagian uda lihat di FB sih hhahah

    BalasHapus
  12. Wuihhhh mantap mba perjalanan mudiknya. Singgah ke banyak tempat dan hotel. Jadi banyak tahu tempat penginapan yang enak ya jadinya. Aku lihat di foto anak anaknya juga seneng ya

    BalasHapus
  13. ini mudiknya seru banget mba dan lumayan lama ya. kami tidak ada yang mudik karena memang mengikuti saran pemerintah untuk tetap di rumah karena saat itu sedang tinggi ya kasus penularan COVID-19 di Jakarta

    BalasHapus
  14. Wos, seru sekali cerita perjalanan mudiknya. Full traveling dan sangat menyenangkan sekali bisa kemana-mana. Aku pernah nih ke candi Cetho, trus ke Kuningan Cirebon juga udah pernah karena pernah stay di Cirebon selama 4 tahun. Have fun, mak..

    BalasHapus
  15. Aku mau menapaktilasi trip iniiii
    SERUUU BANGET sih maakk, saban destinasi pastinya memberikan impresi/kesan yg warbiyasaakkk
    aku suka banget explore solo, jogja dan sekitarnya

    bismillah, moga2 ada rejeki tahun ini

    BalasHapus
  16. Aku punya sahabat di Cirebon mba, alhamdulillah mba nulis tentang hotel asri, bisa jadi referensiku berkunjung. Btw, aku udah lama banget ngga ke grojogan sewu, padahal deket.

    BalasHapus
  17. Wahh mbak, seru banget sih mudiknya
    Aku penasaran banget sama camping dan susur sungai nya
    Ini pasti seru banget ya mbak, apalagi buat anak-anak

    BalasHapus
  18. Hot water spa di hotel itu segede kolam yah. Kupikir cuma berendam di bath tub Kamar mandi aja. Eh trus anak TK gitu bisa Cobain? Atau masih kekecilan?

    BalasHapus
  19. Bisa cobain mbak helena anak TK, enak kok seger

    BalasHapus
  20. Wih, mudiknya sekalian jalan-jalan ya, Mbak. Aku sih belum ada mudik kemarin itu. Lha masih single ini, hehehe

    Btw, aku tertarik Camping di bukit paralayang kemuning terus jalan ke candinya di esok hari. Yang lain juga seru

    BalasHapus
  21. Wah mbak ini mah bukan nekad mudik, tapi beneran bertualang beneran, menyenangkan sekali, tapi berapa budget ya, penasaran ehehehe

    BalasHapus
  22. wah puas banget ya mbak jalan-jalan pas mudiknya. memang nih kalau di pulau jawa banyak banget kayaknya tempat wisata buat dikunjungi dan pastinya menyenangkan keluarga juga

    BalasHapus
  23. waaah seru banget inih mudiknya mbaa...
    setiap kota dinikmati dengan total hahayyy...
    Makasih lhoo infonya soal Horison dan Grage di Kuningan, pingin mandi dan main air panas di sana belum keturutan, jd pingin niih...udah lama ga rendam air panas

    BalasHapus
  24. Ini mudiknya justru ter-planning banget dong, bukan nekad lagi, hehehe. Beberapa lokasi sudah saya kunjungi karena tujuan mudik saya cuma di timurnya Solo, alias Magetan. Biasanya juga mampir di Jogja atau Solo, tergantung sikon aja. Yang di daerah Cirebon malah gak pernah transit karena lgs bablas aja ke timur, hehe. Mudik 2022 bakal lebih seru nih.

    BalasHapus
  25. Suamiku juga maish WFH udah hampir 2 tahun nih. 2 kali lebaran gak pulang ke Semarang, api digantinya bulan lain :)

    Wah kisah mudiknya panjang juga ya hampir 2 bulan, tapi seru ya. Aku kok suka lihat Hotel Asri ada kolam renang indoor gitu jadi enak ga kepanasan ya.

    Ini kaya trip jawa ya jadinya. Sehat-sehat selalu ya semua

    BalasHapus
  26. Amiin 3x mb lidya, mb ophi, mb damar dan mb apri semoga sehat semuaa, doa3 diijabah 🤲🤲

    BalasHapus
  27. Rate di hotel Asri terjangkau banget, itu bintang berapa ya? Mudik nekat asal selamat ya Kak dan menaati protokol kesehatan.

    BalasHapus
  28. Jadi kangen pengen mudik juga ke Bengkulu seru banget ini ceritanya apalagi penuh dengan wisata ya

    BalasHapus
  29. wah enaknya bisa mudik, staycation, liburan bersama keluarga. camping dan sungainya sepertinya asik yaa, pengen deh ngajakin anak juga ^^

    BalasHapus
  30. Seru banget mba Yeni. Komplit acara mudiknya. Jd tahu banyak penginapan yg ada kolam hangatnya deh aku. Asik jg sepertinya, selama ini ga begitu antusias sama kolam hangat, tp bener jg bisa ilangin pegel2 capek gt ya.

    Btw pas yg 2020-2021 awal itu hotel2 harganya gila2an sih murahnya. Tp aku waktu itu ga keluar2 jg krn belom vaksin, drpd2. Skrg udah banyak yg normal 😂

    BalasHapus
  31. Hotel asri cirebon bintang 4 mak, dicobain maak menginap di hotel dengan air panas alaminyaa kalau saya sih sukaak ya 😀

    BalasHapus
  32. Waaah seru banget ya bisa mudik 2 bulan. Puas puasin main deh . Saya juga kalau mudik sekalian main dan mampir ke tempat wisata.

    BalasHapus
  33. Seru banget famtrip lebarannya ya Mbak aku tertarik banget dengan Grage Resort kayak nya nyaman banget ya pemandangannya cantik, ada spa air panas pula jadi pengen ajak ortu ke sini, pasti asyik berendam air panas..

    BalasHapus
  34. Lama ga pulang kampung rasanya seneng banget pa sudah bisa ketemu ortu ya mba, banyak tempat pula yang bisa dikunjungi untuk melepas penat dan quality time dengan keluarga, Semoga lebaran taun ini aku bisa pulang kampung, udah 2 taun ga pulkam...

    BalasHapus
  35. Amin3x mb mirna smg di mudahkan

    BalasHapus
  36. Waaaahhhh ini mah piknik yang seruuuuuu bangetttttt ya Mba, apalagi ajak kelaurga besar ikut serta ya. Mumpung semua keluarga juga bisa, dan pasti mumpung ada waktu dan rejeki. Semoga next time bisa seru seruan bareng kelaurga lagi di tempat yang lain ya Mbaaaa

    BalasHapus
  37. Masya Alloh, ini sih paket komplit. Mudik sekalian jalan-jalan, wisata kuliner, piknik, dll. Senang rasanya kalau bisa kumpul bareng keluarga lagi. Menuntaskan kangen, ya ��.

    BalasHapus