Mengenal Aplikasi Truecaller dan Getcontact untuk melacak nomor Hp Tidak dikenal untuk Meminimalisir Penipuan || Cek Rekening Penipu

Sebel gak sih di saat fokus nyetir, kaget dengan dering telfon, eeeh setelah diangkat ternyata tawaran kartu kredit ?

Sebel gak sih, disaat lupa setting HP mode silent, eeeh tiba-tiba dering telfon berbunyi memecah kesunyian disaat sedang fokus mendengarkan rapat, apesnya lagi setelah di angkat ternyata marketing asuransi 😭😭

Dan masih banyak lagi pengalaman-pengalaman yang bikin BT tentang nomor - nomor yang tidak dikenal, tak henti-henti menelfon setiap jam sepertinya mereka tak kenal lelah serasa kita di teror gak sih?

Itu yang setiap hari saya dan suami alami, akhirnya suami memutuskan berganti nomor Hp, nomor Hp lama tetap saya pelihara soalnya nomor Hp sejak sebelum menikah.

Sobatku pasti banyak yang mengalami hal serupa bukan? 

Di telfon marketing bank, marketing asuransi dll serasa di teror.

Alhamdulillah sekarang ada aplikasi Getcontact dan Thruecaller yang otomatis bisa melacak nomor yang tidak dikenal ketika masuk ke Hp kita.

Caranya mudah cukup install di smartphones atau HP Iphone atau Android sobatku semua.

GETCONTACT

Merupakan aplikasi penyedia identifikasi nomor telepon. Dengan aplikasi ini kita bisa melihat tag atau nama dari nomor telepon yang tersimpan.
Aplikasi Getcontact ini juga bisa buat melihat nomor hp kita,  nama apa yang teman simpan buat saya.

Iseng nih cek nomor hp saya, tinggal masukin nomornya kemudian search, jreng jrengg keluar sampai beberapa halaman🀭.
            Salah satu contoh saja ya ini

Nah kalau ada telfon masuk, apalagi yang tidak kita kenal,  akan keluar nama seperti di bawah ini.

CALL HISTORY
     Marketing dari Bank tak henti menawarkan promo, setiap hari selalu di telepon.

SEARCH HISTORY
Ini pengalaman saya jumat kemarin mengidentifikasi nomor penjual sepatu onitsuka ternyata di aplikasi keluar penipu sepatu dan ada yang memberi komentar Modus Jual Sepatu.


TRUECALLER

Mirip dengan Getcontact, aplikasi Truecaller ini juga bisa mengetahui nomor yang menelepon kita saat aplikasi sudah terpasang di HP.

Apabila nomor telepon yang  masuk ternyata mendapat tags spam atau blokir dari orang lain maka Truecaller akan memberi peringatan kepada kita.

Contoh Thruecaller milik saya.

Truecaller ini ada yang berbayar, bedanya kalau berbayar ada tambahan fitur seperti siapa yang memeriksa nomor kita, menghilangkan iklan dll.


Pengalaman hari Jumat 5 Agustus 2022

Beberapa hari ini, saya jualan sepatu Jastip dari Luar Negeri (onitsuka, nike, torry burch, sketchers & clarck) memang murah dan di jamin ORI, tapi harga masih masuk akal kok versi saya. 

Bagi teman-teman yang belum pernah belanja jastip mengira KW karena memang murah jauh di bawah harga store di Indonesia.

Nah salah satu teman saya Mbak Nita bilang, eeeh ini di Mall_casablanca onitsuka lagi sale 500rb mendapatkan 2 pasang bebas pilih model dan seri.
         Hati hati IG ini penipuuu yaa

Kepooo dunk saya, langsung menuju Instagramnya dan DM, meyakinkan sih bebas pilih model dan terakhir sale hari Jumat itu. Awalnya mau langsung saya samperin ke Mall Kotacasablanca eeeh ternyata harus by ekspedisi alias di kirim FREEONGKIR pula.

Okelah akirnya iseng pesan 2 pasang lanjut obrolan saya pindah ke whatappsnya. Sudah info alamat dan total tagihan plus nomor rekening.

