Keliling Roadtrip Java Part 7 - Explore Banyuwangi (Indahnya Biota Laut, Taman Nasional, Geo Park Ijen)

Assalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh semoga sobatku sehat selalu, jangan bosen yaa mampir di blog ini.

Di Roadtrip kami di hari ke-11 setelah  EXPLORE BROMO 👌 Alhamdulillah dapat cuaca bagus karena setelah kami turun eeeh mulai gerimis dan kabut turun. Kami lanjut ke Situbondo mampir ke rumah sodara dan planning awal menginap di Hotel Three B Banyuwangi selama 5 hari 4 malam untuk explore pantai utara Banyuwangi.
Saya urutkan ya teman-teman destinasi wisata yang sejalur biar hemat waktu. Mulai dari exit toll Probolinggo menuju Banyuwangi menyusuri Pantai Utara disarankan menginap di dekat pantai sekitar Pelabuhan Ketapang karena banyak spot wisata di sana.

Kami menginap di Hotel Three B Ketapang Banyuwangi lokasi di depan pelabuhan ketapang, lokasinya di perbukitan sehingga kami bisa melihat Laut dan Pulau Bali dari kamar. Kami ambil type Villa 1 unit di dalamnya ada 2 kamar 2 kamar mandi 1 ruang tamu dan mini bar plus balkon menghadap ke Lautan Luas dengan kapal yang hilir mudik.
Booking by Agoda 500rb/malam.
Tiap pagi bisa melihat sunrise dari kamar dan balkon kamar.

Hotel strategis karena kami bisa hilir mudik explore Banyuwangi sepanjang pesisir pantai utara mulai Taman Nasional Baluran, Watu Dodol, Bangsring Under Water. Kami fokus explore sepanjang jalur hotel dulu sebelum pindah ke jalur lain, yang kami tuju antara lain:

1. Taman Nasional Baluran
Taman Nasional ini berada persis dari Situbondo masuk Banyuwangi di kiri jalan sehingga wajib ya masuk ke sini karena disini tuh africanya Jawa Timur. 

Teman-teman kalau mau ke Bali jalur darat juga bakal lewat Taman Nasional Baluran ini. Taman seluas 250km memiliki satwa yang dibiarkan hidup bebas dan pepohonan yang unik.

Taman Nasional Baluran ini selain bisa melihat tumbuhan unik dan hewan yang berkeliaran juga bisa ke pantai ada beberapa pantai disini nah yang kami kunjungi adalah Pantai Watu Ireng. 
Pantai watu ireng memilik batu hitam dan pasir putih baru di buka sehingga akses jalannya masih belum begitu bagus tapi petugasnya sigap membersihkan sampah sampah sisa dedaunan. Di pantai ini juga masih banyak monyet berkeliaran.
Tiket masuk hari biasa 16rb hari libur 18500
Kalau ke Watu Ireng kena biaya lagi 5rb.
Pantai watu ireng dg pasir putih
Banyak akar dan batang pohon unik keriting kami temukan di Pantai Watu Ireng ini.

Begitu masuk loket tiket Taman Wisata Baluran kita bisa naik ke menara pandang terlebih dahulu melihat luasnya hutan dengan view gunung Baluran.
Explore Taman Wisata Baluran ini bisa naik motor dan mobil. Masuknya kedalam jauhh sekitar 9km baru kita menemukan savana bekol kita bisa melihat sekumpulan rusa dan kerbau berbaris mencari tempat berlindung dari panas. 

Kerbau yg berteduh
Rusa yg menyebrang jalan

2. Watu Dodol
Sebuah Batu besar di tengah jalan yang bakal kita temui ketika memasuki Banyuwangi. Banyak mobil motor berhenti di sepanjang  jalan untuk berfoto ria di pantai karena sebelah kiri jalan terlihat pantai dan Pulau Bali bisa berburu sunrise juga di sepanjang jalan sini sambil nongkrong jajan.
2x kami makan di sepanjang pantai Watu Dodol sini, murah dan enak. Pertama beli ikan bakar segar plus nasi 100rb dapat gedhe, hari berikutnya sebelum diving sarapan disini warung berbeda beli nasi rawon, nasi telur ceplok plus teh panas ber-4 total cuma 36rb.

