Tips Mengisi BBM (Bahan Bakar Minyak /Bensin) di New Zealand


Pagii sobatku semuaa....
Lanjut yaa ulasan new zealand, karena traveling ke New Zealand bisa dipastikan harus sewa mobil karena kalau mengandalkan transportasi umum sangat minim  kecuali ikut travel yaa.

New Zealand itu kurang mengakomodir solo traveling, karena transportasi umum kurang memadai meskipun alamnya indah sekali, berbeda dengan Switzerland dimana keindahan alamnya 11 12 dengan New Zealand berjejer pegunungan Alpen juga akan tetapi transportasi umumnya juara.

Bahkan kami di Switzerland menggunakan paket familypass buat 3 hari bebas transportasi bus, kereta, gondola, kapal bahkan akses sampai Gunung Rigi dan Gunung Schilthorn FREE mana paketan yg dibayar 2 dewasa aja anak dibawah 17th masih GRATIS.

KELEMAHAN TRANSPORTASI UMUM DI NEW ZEALAND :

Di Kota Wellington kami sengaja tidak sewa mobil karena cuma sehari semalam disana, lagian sewanya mahal di banding kota lain. 
Niat hati pengen juga merasakan transportasi umumnya karena sejak tiba hingga H-2 kami sewa mobil terus.

Ternyata oh ternyata ....

1. Menunggunya bus lamaa sekali karena jumlah pegawai yang sedikit apalagi setelah covid

2. Kalau rame-rame naik bus jatuhnya lebih mahal di bandingkan naik Uber.

Kami dari Hotel Airport Wellington ingin ke tengah kota,  setelah di cek biaya bus dari Hotel ke pusat kota 1 orang setara 50rb kalau 4 orang 200rb, auto cek uber laah kok sama aja dengan uber otomatis kami pesen uber dunk.

Itu di kota besar yaa bagaimana di pedesaan coba, nah para backpaker murni ada yang stanby di pinggir jalan memberi tanda kemobil yang lewat bahwasannya dia mau menumpang.

Nah worth it emang sewa mobil yaa sejak landing di bandara sudah banyak provider yang menawarkan tapi disaat musim libur banyak juga yang Sold. 

Kejadian di Queenstown begitu landing banyak provider yang SOLD sewa mobilnya karena pada saat kami datang musim.panas disana musimnya orang liburan. Untung kami sudah pesan jauh-jauh hari di Indonesia.

Sewa mobil otomatis harus bisa dunk cara isi bensinnya??

Nah kami mengalami 2 kendala nich, antara lain
1. Mengisi BBM di Aucland, proses pengisian mandiri tidak ada petugasnya, kami ikuti prosedurnya memasukkan kartu kredit pin dan isi BBM. Ternyata oh ternyata isi bensinnya hanya 60 dollar ndz tapi ditarik 150 dollar ndz via kartu kredit. 
Kaget dunk selisihnya gimana urusnya, oiya kami coba pakai kartu debet berlogo visa maupun mastercard tidak bisa, hanya bisa CC kurang tau ya kalau warga new zealand.

2. Kejadian lagi mengisi BBM di Mossburn lokasinya di pedalaman bukan di kota besar, sebelumnya kami survey dulu mencari barang kali ada BBM yang stanby petugasnya. 
Ternyata tidak menemukan mau ga mau isi sendiri lagi dan disini tambah kaget di tariknya 200 dollar ndz padahal pemakaian cuma 80 $ndz 😭😭....
TATA CARA MENGISI BBM SELF SERVICE
1. Enter your pump number / nomor mesin pengisian, tertera di atasnya kalau ada 2 mesin biasa di tulis 1, 2 dst.

2. Use the touch screen to select your account / pilih pembayaran nah debet visa mastercard saya tidak terbaca di sini akhirnya pakai kredit card

3.  Use the pin pad to enter your pin / ketik pin
4. Remove your card / tarik kartu
5. Lifr handle and dispense fuel / isi bbm
6. Selesai isi bbm kembali masukkan kartu kredit dan keluar receipt, auto kaget ditariknya 200 $ndz.

 Langsung selama melanjutkan perjalanan mikir lha lama kelamaan limit CC yang tdk seberapa habis sudah gitu dana yang di hold lama-lama numpuk banyak, yang menjadi pertanyaan mudah ga bank CC mengembalikan dengan cepat?

