Edutrip ke Yogyakarta Kelas 5 Sekolah Global Mandiri Jakarta November 2022

Setelah 3 tahun terkungkung dengan pembelajaran online, sebetulnya tidak terkungkung juga sih lha kami sambil roadtrip selama pandemi.

Di tahun 2022/2023 anak-anak kembali seperti semula belajar offline disekolah dan sesuai agenda sebelum pandemi bahwasannya kelas 5 ada Edutrip selama beberapa hari.
Pilihan jatuh ke Kota Gudeg Yogyakarta selama 3 hari 2 malam, bersamaan juga dengan si kakak kelas 8 live in di Kasepuhan Ciptagelar Sukabumi 4D3N


ITTINERARY
HARI 1
- Berangkat pagi dari Sekolah Global Mandiri Jakarta timur
- Isoman (istirahat sholat makan) di rest area
- Tiba di Yogya mampir ke Candi Prambanan
- Cek in di Hotel Merapi Merbabu Yogyakarta sekamar 2 anak.
- Makan malam 
HARI 2
- Sarapan pagi di Hotel
- Taman Pintar disini anak-anak banyak menjumpai alat peraga science.
- Kraton Yogyakarta mendengarkan dan melihat peninggalan jaman dahulu. Anak-anak juga melihat pertunjukan wayang yang diperuntukkan anak-anak global mandiri.

- Membatik, mewarnai dan hasil karya batik di bawa pulang
- Balik hotel istirahat 
- Rencana berenang di hotel batal karena penuh kolam renangnya.

HARI 3
- Sarapan 
- Cek out hotel merapi merbabu
- Menuju tempat pembuatan coklat tugu
- Praktik membuat coklat dan membawa coklat pulang
- Menuju tempat pembuatan bakpia
- Praktik membuat bakpia dan membawa bakpia pulang 

- Solat jumat  makan siang balik ke Jakarta
         hasil yang dibawa pulang kerumah

BARANG YANG DIBAWA
BIAYA 
Tarif normal Rp. 3.750.000 (kalau dibayar sebelum oktober 2022 diskon menjadi Rp. 3.600.000)

Fasilitas :
- Bus AC dengan sandaran kaki, seat 2-2
- Hotel berbintang sekamar berdua selama 3 hari 2 malam, makan sehari 3x di hotel
- 2 Kaos seragam
- cemilan
- Tiket masuk taman pintar, membuat coklat, masuk keraton, membuat bakpia, membatik dkk
- Pengawasan kepada anak2 baik di hotel maupun diluar, pendampingan selama ke toilet terutama di rest area

SERBA SERBI KISAH ANAK-ANAK 

a) Meskipun bagi saya pribadi si adik bukan kali pertama pergi menginap tanpa orang tua karena sejak kelas 1 SD setiap libur akhir tahun masuk ke Ponpes yang super duper sederhana (tanpa AC, mandi air dingin, makan seadanya, main di sawah ikut menanam padi dkk), akan tetapi banyak temannya yang murni pengalaman perdana pisah dari orang tua.

b) Orang tua pada melow yellow oranjuss dag dih dug menunggu foto video update info dari mentor, maklum banyak yang perdana berpisah dengan anak

c) Banyak kisah seru ada yang cerita ketika pulang dari Edutrip si anak sedihh berpisah sama teman-temannya.

d) Ada yang sakit karena tidak tidur di peluk mamanya akhirnya tidur bersama mentor.

e) Ranggi dengan Matheo teman sekamarnya saling membangunkan di saat sholat subuh, sebelum cek out saling cek ricek barang sebelum meninggalkan kamar.

f) Ini kisah lucuu banget salah satu teman Ranggi beda kamar, karena di kamar tidak ada jam dinding, anak-anak gak tahu sudah jam berapa. Tahu sendiri ya mereka takut bangun kesiangan nanti di tinggal bus. Nah salah satu temennya si A bangun kok lihat di luar sepii langsung bangunin teman sekamarnya si B eeeh bangun ayoo mandi keburu telat, buru2 mandi kramas trus bangunin teman di kamar lain. Di kamar lain juga bergegas si C dan D buru2 mandi, ealaah si A & B setelah keluar kamar kelupaan kartu kamar tidak diambil alhasil ga bisa masuk kamar lagi dunk.
Akhirnya turun ke lobby minta kunci dan baru melihat jam di dinding ternyata masih jam 2 pagi😭😭....

