Nusa Penida yang Cantik jangan di lewatkan, Baca Yukss Tips, Cara dan Biaya menuju Nusa Penida dari Bali

Nusa Penida....
Ada yang belum pernah dengar???
Nusa Penida masuk dalam jajaran destinasi fav yang wajib di kunjungi ketika di Bali.
Nusa Penida berbentuk pulau yang terpisah dari Bali  tepatnya di sebelah tenggara Bali yang terpisah oleh selat Badung. Nusa Penida ini masuk dalam kabupaten Klungkung, Bali. Di dekat Nusa Penida terdapat 2 pulau kecil yang indah juga yaitu Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Nusa Ceningan

Nusa artinya Pulau
Ped artinya kematian
Ida  artinya kekuasaan jadi Nusa Penida berarti Pulau yang memiliki kekuasaan besar yang mematikan.

Cara Menuju Nusa Penida
Satu-satunya cara ke Nusa Penida naik kapal cepat (Fast Boat), dermaganya ada 2 yaitu :

1. SANUR

Kalau dari Sanur kita siap-siap berbasah-basah ria, karena dermaganya masih proses pembangunan. Kami menyeberang lewat Sanur pesan tiket online di Gotravella lebih murah 65rb / orang sekali jalan kalau pulang pergi 130rb.

Tinggal klik Gotravella akan keluar uraian penjelasan  harga dan jadwal tiket lanjut reservasi via whatapps. Tiket juga bisa di rechedule.

Recomended ya sobatku karena kalau di tkp rata-rata 80rb keatas.
Perjalanan dari Sanur ke Nusa Penida air lautnya tidak surut sehingga kapal cepat bisa bersandar di pinggir, naah ketika kami kembali dari Nusa Penida ke Sanur air sedang surut sehingga kami menggunakan kapal biasa terlebih dahulu menuju ke kapal boat yang sudah bersandar di agak tengah.

Perjalanan kami dari Sanur ke Nusa Penida
Perjalanan kami dari Nusa Penida ke Sanur Bali

2. KLUNGKUNG

Kalau dari klungkung tidak basah-basah, tapi memang jauh dari Kota Bali. Klungkung lebih dekat ke Nusa Penida, harga tiket kapal lebih murah, dermaga Kusamba Klungkung tepatnya.

Explore Bali selama 4 hari kurang afdol kalau tidak menyeberang ke Nusa Penida. Dihari ketiga kami di Bali, kami menyeberang ke Nusa Penida menginap di sana, kembali lagi ke Bali hari ke empat dan lanjut bablas ke Bandara Ngurah Rai.

Waktu kami memang mepet sebetulnya 4 hari di Bali sangat kurang, tapi karena biasa ritme traveling kami was wes wuss.....
Anak-anak sudah bisa di stell kadang santai kadang kenceng. 

Nah dihari ketiga kami aktifitas watersport dulu di Nusa Dua antara lain Sea Walker, Diving, Jet Sky, Parasailing, Fly Fish. Cek out dari Hotel Royal Spinghill Jimbaran tepat pukul 10.00 WITA langsung menuju Nusa Dua.

Aktifitas watersport kami batasi sampai jam 14.00 WITA karena kami harus menyeberang ke Nusa Penida via Sanur Pukul 15.00 WITA.

Transportasi Selama di Nusa Penida

Perjalanan menyeberang selama 1 jam sampai  di Nusa Penida pukul 16.00 WITA. Kami langsung menuju Penginapan yang tidak jauh dari dermaga. Bisa jalan kaki tapi kami sudah sewa motor via Gotravella di dermaga sehingga langsung ambil motor di parkiran menuju  Guest House. Motor yang kami sewa Honda Matic 65rb/hari/motor.

Mengapa kami memilih menyewa motor?
1. Jalanan Nusa Penida tidak begitu lebar
2. Di siang hari macet apalagi spot-spot wisata yang lagi booming
3. Fleksibel was wesss wusss

Sewa motor di Nusa Penida unik, kami cuma whatapps sama pemilik, motor sudah ada di tempat parkir motor dermaga, kunci sudah nyantel di tempatnya so kami tidak bertemu pemiliknya sama sekali.

