Cara Menyewa Mobil di New Zealand

Pagi sobatku semuaa, kembali lagi menulis hal-hal tentang New Zealand sebelum yang destinasinya spesifik yg kami kunjungi yaa....

New Zealand itu alamnya indah sama seperti swiss /switzerland akan tetapi kurang oke dalam hal transportasi umumnya, mau tidak mau harus sewa mobil atau campervan atau motorhome. Kalau di swiss /switzerland paket moda transportasinya komplit ada berbagai model kartu pass sampai ke pegunungan alpen.

Nah sewa mobil juga ada beberapa web atau brand, untuk harga banyak faktor yang mempengaruhi antara lain :

1. Jumlah penumpang otomatis berpengaruh pada besar kecilnya mobil. Harap menulis jujur bakal kena tilang kalau mobil kapasitas 5 orang diisi 6 orang.

2. Lamanya waktu sewa
3. Jenis mobil yang dipilih
4. Musim atau waktu kita berkunjung, disaat puncak musim panas harga sewa naik berlipat apalagi campervan / motorhome dibandingkan di musim dingin.

Syarat-syarat ketika menyewa mobil
1. Sim Indonesia dan Sim Internasional di tunjukkan, dan di foto oleh mereka
2. Mengisi form dan tanda tangan
3. Membayar asuransi yg telah mereka tetapkan sekaligus deposit yang akan dikembalikan ketika mobil kembali tanpa ada masalah.

Ketika di New Zealand kami menggunakan aplikasi rentalcars ini link nya rentalcars.com

Sewa Mobil di Aucland North Island Menggunakan Yes Rentals

Caranyaa masuk ke web rentalcars.com

1. Masukkan lokasi pick up dan pengembalian, perkiraan waktu, tanggal
Masukkan tanggal, jumlah penumpang dan lokasi, search akan keluar mobil yang masih tersedia

2. Akan keluar banyak pilihan mobil dan brand rental dengan harga bersaing, bisa di pilih juga type mobil small, medium, large, premium dkk

Dibawah ini type People Carriers

3. Pilih mobil yang kita inginkan, Booking, Biaya Asuransi, Isi Biodata, dan pembayaran dengan mengisi CC
Pilih pick up lokasinya,,, boleh ya pick up dan mengembalikan beda lokasi.

Nah ketika landing di Aucland kami menggunakan brand yesrentals dimana kami di jemput terlebih dahulu di bandara kemudian dibawa kekantor Yes Rentals.

Transaksi, mengisi data, membayar via Kartu kredit beserta jaminannya setelah itu kunci diberikan dan kami mendapatkan mobil citycar matic Toyota Aqua Hybrid.
Harga Sewa
Yes Rental Mobil 250 $ndz (deposit) setara 2.5 juta
- Yes Rental Mobil 220 $ndz (harga sewa 3 hari 2 malam) setara 2.2 juta

Proses Pengembalian
Kami kembalikan ke kantor Yes Rental, petugas akan mengantar kami ke bandara FREE CHARGE KALAU JAM.KERJA, kami krna charge ketika penjemputan karena sudah diluar jam kerja.

ini petugas yang menjemput dan mengantar kami ke bandara aucland.


Sewa Mobil di Queenstown dikembalikan di Chrischurch menggunakan Hertz

Dari Aucland ke Queenstown kami menggunakan pesawat Jetstar, begitu landing langsung menuju persewaan mobil Hertz dimana sebelumnya kami sudah booking mobil beserta asuransi secara online.

Musim panas merupakan musim liburan bagi negara yang memiliki 4 musim, otomatis ramai dan beneran segala brand persewaan mobil di bandara sold out.
Caranya sama tinggal ceklist Drop Car off at different location.

Keluar berbagai jenis mobil dan dari persewaan apa aja tinggal milih saja.
Keluar Hasil booking dikirim via email seperti ini...

Untung sudah booking jauh jauh hari kalau mendadak Sold Semua....

Brand rental mobil yang kami gunakan adalah Hertz, di counter sini kami proses dengan menunjukkan bookingan kami, mengisi data-data dan membayar biaya sewa beserta jaminannya.

Setelah semua proses selesai kami mendapatkan kunci dan lanjut menuju parkiran, dengan mengikuti tanda di bawah ini.

