Tips Mengatur Bawaan di saat Roadtrip dengan Waktu Lama dan Berpindah pindah Tempat

Assalamaualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh hai temanku semuaa ketemu lagi di GustiYeniFamtrip.

Kali ini sesuai request beberapa teman tentang cara pengaturan bawaan kami selama roadtrip sebulan ini. 

Sebelumnya saya pernah ulas Persiapan Traveling Di Masa Pandemi yang pernah gustiyenifamtrip lajukan, tapi kalau roadtrip sebulan ini tidak semua saya ikuti seperti bawa majicjar di roadtrip ini kami tidak bawa, biasa suka jastip kali ini saya juga tidak jastipan krn pengen menikmati liburan saja.

Tepat 21 Maret 2022 kami sudah bepergian selama 1 bulan 2 hari dan saat ini kami berada di Semarang.
Pastinya berbeda yaa antara membawa mobil sendiri dan menggunakan moda transportasi umum. Mobil sendiri bebas masuk-masukin barang sesuka hati nah kalau moda transportasi umum harus di perhatikan berat bawaan kan.

Kali ini saya fokus dulu ya untuk bawaan roadtrip kami selama sebulan. 

1. Tas Laptop
Berisi 3 Laptop milik suami, dan anak-anak komplit dengan charger. Ketika di Hotel tas ini wajib di bawa plus perlengkapan solat di tas ini.

2. Tas Waterproof Berisi Baju Renang
Tas dapat dari goodybag ulang tahun teman Ranggi bermanfaat juga, berbentuk kotak dan bisa untuk tempat baju basah.
Masing-masing dari kami memiliki baju renang 2 stel semua masuk di tas ini, kalau habis dipakai biasanya tas ini untuk baju yang basah dan baju kering di masukkan plastik di simpan di masukkan di tas yang sama supaya tidak pusing cari-cari.
gabungan yg basah di plastik yg kering di luar plastik tapi tetap masih 1 tas.
Kalau anak2 mau berenang atau snorkling atau diving baru tas ini di bawa serta.

3. Tas Berisi komplit peralatan Snorkling (sepatu pantai, alat snorkling, pelampung anak-anak, Tempat Hp Tahan Air)
Simpel langsung angkut, selesai bepergian saya cuci bersih, keringkan dan masukkan tas kembali sehingga suatu saat kami mau pergi tinggal angkut saja. Ketika snorkling simpel langsung angkut habis snorkling kondisi masih basah langsung masuk2 tas nanti di bersihkan di hotel.

4. Tas Gunung berisi baju dingin komplit (Longjohn, kufluk, kaos kaki, sarung tangan, jaket, Jas Hujan, Sleeping Bag)

Memudahkan kami ketika akan melakukan trip ke Bromo dan Kawah Ijen langsung ambil tas gunung. Semua perlengkapan di pakai tasnya bisa di bawa untuk diisi minuman, cemilan dan jas hujan kecil.

Sleepingbag kami bawa ternyata terpakai ketika di Penginapan Sukapura Bromo suhunya dingin sekali pada pakai sleepingbag pas tidur.
5. Tongkat Trekking 
6. Aneka Sepatu
Aneka sandal dan sepatu saya tata di bawah jok mobil. Kami bawa banyak karena medan yang kami jalani berbeda-beda sehingga buat jaga-jaga saja.
Punya emak, punya anak suami di bawah kursi satunya😁

7. Tas Khusus Baju Seragam
Karena pergi masih dalam kondisi sekolah online seragam wajib di bawa yaks. Saya jadikan satu tas perlunya tiap pindah hotel tinggal ambil saja tas seragam sekolah. Selesai sekolah seragam lipet masuk tas kembali toh gak kotor kena keringat kan jadi tidak perlu di cuci habis pakai.
8. Tas Khusus Buku Sekolah
9. Tas Camera
10. Tas berisi baju 4 Orang ketika menginap di Hotel
Perlunya tas khusus supaya tidak repot menurunkan semua bawaan di mobil. Apalagi kami pindah-pindah penginapan. 
Tas ini sebelumnya saya siapkan untuk penginapan yang akan di tuju, misalkan menginap di Hotel A selama 2 hari saya siapkan baju tidur dan baju harian selama 2 hari di satu tas tinggal angkat saja. 

