Explore 3 Gili di Lombok (Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air)

Pagiii....
Semoga tetap sehat selalu teman-temanku...
Rasanya belum lengkap kalau tidak explore ke Gili ya ketika di Lombok.

Gili adalah destinasi fav turis luar negeri, karena di gili bisa melihat sunrise, sunset, pasir putih, ombak yang tidak begitu besar, minim polusi karena tidak ada kendaraan bermotor, cocok buat pesta hampir tiap hari ada pesta di pantai.

Indahnya dunia bawah laut di Gili sangat memukau, air jernih dengan ikan cantik warna warni.

Kami explore Gili one day trip saja, karena tidak berniat menginap di Gili juga. Awalnya mau kelarin beberapa Gili di hari pertama landing kami berencana langsung ke Gili Nangu, ternyata kami salah satu diantara banyak penumpang yang kopernya masih tertinggal di Soeta. 

Alhasil kami tidak bisa jauh-jauh perginya, ittinerary hari pertama di seputaran Sirkuit Mandalika, Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, Bukit Seger, Pantai Seger makan siang di RM KEKER.

Setelah koper kami tiba pukul 14.00 waktu Lombok kami melanjutkan perjalanan explore kota mataram.

Nah explore ke 3 Gili baru di hari ketiga kami di Lombok. Kami menginap di Villa dengan private pool di Pantai Nipah, dimana penginapan kami itu tinggal menyebrang jalan ke Pantai Nipah tempat kapal kami explore ke Gili.

Kami berangkat pagi menggunakan kapal glass bottom dimana ada kaca di tengahnya, tak lupa membawa 5 pasukan selain saya suami dan anak-anak (operator drone, driver,  nakhoda kapal 2 dan guide).

Destinasi pertama adalah Pulau terbesar dengan penduduk terbanyak di antara 3 Gili lain yaitu GILI TRAWANGAN

Memang benar kata teman-teman yang sudah pernah ke Lombok, rugi kalau tidak mampir ke Gili karena pantainya jernihh bening sekali.

Gili Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya diatas permukaan laut cukup signifikan.
                Docpri Gili Trawangan

Sesampai di Gili Trawangan kami santai nongkrong di pinggir pantai sambil menikmati nasi goreng, teh manis hangat dan crepes total habisnya hanya 60 ribu saja.

Anak-anak jangan ditanya langsung menyerbu bermain pasir.
Suasana di Gili pagi-pagi sudah ramai, ada yang persiapan diving, sepedaan, santai berjemur di pinggir pantai sambil sarapan siap-siap ya sejauh mata memandang banyak yang pakai bikini🤔.
        Persewaan sepeda di Gili Trawangan

Gili trawangan ini pulaunya alami, tapi banyak penginapan disini. Tidak ada sepeda motor disini, alat transportasi di Gili Trawangan ini adalah Cidomo (kereta kuda sederhana) dan sepeda. Banyak persewaan sepeda di Gili Trawangan ini.

Kami di tawari sepeda 60rb kalau keliling Gili Trawangan naik Cidomo 150rb, karena masih mager jadi kami tidak berniat keliling.
           Cidomo sedang mengangkut pasir


Rekomendasi dari teman-teman yang sudah pernah ke Lombok, penginapan recomended di Gili Trawangan ini adalah VILLA OMBAK.

Villa Ombak di Gili Trawangan lokasinya langsung di bibir pantai sehingga tidak perlu rempong bawa koper jalan jauh, begitu turun dari kapal langsung penginapan Villa Ombak.

Banyak guest house, penginapan mewah di Gili Trawangan akan tetapi kalau jauh dari dermaga kan rempong ya tambah biaya transportasi berupa Cidomo.

Gili Trawangan ini kami snorkling melihat penyu berenang dan bisa di pegang, jernihhh banget.


     Docpri Freedive di Gili kereen banget bening

GILI AIR

Kami tidak bersandar di Gili Air akan tetapi banyak menghabiskan waktu dengan snorkling. Menurut wikipedia Gili Air  biasa di sebut "Tengaq Aiq" yang berarti di tengah-tengah laut. Mayoritas penduduk asli Gili Air berasal dari suku bugis dan suku sasak yang sebagian besar bermata pencaharian nelayan, guide, dan pedagang.


Di bulan Mey 2022 ketika kami traveling ke Karimunjawa 👈 Guide diving kami memang bilang kalau ingin melihat aneka ragam ikan warna warni unik cantik di luar jawa seperti di Lombok ini memang cakep banget jernihnya kebangetan begitu kami nyemplung ikan warna warni cakep sekali bergerumbul.


GILI MENO

Setelah puas snorkling melihat ikan warna warni kami mampir makan siang di Gili Meno, tepatnya di Ana Warung Bungalows dimana lokasinya depan kapal kami bersandar. 

Ana Warung Bungalows ini bukan hanya restaurant dengan private beach akan tetapi sekalian menyediakan penginapan dengan harga 250rb-400rb saja sudah plus sarapan.