Sampai di mobil ternyata mobil kami berjenis MPV warna putih Suzuki.Vitara langsung deh tancap gas.
Untuk proses pengembalian di beda kota yaitu kami mengembalikannya di Bandara Chrischurch.

Pengembalian mobil secara self service tanpa bertemu petugas, kami muter-muter mencari yang namanya parkir untuk mobil sewa, begitu ketemu kami mencari brand HERTZ parkir di area tersebut dan kunci mobil diletakkan tidak jauh dari lokasi parkir dimana terdapat kotak hitam.
Biaya Sewa 
- Hertz Rentals (plus deposit) 449 $ndz yang terpakai 249.26 $ndz setara dengan hampir 2.5 juta padahal lebih lama durasi sewanya.

Sepulang dari New Zealand baru keluar rincian dari Hertz seperti dibawah ini.
Km awal
Km akhir
Total km
Bbm kalau kurang kena charge
Kalau kena tilang akan masuk di laporan ini
Total biaya keseluruhan dimana nanti di Kartu kredit akan tertagih hasil akhir, disaat awal booking kami dikenakan biaya sewa plus deposit tapi di tahan sama pihak CC + rental.

Setelah semua clear nanti yang tertagih di CC hasil akhirnya saja.
Sewa mobil sudah nah PR nih pengisian Bensin, perlu diketahui ketika mengembalikan mobil Bensinnya tidak full seperti ketika pertama digunakan akan dikenakan denda 25 dollar ndz, adapun simak ya Tips Mengisi BBM di New Zealand

Semoga bermanfaat yaaa teman-teman...

Artikel terkait

Posting Komentar

44 Komentar

  1. asik asiiik
    kalo plesir sekeluarga paling enak sewa mobil yah

    jadi bebas mau main k mana aja
    makasi mak

    BalasHapus
  2. Wah sewa mobil disana ratenya tinggi juga ya. Denger-denger kalo beli mobil juga pajaknya yg mahal. Ada aturan yang di Indonesia jarang dipakai itu KM nya. di sana ternyata dihitung jg kilometernya . mantap sih

    BalasHapus
  3. Seru sekali liburan ke New Zealand ya mbak? Emang kalau liburan bareng keluarga paling bener sewa mobil siy, memudahkan transportasi dan itungan ya lebih efisien

    BalasHapus
  4. New Zealand ini potensi wisatanya keren ya, Mbak. Hanya dari cerita Mbak Yeni, kurang mendukung soal transportasi. Jadi harus menyewa mobil atau caravan. Jadi kalau pergi sendiri, ya repot juga, karena biasa sewa mobil akan jadi lebih mahal. Makanya solusinya bareng keluarga atau teman.

    BalasHapus
  5. nah iya mba memang lebih nyaman sewa mobil sendiri ya ketika traveling ke mana pun, apalagi kalo bareng keluarga

    BalasHapus
  6. Untuk di luar negeri termasuk terjangkau harga segitu ya, Mbak. Pelayananya keren, kalau di Jam kerja bisa jemput dan antar bandara dengan free charge.

    BalasHapus
  7. Pas ke sana lagi musim liburan ya mba trus harganya wow 😁 btw itu petugasnya kok mirip oppa2 sih mba 😄 ramah ya sepertinya. Jadi kalau jam kerja bakal diantar ya.. asyik banget cerita2 di sana seru selaluu

    BalasHapus
  8. Seru banget liburan bareng keluarga di luar negeri trus bisa sewa mobil buat sekeluarga, mandiri banget dan feel free kayanya dibandingkan dengan menggunakan menggunakan jasa travel

    BalasHapus
  9. Wah, ternyata mahal ya sewa mobil di New Zealand :( Ada bayar2 deposit juga lumayan hehehe. Tapi memang sih kalau traveling bareng keluarga enaknya pakai mobil berkelilingnya. Kalau naik kendaraan umum jadi kelamaan di jalan dan banyak berhentinya ya. Isi formnya banyak juga nih kudu sabar, jeli jangan sampai salah :) TFS mak Gusti.

    BalasHapus
  10. Seru banget mba bisa ke New Zealand. Tempat impian. Btw, harganya kehitung murah gak sih segitu buat sewa mobil di luar negeri?