Baju tidur bisa di pakai berulang kali karena cuma di pakai ketika tidur malam, paginya sudah mandi ganti bajukan.

Baju kotor saya siapkan plastik atau tas sendiri dijadikan satu, nanti ketika isi tas sudah habis bajunya tinggal bawa ke mobil ambil baju yang bersih lagi di salah satu tas di mobil.
Kalau cuma menginap semalam cukup tas jinjing ini bawa baju seperlunya.
kalau beberapa malam menginap di hotel yg sama bawa tas lebih besar isinya baju secukupnya untuk 4 orang.

11. Tas aneka baju yang di bawa
Kami membawa banyak baju supaya cukup saja toh bawa mobil. Saya sudah siapkan satu paket berisi baju kami berempat, saya tidak memisahkan disetiap tas baju masing-masing anggota keluarga karena malah jadi ribet bawaan banyak. Untuk kerudung saya dan anak saya pisahkan juga, kadang di satu set baju sudah include kerudung baju dan baju dalaman.

Tepat hari ini 21 Maret 2022 sebulan 2 hari kami menggunakan Jasa Laundry kiloan 3x antara lain
- Minggu pertama di Salatiga habisnya Rp. 39.000 
- Minggu kedua ketika di Banyuwangi Rp. 42.000
- Minggu ketiga di Malang habisnya Rp. 39.000
Minggu keempat mampir solo cuci sendiri.
12. Tas baju kotor
Tas jinjing ini atau tas plastik atau laundrybag hotel yang dipakai.

13. Tas Sikat, Sabun Mandi, Shampoo dan Dompet Skincare
Contoh bawaan kami ketika semalam saja menginap di hotel, tas hitam berisi tas sabun sikat gigi, roti dan baju kotor, tas biru berisi baju renang basah kering di pisahkan dg plastik, plus tas seragam kebetulan di kamar anak2.

PENATAAN DI MOBIL X PANDER
1. Area doortrim terisi minuman dan payung lipat
2. Area dashboard terisi buku service mobil, Dompet P3K dan masker
3. Tempat diantara sopir dan penumpang depan terdapat kotak buat tempat tas aneka charger
4. Di bawah kursi kami letakkan aneka sepatu dan sandal
5. Trekking pole di letakkan di bawah kursi penumpang belakang
6. Aneka tas di bagasi belakang
7. Tas cemilan di bawah kursi tengah
8. Kursi tengah dan belakang buat anak-anak tidur tersedia bantal guling masing2 satu.
Kursi belakang, tas orange adalah tas baju untuk menginap di Hotel.
Kursi tengah.

PENGATURAN ITTINERARY 
Kami jalannya santai dengan waktu fleksibel, booking hotelpun ada yg mendadak seperti saat ini di Semarang booking mendadak di saat Toll dari Solo padat cenderung macet kami putuskan menginap di Semarang.

Karena di saat hari biasa anak-anak sekolah online dari jam 7.20 - 12.00 kami tidak kemana-mana, suami WFH jam 08.00 - 17.00 mengikuti waktu anak-anak setelah jam 12 baru keluar hotel explore suatu kota.
Jadi yang mendominasi menjadi Sopir adalah saya. Disaat explore suatu kota sambil suami WFh by HP dan earphone (suami kerja di bidang IT), disaat urgen harus buka laptop atau meeting penting biasanya suami cari tempat istirahat atau staycation di Hotel dengan fasilitas area bermain seperti ketika kami di Malang 3 hari 2 malam sengaja mencari hotel unik komplit dengan fasilitas bermain sehingga.suami fokus kerja saya dan anak2 main tidak perlu keluar hotel.
sarapan sambil wfh dan daring pake hp.