Penginapan di Ana Warung Bungalows Gili Meno

Hanya tersedia 4 unit cottage yaitu Cottage Pandan, Cottage Flamboyan, Cottage Cemara dan Cottage Akasia.

Type kamar dengan AC harga 400rb plus sarapan 2 pax
Type kamar kipas angin 250rb plus sarapan 2 pax

     Ini type kamar kipas angin 250rb + BF
                          Kamar mandinya

          Depan kamar penginapan asri sejuk  suasananya
 Kapal bersandar langsung berhadapan dengan Ana Warung Bungalows, istirahat sekalian bermain pasir atau berbasah-basah di air laut.

Menu di restaurant ini mahal, tapi wajar sih karena lokasinya memang asik, jangan kaget ya disini pengunjungnya mayoritas bule.

Sejauh mata memandang di dominasi turis luar negeri dengan baju berbikini. Di gili trawangan juga samaa begitu turun dari kapal banyak turia berlalu lalang, apalagi spot spot snorkling yang fav pasti banyak kapal yang berhenti.

    Kursi kayu depan kami langsung pantai belakang kami kamar cottage.
      Kursi santai berjejer di pinggir pantai
  Cumi goreng tepung harga 120rb satu piring

Kami pesan cumi goreng tepung untuk ranggi dan nasi goreng seafood  5 pax + coca cola 5 buat nakhoda kapal, driver, operator drone total habisnya hampir 400rban.

Bisa pesan penginapan Ana Warung Bungalows via Booking.com

Bagi tamu bermalam di Gili Meno ini bisa naik kapal umum hanya 20rb, lokasi dermaga tidak jauh dari Ana Warung Bungalows ini.

Setelah makan siang kami melanjutkan snorkling ke tempat fenomenal dimana ada patung patung seni yang berdiri di dalam air. 

Patung bawah laut di Gili Meno ini dibuat oleh seniman bernama Jason deCaires Taylor, letaknya 13 kaki di kedalaman laut.

Patung beberapa pasang cowok yang memeluk cewek dari belakang membentuk lingkaran sambil berdiri, dan ada patung sedang tidur miring membentuk lingkaran juga.

Keren yaaks patung seni ini, saya kita ini hanya ada di Luar negeri soalnya pernah lihat di TV, eeeh ketika ada teman kesana share foto patung bawah air tambah kepo pengen melihatnya langsung.

  Docpri dari hasil drone foto patung dari atas, disini tuh selalu ramai karena memang destinasi fav.

Ketika kami explore ke gili, ombak sedang aktif sehingga membuat saya pribadi mual, apalagi ketika kapal berhenti, buru-buru saya turun ke laut supaya tidak tambah mual karena goyangan ombak. Padahal kami sering trip laut tapi beneran saat itu tidak nyaman, anak-anak juga ikutan lemes kurang bernafsu padahal kereen lho airnya jernih banget.

Eeh disaat saya cerita ke teman-teman ternyata beberapa juga bilang pas kesana sampai mabok karena goyangan ombak.

Sekian ulasan kami tentang 3 Gili di Lombok, jangan kaget banyak bule di Gili  kata anak-anak seperti bukan di Indonesia. 

Nb : 
- Sewa Kapal glass bottom + nakhoda+ guide + pelampung 850.000 (tanpa sewa peralatan snorkling)
- Sewa go pro underwater 100.000
- Sewa mobil avanza + driver + BBM 500rb/hr dg Bp. Eka 0819 0762 6370
- Drone 2 hari 1.5 juta WA 0819 3316 6603

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Destinasi yang kami datangi di Lombok

Posting Komentar

21 Komentar

  1. Seasik itu ternyata main ke tiga Gili, jadi ngerasa rugi pas ke Lombok nggak langsung nyebrang kesana. Next time pokoknya harus kesana bawa uang yang banyak hahaha. Pasti kualitas udaranya juga bagus ya mbak, gak ada kendaraan bermotornya, luar biasa keren. Bayangin liat ikan dan patung, apa ini tanda harus belajar renang haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget kualitas udara di Gili memang bagus, tapi yg ga bagus polusi suara karena hampir tiap hr ada pesta kalau ramai turis, sama polusi mata karena banyak turis berbikini

      Hapus
  2. Terkenal kejerniahannya ya di Gili ini pantainya. Aku jadi terbawa suasana di sana meskipun cuma lihat gambar & cerita aja . Semoga bisa sampai ke sana juag next.
    WAh harga kamarnya murah banget ya mbak, trus mewah juga

    BalasHapus
  3. Saya pernah mabok laut. Rasanya gak enak banget. Makanya suka mikir panjang kalau diajak naik kapal lagi. Tetapi, tetap pengen explore ke 3 destinasi ini. Lautnya terlihat cakep banget

    BalasHapus
  4. Seru banget bisa snorkling dan pegang2 kura2. Gtu ada instruktur yang mengawasi juga kan ya mbak?
    Enak kalau di sana masih jarang kendaraan bermotor, masih enak ya udaranya juga kalau banyak yang pakai sepeda gitu.
    Wah baru tau ada patung di Gili Meno, yang bikin org asing pula hehe, itu keberadaan patung supaya apa tuh kalau gak salah tumbuhan di laut bisa tumbuh dan jd tempat sembunyi ikan jg bukan sih? Jd ini salah satu spot favorit yaa, noted :D TFS

    BalasHapus
  5. Seru!

