Explore ke Anak Gunung Krakatau dan Pulau di sekitarnya (Pulau Umang, Pulau Sebuku Besar, Pulau Sebuku Kecil dan Pulau Sebesi) November 2021

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Hallo teman-teman jumpa lagi dengan GustiYeniFamtrip, kali ini saya akan kupas keseruan kami explore anak gunung krakatau minggu lalu 20-21 November 2021 beserta budgetnya. Pokoknya blog ini berisi pengalaman familytrip kami beserta riview2 dan budget hemat yang kami dapatkan.

Mau lihat video kepulauan dari atas dan keindahan bawah lautnya bisa klik link ini EXPLORE KRAKATAU DAN HOPPING ISLAND

Di atas anak gunung krakatau, uap dibelakang kami berasal dari kawah.

Saya suami dan anak-anak berangkat hari Kamis 18 November 2021 karena kami jalan santai pengen menginap di Cilegon, pilihan jatuh di Greenotel Hotel + Waterpark Cilegon kebetulan promo @traveloka dapatnya Rp. 118rb sudah sarapan mana cakep hotelnya. Kami jalan duluan karena mumpung anak-anak masih sekolah online, suami masih WFH jadi cari hotel yg wifiinya kereen.
View kamar waterpark

Kesukaan kami penginapan include waterpark free buat tamu hotel sudah banyak pengalaman kami menginap di penginapan dg konsep kidfriendly.

Di hari Jumat, 19 November 2021 kami cek out pukul 12.00 dan sholat Jumat di Masjid Besar Cilegon.
Alhamdulillah bisa absen sholat jumat di masjid besar ini.

Selepas sholat Jumat kami langsung menuju Pelabuhan Merak, kami naik kapal Reguler karena hemat itungannya 1 mobil dengan jumlah penumpang bebas Rp. 422.000 termasuk biaya admin bayar pake debet BCA. Berangkat kami naik kapal reguler pulangnya kami naik kapal Express seharga tiket Rp. 588.000 Beda kapal Express dan Reguler rute Merak - Bakauheni PP.

Masuk kapal jam 13.00 tapi kapal baru berangkat pukul 14.10 lamaa banget kan sampai jamuran menunggu, sampai di Bakauheni pukul 16.15 kami langsung menuju penginapan plus waterpark juga di tepi pantai Krakatau Kahai Beach Lampung.
Untuk makan kami beli di restorant Hotel murah dan banyak sih menu nasi goreng komplit ada telur dan ayam goreng cuma 33rb. (Budgeting nanti di bagian bawah saja ya biar gampang ngelistnya).
Penginapan pinggir pantai dg waterboom view gunung krakatau

Pagi-pagi kami sudah siap-siap langsung memakai baju renang buat dalaman dan menuju ke Dermaga Canti Lampung sekitar 30 menit dari hotel. Krakatau Kahai Beach Lampung adalah salah satu Hotel yang mendekati dermaga Canti, banyak sih homestay di sepanjang pantai yang murah kebetulan kami juga dapat murah plus fasilitas oke koo dari aplikasi @traveloka juga.

Kami berkumpul dengan total 28 peserta termasuk kami berempat di dermaga canti, ada yang dari prinsewu lampung 3 peserta, bandar lampung 3 peserta, bengkul 2 peserta dan sisanya dari Jakarta.
Sarapan di nasi uduk lela tepat di depan dermaga canti, nasi uduk telur balado gorengan tempe2 sayur 17500

Kapal mulai berlayar dari dermaga Canti Lampung, dermaganya kecil sangat sangat biasaaa malah lebih bagus Dermaga di Pulau Sebesi tempat kami menginap nantinya.

Paket tour di mulai di Dermaga Canti ini kami mulai sewa kapal kapasitas 30 orang beserta Guide dan awak kapal, Penginapan di Canti Cottage tepat berlokasi di dermaga Pulau Sebesi, Makan 4x, foto, pelampung, hopping island (pulau umang, pulau sebuku kecil, pulau sebuku besar, anak gunung krakatau) Ranger ketika naik ke anak gunung krakatau jatuhnya Rp. 450.000 / orang.

