Tateyama Kurobe Alpine Route Jepang Wajib di kunjungi ketika musim panas di Jepang (26 Juni 2023)


Musim panas liburan ke Jepang???
Apa ga panas banget sihh? Mana musim libur sekolah apa ga antri dimana mana???

Uhuiii kami datang ke tempat yang adem-adem di gunung, tepat di tanggal 26 Juni 2023 kami melakukan perjalanan ke Gunung Tateyama. 

Rute unik dan spektakuler melalui Alpen Jepang Utara dimana moda transportasinya selesai dibangun pada tahun 1971.

Perjalanan ini bukan yang pertama tapi kedua buat saya sekeluarga, terakhir sebelum pandemi di bulan Juli 2019 dan ketika pandemi Tateyama di tutup baru buka lagi mulai April 2023 tanggal 15 kemarin.

Tateyama Kurobe Alpine Route ini hanya dibuka mulai 15 April - 30 November saja setiap tahunnya, jadi termasuk kategori destinasi yang tidak biasa kan...

Tateyama kurobe alpine route ini masuk dalam perfecture Toyama rute ini menghubungkan Kota Toyama (Perfecture Toyama) dan Kota Omachi (Perfecture Nagano), jauh dari Tokyo maupun Osaka yaa, nah Gunung Tateyama ini merupakan bagian dari Pegunungan Alpen bagian utara. 

Untuk menuju Gunung Tateyama dilalui dengan berbagai moda transportasi seperti kereta, electric bus, cable car, trolley bus dan ropeway, rute yang menembus pegunungan pada ketinggian 2500 meter dan memiliki panjang kurang lebih 90 km, pokoknya kereen banget deh.
Kunjungan kami yang kedua ini, menggunakan jalur yang berbeda, kalau di tahun 2019 kami start dari stasiun Dentesu Toyama (menginap di Toyama) berakhir di Shinano Omachi (menginap di matsumoto) sekarang kebalikannya kami menginap di Matsumoto naik kereta ke Shinano Omachi lanjut naik bus ke ogizawa berakhir di Toyama tapi menginapnya di Kanazawa.

Tata Cara Booking Tiket Tateyama Kurobe Alpine Route

1. https://www.alpen-route.com/en/ atau bisa klik link ini web tateyama kurobe

2. Ini list harga tiket yang kami beli
Paketan Tateyama sendiri mulai dari Ogizawa sampai Dentetsu Toyama seharga 
Dewasa  12.170.yen
Anak         6.100 yen

Dari Shinano Omachi ke Ogizawa naik bus tiket terpisah seharga
Dewasa     1.650 yen
Anak              830 yen

Sebelum dan sesudahnya kami menggunakan tiket Jr Pass. Rutenyaa dari Ueno Tokyo menuju Nagano lanjut pindah kereta ke Matsumoto semua menggunakan kereta cepat Shinkansen karena jauhh dari tokyo butuh waktu 3.5 jaman.

Singgah dan menginap di Kota Matsumoto tepatnya di Hotel Matsumoto untuk persiapan pagi-pagi jam 6.30 cabut dari Hotel menuju Shinano Omachi.

Bisakah ke Tateyama Kurobe langsung dari Tokyo???

Jauhh bisa memakan waktu 5 jam lebih waktu terbuang sia sia tidak puas bermain kalau dipaksakan yaa...

Urutan Trip Tateyama Kurobe dari Shinano Omachi 

1. BUS SHINANO OMACHI - OGIZAWA
Shinano Omachi stasiun lanjut naik bus di depan stasiun menuju Ogizawa. Pemandangan selama diperjalanan hutan, pedesaan nan sepii warna hijau menyejukkan mata.

Waktu tempuh 40 menit sampai 1 jam

2. BUS TEROWONGAN KANDEN OGIZAWA - KUROBE DAM

Ogizawa menuju Kurobe Dam menggunakan electric bus. 
Nah di Ogizawa ini tiket online yang kita beli ditukarkan nanti dapat ganti tiket tipis seperti Jr Pass, hati-hati ya jangan sampai hilang karena disetiap pemberhentian naik moda transportasi di scan tiketnya.

Electric Bus yang membawa kami menuju Kurobe Dam alias bendungan besar jalur yang di lalui tanjakan naik gunung, kemudian terowongan dan hutan.
Waktu tempuh 15 menit

3. KUROBE DAM MENUJU KUROBEKO

Sampai di Kurobe Dam jalan kaki ada 2 jalur mau naik tangga ke atas nanti melihat pemandangan dari atas kemudian turun kebawah pakai tangga atau jalan kaki memasuki lorong goa menurun.

Kedua jalur tersebut sama-sama bertemu di Bendungan besar dan TERDALAM YANG ADA DI JEPANG. KUROBE DAM dengan pemandangan yang cantik gunung yang sebagian bersalju, air tenang yang mengalir menuju pintu air yang besar. Dan kami dapat bonus melihat Pelangi yang berada di depan semburan air bendungan.

