Rekomendasi Destinasi Domestik untuk Liburan Hemat Budget

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabaratuh                                          

Sobat GustiYeniFamtrip weekend in pada kemana nih?

Atau sedang merencanakan libur sekolah besok Desember?

Beberapa waktu terakhir, liburan alias jalan-jalan telah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat. Tujuannya sebenarnya sangat sederhana, asalkan dapat menyegarkan pikiran, ke mana pun tak jadi soal. 

Liburan murah meriah seputaran kota tempat kita tinggalpun oke, seperti trekking ke curug sambil masak bersama keluarga dan sahabat syahdu bukan?

Trekking curug sambil goreng tempe, masak nasi dan manggang ayam emm yummy...


Dengan liburan, berarti sobatku menyisihkan waktu untuk istirahat dari penatnya rutinitas meski hanya sebentar. Seringnya, liburan dilakukan pada momen tertentu atau menggunakan cuti tahunan di hari kerja. 

Kalau sobatku suka jalan-jalan yang jauhan, tentunya perlu menyisihkan anggaran khusus, ya? Padahal, sebenarnya tidak perlu demikian, karena sobatku bisa tetap liburan meski bujet pas-pasan. Caranya tentu mencari promo sebanyak mungkin, termasuk tiket pesawat, biasanya terjadi di musim low season. Maskapai penerbangan seperti Lion Air biasanya akan memberikan penawaran tiket murah ke banyak tujuan. 

Nah kalau sobatku hunting tiket jauh hari pastii dapat tiket murah meskipun di musim liburan.

Siapa sih yang tidak tahu Maskapai Lion Air? Meskipun ada plus minusnya akan tetapi Maskapai ini merupakan langganan Masyarakat Indonesia yang paling hemat budgetnya, memiliki jadwal Dan destinasi banyak sampai pelosok Indonesia.



Rekomendasi Destinasi Domestik untuk Liburan Hemat

Liburan tidak harus mahal, tak perlu pula menyiapkan banyak uang. Asalkan sobatku bisa menentukan destinasi yang tepat, liburan hemat juga tak jadi masalah. Berikut beberapa destinasi domestik yang bisa jadi tujuan untuk liburan low budget:

1. Solo

Solo bisa menjadi destinasi pertama yang bisa kamu pertimbangkan. Kota ini punya cerita sejarah yang sangat unik, misalnya pada keraton yang begitu indah dan menawan. Selain itu, kota satu ini juga punya banyak tempat menarik lain yang bisa dituju. Mulai dari Kebun Binatang Satwa Taru Jurug hingga Museum Radya. 


Sementara kalau kamu suka menyatu dengan alam, Solo menawarkan banyak wisata taman kota dan air terjun yang bisa kamu datangi. Lalu, penikmat sejarah juga harus mampir ke deretan candi dan museum di sini. Sebagai penutup, batik dan wayang khas Solo menjadi pilihan buah tangan yang tepat untuk dibawa pulang. 

candi sukuh, candi cetho, air terjun grojogan sewu, air terjun tenggirpark, paralayang, river tubing, perkebunan teh dkk

Solo itu terkenal dengan serba murah meriah dari segi makanan, penginapan maupun destinasi wisatanya.

Contoh kuliner murah di Solo
- Nasi Liwet pagi hari seporsi isi nasi, sayur, suwir ayam dan telur separo harga 7rb saja
- Sop Matahari, Selat Solo 12 ribuan seporsi isinya mantul.
- Cabuk Rambak 2500 per porsi
Dan masih banyak lagi siap-siap timbangan geser ke kanan yaa...

2. Pedalaman Suku Baduy

Ingin terlepas dari kepenatan dan mendalami budaya serta adat salah satu suku tertua di Sunda? Kamu bisa menghabiskan waktu di pedalaman Suku Baduy. Masyarakatnya begitu ramah dan masih mempertahankan semua adat dan budaya secara turun-temurun. Tak ketinggalan, kawasan pedalaman Suku Baduy yang masih asri dan jauh dari polusi. 

