Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile, Lombok Utara, Menikmati Indahnya Air Terjun dari sisi atas

Docpri juli 2022 Air Terjun Tiu Kelep hasil dari drone kami


Pagiii sobatku semuaaa 🤩🤩🤩....
Semoga hari ini selalu diberi kesehatan dan keberkahan dalam hidup...

Ulasan tentang Gusti Yeni Famtrip Explore Lombok lanjut yaa jadi kami di  Lombok selama 5 hari 4 malam mulai tanggal 30 Juni - 4 Juli 2022. 

Lombok itu kekayaan alamnya cantik selain pantai dengan aneka biota laut warna warni, kita juga bisa menikmati beberapa air terjun, bukit dan yang lebih ekstrem lagi kalau kuat sekalian naik ke Gunung Rinjani yang terkenal dengan Segoro Anakan.

Kami belum sanggup naik ke Gunung Rinjani meskipun pengen, kami baru sampai di jalur pendakian Gunung Rinjani lewat Desa Senaru yang dinamakan "Jalur Geowisata Jejak Gunung Api termuda Rinjani".

Hari sebelumnya kami Explore 3 Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air), Trekking ke Air Terjun KERTAGANGGA yang menantang  nah kali ini kami santai menikmati Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile dari atas.

Destinasi ini memang saran driver kami Pak Sude mengingat hari sebelumnya sudah banyak aktifitas fisik yang kami lakukan.

Perjalanan dimulai dari penginapan kami yang kedua di daerah Pantai Sire Anema Wellness Resort  sekalian cek out menuju ke Desa Senaru. Perjalanan kurang lebih 1.5 jam dengan jarak sekitar 60 km, perjalanan yang kami lalui berkelok-kelok karena mulai masuk daerah pegunungan. 

Baca juga ya

Setelah sampai di Desa Senaru, kami melewati post kalau mau trekking menuju Air Terjun Tiu Kelep karena kami mau melihat dari atas sehingga jalur yang kami lalui naik melewati Rumah Tradisional Masyarakat Senaru dan lebih mendekati titik pendakian Gunung rinjani, Alhamdulillah mobil masih aman naik ke atas.

"Air Terjun Tiu Kelep berada di kawasan hutan yang merupakan bagian dari daerah resapan dan bebatuan yang sangat baik dalam menyimpan air menjadikan batuan gunung di daerah ini menjadi air terjun yang indah bila terkena patahan geologi. Tiu Kelep selain menampakkan air terjun permukaan pada gawir breksi dan lava, juga memiliki sumber air dari celah celah batuan (air tanah). Air terjun ini berada di 600 meter ke arah hulu Sindang Gile dan dapat di tempuh dalam 30 menit berjalan kaki.

Situs Geopark Tiu Kelep
Desa Senaru Lombok Utara

Menurut wikipedia Tiu Kelep ini dari bahasa Sasak yang berarti Tiu itu Kolam renang sedangkan Kelep artinya Terbang. Berarti kolam renang yang seolah -olah terbang alias kolam renang yang berada di ketinggian karena lokasinya di kaki gunung rinjani.

Kalau di lihat video drone Air Terjun ini keren banget tumpahan airnya bak tirai putih yang berada di balik pepohonan.

Air terjun Tiu Kelep memiliki tinggi 42 meter yang bertingkat-tingkat di kaki gunung rinjani. 

Terjadinya Gempa di Lombok 2019

Gempa 5,8 SR yang terjadi di Lombok pada 17 Maret tahun 2019 mengakibatkan  40 turis yang terjebak di Air Terjun Tiu Kelep.  Kebetulan driver kami berada di lokasi kejadian mengantar tamu wisatawan juga. Gempa tersebut menyebabkan batu besar longsor menimpa turis, karena  peralatan untuk memindahkan batu datang terlambat baru keesokan harinya akhirnya 2 turis luar negeri tersebut meninggal dunia. Batu besar yang menimpa turis tersebut susah di pindahkan dengan tenaga manusia.

Tidak jauh dari Air Terjun Tiu Kelep juga ada Air Terjun namanya Sendang Gile, dimana di bawahnya terdapat kolam renang untuk berenang. Sendang Gile saat ini kondisinya tidak seperti sebelum gempa, semenjak gempa kolam untuk berenang sebagian rusak.

Meskipun sebagian rusak karena gempa akan tetapi Air Terjun Tiu Kelep dan Sindang Gile masih oke untuk di kunjungi.

