Umroh Mandiri Kel. Mba Anie Rp. 14.5 juta / orang total Ber-4 Rp. 58 juta selama 8 hari Maret 2023

PENGALAMAN UMROH MANDIRI MBAK ANI SEKELUARGA BER-4 


Alhamdulillah UMROH MANDIRI BERKAT TIKET MURAH PESO AKIR DESEMBER 2023....

Mbak Anie Maspar sekeluarga dimudahkan melaksanakan ibadah umroh memang jika Allah sudah memanggil, semua tampak dimudahkan dan awalnya belum ada rencana sama sekali.


Berawal dari promo tiket peso akhir desember beberapa teman ambil tiket umroh bulan maret dan oktober nanti, kalau saya kebetulan butuhnya buat pas di NZ jadi ambil penerbangan antar kota NZ dan tiket2 wisata disana.

Banyak yang tanya promonya kek mana sih, nah setelah piala dunia itu kurs visa argentina anjlok separonya jadi pakai aplikasi semacam agoda ganti kurs pembayaran menjadi peso argentina, nanti harga yg tertera ketika kita bayar pakai debet mandiri menjadi harga separonya so bebas milih destinasi mana aja harga menjadi separo.

Alhamdulillah perjalanan ibadah umroh berbekal tiket Peso selesai dengan mulus awal ramadhan kemarin, bisa dibilang gak ada kendala. Sempat deg-degan sih tp ternyata mulus2 aja. 

Mbak Anie berangkat ber 4, suami dan 2 orang anak. Umrah selama 8 hari di luar perjalanan, 5 hari Makkah 3 hari Madinah, cukup banget dan anak-anak gak perlu izin sekolah lama.

Semua administrasi mulai dr Tiket, Visa hotel dan transport semua urus sendiri.

Update-an beliau di hari ke-4 setelah landing jeddah

 Alhamdulillah hari ini udah hari ke 4 kami di Mekkah. Udah 2x umrah. Dan anak2 tumbang juga  akhirnya kemarin malam,  demam dan sakit tenggorokan. Karena cuaca mekkah panas terik, kering trs malamnya dingin.

 Alhmdulillah pagi ini dah ceria lagi. 

Menjelang ke Medinah Mbak Anie tumbang juga Alhamdulillah ketika perjalanan ke medinah sudah membaik.


PESAWAT KUWAIT AIRWAYS


Dari Kuala Lumpur ke Jeddah pulang pergi menggunakan Pesawat Kuwait Airways ternyata bagus, lebih nyaman dari pada  saudia bahkan etihad, menurut versi Mbak Anie ya teman2.


PROSES IMIGRASI KUALA LUMPUR 

Proses imigrasi lancar di Kuala Lumpur tidak di tanya apapun, landing  di Jeddah malah cuma di cek paspor sama di tanya Visa doang, udah gitu aja. 

Yang rempong malah di Pekanbaru, petugas citilink nanyain tiket balik, auto tunjukin tiket pulang komplit. Justru petugas imigrasinya santuyy.....

Mengapa ambil dari Kuala Lumpur?? Karena Mbak Anie tinggal di Pekanbaru kalau mesti ke Jakarta tiket lebih mahal.

LANDING DI JEDDAH

Sesampai di Jeddah di jemput oleh mobil Van yg sudah disewa 1 paket Jeddah-Makkah- Madinah- Madinah Hight Speed Railways stattion, mobil kapasitas 7 yang hanya diisi ber empat, supaya anak-anak bebas goleran setelah terbang 14 jam. 

Sopirnya sampai heran, aku bilang “ iya pak, buat anak ku bisa guling2 dan selonjoran, soalnya dah capek terbang 14 jam “ pakai bahasa indonesia tapi.. 😂😂


Mobil van ini juga di gunakan untuk perjalanan dari Hotel Mekah menuju Hotel Madinah.

Perhatikan ya sobatku landing Jeddah langsung Mekah otomatis Umroh ambil miqot di atas pesawat.