Akhirnya mencari info kebetulan ada teman yang baru pulang famtrip dari new zealand dia bilang mencari pom bensin yang ada petugas atau toko jadi bayar sesuai yang kita pakai.

Begitu sampai di Timaru dimana kotanya agak gedhe kami mencari pom bensin yang ada petugasnya, satu persatu kami coba lho kebetulan sepi yaa sambil baca-baca tulisan di pom bensin, clingak clinguk ooh gada petugas pindah ajaa....

Di Timaru ini juga kami baru tau ternyata ada tulisan seperti ini dibagian atas padahal di pom bensin aucland maupun twizel gak ada lho tulisannya.

"When using credit cards for fuel there is a pre-authorisation "hold" of up to 200$ put on your account prior to dispensing fuel"
Pom Bensin Park n Save 
 1. Ketik nominal pengisian bensin saya coba 80 dollar
2. Petunjuk layar continue
3. Masukkan kartu pembayaran nanti ada pilihan credit card, saving nah saya pilih saving niat hati supaya tdk di hold toh ada label mastercard atau visa di kartu maupun mesin
4. Masukkan pin kartu
5. Oke kemudian kartu diminta untuk tarik
6. Decline 🤭😭😭 jadi berulang kali pake kartu debet mandiri n bca tidak bisa semua sodara sodara
7. Kalau pake credit card bisa tapi di hold atau ditarik 200 dollar ndz.

Akhirnya kami keliling lagi dan  menemukan Pom Bensin dengan brand BP dimana ada toko di sebelahnya dan pembayaran langsung di toko. Awalnya kami cek dulu mesinnya kok tidak ada alat untuk memasukkan kartu atm ooh ini berarti bayar didalam meskipun isi bensin dulu baru setelah isi langsung ke kasir toko untuk.membayar sesuai dengan yang kita isi.

Bayar dulu baru isi
Kalau foto.dibawah ini ketika di Chrischurch Pom Bensin Techron dia modelnya bayar dulu ke kasir di dalam toko on the spot baru isi bensin.
HARGA BBM ?
Beragam ada yang murah ada yang mahal mulai kalau dirupiahkan 24rb sampai ada yang 26 rb tergantung merk bensinnya.

AKHIRNYA BAGAIMANA DENGAN TAGIHAN KAMI?
Nah kami pulang dari New Zealand akhir Februari 2023, tagihan CC keluar 17 Maret 2023 dan Alhamdulillah clear yang tertagih sesuai nominal bensin, sewa mobil juga sama deposit sewa sudah gak di tagih.

So Tipsnya Carilah yang ada toko dan mesinnya tidak ada alat untuk memasukkan kartu pembayaran ya teman-teman.

Artikel terkait New Zealand

Posting Komentar

57 Komentar

  1. Wah, hati2 x ya kl liften mobil karena sulit transportasi jangan2 kayak di negara kita tuh lan banyak yg kena tipu ma supir (mis. dirampok dll) Ngebayangin asyiknya family trip bersama keluarga lg ke negara2 impian bunda. Punya niece yg happily married to orang sono ampe skrang anak2nya udah berumur 16 n 19 tah. sejak babies gak pernah ketemu hiks hiks.

    BalasHapus
  2. Huaaaa agak tricky ya untuk isi BBM disana. Makasih banget udah berbagi disini, kelak manatau ada rezeki menjejak kesana, at least sudah ada gambaran. Tapi terlepas dari itu, NZ memang salah satu Negara yang indah banget ya Masya Allah

    BalasHapus
  3. yaampun deg2an pas ditariknya lebih gedai, nggak ada notice yg yg pom bensin awal itu. Alhamdulillah udah rebes ya mba. Jadi mending cari yg ada petugasnya ya, kayak yg di spot terakhir itu. Makasih ya infonya mbaaa

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah akhirnya clear ya, yang ditagih di CC sesuai yang dibelanjakan.
    Kita yang di Indonesia biasa di layani petugas di POM bensin, kalau disana mesti melakukan mandiri ya, self service.

    BalasHapus
  5. Ya ampun Mbaak, ribet juga ya kalau solo traveling ke New Zealand. Harus tau betul keadaan transportasi di sana dan cara pengisian bahan bakarnya.
    Pengalamannya bisa dijadikan pembelajaran untuk pembaca, terima kasih sharingnya.