Melihat Air Terjun Tiu Kelep dari ketinggian

Tak terasa perjalanan 1.5 jam sembari ditinggal tidur sampai juga di lokasi, terdapat splang tulisan Coffee Garden dan satu lagi Air Terjun Tiu Kelep,  jalanan yang kami lalui setelah Rumah asli Desa Senaru bukan aspal tapi tanah, sebelah kiri jalan disediakan jalur pendakian Gunung Rinjani, tempatnya tidak besar, mobil kami parkir di bawah pohon coklat.

Tempatnya sejukk rindang banyak pohon coklat dan kopi, jadi di sini digunakan untuk penelitian kopi oleh Universitas Mataram (Coffee Plantation of University Mataram). Tidak jauh dari area parkir terdapat saung kecil kami diminta mengisi buku tamu dan tiket masuk sukarela sekalian parkir mobil.

Memasuki area tanaman kopi sekitar 100 meter terdapat warung tradisional dari bambu berjualan kopi, pop mie dan cemilan nah tidak jauh dari warung tersebut kita sudah bisa melihat Air Terjun Tiu Kelep dari atas wowww kereeen mana sepiii jadi puasss deh kami foto dan video.

Untuk menikmati air terjun disediakan tempat duduk dan spot foto yang sudah di beri pagar pembatas supaya tidak jatuh ke bawah jurang.

Kami menikmati angin sepoi-sepoi disini maklum ya teman-teman selama 3 hari di Lombok kami merasakan panasnya pantai, nah baru hari ke-4 kami menikmati udara pegunungan. Tak lupa anak-anak mengambil buah coklat karena penasaran dengan isi dari buah coklat.
Setelah dari sini kami turun nah lanjut kami menikmati Air Terjun Sindang Gile dari salah satu restaurant yang memiliki view air terjun Sindang Gile bernama PONDOK SENARU COTTAGE.

Rumah Makan Pondok Senaru
Berada di Jl Pariwisata Senaru Bayan.

Pondok Senaru ini satu-satunya tempat makan yang jelas kelihatan  pemandangan Air Terjun Sindang Gile. Model tempat makannya saung outdoor terdiri dari 3 sisi, sisi pertama pada awal masuk meja kursi berada satu lokasi dengan kasir, sisi kedua sebelah kanan dekat dengan pemandangan air terjun Sindang Gile, sisi yang ketiga sebelah kiri nya sisi kedua. 


            Area depan Pondok Senaru 
 Bagian sisi 1, sisi kedua dan ketiga kelihatan di foto bagian belakang

Selain rumah makan juga terdapat penginapan di Pondok Senaru Cottage, bisa booking penginapannya melalui Agoda.

       Spot yang disediakan di Pondok Senaru
Kami makan siang di sini, nah disini itu driver dan operator drone kami FREE diberi makan siang plus minum. Saya baru tahu ketika membayar di kasir kok tagihan untuk Pak Driver dan Pak Drone tidak ada eeh ternyata GRATIS.

Menu yang di tawarkan disini lumayan banyak, kami memesan Mie Rebus, tempe goreng, Fuyunghai dan minuman hangat-hangat cocok buat udara sejuk segar.

                      Tempe mendoang
                       Mie Rebus plus telur

Harga masih worth it lah total yang kami bayar tidak sampai 150rb.

Menuju Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile melewati jalur trekking

Bagaimana caranya kalau teman-teman ingin trekking mendekati air terjun?

Nah siapkan stamina pastinya, outfit yang mendukung apalagi sepatu dan sandal untuk medan licin berbatu.  Trekking menuju air terjun sekitar  sekitar 35 - 45 menit dari gerbang sampai lokasi air terjun tiu kelep, tergantung lama tidaknya kita berjalan.

Jalur yang dilewati ada yang sudah bagus ada yg rusak karena gempa 2019.

Tiket masuk sekitar Rp. 10.000 (sendang gile & tiu kelep)
Guide sukarela tergantung nego

Destinasi Wisata yang bisa di kunjungi di Desa Senaru

Desa Senaru ini terkenal dengan beberapa Masjid Kuno karena disini penyebaran Islam pertama di lakukan. Selain masjid kuno ajaran islam yang mereka pahami adalah "WETU TELU" (Syahadat, Solat, Puasa) pola pemuka agama dulu dalam mengenalkan Islam ke penduduk yang masih awam. Masyarakat di sana masih menghormati leluhur terdahulu apalagi pemuka agama itulah kenapa ada Upacara Alip di Masjid Kuno Bayan setiap 8th untuk menghormati pemuka agama yang di makamkan di daerah Masjid kuno Bayan sekalian mengganti dinding dan atap masjid.