Salah satu sisi menarik dari masyarakat Suku Baduy adalah tidak tergoda dengan canggihnya teknologi di era yang begitu modern dan berkembang seperti sekarang. Selain itu, pakaian, transportasi, dan semua perkakas yang dipakai untuk bertahan hidup masih sangat tradisional dan bisa dibilang unik. 

Kamu perlu tahu bahwa Suku Baduy terbagi menjadi dua, yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Masyarakat Suku Baduy Dalam biasanya identik dengan pakaian warna putih, sedangkan masyarakat Baduy Luar identik dengan pakaian yang berwarna hitam.


3. Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon adalah bentuk dari perlindungan hewan berbalut pelestarian alam. Kamu bisa mendapati adanya hewan langka yang hampir punah yang memang ikonik dengan destinasi ini, yaitu badak bercula satu. Jika kamu senang bermain di alam, pastinya destinasi satu ini tidak boleh terlewatkan. 

Sesampainya di sana, kamu bisa main ke Pulau Peucang. Pulau ini adalah akses masuk ke Ujung Kulon. Pulau ini menawarkan fasilitas yang begitu lengkap, kamu bisa menemukan semua informasi hingga penginapan tanpa mengalami kendala.

           akomodasi di Pulau Peucang

Tak lupa, pasir putih dan ombak yang begitu tenang lengkap dengan indahnya laut akan menjadi teman terbaik selama kamu berada di Taman Nasional Ujung Kulon. Selain bertemu badak bercula satu, kamu juga bisa berjumpa dengan babi hutan dan monyet, bahkan menyelam dan berinteraksi langsung dengan biota laut yang ada di Pulau Badul. 


Sobatku bisa explore Ujung kulon ini 2 hari 1 malam saja sudah cukup.

4. Anyer

Tak jauh dari Jakarta, Anyer selalu menjadi salah satu destinasi yang sempurna untuk liburan hemat. Pantainya begitu tenang dan indah, sangat pas untuk sejenak melepas penat dan membuang jenuh. Selain itu, kamu juga dapat memandangi megahnya Gunung Krakatau dari Anyer.

                     Gunung Krakatau

Selama berada di Anyer, kamu dapat menjajal berbagai aktivitas air yang seru. Misalnya snorkeling, diving, atau bermain banana boat dan jetski. Tak jauh dari Anyer, terdapat juga beberapa pantai dengan alam yang tak kalah indahnya, seperti Pantai Bulakan dan Carita. 

Sobatku bisa menyeberang untuk trekking ke Anak Gunung Krakatau bisa dari Anyer atau bisa dari Lampung.

Baca : Pengalaman trekking di Anak Gunung Krakatau November 2021

5. Pantai Klayar Pacitan

Masih seputar wisata pantai, Pacitan juga hadir dengan Pantai Klayarnya yang memang sangat menawan. Bahkan, keindahan yang dimiliki pantai ini tidak kalah dengan pesona pantai di Pulau Dewata. 

Hal paling menarik dari Pantai Klayar adalah kamu akan mendengar desau suara yang mirip dengan seruling. Suara ini berasal dari batuan karang yang ada di tepi pantai. Tak kalah menariknya, terdapat karang dengan ukuran sangat besar dan bentuknya seperti Sphinx yang pastinya membuat siapa saja terkagum-kagum saat memandangnya.

Pantai Klayar juga memiliki pasir putih dan biru laut dengan fenomena matahari terbenamnya yang sangat memukau. Selama berada di sini, desau merdu suara mirip seruling dan pesona karang besar tidak cukup. Sebab, kamu juga bisa melihat fenomena pancaran air laut ke atas mencapai sekitar 10 meter. 