    BalasHapus
  6. Di New Zealand ini padahal cantik-cantik ya pemandangannya. Tapi untuj transportasi belum semudah di Eropa ya. Untungnya ya, akhirirnya tagihan CC sesuai dengan yg dipakai BBMnya, dan lainnya.

    BalasHapus
  7. Noted mak Gusti, tapi memang kalau ke New Zealand tuh sudah pasti bakal sewa mobil ya. Jadi tau nih nanti tata cara pengisian bensinnya

    BalasHapus
  8. Sharing travelingnya jadi makin variatif nih, termasuk isi BBM kan penting juga karena gak semua orang bakal paham. Postingannya sangat bermanfaat, Mbak.

    BalasHapus
  9. Wah banyak banget ambil untung yaa, isi bensin pake kartu, untungnya akhirnya bisa clear urusannya, kalo nggak kepikiran terus pasti

    BalasHapus
  10. wah menarik nih mba, jadi lebih baik pilih pom bensin yang ada tokonya jadi bisa bayar bbm di tokonya tersebut

    BalasHapus
  11. Self service ya disana mbak, di Bandung juga sudah ada beberapa yang self service namun sepi, karena kami terbiasa dilayani kalau beli bbm , hehe. Makasih sharingnya.

    BalasHapus
  12. MasyaAllah ini pasti jadi pengalaman yang tak terlupakan ya kak Yeni. Terima kasih sudah sharing. Sebetulnya aku sukanya di luar negeri tuh kebanyakan self service ya, jadi harus mandiri dan ini jadi pengalaman yang berkesan. Tapi aku baru tahu juga kalo ternyata ada kejadian seperti ini. Bener-bener kudu cermat berati ya... Keren banget sharingnya...

    BalasHapus
  13. Mbaa, aku nggak kebayang sih sewa kendaraan disana. Kebayang serunyaa. Kayaknya aku harus lebih berani untuk travelling. Kalau nggak baca tulisan gini, mana tahu terkait isi BBM di New Zealand :)

    BalasHapus
  14. Wah isi bensinnya isi sendiri yaa, kyknya cuma di Indonesia yang dilayani hehe. Noted mbak jd mending pilih pom bensin yang ada toko dan bayarnya di situ ya. Entah kaoan yaa bisa nyetir sensiri jg di NZ hehe.

    BalasHapus
  15. Aku kayanya bakal nangis deh kalau isi bensin di sana. Lebih dari 2 kali lipat kalau pakai CC. Kayanya persiapa banyak termasuk mental kalau mau ke New Zealand

    BalasHapus
  16. Aku kayanya bakal nangis deh kalau isi bensin di sana. Lebih dari 2 kali lipat kalau pakai CC. Kayanya persiapa banyak termasuk mental kalau mau ke New Zealand

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, artikelnya kak Yeni ini jadi gambaran ya buat kita kak Jiah kalau nanti mau NZ biar lebih banyak persiapannya, dari dana dan mental juga

      Hapus
  17. Wah rada sulit juga ya ternyata bepergian di sana. Mau pilih pake transportasi publik kok juga jarang. Mau isi bensin sendiri harus cermat memilih pom bensinnya.

    BalasHapus
  18. kebayang panas dinginnya beli bensin mandiri udah gitu pembayarannya selangit karena pakai kartu kredit. Pengalaman berkesan banget nih dan bermanfaat utk pelancong yang ngetrip tanpa biro perjalanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii aku juga jadi ikutan deg2an bacanya. Ternyata beda bayarnya selangit yah. Tapi jadi tahu, bisa prepare kalau ke sana ntar. Aamiin yang kenceeenggg.

      Hapus
  19. Wah jauh banget beda pembayaran pake saving dan CC ya Mbak. Alhamdulillah aku jadi tahu. Semoga suatu saat bisa rezeki ke New Zealand sekeluarga. Aamiin.

    BalasHapus
  20. Wah harus banyak yang kita ketahui dan persiapan ya klo jalan jalan ke NZ
    Isi bbm aja lumayan ribet ya
    Postingan ini sangat membantu

    BalasHapus
  21. O keren banget Mbak pengalamannya Alhamdulillah ya akhirnya clear sesuai dengan pembayarannya menjadi referensi kalau mau isi BBM juga di sana

    BalasHapus
  22. Jadi lebih direkomendasi sewa mobil aja ya selama di New Zealand dibanding naik bus. Btw mbak gak ketemuan sama mbak Indah Nuria di sana.
    Seru juga ya ada pengalaman mengisi bbm di sana

    BalasHapus
  23. Terima kasih sudah berbagi tips di New Zealand. Pengen nitip dikirimin postcard dari sana apakah sempat ya hahaha.
    Senang sekali jika bisa dan kuterima dan melengkapi koleksi.