    BalasHapus
  11. Kalau di LN kayanya masih terjangkau, tapi itu belum bensin ya karena isi sendiri. Tetep pakai deposit biar aman. Tak lupa SIM Luar negeri. Biar gak kaya Bule di Bali yang asal sewa motor eh ternyata baru pertama nyetir

    BalasHapus
  12. aku tuh kalau ke New Zealand pengennya campervan gitu mak, karena lihat teman yang waktu itu perjalanan kesana dan mereka sewa campervan. Ini tuh harga sewa mobilnya lumayan juga ya, jadi kita bisa spare dana untuk sewa mobil lebih ya.

    BalasHapus
  13. waw, info menarik nih kak, enak ya kalau bisa sewa kendaraan pribadi pas liburan gini apalagi kalau bawa keluarga besar jadi lebih mudah mobilitasnya :)

    BalasHapus
  14. kalau liburan di new xealand better sewa mobil ya untuk perjalanan jauh dibanding menggunakan kendaraan umum? apa karena sulit atau tidak ada atau karena harga tiket dan biaya sewa mobil jauh? saya rasa atas dasar kenyamanan mungkin ya. harga sewanya termasuk mahal ya, hahaha. tapi beda tentu saja dengan di Indo ya kak

    BalasHapus
  15. kayaknya artis juga kalau sewa mobil di luar kayak gitu kali yaa. seru banget dan pastinya ga ribet ya kalau nyewa mobil daripada naik transportasi umum

    BalasHapus
  16. Kok aku malah salfok ke SIM internasionalnya sih mbak, wkwk. Udah pernah dishare belum tentang bikin SIM internasionalnya ini? Kalo belum, share dong mbak ehehe..

    Tapi emang paling enak tuh liburan pake kendaraan pribadi ya. Kalo gak bisa bawa, krn keluar negeri, ya emang enakan sewa aja kayak gini ya. Aku pernah sebulan di malaysia, kemana2 kalo pake ojol kerasa banget ongkosnya, padahal masih belum semahal di new zealand ya wkwk..

    BalasHapus
  17. Kalau bawa mobil sendiri (maksudnya bukan naik transportasi umum) juga lebih leluasa mau blusuk2 di negara orang ya mak..
    Dan hebatnya teknologi saat ini, pesan mobil pun sangat dimudahkan. Bisa dilakukan jauh hari ketika belum berangkat.

    BalasHapus
  18. harus punya sim internasional dulu ya kak baru bisa sewa mobil di sana.. saya sendiri belum punya ahaha jadi ya udah pasti nggak bisa deh

    BalasHapus
  19. Seru banget, puas dan lebih leluasa ya liburan di new zealand kalau sewa mobil...
    Saya mah penasaran sama campervannya...

    BalasHapus
  20. keren banget ya di luar negeri tuh, semua well managed ya, bahkan proses pinjam meminjam ini juga gak perlu ketemu sama pemilik atau perusahaannya segala ya, cukup ikuti arahan aja, kereen.
    semoga suatu hari nanti bisa merasakan sendiri proses sewa menyewa kendaraan pribadi gini saat liburan :D

    BalasHapus
  21. Wah lumayan banget harga sewa mobilnya ya maaaak, tapi pastinya lebih hemat daripada naik kendaraan umum kan mak? Lebih praktis juga kalo mau kemana mana yaaaa

    BalasHapus
  22. Nah kejujuran ini penting ya karna disini banyak yang harusnya isi empat disisi lima bahkan lebih. Makasih informasinya, mba

    BalasHapus
  23. kirain mbak dan keluarga di new zealand pakai camper van ternyata sewa mobil biasa aja yaa. kalau di luar negeri biasanya lebih ketat ya mbak peraturannya

    BalasHapus
  24. Paling enak kalau bisa sewa mobil sendiri ya tapi kelihatannya peraturannya lumayan ketat tapi rapi, yang pasti kondisi kendaraan juga sudah dicek kelayakannya. Duh semoga nanti bisa berwisata bareng keluarga ke New Zealand.

    BalasHapus
  25. waduh .. jadi mupeng. Secara saya piknik masih sekitaran Asia aja. Moga-moga suatu saat anak-anak saya ngajak ke tempat indah ini ya.