Langsung cek nomornya ke aplikasi Getcontact jreng jreng...

Keluar penamaan nomor-nomornya dengan nama sepatu, mall casablanka naah ada tulisan Penipu jual sepatu, Scammer beware nah ada indikasi nih langsung blokir dan bilang maaf tidak jadi.

Cek REKENING ..

Teman - teman juga bisa cek rekening kalau kita akan membeli barang online atau kepada seseorang yang belum kita kenal.

Silakan teman-teman ketik cekrekening.id atau klik link ini Cekrekening.id

1. Masuk cekrekening.id 
2. Ada 3 pilihan ya sobatku
    - Periksa Rekening
    - Daftarkan Rekening kita supaya pelanggan kita percaya
    - Laporkan Rekening yang di duga penipuan atau mencurigakan
3. Masukkan nama bank dan nomor rekening
4. Cek list i'm not a robot
5. Cek
Ini hasil penelusuran nomor rekening yang menjual sepatu murah tadi, meskipun di sini nomor rekening belum pernah terkait tindak penipuan bisa saja mereka ganti ganti nomor rekening pinjam sodara teman dkk.

MODUS PENIPUAN YANG KEMARIN-KEMARIN HITS CARDING

Teman-teman juga wajib waspada yaa dengan promo tiket murah, berkali-kali saya ingatkan PALING AMAN BELI TIKET LANGSUNG SENDIRI KE APLIKASI.



Jadi disaat musim libur kemarin banyak banget bahkan ada yang rombongan trip ke Luar Negeri,  dari travel terkenal tidak bisa kembali ke tanah air.

What?? 
Kenapa??

Tiket kembali di tolak ternyata tiket tersebut dibeli dari mencuri kartu kredit orang lain, si pemilik kartu keburu tau jadi di blokir.

Semoga kita semua terbebas dari penipuan so buat sobatku semua hati-hati yaa, jangan tergiur barang yang murah / tiket murah tapi tidak masuk akal, kecuali memang kita langsung membeli di aplikasi tiket yaa.

Tiket murah itu ada saya pernah mendapatkannya Jakarta - Medinah PP cuma 2 jt, akhirnya bisa umroh murah, belum tiket2 kami ke Jepang dapat murah tapi langsung ke aplikasi tiket seperti agoda, traveloka, tiket, booking, skyscanner dkk.

Berbagi pengalaman yukss...
Teman-teman ada yang memiliki pengalaman menyakitkan di tipu? 
Share yuks...


Boleh yaa numpang iklan sepatu onitsuka canvas harga hanya 850rb saja ASLIII ORII...
Nike Air 1 juta 
Torry Burch polos 1 juta 
Torry Burch motif 1.1 juta
Sepatu Clarks Ori dari Inggris mulai 650rb
Sketchers 550rb

     Yang sudah sampai Ori ada box dan paperbag n label
    Torry burch motif 1.1 jt yg polos 1 jt ORII YAA KOMPLIT 
Onitsuka bahan kulit made in japan Ori komplit dus paperbag label harga 1.2 juta saja 

Yuksss yg mau order japri yess  08563690075
Pengiriman dari Jakarta 




Posting Komentar

46 Komentar

  1. Aku jadi penasaran namaku disimpan atas nama siapa aja ya πŸ˜„πŸ˜„ kayaknya sekarang alhamdulillah nggak minta jarang banget ada telepon Iseng atau penawaran kayak di atas Mbak Yeni

    BalasHapus
  2. Tahun lalu aku install GC pas sodaraku ketipu. Waktu lihat tagging atas nomer itu, anehnya ga da yang kasih tagging negatif. Entah baru mulai jd penipu (kayake bukan nomer baru krn uda banyak yg simpen). Btw, waktu GC ini banyak iklan iklan di YT, aku heran kenapa tema iklannya malah banyakan ttg cewek/cowok yang cari info ttg nama pasangannya. Meski bisa saja untuk keperluan itu, menurutku malah lebih penting kalo iklannya fokus ke soal penipuan. (tapi mungkin iklan soal pelakor/pebinor lebih menarik target market yak :D)

    BalasHapus
  3. Hari gini modus penipuan makin kreatif yah, kita harus semakin teliti nih. Padahal itu IG nya udah centang biru dan udah konfirm via dm yaah, parah siih. Aplikasi Get Contact emang membantu banget yaah buat antisipasi

    BalasHapus
  4. Nah ini app yg sangat berfaedah

    Apalagi jaman now modus tipu2 sangat pro dan rapi.