    BalasHapus
  24. Sangat bermanfaat info nya jika saya nanti ke new Zealand Aamiin

    BalasHapus
  25. Wadaw. Susah angkutan umum, ya. Mana ngisi bbm pun ada aja kendalanya. kalau suamiku biasanya kurang awas tuh soal nominal. Padahal lumayan banget selisihnya, ya.

    BalasHapus
  26. masyaAllah sudah sampai Wellington ya mbak, ketemuan sama mbak indah yaa. Btw sayang banget ya transportasi nya kurang mendukung pada alamnya indah di sana banyak spot cantik yang perlu dijelajahi

    BalasHapus
  27. ternyata isi bensin di new zealand prosesnya sedikit membingungkan ya mba, beda banget sama di negara kita. tapi syukurlah setelah pulang ke Indonesia mbak nya ga kena masalah tagihan apapun.

    BalasHapus
  28. New Zealand!!! Ini masuk ke wishlist aku karena idaman bgt alamnya 🤍🤍 semoga bs segera ke sana aamiin 🙏🏼 anw, baru tahu kalo public transportation di sana kurang memadai. Padahal aku lbh suka coba2 public transportation kalo lagi jalan hehe. Agak kaget juga perihal bensin yg ditarik lbh dr pemakaian. Untung ya udh clear pas di Indo

    BalasHapus
  29. kalau mau traveling ke mana-mana better emang pilih yang bayar cash aja ya, lebih aman. gak nyangka harga bis mahal banget di NZ. mungkin karena di rupiahin kali ya. tapi jadi penasaran dengan cost living disana gimana? apa mahal juga? pengen hijar kesana, hihihihi. bukan liburan yaa beneran hijrah. lagi nyari peluang pekerjaan dan pendidikan.

    BalasHapus
  30. Serunya jalan - jalan ke NZ. Ini yg ketemu sama mba Indah nuria ya . Isi bensin di sana ga terlalu antri ya

    BalasHapus
  31. Pengalaman menarik banget saat jalan ke New Zealand, ngisi bbm mandiri bakal jadi referensi pejalan lainnya. Berkah untuk mba dan sekeluarga.

    BalasHapus
  32. Ikut deg-degan bacanya kak Yeni kok tiba-tiba jadi 200 dollar tapi alhamdulillah pas dicek tagihan ga sampe segitu ya. emang di sana lebih modern jadi POM Bensin ga ada petugasnya tapi bagi yg pertama kali nyoba juga kagok dan bingung sendiri.

    OK Berarti kalau saya ke sana pake travel ajalah kalau transportasi umum juga susah.

    BalasHapus
  33. Memang susah sih ya jika di sebuah negara tidak tersedia transportasi umum yang memadai, apalagi jika harga kendaraan mahal.

    BalasHapus
  34. Alhamdulillah, Mbak Yeni banyak memberi pengalaman dan cerita selama di NZ ya. karena setelah mengikuti cerita Mbak Yeni, walau pemandangan alamnya indah, NZ ini banyak hal yang tidak familier dengan wisatawan pada umumnya. Misalnya cerita yang dulu susahnya menggunakan kartu pembayaran, sekarang lagi ribet urusan isi BBM. Jadi yang mau ke sana, harus paham betul sikon di sana.

    BalasHapus
  35. pengalaman baru kala jauh dari negara sendiri ya mba. Semoga kita jadi bisa belajar dari kisah mba. Waspada selalu dimanapun kita berada ya

    BalasHapus
  36. Kalau di luar negeri ngisi bbm sendiri udah jelas ya mbak stepnya. Kalau di sini aku pernah isi bbm mandiri pas di tol malah ngah ngoh. Ujungnya nungguin petugas dateng haha.

    BalasHapus
  37. Saya masih bingunh maksudnya di hold sampai 200$ itu gimana ya? Cuma sebagai formalitas, nanti dikembalikan atau semacam uang jaminan atau bagaimana?

    BalasHapus
  38. Disana udahh self service ya mbaa untuk BBM sekalipun. keren sihh. ini kalo aku kesana pasti jadi auto bingung wkwkw thanks mba artikelnya

    BalasHapus
  39. NZ ini salah satu tempat yang ingin kukunjungi juga. Tapi perlu banget ya persiapan matang biar nyaman liburannya. Termasuk harus pandai-pandai dalam ngisi bensin di sana.