HOTEL 

Hotel  di Mekah oke utk harga 800 rb permalam, dilewati bus, kalau malas jalan naik taksi aja, 10 SAR ke Haram. Jaraknya sih dekat ya, cuma 1 pengkolan sampai, mosok jalan keliling jepang sama yurop berkilo2 kuat, lah.. dekat gini gak kuat? Diketawain nanti sama Onta 😂😂, aku krn bawa bocah kecil ya sekuatnya anak2 aja.


Hotel Mekkah di Al Kiswah, 10 menit jalan kaki ke Masjidil Haram, hotelnya bersih dan check in juga cepat. 

Madinah hotel Zuha Al Madinah, hotel kecil bintang 3, masih baru dan modern, suasananya enak banget, View kamar kami pun langsung ke Masjid Nabawi. Walaupun bukan Hotel ring 1, tp akses jalan ke Nabawi cukup jalan lurus 5 menit sdh sampai, cuaca madinah juga dingin jd gak capek kalau jalan, naik taksi pun hanya 5 SAR.

PROSESI UMROH PERTAMA

Karena landing di Jeddah dan langsung umroh, prosesi ambil miqot di atas pesawat, nah karena Mbak Ani beserta suami bukan umroh perdana sehingga tidak booking mutowif. 

Sebelum berangkat sudah banyak belajar tata cara umroh dan ambil miqot terlebih dahulu.

Landing Jeddah istirahat bentar lanjut melaksanakan umroh perdana.


UNTUK YG BELUM PERNAH UMROH TAPI MAU UMROH MANDIRI BAGAIMANA?

Belajar sebelum berangkat kalau perlu ke ustadz nah di sana sewa mutowif tapi hubungi mutowif ketika di Indonesia yaa sehingga begitu kita tiba siap umroh di kawal dan diajari.

Untuk mutowif nomornya bisa cek di ulasan saya umroh mandiri di sini ada nomor wa mutowif 

Pengalaman Umroh Mandiri Perdana 3 cewek semua pakai mutowif private


KEGIATAN UMROH BERSAMA ANAK2

Sehari - hari jadwalnya cuma ke mesjid, ngejar-ngejar merpati, ibadah di mesjid, kalau capek goleran, lapar tinggal jajan. Mulai dr Al baik, KFC, bin Dawood dan Carefour udah di jajal. Kata bocah2 “ enakan KFC drpd al baik, gak ada rasanya, gak pakai micin..”

Kalau di Madinah citytour naik bus yang atasnya terbukaa.

Perjalanan umroh jadi perjalanan penuh warna bagi kami sekeluaraga. Bahagia nya banyak walau drama nya pun gak kurang-kurang.


Umroh dengan anak yg belom faham banget nilai ibadah umroh itu gampang-gampang susah, apalagi ibadah umroh itu full kegiatan religi, jalur yg di tempuh cuma hotel- mesjid-hotel-mesjid, gitu terus diulang2, gak ada cerita nya kita maen ke Fun Land atau ke tempat wisata yang memicu adrenalin, paling jauh nyari camilan ke Bin Dawood, carefour atau ke mall di Zam Zam tower, selebihnya di Mesjid atau pelataran mesjid.


ATM kesabaran mesti banyak saat anak lg bete, rasa sayang juga mesti full saat anak2 lelah dan ngambek waktu tawaf dan Sa’i, atau capek di mesjid seharian dan pengen pulang ke hotel. 

Ada lucu nya, jg ada harunya. Tak terasa air mata menetes saat si kecil demam sampai menggigil saat umroh ke dua, bahkan Mbak Anie hampir menyerah saat setiap selesai berjalan antara safa dan marwa harus stop karena si kecil sdh tak kuat, tp walau di bujuk utk stop, dengan perlahan gadis kecil kami berkata “ Caca bisa selesaikan, pasti bisa “ , ya Allah, di keseharian si kecil kami ini mmg ratu drama tp aku yakin saat itu dia gak lagi berakting.

Cuaca Makkah Madinah mmg suka labil kayak ABG galau, berubah-ubah, kadang panas, berdebu, kdg dingin, hampir sebagian besar jamaah terkena Batpil.


