Cara Mengirim Koper Di Jepang antar penginapan atau ke bandara

Assalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh, semoga sehat selalu ya sobatku. Kali ini saya akan bahas cara pengiriman koper antar kota di Jepang supaya hemat tenaga.

Buat teman2 yang gila belanja ketika baru sampai di jepang padahal Ittinerary masih banyak dan berpindah-pindah kota, bisa praktekkan cara ini yaitu mengirim koper ke bandara atau penginapan kita terakhir sebelum pulang. 

Kemarin kami mencoba menggunakan jasa post di dua kota yang berbeda yaitu 
1. Pengiriman koper dari nagoya ke Osaka 
2. Pengiriman koper dari Gero ke Osaka 

Adapun tata caranya :
A. Ambil blangko warna biru dan ikuti petunjuk pengisian seperti di gambar : 
1. Tulis alamat tujuan : saya tulis alamat apartemen yang kami sewa ketika tanggal kedatangan koper
2. Tulis alamat pengirim : saya tulis alamat penginapan pada saat itu Jangan lupa Isi Nomor HP ya
3. Tanggal kirim hari itu, contoh tgl 9
4. Tanggal barang sampai, di foto blangko saya minta barang sampai tanggal 12 ketika kami sudah kembali ke osaka
5. Kisaran waktu kedatangan barang, dilingkari yaa
6. Biaya yang tulis petugasnya koper saya kena biaya 1680 yen 
7. Deskripsi Barang 
Kalau sudah diisi blangkonya silakan ambil antrian, ketika sudah dipanggil tinggal sodorkan blangko, koper ditimbang dan bayar deh.

Pengalaman kemarin Karena Sampai apatemen malam, koper datang tidak ada orang akhirnya keesokan harinya kami datang the kekantor pos terdekat di namba dengan menunjukkan bukti blangko biru.
Kedua koper ini kami kirim ke Apartemen Namba Osaka kami cuma bawa ransel dan baju untuk 3 hari karena trip kami explore ke Gunung Tateyama Kurobe, yang koper coklat kirimnya dari Nagoya, koper biru kirimnya dari Gero.

Segala hal yang baru bikin kami excited termasuk pengiriman paket makanan antar kota di Jepang dan pengiriman koper. 
Cek dulu di google map lokasi kantor pos kebetulan dekat dengan stasiun Nagoya, lokasinya di area perkantoran jalan utama Nagoya. 

Bismillah masuk ke kantor pos yang kecil, mempelajari alur dulu biasanya kami diam sambil memperhatikan orang-orang di ruang tersebut. Ternyata kami harus ambil nomor antrian terlebih dahulu, diarahkan untuk mengisi form.
Setelah form terisi dan giliran nomor antrian kami di panggil, menuju meja di timbang dulu kopernya, ketik ketik bayar deh.
Untuk yang paket makanan harus menggunakan box yang sudah di sediakan di kantor pos. Kami membeli box kemudian di timbang dan bayar deh.

Seperti di Indonesia ada pilihan mau paketan berapa hari sampai, untuk bahasa bisa bahasa inggris di Nagoya tapi di Gero pada ga bisa boo, jadilah bahasa tarsan 😀. 

Kantor pos di Nagoya
Mesin antrian
Meja Petugas
Pemilihan Box kalau kirim.pake box
Box yang saya pilih untuk mengirim paket makanan kering buat suami teman yang di Jepang tapi beda kota.
Ini biaya pengiriman paket makanan kering antar kota di Jepang dengan packagingnya berupa box ukuran medium.
Ini Biaya pengiriman 1 koper kami
Form ini untuk pengiriman Internasional
Tabel Biayanya 

Selain di kantor pos juga bisa mengirim koper via mini market terdekat.

Ketika sampai di apartemen Namba Osaka kami sudah curiga soalnya di Jepang kalau menginap di Apartemen self service mulai dari lokasi kunci di loker di info lewat email kode pinnya nanti cek out juga dikembalikan ke tempat semula. Urusan koper pasti petugasnya tidak menemukan kami karena kami baru sampai apartemen malam, alhasil besoknya kami langsung ke kantor pos terdekat dari apartemen tinggal menunjukkan resi saja, koper kami ambil.

Bisa juga ya pengiriman koper ke bandara, nanti pengambilannya di counter bandara.

Pengalaman kami selain menggunakan jasa Pos juga pernah menggunakan jasa YAMATO TRANSPORT salah satu perusahaan transportasi terbesar di Jepang. Bisa mengirim koper atau menitipkan koper. Pengalaman kami menitipkan koper di stasiun Namba Osaka ketika Pertama kali ke Jepang 2016.
Tarifnya lebih murah dibandingkan loker coin, mencari lokasinya tetep menggunakan google map. Waktu tahun 2016 loker coin 700 yen di Yamato 500 yen koper plus tas spt di gambar.

