Pentingnya Service Motor Secara Rutin

Memiliki sepeda motor jaman sekarang rasanya seperti sebuah keharusan, berbeda dengan jaman saya kecil dulu, kebetulan saya tinggal di Kota Solo tepatnya di Sangkrah Pasar Kliwon dimana orang memiliki sepeda motor masih jarang pada saat awal tahun 1990an. Saya termasuk yang terkagum-kagum melihat sepeda motor model terbaru saat itu karena tidak punya sepeda motor apalagi mobil, keseharian bapak pulang pergi bekerja naik sepeda jengki, bepergian naik sepeda pokoknya kemana-mana naik sepeda, jauh dari pangkalan angkot apalagi belum musim adanya ojek.

Kami mampu memiliki sepeda motor ketika saya duduk di bangku SMA sekitar tahun 1996, berawal dari sekolah saya yang jauh di SMA 5 Solo.  Ngenesnya saya tuh mabok kalau naik angkot/bus, sudah di coba berkali-kali tetep saja badan lemess mess, kalau naik sepeda jaraknya jauh plus bapak tidak tega karena jalannya ramai bus luar kota....
sumber CNN motor honda supercap 700 seperti punya saya dulu

Akhirnya bapak membeli sepeda motor bekas  Honda supercap 700, tahun produksi 1980an dimana starternya masih pake kaki, nah ketika kelas 2 SMA, ibuk pulang dari Arab Saudi dibeliin sepeda motor baru "Yamaha Sigma" dimana starternya sudah otomatis, tinggal pencet nyala dech.
                               sumber google

Yamaha Sigma menemaniku sejak kelas 2 SMA hingga kuliah, suka duka bersama haiyaah lebay yakss....beneran lho ada dukanya bukan hanya suka saja mulai dari ban bocor kudu ganti baru, mogok karena busi jelek, sampai bau-bau gosong karena telat ganti oli (jangan ditiru yaaks xixixi)...

Memiliki sepeda motor tuh penyelamat sekali bisa menghemat waktu, dan biaya transportasi umum setiap harinya tapi eeh tapi kudu dirawat dengan baik jangan seperti saiyaah dulu yang saking sok sibuk kuliah disambi kerja sampai suka lupa service motor.

Nah saat ini teknologi sudah berkembang, bermunculan sepeda motor matic, inget banget dulu awal muncul sepeda motor matic corsa kalau tidak salah dan diikuti brand- brand lain.

Alhamdulillah sepeda motor matic tuhh nyaman banget tinggal gas langsung jalan, berhenti tinggal ciitttt di rem. Apalagi tinggal di perkotaan dimana langganan macet otomatis sepeda motor matic sudah paling nyaman deh, sat set sat set. 

Suami bekerja masih setia menggunakan sepeda motor alasannya selain menghemat waktu, setelah sholat subuh masih bisa tidur lagi baru bangun jam 6.30 WIB mandi, sarapan berangkat ke Kantor pukul 07.00 WIB sekalian mengantar anak-anak ke sekolah. Nah kalau membawa mobil harus rela berangkat dari rumah pukul 06.00 WIB padahal jarak rumah ke kantor hanya 9 km, lebih cepat dan nyaman naik sepeda motor kan?...

Tapi dibalik kenyamanan naik sepeda motor matic, hal yang wajib dilakukan adalah melakukan service secara rutin supaya sepeda motor tetap awet mesinnya dan nyaman di gunakan.  

Service motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak  tempuh tertentu. Bagian yang sudah dicek, antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan. Oli mesin, oli garden, ban dan sebagainya. Untuk lebih jelas apa saja yang harus di Service pada motor, yuks baca article ini sampai selesai.

8 Bagian yang di Cek Ketika Melakukan Service Sepeda Motor :

1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, sangat perlu untuk rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 km. Biasanya, biaya yang perlu kami bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merk) dan biaya jasa ganti Olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi Ester. Jadi ya wajar sih kalau retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oli tertinggi di kelas oli. 
Jadi bagi yang memiliki sepeda motor matic pastikan menggunakan oli motor matic yang tepat.

2. Oli Gardan
Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli garden. Mengingat fungsi oli garden untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli garden.

3. Busi
Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi Percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tidak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.
4. Kampas Rem
Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi factor penting yang perlu di perhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu system pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu di cek saat melakukan service motor.

5. Filter Udara
Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.
            sumber filter udara motor pribadi

6. Aki atau Accu
Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3 - 12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tidak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan adanya kebocoran atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7. Ban
Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin
Service motor tune up adalah service rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem dan klakson.