Adakah kejadian yang berhubungan dengan sekolah anak2?
Adaa, 2 minggu lalu si kakak di bagi seragam buat acara sekolah online dan harus dipakai. Alhamdulillah berkat ekspedisi Paxel saya order kurir diambil di sekolah langsung kirim hotel di Banyuwangi.
Setelah kejadian si kakak giliran adik harus mengambil buku modul buat ujian tengah semester tgl 14-17 maret 2022 dengan cara yang sama pesen paxel kirim ke kota Solo.

Ketika roadtrip si kakak lomba online Bahasa Inggris dan Drama Alhamdulillah yang bahasa inggris masuk nominasi Gold dan 100 besar dari 4000an peserta.
Pernah dunk si kakak nangis pas di Banyuwangi karena tugas dia banyak banget bersamaan, sampai bilang gamau roastrip lagi... Sebagai orang tua kami bilang ini sebagai proses pembelajaran kakak dalam mengerjakan tugas besok pas kuliah pas kerja tugas banyaak due date pendek, kami mencontohkan ayahnya juga kerjaan banyak ketika roadtrip kemarin tapi pelan2 kerjakan satu2. Alhamdulillah akhirnya tugas kakak kelar semuaa dikerjakan sendiri kami tidak pergi kemana mana hari itu.

"Bagaimanapun ini bakal menjadi cerita kelak, 2 tahun lebih pandemi kami banyak explore Indonesia hampir tiap bulan, bisa jadi bulan depan semua sudah kembali normal dan menjalani rutinitas seperti biasa, kalaupun traveling harus ambil cuti dan pas libur sekolah".

Sekian dulu semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh.

Adapun ittinerary dan link kami sebagai berikut :
9. Explore solo Yogya



Posting Komentar

41 Komentar

  1. wah rapi banget organisasi bawaanya, jadi kalau nginap hotel juga nggak semua barang bawaan diturunkan, pakaian seperlunya aja sesuai jumlah hari menginap di hotel.

    BalasHapus
  2. Enak ya mba klo dua2 nya bisa stir, trus bawa mobil pribadi gini..bisa gantian. Aku pernah kursus stir, niatnya biar bisa gantiin klo suami capek...tapi ga dipercaya. Klo aku yang megang, suamiku yang panik
    ..
    Masih sedih juga klo pergi2..anakku maemnya susah. Makanya masih nggak bisa bayangin klo harus di luar rumah sebulan lebih.. paling sbtu/Minggu doang klo jalan2😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. anakku juga susah makan mba meski dirumah jg sama tiap anak request makan beda kalau pas traveling samaa pilihan mereka beda2 kadang kami ke 3 tmp berbeda untuk beli makanan yg mereka mau tp enjoy skalian kuliner

      Hapus
  3. wah manteb banget mbaak, road trip selama sebulan. Ternyata masih pada sekolah online dan kerja online. Salut banget sama pengaturan waktunya deh

    Dan packing bawaannya lumayan juga yaaah

    BalasHapus
  4. Memang urusan mengatur tas, baju dan barang2 ini challenging banget
    Apalagi kalo road trip sekeluarga dalam durasi cukup lama.
    Udah kayak pindahan rumah ya mba wkwkwkwk

    BalasHapus
  5. Ternyata udah sebulan lebih, aku ngikutin ceritanya selama ini.
    Mantap nih road tripnya, apalagi bawa anak-anak dan masih mesti sekolah daring. Memang ide road trip ini paling cocok selama pandemi karena kerja juga secara daring. Keren juga oraganizer barang-barangnya, aku malah gak kepikiran packing baju untuk dibawa ke hotel dikemas per malam. Bener sih jadi bawa tas baju nya semua diturunkan. TIps nya bisa dicoba nanti kalo bisa road trip lagi. makasih yaa.

