Tradisi "Piring Terbang" Menghadiri Kondangan / Acara di Solo / Surakarta Jawa Tengah

Tradisi Piring Terbang di Solo, Jawa Tengah yang patut dipertahankan.
Acara nikahan/sunatan/halal bihalal dkk di Surakarta Jawa Tengah dan sekitarnya masih mengagungkan tamu dimana tamu datang, duduk manis sambil menunggu acara dimulai kemudian hidangan akan datang bertahap mulai dari

- teh manis hangat yg kental endeuss dech
- snack (biasanya 2 atau 3 macam)
- Sop (sop.matahari / sop.manten/selat dkk yg berbau kuah)
- Nasi Racikan.(nasi dengan lauk meski.porsi sedikit tapi kenyang)
- Es 

Kalau sudah keluar es berarti acara sudah berakhir dan tamu bersalaman pulang.

Bagus menurut saya karena menghindari makanan mubazir kebuang kalau kenyang ya tidak usah diterima, sebagai tamu juga tidak berdiri antri makanan.

Memang ada sisi positif negatif kalau prasmanan bisa nambah sesukanya tapi yg kita lihat banyak yg ambil kemaruk banyak tapi berakhir dengan tidak dihabiskan so mubazir kan??

Ada yg berpendapat piring terbang ga nendang porsi kecil, nah kalau nabi mengajarkan makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang, saya rasa urutan mulai minuman sampai hidangan penutup lebih dari cukup komplit pastinya semua tamu mendapatkannya kalau prasmanan yg hadir terakir kehabisan ya kaan....


#piringterbang #kondangan #gustiyenifamtrip2023 #surakarta #jawatengah

Posting Komentar

10 Komentar

  1. "makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang." aku juga selalu ingat perkataan ini :D

    BalasHapus
  2. Tradisi yang baru bagi saya. Tapi buat tamu yang mager ini cocok. Tradisi ini sepertinya untuk lebih menghargai makanan yang disajikan tuan rumah, agar semua tamu kebagian rata dan adil, tidak ada yang berlebihan

    BalasHapus
  3. Aku pernah dengar tradisi itu ka. Gitu ya tradisi kalo ada jamuan. Asa makanan pembuka, makanan kedua baru dessert. Lengkap deh.

    Pulang pulang perut kenyang wkwk

    BalasHapus
  4. Wow baru tahu kalau ada tahapan hidangan saat menghadiri acara, baca teh manis kental jadi ingat pas mudik pertama kali ke rumah orangtua suami, makan pagi siang malam minumnya always teh manis kental, aku jadi kebingungan ternyata memang kebiasaan yang menurut suamiku sulit hilang. Harus diingat nih, setelah es keluar artinya acara selesai...wkwkw.

    BalasHapus
  5. Dulu di daerahku juga begini. Tapi semakin ke sini geser, ke prasmanan. Karena kalo tradisi pake piring terbang ini, untuk acara nikahan misalnya, butuh space lebih banyak kan.. Tamu harus dikasih tempat duduk masing2 soalnya. Dan kurang cocok buat yg nyewa gedung ada itungan jam. Orang makan dari hidangan pembuka sampe penutup butuh waktu jadi lamaa. Gitu..

    Akhirnya sekarang udah gak ada tradisi gini. Hampir gak ada. Kebanyakan udah selalu prasamanan.. Ya ambil plus minusnya ajalah ya...

    BalasHapus
  6. Sebagai menantu orang Solo dan sebagai orang Jogja dengan tradisi yang mirip, saya jadi kangen mudik dan pingin kondangan lagi.

    BalasHapus
  7. Piring terbang tuh maksudnya piring datang bertahap? Wess itu mah hidangan lengkap ya. Enak banget yg jd tamu 😊

    BalasHapus
  8. Wah pengetahuan baru, nih. Jujurly saya baru dengar. BTW memang lebih efisien dan efektif Yaa. Nggak banyak mubazir juga.

    BalasHapus
  9. wah ternyata ada tradisi yang seperti ini ya, beneran baru tahu soalnya bukan ari jawa tengah. kenapa namanya piring terbang ya?

    BalasHapus
  10. Di daerahku dulu juga ada tradisi kayak gini mba. Tapi sekarang sudah jarang banget, sudah berganti jadi prasmanan kalau ada hajatan atau nikahan gitu.


    BalasHapus