Wilayah Desa Senaru Bayan ini selain jalur untuk naik ke Gunung Rinjani, ada banyak destinasi wisata yang dikunjungi antara lain : 

 1. Air Terjun Tiu Kelep

                   docpri dari drone

2. Air Terjun Sendang Gile,

                       docpri dari hp

Masjid pertama di Lombok yang masih dilestarikan.

5. Masjid kuno barung birak
Berlokasi di Dusun Barung Birak Desa Sambik Elen kec Bayan Lombok Utara.
                    sumber facebook

6. Masjid kuno dan Bale adat semokan

7. Masjid kuno dan masyarakat adat gumantar
                           sumber google
8. Gunung Rinjani
Gunung yang cantik dan terkenal dengan Segoro Anakan

  Map post pendakian Gunung Rinjani

Dan masih banyak lagi air terjun alami yang belum banyak di ketahui orang lain.

Setelah meng-eksplor beberapa tempat di daerah Senaru ini kami melanjutkan perjalanan ke Sembalun. Nantikan kisahnya di tulisan berikutnya yaa...

See you Wassalamualaikum.

Ulasan kami yang berkaitan dengan Lombok

Posting Komentar

30 Komentar

  1. Selama ini wisata ke lombon itu identik dengan Gili (pantai) Ternyata ada air terjun juga, dan asyiknya lagi di tengah perkebunan coklat dan kopi.

    Setahu saya beberapa rumah makan emang biasanya kerjasama dengan travel, jadi kalau mereka bawa penumpang, ada area makan khusus buat para sopir dan gratis

    BalasHapus
  2. Asyiknya pergi ke air terjun. Waktu aku pergi ke Lombok, cuma ke pantai-pantainya saja, Gili Trawangan dan desa wisata. Jadi pengin liburan ke Lombok lagi dan mengunjungi tempat2 wisata lainnya seperti air terjun Tiu Kelep ini.

    BalasHapus
  3. Wah serunya bisa ke air terjun yang ada di Lombok. Aku belum pernah ke lombok. Tapi pas mba cerita kejadian gempa di lombok yang bkin turis ada yang meninggal di skitar air terjun itu ngeri juga ya. Karena longsor ya. Ngomong ngomong anak anaknya mba hebat, pada kuat ya perjalanan jauh dan ke atas gitu ya

    BalasHapus
  4. Wah seru sekali main ke air terjun Tiu Kelep di Lombok, biasanya ke Lombok cuma main di pantai aja nih. Itu fotonya kalo diambil pake drone emang jadi lebih paripurna keindahannya yaaah, kereeen banget! Pastinya kalo aku betah dan enggan pulang deh hehe

    BalasHapus
  5. Suamiku pernah cerita tentang keindahan Lombok, bikin aku jadi pengen kesana juga. Apalagi kalau bisa eksplorasi ke tempat2 indah yang belum banyak terjamah ya, seru bangeet. Nunggu anak-anak lebih besar lagi, boleh nih berpetualang ke Lombok sekeluarga, Amiiiiin

    BalasHapus
  6. Fotonya cakep-cakep apalagi modelnya..:)
    Serius kebayang turis yang terjebak saat Gempa Lombok sampai meninggal 2...hiks
    Btw, air terjun tiu kelep pas banget dikunjungi setelah eksplor pantai-pantai. Pas makan mie rebus dengan view itu juga, wah..adem pasti jiwa raga.
    Btw, sopir wisata/guide bahkan sopir bus antar kota kalau singgah di rumah makan dan bawa penumpang makan, memang dapat makan gratis dari rumah makannya. Sudah masuk hitungan mereka bawa tamu ke situ.

    BalasHapus
  7. MasyaAllah. Semakin pengen deh saya ke Lombok. Gak harus ke Rinjani pun, banyak sekali destinasi yang bagus. Komplit juga ya di sana, Ada wisata pantai dan gunung

    BalasHapus
  8. Seru banget Mba bisa famtrip ke tempat yang asri, melihat air terjun Tiu Kelep. Pengen deh berkunjung ke Lombok suatu hari nanti. Engga cuman pantainya yang cantik tapi ternyata banyak obyek wisata Alan lainnya yang keren

    BalasHapus
  9. Waktu aku ke Lombok beberapa tahun lalu, aku ga sempat main ke air terjun, mbak. Paling ke Pantai Senggigi... Kapan2 kalau durasi liburannya lebih panjang, aku dan kelaurga mau banget eksplorasi wisata air terjun 😍

    BalasHapus
  10. Lombok punya segudang tempat wisata ya mbak
    Air terjunnya cantik
    Keindahan air terjun bisa dilihat dari atas
    Total banget mbak Yeni, sampai bawa drone
    Kece

    BalasHapus
  11. Famtrip nya aja udah menyenangkan ya, eh masih ditambah dengan menyambangi air terjun menakjubkan yang berada di kaki gunung Rinjani, desa Senaru, Lombok

    Kebayang air terjunnya ini suasana hutan yang asri, udara yang segar dan pemandangan eksotis...