Tapi kebahagiaan yg kami rasakan jauh lebih berlipat, karena bisa full menghabiskan waktu dengan anak-anak, tdk seperti disini yang terkadang harus berbagi waktu dgn urusan pekerjaan.


Terima kasih ya anak2 ku sayang, sdh kuat dan sabar selama perjalanan ini, next kita ke destinasi lain lagi ya, kita seru-seruan dan happy bersama.


MAKAN

Soal makanan, Mbak Anie masak setiap hari. Bawa rice cooker kecil, kompor listrik, teflon kecil sampai sutil 😂. 

Masak mulai dr nasi goreng sampai spagheti. Baju bawa dikit aja, mending banyakin bawa indomie, mustopa, rendang, beras, teri, spagheti, bumbu2. 

Makan diluar sekali2 mah ok, tp kalau 3x sehari ? Yakinlah kantong gak bakal kuat. KFC dinner paket aja 29.5 SAR alias 120 rbu, ayam 3 potong plus kentang sama roti, Starbuck 110 rbu ukuran grande. 

Kata Mbak Anie jadi bagi kaum mendang mending dan yang blom makan kalau blom ketemu nasi, penuhin koper sama bahan masakan. Pas pulang baru penuhin sama abaya dan oleh2 ya, mau bawa kurma muda kurma tua, kemon ajah, apalagi kalau mau bawa pulang jastipan, monggo...🤭

Untuk makan dan Jajan ngikutin seleranya anak2, selain masak juga sebagai orang indonesia gak nemu nasi ya gak makan, jadi bisa menghemat banyak. Tapi jajan ya tetap, semua juga di cobain, Bin Dawood, carefour, KFC, Albaiq dijajal. Bahkan beli tumbler seri World Cup yg udah terjun bebas seharga 30 SAR alias 120 rbu aja. Di Madinah ada Warung Sunda depan Hotel Ritz Calton, bakso dan nasi goreng nya enak banget, kisaran 15-20 SAR per porsi makanana, es teh nya jg enak, recommended.


ARAB SAUDI KEMAHALAN ?
Karena bawa anak2 hampir tiap hari di pastikan jajan,makan fast food, biar pada gak crancky dan bikin ibadah jd gak khusuk.

Urusan jajan ini bikin kantong mau nangis, disini itu semua mahal (ehh salah, aku nya yg kismin deng 😂). 
- Satu butir telur 1 SAR atau Rp. 4002. 
- Pop Mie di warung seblah rumah cuma 3000 an disini 4,5 SAR ATAU Rp. 20 rbu. 
Ada lagi yang bikin mamak garuk kepala, tisyu basah 14,5 SAR 1 biji, laaah.. di kampungku pabrik tisyu pada jor-joran an promo beli 1 gratis 1, ya kan??? 

Pengen makan donat ? 
7 SAR sebiji sayang (32rban).... di Indonesia donat JCO cuma 6500, apalagi donat kentang super lembut menul cuma 2500 an sebiji.

Makan KFC ? Paket dinner 3 ayam, kentang, roti plus pepsi kecil 33 SAR atau 130 rbu. Belom lagi ngomongin setarbak, 26 SAR alias 110 rbu ukuran grande.

Jadi mamak2 yg kaum mendang mending, udah paling benar dah kita tinggal di Indonesia, semua murah, kalau kepepet minta ke tetangga jg bisa🤪🤪. Kalau pengen jajan di luar negri juga, mending ke Turki aja, beli coklat sekoper paling abis 500 rbuan.

Yang mau ke Arab Saudi dan sekitarnya, udah bisa nabung buat jajan ya, soalnya orang indonesia terkenal paling rajin belanja, sampai penjual2 disini pada pintar bahasa indonesia

MEDINAH - JEDDAH HARAMAIN HIGHT SPEED RAILWAYS


Karena tiket pulang dari Jeddah otomatis dari Medinah balik lagi ke Jeddah. Anak - anak pengen nyobain naik kereta cepat yang hanya 1 jam 40 menit sampai di Bandara King Abdul Aziz.