Kapal yang kami gunakan, kami lebih suka duduk diatas karena sambil melihat pemandangan, tapi ketika menuju anak gunung krakatau diminta duduk didalam semua karena ombak yang besar.
Bagian bawah kapal luas dan bersih

Ittinerary kami setelah berangkat dari dermaga Canti.

1. Pulau Sebuku kecil
Pulau kecil ini tidak jauh dari Dermaga Canti, Pulau ini tidak berpenghuni, pasirnyaa putih bersih lembut, warna air laut yang di hasilkan kereen biru tosca.
Belakang kami adalah pulau sebuku besar dan gunung rajabasa / dermaga Canti Lampung.
View yang berwarna hijau Pulau Sebuku besar, yang berupa gunung adalah pulau sebesi.
2. Pulau Sebuku Besar
Pulau sebuku besar juga merupakan pulau tidak berpenghuni, bentuk pulau ini memanjang dengan hutan di dalamnya. Kapal kami bersandar di dekat pulau ini untuk snorkling.

Snorkling di sebuku besar
Ini tidak semua bisa berenang lhoo, jadi jangan takut nyemplung yaa

Spot Snorkling pertama disini banyak karang jahe jadi hati2 karena kena kaki sakit. Untuk alat Snorkling kami bawa sendiri model Full Faces beli di olshop murah di bawah 100rban.

Apa Bisa Orang Tua / Tidak bisa berenang bisa ikut SNORKLING?

Bisaa banget, tinggal pakai pelampung yang benar pakai alat snorkling yang nyaman model full faces jadi tinggal tiduran tengkurap melihat dunia bawah laut yang cakepp, diam aja nanti mengambang sambil sesekali gerakin kaki atau tangan.

Ini adalah karang jahe, biar tidak sakit snorkling atau main pasir pake sepatu khusus seperti ini.
- Bulet biru beserta kotak seperti antena adalah alat snorkling fullfaces
- sepatu biru, sepatu hitam buat main di pasir dan buat snorkling juga
- kaki katak buat free dive buat pemula tidak perlu 

Setelah snorkling kami cek in dulu di Cottage Pulau Sebesi.

3. Pulau Sebesi

Pulau Sebesi satu-satunya pulau berpenghuni dan merupakan pulau terdekat dengan Gunung Krakatau. Pulau ini memiliki jumlah penduduk sekitar 4000 jiwa, fasilitas pendidikan di sini ada TK - SMA, listrik menggunakan PLTD, ada 40 unit kendaraan roda 4 di sini yang diangkut menggunakan kapal yang kami tumpangi, jumlah sepeda motor ada banyak buat dibawa berkebun.

Jaman belanda masyarakat di pulau Sebesi di suruh bercocok tanam rempah-rempah dan tanaman perkebunan lainnya karena tanah di dekat gunung berapi pasti subur. Hingga saat ini masyarakat Pulau Sebesi hidup berkecukupan dari hasil bumi meski tinggal di pulau justru mereka tidak banyak yang menggantungkan hidupnya dari mencari ikan.

Hasil bumi dari pulau sebesi ini seperti pisang, coklat, kelapa dkk di angkut menggunakan kapal langsung ke Anyer Serang Banten.

Ketika tsunami 2018 terjadi akibat erupsi anak gunung krakatau di Pulau Sebesi ini tidak kelihatan Cahaya Matahari selama 4 hari, ada 60 rumah hilang terutama di pinggir pantai.
 
Kami menginap di salah satu Cottage Pulau Sebesi lokasinya tepat di pinggir dermaga sehingga tidak jauh dari kapal. Selepas snorkling di Pulau Sebuku Besar kami masuk penginapan mandi dan makan siang di tempat semacam pendopo. 
Menu makan siang hari 1
- Nasi
- Ikan goreng
- Sayur asem
- orek tempe dan teri, sambel krupuk maknyusss daah.