Pacitan selain Pantai Klayar ada banyak Pantai lainnya yang sayang untuk di lewatkan seperti Pantai Watu Karung, Pantai Banyu Tibo dan masih banyak Pantai lainnya, taklupa Pacitan banyak dikunjungi wisatawan Luar Negeri karena ombaknya cocok buat surfing,  selain itu di Pacitan ada Goa yang sangat fenomenal yang bernama Goa Gong.

Itu tadi rekomendasi destinasi domestik yang bisa kamu pilih untuk liburan hemat. Pastikan kamu sudah melakukan persiapan matang sebelum berangkat. Supaya ke bandara lancar tanpa kendala, kamu dapat menggunakan fasilitas kereta bandara. Pesan kereta bandara dan tiket pesawat lebih praktis dan mudah dari aplikasi Traveloka. 

Selamat berlibur!



Posting Komentar

52 Komentar

  1. Tidak terasa sudah dekat di peghujung tahun 2022 ya, Mbak. Dan siap-siap nih, liburan akhir tahun. Nah, saya belum pernha tuh, ke pedaman suku Baduy dan Ujung Kulon. Makanya masuk daftar list saya. Selama ini, baru lihat di televisi saja. Semoga saya segera bisa ke sana. Aamin.

    BalasHapus
  2. Banyak ya tempat menarik di Indonesia yang bisa dikunjungi.
    Aku pernah ke Goa Gong tapi waktu masih SMA, sudah 20 tahun lebih hahaha. Kalau Solo, sudah beberapa kali, tapi belum pernah ke keraton. Pengin nih, ke keraton kalau pergi ke Solo lagi :)

    BalasHapus
  3. Wuah, pas banget ini jelang liburan akhir tahun dan anak-anak punya wishlist ke Bali. Kira-kira bakal ada promo gak ya mbak? siap2 hunting tiket aah...

    BalasHapus
  4. Kami sekeluarga juga lebih seneng mengunjungi destinasi domestik. Sebenernya wisata di Indonesia gak kalah keren kok dari luar. Apalagi banyak banget sebenernya wisata terdekat kita yang bisa dieksplor.

    BalasHapus
  5. Nambah lagi list destinasi tempat menarik yang pengen saya kunjungi, semoga bisa terwujud, aminn

    BalasHapus
  6. Saya tinggal di Yogya, tapi belum pernah ke Kraton Solo, hihihiii... kudetnyaaa, ya.
    Penasaran pengen ke Ujung Kulon dan Anyer jadinya, Mbak. Apalagi sambil nyanyi lagunya Sheila Madjid "Antara Anyer dan Jakarta, kita jatuh cinta..." *duh, ketauan umurnya berapa

    BalasHapus
  7. Nambahin dong mba. Bandung dan Jogja hehe. Tapi aku penasaran sama Solo yang katanya kulinernya uenaak tenan hehe

    BalasHapus
  8. Liburan akhir tahun menanti, wish nya sih bisa ke Bali lagi.. ah tapi ntar aja deh.. mungkin di awal tahun depan. Hehehe, yang sekarang yang deket2 sama jakarta dulu aja deh.. Anyer meibi

    BalasHapus
  9. Solo nih yang paling juaraaa.. Udah banyak banget destinasi wisatanya, transportasi yang memadahi dan kuliner yang enak dan murah meriah..

    BalasHapus
  10. ternyata banyak sekali destinasi wisata di Pulau Jawa yang belum sempat saya kunjungi, pengen melipir ke Pantai Pacitan dan menikmati suasana pantainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau ada panduan dari artikel kak Yeni, mengunjungi destinasi wisata di Pulau Jawa ini bisa terwujud dan memperkirakan biayanya juga ya..
      Selama ini, Lion selalu baik banget sama kami.. Pernah aku dibantu banget pas hampir ketinggalan pesawat. Alhamdulillah, pihak Lion membantu banget di saat aku rempong sama 2 balita.