3. Pulau Tabuhan
Menuju ke Pulau Tabuhan ini kami naik kapal dari Bangsring Under Water dengan sewa kapal private bisa untuk 10 orang seharga 500rb. 

Pulau Tabuhan ini kalau spot diving terkenal dengan wall coral alias dari pantai itu langsung cekung ke laut dalam. 

Menuju pulau Tabuhan melewati pertemuan arus jadi kalau cuaca tidak bersahabat waktu itu kami angin kencang di hari ke 4 di tengah kapal terombang ambing padahal kalau di daratan Bangsring keliatannya tenang.
Tiket kapal di loket Bangsring lokasi sepanjang jalan dari Baluran ke arah pelabuhan ketapang nanti ada tulisan Bangsring. Kapal ke Pulau Tabuhan juga bisa dari Pantai Grand Watu Dodol.

Pulau Tabuhan ini memiliki pasir putih bersih, air laut biru tosca cakep dan banyak kami temui bintang laut di pinggiran air laut sekali ketemu bintang laut langsung 3.
4. Bangsring Under water
Favourite kamii disini tiket masuk 5rb tiket snorkling naik kapal cuma 5rb dpt melihat ikan buanyak jernih dan ada penangkaran baby hiu.
Di Bangsring under water ini selain pantai ada Rumah Apung untuk spot snorkling. Menuju rumah apung menggunakan kapal membayar 5rb pp.
Lokasi rumah apung di belakang foto saya, dan kapalnya dibelakang saya.
Ikannya banyak banget kan
Ini suami menyelam disini melihat baby hiu

Saya merekomendasikan menginap disini juga lho teman2 karena murah cottage di dalam Bangsring Under Water ber AC cuma 300rb non AC 250rb lokasi 50 meter dari pantai dan tempat diving snorkling.
Hampir setiap hari kami main disini, nah kalau mau ke Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan bisa start dari sini juga sewa kapal disini.

Kami di Bangsring ini snorkling dan Diving. Untuk Diving kami dapat spesial price ber-4 (saya suami anak2) masing masing di kawal satu guide dapat harga 600rb/orang.

Diving disarankan pagi pagi sudah stanby karena cuaca bagus dan briefing diving itu lama. 

Mulai diving sambil berlatih menggunakan alat di pinggiran kalau sudah bisa lanjut gerak menuju ke tengahh laut dalam.
Anak saya adalah peserta diving termuda dan badan terkecil. Awalnya guide tidak membolehkan karena kaki katak buat anak saya tidak ada ukurannya, takut telinga rusak juga kalau tidak bisa mengatur cara supaya telinga tidak sakit ketika menyelam. 
Eeeh nangis dunk si bontot karena dia sudah pengen banget diving alhasil dengan briefing pelan pelan akhirnya kami bisaa diving puasa plong Alhamdulillah sukaak pokoknya guide baik dan telaten mengawasi setiap pergerakan kami.

5. De Djawatan
De Djawatan Benculuk Banyuwangi ini berupa hutan dengan aneka pohon yang sudah tua dan rantingnya unik berbentuk seperti monster. Lokasinya agak jauh dari Ketapang karena kami sekalian drop baju kotor di Kota Banyuwangi sehingga sekalian ke arah Selatan menuju De Djawatan ini. 
Sebetulnya kami mau lanjut ke Pulau Merah dimana jarak tempuh 85 km dari ketapang nah ke De Djawatan ini jalurnya ke arah Pulau merah sudah separo jalan sebetulnya kami akan tetapi anak yg besar tiba tiba ada tugas sekolah akhirnya habis dari De Djawatan kami balik ke hotel.
Selanjutnya kami pindah menginap di area Desa Licin Ijen karena akan mengexplore Kawah Ijen dan sekitarnya. Kami menginap di Desa Licin ini 2 malam jadi total kami di Banyuwangi 7 hari 6 malam 😁 itupun ternyata masih belum semua di explore teman temanku.

Sangat di sarankan kalau mau ke kawah ijen menginap di desa terdekat karena trekking ke kawah ijen itu menguras tenaga, jalan menuju paltuding atau area parkir Kawah Ijen gelap hutan berkelok kelok. 