Rencananya setelah makan siang, kami akan trekking ke bukit Sebesi naik motor terlebih dahulu eeeh ternyata motor pada di pake alhasil kami explore Pulau sebesi naik mobil bak terbuka. 
10 orang yang ikut mobil ini lainnya istirahat di penginapan. Iuran 20rb/ orang untuk bayar mobil ini.
Explore pulau sebesi masuk kebun, kampung dan nemu pohon tumbang sepertinya akibat tsunami cakep buat spot foto dengan latar belakang gunung krakatau dan anak gunung krakatau.
Yang menjulang tinggi dibelakang kami Gunung Krakatau yg meletus th 1883 yg sampingnya kecil anaknya yang erupsi 2018.
Gokil habisss sepanjang perjalanan kami naik mobil bak terbuka ini jadi tontonan, anak anak pada da da da da hebohnyaa kami di goncang goncang ni mobil.

Setelah kami explore Pulau Sebesi kami siap-siap snorkling lagi di Pulau Umang-Umang sekalian berburu sunset.

4. Pulau Umang Umang
Pulau kecil tidak berpenghuni yang lokasinya tidak jauh dengan Pulau Sebesi. Pulau ini kereen cakep lhoo setiap sisi beda view.
Pulau umang umang kami masuk hutan untuk berburu spot sunset
Ini spot setelah masuk hutan

Paket komplit di Pulau Ini, pulaunya cakep bersih, pasirnya lembutt putih, spot snorklingnya kereeen ketemu nemo disini.
Banyak karang bulan disini bulet bulet gedhee.
5. Aktifitas malam hari kami di Pulau sebesi
Setelah snorkling dan berburu sunset kami kembali ke Pulau Sebesi Mandi Sholat Maghrib dan makan malam dengan menu
- Nasi
- sayur sop
- ayam
- krupuk
Lanjut kami pesen 10kg Ikan seger harga 50rb/kg dibakar di pinggir pantai. Uniknya disini bumbu ikan khas lampung.
Anak-anak melihat penyu di dermaga pulau sebesi, ada 3 penyu di lempar pisang dimakan lho.

6. Keesokan harinya pukul 4 pagi kami siap-siap menuju anak gunung krakatau.
Ternyata tidak bersahabat dan kami berangkat sekitar pukul 05.00 menunggu angin tidak begitu kencang.
Sarapan pagi di box sudah di bawa sekalian.
Satu kranjang gorengan masih panas menemani perjalanan kami.
Masya Allah tabarakallah dengan zikir takbir selama 1,5 jam.menuju anak gunung krakatau dimana ombak di selat sunda besar. Kapal kami terombang ambing, sejak awal sudah diinstuksikan semua penumpang duduk dibawah kebetulan saya di atas sambil pegangan ban melihat betul kapal miring ke kanan kiri hampir 45 drajat. Tidak terbayang kalau berangkat pukul 04.00 dimana langit masih gelap naik kapal terombang ambing.

Anak gunung krakatau warna putih di pinggir pantai adalah karang putih dan batu apung.
mulai trekking ke atas
view pas di atas kepulan asap dari kawah
Alhamdulillah meski tidak muda lagi apalagi ada yang sudah pensiun tapi pada kuat keatas, menikmati perjalanan.

Foto dibawah ini diambil oleh teman saya Dian Novita ketika beliau trip ke krakatau November 2018 sebelum erupsi, tapi pada saat itu ketika beliau pulang sudah mulai batuk2 anak krakataunya.

Pinggir anak gunung krakatau yang masih ada hutannya hijau bagus. November 2018
Setelah trekking keatas belakangnya yang nyembul itu Ibu Gunung Krakatau. November 2018

Kondisi anak gunung krakatau di November 2021

Yang menjulang tinggi Ibu Gunung Krakatau yang hitam lebih pendek anak gunung krakatau terkini sudah mulai tinggi lagi.
Ternyata tanggal 6-7 November 2021 terjadi erupsi di Anak Gunung Krakatau pantes ada warna merah di tanahnya.

Anak gunung krakatau hitam semua tidak ada tumbuhannya.

Setelah puas trekking ke Anak Gunung krakatau di dampingi oleh Ranger petugas dari Lampung karena gunung ini masih dalam pengawasan sehingga kami harus ijin kami kembali ke penginapan.