    App gini membantu kita semua ya

    BalasHapus
  5. Saya juga instal truecaller nih dan emang membantu saat ada modus penipuan atau sales promo2 gitu. Haha.. Puas rasanya tau nama2 penipu

    BalasHapus
  6. Memang bikin kesal, kalau sedang ada aktivitas, tiba-tiba ada telepon masuk. Diangkat penawaran asuransi. kalau tidak diangkat, eh.. pakai nomor lain.
    Makanya saya kalau nomor asing atau tidak ada di kontak, saya tidak angkat, Mbak. Kalau memang perlu, pasti whatsapp hehee.
    Syukurlah sekarang ada aplikasi yang bisa mendeteksi nomor panggillan masuk. Bahkan bisa ketahuan, nomor kita dinamain apa saja oleh orang lain hehehe.

    BalasHapus
  7. dan aku install kedua aplikasi tersebut di handphone, menurutku sih amat ketolong karena sekarang banyak kasus penipuan kan ya

    BalasHapus
  8. Aku install GetContact juga..memang manfaat banget sih
    Btw, aku belum pernah coba cekrekening id..bisa banget buat cek rek biar ga ketipu. Pokoknya cek ricek dulu sebelum transfer atau bela beli ya. Kuatir dah kirim uang ternyata penipu. Dah kadung beli, eh barang palsu huhuhu
    Makasih sharingnya , Mba Yeni

    BalasHapus
  9. Hooh. Aku juga sering nih begini. Dapat telpon eh ternyata nawarin pinjaman online lah. Dari bank lah. Haduh.. Ada-ada ajalah nomornya. Udah diblock satu muncul yang lain.

    BalasHapus
  10. Get Contact aku ud pakai smpe skg, aplikasi membantu bgt di awal apalagi pas lagi sibuk, qt gk ada wktu nyari2 info eh getcontact membantu.

    BalasHapus
  11. Risiko saat mengisi survei online adalah mengisi nomor hp lalu rawan disalahgunakan. Masih mending untuk jualan online, tapi kalau sudah penipuan perlu dilacak lewat aplikasi ini. Thx ulasannya

    BalasHapus
  12. Aku juga pake Get Contact nih, membantu banget termasuk blokir nomer yang gak dikenal, males banget. Kalau Ibuku pake Truecaller, biasa kan Ibu2 jadi modus penipuan yang anaknya kecelakaan lah, kita emang kudu gak boleh kalah pinter dari penipu yak

    BalasHapus
  13. Iya, sekarang itu banyak penipuan
    Makanya penting banget install aplikasi GetContact ini
    Biar kita g jadi korban penipuan

    BalasHapus
  14. Wah jadi pengen download aplikasi Get Contact nih penting ternyata. Biar tahu siapa yang telpon itu yang nggak kita save nomornya. Cuz ahh ... Makasih ya mba infonya...

    BalasHapus
  15. Aku install yang GetContact Mbak, dan sejauh ini ngebantu banget. Soalnya aku pernah kena tipu dengan embel-embel job di instagram.

    BalasHapus
  16. Aku pakai get contact mb. Asyik nih kadang tahu ada yg stalker no hp kita.. Hehehe.. Dan senangnya kita dikasih tahu siapa yg nelpon meski nama belum disimpan

    BalasHapus
  17. Serius deh aplikasi ini beneran guna banget, saya juga pakai. Paling berguna pas mas-mas paket yang nelpon, jadi keliatan ini tukang paket apa tukang tipu.