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju baru mekanik melakukannya.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Untuk mendapatkan service yang bagus, ya harus mencari bengkel service motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa diandalkan adalah Planet Ban. Di bengkel ini, kamu bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru. 

Hmm... apa itu servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk mengupgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan  pada service motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek  dan disetel rutin.

Apa Sih Manfaat Melakukan Service di Planet Ban?
- Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin.
Otomatis mesin menjadi lebih awesome (jarang rusak).

- Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaiannya menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin dan tarikan enteng.

- Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya service jadi lebih hemat.

- Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polysilicon dari motor berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lain.

Jika kamu servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Ya, service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah, sekarang kamu sudah tahu manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis. Sekarang, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kamu service motor? Kalau perlu service motor, yuk ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

Posting Komentar

61 Komentar

  1. Aku tu rewel banget kalau soal service rutin kendaraan. Soalnya semakin rutin dirawat, motor tu beneran nyaman dipakai deh. Dan sebaliknya.
    Apalagi motorku matic kan. Ganti oli juga wajib banget rutin, nggak boleh kelewat.
    Kapan-kapan coba service di Planet Ban ah. Kayaknya teliti dan bersih banget ya t3knisinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bun..memang penting banget ganti oli rutin itu, biar mesin gak mandet..

      Hapus
  2. Wah, mantap nih planet ban harga jasa servisnya juga terjamgkau. Mana tempatnya juga nyaman ya

    BalasHapus
  3. Servis kendaraan bermotor dimana salah satunya sepeda motor harus banget rutin perawatannya. Jadi usia pemakaian motor bisa lebih lama dan perfomanya tetap terjaga. Yg ga kalah penting pilih tempat sevice nya jg yg kredibel

    BalasHapus
  4. Sekarang ini, apalagi hidup di kota besar, penggunaan sepeda motor memang penting ya untuk pertimbangan waktu, namun demikian urusan service rutin juga harus jadi perhatian ya Mbak dan Planet Ban pilihan yang tepat.

    BalasHapus
  5. Wah jadi inget waktunya servis motor nih, jadi tahu saya manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis dari artikel ini. Mending ke Planet Ban aja kalau gitu servisnya biar motor rasa baru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi baca list harga servisnya, Planet Ban aman di kantong saya...servis motor terpadu yang bakal bikin motor rasa baru, siapa saja pasti mau

      Hapus
  6. Namanya kendaraan bermotor tuh memang harus di service secara rutin, agar mesin juga lebih terawat dan enak digunakannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget bun.. tanpa perawatan, motor gak bisa jalan dengan prima

      Hapus
  7. Si sulung pernah dua kali service motor matic di Planet Ban. Suamiku malah udah beberapa kali karena dekat juga dari rumah kami. Katanya suka servis di sini karena pelayanan yang cepat dan ramah

    BalasHapus
  8. Motor akan memiliki kenangan terindah dengan pemiliknya. Karena setiap perjalanan akan ada kisahnya sendiri.

    Nah, biar motor awet memang perlu banget kudu rutin service. Jangan sampai motor kesayangan kita rusak karena kita lalai menyervicenya.

    BalasHapus
  9. Gak boleh banget terlewat service motor rutin ini..
    Karena memang seenak itu habis di service tuh.. Selain kalau uda kelewat lama gak diservice, malah bikin kantong jebol, hiiks~
    Karena saking banyaknya yang kudu diganti.

    Service terbaik di Planet Ban. Selain mendapatkan masukan untuk service, rincian biaya yang transparan dan pengerjaan yang gercep.

    BalasHapus
  10. service rutin untuk kendaraan bermotor memang penting dilakukan agar performa kendaran bermotor bisa lebih maksimal

    BalasHapus
  11. Dulu, aku tuh termasuk yang gak paham soal service motor, diserahkan semua ke Bapak. Tapi setelah bapak meninggal, otomatis semua aku yang urus. Dan pas telat service motor jadi gak enakeun. Dari situlah mulai paham kenapa rutin service motor itu penting banget.

    BalasHapus
  12. Iya servis mesin motor secara berkala tuh penting banget ya, Mbak. Biar mesinnya awet dan nyaman untuk digunakan.
    Btw mb Yeni alumni SMA 5 Solo ya ternyata.. kalau aku dulu cuma tiap hari lewat sana, Mbak.. hahaha. Karena rumahku Palur dan sekolahku di SMK 6 Solo :D

    BalasHapus
  13. Penting banget untuk selalu servis motor ya. Kalau rajin diservice, motor lama pun bisa terasa seperti baru.