Sampai kembali di Pulau Sebesi anak-anak main kano dan karena anak-anak saya masih pengen snorkling akhirnya saya sewa kapal nelayan 150rb sdh plus nakhodanya untuk mencari spot snorkling yang cakep.
Kapalnya kecil seukuran badan kita ketika duduk diisi 4 dewasa 4 anak 😁
Jernihh bangett dan ikannya bagus2 


Dari kapal nelayan foto dengan view bukit pulau sebesi

Setelah puas kami kembali mandi packing makan siang dan balik ke dermaga canti.
Namanya anak-anak selepas snorkling masih mau main kano di pulau sebesi.

Budget kami sekeluarga 2 dewasa 2 anak karena kami bawa mobil sendiri dan mampir2 dulu.

1. Toll pulogebang jakarta timur ke cilegon, merak balik exit toll cakung timur total 110rban

2. Bensin mobil xpander 250rb masih sisa

3. Hotel Greenotel Cilegon 118rb include sarapan, makan siang dan malam di cilegon 175rb total

4. 1x antigen cuma satu orang saja 90rb 

5. Tiket kapal merak -bakau reguler 422rb include biaya admin bca 

6. Tiket kapal bakau - merak Express 588rb

7. Hotel krakatau kahai beach lampung 300rb

8. Makan di hotel plus beli nasi padang total 60rb

9. Parkir mobil menginap di dermaga canti 100rb

10. Masuk pantai batu lapis 50rb

11. Tour krakatau 2 hari 1 malam komplit penginapan AC, makan guide 450rb/orang

12. Tambahan buat tips guide, nakhkoda kapal, operator drone, beli ikan segar buat bakar2 dan sewa drone include operator 100rb/orang jadi kami 400rb. 

13. Sewa kapal nelayan sendiri sekeluarga cari spot snorkling lagi 150rb

14. Iuran mobil bak terbuka 20rb/org

Total kami sekeluarga 4.653.000 bagi 4 perorang kena 1.2jt total 4 hari 3 malam.

Kalau sendirian explore krakatau lebih mahal lagi karena urus perijinan untuk ke anak gunung krakatau mahal, belum sewa kapal ke pulau2.

Destinasi tambahan buat mobil Saya dan Mobil Ibu Susi Harahap sekalian pulang sejalur kami mampir Pantai Batu Lapis.

PANTAI BATU LAPIS ini dulunya hanya bisa di akses naik kapal tapi sekarang sudah di buatkan jalan akan tetapi masih berbatu batu jalanannya. 
Jalanan ke Pulau Batu Lapis masih berbatu-batu
Menunggu sunset di sini
Cakep batunya berlapis
Alhamdulillah trip lancar semua, cuaca bagus karena ketika kami memutuskan tanggal cek cuaca dulu di aplikasi accuwheater, peserta happy meskipun banyak dari kami yang baru mengenal satu sama lain akan tetapi langsung bisa menyatu, anak-anakpun sama langsung bermain bersama. 

Terima kasih banyak buat teman-teman ASN DKI, mb lia + mb tyas dari Bengkulu, mb Dwi sekeluarga dari Pringsewu, mb hasna keluarga dari Bandar lampung.

Bisa hubung Sebesi Hidayat WA 0821 7803 5900 

"Kalau teman2 arrange sendiri pastikan detil menu makan, ittinerary jangan mau di ubah krn kejadian teman saya diubah explore krakatau hari pertama giliran hari kedua balik canti malah bawa tumpangan penduduk dan ada yg di skipp explore pulaunya, detil tegas, ikan bakar juga sama harus teliti cek biar ga zonk spt kasus teman saya sebelum kami trip, lebih bagus sewa drone dan fotografer krn hasil foto dr TL kurang cetar"

Sekian wassalamualaikum warrahamatullahi wabarakatuh.