Booking online sejak di Indonesia.

CITY TOUR DI MEDINAH

Untuk Ziarah di Medinah menggunakan bis Hop In Hop Off paket keluarga dr Mesjid Nabawi. Ziarah ke Mesjid Quba, Bukit perang Khandaq dll.

JEDDAH - KUALA LUMPUR - PEKANBARU

Balik ke Indonesia dengan Kuwait Airlines lagi, transit semalam di Kuala Lumpur, sempet beli oleh2 coklat Berryls dan jajanan lainnya.

 Esok sore nya balik ke pekanbaru dengan AirAsia.


TOTAL PENGELUARAN MBAK ANI BER - 4

* Tiket Pku-Kul PP Rp. 5 jt

* Tiket Kul - Jeddah PP Rp. 24 Jt ( peso)

* Biaya Hotel Makkah SAR 1.162 

(Rp. 4.692.000)

* Hotel Madinah SAR 1.010

(Rp. 4.077.731)

* Mobil Jeddah— Makkah-Madinah-Madinah Haramain Train Station SAR 1.162

(Rp. 4.691.410)

* Muasasah SAR 1.300

(Rp. 5.248.565)

* Visa SAR 1.303

(Rp. 5.260.677)

* Tax SAR 870

(Rp. 3.512.501)

* Tiket Haramain Rp. 2 Juta

* bis Hop On Hop Off paket Family Rp. 550 rbu ( peso)

* Hotel KL family room 500 rbu

* Makan, oleh2 Di Makkah, Madinah dan Kul Ro. 12 juta

(Total biaya hotel Makkah Madinah untuk 7 malam + transportasi mobil.private  bandara Jeddah-Makkah-Madinan dan biaya Visa Rp. 26 juta untuk total 4 orang)


TOTAL BIAYA diluar makan dan shopping hanya 58 JUTA, biaya per orang hanya Rp. 14,5 JUTA .

Biaya Makan, jajan, shopping mekah medinah KL biaya taksi karena kalau pulang dr kabah naik taksi ke hotel.total 12 juta.


ALL IN BERSIH 70 JUTA BEREMPAT GAESS....


InshaAllah umroh gak sesulit yang kita kira, rajin cari info dan baca. untuk Visa selain Visa Umroh juga sdh bisa VOA kalau kamu punya schengen Visa, Teman dari luar malah banyak yg apply EVisa. Bedanya teman-teman tidaj bisa membeli Air Zam-Zam yg kemasan kotak kalau gak pakai Visa Umroh. 


Paling Penting adalah RAJIN CARI TIKET PROMO karena bagian paling mahal ya tiket pesawat. Untuk hotel sesuai selera dan kantong aja. 

Aman kalau pergi sendiri ? InshaAllah aman, Banyak perempuan yang pergi umroh sendiri, saya jam 11 malam dari Raudah balik sendiri ke Hotel alhamdulillah aman. Kalau Makkah jangan ditanya, kota yg setiap harinya siang terus gak pernah tidur. 

Yg jelas kemudahan ini jangan di salah gunakan, visa umroh ya pakai untuk umroh, jangan utk nyari kerja, itu nyusahin negara dan orang lain kalau nanti kebijakan nya jd beda krn banyak pekerja haram.

Selamat mencoba, now Everybody Can Umroh Mandiri.

LANGKAH - LANGKAH UMROH MANDIRI

1. Tiket 

2. Visa bisa 35 hari sebelum berangkat adapun jenis visa umroh baca di sini yaa Visa Umroh

3. Hotel + Akomodasi

4. Pesan mutowwif kalau tidak berani melaksanakan umroh sendiri

5. Siapkan fisik mental.dan perbekalan yang cukup


Link ulasan UMROH mandiri sudah komplit mau yang apa??? Mendadak beli tiket langsung berangkat dan hotel maunya bintang 5??? Adaaaa....


Mau yg hemat bintang 3 durasi 25 hari??? Adaaaa....

Mau yg durasi standart bintang 5 maupun bintang 3 adaa jugaa.....