Alhasil balik kamar pada gabisa tidur lagi termasuk si C&D sambil menunggu pagi nonton tv🤭.

g) Ada juga cerita saking pulesnya tidur di bus, ketika di rest area waktunya solat dibangunin susaaah banget akhirnya ditinggal solat, bangun bangun sepi tinggal yang non muslim trs bilang kok ga dibangunin, haeyaah kamu di bangunim.susaaah banget.

Alhamdulillah dibalik pro kontra kegiatan Edutrip Yogya ini semua berjalan dengan baik, anak-anak sangat happy. Terharu mereka bisa packing baju kotor ketika pulang, mereka tak lupa saling mengingatkan untuk sholat baik yang muslim maupun non muslim, mereka ontime rapi di pagi hari sudah mandi dan siap dengan tas yang di bawa untuk acara hari tsb.

Untuk yang KONTRA alasannya antara lain
- Pandemi belum berakhir tapi anak2 pergi jauh
- Tidak rela melepas anak pergi apalagi masih kecil jauh beberapa hari pula
- Membayangkan apa bisa mandi sendiri, urus baju dkk sendiri dkk

Posting Komentar

42 Komentar

  1. Akhirnya teo punya pengalaman pergi sendiri bersama teman2nya...thx ranggi sdh jadi teman sekamar teo yg baik

    BalasHapus
  2. Hahahha yg dua terakhir anak kuuuuuuu hahahahaha epic yaaaa sampe bs d posting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha seruuu kan yaaa buat ceritaa kelak dewasa

      Hapus
  3. Seru dan penyenangkan edutrip ke Yogya ya, Mbak. Dapat pengalaman, pengetahuan nambah. Banyak oleh-oleh juga hehehe. Apalagi kota Yogya memang menyenangkan. Wisatanya serba dekat. Misalnya itu Taman Pintar dekat dengan malioboro.

    BalasHapus
  4. asyik banget ya anak-anak bisa ikutan Edutrip gini, punya pengalaman baru dan bisa jadi cerita nanti di masa yang akan datang sekaligus belajar untuk saling tolong menolong, toleransi di kehidupan nyata.

    BalasHapus
  5. Wah seru ya ini Pastinya perjalanannya mbak apalagi tanpa didampingi orang tua. Saya pertama kali pergi tanpa orang tua kayaknya pas sma deh buat acara study tur sekolah gitu

    BalasHapus
  6. Seru banget edutripnya meskipun tanpa orang tua ya. Anak jadi bisa belajar mandiri asalkan dari pihak sekolah sudah ada yg ngawasin. Tapi tetep was was juga sih yaa apalagi buat yg baru pertama kali mengizinkan anak pergi tanpa pengawasan langsung dari orang tua.

    BalasHapus
  7. Seneng pasti ya Anak-anak bisa edutrip ke Yogyakarta. Ada pengalaman yang keren sekali melakukan perjalanan sambil belajar.

    BalasHapus
  8. Selalu ada cerita seru di acara edu trip anak-anak ya, bund.
    Mau acaranya ke daerah persawahan dan nginap di rumah penduduk, atau nginapnya di hotel berbintang. Pengalaman yang tak terlupakan bagi anak.

    BalasHapus
  9. Ya Allah~
    Kocak banget kisahnya... Mau kasian, tapi itu bentuk tanggungjawab mereka ketika jauh dari orangtua yakni belajar tepat waktu sehingga gak menghambat aktivitas yang lain.

    Anak-anak jadi belajar mandiri ketika edu trip begini..
    Tapi kayanya mas Ranggi uda pernah semua yaa, kak Yeni..melakukan apa yang dilakukan saat edu trip ini...?

