CURUG CISARUA 2 JONGGOL, SUKAWANGI KAB. BOGOR

Hallooo sobatku semuaanyaa...
Semogaa sehat ceria semangat selalu di hari ini....

Kali ini Gusti Yeni Famtrip akan menceritakan pengalaman liburan hemat, murah meriah tapi menyehatkan......

Apa ituuuuu....

TRECKING...🤭

Ketika kita menemukan komunitas yang satu frekuensi bikin hidup jadi seruuu ya gaak???
Seperti ketika saya mulai menulis di blog kemudian ketemu komunitas Emak Blogger (KEB) Komunitas ISF (Indonesia Saling Follow) dan komunitas sejenisnya menjadi semangat buat menulis, rasanya kek punya hutang gitu kalau belum setor tulisan 🤣...

Nah karena hobby kami tuh traveling, otomatis saya join juga ke beberapa komunitas. Naaah beberapa minggu gak keluar kandang jadi gatel kaki seringnya berakhir dengan liburan hemat murah meriah sehat yaitu trecking, ajak2 teman group pastinya karena emang lebih seru kalau rame rame.

Kisah yang saya tulis ini serba mendadak beberapa hari mau berangkat ada ide buat trecking, woro-woro di group ngajak yang bisa Alhamdulillah deh dapat teman.


Ada wajah baru juga dan wajah lama, serunya meski baru kenal saat di TKP langsung aja membaur seru ketawa ketiwi.

Trecking kami di Curug Cisarua 2 Jonggol, Bogor Jawa Barat.

Seperti biasa kami berkumpul di exit toll citeurep sekitar jam 6 pagi, nah teman saya Mbak Susi punya teman kantor yang suka buka rute pendakian, atau curug, kami selalu pakai beliau "Kang Feri" namanya.

Kang Feri sudah menunggu di exit toll dengan peralatan naik gunung yang dia punya plus motor, setelah kami berkumpul akirnya mengikuti Kang Feri ke area Curug Cisarua 2 yang ternyataa jauhhnyaaa, dah gitu bawa mobil serasa di aduk-aduk karena jalanan berliku, berbatu dan naik turun.

Perjalanan dari exit toll.citeureup ke Curug Cisarua 2 sekitar 2 jaman jauhh yaaa, belum mulai trecking sudah mabok perjalanan dulu 🤭.

Begitu tiba di lokasi, wowwww kereen jadi di area parkir mobil kami itu sudah berjajar tenda milik orang yang camping di situ, ada kolam renang, toilet bersih di area camping.

Konon katanya mau camping disana biaya sekitar 25rb/orang, belum tiket masuk 10rban, bisa sewa tenda juga disana.

Setibanya di lokasi kami mulai trecking jalanannya mendaki dulu kemudian menurun eeeh ketemu sungai, sampai sungai tidak ada jalan lagi kecuali kita emang menyusuri sungai terus aja naik keatas.

Jalur Awal Menyusuri Sungai
Perlunya menggunakan tongkat trecking ketika menyusuri sungai berbatu seperti gambar diatas memudahkan kita untuk mengukur kedalaman airnya, dan sebagai alat pijakan.

Sepatu yang tepat juga membantu supaya kaki tidak sakit terkena batu atau hewan air, pilihlah sepatu yang ringan, bawahnya bergelombang sehingga tidak licin, dan tahan air bisa digunakan di air maupun di tanah kering.

Air Terjun kecil 
Di depan area air terjun kecil ini kami buka lapak buat masak masak.
air terjun yang kecil nah menuju ke air terjun besar lewat jembatan kecil setengah rusak kemudian basah basahan menyusuri sungai.


Ternyata oh ternyata jarak trecking ini terpendek sepanjang kami trecking, setelah menyusuri sungai terdapat batu besar dialiri air dimana kita kalau mau ke air terjun harus naik batu tersebut tanpa ada tangga lho.
                         memasak nasi               memanggang ayam

Nah akhirnya kami buka lapak buat masak masak di area yang cukup luas didekat air terjun kecil, bagi yang mau ke air terjun besar bisa naik bebatuan terlebih dahulu.
Kebetulan kami sewa potter untuk membawa printilan cemilan dan bahan makanan untuk dimasak, sehingga disaat buka lapak persiapan masak-masak, ada yang lanjut bermain air, ada yang naik ke Air Terjun.

Menuju Air Terjun Utama 
Untuk menuju air terjun besar medannya cukup menantang dan siap berbasah basah ria.
tempat suami saya turun adalah jalur ke air terjun besar.
Ini adalah air terjun utama lokasi diatas di depan kami batu besar langsung ke bawah airnya jadi ya rada ngeri ngeri sedap.Setelah puas main air dan masakan selesai kami makan seruu kannn...

"Liburan tidak mesti mahal kan ya.."

Wisata hemat murah meriah cuma siapin fisik saja nih, seruu kan masak pakai kayu bakar dan kompor camping, anak2pun senang bertemu teman baru kenalan baru.

Sekian dulu yaaa sobatku semuaaa...

Terima kasih buat teman2ku
Wajah Baru
- Mas Ikhsan
- Mas Haris & ponakan
- Mba Ina, Suami & anak
- Mba Mae

Wajah Lama
- Maksus dan anak
- Bu ida dan teman
- Kami.sekeluarga
- Mbak Dian
Biaya Makan (beras, lauk ayam, milo, jahe, kopi, gula, teh) dan potter kami iuran.

Bagi yang newbie tempat ini boleh di coba tracking sekitar 2km aja dengan menyusuri sungai dan bebatuan, untuk camping oke karena ada kolam renangnya, toilet area camping bersih.