    BalasHapus
  14. Wah iya, klo mau motor mau awet digunakan memang harus rutin di servis
    Servisnya ya di Planet Ban

    BalasHapus
  15. Penting banget ya Kak untuk rutin servisin sepeda motor. Terutama ganti oli dan ganti ban. Jangan hanya ke bengkel saat motor rusak.

    Di sini juga ada Planet Ban dan daku suka karena tempatnya bersihh banget.

    BalasHapus
  16. asih nih servis motor di Planet Ban sudha pasti bersih ya karna dibersihkan semuanya sampai seperti baru

    BalasHapus
  17. Barang apa pun kalau mesti awet ya mesti dirawat ya, Mbak. Apalagi motor. Nggak dirawat, nggak pernah dservis, bisa-bisa malah membahayakan di perjalanan. Udah paling bener itu servis rutin di Planet Ban.

    BalasHapus
  18. Nah..... sebagai pengguna kendaraan roda dua, ini merupakan hal wajib setiap bualn sih menurutku supaya kendaraan tetap nyaman dipake dan mesin selalu dalam kondisi prima. Percayakan deh ama planet ban kalau service

    BalasHapus
  19. Servis rutin motor memang perlu sekali, karena sangat membantu performa motor, Mbak. Motor jadi awet, selain itu memang lebih enak dipakai. Kalau saya patokannya servis rutin itu bukan dari berapa bulan sekali, tapi dari kilometer. Biar baru servis 3 minggu, tapi motor saya pakai ngebolang jauh, saya servis lagi.

    BalasHapus
  20. Service motor secara rutin nggak boleh emang diabaikan. Kalau nggak, motor bisa cepet rusak, ya minimal pas dipakai jadi gak enak. Pengalaman banget soalnya, saat motor yang adik saya pakai, belum ada 2 tahun, mesinnya sudah tidak enak tarikannya gara-gara diservicenya molor-molor. Pernah sampai oli mesin dan oli garda habis.

    BalasHapus
  21. Sosialisasi service motor ini perlu banget, apalagi bagi yang malesan dan tahunya make doang..Wwkwk, kadang suka kesal sendiri pas diberi motor peninggalan ortu dulu yang memang jarang diservice, eh sekalinya dipake dan langsung rusak, langsung bilangnya "motor semenjak dipake kamu jadi rusak total"..ehehe..cerita dikit di kolom komentar

    BalasHapus
  22. Servis motor rutin ini sering malesin ya, apalagi buat cewek yang kurang nyaman ke tempat yg didominasi cowok. Padahal servis rutin ini penting buat umur motor.

    BalasHapus
  23. baru tahu ternyata ada dua jenis oli nih, Informasinya bermanfaat banget.Wiih bisa hemat 70%, BBM ya kalau service di Planet Ban. Jadi pengen juga service di planet ban cabang Jogja

    BalasHapus
  24. Ternyata part-part motor itu banyak sekali ya kak. Dan gak semua itu aku tahu. Mungkin itu yang bikin cewek-cewek kurang aware soal servis motor padahal ada Planet ban hehe

    BalasHapus
  25. Biar nyaman sat-set-sat-set kemana aja, kendaraan yang digunakan jangan sampe lupa di servis. Apalagi ini Planet Ban asiknya tersedianya udah di seluruh Indonesia ya kak

    BalasHapus
  26. akhirnya saya tahu detail apa saja yang wajb dicheck saat service motor mba, dulu saya asal pakai aja ga pernah service, setelah saya tinggal di Jogja sendirian akhirnya jadi tahu dan baca ini jadi makin nambah ilmunya

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah, bapak sama ibu ngerti yah, kak, jadi dibeliin motor, daripada mabok naik bus, hehe..

    Kalo sy, urusan service menyervis motor sih suami ya, kemarenan juga baru ganti kampas rem sama ganti oli di Planet Ban. Asli, pelayanannya sih oke banget di sana. Biayanya juga terjangkau. Memang recommended sih!!

    BalasHapus
  28. Pengalaman service motor di Planet Ban, puas pake banget. Mas-masnya ramah, terus ngasih penjelesan detail juga, sekaligus info harga kalau service a,b,c,d dst.

    Jadi recommended deh Planet Ban buat service motor

    BalasHapus
  29. 8 bagian ini hrs dicek benar sih secara rutin. Bagi yg ga suka ngecek2 kondisi motornya emg hrs diserahkan ke ahlinya tuh. Misalnya ke Planet Ban.