    BalasHapus
  40. Pastinya bikin kaget sekaligus panik tahu keluar struknya lebih dari pengisian ya, mbak. Bersyukur karena pada akhirnya tagihan sesuai dengan yang digunakan

    BalasHapus
  41. Wah, lumayan ribet juga kalau mo isi bensin di NZ. Berarti harus lebih prepare ya kalau mo jalan2 di NZ.

    BalasHapus
  42. dari semua ceritanya mba Yen saya jadi punya banyak persiapan selama nanti di NZ, dan banyak hal baru yangs aya pelahjari juga buat bekal nanti solo traveling di sana

    BalasHapus
  43. Ternyata untuk mengisi bbm di New Zealand ini banyak hal yang harus diperhatikan ya mbak
    Artikel ini bisa jadi panduan

    BalasHapus
  44. Rasanya saya tidak mungkin ke NZ tapi membaca artikel ini sungguh menambah banget wawasan saya. Persiapan apapun sebelum terjun itu memang penting. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  45. Kalau di luar negeri tuh memang sudah terbiasa mengisi bahan bakar sendiri tanpa petugasnya ya,kak. Kita pun jadi belajar juga meskipun sekedar liburan saja disana. Menarik nih tipsnya buat saya next liburan ke New Zealand.

    BalasHapus
  46. Berkesan sekali liburan ke New Zealand ya, kak Yeni.
    Banyak kejadian menegangkan yang diluar prediksi terutama masalah pengeluaran untuk transportasi. Salut banget sama traveller sejati yang selalu tau apa yang harus dilakukan di saat genting yakni tetap tenang dan tidak panik.

    Informasi ini akan sangat membantu sekali bagi yang ingin travelling ke Yurop.

    BalasHapus
  47. Masih cerita soal Nez Zealand ya
    Sebuah negara yang pasti makmur dan masyarakatnya tenang
    Apakah di sana ada slogan balik dari 0 lagi?

    BalasHapus
  48. Lumayan juga ya harganya, 1x isi BBM trus ada charge tambahan itu ya berarti sebesar 200 $ndz? Agak kurang paham aku dibagian ini, cuma seru juga bisa jalan-jalan ke New Zealand

    BalasHapus
  49. Di luar negeri banyak yang sudah self service ya untuk membeli bahan bakar minyak ini, jadi harus tau juga caranya, baik cara mengoperasikan mesinnya dan juga cara pembayarannya sebelum kita jalan-jalan ke luar negeri

    BalasHapus
  50. wah untung pada akhirnya bayarnya sesuai pembelian ya, kalau enggak boncosnya kebangeten, soalnya bedanya jauh banget...

    BalasHapus
  51. Memang di Aussie dan NZ kebanyakan pom bensinnya gak pake petugas. Dulu ketika 2 tahun kami tinggal di Brisbane, kami pun harus berlatih mengisi bensin mobil secara mandiri. Dari yang awalnya kadang belepotan, sampai akhirnya cukup mahir dan rapi penanganannya

    BalasHapus
  52. Wah emang agak berbeda ya kalau mengisi bbm di NZ ini lebih ke self service. Pasti bakal jadi kebiasaan yang beda kalau selama ini di Indonesia serba dilayani. Makasih banyak mba sharingnya bermanfaat banget, siapa tau nanti bisa juga ke NZ sama keluarga.

    BalasHapus
  53. Ih iya aku sering liat di film luar negeri gt, mereka self service ya mak. Dan pada lancar lancar semua aja gitu ngisinya. Aku ngisi self service di indonesia aja bingung, gimana di luar negeri nih..

    BalasHapus
  54. wah naik bus bisa lebih mahal dari naik uber ya ternyata? canggih bener

    BalasHapus
  55. Waaah thank youuuu infonya Mbaaa. Saya ada planning mau road trip juga di NZ Ama kluarga . Jadi udh mulai cari tahu semua hal ttg NZ. Berarti kalo pake CC memang di hold, tapi ttp aja tagihan sesuai pembelian Yaa. 👍Aku masih galau sebenernya, mau sewa campervan, atau mobil aja dan stay di hotel berarti. Soalnya banyak temen cerita, campervan agak ribet 😅

    BalasHapus