Umroh Mandiri Budget Minimalis Rasa Maksimalis (*****) TOTAL habisnya 11 jtan gak sampai 12jt

Alhamdulilah semua terjadi atas ijin Allah kami sekeluarga mendapatkan rejeki tiket Malaysia Airlines jakarta-madinah pp sekitar 2 jutaan tepatnya pada 1 Desember 2018, untuk keberangkatan 28 oktober - 
5 November 2019. 
Untuk dapat tiket ini benar2 rejeki dari Allah lewat aplikasi TIKET.COM, awalnya kami gagal bayar, harga kembali normal, akhirnya selang beberapa jam kami coba mencari lagi akhirnya berhasil.
Mungkin berkat doa mertua dan Orang tua juga karena menginginkan kami umroh, padahal saya pribadi pengennya Umroh bersama anak suami dan menginap di Hotel terdepan supaya anak-anak tidak kelelahan. Secara coretan tangan butuh kerja keras bagi kami untuk bisa umroh bintang lima karena pada saat itu tarif umroh bintang 5 per orang 33jt nah kali 4 sudah diatas 120 juta.

Tapi bagi Allah tidak ada yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak kan?. Tepat beberapa minggu sepulang kami dari jepang yang kedua kali dan mengajak mertua kami Famtrip hemat bangkok jepang 8 jutaan Allah memberi kami kemudahan mendapatkan tiket jakarta-medinah PP total 4 orang hanya 8 jutaan saja.

Setelah tiket kami dapatkan, saya pengennya benar-benar mandiri karena punya sodara yang mempunyai travel umroh dan bisa membantu soal visa umroh.
Perencanaan saya kalau benar -benar sendiri, antara lain :
- booking hotel free cancel via agoda selama di madinah dan mekah total habisnya 17 juta (hotel sesuai yg kami inginkan depan ka’bah di zam zam tower)
- transportasi rencana sewa mobil/naik Taksi / uber
- Visa melalui agent travel di sodara
- Mutowwif sewa dulu pernah survey tanya 200 real/ hari
- Makan breakfast hotel plus beli sendiri

Akan tetapi semua berubah semenjak join group wa yang berisi teman-teman yang dapat tiket promo Umroh dengan keberangkatan yg sama. 
(Jadi promo tersebut di set dari malaysia airlines kisaran tanggalnya sama, kalau geser tgl bulan lain harga normal, itulah kenapa banyak yang dpt tiket dg tanggal sama)

Awal mulanya jumlah peserta di group hampir 100 peserta, tapi setelah ketok palu penentuan LA (Land Arrangement) berkurang menjadi sekitar 54 orang plus dapat tambahan peserta reguler 6 orang sehingga total peserta 60 orang (include 4 infant, dan ibu sudah sepuh naik kursi roda)

Langkah -langkah yang kami ambil kemarin dalam pemilihan LA (Land Arrangement) antara lain :

1. Pemilihan hotel di mekah, sepakat memilih Hotel Pullman Zam-zam tower
2. Pemilihan hotel di madinah, pilihan jatuh di depan gate 25 supaya memudahkan jamaah perempuan : hotel andalus. Kebetulan gak pada ngeh ternyata ini hotel bintang 3 fokusnya pada dekat dengan gate 25

3. Survey LA (Land Arrangement) 
berdasarkan hotel yg kami pilih. 

4. Berbagai LA sudah mengeluarkan harga, manusiawi kan ya kami pilih yang paling murah (Maaf nama LA tidak dapat kami sebutkan)

5. Adapun rincian biaya LA yang kami pilih all in yaa adalah
-  kamar Quad total all in $660 ( sekamar 4 org)
- kamar Triple  all in $690 (sekamar 3 org)
- kamar double $740 (sekamar 2 org)

Fasilitas yang kami dapet
- visa + siskopatuh
- handling 
- mutowwif  
- city tour mekah medinah 
- makan 3x sehari uenaaak kenyang
- snack + minum ketika city tour 
- air zam-zam 5 liter 
- biaya mahrom  +250rb (bagi perempuan sendirian)
- infant free 
- cover koper & slayer 
- paket ayam Albaik untuk makan malam ketika pulang karena penerbangan Sekitar pukul 22:55