Silakan dipelajari

1. 3 cewek brkt sendiri semua serba dadakan 

Oktober 2022 klik link judul dibawah ini

Umroh Mandiri Perdana cewek semua 3 orang bintamg 5 habisnya 30 jt

2. Sekeluarga visa nebeng travel serba bintang 5 tiket pesawat dpt harga woww mahal januari 2023  klik link dibawah ini

Umroh Mandiri ber4 serba mahal bintang 5 hbsnya 35jtan


3. Umroh 13 hari visa by nusuk januari februari 2023, klik judul dibawah ini kalau mau membaca detilnya

serba hemat ber 3


4. Umroh 25 hari serba hemat februari 2023 visa by nusuk klik judul dibawah ini kalau mau membaca detilnya

umroh 25 hr hemat

Simak juga Tips Umroh Bersama anak2 berdasarkan kisah nyata

Lanjut besok oktober 2023 berangkat 2 keluarga tiket hemat by peso

Posting Komentar

50 Komentar

  1. Wah baru tahu pesawat Kuwait lebih bagus dr Etihad dan Saudi. Temen2ku malah banggain banget Etihad. Kalo ke Eropa, selalu pilih Etihad ini.

    Namun yang penting, umrahnya bs berjalan lancar ya kak. Bs dapat tiket terjangkau lagi. Duh jadi pgn umrah bareng keluarga nih.

    BalasHapus
  2. Masyaa Allah bisa ditiru nih mbak. Nanti kalau anak-anak udah agak gede mau lah umroh mandiri seperti mbak Ani.

    BalasHapus
  3. Aku takjub sih sama harga donat wkwkwkw ya Allaah mba sebijik 30ribuan itu donat apaaaaaahh T___T di sini dapat 10 yaak tapi emang bukan buat kaum mendang mending kek aku nih harga jajanannyaa wkwkwk

    BalasHapus
  4. jadi tergiur juga untuk umroh mandiri nih mba karena ternyata biayanya bisa ditekan banget yaa.. kok bisa semurah itu, padahal kalau sama rombongan udah berapa tuh hehe

    BalasHapus
  5. Kalau umroh mandiri itungannya murah ya Mbak, soalnya via travel sekarang 1 orang aja butuh 25-35 juta rupiah. Alhamdulillah kalau di sana ada mutawif yang mau bantu jamaah umroh mandiri.

    Tapi beneran daku penasaran ama AlBaik, sering ditawarin frozenannya.

    BalasHapus
  6. Kegiatan ibadah jadi petualangan yang menyenangkan dan sangat mendidik. Ini ibadahnya paket lengkap, insyaAllah dapat pahalanya, dapat petualangannya, dan pastinya biaya bisa ditekan.

    BalasHapus
  7. Masyaallah, jd pengin umroh mandiri beserta keluarga juga. Kalau umroh mandiri biaya lebih hemat, tp prepare sebelum keberangkatan yg lebih butuh banyak perhatian.

    BalasHapus
  8. Wah ternyata kalau umroh mandiri bisa lebih hemat ya mbak
    Kalau tahi caranya, umroh mandiri juga bisa dilakukan

    BalasHapus
  9. wahh lumayan mehong yaa makanan disana, bahkan pop mie aja bisa sampai 20 ribu
    tapi kalau sudah umroh sendiri jatuhnya jadi lebih murce yaaa

    BalasHapus
  10. MasyaAllah semoga nular nih rezeki bisa umroh sekeluarga. Btw aku baru tahu kalau bisa beli tiket pakai mata uang negara lain

    BalasHapus
  11. Harus belajar benar² ya kak bila ingin umroh mandiri. Pelajari perintilannya, termasuk juga urusan bahan makanan, ternyata lebih baik bawa sendiri ya hehe.

    BalasHapus
  12. Masya Allah umroh mandiri bisa semurah itu ya, Mbak. Bisa diikuti jejaknya ini, tapi harus belajar dulu tentang ibadah umroh, rukun-rukunnya.