    BalasHapus
  10. asik banget edutripnya.. naik bis ramai2.. itu juga bisnya nyaman banget buat anak-anak. kayaknya yang orang dewasa juga bakal suka deh kalo kurisnya senyaman itu :D

    BalasHapus
  11. Seru banget takut telat bangunnya hehe.
    Kayak waktu daku Diklat, 3 temen daku nyaris telat karena gak ada yang bangunin hehe.

    BalasHapus
  12. Wah rupanya orang tua tidak ikut, ya. Pasti kangen banget tuh.

    BalasHapus
  13. Senang ya bisa wisata meski kelas 5
    Aku dulu nunggu naik ke jenjang SMA baru diinfokan bisa edutrip
    Kalau di Jawa sepertinya enggak ada batasan kelas

    BalasHapus
  14. ah seru banget, edutrip gini bisa ngelatih anak jadi berani dan mandiri ya :) lumayan jauh jg ke jogja, hihi

    BalasHapus
  15. Serunya, dan Kak Yeni kok kuat banget ya ngelepas anak pergi nge-trip sendirian. Aku yang bertahun-tahun emang tinggal terpisah sama anak, tapi kalau dia pergi ngetrip, mesti harus ada orang tua yang ikut eh. Tak sanggup aku melepas anak bepergian tanpada keluarga yang bisa ikutan... hahaha

    BalasHapus
  16. Wah seru banget ya edutrip ke Yogyakarta! Dengan tarif 3,6jt kita bisa dapat berbagai macam fasilitas dan pelayanan yang lengkap. Si adek kelihatan sangat menikmati berbagai macam kegiatan yang ada di edutripnya ya bun, semoga ilmu dan pengalamannya membekas dan bisa bermanfaat.

    BalasHapus
  17. Seru banget Edu Wisata ke Jogjanya. Mbakk, boleh juga ini Packing bajunya. Dipack perhari ya itu, assik makasih idenya mbak. Jadi lebih rapi ya

    BalasHapus
  18. Wohooo aseliik ini seruu bgt.
    Anak2 terlatih mandiri dan adaptasi baguuss ya mak.
    Aakk, akupun pengiiinnn rame2 trip kek giniiii

    BalasHapus
  19. Mba ah kocak banget yang kepagian bangunnya, kebayang paniknya wkwkk jam 2 pagi ternyata :p emang kalau trip anak tuh deg2an nungguin update fotonya yah :) keren Ranggi kelas 5 sudah lepas bisa trip jauh..

    BalasHapus
  20. Bagus nih programnya, selain eduwisata, sebenarnya sarana untuk melatih kemandirian anak-anak ya. pro kontra setiap program pasti ada lah, tapi tetap harus dijalankan

    BalasHapus
  21. Eduwisatanya seru banget.. Biayanya juga worth ya sama yang didapat anak2.. Bukan cuma dapet happy karena jalan2 tapi dapet edukasi nya... Pasti jadi pengalaman unforgatble

    BalasHapus
  22. Cerita anak-anaknya lucu, hehehe. Yang nggak bisa dibangunin pasti lelah banget. Senang lihat anak-anak bisa mandiri. Btw, baru lihat bus dengan sandaran kaki gitu.

    BalasHapus
  23. Yang super kontra ada yang ga ikut kah? Atau tetap wajib? Keren lho sekolah ranggi, berani bikin kegiatan begini. Pasti repot karena anak2 masih kecil tapi sekolahnya tanggung jawab. Pergi sama teman2 pasti beda vibe dengan pergi sama keluarga aja. Btw itu yg bangun kepagian ga cek HP ya..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaak kan anak2 gak boleh bw HP, jam tangan barang berharga lainnya...yg kontra jelas kagak ikut maak....jangankan yg anak SD yg ICHI aja ga boleh bawa HP

      Hapus
  24. Serunya edutrip seperti ini mengajarkan anak2 kemandirian yang luar biasa. Bepergian bersama teman2 dari sekolah ke berbagai destinasi tentu menyenangkan yaaaa, sebagai kenang2an juga. Jogja memang ga ngebosesnin didatangi ya. Oh begitu cara packingnya...bisa nih aku coba, jadi praktis ya dan memudahkan anak.