                  Motor ketika kami tiba
Motor kami kembalikan dengan lokasi berbeda, tepatnya di sebelah loket kapal starfish


Pengalaman satu hari satu malam di Nusa Penida

Setibanya di Nusa Penida kami menuju parkiran motor langsung kami menuju penginapan, bersih-bersih badan setelah watersport di Nusa Dua.  Sholat di jamak taklupa sesudah itu mampir makan Pecel Lele Lamongan tak jauh dari Guest House tempat kami menginap.

Alhamdulillah perut kenyang dengan mengendarai sepeda motor saya dan Ichi, suami dengan Ranggi kami berangkat  explore Nusa Penida Barat ke Broken Beach dan Angels Billabong.

Perjalanannya jauh sekitar 45 menit, untungnya masih dapat matahari di sana karena pulangnya sudah pasti gelap. 

Destinasi wisata Nusa Penida di bagi menjadi Barat, Timur, Selatan dengan waktu terbatas kami tidak bisa explore semuanya, belum lagi semua medan di Nusa Penida ini membutuhkan energi lebih semua. Akhirnya kami pilih Nusa Penida Barat

Nusa Penida Barat, antara lain :

Crystal Bay Beach

Kami 2 kali melewati tulisan Crystal Bay Beach ini tapi tidak mampir sejalur dengan destinasi lainnya. Pantai dengan air jernih pasir putih cakepp.

                  sumber dari google

Broken Beach

Namanya lucu ya Pantai Rusak tapi kereen banget ini kalau pas kena pancaran matahari hasilnya cetar membahenol.

Tebing karang setinggi sekitar 200 meter yang menjorok ke lautan, mengalami abrasi puluhan tahun akhirnya membentuk lubang bagian tengahnya.

Kita hanya bisa berjalan menyusuri tebing tebing disini kalau mau ke bawah medannya cukup terjal dan sepertinya berbahaya.

Kami naik motor kesini mendekati Broken Beach jalannya batu rusak parah, plus tanjakan dan turunan tajam jd hati2

Angels Billabong

Tidak jauh dari Broken Beach ada Angels Billanong, Kolam renang alami yang terbentuk dari cekungan batu-batu karang, airnya jernihh kebiruan. Banyak wisatawan asing yang tidak tahan untuk tidak berenang di sini, tapi hati-hati sobat sebulan sebelum kami kesini ada kejadian bahkan viral di instagram ketika asik berenang tiba-tiba ombak besar datang.

Apa yang terjadi??
Banyak yang tidak siap, kebentur ombak di dinding karang yang tajam, luka lecet kegores pasti apalagi banyak wisatawan luar hanya pake bikini.

Kolam.renang alami disaat siang hari cantik banget ini foto menjelang maghrib
Satu jalur dengan Broken Beaxh jadi hati hati yaa dari parkiran motor ke TKP mesti treking tanjakan turunan jalan rusak

Sepulang dari Angel Billabong sudah melewati maghrib, jalanan sepii tapi sesekali bertemu dengan turis asing yang naik motor juga.
  Perjalanan kembali ke Toya Pakeh penginapan kami.

Sesampai di Toya Pakeh seputaran penginapan kami ramai karena tergolong kota-nya, dimana dekat pelabuhan, pasar, cafe, resto dkk. Kami menikmati malam di seputaran penginapan makan es cream.
Hari kedua selepas subuh kami tata-tata baju dan siap berangkat explore lagi kali ini ke Kelingking Beach.

Pantai Kelingking atau Kelingking Beach ini rutenya sama dengan Broken Beach cuma ketika mendekati lokasi berbeda belokan saja.

Pantai ini salah satu fav jugaa bakal ramai kalau menjelang siang apalagi ketika fast boat dari Bali mendarat di Nusa Penida. Banyak yang hanya one day tour di Nusa Penida, datang ke lokasi fav berfoto antri ria balik pindah lokasi lain.

Kami langsung berangkat pagi-pagi, sarapan beli di mini market yang kami lewati berupa cemilan, roti dan minuman saja. Berburu dengan waktu pastinya mumpung sepiii....

