Keliling /Roadtrip Java Part 1 - Jejak Mistis Gula di Ajibarang, Kota Tua Semarang, Masjid Besar Mempunyai Payung seperti di Madinah, Gereja Tua

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. .

Semoga sobatku di beri kesehatan yang sedang di beri ujian sakit segera diangkat penyakitnya, yang sedang dirundung masalah semoga segera di beri jalan keluarnya 🤲🤲.

Gustiyenifamtrip kali ini akan mengulas perjalanan Roadtrip kami di mulai sejak 19 Februari 2022 kemarin selepas subuh kami sudah berangkat start toll pulogebang jakarta timur dengan segambreng bawaan untuk 2-3 minggu kedepan.

Roadtrip ini sebagai gantinya kami RECHEDULE YANG KEDUA KALI TIKET TURKI, suami terlanjur cuti di acc sayangkan mubazir,  seperti bahasan kemarin Tips Hunting Tiket Murah ala Kami , kami sudah beli tiket sejak Januari 2021 karena pas promo dan tiket fleksibel free rechedule untuk pemberangkatan Oktober 2021, rechedule jd berangkat besok kami Februari eeeh kondisi omicron kek gini FIX rechedule lagi Alhamdulillah GRATIS.

"Awalnya kami mau nekat berangkat dengan persiapan plan a b c tapi langsung jiper di waktu bersamaan teman yg pulang dari turki sudah karantina di hotel, H-1 mau keluar malah positif, dipindah ke wisma atlit alhasil lebih lama karantinanya daripada  liburan ke turkinya, banyak lho kejadian seperti ini"

Baca juga

Pertimbangan suami dari pada buat karantina mendingan explore Indonesia mumpung WFH dan anak-anak daring kembali. Dan kemarin membaca berita Indonesia masuk nomor 1 keindahan alamnya dilanjutkan nomor 2 baru New Zealand kereen yaaks ikut bangga dunk ya.

Baca juga roadtrip kami selama pandemi

Awalnya kami mau roadtrip sampai Bali lanjut Lombok Sumbawa kejadian menimpa teman baru 2 hari di Bali mau nyebrang ke Lombok koo ya jadi positif. 

So akhirnya ubah ittinerary menjadi sementara spt ini :
1. Explore Pabrik Gula Aji barang
2. Explore Semarang
3. 5 hari staycation di Salatiga
4. Semalam di Bawen
5. Semalam di Surabaya
6. 3 hari 2 malam hopping Island di Madura konon kadar garam di pulau madura tinggi, masih alami sehingga tanpa pelampung bisa mengapung ( info teman yg.sudah pernah salah satu pulau di sana, recomended alami banget jd kepoo kan kami)
7. Lanjut explore Prigen
8. Sukapura dan explore Bromo
9. banyuwangii diving, snorkling pulau menjangan, taman wisata baluran
10.Kawah ijen
11. Explore Bondowoso
Berikutnya sambil pulang belum pasti mau lewat pacitan atau toll biasa mampir di kota lain lagi, mengingat pasti lelaah. (Boleh kasih ide ya teman-temanku)

Bismillah perjalanan dimulai, kami langsung menuju ke Pabrik Gula Ajibarang.
Pabrik gula yang berhenti beroperasi di tahun 2017 ini kereeen vintage banget. Ingat Thomas and Friends?? 
Nah seperti di foto modelnya seperti Thomas and Friends bernama Locomotif Remise 1916.
Remise adalah tempat berkumpulnya lokomotif kereta baik uap maupun diesel atau garasinya lokomotif. Kondisi Remise di.PG Ajibarang masih bagus, koko berdiri sejak tahun 1842.

Tiket masuk 5 ribu 
Parkir 5 ribu
Kami pake guide pegawai kelistrikan di Pabrik tersebut.

"Makam kuno yang tidak bisa di pindah berada di area mesin produksi pabrik gula"

Untuk kami yang baru pertama kali dijelaskan proses produksi gula merasa tidak rugi berkunjung kesini mendapatkan ilmu baru. Peralatan disini masih komplit plit dan kunoo sejak jaman belanda.
Lorong ini tempat asap sebelum keluar dari cerobong asap, kereen yakss lorong panjang sepiih.