      Hapus
  11. Huhuhu jadi kepikiran akhir tahun ini belum nyusun rencana apa2 nih buat liburan akhir tahun bareng anak2... udah lama nih ga ngumpul sama anak2 jalan bareng... anak2 udah pada sibuk sendiri. cocokin jadwal makin challenging

    BalasHapus
  12. Yang pernah kukunjungi di Solo Karanganyar tuh Candi Cetho, Tenggir Park, Candi Sukuh, Grojogan Jumog, trus Pacitan pernah ke Goa Gong juga jaman masih remaja haha..Lainnya belum pernah nih, pengin bisa kesana juga..

    BalasHapus
  13. Daku waktu ke Labuan Bajo pakai Lion Air kak, cukup oke hehe. Mau coba juga sih ke destinasi lain, apalagi ini udah tersaji pilihan tujuan wisata yang bisa dicoba

    BalasHapus
  14. Yang deket sama rumah malang ya pacitan sih.. sama kalo ke sragen biasanya jalan ke solo tp kalo ke solo ya kesitu2 aja wkwk😄

    BalasHapus
  15. Wahh Pacitan ini nihh kak yang masih jadi wishlist sampai skrg, sambil mau nontonin pantai yang sering banget diabadikan oleh mantan Presiden SBY di lukisannya, masyaAllah

    BalasHapus
  16. Semua destinasi wisata yang disebutkan dalam postingan ini belum aku kunjungi nih mba. Paling seputaran aceh aja kalo mau liburan. Dan kalo ke luar kota misalnya ke jakarta aku juga naik lion air

    BalasHapus
  17. Ke Baduy dan Ujung Kulon, dua destinasi impian yang pengen banget aku kunjungi. Padahal jaraknya gak begitu jauh dengan Bogor, masih sangat-sangat terjangkau, tapi selalu saja belum nerjodoh setiap ada tawaran/ajakan trip ke sana

    BalasHapus
  18. Buat kami yang memanng belum ada rezeki lebih untuk liburan ke LN. Wisata domestik memang menjadi pilihan kami.

    Dan ya, Solo, menjadi tempat yang menyenangkan untuk liburan. Destinasi di sana murah meriah, harga makanan juga masih murah banget.

    BalasHapus
  19. Dari 5 rekomendasi destinasi domestik di atas, baru pernah ke Solo.
    Itu pun sekejap saja karena bis dari Surabaya menuju Yogjakarta melalui rute itu.

    Hmmm,
    Jadi kepikiran, healing ke destinasi domestik mana ya, selanjutnya?

    BalasHapus
  20. Belum ada tempat yang kukunjungi nih di listnya. Semoga suatu saat diperjalankan ya. Pastinya untuk itinerary perjalanan bikin plannya di Traveloka aja. Sudah lengkap transportasi dan penginapannya.

    BalasHapus
  21. Indonesia itu kaya dengan tempat wisata yang menarik ya. Kita bisa bebas menikmati berdasarkan keinginan dan kemampuan dana yang tersedia. Karena nyatanya banyak tempat wisata yang indah dengan harga yang terjangkau

    BalasHapus
  22. Destinasi wisata yang terjangkau di kantong mencakup mudahnya mendapatkan makanan dengan harga murah di sana juga ya, Mbak ... saya penasaran dengan Solo. Semoga bisa ke sana suatu saat.

    BalasHapus
  23. wahhh, bagus bagusss..dan belum ada yang pernah aku kunjungin juga. katanya Pacitan itu juga memang buagussss banget dan pas buat healing. Semoga one day bisa ke sana bareng suami dan anak mbaa. seruuuu

    BalasHapus
  24. emang harus pinter2 berburu tiket ya mbaa, aku belum pernah nih ke peucang sama pacitan, seru kali yaaa lan jalan sama paksu kesana

    BalasHapus
  25. Wah keren mbak Yeni bahkan sudah sampai di Pacitan
    Ternyata banyak juga ya mbak destinasi wisata yang hemat

    BalasHapus
  26. Kemanapun destinasi berlibur kalau sama yang disayangm pasti rasanya senang. Hhehe, kalimatku jadi rhyme.
    Tapi seriusan kaya setahun 12 bulan tuh gak pernah lihat Kak Yeni di rumah ya.. Alhamdulillah~
    Hobi travelling sekeluarga ini menjadi inspirasi untuk terus produktif berkarya dan bisa menceritakan mengenai pengalaman mendapatkan tiket terjangkau ke pembaca.