    BalasHapus
  18. Para penipu sekarangpun makin kreatif yaa.. Akhir-akhir ini, saya sering di telepon dengan nomor baru dan beberapa diantaranya memakai kode area Jakarta. Setelah tahu betul, beberapa trik penipu yang juga kekinian, langsung saya reject saja teleponnya.
    Untungnya sudah ada aplikasi yang bisa mendeteksi nomor telepon yang masuk dan ternyataaaa, sudah bisa cek rekening asli atau rekening penipu.

    BalasHapus
  19. Waktu lagi tren pinjol suka teror2 jadi pake truecaller deh, telponan gak jelas otomatis terblokir keren banget deh, terus sekarang pakenya Get contact yg gratisan buat cek nomor hp orang pada ditagnya pake nama apa hehe :D

    BalasHapus
  20. aku baru pakai yang get contact aja nih kak.. kalau thruecaller belum instal. ini kepake banget sih ama adekku yang sering dapat telp penipu, karena dia jualan beras di desa. entah kenapa banyak yg tipu2 wkwk

    BalasHapus
  21. Aplikasi Truecaller saya belum punya sih, kalau get contact udah pasang dari dulu. Jadi tahu orang yang ngehubungin Kita liat aja namanya siapa. Moga dijauhin Dari penipu deh. Btw saya baru tahu ada cek rekening juga. Trims infonya ya

    BalasHapus
  22. Aku paling males kalau ada telepon dari orang yang nggak dikenal.. apalagi mkalau yang bermodus penipuan.. kalau yang salah sambung atau promo promo dikit ya gpp deh kan memang masih di jalan yang benar

    BalasHapus
  23. Kita jadei bisa tahu juga kredibilitas seseorang. Ada teman yang iseng mengecek nama teman-temannya dan mendapati ada yang di-save dengan buruk oleh beberapa orang :D

    Btw Truecaller atau Thruecaller, ya, Mbak? Dalam gambar di atas tanpa huruf h.

    BalasHapus
  24. Aplikasi yang sangat bermanfaat yaa..
    Terutama dipasang di HP emak-emak yang biasanya gampang banget kepincut omongan manis atau gak enakan nolak.
    Aku pasang True Caller juga.

    BalasHapus
  25. Saya juga pernah tuh dapat telepon macam itu. Menyebalkan banget. Pernah juga ada yang nelpon tapi pas ditanya mau bicara dengan siapa, gak bisa nyebutin. Artinya dia gak tau saya siapa. Mau nipu.

    BalasHapus
  26. Saya juga gitu kadang suka sebel kalo ada telpon dari nomer nggak dikenal ngaku-ngaku agen inilah itulah. Wah ternyata aplikasi thruecaller ini sangat mem bantu banget yaa auto download sih ini. Terima kasih informasi nya

    BalasHapus
  27. Wah ilmu baru yg super manfaat nih. Makasih sharing artikelnya ya kak.. Aku bookmark nih, wajib dipraktikkan πŸ‘

    BalasHapus
  28. Aplikasi getcontact emang helpful banget, sayangnya banyak orang yg belum tau aplikasi ini jadi masih banyak korban penipuan, apalagi yg belanja di Instagram dan Facebook

    BalasHapus
  29. Ngeri banget banyak juga penipuan lewat telepon seperti ini
    Makanya kalau aku g akan angkat nomor yang tidak dikenal
    Biar g panjang urusannya, hehe

    BalasHapus
  30. Jadi ingat pengalaman yang hampir ditipu oleh seseorang yg mengaku dari Sriwijaya Air. Ceritanya waktu itu mau pulang dari Jakarta ke Makassar dan sudah pesan tiket di Traveloka, terus sehari sebelum jadwal pemberangkatan ada penyampaian dari Sriwijaya kalau pesawat akan delay 1 jam. Tidak lama ada yg nelpon ngakunya dari Sriwijaya Air dan nanya-nanya bersediakah penerbangannya dipindahkan ke jadwal lain terus transit di mana gitu... Caranya saja sudah mencurigakan. Makanya nomornya saya blokir dan kasi nama penipu. Jadi emang penting berhati-hati ya Mak.