    Pengen rasain sendiri keseruannya main di 3 Gili ini. Kelihatannya pantainya cukup bersih ya, Mbak. Airnya juga jernih banget. Jadi ekosistem di sana tetap terjaga

    BalasHapus
  6. Waktu ke Gili Trawangan, aku bareng teman blogger mba Tanti. Kami memilih naik sepeda muter-muter di pulau aja. Sengaja gak memilih ke 3 Gili untuk snorkeling karena saat itu panas banget, takut pusing. Emang iya sih di sana pemandangan bule berbikini ngalahin wisatawan lokal ya, hehehee

    BalasHapus
  7. Seru banget ya mbak bisa snorkling, gili trawangan ini juga terkenal keindahan alam bawah lautnya. Aaaa... jadi pengen deh traveling ke Lombok. Cuma baca dan denger cerita dari teman-teman aja udah ngiler deh pengen terbang ke sana. Seandainya ada baling-baling bambunya doraemon

    BalasHapus
  8. walau ada drama koper ketinggalan di soetta, tetap acara jalan-jalannya seru ya mbak.

    Bisa lihat banyak ikan hias yang cantik-cantik banget. Walau sayang ombaknya agak gede jadi bikin perut berontak. Tapi tetap keseruannya bikin mupeng pengen ngerasain juga

    BalasHapus
  9. Masya Allah..senangnya yang eksplor tiga gili. Saya jadi kangen juga ke sana, terakhir kapan ya itu ke sana..ya ampun..dari sebelum pandemi cobaaaa.. Hahahah.. Pas masih sepi kemarin sempat pengen ke sana, tapi belum jadi juga..sekarang udah ramai kabarnya..

    BalasHapus
  10. Jadi kangen deh ke Gili Trawangan, dulu masih berdua doang sama suami. Emang katanya pemandu kami kalau Gili Air yang paling bagus, bersih, dan enak banget snorkeling. Tapi dulu ngga sempet ke Gili Meno, duh jadi penasaran kan kalau baca tulisan mba Yeni.

    BalasHapus
  11. Jernihnyaaaaa....makin ke timur, laut indonesia memang makin cakep yaaa... puassss main di laut. Banyak orang luar negeri uda pada ke situ, eh aku malah belom hahahah.. mudah2an segera yak..

    BalasHapus
  12. MashAllah~
    Nyaris 10 tahun aku gak ke Lombok dan terakhir hanya 2 gili yang berhasil aku kunjungi. Gak banyak berubah dari pemandangan foto kak Gusti..

    Rindu main air dan berkano ria di pantainya yang tenang.
    Hehhe, soalnya aku gak bisa diving. Apa aman yaa.. kalo gak jago renang? Nanti kelelep...gak?

    BalasHapus
  13. Membaca postingan dan cerita teman-teman yang berlibur ke Lombok, rasa rindu tak terkira untuk merasakan lagi udara pantai.

    BalasHapus
  14. Saya penasaran Gili ini artinya apa ya, mbak kalau dalam bahasa Lombok? Soalnya ada 3 Gili gitu. Saya belum pernah euy ke lombok penasaran banget sama keindahannya

    BalasHapus
  15. Seru juga nih pengalaman explore Lomboknya mba. Seneng deh ikutan baca rangkaian cerita perjalanan Mba Yeni barengan dengan keluarga.

    BalasHapus
  16. Senangnya ya, di GILI TRAWANGAN, melihat dari foto saja senang karena kejernihannya, apalagi melihatnya langsung.

    BalasHapus
  17. Wah seru banget ya mbak, belum lengkap rasanya kalo liburan ke Lombok kalo ga ke Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Mantabbbb 👍

    BalasHapus
  18. Ke Lombok ngga mampir ke Gili Terawangan, Gili Meno, Gili Air itu rasanya ada yang kurang.
    Air di Gili Meno sama Gili Air ini masih nampak bersih, warnanya biru mungkin karena dalam ya mba.
    Di sekitaran Gili Meno ada yang jual makanan atau toko gitu ngga mba?
    Penasaran kalo malam susasananya gimana

    BalasHapus
  19. Rupanya Daerah Gili itu ada 3 ya, dan semua pemandangannya itu cantik2 banget, sampe bingung mau bedain yang mana haha, mungkin harus liburan ke sana nih

    BalasHapus
  20. GILI TRAWANGAN salah satu destinasi wisata yang ingin aku kunjungi mba.
    Seneng banget kalau melihat foto2 atau video tentang Gili Trawangan. Semoga suatu saat bisa kesana juga

    BalasHapus