Ratu Boko Warisan Sejarah Nan Eksotik

Sleman Yogyakarta terkenal dengan peninggalan candi-candi, bukan hanya Candi Prambanan saja akan tetapi banyak candi kecil di sekitarnya.

Di pengunjung tahun 2022 setelah explore Gunung Api Purba di Nglanggeran keesokan harinya di tanggal 31 Desember 2022 kami mlipir ke petilasan Ratu Boko.

Untuk mengexplore Petilasan Ratu Boko ini siap-siap jalan kaki dengan medan menanjak ya teman-teman. Areanya juga luass sekali dan terawat dengan sangat baik, rerumputan yang hijau asri, toilet bersih, area duduk santai dan area bermain engklek juga tersedia.
          main sepuasnya bayar suka rela

Sejarahnya

Situs Ratu Boko merupakan situs arkeolog yang di kenal sebagai Kraton Ratu Boko atau Istana Ratu Boko. Berada di sebuah bukit dengan jarak sekitar 3 km di selatan Candi Prambanan dengan luas komplek sekitar 16 hektar,  ketinggian 196 m diatas permukaan air laut dan masuk dalam dua wilayah pedukuhan Dawung & Sambirejo desa Bokoharjo & Desa Prambanan.
Nama asli Candi Ratu Boko adalah Abhayagiri Wihara. Nama Candi Ratu Boko sendiri berasal dari penduduk sekitar setelah kedatangan Raja Boko, sang raja legendaris yang di sebut dalam mitos Roro Jonggrang.

Situs Ratu Boko ini merupakan situs profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian hingga pagar pelindung.

Kedudukan situs di atas bukit ini juga mensyaratkan adanya mata air dan adanya sistem pengaturan air yang bisa memenuhi kebutuhan sehari hari.

Abhayagiri Wihara (wihara bukit yang penuh kedamaian)

Prasasti Abhayagiri Wihara yang berangka th 792 M merupakan bukti tertulis yang di temukan di Situs Ratu Baja. Dalam prasasti ini menyebut seorang tokoh bernama Tejahpurnapane Panamkarana atau Rakai Panangkaran (746 - 784 M) serta menyebut kawasan wihara di atas bukit yang dinamakan Abhyagiri Wihara (wihara bukit yang penuh dengan kedamaian).
Rakai Panangkaran mengundurkan diri sebagai Raja karena menginginkan ketenangan rohani dan memusatkan pikiran pada masalah keagamaan. Rakai Pangkaran menganut agama Budha sehingga bangunan ini berlatar belakang agama Buddha, sebagai bukti adanya Arca Dyani Budhha.
Namun ditemukan juga arca dengan unsur agama Hindu spt Arca Durga, Ganesha dan Yoni.

Bagian - bagian dari Situs Ratu Boko
1.Gapura Utama
Gapura utama terdiri dari 3 buah gapura yaitu gapura tengah dan dua gapura apit, yang disusun berimpit berjajar kearah utara selatan menghadap ke arah barat.
Gapura tengah dan gapura apit berbentuk paduraksa. Gapura tengah memiliki ukuran lebih besar dibandingkan kedua gapura pengapitnya.
Gapura utama berfungsi sebagai pintu masuk situs Ratu Boko sekaligus sebagai penghubung halaman teras pertama dan kedua.

2. Candi Pembakaran
Candi berbentuk bujur sangkar dan berteras dua. Dinding candi diperkuat dengan selapis batu andesit, sedangkan bagian dalamnya tersusun dari batu putih.
Pada bagian tengahnya terdapat perigi (sumuran) berbentuk segi empat.
Candi pembakaran diduga merupakan bangunan suci yang berfungsi sebagai pelengkap dalam upacara keagamaan umah Hindu, karena memiliki ciri-ciri sebagai candi Hindu.

3. Gardu Pandang
Berada di sebelah Candi Pembakaran terdapat anak tangga keatas dimana diatas terdapat semacam pendopo dengan arca dan pemandangan Candi Prambanan. 
Sayang berkabut sehingga tidak jelas pemandangan Candi Prambanan

4. Paseban
Paseban merupakan ruang tunggu bagi tamu yang akan menemui raja.

Paseban berarti tempat untuk memghadap raja. Disebelah tenggara pintu gerbang terdapat dua buah batur yang terletak berdampingan, yaitu Batur B1 dan Batur B2, kedua batur tersebut disebut Paseban.
Batur B1 terletak disebelah timur, dan Batur B2 berada di sebelah baratnya. Batur B1 berukuran lebih besar dari Batur B2.
Paseban di perkirakan merupakan suatu bangunan dengan konstruksi kayu.
Hal tersebut didukung dengan adanya temuan umpak-umpak batu yang berfungsi sebagai penyangga tiang yang terbuat dari kayu.