Selain pengiriman koper teman-teman juga wajib tahu lokasi loker coin. Fungsi loker untuk penitipan koper sehingga kita jalan-jalan tanpa ribet geret-geret koper dan hemat waktu dari pada balik ke apartemen buat cek out mendingan pagi langsung cabut sekalian.
(doc.pribadi) UENO PARK
(docpri) Skytree Tokyo
(docpri) 500 yen dengan cara memasukkan coin 5 biji supaya pintu loker terbuka dan kunci kita bawa ini untuk ukuran koper kecil, koper besar 700 yen tarifnya.
Lokasi loker coin di Pusat Belanja Rynku Osaka.

Loker Coin ada yang pakai kunci, ada yang password dan ada yang pakai kartu khusus. Namanya newbie dulu saya dan suami membaca berulang kali tata cara pakainya ada di setiap pintu loker kok. Self service tidak ada petugas sama sekali disini soalnya, jangan takut mencoba hal yang baru ya teman-teman kalau terkendala bahasa tinggal sorot camera pake google translate.

Perhitungan waktu loker coin ada yang 24 jam ada yang mulai jam 00.00 - 23.59 keesokan harinya sudah kena charge, maksimal penyimpanan 3 hari. Jika terjadi masalah bisa minta tolong kepada petugas terdekat misalkan Loker Coin di stasiun bisa ke petugl0as stasiun.

Loker coin ini tidak hanya ada di Jepang saja, di Masjid Nabawi, Eropa atau negara lain ada, bahkan di stasiun gambar Jakarta juga ada.

Sekian dulu ulasan saya semoga bermanfaat
Wassalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh. 

Serba serbi pengalaman familytrip ke Jepang 

Posting Komentar

16 Komentar

  1. Sering banget nih lihat tempat penitipan barang pas nonton drakor hehe. Lumayan praktis ya kalo kirim koper gini, jadi nggak perlu lagi sibuk geret koper waktu jalan jalan.
    Makasih tips dan caranya mbk

    BalasHapus
  2. Wah ini cara praktis banget & biar menghemat tenaga ya mbak selama di Jepang jadi gak repot. Ternyata koper bisa dikirimkan bia mini market juga ya di Jepang aku baru tau. Membantu banget pastinya postingan ini
    Kalau loker coin aku pernah lihat nih sebelumnya.

    BalasHapus
  3. Praktis banget yaa...
    Kepikiran begini, alhamdulillah jadi gak lelah. Travelling dan belanja tetap jalan teruuusss..

    Aku pikir tadi kirim kopernya dari JPN ke Indonesia, kak Gusti.
    hehhee...kejauhan yaa..

    BalasHapus
  4. Praktis sekali, jadi pas keliling tinggal bawa ransel aja, koper dah dikirm ke next penginapa. Meski horor juga baca formnya hahaha..Tulisan Jepang semua itu. Syukurlah hari gini udah ada Google Translate ya
    Komplit infonya,keren mbak

    BalasHapus
  5. Saya dulu suka bingung lihat orang jalan-jalan keluar negeri dengan koper banyak dan besar-besar. Belum ngeh pada konsep jastip soalnya hehehe

    Yah Jepang emang ramah untuk turis ya. Dimana-mana banyak self service. Karena apa-apa disana mahal, self service seperti penitipan koper di locker coin ini akan sangat membantu

    BalasHapus
  6. menarik banget ini, memudahkan dan bikin nyaman saat traveling ke Jepang dalam kurun waktu yang lama. dan aku baru tau lho ternyata bisa paketin koper di Jepang.

    BalasHapus
  7. Aku kenal locker gini pertama kali di KL. Iya juga sih jadi ga repot geret koper.
    Trus yang kirim koper lewat POS menarik Walau enggak ada English-nya. Hahaha. Pake Google Lens Kali ya supaya jelas artinya

    BalasHapus
  8. Wah memudahkan banget nih mak. Aku inget pernah harus ke Changi dulu buat nitip koper terus balik lagi ke kota buat jalan2 sampai malam hahaha

    BalasHapus
  9. Kalau ada titip koper gini enak ya Mak..ga ribet jalan2nya. Ga berat geret2 koper. Eh ya, juga enak jastipnya :)
    Kalau di Indonesia ada ga ya macem gini? Serius nanyak..

    BalasHapus
  10. Ternyata bisa ya kirim2 koper gini dan estimasi waktunya tepat. Kalau di indonesia belum bisa mesti waktunya

    Makkkk dirimu ga coba buat bukuu lengkap dan runut banget tulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin doakan ya maak bisa membuat buku pengalaman familytrip kami

      Hapus
  11. Jadi simpel ya mba, gak capek bawa-bawa beban selama perjalanan. Kalau aku pernah dulu ke Yogya, semua oleh-oleh dan baju kotor yang belum aku cuci aku kirim by ekspedisi ke Jakarta. Jadi perjalanan pulang ke Jakarta cuma nenteng ransel kecil wkwkw

    BalasHapus