Pengalaman Pertama Anak-anak Surfing di Pantai Selong Belanak Lombok, NTB Indonesia

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh....
Pagi sobatku semuaa...
Seminggu tidak menulis blog, kangeennn tapi bingung mau menulis dari mana, karena excited sekali pengalaman kami seminggu ini.

Tepat hari senin tanggal 4 Juli 2022 kemarin hari bersejarah bagi anak-anak, dimana mereka menemukan pengalaman baru yaitu Surfing.
Pengalaman - pengalaman yang sudah anak-anak dapatkan di sepanjang perjalanan familytrip kami antara lain :

- Diving sudah 2x ✅ (banyuwangi & karimunjawa)
- Snorkling sering ✅ (setiap trip laut)
- Paralayang ✅
- Rafting ✅
- River tubing ✅
- Berburu sunset sunrise ✅
- Trekking ✅
- Naik gunung meski blm tinggi banget paling ga bisa menaklukkan kawah ijen tanpa bantuan sama sekali ✅
- Naik kapal apapun ✅
- Ngemper di bandara ✅
- Hotel murah sampai mahal ✅
- Trip goa dan Rappeling ✅
- Berenang bersama Hiu tutul  ✅
- Berenang bersama ubur - ubur di Pulau Kakaban ✅
- Backpakeran di negara orang ✅
- Main salju ✅
- Umroh ✅

Surfing ??
Belum pernah euyy dan ini tidak di rencanakan sama sekali. 

Kami ke Pantai Selong Belanak, lokasi pantai ini tidak jauh dari Bandara International Lombok, tepatnya di Desa Selong Praya Barat Lombok Tengah, awalnya tidak berniat main apapun. Berkat rayuan maut guide surfing nego2 harga awalnya 250rb per orang menjadi 150rb per orang. 

Pantai Selong Belanak ini pasirnya lembut sekali, tidak ada karang, memiliki dua type ombak yaitu di bagian barat ombaknya besar di bagian lainnya ombaknya  tidak begitu ekstrem sehingga cocok di sebut surganya surfing.

Banyak anak maupun dewasa belajar surfing disini, selain itu turis luar negeri juga banyak berjemur plus bermain surfing disini.

Sesuatu yang baru pasti membuat orang tua terutama emak deg-degan, membayangkan anak-anak meluncur sendirian di lautan bersama ombak. Pikiran emak pasti tar kalau jatuh kelelep atau meminum banyak air bagaimana ya.

Bismillah semoga lancar...

Sebelum terjun ke air laut, anak-anak di training terlebih dahulu cara menggunakan alat, cara mengayuh dan cara berdiri.
Latihan di darat tidak begitu lama paling sekitar 10 menit, langsung terjun ke air laut dimana setiap anak di dampingi satu instruktur.

Masya Allah tabarakallah tidak pake lama anak-anak langsung bisa meluncur sendiri dari perairan yang agak dalam menuju daratan.

Emak rasanya bersorak-sorak woww banget mereka cepet banget bisa. Meluncur sendiri tanpa jatuh dalam durasi panjang.

Memang anak-anak itu cepat sekali belajar hal yang baru.



Berkat guide yg telaten cuma latihan sebentar sudah bisa seluncuran berkali2, dah gitu males mentas dahh 😃😃

Sebetulnya anak-anak males-malesan lho pada awalnya karena cuaca Lombok panasnya cetar membahenol. 

Ombaknya juga aktif ketika kami snorkling membuat kami pusing mabok karena ombak, belum lagi sebelumnya kami menempuh perjalanan jauh ke Sembalun. Tiga hari sebelum ke Lombok kami trekking di  Leuwi Asih dan Goa Garunggang Sentul , seminggu sebelumnya ke Bandung, 2 minggu sebelumnya kami habis trip ke Singapore - Batam , jadi benar-benar energi kami banyak terkuras. Sampai beberapa teman dekat menyebut keluarga tukang ngukur jalan 🤭.

Sebagai Orang Tua merayu anak dunk untuk mencoba hal yang baru meski pakai reward, bagaimanapun juga tetep di coba dulu  kalau nuruti mereka mah maunya mager saking panasnya cuaca.

Alhamdulillah setelah mencoba eeeh gak mau udahan 🤭.

Nah boleh di coba ya teman-teman kalau di Lombok masukin tujuan wisata ke Pantai Selong Belanak untuk belajar Surfing atau sekedar bermain pasir yang super duper lembut bersih jernih.