Untuk ittinerary standart akan tetapi satu hari sebelum pulang 10 personil naik ke gua hira’, termasuk saya sekeluarga. Pengalaman menakjubkan sholat maghrib di atas gua hira.
Selepas sholat ashar kami ber-10 naik Taksi innova pp  100 real menuju lokasi pendakian goa hira. 
Anak saya krudung hijau dan kaos biru cowok cewek belakang ustadz ini di atas goa hira. Jalannya nanjak banget tp anak2 krn biasa traveling mereka pertama sampai atas.
suami san anak2 miring2 karena memang kontur yg atas goa hira spt ini.
Ini hanya kami yg habis ashar cuss naik taksi ke goa hira trekking masya Allah sholat maghrib di atas sini, kami bawa minuman botol banyak buat wudhu disini. Zamzam tower kelihatan. 

Dapat tawaran juga sih kalau mau ke thaif nambah 100 real Karena lokasinya jauh, tapi kami skipp next InsyaAllah bisa kembali lagi.

Alhamdulilah selama umroh kemarin berasa seperti keluarga, heboh, seruu dan pak ustadz-nya juga seru. 
Makanan melimpah & uenakk, pulang menuju bandara medinah dapat paket ayam hits  merk Albaik. 
Selama di mekah medinah tidak kalah seru mulai bahasan kuliner sampai produk jastip. 
Ada suka ada juga duka, karena salah seorang teman kami mengalami keguguran sewaktu di mekah,  beberapa teman lain  banyak yang drop sakit ketika di mekah mungkin Karena cuaca yang teramat panas. 

Terima kasih Malaysia Airlines atas tiket promonya dan kesempatan merasakan duduk di lantai 2 dengan kondisi pesawat kosong melompong serasa pesawat sendiri. Lagi-lagi doa kami terkabul, sebelumnya anak saya bontot pengen bisa merasakan naik pesawat 2 lantai, gak di sangka ternyata Malaysia Airlines yang kami tumpangi 2 lantai dan kami ambil kursi di lantai 2 kosongg mlompong bak pesawat sendiri (detil video ada di youtube ya).
Pilih kursi suka suka karenaa mlomponggg di lantai 2.

TAMBAHAN BAGI YANG MAU SENDIRI UMROH BACKPAKER TANPA LA(Land arrangement)
Langkah-langkahnya :

1. Tiket hunting jauh2 hari cari murah tentunya, Landing madinah krn kalau jeddah susah harus ada yg handling. Bisa klik disini kalau via TIKET.COM atau traveloka atau skyscanner

2. Hotel booking di agoda setelah booking pastikan hub hotel by email juga bisa memastikan pesanan kita sudah masuk. Takutnya disaat peax season pesanan kita di batalin diutamakan yg group.

3. Transport bandara ke hotel bisa taksi atau uber, banyak di medinah. Pemakai uber pertama kali malah dpt diskon.

4. Tujuan nya kan ibadah jd kegiatan hotel-masjid doang kan, nah kalau mau city tour medinah ada bus citytour lokasi depan masjid nabawi. Yang bus warna hijau tarif sekali jalan 5 real (20rb), tarif tujuan berikutnya 3 real (misal masjid nabawi ke masjid quba, masjid quba lanjut ke jabal uhud dkk). Ada juga bus hop on and off tarifnya berlaku 24 jam bebas naik turun harganya 40 real (160rb), kalau cuma naik saja tidak turun 25 real 
5. Transportasi medinah ke mekah bisa naik :
     - kereta cepat cuma 2 jam kalau naik bus atau taksi 6 jam, tiket 145 real akan tetapi dlm seminggu cuma 3x jadwalnya 
     - taksi sedan isi 4 orang tarif per orang 100 real bs nego dlm bahasa indonesia atau inggris 
     - taksi innova Isi 7 orang tarif per orang 50-80 real bisa nego

6. Pengambilan miqot di masjid bir ali lokasi sekitar 11 km dari kota medinah. Sopir taksi pasti mau minta berhenti sebentar untuk melaksanakan solat sunah 2 rekaat ihrom dan niat umroh sekalian berpakaian ihrom bagi laki2.

7. Tuntunan dan bacaan2 selama umroh (tawaf sa’i) bisa sambil bawa buku doa atau lihat tata cara di youtube banyak)

8. Transportasi di mekah bisa naik uber dan bus juga murah 

9. Visa saja yg membutuhkan bantuan travel agent 

Sepulang kami umroh, ada teman yang nekat benar-benar mandiri lho, bahkan di mekah pindah hotel berbintang semua sampai 2x dengan view ka'bah.