5. Pendopo
Bangunan pendopo berada di teras keempat dan mempunyai luas 14.000m2. Bangunan pendapa terdiri dari pagar pendapa dan dua buah batur yang berada di utara dan selatan.
Kaki dan atap pagar keliling terbuat dari batu andesit, sedangkan tubuhnya terbuat dari batu putih. Dibagian atas pagar diberi hiasan utpala.
Pada kaki pagar terdapat Jaladwara yang berfungsi untuk mengalirkan air dari dalam ke luar yang kemudian ditampung  dalam wadah yang berbentuk melengkung.
Kedua batur terbuat dari batu andesit keduanya dihubungkan dengan selasar.
6. Paseban Batu Putih
Paseban inj berukuran lebih kecil dari Paseban utama.

7. Kaputren
Kaputren berada di teras ke enam dimana kaputren ini terbagi menjadi dua bagian, sisi timur dan sisi barat. Kedua bagian ini dipisahkan oleh pagar dan dihubungkan dengan gapura.
Bagian timur terdapat kolam yang gunanya sebagai penyuplai air dan terdapat dua bangunan batur.

Di kaputren terdapat kolam berbentuk lingkaran lingkaran dan kotak kotak.

Kolam.pemandian kuno

8. Goa Lanang & Goa Wadon
Sebelah timur situs Ratu Boko terdapat dua buah gua yaitu Gua Lanang dan Gua Wadon.
Gua Lanang terdapat ambang atas lubang masuknya terdapat pahatan pallus.
Gua Wadon terdapat ambang atas lubang masuknya terdapat pahatan vagina.
Ruangan gua lanang lebih besar dibandingkan dengan ruang Gua Wadon.
Gua tersebut berfungsi sebagai semacam gardu jaga, karena dari lingkungan sekitar gua orang bisa melihat wilayah selatan dan timur dengan leluasa.

Selain petilasan temanku semua bisa juga menikmati Pemandangan dari atas di Restaurant Ratu Boko yang bernama Ratu Boko Resto berada sebelum gerbang cek tiket, selain itu terdapat juga Toko Cinderamata  spot foto instagramable di Gerbang Utama di saat sunset dan sunrise.

Informasi
Tiket masuk domestik Rp. 40.000
Jl. Raya Prambanan - Piyungan Km 2
Sleman Yogyakarta
(0274) 496510

Alhamdulillah tahun 2022 telah di jalani dengan total destinasi 2 Negara 56 Kota 567 Tempat, Masya Allah tabarakallah semuaa bakal menjadi kisah indah traveling kami disaat pandemi.


Semoga di tahun 2023 ini bisa menjelajah di minim 4 Negara amiin 3x ....

Sumber:
1. Brosur TWC (Taman Wisata Candi) Ratu Boko

Baca :

Posting Komentar

24 Komentar

  1. ini salah satu lokasi syutingnya AADC 2, kan? Luas banget ternyata, ya. Keputren aja segitu. Berasa putri raja beneran deh kalo tinggal di sana.

    BalasHapus
  2. Pemandangan dari gardu pandang kayanya asik ya mbak. Bisa melihat candi Prambanan gitu.

    Tempatnya ternyata luas juga yaa candi Ratu Boko ini 😍

    BalasHapus
  3. Ternyata luas banget lokasinya, ini udah ada di wish list sih, lokasinya bisa dijangkau sama kendaraan umum nggak sih? Atau pakai travel aja ya

    BalasHapus
  4. Ini salah satu destinasi wisata wajib, aku padahal sudah pernah kesini tapi entah kenapa setiap ke Jogja selalu mampir ke Ratu Boko. Tapi aku biasanya sore hari biar sekalian sunsetan mbak.