Barangkali teman2 tertarik explore Lampung yang lain Villa Apung Andreas Pulau Pahawang

Riview Hotel di kuningan jawa barat





Posting Komentar

31 Komentar

  1. MaasyaAllah indahnya alam ciptaan-Nya. Mantap banget ini mbak udah bisa ngetrip. Jadi mupeng huhuhu apalagi itu yang gak bisa berenang pun bisa ikut snorkling huhu... kudu di list ini mah buat otw

    BalasHapus
  2. wah ! ternyata keren juga ya pemadangannya...
    Di sana ternyata juga sudah ada penginapan..
    Kira-kira ada travel agent yang open trip ke sana nggak ya? Biar seru-seruan pergi bareng temen baru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adaa kakak kalau mau join tmnku buka opentrip alhir januari 2022 sabtu minggu biaya samaa

      Hapus
  3. Lengkaaaap bangetttt infonya mba. Saya udah lamaaaa Penge ke Lampung dan melihat anak gunung Krakatau ini . Walo jujur agak takut juga, secara gunung masih aktif. Kebayang juga seremnya dulu pas Krakatau meletus 😫.

    Belum Nemu waktu pas aja mau kesana, apalagi sedang musim hujan skr. Insyaallah tahun depan kalo udh ga terlalu hujan lagi. Jadi memang sebaiknya ambil tur aja biar ringkes ya mba. Akupun maunya gitu, biar ga repot urus perizinan

    BalasHapus
  4. Krakatau selalu menggoda untuk dikunjungi..aku belum pernah nih main ke daerah krakatau.. Pengen sih suatu hari nannti..pengen snorkelingan juga

    BalasHapus
  5. Mbaaakkk... aku pengen banget ke sini. Dari dulu belum kesampaian. Padahal sua orang Bengkulu, pengennya tuh mudik dari Malang ke Bengkulu bawa mobil dan mampir-mampir tempat wisata di Lampung.

    Terima kasih informasi detailnya. Jadi saya nggak ragu lagi deh buat ikut snorkeling, walau nggak bisa berenang tapi tetap bisa ya menikmati pemandangan bawah laut

    BalasHapus
  6. Semoga di mudahkan ya mba nanik nara roadtrip dari bengkulu ke.malang seruu banget tuh mbaa

    BalasHapus
  7. Walau pemandangannya cakep banget, jujur aku mikir ratusan kali buat ke anak krakatau.. Rada serem aja soalnya terhitung aktif kan ini gunung. Tapi seru baca catatan perjalananmu, mbak.

    BalasHapus
  8. Wah..Anak Krakatau! Cakep sekali foto-fotonya
    eren dan lengkap sekali infonya. Mana hemat pula anggarannya, terima kasih sharing-nya, Mbak
    Senang sekali kalau ikut open trip begini, enggak ribet seperti saat urus tur sendiri ya

    BalasHapus
  9. Keren banget ini penginapannya. Seru ya bisa keliling anak krakatau. Mupeng sama menyelamnya.

    BalasHapus
  10. Kangen banget dengan traveling. Asyik banget tentunya ya. Apalagi snorkelling. Duh...pengen!

    BalasHapus
  11. Bagus banget mbak penginapan dekat pantainya itu yaa. Kolam renangnya beneran dekat dengan laut. keren banget. Jadi pengen deh traveling ke sini kalau pandemi dah usai. pemandangannya juga luar biasa yaa. masyaAllah.

    BalasHapus
  12. Masyaallah mbak, keren banget ya viewnya
    Traveling rame rame gitu pasti makin seru ya mbak
    Duh itu ikan bakarnya sangat menggugah selera

    BalasHapus
  13. Cantik banget pemandangannya ya mbak, asyik banget kumpul terus piknik bareng rasanya lebih seru dan happy, dulu pernah nginap di Anyer, anak Krakatau rasanya jelas terlihat apalagi ikut trip ini beneran di depan mata ya gunungnya...

    BalasHapus
  14. Sejak dulu suami selalu ingin mengajak ke Anak Gunung Krakatau. Dari anak saya masih kecil sampai sekarang udha remaja belum kesampaian hehehe. Sayanya yang masih maju-mundur. Agak malas naik kapalnya. Khawatir mabok laut. Lihat foto-foto ini kok jadi pengen juga, ya

    BalasHapus
  15. Bagus banget mbak, pemandangannya. Jadi pwngen juga. Tapi ini serunya memang kalay bareng-bareng gini ya... Acara bakar2 ikannya jadi hidup.. Smg kapan-kapan bisa nengokin anak krakatau juga..