Begitu sampai kurobe dam berjalan kaki melewati jembatan kemudian masuk ke goa, kalau mau menyusuri bendungan dengan menggunakan kapal juga ada lokasinya di dalam goa tepatnya di depan tiket untuk naik kereta berikutnya.


Dann sampai disini tiket anak saya Ichi hilang 😭😭 sudah dicari balik ke daerah bendungan tidak ketemu akhirnya beli tiket lagii.

Ini beli tiket kembali untuk naik kereta yang nanjak memasuki lorong goa seperti gambar dibawah ini.

4. KUROBEKO

Kereta ini unik banget miring kalau sudah berjalan naik dilorong yang gelap. Kereta atau cablecar ini berjalan di dalam terowongan satu arah anatara Kurobedaira dan stasiun Kurobeko (sebelah kurobedam)

Waktu tempuh 5 menit

4. KUROBEDAIRA

Kereta gantung sepanjang 1.7 km merupakan salah satu kereta gantung terpanjang di Jepang lhoo....

Pemandangannya woww banget antara bendungan Kurobe dan pegunungan di sekitarnya apalagi kalau mix warna hijau dan salju.
Waktu tempuh naik kereta gantung 7 menit

DAIKANBO 
Stasiun transfer antara Tateyama Trolley Bus dan Tateyama Ropeway, disini ada dek observasi bisa melihat pemandangan juga sudah nampak tumpukan salju juga di luar.



3. Tateyama Trolley Bus, DAIKANBO - MURODO
Stasiun kecil merupakan jalur transfer setelah naik Tateyama Ropeway / Gondola menuju Murodo. Kita akan diantar menggunakan bus bertenaga listrik yang menembus terowongan didalam gunung, kereen banget masya Allah.
Waktu tempuh sekitar 10 menit

4. MURODO TEMPAT SALJU, DINDING SALJU, DANAU MIKURIGAIKE DAN PEGUNUNGAN TATEYAMA

Murodo ini adalah titik tertinggi dalam rangkain trip Tateyama Kurobe Alpine Route ini.
Dari Murodo ini kita bisa melihat pemandangan pegunungan Tateyama, disini ada Hotel Tateyama tapi harga permalamnya amazing bingit kurleb 9 jutaan.

Disini ada mata air alami yang bernama Tateyama Tamadono Spring Water, mata air ini berasal dari salju yang mencair karena berasal dari salju yang mencair sehingga airnya sejuk segar meskipun musim panas tetap dingin.

Danau Mikurigaike
Danau yang berada di tengah - tengah tateyama kurobe alpine route berada di ketinggian 2405 meter keren banget apalagi terlihat campuran es dan air tapi kalau di tanggal 15 April semua masih tertutup salju sehingga danau tidak kelihatan.

Danau Mikurigaike ini terbentuk dari letusan gunung berapi Tateyama.
Bagi yang suka hiking ada jalur hiking di musim panas tapi kemarin kami datang jalurnya masih ditutup. Jalur hikkingnya mengarah ke puncak terdapat lembah neraka bernama Jigokudani, ada air panas alami juga disini alias onsen.

5. MURODO NAIK HIGHLAND BUS KE BIJOIDARA

Bagusnya di saat pembukaan tateyama tanggal 15 April, jalan yang dilewati bus ini kanan kirinya tembok salju tinggi, nah kemarin tembok saljunya sudah mencair menyisakan sedikit dibagian kiri jalan.
           Sisa sisa tembok salju kemarin
Selama perjalanan kami di dengarkan cerita dan foto video dari tv di bus tentang hewan yang ada di area hutan yang kami lewati, berhenti di air terjun yang kelihatan dari bus, pohon tua yang masih kokoh berdiri kemudian festival apa saja yang diselenggarakan di sana.
  Pohon tua 

Waktu tempuh 50 menit sampai 1 jam kalau capek pada bobo ketika di bus ini hehehe maklum busnya nyaman seat 2 - 2

6. BIJOIDARA MENUJU TATEYAMA ST
Biasa disebut Tateyama Cablecar kalau saya menyebutnya kereta dengan rute menurun tajam ke bawah, ngeri ngeri sedep masuk terowongan juga lhoo...

Waktu tempuhnya 7 menit

7. TATEYAMA ST NAIK KERETA API TOYAMA CHIHO KE DENTETSU TOYAMA

Setelah naik kereta yang menukik tajam alias turunan seperti kita turun dari bukit kebawah lanjut pindah kereta menuju ke Toyama City. 

Waktu tempuh sekitar 1 jam...