    BalasHapus
  13. Masya Allah menginspirasi sekali, mudah-mudahan kami bisa juga dapat rezeki bisa umroh sekeluarga

    BalasHapus
  14. Menarik juga mba ini umroh mandiri gini, bs jd referensi nih nanti kalo mau umroh brg keluargaku

    BalasHapus
  15. wah infonya oke juga nih mba, saya mau infoin ah buat temen kantor dan beberapa keluarga yg beragama Islam buat referensi kalo mau umroh mandiri gini ya

    BalasHapus
  16. asyik banget, aku juga pengen banget merasakan dan menjalani umroh. sekalian ngajak mama karena pasti udah lama banget gak pergi ke sana setelah abah meninggal :')

    BalasHapus
  17. Meski tanpa muthawif, alhamdulillah bisa melakukan setiap rukun serta syarat wajib umrodh secara mandiri. MashaAllah~
    Sungguh luar biasa belajar dan langsung dalam hal penerapannya. Apalagi dilakukan bersama-sama sekeluarga. Nikmat sekali ibadah seperti ini..

    Barakallahu fiikum.

    BalasHapus
  18. pembahasanya lengkap banget, kebetulan saya juga sedang cari-cari biaya umroh yg murah utk ortu. ijin save dlu,

    BalasHapus
  19. Wah ini yang selalu bikin aku penasaran sih, apa bisa ya kita umrah sendiri tanpa pakai travel.. dan ternyata bisa! Seru banget mbak perjalanannya, ditunggu lagi cerita lanjutannya ya!

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah senangnya bisa umroh hemat mbak. Semoga kesempatan seperti ini juga bisa aku rasakan

    BalasHapus
  21. waah mba lengkap banget panduan umroh mandiri nya dan beruntung itu dapat promo harga setengah di agoda. saya ketinggalan info ini nih,sedih banget karena ibu saya rencana umroh tahun ini karena travel agennya bilang harga umroh naik. terpaksa mundur karena harus kembali nabung untuk nambahin kenaikan biaya umroh. well noted banget ini aku bookmark di chrome ku ya

    BalasHapus
  22. Wah Mbak Yen .. masya Allah .. luar biasa ini bisa total 58 juta rupiah umroh mandiri berempat. Jadi punya mimpi umroh mandiri berlima dengan suami dan anak :D

    BalasHapus
  23. Wah Mbak Yen .. masya Allah .. luar biasa ini bisa total 58 juta rupiah umroh mandiri berempat. Jadi punya mimpi umroh mandiri berlima dengan suami dan anak :D

    BalasHapus
  24. MasyaAllah lengkap bangeeeettt. Catatan pentingnya, lebih baik isi koper dengan bekal biar urusan makanan bisa dihemat. Kapan ya aku bisa ngerasain umroh atau haji sama keluarga begini? Kebayang bakal seruuuu sekali.

    BalasHapus
  25. MasyaAllah.. Pokoke setiap baca tentang umrah mandiri akutu iri sambil doa Kak yen,
    "Ya Allah.. Aku mau juga diundang sekeluarga,"
    Dalam hati sambil merengek.
    Semoga Allah ijabah apalagi di bulan Ramadhan ini 🥰

    BalasHapus
  26. aku jadi pengen de umroh sekeluarga berempat, anak dua juga.
    Kalo nanti udah pasti, aku boleh tanya-tanya mba yeni via japri ya...?
    btw, mba yeni bisa bikinkan jadwal perjalanan plus city tournya sekalian gak ya, secara kasar aja, buat gambaran gitu....
    Sumpah aku tertarik sekali nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleeh atau bisa googling intip aja ittinerary travel travel

      Hapus
    2. terimakasih mba yenny... maaf akun saya tadi jadinya anonim.
      kalo mau dihapus komen yang anonimnya ndak papa

      Hapus
  27. Terima kasih banyak mba untuk sharingnya, useful banget buat orang-orang yang ingin umroh secara mandiri, jadi dapat informasi banyak soal ini

    BalasHapus
  28. Ada Warung Sunda di sana, brt untuk perihal makanan aman lah yaa, trs bawa peralatan sendiri jg jadi lebih lengkiiip hehe. Smg bs keturutan umrah jg dengan keluarga suatu saat nanti