Biaya hasil nego 150rb/org/guide
Guide Mas Latief WA 0878 5564 7883

Emak juga pengen Surfing sebetulnya tapi apa daya emak dan suami mengalami kaki agak cedera karena trekking air terjun sebelumnya.

Sekian dulu yaa, next lanjut ulasan kami ketika di Lombok.

"Please jagalah kebersihan pantai, sedihh saya melihat pinggir Pantai Selong Belanak Banyak sampah bekas pempers / plastik"

Wassalamualaikum 🙏

"Bukan Harta yang kami tinggalkan buat anak-anak, harta bisa menjadi rebutan, akan tetapi Pengalaman dan bekal Ilmu yang bisa kami berikan Insya Allah bermanfaat bagi mereka" 

Release bagian dari trip lombok


Posting Komentar

35 Komentar

  1. Wah, seru banget mbak.Anak anak kalo udah kena air laut nggak mau mentas ya ahaha. Keren euy bisa berdiri tegak gitu

    BalasHapus
  2. Seru banget kak mana pantainya bersih dan indah banget lagi. Pengen juga belajar surfing tapi tiap lihat ombak udah takut duluan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah soal takut wajar maak krn hal baru tapi kalau sdh di jalani ilang koo, itu biasa saya rasakan ketika awal saya memulai hal baru misal paralayang.

      Hapus
  3. Padahal aku nunggu cerita emaknya yg belajar surfing juga...Hahaha. Seru banget sih, anak-anak emang kudu dikasi pengalaman sebanyak-banyaknya gini. Aku juga pengen deh belajar surfing gitu. Cuma takut item, aku tuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takutt iteem sebetule samaa mak aku tuh sejak pandemi sering ke laut muka PR banget sampai muncul flek, tar di treatmen bentar eeeh pergi lagi.

      Hapus
  4. Salam kenal dl x ya karena bu da jarang muncul udah banyak banget nama2 blogger yg ikutan di sini. Memang kita ikutan exvited lho kl liat anak2 bljr surfing. Bunda srkian th yg cucu bunda umurnya 12th ( skrng udah 16 going to17 kami ke Pantai Kuta hanya utk lztihan serfing. Tp eyangnya yg seneng diajak liburan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met kenal juga bunda, senang sekali kenal bunda, samaa seperti mertua dan ortu saya juga sering kami ajak jalan bun, mereka sukaak, apalagi ibu mertua semangat sekali.

      Hapus
  5. Wooow, bahagianya anak2 punya segudang pengalaman yg bisa jd kenangan indah di kemudian hari ya. Anak2 itu kl udah kena air dengan gelombang kayaknya hepi banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekalii bunn, bukan harta yang kami tinggalkan buat mereka tapi pengalaman-pengalaman

      Hapus
  6. Pengalaman anak-anaknya Mbak Gusti Yeni banyak juga ya. Pengalaman yang seru dan pastinya akan jadi pengalaman berharga bagi mereka.
    Kalau saya gak berani surfing, takut jatuh hehehe

    BalasHapus
  7. Pengalaman anak-anaknya Mbak Gusti Yeni banyak juga ya...
    Bisa jadi pengalaman berharga yang tidak bisa dilupakan oleh mereka.
    Saya sendiri gak berani nyobain surfing, takut jatuh wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah saya juga penasaran pengen mencoba surfing maak, next pengen mencoba

      Hapus
  8. Pengalaman anak-anaknya Mbak Yeni banyak juga ya. Pastinya jadi pengalaman yang asyik dan jadi memori yang kuat bagi mereka.
    Saya belum pernah nyobain surfing, kayaknya susah juga ya harus menjaga keseimbangan di atas ombak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah bisa mbaa ada caranya, kaki depan kudu belok dikit.

      Hapus
  9. Alhamdulillah..anak-anak banyak belajar beraneka hal dari kegiatan ngukur jalannya ya Mbak..Beneran pengalaman tak terkira yang akan jadi kenangan sepanjang usia dan memberi dampak positif ke depan kelak.
    Senang sekali baca kisah perjalanan Mba Yeni sekeluarga .Keep inspiring ya Mbak

    BalasHapus
  10. Aaakkkk, seru bgttt

    Memang mumpung masih usia anak2 kudu rajin surfing ya

    Supaya makin setroonggg dan tangguh

    BalasHapus
  11. masya Allah ... ceklis udah panjang itu, aku berasa terlambat. hahaha ... belum pernah surfing maaak
    eh bisa latihan dari anak usia berapa sih? ga sabar ngajakin anakku cobain olahraga yang ekstrim begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SD kelas 1 bisaa banyak yg kecil kecil surfing mbaa...yg penting anaknya berani.