Kampoeng Joglo Ijen Desa Licin
ulasan hotel saya sendirikan ya

Penginapan kami berikutnya dan kami mengambil paketan Sewa Mobil + Sopir 400rb dan Guide 200rb ke kawah Ijen dari Hotel ini (bisa untuk 6 orang).
Kami dapat harga murah menginap di Kampoeng Joglo Ijen hanya 200rban by Agoda tanpa sarapan kamarnya bersih model rumah Joglo Jawa adan kolam renangnya. Kami suka bersantai ria di lobby sambil anak anak mengerjakan tugas sekolah.
Pilihan kami menggunakan jasa sopir dan mobil dari Hotel Kampoeng Joglo Ijen tidak salah karena kami jalan jam 2 pagi dimana jalanan menuju paltuding berkelok kelok hutan gelap. Ada KELOK MAYAT suatu kelokan tajam dimana selalu ada kabutnya meskipun jalan lain clear tidak berkabut disini berbahaya banyak kecelakaan dan meninggal di kelokan sini.
zikir kami di kelokan mayat gelap hutan dan jurang.

Teman-teman jangan lupa sebelum ke kawah Ijen reservasi online terlebih dahulu untuk membeli tiketnya, pembayaran cash di TKP dengan menunjukkan barcode.
(https://tiket.bbksdajatim.org/) --link tiket masuk kawah ijen

ulasan kawah ijen saya pisah juga yaa amazingnya trekking 2 jam sejak jam 3 pagi tanpa trolley.

Air Terjun Jagir
Lokasi air Terjun ini sejalur dengan arah penginapan ke Kawah Ijen, tepatnya dekat dengan kampung wisata Oseng.
Tiket masuk murah cuma 5rb parkir 5rb 
Air terjun jagir ini ada 3 yang 2 lokasi di dekat parkiran dan biasanya ramai wisatawan yang satu lagi mesti trekking menyusuri sungai dan jauh tapi kereeen masih alami banget.
Air terjun pertama masih dekat dengan parkiran.
Air terjun kedua dekat dengan air terjun pertama.
Air terjun ketiga yang butuh tenaga ekstra karena masih jarang yang mendatanginya.
Jalur yabg kami lalui hutan dimana semak belukarnya tinggi.
sungai dengan tebing tinggi

Nekat kami trekking susur sungai menuju Air terjun alami ini itung itung latihan trekking ke kawah ijen. Jadi kami ke air terjun ini sebelum ke kawah ijen ya.
Masya Allah keren banget airnya segar berasa kecil kami di hadapan Allah. 
Untuk explore Kota Banyuwangi sendiri teman-teman bisa juga main antara lain:
- Pantai Boom
- Alun Alun Banyuwangi
- Sholat Di Masjid Besar
- Akbar Zoo 
Kebun Binatang banyuwangi lokasinya jalur mengarah ke Ijen tidak jauh dari air terjun jagir.

Penginapan di area Ijen juga bisa ke Hotel Teras Villa & Spa berdekatan dengan Kampoeng Joglo Ijen. Hotel baru buka bulan Desember kemarin dan ada promo 40 persen selama bulan maret ini semua type kamar dibawah sejutaa euy. Simak ulasannya terpisah yaa. 
Bisa dapat spesial price dengan menghubungi wa 0812 590 51120
Sekian dulu yaa teman-teman setelah dari Explore Banyuwangi seminggu kami lanjut ke Bondowoso. Jangan bosen ya teman-temanku wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Nb :
- Pak Aang Diving 085 230 5353 56
- Guide Kawah Ijen bisa langsung Hotel Kampoeng Kawah Ijen 0822 5703 1571
- Kapal ke Pulau Tabuhan dan Menjangan bisa langsung ke loket Bangsring Under water
- Paket trip ke Pulau Menjangan minim 4 orang @375rb bisa ke Wa 0813 3233 9933
- Teras Hotel 0812 59051120
- Dari Jakarta sejak tanggal 20 Februari sampai tanggal 8 Maret konsumsi BBM Xpander matic belum ada 1 juta Toll baru 700rb rute Jakarta - Ajibarang- Semarang - Salatiga - Ambarawa - Bawen - Surabaya - Madura - Surabaya - Bromo - Banyuwangi - Bondowoso.

