Ecowisata CMC (Clungup Mangrove Conservation) Tiga Warna, Indah Pantainya, Alami dan Terjaga kebersihannya, Sekali datang 3 Pantai didapat (Pantai Tiga Warna, Pantai Clungup dan Pantai Gatra) Malang Selatan Jawa Timur

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh sobatku 🙏

Tepat minggu ketiga kami roadtrip tepatnya tanggal 12 Maret 2022 kami explore Malang Selatan. Destinasi wisata ini mendadak hasil browsing sehingga kami terlanjur booking Hotel di Batu Malang selama 2 malam.

Perjalanan dari Hotel menuju lokasi Pantai Selatan Malang memakan waktu 2,5 - 3 jam jauh yaakss dengan jalanan berkelok-kelok melewati hutan.

Saya sarankan menginap di Guest House area sana ya tapi sayang tidak ada di aplikasi online.
Destinasi yang kami kunjungi adalah Ekowisata CMC (Clungup Mangrove Conservation) Tiga Warna. 


Ekowisata CMC Tiga Warna 
Merupakan kawasan perlindungan Mangrove, terumbu karang dan hutan pantai yang sebagai destinasi pariwisata bertanggungjawab.

Pantai tiga warna merupakan salah satu dari ke-6 pantai pada kawasan konservasi ini. Tapi sistem masuknya semua sama : 70% kawasan dieksplore dengan jalan kaki dan cek bawaan saat masuk dan keluar.

Jarak pantai Clungup dan Tiga Warna kurang lebih 2km dari parkir mobil ke Pantai Tiga Warna 3km, bagi yang tidak mau jalan disediakan jalur VIP perahu dengan jasa 100rb untuk 1x jalan maksimal 8 orang dan wajib booking sebelum kedatangan.

Gambaran area Pantai yang bisa di Explore ini antara lain :

PANTAI CLUNGUP DAN PANTAI GATRA
Kawasan perlindungan mangrove dan hutan pantai, disini tanpa pemandu lokal, bisa berkano ria.
Pantai Gatra
Pantai Clungup

Bisa sambil menunggu giliran ke Pantai Tiga Warna main disini dulu karena ke Pantai Tiga Warna dibatasi pengunjungnya dan setiap berkunjung hanya diberi waktu 2 jam saja.

PANTAI SAPANA, PANTAI MINI, PANTAI BATU PECAH
Kawasan perlindungan terumbu karang, wajib di dampingi pemandu lokal dan booking terlebih dahulu. Buka di waktu khusus area foto dilewati ketika akan ke Pantai Tiga Warna. Disini ombaknya besar.

PANTAI TIGA WARNA
Kawasan perlindungan terumbu karang, perlu pemandu lokal, waktu berkunjung hanya 2 jam, kegiatan snorkling melihat ekosistem bawah air yang dilindungi dan dijaga oleh masyarakat lokal.
Anak dan suami snorkling mulai pinggir pantai sampai agak tengah.

RESERVASI
Untuk bisa ke Pantai Tiga Warna tidak bisa mendadak harus reservasi terlebih dahulu dikarenakan jumlah pengunjung di batasi. Untuk Pantai clungup dan Gatra bisa mendadak datang dan beli tiket.

Mekanisme reservasi kemudian membayar DP 50% yang di transfer ke 
BRI 7353 01 001790 507
Marta Fitri Yuliana

Teman-teman bisa reservasi ke nomor
WA 0813 3377 7659
Instagram @cmctigawarna
Facebook Bhakti Alam Sendangbiru
Youtube CMC Tiga Warna

BIAYA
1. Tiket Masuk 10 ribu per orang
2. Pemandu untuk ke Pantai Tiga Warna 150 ribu maksimal 5-6 orang
3. Sewa Kano kecil 25rb, Sewa Kano besar 50rb, Perahu karet 100 ribu
4. Sewa peralatan snorkling + pelampung di Pantai Tiga Warna 25 ribu per alat
5. Perahu wisata kapasitas 5 orang 100 ribu sekali perjalanan. Susur selat Sempu dari Pantai Tiga Warna ke TPi atau sebaliknya kurang lebih 10 menit
6. Parkir mobil 15 ribu
7. Parkir motor 10 ribu
8. Ojek motor dari area parkir menuju gerbang pos pemeriksaan barang 5 ribu/orang
9. Pelayanan konsumsi bisa ke WA 0812 3467 3008
"Jangan Lupa Membawa Masker, KTP & Kartu Vaksin bisa berupa SC di HP"

AKTIVITAS SERU KAMI DI SINI

Kami berangkat dari penginapan Batu Malang selepas Subuh sekitar jam 5 pagi tak lupa sebelum masuk area hutan kami sarapan terlebih dahulu. Hampir jam 9 pagi kami baru tiba di lokasi, area parkir sudah di shareloc petugas CMC.
Persiapan kami karena gabungan antara snorkling dan trekking kami menggunakan trekking pole, ransel berisi handuk, baju renang langsung pakai di dobel dengan baju biasa, sepatu trekking karena medan yang kami lalui berbatu, licin, becek tak lupa cemilan dan air minum.