Begitu tiba di Kelingking Beach wowww langsung terpesona melihat pantai dari atas jreng jreeengg....
     Spot foto fav di Kelingking Beach disini

Begitu melihat ke pantai bawah waaah kok ada yg sudah turun terutama turis Luar Negeri. Auto jiwa adventure kami menggelora, akhirnya kami turun dari atas ke paling bawah yang ternyata medannya kalau dari atas masih tangga semen bagus,  mulai tengah ke bawah woww banget seperti rock climbing, berbatu2 ada yg lurus 90 drajat jadi sampai ngesotlah kami.

Trekking di tengah tengah perjalanan, mulai disini kebawah medannya uwowww

    Medannya dan berkelok kelok bukan lurus Rute kami dari atas spot foto fav dan area parkiran sampai di bawah 

Perjalanan turun sekitar 45 menit begitu sampai di pantai bawah waaawwww amazingggg Masya Allah Tabarakallah cantiknyaaaa, pasirnya lembuttt banget tidak ada sampah,.paling daun daun kering, airnya kereen abisss.

Congratulation anak2ku tanpa persiapan kalian bisa dan mampu mengalahkan medan berat.
Ulasan lengkap bisa baca disini Treeking di Kelingking Beach

Sekembalinya kami dari Pantai Kelingking, diatas sudah mulai ramai, parkiran sudah penuh, antrian foto sudah mengular.
                         yang antri foto 
                   Parkiran membludak

Kalau kami tidak treking ke bawah harusnya kami ke Air Terjun dimana letaknya di Nusa Penida bagian Selatan. Apadaya badan sudah sangat lelah, matahari mulai terik waktu sudah menunjukkan pukul 11.00 Wita kami harus bergegas cek out barang meskipun kapal pulang kami sore.

Selain destinasi diatas sobatku bisa juga diving melihat manta, banyak paket yang menawarkan diving.

Paluang Clift

Sebelah selatan Kelingking Beach lokasinya berdekatan di dekat Pura, hanya spot foto saja sih yang di foto juga tebing bagian dari Kelingking beach sisi lainnya.


Nusa Penida Timur, antara lain :

Diamond Beach
               Sumber Journey Era
Atuh Beach
                sumber Journey Era

Raja lima / Thousand Island
           Sumber Bali Tour Club

Nusa Penida Selatan, antara lain :

Paguyangan Waterfall

Medannya woww bingit tapi mendingan ini sudah ada tangga besi yang bagus, beda dengan Kelingking Beach masih batu-batu terjal.

                sumber google visit bali

Tambeling Mata Air

Mata air keren menuju kesini juga sama butuh tenaga ekstra 👌
             sumber Bali Backpaker 

Seganing Waterfall
                     sumber tripadvisor
Manta bay
          sumber surya nusa penida tour 

Banyak paket diving melihat manta, sebetulnya pengen banget diving disini kereen kayaknya sayang waktu terbatas.

Sebetulnya kami ke Kelingking Beach niat hati tidak turun ke bawah paling sampai tengah-tengah saja kemudian lanjut kami akan ke Mata Air Tembeling atau ke Paguyangan sama-sama membutuhkan energi lebih trekingnya.

Eaaaa tenaga kami sudah habis di Kelingking Beach, sudah gitu tiba tiba jadwal.pesawat kami di rechedule harusnya jam 20.30 WITA majuu menjadi 18.00 WITA. 

Sedangkan tiket kapal kami pukul 17.00 WITA akhirnya rechedule menjadi jam 14.00 WiTA sudah gitu pake aja delay karena air surut.

Beruntung kami tidak jadi one day tour ke Nusa Penida bisa di pastikan kalau One Day Tour kami tidak dapat banyak spot apalagi macet jalan rusak parah sempit.

Mungkin sobatku ingin berkunjung ke Nusa Penida juga??? Saran saya menginap dan kunjungi ketika sore dan pagi-pagi dijamin sepiii bebas foto, semua medan di Nusa Penida membutuhkan energi lebih meski hanya foto tetap harus jalan kaki, jalannya belum bagus.