    Keren banget, kak Yeni dan keluarga.

    BalasHapus
  27. Ke Kampung Baduy itu udah beberapa kali mau ikutan trip, sayang ada aja halangan. padahal itu salah satu destinasi domestik yang luar biasa keindahan dan budayanya. Semoga tahun depan dikasi jalan sama Tuhan sehingga bisa ke sana deh

    BalasHapus
  28. Pesona Suku Baduy masih menjadi daya tarik sendiri sih menurutku. Beneran gak ada yang main gadget kah? Internetan gitu? atau tiktokan? Hmm penasaran nih. Kayaknya beneran harus berangkat langsung untuk liat.

    BalasHapus
  29. Yeay, dapet rekomendasi tempat-tempat wisata lagi. Aku kalau ke Solo suka bingung mau ke mana, ahaha. Tengkyu mbak udah dirangkum, bisa disave untuk direalisasikan secepatnya nih, hehe

    BalasHapus
  30. Sika banget dengan gayanya, liburan gak harus mahal. Saya jadi teringat Anka saya ini, kami kan di Cianjur lagi kena gempa nih, anak saya seharusnya sekolah, tapi karena saya dan suami betulin dampak, dll, banyu ini itu, sementara anak takut gimana, akhirnya saya izin sekolah anak di rumah saja. Celetuknya untung ada gempa jadi libur sekolah. Hahaha dasar anak

    BalasHapus
  31. Asiiiik, ada kotaku disebut... Btw, aku termasuk jarang pergi-pergi. Kalau pas ada waktu jalan-jalan, paling ke tempat yang murah-murah aja. Di sekitar Solo, seperti yang Mak Yeni tulis, aku paling ke Mangkunegaran, de Tjolomadoe, Museum Sangiran, atau kalau pas pengen wisata alam ya ke Grojogan Sewu.

    Jalan-jalan memang harus menyesuaikan budget. Jangan sampai habis jalan-jalan malah puyeng mikirin tagihan, wkwkwk...

    Btw, kapan ke Solo lagi, Mak?

    BalasHapus
  32. Menarik banget ke Ujung Kulon dan Pantai Anyer. Aku belum pernah ke sana, seringnya ke arah timur. 🙈

    BalasHapus
  33. Baca ini jadi kangen ke Solo, terakhir ke sana cuma 2 malam jadi nggak sempat menelusuri tempat wisatanya. Paling nggak udah icip-icip kulinernya yang harganya ramah di kantong hehe3

    BalasHapus
  34. Sekitar hampir 10 tahun yang lalu aku pernah ke Pantai Klayar, Mak. Waktu itu sekalian perjalanan pulang mudik dari Magetan. Bagus banget pantainya dan aku sekeluarga betah di sana. Semoga bisa keturutan buat ke sana lagi suatu hari nanti :))

    BalasHapus
  35. banyak yang bilang kalo mau traveling di Indonesia aja banyak tempat rekreasi dan wisata yang bagus-bagus dan gak kalah indah sama di luar negeri

    BalasHapus
  36. Setuju banget, Pantai Klayar itu nggak kalah cantiknya dengan pantai di Bali. Aku sampai mengulang tiga kali ke Klayar karena kecantikannya. Nah kalo ke Solo lagi harus ke Air Terjun Jumog, mbak Yeni. Bisa duduk di tepi sungainya yang jernih airnya sambil makan sate kelinci atau sate ayam. Udaranya juga sejuk di sini, lokasi malah lebih dekat dibanding Grojogan Sewu

    BalasHapus
  37. Wah sebentar lagi liburan. Cocok banget rekomendasi tujuan wisatanya, Mbak. Kebetulan aku tinggal di Bekasi jadi bisa deh kesini.