Dari parkir mobil menuju Pos 1 ada 2 jalur yaitu jalur jalan kaki trabas trabas kebun dan nanjak sekitar 500 meter, jalur motor sekitar 1 km bisa juga naik ojek bayar 5rb/orang.
Kami trekking trabas trabas kebun menuju pos 1 untuk mengurus administrasi dan pelunasan.
Jalur yang kami lalui bahkan masih ketemu jalan yang tertutup semak belukar.
Post 1 tempat menyelesaikan administrasi dan kami di dampingi guide mulai post ini.

Selanjutnya kami mulai trekking dari Pos 1 menuju Pos 2 alias gerbang masuk dimana di Pos 2 ini bawaan kami di periksa dan di data. 
Harap diingat bawaan harus berjumlah sama misalkan botol Aqua berangkat 2 botol penuh pulang 2 botol kosong tidak mengapa asalkan jangan ada yang berkurang karena akan kena denda 100rb.
Gerbang pos 2 disini tempat pemberhentian ojek motor.
Karena kami termasuk pengunjung dengan antrian awal sehingga destinasi pertama kami adalah yang terjauh dulu yaitu Pantai Tiga Warna, trekking sekitar 2,5 km dengan jalanan yang tidak semua mulus terdapat tanjakan juga tapi sepadan kok karena pantainya bersih cakep gabungan 3 warna putih pasir, biru muda dan biru tua.
jalan mulai nanjak kami istirahat terlebih dahulu
Dengan waktu 2 jam di Pantai Tiga Warna kami puas-puasin snorkling di air yang jernih dan cuaca yang cakep cetar.
Setelah waktu kami habis kami menuju Pantai Gatra di tengah jalan hujan turun dengan derasnya, kami sudah basah karena habis snorkling tidak perlu ganti baju toh masih mampir di pantai lain. 
Trekking sambil berhujan hujan dan becek ria eeh sampai di Pantai Gatra panas cetar lagi memang rejeki kami bisa main kano sepuasnya sampai ke pantai sebrangnya.
sewa kano 50rb main sebosannya
Setelah dari Pantai Gatra sambil jalan ke arah pulang melewati Pantai Clungup.
Kami sebelumnya ke Pantai Clungup ini naik Kano dari Pantai Gatra tapi yang namanya anak-anak gak bisa tahan lihat air dan pasir tetep mampir lagi sebelum kami keluar dari area CMC.

Naah teman-teman dari ulasan diatas bisa lihatkan perbedaan ketiga pantai yang kami datangi. Pantai Tiga Warna Cakep dengan kombinasi warna air dan biota laut kereen bening makanya cocok buat snorkling airnya super duper tenang bak kolam renang, Pantai Gatra tidak cocok buat snorkling tapi jernih airnya, ombaknya tidak begitu besar cocok buat main kano,.banana boat, Pantai Clungup warna coklat tidak bisa main pasir gampang surut airnya.kami berangkat airnya surut sore hari mulai pasang airnya.

Berangkat rapihh pulang menuju Pos 2 sudah kucel kumel baju renang basah berpasir semuaa.

Keluar di Pos 2 kami di cek bawaan jumlah masker masih utuh gak, jumlah botol minum, plastik cemilan kalau utuh lanjut jalan pulang menuju parkiran. Botol kosong di serahkan petugas untuk di kumpulkan, kalau ada bawaan yang kurang misal masker hilang atau botol aqua kurang bayar DENDA 100 RIBU.
Nah kami mandi di area parkir mobil sesuai saran petugas kano, karena kalau mandi di area Pantai rugi kalau pulang ke parkiran ternyata kehujanan basah lagi.

Jadi teman teman beda ekowisata dengan tempat wisata itu secara biaya berbeda karena ekowisata dibatasi jumlah pengunjungnya, pengunjung juga wajib membawa kembali sampah sendiri-sendiri tidak ada tempat sampah, kita tidak boleh merusak alam semua biar alami apa adanya.