Banyak kok travel yang menawarkan paketan naik motor atau mobil. Bisa di bandingkan ya antara mandiri dan travel,  kami mandiri habisnya dibawah ini :

Budget kami ber-4 trip mandiri di Nusa Penida :
1. Tiket pp 8 x 65: 520.000
2. Sewa 2 motor 2 hari @65.000 total 260.000
3. Tiket wisata murah meriaah total cuma 20.000
4. Penginapan 2 kamar 1 malam @100rbx 2 : 200.000
5. Makan pecel lele 90.000
6. Nasi padang 99.000
7. Jajan, ngemil, es cream  140.000

Total ber-4 Rp. 1.329.000 bagi 4 @Rp. 332.000,-

Contoh harga paketan ke Nusa Penida seperti dibawah ini belum makan lho yaa...

Posting Komentar

26 Komentar

  1. Waah! th.1953 bunda blm pernah dengar tentang Nusa Penida dengan segala meindahannya seperti yg dipaparkan di postingan i i. Tp th itu ketika bunda masih di SMP hanya baca Novelnya saja yg ceritanya masih membekas dlm ingatan tentang kekuatan cinta sepasang kekasih. Di postingan ini lengkap sekali tentang bagaimana kita bisa menuju ke Nusa Penida. Tapiii..klpun ada kesempatan pastinya bunda sdh gak mampu melakukan trekking dengan jln benatuan terjal. Thank u 4 sharing Nusa Penida on ur blog.



    cibta.

    BalasHapus
  2. Medannya mantap. Tantangan melatih keberanian. Seru banget kayaknya kalo ke sana rame-rame ya.

    BalasHapus
  3. Pantainya gilaa..cantik semua. Ke Nusa Penida ga bisa singkat berarti ya. Meski was wes wus naik motor lebih cepat. Senangnya dapat harga-harga hemat dan terbayar nih medan yang ga selalu mulus tapi sepadan dengan pemandangan. Keren Mba Yeni!

    BalasHapus
  4. Wah keren banget nih bisa ajak anak-anak, apalagi bisa pake kendaraan sendiri ayik banget nih, biayanya juga tidak terlalu mahal ya ka tapi pemandangannya sungguh luar biasa

    BalasHapus
  5. Cantik banget pemandangannya,sering dengar nama nusa penida tapi baru artinya sekarang.hope next time can go there

    BalasHapus
  6. Ternyata arti Nusa Penida agak horor ya Mba. Mungkin bisa ditambahkan filosofinya kenapa dinamakan seperti itu Mba. Soalnya lautnya indah bangett, masya Allah, gak akan nyangka arti nama pulaunya itu

    BalasHapus
  7. Dari arti namanya: pulau yang memiliki kekuasaan besar yang mematikan ... sudah misterius dan mengundang orang untuk mengunjunginya dan ternyata keindahan alam Nusa Penida menakjubkan .... masya Allah ya ....

    BalasHapus
  8. Salut nih buat anak-anak mbak Yeni, walau tanpa persiapan khusus, sanggup menakhlukkan medan yang lumayan.

    Sewa motornya unik ya, nggak usah saling tunggu dengan pemilik, nyampe sudah nemu motor lengkap dengan kunci yang masih nyantol di motornya. Tapi aman aja ya di sana kayak gitu

    BalasHapus
  9. Oalah jadi, ada reschedule tiket pesawat ya ... sempat istirahat gak itu? Atau langsung buru2 ke bandara? Seru banget ya pengalaman Mbak Yeni.

    BalasHapus
  10. Sudah hampir 7 tahun sejak terakhir kali ke Bali. Pengen banget ke Bali. Next ya, aku akan keliling ke destinasi yang mba tulis. Insya Allah. Aamiin...

    BalasHapus
  11. Aku baru denger Nusa Penida, Mak. Memang kurang jauh mainnya. Pantai-pantai di Bali memang juarak. Cantik pisan.