    Aku road trip terlama baru seminggu dari Semarang ke Pekanbaru. Mupeng sebenarnya trip lagi tapi sayangnya yang jadi driver cuam paksuami karena si bungsu udah mulai kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasihh mbaak hidayah mengikuti perjalanan kami

      Hapus
  6. Di tengah kerempongan ngatur bawaan yang udah macam pindahan gini, road tripnya seru banget. Impian banget nih nanti bisa road trip bareng keluarga. Penting memang nih punya pasangan yang sama-sama suka traveling. Baru mau nanya gimana nyuci bajunya, ternyata laundry di tiap daerah jalan ninjanya ya hihi.

    BalasHapus
  7. Wah, terniat ya ini

    Jadi barang dipisah sesuai keperluan dan kebutuhan. Catet deh. Aku belum pernah roadtrip soalnya. Yakin kaya gini bakal berguna. Btw, bantal guling tetap gak boleh ketinggalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat tidur anak2 mba di mobil selama perjalanan jauh

      Hapus
  8. Wow...rapi sekali mom yang satu ini.Benar-benar sudah terorganisir dengan baik ya mom. Semua di tata dengan apik. Btw ini semua di catat atau hapal luar kepala mom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hapal mbaa kan tasnya beda2 tas sragam khusus tas baju2 dingin jarang diturunin kecuali di 2 tmp kmrn bromo sama kawah ijen doang

      Hapus
  9. Berarti harus ada daftar trip dan tempat spesial untuk organize sesuai dengan jenis dan keperluannya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak detil sih mbaa cuma gambaran aja selain di gunung sm pantai berarti baju2 santai biasa

      Hapus
  10. Kalau rapi gini enak ya pas butuh barang gak lupa nyimpen karena terorganize dengan rapi dan baik gini.

    BalasHapus
  11. Mantap banget nih share pengalamannya sangat bermanfaat. Terimakasih tips nya. Buat jiwa jiwa traveler harus nyimpan catatan ini banget nih

    BalasHapus
  12. Mba, kalau jalan ama keluarga emang sebaiknya banyak yang harus kita siapkan dan kita harus cek. Tapi aku biasanya sejak awal atur ama anak anak dan suami barang yang akan dibawa

    BalasHapus
  13. Asik banget dengan persiapan travelingnya, sampai bawaaannya pun diperhitungkan lengkap banget. dan selalu seneng kalo roadtrip gini bisa menyesuaikan dengan sekolah daring dan wfh. Jadi nyaman bisa belajar, kerja sambil piknik bareng keluarga.

    BalasHapus
  14. Seru banget ya kalau roadtrip untuk waktu yang cukup lama dan memang harus pintar-pintar packing nih. Sejauh ini aku roadtrip baru 2 kota saja belum bisa yang sering pindah-pindah gitu. Tpai boleh juga nih dicoba suata saat nanti.

    BalasHapus
  15. Keren ya, masa pandemi masih bisa traveling kemana mana dan tetap konsisten dengan belajarnya anak anak.. btw itu tas ada berapa piece?

    BalasHapus
  16. Mantaaap jiwaa. Sebagai sesama suka traveling saya belum berani roadtrip sebulan giini. Waah seru bangeet ya. Kalau ayahnya kalau dah depan laptop gak bs diganggu dan wfh nya pasti sampai malam. Malah nanti gak bisa nikmatin liburan, karena liburan sambil kerja.

    Trus alasan kedua budget. Huhu....pasti budgetnya besar banget. Saya bayanginnya kan hampir tiap hari ganti ganti hotel kecuali pas pindah kota. Dan makan sehari 3 kali kalau gak di hotel ya diluar. Pasti budgetnya besar bangeet.

    Tapi keren banget mbak penataan barang bawaannya. Secara sebulan gitu loh. Saya gak bayangin....salut mbaak...