    BalasHapus
  16. Seru ya mba... Pengen aku bisa jalan2 ke alam, ramai2 gini. Blm pernah ke anak Krakatau juga diriku...berharap suatu hari bisa sampe ke sana. Menantang sih kayaknya...masih gelap, terombang ambing di atas kapal...

    BalasHapus
  17. Ya Allah.. Seru sekali..
    Melihat pulau-pulau indah ini, dengan budget yang menurutku memuaskan, ya worth it lah.. MasyaAllah, sungguh ngga menyangka, ternyata pemandangan di pulau-pulau dekat Krakatau tuh bagus bangettt

    BalasHapus
  18. Aku belum aku jadi kangen nginap di Cilegon. Pertama kali nginap di Greenotel hotelnya baru banget mba. Bagus banget yaa semoga masih sebagus pertama buka :)

    BalasHapus
  19. Kak Gusti...ada usia minimal anak untuk ikutan snorkeling gak?
    Seru banget yaa..birunya air laut dan merasakan keindahan alam di bawah laut. Amazingly~
    Rasanya pengen salaman sama nemo, hehehe..

    BalasHapus
  20. Seru banget jalan-jalan di pulau sekitar Anak Krakatau. Penasaran, tapi memang kudu lihat situasi dan kondisi ya. Gunung ini kan masih aktif dan suka batuk-batuk. Btw, jadi pengen naik kapal juga

    BalasHapus
  21. Kak lendy ga ada batasan usia, yg penting anaknya bisa aja kita beliin pelampung yg kecil supaya nyaman sama alat snorkling full faces sudah deh tinggal nyemplung ngambang sambil tiduran tengkurap lihat dunia bawah laut

    BalasHapus
  22. serunya
    lampung btw emang indah ya mak kupikir ini krakatau sekitar llagi ditutup buat jaga2 gunung takut batuk gitu. aman ya skrg ke sana jadi bisa wisata eksplor gunung dan laut sekaligus

    BalasHapus
  23. Mbak kok bisa aja sih dapat promo trapeloka, aku sampai srkng gk pernah dapat haha
    Baru tau ternyata pulau Sebsei adalah yang terdekat dengan gunung Krakatau dan berpenghuni ya. Aku kalau inget Krakatau inget batuk2 dan betapa dahsyatnya pas meletus, mungkin msh terngiang2 film ttg sejarahnya dulu yg settingnya msh zaman Belanda :D
    Seru banget jalan2nya naik pick up terbuka gtu :D

    BalasHapus
  24. Luar biasa cantik ya pulau-pulau di sekitar gunung Krakatau ini. Jadi pengin loh bersama keluarga bisa jalan-jalan ke Sebuku dan Sebesi yang cantik dan syahdu.

    BalasHapus
  25. wuuuu... serunya bakar ikan dimalam hari ditepi laut. nih jalan-jalan bikin hilang penat, walaupun ada lelah tapi tertutupi dengan rasa bahagia dan puas..

    BalasHapus
  26. Penginapannya menarik sekali kalau ajak anak-anak makin happy deh sekeluarga apalagi lagi masa belajar daring maish bisa menyesuaikan waktunya

    BalasHapus
  27. Pulaunya cantik-cantik ya. Traveling memang bisa menyegarkan pikiran apalagi kalau bareng keluarga. Bisa menjadi penghibur disaat pandemi 2 tahun gak bisa kemana-mana

    BalasHapus
  28. Eyaampun, seru banget ini main ke pantai dan gunung. Huhu udah lama deh aku gak main ke gunung dan pantai kayak gini. Bawa keluarga kayaknya seruuuu. Semoga nanti berkesempatan deh ih bisa eksplore gunung begini.

    BalasHapus
  29. Pantainya subhanallah indah sekaliiiii.. Aku pernah ke lampung sekali tapi belum pernah ke pantainyaaa.. cantik banget yaaa

    BalasHapus