Biar tidak bingung simak yaa urutan roadtrip kami

Posting Komentar

17 Komentar

  1. Luar biasa famili tripnya mbak, asli bikin kepengen. Dari dulu udah penasaran banget sama Banyuwangi, kayaknya eksotis banget deh

    BalasHapus
  2. pasti jadi pengalaman yang sangat tidak terlupakan ya buat mba sekeluarga keliling pulau jawa roadtrip mengunjungi banyak tempat di sepanjang jalan pulau jawa

    BalasHapus
  3. Road Trip tuh emang melelahkan tapi seru banget yah. Ternyata di Banyuwangi tuh banyak tempat yang bisa dieksplore yah. Dulu aku mau ke Bali jalur darat naik kereta dari Bandung dan cuma mampir sebentar di Banyuwangi, cuma numpang nyeberang doang hehehe

    Kapan2 harus eksplore buat diving nih di Banyuwangi

    BalasHapus
  4. beruntung banget mbak kamar yang menghadap pantai dan bisa melihat sunrise itu, jadi tiap pagi disuguhi pemandangan yang cantik. keren deh roadtripnya beneran terukur ya mbak, dan direncanakan dengan baik, jadinya ketemu tempat tempat yang bagus dan menarik. salut!

    BalasHapus
  5. Widihh.. lengkap banget. Jadi pingin juga nih ke banyuwangi. Ntar ajak suami aja ah ke sana.

    BalasHapus
  6. Aduuuhhh suka banget sama kamarnya yang menghadap laut tiap pagi bisa liat sunrise. Pengen juga bisa nyelem ke laut liat kehidupan laut seperti apa tapi apalah daya saya yang nggak bisa berenang.Hhhuhu

    BalasHapus
  7. Duh seruu banget pasti bisa liat sunrise dari jendela kamar. Pengen nyelem ke laut juga nih liat kehidupan bawah laut tapi apalah daya nggak bisa nyelem. Hhuhu

    BalasHapus
  8. Mbak Gustiiii aku akan bookmark postingan ini karena ada rencana ke Banyuwangi juga tahun ini. Aahh senangnya baca postingan ini soalnya seru banget dan jadi gak sabar pengen road trip juga.

    BalasHapus
  9. Mbak Yenni aku penasaran nih dengan pengalaman divingnya.Pertanyaan norak nih, kedalamannya berapa meter? berapa lama di dalam? untuk motret suasana di laut sudah disediakan ya sarananya? haruskah kita pandai renang?

    BalasHapus
  10. Wisata di Banyuwangi keren-keren ya. Aku dulu cuma lewat, belum explor apa pun. Wisata alam memang selalu mengasyikkan. Jadi mau ke sana juga

    BalasHapus
  11. Jadi makin pengen liburan di Banyuwangi. Meski tujuan utama saya bukan laut, tapi Kawah Ijen.

    Eh tapi lagi, lihat air lautnya yang jernih, saya jadi pengen diving juga. Ahahha

    BalasHapus
  12. MasyaAllah petualangan bersama keluarga yang bikin hepi dan bikin semangat lagi nih. Semuanya indah banget Kak. Pengen ikutan juga nyelem, sayangnya nggak bisa renang hiks.

    BalasHapus
  13. Pantai Boom Banyuwangi seindah ini yaa..
    Bener-bener dikembangkan oleh Pemerintah Daerah untuk menjadi wisata impian. Rasanya seperti di luar negeri. Pamandangan sekitarnya dengan liuk-liuk jembatannya yaa.. Seneng banget diijinkan berhenti sejenak untuk berfoto.

    BalasHapus
  14. Pengen banget explore Banyuwangi, tahun lalu udah pengen ke Banyuwangi juga, soalnya sekarang deket. Eh ternyata hamil, gagal deh. Pemandangannya cakep ya disana.

    BalasHapus
  15. wah udah di ujung jawa aja sebelum nyebrang ke bali, ngikutin perjalanan mba yeni nih seru banget pengen cobain jadinya,,, kerja di jalan gitu kali ya, aku dan pas su soalnya kerja huhuhu

    BalasHapus
  16. Aku tuh samà banyuwangi awalnya cuma kepingin penasaran foto di
    De Djawatan Benculuk Banyuwangi yang ini berupa hutan dengan aneka pohon yang sudah tua kepingin bngt lihat dari dekat..

    Ternyata nanya tempat wisata yg hrs di eplore..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess wajib ya maak exploree banyuwangi lainnya

      Hapus