    BalasHapus
  5. seru banget ke candi ratu boko tuh indahnya pas lagi sunset atau sunrise, senjanya sangat-sangat indah karena memang letaknya paling atas gitu. Suka deh mba, lengkap banget infonya

    BalasHapus
  6. Wah..udah bangus banget Ratu Boko sekarang, ini foto juga ga ada penampakan alias orang rame...pas sepi begini asyik sekali, Mba Yeni.AKu ke sini 8tahunan lalu lagi di renovasi. Ada paket dari Prambanan include ke sini jadi lebih hemat..mau ah ke sini lagi kalau dah cakep begini

    BalasHapus
  7. Luas dan bagus ya kompleks candi ratu Boko ini, sayangnya memang belum banyak yang tahu situr bersejarah ini. Kalah pamor dengan candi prambanan, padahal lokasinya juga nggak jauh dari Prambanan

    BalasHapus
  8. MasyaAllah udah 500 an tempat dengan dua negara yang dikunjungi pada tahun 2022. Keren sekali dan memotivasi. Semoga tempat wisata seperti ini masih terjaga dengan baik ya mba

    BalasHapus
  9. wow, ngitungin sampai total berapa tempat. Menarik mbak!

    eh kalau keliling Ratu Boko apa ga ada tour guide? banyak spot yah, aku tuh suka nge-blank walau udah ada brosur yaa. Kan udah reruntuhan gitu.

    BalasHapus
  10. Ratu Boko tu salah satu candi favorit aku. Menurutku bentuknya fotogenic bgt jd difoto dr angle manapun kliatan cantik. Terutama pas sunset eksotis bgt

    BalasHapus
  11. Paseban itu menghadap raja jadi seperti ruangan khusus untuk membicarakan sesuatu kaya kantor kepresidenan kalau sekarang bilang . Keren ya jaman dahulu

    BalasHapus
  12. Tiketnya sekarang udah 40 ribu yaa, dulu aku masih 25 ribu. Kami sekeluarga udah sampai 3 kali saking sukanya dengan view di sana. Tapi dulu belum ada tulisan Ratu Boko sama permainan anak-anak

    BalasHapus
  13. Wah ternyata banyak candi ya.
    Anak2 niscaya belajar sejarah sih
    Menarik ya

    BalasHapus
  14. ampun deh ratu boko memang se eksotik gitu ya, gak heran jadi pilihan wisata untuk para turis lokal maupun internasional

    BalasHapus
  15. Aku pengin banget explore candi2 tiap pulkam. Tapi belum kesampaian juga huhuhu. Padahal boko deket sama Prambanan ya kan. Aku ke Prambanan juga sudah dulu banget pas anak2 masih kicik2 hihihi. Satu lagi selain Boko, aku pengin kembali ke Gedong Songo. Selama ini kalau pulkam lewat mulu ga pernah singgah huhuhu.

    BalasHapus
  16. Semoga tahun ini saya kesampaian main ke Candi Ratu Boko. Kalau saya, selain mau menelisik sejarah, juga ingin mengejar sunset di sini.

    BalasHapus
  17. Aku belum pernah ke candi ini apik yaa candinya terus bersih dan lumayan terawat. Jadi hits karena nongol di film AadC 2 ya candi ini keren mba sampai ratusan tempat didatangi semoga aku dan keluarga bisa jalan-jalan sesetu kalian yaa

    BalasHapus
  18. Penasaran bisa menikmati wisata ke sini, soalnya seru juga melihat view menarik ini ya

    BalasHapus
  19. MasyaAllah mbak keren banget sudah banyak tempat yang dikunjungi.
    Ratu buko bisa jadi salah satu destinasi buat dikunjungi kalo ke jogja nih
    Tempatnya luas dan banyak spot menarik

    BalasHapus
  20. Luas juga ya Ratu Boko ini. Kalau ke sana, kayanya bakal seharian buat keliling, nikmati dan mengamati. Bangunan bersejarah ini

    BalasHapus
  21. Belajar banyak hal melalui situs sejarah Ratu Boko ya..
    Menarik dan cantik sekali pemandangannya.

    BalasHapus
  22. Sejak dulu pengen ke Ratu Boko belum kesampaian mba. Sekarang harga tiket masuknya lumayan ya ... Tp pasti worthed.

    BalasHapus
  23. Kalau plesiran ke candi itu rasanya seperti ditarik ke masa lalu, ya. Melihat berbagai peninggalan, baik itu bangunan, arsitektur, maupun bekas tempat untuk upacara, semua seolah merangkai cerita masa lalu.

    BalasHapus
  24. Masya Allah.. jadi kangen liburan ke Yogyakarta lagiiii belum semua terjemahan termasuk keraton

    BalasHapus