Semoga bermanfaat ya temen2 dan "JANGAN TAKUT BERMIMPI"

Versi youtube komplit dengan penjelasannya Umroh Mandiri 11 jutaan All in
Versi penjelasan tiap foto ada di fb Gusti Yeni Kusumaningrum

Nb : Release pengalaman nyata teman saya hanya 3 orang perempuan semua UMROH MANDIRI PERDANA UMROH BAHASA ENGLISH PAS PASAAN SIMAK KISAHNYA DI LINK INI 


Jenis - Jenis Visa yang bisa untuk Umroh bisa di simak di link ini


Update November 2022
- Vaksin Maningitis TIDAK PERLU
- Tanpa Mahrom boleh

Tidak ada yang tidak mungkin kalau Allah sudah berkehendak, haji tahun 2021 kemarin teman saya masuk jajaran dapat panggilan haji dengan jalur spesial lho beliau bersama keluarga, Wallahualam apa amalannya hingga dapat undangan khusus hanya Allah yang tau.


Silakan mencoba yaaa jangan takut salah ketika hunting tiket sebelum proses pembayaran, klik disini TIKET.COM SUKA PROMOO

Posting Komentar

38 Komentar

  1. Masyaallah, Mbak sekeluarga bisa umroh mandiri, tetapi kualitas oke, alhamdulillah. Turut senang bisa mengikuti perjalanan keluarga Mbak Yeni meski lewat tulisan 😅 Semoga nular 😍

    BalasHapus
  2. Subhanallah.. senangnya bisa pergi ke sana.. ini bisa jadi masukan kalau sudah ada rezeki utnuk pergi Umroh.. makasih banyak yaaa

    BalasHapus
  3. Masyaallah ya mba kalau ada kemauan semua pasti terlaksana, ingin juga umroh mandiri ini mengingat umroh resmi di Indonesia sendiri bisa sampai 30 jutaan sekarang kalau mau dapat fasilitas dan jalan2, terima kasih infonya ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul apalagi sekarang ini mesti karantina total 22 hari

      Hapus
  4. Alhamdulillah ya mba bisa umroh bareng keluarga. Itu nikmat yang tiada rasa. Semoga bisa kembali ke Mekkah lagi usai pandemi ini. Aamiin

    BalasHapus
  5. Selamat ya sudah kesampaian di kala pandemi belum terjadi. Saya turut bersyukur untuk impian yang terwujud ini. Salam buat keluarga, ya..

    BalasHapus
  6. MaasyaAllah... dulu saya hampir ingin begini pas masih single. Tapi belum kesampaian karena saat itu bingung di visa-nya. Pengalaman yang sangat seru ya bund ini. Semoga saya dan keluarga kelak bisa ke sana. Aamiin ya rabb

    BalasHapus
  7. sebenarnya aku pernah menawarkan umroh mandiri tanpa travel ke auami tapi kata suami malah makin susah saat di bandara karena pengalaman suami waktu di bandara banyak lihat org yg diinterogasi dan segala kesulitan yg diperoleh. Tapi kalo ada travel agent jadi mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sepulang aku umroh, 3 temenku murni sendiri bersama pasangan amaan mba gada drama ditanya macem macem

      Hapus
  8. masyaallah mba gusti pengalamannya menginspirasi

    salam semangat

    BalasHapus
  9. Masya Allah, ini impianku juga mau umroh bersama keluarga. Seru banget ceritanya, Mbak. Semoga aku dan keluarga bisa segera beribadah di tanah suci Mekah. Aamiin.