    BalasHapus
  26. Mahal juga yak sehari jatuhnhnya lebih dari sejutaan.. Blom bensin. Hmmm. Nice info kak siapa tau ada rejeki kesana jd ada gambaran 👌

    BalasHapus
  27. Harga sewanya ini termasuk ramah ya kak. Terus biasanya rental di sana sudah terjamin ya kak? Kayak misal di Indonesia kan ada beberapa rental yang abal² gitu.

    BalasHapus
  28. Artikel ini memberikan panduan yang lengkap tentang cara menyewa mobil di New Zealand
    Sangat membantu bagi yang ingin menyewa mobil di New Zealand

    BalasHapus
  29. Masyaalloh komplit sekali review nya mbak. Ini pasti sangat bermanfaat untukku suatu saat nanti.

    BalasHapus
  30. enak yaa kalau ada websitenya gitu, jd bisa booking jauh2 hari. tapi beda ya kalau di sini kita ga pake asuransi kan ya? di sana lebih detail yaa..
    seru juga sih. kalau camper van itu sewanya di web khusus lg kah atau gmn mba?

    BalasHapus
  31. Lumayan mahal juga ya mba, harga sewa mobilnya dibandingkan di Indonesia dan gitu kalau isi bensinnya gak sama kena denda ini memang tertib jadinya dan jadi gak asal buat sewa

    BalasHapus
  32. Berarti untuk musim panas, rental mobil harus di booking jauh hari ya Mbak. Btw aku kepo anak Mbak Gusti Yeni home schooling ya? Bagaimana mengatur jadwal sekolah anak kalau sedang bepergian, Mbak?

    BalasHapus
  33. Trip keluarga ke New Zealend lebih praktis ya kalau sewa mobil jadi mau ke berbagai lokasi bisa lebih cepat gak bingung cari kendaraan lagi. Asyik ya kalau udah punya sim internasional jadi bisa mengendarai sendiri mobil sewaannya

    BalasHapus
  34. Wah asik banget ya bisa sewa mobil jalan-jalan ke New Zealand. Jadi mupeng. Semoga bisa merasakan vibes liburan ke luar negeri. Aamiin. Makasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  35. Wow sampai isi bensinmu kudu dipastikan sama pas balik yaa. Teliti bener org sana nyewain mobilnya. Pakai acara denda2an jd gk ada tu yg berani gk isi bensin hehe.
    Seru ya mbak kalau udah mengantongi sim internasional gtu jd pas ke negara tetangga bisa nyetir sendiri. Lbh hemat ongkis buat yang berkunjung ke negara yang transportasii umumnya kyk terbatas atau gmn gtu thx infonyaaa

    BalasHapus
  36. Wah, informasi baru nih. Noted banget. Aamiin deh, semoga kesampean bisa jalan-jalan ke New Zealand deh. Biar bisa nyewa mobilnya juga. Hehehe. Btw, New Zealand ini salah satu negara yang kepengen deh dijejaki. Alamnya yang indah begitu memesona.

    BalasHapus
  37. Lumayan juga ya mba u tuk harga-harga sewanya, memang benar ya NZ itu serba mahal tapi worth it ya mba dengan pengalaman yang didapat, tipsnya bisa nanti dicoba

    BalasHapus
  38. Lumayan juga ya mba u tuk harga-harga sewanya, memang benar ya NZ itu serba mahal tapi worth it ya mba dengan pengalaman yang didapat, tipsnya bisa nanti dicoba

    BalasHapus
  39. Wah keren tipsnya bisa dipake nih kalau kpn2 k Aussie ...baru tahu ternya NSW kurang oke untuk transportasi umumnya ya ...

    BalasHapus
  40. Masya Allah telaten banget mbak merekap totalan pengeluaran selama jalan jalan di new zealand

    BalasHapus
  41. Aku setor ke suami aja karena dia yang bisa nyetir, hehe.
    Ternyata sewa mobilnya bisa ubah rate ke IDR, mudah booking juga yah.
    Impianku naik campervan road trip di NZ. Aamiin...

    BalasHapus
  42. Jika dirupiahkan harganya lumayan juga ya..
    Btw keren banget websitenya, infonya untuk sewa mobil lengkap, jadi memudahkan pelancong

    BalasHapus
  43. Tutorialnya keren nih, lengkap. Salut sama developer websitenya yang bisa berikan info sedetail itu untuk pelanggan ya..

    BalasHapus