    BalasHapus
  31. Aku juga udah install 2 aplikasi ini. Lebih banyak kebantu buat filter telepon telemarketing itu si. Jadi bebas gangguan skg. Kalau belanja online aku hampir ga pernah belanja di IG gt si. Tp makasi infonya mbak.

    BalasHapus
  32. Saya pun pakai truecaller jadi ketahuan kalau ada nomor baru yang masuk. Suka ketawa tapi takut dosa kalau baca ada nomor masuk tertulis "penipuan" atau sejenisnya

    BalasHapus
  33. aku pakai Truecaller, mbak. Terbantu banget menghalau telepon dari telemarketing nawarin kartu kredit atau utang apalah. Mbok ya sesekali dikasih duit, menang mobil dari bank gitu yah. heheh

    BalasHapus
  34. Sudah dengar lama soal aplikasi get contact ini tapi belum sempat dowload sih jadi penasaran namaku disimpan dengan nama siapa aja hehe. wah jastipannya menarik tuh mbak. kalau ada jastip tas boleh juga nih mbak

    BalasHapus
  35. Aku juga instal dua aplikasi ini mbak di hp. Tapi lebih sering gunakan get contact sih. Membantu banget. Soalnya pernah ditelpon penipu juga. Ketahuan di get contact namanya penipu

    BalasHapus
  36. Iya sekarang kalau ada nomer yang gak tersimpan nelfon aku biain dulu biar bisa disimpan dulu buat cek di get contact, emang harus lebih hati-hati terumatam ngedukasi ortu yang kadang suka ngasal percaya telfon dari orang. Btw itu shoes bagnya tory agak beda ya dari yang aku punya mba modelnya, baru kah..

    BalasHapus
  37. Aku tuh org yg nomornya kukenal nelp aja gak kuangkat apalagi yang gk kenal wkwkw, soalnya lbh suka chat mbak. Prinsipku kalau butuh gak keangkat ntr wa atau call lg xixix.
    Aplikasi ini penting banget buat meminimalisir kita dapat call2 mengganggu apalagi yang berbau nawarin cc dan penipuan yaa.

    BalasHapus
  38. Aku pake getcontact nih membantu banget untuk menelusuri nomor yang ga dikenal.

    BalasHapus
  39. Aplikasi ini membantu supaya tidak terjerumus tipu daya penelepon yang memang niatnya jahat. Saya beberapa kali dihubungi dan akhirnya terlihat sendiri jika komplotannya beraksi.

    BalasHapus
  40. Yang kuning tuuh sama persis dengan onitsuka punya suamiku. Harganya lumayan juga, selisih jauh dengan harga pas sepatu itu dibeli.

    Aku pernah ketipu nih mba pas beli buku secara online. Ga banyak sih ketipunya, tapi tetep keseeelll juga rasanya.

    BalasHapus
  41. Emang dah, dijaman sekarang nih. Aplikasi macam get contact perlu dan sangat membantu.

    BalasHapus
  42. Iya sekarang kudu berhati-hati transaksi belanja online apalagi via medsos ya nggak marketplace, harus rajin cek datanya di getcontact...sepatunya apik-apik mba bikin ngiler deh...

    BalasHapus
  43. sekarang makin marak penipuan lewat telpon dan sms yaa, dnegan truecaller kita bisa mengetahui siapa dibalik nomor tak dikenal itu, kudu extra hati hati

    BalasHapus
  44. Alhamdulillah semua website itu pernah kucoba kecuali get contact karena harus instal akunya yang ogah kalau instal hehe....kupakai karena sedang ada masalah mengharuskan pakai itu dan jujur.berguna banget

    BalasHapus
  45. Belum pernah nyobain aplikasi get contact ini jadi penasaran namaku disimpan pakai nama apa aja ya? Pengen deh cek sendiri.

    BalasHapus
  46. Salut banget dengan ibu rumah tangga yang serius mendampingi anak-anaknya dan juga menambah penghasilan. Keren sekali ibu-ibu blogger kece kayak Mbk Helena ini.

    BalasHapus