"Ada pengunjung jauh dari Jakarta karena tidak reservasi dia hanya bisa main di Pantai Clungup dan Pantai Gatra saja di Tiga Warna tidak bisa karena sudah full"

Sebetulnya sebrang Pantai Tiga Warna ada Pulau Sempu dimana di dalamnya ada danau keren dulu di buka untuk umum sekarang di tutup karena pengunjung banyak meninggalkan sampah. Sedih yaakss kereen lho Pulau Sempu dilihat dari Pantai Tiga Warna karena pasirnya putihh bersih terdapat karang karang menjulang tinggi di laut kayak di Raja Ampat gitu.


Sekian dulu yaa setelah dari sini kami istirahat kembali ke Batu Malang dan lanjut roadtrip ke Solo.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabaraktuh

Selama di Malang kami menginap masing masing 2 malam di Hotel yang berbeda, pertama di Hotel Kapal Sengkaling Malang yang kedua Hotel Grandia Batu Malang murah 300rb type family dengan sarapan 4 pax.

Ittinerary Roadtrip kami Februari sampai Maret 2022


Posting Komentar

30 Komentar

  1. Sebagai arek Suroboyo, udah lamaa banget aku memendam hasrat utk bisa ngetrip ke sini, tapiii belum pernah euy, hohoho.

    Ya udah, sementara aku ikut wisata dgn menikmati postingan blog ini aja dah :D

    BalasHapus
  2. 2 km ya dari parkiran, cakep pantainya mba. Pantai 3 warna aku pernah denger. Malang selatan 😍 lengkap nih. Jadi kayak gitu ya ekowisata..aku dari dulu belum pernah ke ekowisata. Pengin..
    Mana mainan air gini, anak2 puas. Itinnya udah terlist rapi jali ya mba. Happy traveling mba n family.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 km mbakuu dari parkiran totalnya kalau 2 km dari pantai clungup ke pantai 3 warna

      Hapus
  3. Wah, mesti dikunjungin nih Pantai Clungup dan Pantai Gatra :) Senangnya mbak Gusti all in 1 wisata dapat semua. Bisa menikmati ecowisata bersama keluarga ke Pantai Tiga Warna, snorkeling, wiiih pokoknya puas ya. Anak2 senang becek2an, trekking itu bagus banget lho. Kapan2 aku juga mau ah datang ke tempat2 ini :D

    BalasHapus
  4. Seru-seru cerita liburannya mom. Terutama trekkingnya ya.Btw agak ketat juga aturannya ya mom di pos penjagaan tentang bawaan.Berarti botol minuman kosong saat pulang harus dibawa lagi ya untuk pengecekan?

    BalasHapus
  5. Aku baru tahu tentang ekowisata seperti ini...Bagus nih kalau banyak destinasi dibuat seperti ini. Ekowisata dibatasi jumlah pengunjungnya, pengunjung juga wajib membawa kembali sampah sendiri-sendiri . Wah, lingkungan jadi terjaga kalau begini...
    Keren, Mbak Yeni, inspiratif perjalanannya:)

    BalasHapus
  6. Bagus juga konsep ekowisatanya. Apalagi masih dengan aturan pembatasan, selain aman juga jadi lebih puas explore lokasi dan mengambil dokumentasi. Lingkungannya juga terlihat masih asri. Jadi, selama 2022 yang baru 3 bulan ini, Mbak Yeni dan keluarga sudah berkunjung ke berapa tempat, Mbak? Kepo saiya, hehe.

    BalasHapus
  7. Dari fotonya bagus ya pantainya, bersih pula, teru trekkingnya kayak di hutan gitu ya...ada 3 pantai sekaligus ya di lokasi. Sekali mendayunh 3 pantai terlampaui

    Ditunggu hasil trip ke solonya mbak hehe

    BalasHapus
  8. Masyaallah indahnya. Saya kira tiga warna itu putih, hijau, biru. Ternyata putih, biru muda, biru tua, ya. Di mata saya tampaknya hijau. ��

    BalasHapus
  9. Duh makin banyak aja nih list Pantai di Malang Selatan yang belum di kunjungi. Saya dan keluarga biasanya ke balekambang sama Sendang biru saja mbak, belum pernah ke sini. Jadi pengen ke sini juga, walau mesti trekking dulu, tapi puas ya lihat pemandangan indahnya

    BalasHapus
  10. Konsep ecowisatanya bagus banget dan oerlp ditiru nih sama pantai mangrove yang ada di area Serdang Bedagai di Sumatera Utara. Aku suka sekali Sangat rapi dan bersih. Sumut bisa berbenah nih supaya pariwisatanya jadi semakin baik

    BalasHapus
  11. Kalau lansia cocok diajak liburan ke sini gak ya? Pengin ngajak ortu ke sini tapi ragu soalnya kudu jalan kaki.