      Hapus
  12. Wah seru banget langsung bisa surfing gitu, berarti anak2 keseimbangannya bagus banget yah mbak bisa langsung meluncur. Waah, entahlah kalo aku berani gak nih, rada ciut kalo disuruh surfing mah hahaha

    BalasHapus
  13. Wah keren ya mbak, anak anak sudah berani untuk surfing
    Pengalan pertama ini pasti jadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak anak ya mbak
    Seru pastinya

    BalasHapus
  14. Waktu minggu lalu kami liburan, hampir setiap hari main di pantai dan selalu pas ada yang surfing. Anakku senang sekali melihat bule-bule yang pada surfing, katanya nanti kalau sudah gede mau coba main surfing juga. Seru banget soalnya kalau sudah mulai bisa ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seruuu mbaa, kenapa anak2 ga coba surfing sekalian? Kelas 2 SD boleh kokk

      Hapus
  15. Hebat euy kakak2 bisa berdiri tegak di atas papa surfing. Mumpung masih kecil mencoba banyak hal seru biar banyak skill dan pengalaman ya mbak

    BalasHapus
  16. asyik bangeeet ini... aku jadi pengen juga cobain bareng anak - anak hahaha. It won't be easy sih ya

    BalasHapus
  17. Pantai Selong Belanak ini emang jadi pantai andalan buat belajar surfing. Anak-anak juga doyan main air di sini karena emang luas, puas lari-lari, ada ombak tapi masih amanlah buat anak-anak. Next time pas ke Lombok lagi semoga bisa meetup ya kita

    BalasHapus
  18. Woww woww keren sudah bisa surfing! Aku iri nih belum ada kesempatan ngajakin bocah wisata alam. Soalnya suami sedang sibuk-sibuknya. Sementara kami liburan sekolah di rumah aja.

    BalasHapus
  19. Ombak di Selong Belanak memang ideal buat surfing. Dulu pernah ke sana, tapi leyeh2 santai saja di pondok buat neduh, sambil liatin orang mondar mandir main di bibir pantai. Dan rasanya dulu belum serame ini yang surfing, cuma 1 atau 2 bule. Cederanya gimana sekarang mbak? Udah pulih?

    BalasHapus
  20. Selain cocok untuk surfing, pemandangan di pantai Selong Belanak memang cakep banget. Air lautnya masih jernih, bikin betah.


    Btw, kakau ada instrukturnya gitu. Insya Allah aman ya, meskipun buat anak-anak.

    BalasHapus
  21. Seru banget anak-anak belajar surfing. Pastinya pada happy banget ya. Pantai Selong Belanak yang indah sayang kalau banyak sampah plastiknya. Harus banget Jaga kebersihan biar engga ngerusak ekosistem

    BalasHapus
  22. Wah, seru ya... Nyali juga sih ini.. Kalau aku nggak bakal berani nyoba deh kayaknya.. Nggak bisa renang juga soalnya...hihi..

    BalasHapus
  23. Keren ya anak-anak bisa langsung Surfing padahal sebentar doang belajarnya. Aku gak tahu tuh bisa apa tidak, hewhew. Btw, papahnya baik buat anak atau dewasa kayanya sama aja ya, Mbak

    BalasHapus
  24. Pegalaman familtytripnya udah banyak banget, seru ya untuk kenang2an anak-anak juga nantinya kalau sering traveling.
    Walaupun baru pertama kali surving, kalau ada instrukturnya Insya Allah aman & cepat bisanya ya. Duh aku belum pernah merasakan kalau surving nih mbak

    BalasHapus
  25. Keren sekali putra-putrimu, mba. Diajarin sebentar langsung udah bisa surfing. Aaahh aku mau juga dong. Semoga saja suatu saat bisa bawa anak-anakku ke sana untuk surfing ya.

    BalasHapus
  26. Duh, ini seneng banget. Dulu aku pernah surfing di pantai Cerita, dan dengkul besut semua karena pas kebawa ombak gede banget gak stabil, jadi terguling-guling diseret sampai pantai, besut berbenturan sama pasir

    BalasHapus