Ulasan pabrik gula ini terpisah yaa 👌

Kami melanjutkan perjalanan ke Semarang tak lupa mampir makan siang di Soto Ayam Khas Semarang Pak Man. Soto ini terkenal gaknya kami tidak paham sih, kebetulan lewat mampir dah. Untuk harga 2 porsi standart + 3 porsi nasi kuah saja, es teh 1, es jeruk 1, perkedel, sate kerang, tahu bakso, tempe tipis 2 total 100 ribu (menurut versi saya kok mahal ya hehehe)
Lanjut ke Sam Poo Kong seharusnya April 2020 kami familytrip ke Sanghai Beijing Xian dg tiket murah karena pandemi jadi terpending 😭😭. Mlipir kesini dulu afirmasiii 😃

Bisa sewa kostum cina dan foto disini sekitar 80rb.

Kelenteng Sam Poo Kong ini di bangun oleh Laksamana Cheng Ho..Laksamana Cheng Ho adalah pedagang cina muslim.
 Kelenteng Sam Poo Kong memiliki beberapa komplek bangunan antara lain Bangunan klenteng Utama Sam Poo Kong, Klenteng Kyai Jangkar, Klenteng Kyai Tumpeng dan Kyai Tjundrik Bumi serta Gua Pemujaan Sam Poo Kong.

Alamat : Jl  Simongan no 129 Bongsari Semarang Barat.

Explore Kota Tua Semarang duhh ndeso banget kami tuh sering ke negara lain tapi ibukota Jawa Tengah blm explore padahal saya dan suami sama2 dari Solo.

Gereja Blenduk salah satu Icon di Semarang tepatnya di Kota lama, gereja sejak jaman belanda dan masih beroperasi hanya di hari Minggu. Alhamdulillah kami diijinkan masuk melihat bangunan tua yg amazing.
Kami kagum dengan Organ Pipa dimana alat ini menempel pada bagian dinding atas gereja, bisa mengeluarkan suara.
Organ Pipa belakang kami warna putih memanjang. Kursi-kursi kuno yang berjajar, ubin motif kuno, dan jendela besar tinggi khas bangunan belanda.
Tiang tiang putih itu berupa pipa dimana di bawahnya ada lubang bentuknya seperti seruling.

Gereja tua ini untuk mengenang nama pendeta sejak jaman belanda sampai sekarang di buatlah seperti prasasti tertulis nama pendeta dan tahun di salah satu dindingnya.
Mengelilingi Kota Tua Semarang ini mengingatkan kami akan Malaka Malaysia, teman-teman yang sudah pernah ke Malaka pasti merasakan aura yang sama. Terdapat gereja tua, port, taman-taman tertata rapi.

Bangunan-bangunan lawas di Kota Tua di jadikan perkantoran, foodcourt dan cafe-cafe Instagramable tapi tidak meninggalkan kesan kuno.
Salah satu bangunan dimana pendirinya adalah Jacob Freederick.
Hiburan anak-anak kasih makan burung di samping gereja tua dan di depan taman.
Setelah berjalan kaki di  Kota Tua Semarang yang panasnya cetar padahal sudah jam 15.00 kami lanjut ke Masjid Besar Semarang dimana masjid ini terdapat payung yang bisa buka tutup seperti di Masjid Nabawi Madinah dan memiliki Al - Quran raksasa. 

Bicara tentang Al - Quran raksasa, Indonesia mempunyai museum Al -Quran terbesar dan unik di dunia tepatnya di Palembang.
 Al - Quran yang ditulis di atas kayu berukuran besar disusun menyerupai jendela dengan bangunan bertingkat 5. (Noted kalau ke Palembang mampir) 

Back to Masjid besar Semarang yang mempunyai luas 10 Ha. Masjid besar semarang ini biasa di sebut dengan MAJT, masjid ini bergaya jawa, yunani dan timur tengah.
Masjid ini memiliki  payung yang bisa dibuka dan di tutup seperti di Masjid Nabawi Medinah, akan tetapi payungnya dibuka ketika Sholat Jumat, Sholat Idhul Fitri dan Sholat Idhul Adha. Bedanya dengan di Masjid Nabawi Madinah payung di buka setelah sholat subuh dan ditutup menjelang sholat maghrib,  marmer di Masjid Nabawi dingin kebalikan dengan di Semarang marmernya panas nyos di kaki huhuhuu jadi kangeeenn ke tanah sucii ( Umroh mandiri ala kami 11jtan mewah berkat tiket promo MH )