    BalasHapus
  25. Seru banget ini lihat kegiatan anak-anak selama di Yogyakarta, aku malah tertarik yang bikin cokelat itu. Dengan adanya kegiatan seperti ini bisa menjadikan anak lebih mandiri juga ya mbak.

    BalasHapus
  26. Seru banget pastinya anak-anak seneng karena bisa travelling mandiri bersama temen-temen yaaah. Kocak banget itu yang mandi jam 2 subuh karena takut telat siiiih hahaha. Pasti akan menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi anak-anak nih

    BalasHapus
  27. waw mantap juga yaa kelas 5 edutripnya keluar kota gini. sendiri pula tanpa orangtua. Aku pikir tadinya mbak ikut lhoo, ternyata itu foto2 dari sekolahnya toh.

    Alhamdulillah anak2 terbukti mandiri yaa :D

    BalasHapus
  28. Kocak banget part anak-anak yang kebangun jam 2 pagi! Jadi ikut membayangkan kalau besok anakku udah ikut trip gini, deg-degan nunggu foto-foto kegiatannya sekaligus belum rela jauh-jauhan sama anak huhu

    BalasHapus
  29. Seru sekali edutrip seperti ini ya mbak
    Anak anak nggak sekadar jalan-jalan tapi juga belajar banyak dari pengalaman selama acara

    BalasHapus
  30. Mas Ranggi sangat mandiri.
    Terbiasa travelling dengan berbagai suasana bikin anak-anak jadi mantap di lingkungan baru dan cepat beradaptasi yaa.. Salut banget~

    BalasHapus
  31. Ya Allah, pengen ngakak bacanya, jadi mereka mandi mungkin sekitar jam 12 - 1 dinihari. Kasihan ya, jadi nggak bisa tidur karena badan udah seger dan siap jalan lagi.

    Anakku waktu kelas 5 SD juga edutrip nya ke Yogyakarta. Ke museum Affandi, Taman Pintar, tempat pendidikan Taruna AU dan Museum Yogya Kembali.

    BalasHapus
  32. hebat banget Edutrip ini bisa ngelatih anak-anak mandiri dan mengambil keputusan saat bepergian kayak gini. Dan cerita soal ga ada jam di kamar hotel itu pasti jadi kenangan buat mereka deh, hihi

    BalasHapus
  33. MasyaAllah, kelas 5 udah edutrip ya mbak. Seru banget pengalaman mereka pastinya. Belajar, berwisata dan jauh dari orang tua. lucu banget yang ga tau jam dan kebangun jam 2 hehe

    ya sih kalo anak-anak jauh tuh pasti emaknya banyak mellow dan deg2an apa iya anak2 bisa mandiri kan ya
    tapi syukurlah semua berjalan lancar karena pendampingannya ekstra

    BalasHapus
  34. Kegiatan Edutrip kaya gini tuh bermanfaat. Kalau ada uang, kupasti ngebolehin anak ikutan. Terus ortunya kudu mau lepasin anak biar mandiri ya. Aku dulu dilarang-larang kalau mau pergi. Jadi gak punya pengalaman deh

    BalasHapus
  35. Wah enaknya bisa Edutrip ke Jogja
    Saya jadi menanti nih sekolah si sulung bakalan ada seperti ini atau enggak
    Soalnya banyak wali murid yang menantikannya

    BalasHapus
  36. Ortu nya gak ikut? Kerenn, itu momen di foto kok bisa dpt, pas banget. Hebat ih udh mandiri. Kalau aku bs parno deh anak SD pergi nginep gitu

    BalasHapus
  37. Yg paling ditunggu anak-anak di sekolah nih edu trip sama camping ya, walaupun kitanya deg deg an anak-anaknya happy

    BalasHapus
  38. Senang banget kak bisa mendapatkan banyak pengalaman ya anak-anak, jadi pengen nulis kisah anakku study tour juga, agar kenangan bisa tercatat

    BalasHapus
  39. wah serunya anak-anak kelas 5 udah edutrip ke luar kota ya mak. apalagi mainnya ke Jogja nih bakalan seru ya

    BalasHapus