    BalasHapus
  12. Kayaknya lebih enak dari Sanur ke Nusa Penida ya. Dulu persis sebelum pandemi rencana mau ke Bali lanjut Nusa Penida. Eh seminggu kemudian tiket pesawat naik gila-gilaan. Tunda lagi kena pandemi.

    BalasHapus
  13. Aku dua kali ke Nusa Penida, tapi belum pernah sama keluarga lengkap nih, semoga bisa kay ambak Yeni yang bisa family trip ke Nusa Penida. Asyik ada biayanya juga jadi bisa perkiraan berempat ke sana.
    Mudah ternyata ya mbak mau sewa motornya, penting banget infornya nih selama ini semuanya ada yang ngurus seoalnya aku.

    BalasHapus
  14. Kok baguss bangett itu? Buat aku dan keluarga yang masih berkutat dengan liburan di jawa,wajib ini dijadiin tujuan liburan yang paling ditunggu. Semoga bisa jadi tujuan liburan berikutnya aamiin

    BalasHapus
  15. Salut bisa sampe bawah Klingking beach... Kalo aku mungkin udah nyerah mak..hahahah...turunnya aja susah apalagi baliknya ke atas haha...

    BalasHapus
  16. Memang pantas banget ya pantai nusa penida ini dijadikan ikon pulau Bali, cantiknya kebangetan. Paket staycationnya juga murah meriah lagi

    BalasHapus
  17. Lautnya bagus banget ya birunya bener-bener cantik, bisa dimaklumi kalau nusa penida menjadi salah satu destinasi wisata favorit saat berkunjung ke Bali. Baca artikel ini jadi kepingin juga mencoba sensasi menjelajah Nusa Penida, tapi harapan terdekat sih pinginnya mengunjungi Bali dulu.

    BalasHapus
  18. Banyak banget ya objek wisata di nusa penida... Tempatnya bagus-bagus banget, masih alami dan bersih...

    BalasHapus
  19. Nusa Penida ini hidden gems banget yaa..
    Tempatnya cantik dan pasirnya mashaAllah~
    Beneran kebayang perjuangannya menuju ke pantai yang indah ini,

    BalasHapus
  20. Selalu terpesona akutu sama hasil poto di kelingking beach sama broken beach .

    Memang kalo temen wisata ke nusa penida, sudah pasti gak boleh ketinggalan kelingking beach itu..
    MasyaAllah cantiknya kak yeniiii.. Medannya bikin tantangan nih apalagi bawa anak. Pasti mereka kaya banget sama memori traveling amazing begini

    BalasHapus
  21. Terpana dengan pantai-pantai indah di Nusa Penida. Mba Yeni sekeluarga juga jabanin dengan happy. Padahal penuh perjuangan ya, misal dari parkiran ke spot foto di bawah...wah! Dulu tahun 2000 awal Nusa Penida masih sudah dijangkau, kini mudah dan ada alternatif akses lewat mana. Semoga lain waktu berkesempatan ke situ

    BalasHapus
  22. MasyaAllah luar biasa Indah Nusa Penida, inget banget dulu suka inputin data fastboat ke Nusa Penida dari Bali haha.. Pantesan banyak yang datang kesana, jadi nyesel nggak mampir dulu. :D

    BalasHapus
  23. Nusa Penida itu salah satu destinasi impianku. Keren-keren banget pantainya. Cocok buat istirahat sejenak dari pekerjaan. Semoga bisa terwujud tahun depan.

    BalasHapus
  24. Pantas turis mancanegara rela berlama lama di Bali secara pemandangan dan lokasinya luar biasa indahnya ya. Ajib banget itu dan pastinya bikin betah dan jadi pengalaman tidak mungkin terlupakan

    BalasHapus
  25. Ya Allah bagus banget, pantas ya dijuluki Pulau Dewata. Dan aku yang belum pernah ke Bali sama sekali cuma bisa nyengir, hehe. Semoga one day bisa touch down ke sana.

    BalasHapus
  26. Jos lengkap pol infonya. Sangat membantu. Yg saya takjub nuetel anak biar bisa disetel kenceng or kendor ikut ritme liburan ortu gitu piye ya?

    BalasHapus