Ya Allah panasnya semarang cetar banget memang sejak awal saya request ke suami.menginap di tempat yang ademmm sejuk. Cuss lah kami ke Salatiga yang ademmm sejuk kami dapat penginapan familyroom view kereen selama 5 hr only 1 jutaan dg wifii cepat, kolam renang oke👌.
Lanjut yaa roadtrip java part 2 👈 jangan bosen yaa teman-teman.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Boleh kasih masukan yaa untuk ittinerary kami, untuk pacitan gunung kidul kami sudah explore Desember 2021 tapi masih kurang sih, Batu Malang sudah pernah juga roadtrip September 2021.

Posting Komentar

29 Komentar

  1. banyak juga ya mba temapt - tempay yang disinggahi dalam trip kali ini... nuansanya mistis lagi hehehe, pasti jadi pengalaman tak terlupakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess mbakuu Indonesia keren dan masuk jajaran alam keren no.1 setelah new zealand lho.

      Hapus
  2. aku belum pernaahh jalan2 ke kota tua SMG
    Mupeng bangett euyyy
    Apalagi lihat pics dan spot2 yg dikunjungi kluarga mba Yeni.
    beneran bikin pengeeennn!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Explore kota tua semarang murah meriah bayar parkir doang hehehe spot foto banyaakk banget

      Hapus
  3. 4 tahun saya tidak khusus berlibur ke kota Semarang mbak. Ada niatan mampir ke gerejaBlenduk peninggalan Belanda tapi waktunya tidak keburu. Btw penasaran nih ada makam tua di dalam pabrik, tidak seramkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kami tidak ada yg aneh atau hawa aneh tp teman yg sebelumnya ke sini bilang dia denger suara langgam jawa sama merinding.

      Hapus
  4. Seruuu, family trip dengan itenary yang banyak dan disuguhi Semarang yang Puanas langsung nyesss nginepnya di Salatiga. Ga pernah ngebosenin ke Semarang dengan ikon2nya di atas, meski bolak bali tapi dengan orang2 yang berbeda membuat kisah sendiri.

    BalasHapus
  5. Dari semua tempat yang diceritakan, hanya Pabrik Gula Ajibarang yang belum aku kunjungi. Sudah beberapa kali liat fotonya teman-teman traveler, tapi baru kali ini tahu di dalamnya ada makam kuno. Dari foto lorong dan lainnya, terasa aura yang agak kurang berani buat saya sambangi jika sendirian :D Apa benar begitu?

    BalasHapus
  6. masya Allah indah sekali pemandangannya pastinya bikin betah dan kembali dengan fresh abis ke sini deh

    BalasHapus
  7. Dari destinasi di atas, aku baru ke Mesjid Besar Semarang.

    Aku masih ingat rasa takjubku melihat megah dan luasnya Mesjid Besar Semarang ini.

    Sama!
    Pas ke sini payung mesjid ala Nabawi juga masih kuncup.

    Suka banget sama awan di koleksi foto di atas!
    Awan selalu sukses membuatku terpana.

    Btw,
    Road trip itu memang seru pisan!
    Apalagi bareng kesayangan!

    BalasHapus
  8. Senangnyaa yang bisa keliling Jawa. Banyak tempat menarik yang wajib dikunjungi di pulau Jawa ya, Mbak. Saya penasaran dengan pabrik gula Ajibarang, mirip sekali dengan stasiun tempat Thomas and Friends, ya. Anak laki-laki saya pasti senang sekali kalau diajak ke sana.

    BalasHapus
  9. Saya selalu terkesan dengan bangunan tua yang terlihat terawat. Karena desain bangunan tua tuh selalu terkesan elegan. Pengalaman yang mengesankan ya, Mbak

    BalasHapus
  10. Selama pandemi ini semua keinginan perjalanan jauh keluarga tak ada yang terlaksana. Sedih? Iya hiks. Padahal senang juga jalan sekeluarga. Pengen juga explore semarang mba karena pas ke Kudus nengokin mertua dan ipar yang sakit, tapi gak mampir ke Semarang. Have fun sslalu mba :)