    Saat service, kondisi motor kita akan dicek secara khusus dan menyeluruh shg pemeriksaan motor bs menyeluruh. Kita ga was2 lagi tuh.

    BalasHapus
  30. kalo servis motor seperti di planet ban rasanya bakal rutin banget servis motor tanpa harus minta tolong pak suami bawa servis motor

    BalasHapus
  31. kalau planet ban di mana2 emang ada yaa kak, di surabaya sini juga ada dan selalu ramai juga ama pengunjung

    BalasHapus
  32. Au juga ada di zaman terkagum-kagum dengan adanya motor.
    Hehhe, dulu di kampusku, masih bisa diitung jari yang bawa kendaraan sendiri. Kalo bisa nebeng, kenapa harus repot?

    Hehhe, tapi aku termasuk yang alhamdulillah bisa memenuhi keinginan orangtua, kaya masuk kampus negeri. Jadi dapet "hadiah" dari Bapak rahimahullah motor warna merah putih.

    Hahaha...cinta Indonesya banget yaah..

    Dan aku bener-bener rutin service. Hihihi, motor baruu.. dan bergaya ala bikers gitu.. Sekarang kudunya makin rajin service, karena uda ada Planet Ban yang ada dimana-mana cabangnya di kota besar. Jadi memudahkan sekali..

    BalasHapus
  33. Buat yg ga mau ribet, dtg ke Planet Ban deh. Motor kita bakal dicek secara keseluruhan. Kalo prlu diganti, ya ganti sparepart. Tp kl blm perlu ya cukup dibersihkan aja tuh.

    Jgn lupa utk ganti oli dan gardan secara berkala ya.

    BalasHapus
  34. Betul mba kalau motor matic harus rutin service. Minimal ganti oli atau cek aki motor

    BalasHapus
  35. Service rutin ini memang vital banget yaa, bukan hanya membantu memperpanjang umur mesin dan komponen motor, tapi juga untuk memastikan keamanan pengendara. Motor yang terawat baik tentunya akan lebih handal dan aman saat digunakan untuk berkendara.

    BalasHapus
  36. Saya sering service motor di Plannet Ban. Inget dulu motor sempat mati di jalan tol karena jarang diservice dan ganti oli. Sekarang gak mau lagi terulang, huhuhu

    BalasHapus
  37. jadi ingat dulu waktu masih pakai motor manual aku lumayan sering ganti busi sendiri karena motornya mogok. kalau sekarang pakai matic alhamdulillah aman sih cuma horornya matic ini kalau mogok nggak bisa diengkol. heu

    BalasHapus
  38. aku termasuk pengguna motor yang cuek kayaknya. Hehe. service motor harus diingetin. Jangankan service, ban gembos aja aku gak sadar, baru sadar klo udah kempes-pes, pes baru ngeh "lah banku bocor". Padahal bapakku sendiri seorang montir yang menurut orang-orang canggih dalam melakukan perawatan motor. Jadi ketika bapak gak sengaja pake motorku. Beliau udah connect "oh motor ini kurang enak di bagian ini, ada masalah di sini, perlu diganti yang ini" sebegitunya

    BalasHapus
  39. Waaah ternyata oli motor tuh ada 2 jenis ya kak yang harus rutin diganti. Saya kira cuma 1. Kayaknya saya juga harus coba tune up dan ganti busi deh soalnya kadang-kadang si motor susah dinyalakan, termasuk saat dinyalakan manual

    BalasHapus
  40. Planet Ban jadi andalan keluarga kami karena dekat dari rumah dan ternyata sekarang bisa servis juga ya

    BalasHapus
  41. Jujur Aku kira dulu punya kendaraan itu enak banget, apalagi mobil. Aku masih ngira kalau beli kendaraan itu yang mahalnya cuma di pembelian aja, Aku nggak tahu kalau setiap kendaraan itu ternyata butuh perawatan yang banyak dengan biaya yang tidak sedikit.

    BalasHapus
  42. Kendaraan memang wajib di servis setiap bulan terutama motor, biasanya suamiku yang rajin setiap bulan motor pasti di servis, dan aku cukup kebagian pake aja wkwkw kebetulan suamiku servis motor bahkan beli ban motor di Planet Ban juga.