    BalasHapus
  10. alhamdulillah banget yaa mba.. sesungguhnya rezeki Allah SWT memang nyata adanya. Makasih buat semua referensinya ya mba.. aku juga pengen umroh dan naik haji dengan keluarga

    BalasHapus
  11. Sebuah keberkahan bisa umrah sekeluarga. Dan bisa juga dapat biaya murah sekali biaya tiketnya ya mba. Senang sekali. Semoga Allah berikan juga kesempatan kita semua untuk bisa menunaikan ibadah haji dan umrah sekeluarga. Aamiin

    BalasHapus
  12. Masya Allah bener banget mba atas ijin Allah apapun bisa terjadi. Semoga aku dan keluarga juga dimudahkan untuk melaksanakan ibadah umroh. Terimakasih sudah sharing mba jadi punya gambaran kalau mau blakpackeran

    BalasHapus
  13. Masyaallah bahagianya bisa umrah sekeluarga, impian kami juga tu mbak. Aku izin save ya upaya bisa ngikutin step by step nya insyaallah bisa kesampean juga umrah mandiri

    BalasHapus
  14. Silakan mammm semoga bermanfaat

    BalasHapus
  15. Semoga kita semua tahun ini dimudahkan dalam menunaikan umroh dan haji. molly sendiri udah ketunda nih dua tahun hikz

    BalasHapus
  16. Masya Allah .. baarakallahu fiikum, Mbak Yeni. Senangnya bisa umroh bareng keluarga seperti ini.

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah
    Alhamdulillah
    Alhamdulillah
    Senang dan bahagia saya membaca perjalanan umroh ini Mbak
    Semoga kita dimudahkan dan ada jalan Nya menjadi tamu Allah SWT. Aamiin...

    BalasHapus
  18. Masya Allah seneng banget bisa umroh sekeluarga dengan harga hemat. Jadi kepengen nih. Tapi harus pinter-pinter cari promo dan jalan ya. Semoga semuanya dimudahkan beribadah di tanah suci.

    BalasHapus
  19. Merinding bacanya, kak Gusti.
    Allah punya rencana terbaikNya untuk memanggil hambaNya agar lebih dekat. Dan ketika hambaNya pun menjawab, kun fayakun..
    Semua gak ada yang gak mungkin.
    Indah sekali kisah perjalanan hajinya. Yang perlu digarisbawahi adalah segala yang diinginkan bisa terwujud, bagaimana caranya, Allah sajalah yang sebaik-baik memberikan takdir.

    Barakallahu fiikum, kak Gusti atas berbagi pengalamannya.

    BalasHapus
  20. Masyaallah barakallahu fikum, ini impianku banget umroh bersama suami dan anak serta mantu. Senangnya ya mbak, anak-anaknya pasti menjadi kenangan terindah buat mereka.

    BalasHapus
  21. Jadi kepengen umroh dan haji. Semoga dimudahkan jalan dan rezeki

    BalasHapus
  22. MasyaAllah aku juga pengennnnn
    sekarang lumayan kan biayanya :") x 5 orang lumayan juga :")
    makasih pengingatnya, jangan berhenti mimpi sapa tahu dipermudah ke sana

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah, Mbak nya bisa umroh bareng keluarga. Impian umroh bareng keluarga terwujud juga.

    BalasHapus
  24. Insya Allah tidak putus berharap suatu saat nanti bakalan bisa ke Baitullah juga bersama keluarga tercinta. Senang sekali membaca catatan perjalanan yang penuh dengan aura semangat gini. Memantik semangat semua muslim untuk segera bisa menjadi tamu Allah di rumahNya.

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah ya mbak, bisa umroh sekeluarga, dengan biaya yang sangat terjangkau. Terimakasih sudah berbagi tipsnya, semoga saya dan keluarga nantinya juga bisa mengikuti jejak mbak. Bisa umroh sekeluarga dengan fokus ibadah

    BalasHapus
  26. Amiin3x semogaa dimudahkan teman2 semuaa menjadi tamu Allah

    BalasHapus
  27. Ku simpen dulu ini infonya. Bismillah, jangan takut bermimpi. MasyaAllah rezeki banget ini mbak.

    BalasHapus
  28. MasyaAllah kalau udah rezeki pasti dipermudah jalannya kesana.
    Tulisan ini mau aku kasih liat ke pak suami biar dia punya keinginan ajak anak-anak umroh pas anak-anak udah SD nanti.
    Sekarang harganya udah melejit mbaa, berharap dapet tiket murah gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess mbaa tidak ada yg tidak mungkin rajin hunting tiket buat setahun kedepan mbaa...

      Hapus
  29. Mba Yeni, grup WA nya itu dr mana? Dr Malaysian airline ketika pesan tiket? Atau dr bentukan sendiri krn mau umroh bareng malaysian air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentukan sendiri kumpulin orang2 fb yang pada punya tiket umroh 2jt pp

      Hapus