    BalasHapus
  17. impian saya banget kak suatu hari nanti bisa roadtrip lintas negara niy sama pasangan, hua seru banget bacainnya, kebayang ya ribetnya kayak apa ngurus semuanya tapi pasti fun banget niy kak jalaninnya

    BalasHapus
  18. MasyaAllah, mantap banget mbak, bisa rapi mengatur persiapan, dari bawaan sampai kerjaan dan sekolah anak anak, jadi ini sih memang roadtrip yang diatur banget ya dan bisa jadi pembelajaran juga bagi anak anak. Salut mbak

    BalasHapus
  19. Ketahanan dan komunikasi yang baik antara anak dan orangtua bener-bener diuji ketika masa travelling begini yaa, kak Gusti.
    Alhamdulillah anak-anak paham dan bisa mengikuti sekolah online dengan gembira lagi. Meski ya itu, konsekuensi mengerjakan tugasnya gak boleh ditunda-tunda. Huhu...

    Sehat-sehat selalu kak Gusti dan keluarga.

    BalasHapus
  20. Wow salut aku mbak. Aku paling banter ya 1 kota sekali jalan sama anak2. Di 1 kota bisa eksplor 3-5 hari 🤣 jadi tahu gimana bawaan kalau roadtrip

    BalasHapus
  21. Kalau bawa kendaraan pribadi entah kenapa bawaan kita itu banyak yaaa. Sedangkan klau naik kendaraan umum, bisa diringkas. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. betull maakkk 😀😀 aq eropa 11 hari sekeluarga cm bw 1 koper 1 ransel bisaa lhoo isinya ada majicjar traveling juga

      Hapus
  22. Wah tipe packing yang menarik dan layak dicoba nih. Selama ini aku ngaturnya biasanya untuk pakaian per hari, Yang seperti ini bisa dicoba sepertinya.

    BalasHapus
  23. Waaa asik banget bisa roadtrip selama satu bulan bareng keluarga. Mantabs banget dech tipsnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  24. Travelling bersama keluarga dalam waktu cukup lama ini luar biasa mb. Apalagi lihat bawaan yang banyak. Jadi banyak belajar apa yang perlu dilakukan kalau lagi mau travelling. Btw selamat buat Kakak atas suksesnya dalam lomba.

    BalasHapus
  25. Keren ya Mak kalau semua serba mendukung. Support system yang saling memahami satu sama lain.

    BalasHapus
  26. Layak dicoba nih, apalagi lebaran ini kami rencana road trip dulu sebelum sampai kampung halaman. Mungkin nggak akan sebanyak ini barang bawaannya, tapi penataannya oke nih jadi gak ribet campur sana-sini. NIce tips, Mbak.

    BalasHapus
  27. Di antara semua perlengkapan di atas, saya sering kelupaan tas waterproof. biasanya malah bàwa kresek. Terima kasih ulasannya kak. Sangat lengkap dan berguna untuk kita yang mau trip.

    BalasHapus
  28. Terima kasih sudah berbagi tips mengatur barang bawaan...Gila sebulan roadtripnya! Mupeng banget saya...
    Saya paling lama roadtrip di Indonesia itu 10 hari ke Sumatera. Kalau pas tinggal di Amerika dulu paling lama pernah roadtrip 20 hari.
    Salut bisa memanfaatkan waktu pas suami WFH dan anak PJJ. Nanti lain kali bisa jadi enggak ada kesempatan selama ini.
    Sehat selalu Mbak Yeni dan keluarga

    BalasHapus
  29. Wah iya banget nih, untuk roadtrip, apalagi dalam waktu yang lama, ada banyak barang yang diperlukan untuk dibawa. Pastinya, ngaturnya gak bisa sembarangan. Supaya tetap aman dan mudah diambil saat diperlukan. Kudu belajar nih aku sama mbak yang memang sudah sering road trip.

    BalasHapus
  30. Iyes mna memang harus prepare bgt. Jangan ada yg sampai ketinggalan. Apalagi kl bawa personal rombongan liburan agak banyak dan tempat agak jauh ya. Harus persiapan detail.

    BalasHapus
  31. Masyaallah satu bulan road trip sambil kerja dan belajar online, beneran tantangan dan keseruan yang luarbiasa, Mak. Cuma satu kata, aku iri dan pengen wkwkkkw

    BalasHapus