    BalasHapus
  12. Sebagai ornag Jember, yang mendapatkan Jodoh orang Malang, belum kesampaian untuk berkunjung ke pantai ini. Selain memang jarak karana stay di Jember, kalaupun pas mudik ke Malang lebih banyak silaturrhim ke saudara-saudara. Moga lain waktu bisa set ke sana dulu baru lanjut ke rumah di Selorejo

    BalasHapus
  13. Wahh cantik banget pemandangan ekowisata ini
    Malang selatan banyak destinasi wisata pantai yang cantik ya mbak
    Aku KLO ke malang cuma di batu dan sekitarnya sih, hehe

    BalasHapus
  14. Bisa menikmati trekking seperti ini pianku mba. Senangnya juga kalau hutan mangrove juga bisa terjaga dengan baik, mba

    BalasHapus
  15. Waaah blognya bagus, tulisan dan fotonya lengkap dan sangat menggambarkan wisata yang sedang dikunjungi... serasa jalan jalan di sini

    BalasHapus
  16. Masya Allah ini cantik sekali, seru banget pasti treking bersama keluarga ya mbak. Itinerarynya bisa ku contek nih untuk liburan bersama keluarga.

    BalasHapus
  17. Pantai nya bagus-bagus ya mba naksir banget ke pantai Gatra soalnya udah lama banget nggak main ke pantai

    BalasHapus
  18. Seru banget ya, tempatnya juga masih asri banget. Ni kalo musim ujan nambah seru sekalian becek-becekan. Haha

    BalasHapus
  19. Eh iya lho pantainya beneran keliatan gradasi wqrnanya. Subhanallah cantik banget yq mbak. Jadi kangen mantai deh

    BalasHapus
  20. Kelihatan asyik banget lokasinya. Sudah lama sekali saya enggak menginjakkan kaki di Malang. Jadi kangen nih...

    BalasHapus
  21. Aku ngeliatnya sampe melongo, tiga warna beneran!
    Jadi mungkin karena adanya pergerakan rumput di bawah laut ya Yeni, jadi akhirnya airnya berubah ubah warnanya

    BalasHapus
  22. MasyaAllah cantik sekali pantai tiga warnanya
    Terus paket lengkap juga bisa treking terus menikmati keindahan pantainya.
    masih asri banget ya mbak

    BalasHapus
  23. Jujur, aku ini keturunan Malang yang tiap tahun wira-wiri Gresik-Malang, tp ngga pernah berwisata ke Ecowisata CMC. Sedih wkwkw.
    Pankapan deh dijadwalkan ke sana, bagus bgt pemandangannya

    BalasHapus
  24. Pantai tiga warnanya cakep banget mbak.. Tapi jalur menuju ke sana perjuangan ya.. Salut dengan aturannya. Biar nggak pada buang sampah sembarangan..

    BalasHapus
  25. Next, KLO ke malang aku mau ekplore Malang selatan ah
    Banyak pantai cantik yg wajib didatangi
    Biar g sekitaran kota saja mainnya

    BalasHapus
  26. Anak-anak pasti senang ya punya pengalaman menarik dengan perjalanan ecowisata seperti ini
    Selain dapat senangnya, dapat pelajarannya juga

    BalasHapus
  27. Kedekatan anak-anak dengan alam ini sungguh gak mengagumkan yaa, kak Gusti. Berkunjung dan berwisata ke Pantai Clungup dan Pantai Gatra sungguh membuat gembira. Semoga lain kali bisa mengunjungi Pantai Tiga Warna yang cantik.

    BalasHapus
  28. Ya ampun cakep banget pantainya Mba. Jadi pengen main ke sini deh. Apalagi bersama keluarga main ke sini jadi tambah seru

    BalasHapus
  29. Iya, Sempu keren banget tuuhh... gara-gara viral, semua orang pengin ke sana tapi tidak memperhatikan kebersihan lingkungan, banyak meninggalkan sampah. Akhirnya gitu deh, ditutup untuk umum, sayang banget yaaa..

    Kece banget ini Pantai Tiga Warna, jadi pengin ke sana juga yaa.. itu bisa kelihatan banget deh perbedaan warna airnya, cakeuupp...

    BalasHapus