    BalasHapus
  12. Jadi kangen nengokin air terjun deh. Somehow sensasinya beda ya mbak karena air twrjun tu biasanya ngumpet lokasinya jd butuh effort tapi sepadan bgt sama usahanya jd pengen ke Lombok lagi

    BalasHapus
  13. Wah enak banget nih mbak Yenni travelling terus. Mumpung ada kesempatan ya mbak. Menikmati air terjun walaupun dari kejauhan pastinya menyenangkan. Rumah tradisional di desa Senaru masih terjaga ya mbak keasliannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess bun masih terjaga keasliannyaa...Alhamdulillah mumpung msh ada kesempatan dan waktunya pas.

      Hapus
  14. Wah lombok ada air terjunnya juga. Kali pantai terus macam Bali. cantik-cantik banget kalau lihat dari foto. Kapan ya kesana?

    BalasHapus
  15. Seru bisa jelajah lereng pegunungan, akutu aslinya pengen ke Sembalun atau Senaru. Karena ngelihat para pendaki yang naik ke Rinjani kelihatan cakep pemandangannya. Kemarin waktu ke Lombok hanya eksplor kawasan pantai dan desa adat.

    Oia Mba, aku penasaran mengapa tidak semua orang boleh shalat di masjid itu? Apa takut bangunan nya roboh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Roboh sih gak ya bun, tepatnya kurang tau saya, katanya biar lebih terjaga keaslian dan kebersihannya.

      Hapus
  16. Kepinginjuga explore Lombok mba... Air Terjun Tiu Kelep biarpun Ada di hutan indah Juga ya... Baru Aku denger ini namanya mba...

    Tapi sayang banget klo masjidnya gàk maksimal y digunakannya

    BalasHapus
  17. View-nya benar2 memanjakan mata ya. Trekkingnya juga pasti lumayan nih. Musti latihan jalan dulu sebelum ke sini. Lombok yang biasanya terkenal dengan destinasi pantai, kali ini menggoda dengan alam pegunungannya.

    BalasHapus
  18. Wah, gak kebayang via jalur trekking ini...lelahnya kak Gusti.
    Hhehhe..salah satu kenapa takjub dengan pemandangan air terjun karena lokasinya yang gak pernah mudah untuk dijangkau yaa..

    Kak Gusti dan keluarga always keren banget stamina dan kerjasamanya.

    BalasHapus
  19. Sudah sering diajak kakak ipar ke sini tetapi saya masih maju mundur
    Lha kok sekarang punya bayi lagi jadinya saya makin penasaran mau nikmati alam Lombok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayinya di ajak mbakuu, seruu kok kan duduk manis aja sewa mobil.sepaket

      Hapus
  20. Eyaampun mbak, cakep banget air terjunnya. Belom pernah deh aku ngelihat air terjun yang menakjubkan begini. Mupeeeng kepengen ke sana juga 😍

    BalasHapus
  21. Aahh Lombok, salah sqtu wishlist aku yang belum kesampaian nih mbak. Seru banget family tripnya. Bener2 indah ya oemandangan disana. Pengen nyobain sholat di masjid pertama yang dibangun di Lombok eui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa buat solat orang biasa mbaak bolehnya imam atau ulama aja itupun cuma pas Hari Raya dan Maulid saja

      Hapus
  22. Wow lengkap banget mbak trip nya. Aku baru tahu ada situs geopark dan air terjun di Lombok. Kukira ya pantai2 aja kan ya. Apalagi ada rumah adat nya juga. Untuk harga tiket 10 ribu Murmer. Harga makanan Mayan ya menu mi, fyunghai dan minuman nyaris 150 rb

    BalasHapus
  23. Selalu suka baca artikelnya mbak gusti yang super duper rinci dan detail banget. Yang aku tau cuma pantai aja ternyata ada air terjun juga ya di lombok . Foto-fotonya juga kece parah sampai pakek drone terniat banget deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak Eni emang keren banget aku masih ga bisa move on dr keindahan Lombok

      Hapus
  24. MasyaAllah indahnya ya mba. Perjuangan banget buat sampe sini pastinya. Di kotaku juga ada air terjun legend mba. Namanya curug sewu, main ke sini mbaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah curug sewu di kendal.ya bun? Kemarin kami ke kendal di air panas alami nglingut.

      Hapus