    BalasHapus
  29. Masya Allah, jadi kepengen nih, terima kasih udah share kak :) bisa deh dicoba, ngajak ekeluarga biar lebih kompak ya

    BalasHapus
  30. super asik ini yah.
    budgetnya ngirittt
    bs utk sekeluarga nih

    BalasHapus
  31. Masyaallah, bagaimana pun belajar itu perlu yaa dimanapun kapanpun. Insyaallah semua bisa lebih mudah dan murah kalo tau tips dan trick nya, semoga kita semua bisa segera umroh jg, aamijn

    BalasHapus
  32. Aku salfok sama jajanan anaknya, mungkin aku kalau bawa anakku umrah (aamiin) akan seperti itu juga. Yang pasti makannya yang gampang dan anak suka ya. Beberapa kali baca tulisan mak Gusti tentang Umrah mandiri ini jadi ingin mencoba.

    BalasHapus
  33. ini persiapannya pasti mateng banget ya mba, karena umroh mandiri jadi harus dipersiapkan dengan baik

    BalasHapus
  34. Wahh keren bisa melaksanakan umroh mandiri, ga kebayang bagaimana persiapanya, terimakasih sharingnya ya mb, kita jadi bisa ambil pengalamannya, semoga temen temen bisa menyusul.

    BalasHapus
  35. Umroh mandiri ini bisa jadi salah satu pilihan jika ingin berumroh bersama keluarga ya mbak

    BalasHapus
  36. Alhamdulillah bisa umroh sekeluarga. Asyikk banget bisa terbang ke tanah suci dengan biaya yang terjangkau.

    BalasHapus
  37. biayanya terjangakau banget ya, mbak. biasanya kan di 20 jutaan. ternyata kurs anjlok. tapi ada manfaatnya juga, ya. hehehe

    BalasHapus
  38. Keren banget sih mak bisa umroh mandiri.. kuncinya harus tau dan ngerti itinenrary sama tata cara umrohnya ya maaaak.. tentunya biaya yang dikeluarkan juga lebih hemat dibanding menggunakan travel agen yaaa

    BalasHapus
  39. Salut banget yang menjalankan umroh mandiri. Semoga diriku juga diberikan kesempatan untuk bisa umroh, apalagi rinciannya lengkap banget ini, Mba.

    BalasHapus
  40. Mba thanks aku lagi cari2 info tentang umroh mandiri akhirnya terjawab.. next juga mau umroh spt bareng keluarga lebih murah ya...dan seperti praktis yg terpenting punya ilmuny dulu

    BalasHapus
  41. Berharap bisa ada rezeki dan segera umroh juga serta merasakan bahwa Umroh tuh luar biasa jadinya usahakan

    BalasHapus
  42. MashaAllah~
    umroh mandiri lancar dan semua kesulitan bisa dimudahkan selama perjalanan.

    BalasHapus
  43. Kapan hari saya cerita ke suami soal Umroh Mandiri ini. Dan jujur kami sangat tertarik untuk belajar lebih lanjut. Barusan cek beberapa postingan Mbak Yeni, Insya Allah makin semangat untuk mewujudkan salah satu hajat kami. Amiin

    BalasHapus
  44. Umroh mandiri jauh lebih murah ya, tapi untuk yang perdana umroh terus mandiri deg deg ga sih . Kalau sebelumnya udah pernah kan ada bayangan gitu

    BalasHapus
  45. Masya Allah kalau lihat budget-nya jadi pengen umroh mandiri berdua sama suami tapi musti rajin2 cari info promo ya apalagi umroh perdana

    BalasHapus
  46. Alhamdulillah seneng banget baca kalimat everybody can umroh mandiri. Semoga yang belum umroh Allah mudahkan rezekinya dicukupkan pergi beribadah bersama-sama sekeluarga, aamiin

    BalasHapus
  47. Ini pakai visa by nusuk atau urus sendiri ya mbak? Kalau nusuk boleh tau prosedurnya sm providernya?

    BalasHapus