    BalasHapus
  11. Wah, menyenangkan sekali Mak. Meskipun Makmin cuma bisa membaca artikelnya saja sudah berasa traveling virtual. Semoga sekeluarga sehat selalu Mak, jadi masih bisa traveling mewujudkan tempat tempat lain yg belum dieksplor. Btw itu pas di pabrik gula kayak berasa sedikit merinding ya Mak. Apalagi masih ada makam kuno nya di bagian produksi huhuhu. Semoga Makmin pun keturutan bisa ke sana ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada merinding2nya sama sekali maak suasana biasaaa banget

      Hapus
  12. Roadtrip tips-tips asyik betul nih. Pas juga anak balik online. Aku beberapa kali ke Semarang, Kota Tua tapi belum benar-benar jelajah. Nanti deh kalau pandemi udah lewat. Jangan lupa jaga kesehatan, Mbak

    BalasHapus
  13. Seru banget roadtripnya, kak Gusti..
    Aku kalo pulkam memilih titik-titik seperti Semarang, Jogja, Solo untuk sengaja menginap semalam.
    Tapi rasanya selalu ke situ-situ aja, hihii..

    Rasanya pengen kemanaa gitu yang beda.
    Nah, ini kanya seru nih..Roadtrip Java part 2.
    Aku menantikan tulisan selanjutnya....

    BalasHapus
  14. duh enaknya bisa trip kaya gini, aku baru lewat 1000 pintunya semarang doang tahun lalu pas mudik karna mbahku meninggal hihi seru kayanya ya mba

    BalasHapus
  15. Hehe lumayan ke klenteng di kota lama Semarang mengobati tertundanya jalan2 ke Beijing ya mbak :D
    Wah makam siapa mbak yang ada di pabrik itu? Apa owner pabriknya?
    Seru banget nih jalan2nya ke kota lama Semarang, moga kapan2 bisa ke sana juga, kyknya banyak yang bisa dieksplore yaa

    BalasHapus
  16. Asyik banget roadtripnya... Di Jawa aja banyak banget yang bisa dieksplor ya... Seneng deh diajak jalan-jalan dengan baca artikel ini...

    BalasHapus
  17. waktu ke sekarang dah lama banget itu pun jaman kuliah baca ini jadi kepingin explore lagi... nah kepingin banget Pabrik Gula Ajibarang. Banyak sejarahnya yaak sayang banget sebenarnya

    sama yg di Cirebon 3th lalu tutup krn Indonesia bnyak gula impor��

    BalasHapus
  18. Wah belum pernah ke pabrik gula. Bagus ya dalamnya, masih dibiarkan asli dan masih kokoh. Jadi pengen deh suatu hari nanti ke pabrik gula ini, eksplor sampai ke dalamnya.

    BalasHapus
  19. Selalu seru dan ada banyak kisah bagus yang bisa jadi pelajaran dari setiap perjalanan yang dilakukan. Sehat selalu ya mbak dan keluarga

    BalasHapus
  20. Seru banget mbak explore Jawa. Dari Jawa tengah sampe Jawa timur. Aku belum pernah explore pabrik gula, kalau explore gini jadi tau juga ya proses pembuatan gula

    BalasHapus
  21. Saya beberapa kali ke Semarang. Kunjungi saudara yang di kota Semarangnya. Malah bingung mau ngajak saya ke objek wisata apa, hehehe. Katanya bagusan di Bengkulu, kalo baca artikel inj jadi dapat info objek wisata lainnya selain akhirnya saya malah di ajak ke borobudur atau ke Batu

    BalasHapus
  22. asyik muter-muter semarang, dulu aku ke semarang cuma mal ke mal aja mak. temenku ga ngajakin ke tempat-tempat beginian mungkin tau sayanya model orang yang malesan pergi-pergi padahal seru juga kulineran ya muter2

    BalasHapus
  23. Seru banget ini bisa road trip di Jawa Tengah. Huhu bikin ngiri. Semua tempat yang jadi kebanggaan di Semarang bisa disinggahi. Kepengen juga ih. Aamiin. 😆

    BalasHapus
  24. Dudududu, aku setiap ngelihat peninggalan pabrik gula kok serem banget ya. Ini mana ada makam di tengah mesin, jadi berasa horor banget. Itu lorong asapnya juga bikin aku merinding, mba

    BalasHapus
  25. Ternyata semarang memiliki banyak sekali tempat wisata ya mba. aku belum pernah kesana. Pabrik gulanya bagus banget

    BalasHapus