    BalasHapus
  43. jadi tahu makin banyak soal merawat motor semenjak tinggal di Jogja semuanya dikerjakan sendiri, dan baca artikel Mba makin banyak deh tahunya

    BalasHapus
  44. Banyak juga ya yang harus diperhatikan untuk service motor, jujur kalau saya sih kurang mengerti tentang seluk beluk sepeda motor. Lebih baik percayakan saja sama ahlinya ya seperti Planetban ini, harga servicenya pun bersahabat ya :)

    BalasHapus
  45. Penting banger ya kak selalu servis motor, agar motor selalu terawat pemakaiannya dan enak digunakan, kadang memang suka terlupakan juga, belakangan baru menyesal

    BalasHapus
  46. Dulu waktu masih SMA, biasanya saya yang bawa motor ke tempat service. Pedomannya cuma liat dari bukunya, bulan ke berapa harus service. Gak paham detailnya.

    Pernah suatu ketika, mas2 di tempat service bilang kalau saya harus sesekali ngestart motor bukan pakai tombol otomatis. Dia nyebutin istilah engkol atau apalah. Gak paham saya tuh wkwk, malu banget.

    Pemilik motor memang sebaiknya lumayan paham apa aja yang harus diservis ya. Bagus sih kalau staf bengkelnya bisa menjelaskan dengan baik apalagi harga service nya terjangkau

    BalasHapus
  47. Maintenance motor memang perlu banget untuk mengurangi kerusakan yang fatal, apalagi motor tuh alat pendukung mobilitas saya yang utama, yang rutin tiap bulan saya lakukan ya ganti oli mesin dan gardan, kalau yang lainnya beberapa bulan sekali

    BalasHapus
  48. Aku nggak pernah nengok Ayahku nge-servis sepeda motornya. Paling itu kalau sepeda motor udah benar-benar rusak. Makanya aku nggak tahu kalau ternyata banyak dan ribet juga mempunyai kendaraan bermotor.

    BalasHapus
  49. Hidup di kota lebih praktis naik sepeda motor ya Mbak, apalagi tinggal di daerah yang macet. Yang penting tahu caranya merawat sepeda motor, termasuk secara rutin servis di Planet Ban.

    BalasHapus
  50. Servis motor di Planet Ban emang favorit. Selain harga terjangkau, mekaniknya jujur, hasil pekerjaannya juga maksimal. Motor jadi terasa enteng

    BalasHapus
  51. Saya juga langganan beli ban baru di Planet Ban dan teknisinya ramah gitu. Mau memberi solusi jika ada kerusakan pada motor kita.

    BalasHapus
  52. Btw kan mba...
    Motor jadul di foto di atas itu kok ya bagus ya.
    Karena udah jarang liat, jadi lebih keren bentuknya daripada motor-motor jaman now.
    Jadi pen punya.
    Prediksi saya nih, ke depannya bakalan keluar lagi de model-model motor jadul dengan mesin kekinian...
    Jadi pen punya motor jadul kek gitu

    BalasHapus
  53. Jadi teringat betapa dulu pernah bengong saat mau ganti oli mesin ke Bengkel, terus ditanya.. Mau oli gardan atau oli mesin? Langsung roaming pas ditanya oli gardan. Ternyata di sini jawabannya ada.

    BalasHapus
  54. Kebayang deh gimana perasaan deg-degannya Mba pas mendadak mencium bau-bau gosong yang ternyata muncul gara-gara lupa ganti oli. Apalagi kalau selama ini hanya paham bagaimana pakai kendaraannya tapi lupa belajar gimana merawat si kendaraan biar tetap prima. Untung ada bengkel yang bisa bantu si roda dua kesayangan tetap punya kondisi prima.

    BalasHapus
  55. setelah baca artikel ini makin banyak tahu soal service motor apa saja yang wajib dicek, dulu mungkin saya hanya tahu beberapa saja sekarang jadi tahu ternyata lumayan banyak ya supaya motor kita tetap awet

    BalasHapus
  56. Wah jadul mantul, Bapak saya pernah punya Honda Supercap 700 seperti di foto itu....Btw, memang perawatan motor penting, apalagi di Planet Ban yang servicenya terpadu, motor jadi rasa baru, hemat semua-mua tuh!

    BalasHapus
  57. Planet ban udah paling top sih. Cabangnya banyak, pelayanannya juga bagus dan bisa ditunggu.

    BalasHapus
  58. Artikel tentang pentingnya servis motor ini bikin flashback ke masa lalu banget! Dulu ya, naik motor model lama tuh udah kayak petualangan, kudu pelototin oli, ban, sampe busi. Tapi sekarang, dengan motor matic, lebih enak banget, gas langsung jalan, brek enteng. Tapi, ya gitu, walaupun nyaman, servis motor tetep penting, lah. Kalo nggak, bisa-bisa mesinnya jadi lemot. Jadi, jangan lupa, yuk rutin servis motor, biar tetep awet dan nyaman dipake!

    BalasHapus