Posting Komentar

21 Komentar

  1. Segerrt bgt
    Memang enjoy healing wisata alam kyk gini.

    Apalagi sama teman2 ya

    BalasHapus
  2. Udah lama banget nggak ke air terjun, curug2.. huhu pengin deh mbaa
    seru ya di daun pisang, bakar ayam cara gitu mana di alam lepas^^ momennya aduh aku sungguh suka. Ikut deg2an deh mba yg posisi di bawah batu, alhamdulillah aman yes^^

    BalasHapus
  3. seru banget iniii treking rame-rame kayak ginii yaa, hemat pula :D

    BalasHapus
  4. Wah kebayang serunya rame2 sama teman2 dan keluarga, capek bareng2 tapi seru dan sesudahnya makan bersama pula, hasil masak sendiri. Berkesan banget pastinya. Kayaknya bakal ada trip berikut nih ^_^

    BalasHapus
  5. Senangnyaaa... aku kadang juga begini (tapi ga yang jauh2). Tapi ya gitu, masih berempat doang, belum dapat komunitas hahaha. Jadi ingat cerita Trinity, skrg kalo naik gunung atau camping bawa potter. Masa2 angkut carrier sendiri itu uda masa lalu. Keknya ntar kalo kesempatan naik gunung lagi jg bakalan gitu lah..

    BalasHapus
  6. Seruuuu Mak camping kayak gini. Apalagi bawa keluarga (sama anak2), jadi mereka punya pengalaman baru dan seru juga.
    Btw itu di sungai atas air terjunnya ngeri-ngeri sedap bener :)

    BalasHapus
  7. Aku selalu menanti cerita jalan-jalanmu mbak, jujur ada beberapa yang sudah aku catat untuk destinasi liburan soalnya. Ini treking sebenarnya aku ingin sekali walau belum dapat jadwal yang cocok, kalau ramaian gini pasti lebih seru ya.

    BalasHapus
  8. Menarik ya wisata keluarga ke Curug Cisarua. Saya orang Bogor malah gak tahu ada curug itu. Meski kecil tapi tempatnya masih asri ya mbak, dan cocok untuk kemping bersama keluarga.

    BalasHapus
  9. Benerrr. Liburan ngga harus mahal. Sepakat. Apalagi back to nature gini berasa banget vibesnya. Tapi medannya aman ya buat anak2? Seruuu makan pake alas daun pisang tuh!

    BalasHapus
  10. Wah senangnya jalan-jalan sambil menikmati suasana yg adem dan asri. Baru lihat air terjunnya saja kesegarannya sudah terasa, gimana kalau langsung main di bawah air terjunnyabitu yah? Eh, tapi itu kan air terjunnya pendek jadi bisa main ciprat2 manja gitu. Eh apa sih

    BalasHapus
  11. Luar biasa ini kekompakan dan kerjasamanya. Makna bareng nasi liwet setelah basah-basahan nikmat pastinya...
    Apalagi seru abis itu bareng anak dan keluarga

    BalasHapus
  12. Ya Allah baca ini jadi diingatkan untuk treking ke air terjun lagi. Terakhir ke air terjun itu tahun 2021, kangen juga sih.

    Kalo jalan sepanjang 2 km aku masih mampu, mba. Asalkan jangan naik gunung aja, udah berat nanggung beban pantat yang besar, hahahaha. Senang ya bisa jalan bareng dengan teman sefrekwensi gini, capek pun hilang dengan candaan sepanjang jalan

    BalasHapus
  13. ih seru banget sih ini, trecking bareng teman-teman bisa sekalian healing, mana curugnya bersih gitu ya, seger deh

    BalasHapus
  14. Kayaknya rame yaaa, soalnya udah makin terkenal buat tempat camping dan trekking :D
    Wah ada bbrp spot yg naik tanpa tangga ya mbak? Pokoknya ngikutin panduan aja aman ya :D
    Selalu pengen kembali ke alam kek gtu padahal ya deket jg tapi blm berkesempatan ke sana huhu.
    Seru banget apalagi bareng keluarga lain bisa rame2 :D

    BalasHapus
  15. wisata alam itu lebih fresh, apalagi curug cisarua..adem seger ijo-ijo gitu ...duh bikin happy... healing lahir batin

    BalasHapus
  16. Wow...
    Memanggang ayam, memasak nasi, semuanya dilakukan di alam.
    Serasa makanan paling nikmatttt~
    Karena dimasak dengan cara alami dan bersama-sama.

    BalasHapus
  17. Setuju mbak
    Liburan nggak mesti mahal
    Jalan jalan ke Curug seperti ini saja sudah HEPI ya mbak

    BalasHapus
  18. Asyik banget piknik di alamnya. Aku kalau musim hujan gini, pilih area tracking yang tipis-tipis aja karena khawatir air besar juga kan. Terus makan bareng kaya gitu, seru

    BalasHapus
  19. Asyik banget piknik di alamnya. Aku kalau musim hujan gini, pilih area tracking yang tipis-tipis aja karena khawatir air besar juga kan. Terus makan bareng kaya gitu, seru

    BalasHapus
  20. Asyik piknik di Curug ya ada hiking terus mandi-mandi dan makan bareng, nunggu musim hujan selesai ah soalnya agak parno hihi kalau ke Curug lagi musim hujan

    BalasHapus
  21. udah lama nggak explore air terjun atau curug. Yang bikin kangen adalah suasana waktu tracking bareng sohib-sohib, terus menikmati alam juga.
    Di bogor banyak ya curugnya yang aku tau dan alamnya bener bener masih alami
    cuman kalau musim hujan, sama kayak mba dewi, aku menghindari main ke curug

    BalasHapus