    BalasHapus
  38. Pantai Klayar, kapan lalu ke pacitan hanya untuk tugas aja sih jadi ga bisa main kesana, baca referensi mbak ini, jadi semakin inigin berkunjung kesana bersama keluarga

    BalasHapus
  39. Solo jadi pilihan nih, di sana memang murah-murah mirip-mirip harganya dengan wisata yang ada di Jogja

    BalasHapus
  40. Pas banget mampir ke artikel ini
    Sebentar lagi liburan akhir tahun, pengen jalan jalan tapi tetap harus hemat karena barengan dengan waktu daftar ulang sekolah anak
    Hehe
    Nampaknya mau ke solo aja aku
    Secara nggak jauh juga dari Surabaya, ada tol yang bikin perjalanan lebih cepat
    Terima kasih atas rekomendasi liburan hematnya mbak

    BalasHapus
  41. Baru tau kalau pesan kereta bandara bisa lewat Traveloka. Awal ada kereta bandara di Jakarta, belum bisa. Berarti lebih praktis ya. Habis booking tiket maskapai PP, hotel, sekalian kereta bandara. Praktis banget.

    BalasHapus
  42. Destinasinya bagus-bagus. Omong-omong pakai Traveloka jadi praktis banget ya. Pesen tiket maskapai PP, hotel sekalian tiket kereta bandaranya. Jadi sekalian dalam satu aplikasi langsung beres gitu.

    BalasHapus
  43. Ah iya kita bisa liburan murah meriah dengan menggunakan promo ya saya sering lupa nih pakainya, padahal terasa ya hematnya kalau pake tiket jalur promo ini, banyak tempat yang bisa kita datangi :)

    BalasHapus
  44. Nama pantainya kayak pernah denger di lirik lagu. Anyways cantik banget mak pemandangannya jadi ingin ke pantai juga untuk healing healing, sayang di sini cuacanya sedang gak friendly nih, mendung terus

    BalasHapus
  45. noted banget nihh, aku lagi butuh ke tempat yg murah meriah aja buat piknik setitik hihi. Dan ujung kulon pengen banget aku datengin deh, jadi wishlist!

    BalasHapus
  46. Ya ampun..list yang disebutkan di atas belum ada yang saya kunjungi. Huhuhu. Penasaran banget pengen ke Ujung Kulon. Semoga soon ada kesempatan, rezeki dan kesehatan. Biar bisa eksplor lebih banyak lagi destinasi domestik.

    BalasHapus
  47. Dari dulu penasaran dengan Ujung Kulon, langsung keinget badak haha, oadahal alamnya juga cakep. Tak jauh juga dari Jakarta.
    Kalau Anyer aku tu penasaran katanya ada salah satu hotel di sana yang kalau wiken apa ya menyediakan mandi busa buat para tamunya hehe.
    Tp teteppenasaran juga sih pantainya yang terkenal bersejarah sejak zaman penjajahan itu :D

    BalasHapus
  48. Saya orang Sunda penasaran banget dengan cara hidup dan keseharian Suku Baduy. Sayangnya, sampai saat ini belum berkesempatan mengunjunginya.

    BalasHapus
  49. Jiwa travelling ku meronta-ronta. Huhuu.. Mupeng banget wisata alam domestik kayak gini. Jadi rindu zaman kuliah dulu sukanya jelajah alam lokal. Hehe

    BalasHapus
  50. kok jadi ingin ke baduy atau ujung kulon
    selama ini belum kepikiran tapi kayaknya seru yah liburan mendekat ke alam, lebih tenang gitu

    BalasHapus
  51. Liburan ke destinasi domestik emang masih terfavorit ya kak.. Selain karena memang lebih terjangkau tempat2nya cakep gak kalah sama destinasi luar negeri ya..

    BalasHapus