Nah begitu sampai di Kota Toyama kami kembali lagi menggunakan tiket Jr Pass, jangan lupa yaa di Toyama City ini ada starbuck indah di depan danau lokasinya kurang lebih 1 km dari stasiun Toyama.
Nb : 
1. Bagi teman-teman yang mau start dari Toyama lebih baik menginap di Toyama Chitetsu Hotel tepat di sebelah penjualan tiket Tateyama ada Hotel jadi pagi-pagi santuy...
2. Dilarang membawa koper yaa, koper titip loker saja atau kirim ke Hotel berikutnya, daripada di tegur petugas malah kena biaya mahal, pakai ransel yaa

3. Perhatikan jamnya yaa karena di Jepang serba ontime, setiap destinasi ada waktu untuk naik moda transportasi berikutnya supaya ga rugi waktu 

4.. Kalau landing dari Osaka mending pakai Jr Matsumoto 5 hari sudah include tiket tateyama kurobe plus keliling di jalur matsumoto, narai juku dkk, dari osaka naik kreta pake Kintetsu pass ini tu jalur saya di 2019 bisa cek disini rute2 cantiknya  




Destinasi kami berikutnya keesokan harinya ke sini tak kalah cantik Kurobe Gorge Railway

Posting Komentar

18 Komentar

  1. Aku baru tahu kalau di Jepang juga banyak wisata yang berada di pegunungan dan daerah-daerah hijau. Menyenangkan sekali jika bisa berkesempatan ke luar negeri walaupun cuma sekali, karena pastinya itu akan menjadi pengalaman yang paling berharga

    BalasHapus
  2. Lumayan jauh juga ya dari Tokyo ya. Tapi, terbayarkan dengan pemandangan yg mix salju dan pegunungan hijau ya mbak. Kalau hilang gitu selain beli tiket lagi, bayar denda juga gak ya mbak?

    BalasHapus
  3. Aku sering nonton yang kereta masuk ke lorong di Tateyama itu di youtube, sekarang mbak Gusti Yeni sudah sampai sana pasti seru banget ya. Jadi ingin ke Jepang juga nih, semoga bisa berpetualang seperti keluarga mbak Gusti Yeni.

    BalasHapus
  4. infonya detail banget mbak. makasih ya. pasti banyak traveler dengan incaran Jepang akan suka dan terbantu dengan artikel ini. Saya sih pingin tapi kalau sekeluarga, mesti siapin budget gede nih.

    BalasHapus
  5. Istilah kotanya masih prefektur, ya. Menarik.
    Karena sudah pernah ke sana 2x, infonya jadi detail dan kaya ya. Semoga kelak bisa ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfecture itu kalau di indonesia wilayah spt jawa timur jawa tengah di dalamnya ada solo semarang dkk...

      Hapus
  6. asyik banget nih mba main ke Jepang dan cari tempat yang adem- adem hehehe. Di sini juga lagi adem banget alias winter nih mba. Trip rame - rame begini seruuu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaa pasti tambah menggigil kedinginan ya mba di new zealand saat ini

      Hapus
  7. Wah perjalanannya lumayan juga ya, sambung menyambung, tapi enak ya semuanya sudah terintegrasi dan moda transportasi nya juga modern. Di sana karna daerah pegunungan tetep bersalju ya meski sedang musim panas. Save dulu ah siapa tau kalau ke Jepang bisa mampir ke sini

    BalasHapus
  8. Info fiawal pkstingan Ja udah sangat mengundang aplg membaca ingonya yg terperinci dan lengkap. Benar-benar sebuah wisata megah dan indah yg akan tetP melekat dlm hati dan pikiran serta kenangan anak2 sampai kapanpun. Berdegupnya hati x ya waktu naik KA menembus pegunungan. Subhaanallah manusia diberi ilmu teknologi secangggih ini.

    BalasHapus
  9. Wow what a long trip, tapi worth to try banget ini, inilah kerennya Jepang semua terhubung dengan fasilitas public transport yang nyaman dan on schedule ya mba... seru bangeeet...semoga kapan2 bs ke Jepang lagiii..Aamiin. numpang titip doa ya mba hehe. afirmasi

    BalasHapus
  10. Pokoknya musim apapun datang ke Jepang, pesonanya akan selalu membetot perasaan ya Mbak. Musim panas pun masih dingin terutama di Tateyama itu ya Mbak, secara area pegunungan. Benaran deh, posti Mbak Gusti selalu bikin kaki ikutan gatel pengen jalan-jalan :)

    BalasHapus
  11. Wah, asyiknya liburan ke Jepang mbak Gusti dan keluarga! Oh, jadi Tateyama ini istimewa ya, banyak wisatawan senang dan menikmati momen berharga. Naik kereta menembus pegunungan, naik bus juga, dll :) Lengkap nih mbak menceritakannya disertai tata caranya juga. foto2nya. Suamiku pernah dinas ke Jepang dua kali. AKunya belum hihihihi :D

    BalasHapus
  12. Meskipun musim panas, tapi gak masalah ya. Karena liburannya ke gunung Tateyama. Kalau mau ke sini kudu siapin fisik juga nih. Perjalanan cukup jauh, apalagi kalau dari Tokyo, gilee 5 jam. Waktu bakalan terbuang sia-sia.

    BalasHapus
  13. Foto-fotonya seperti yang di postcard dulu kala...cakep pakai banget. Danau Mikurigaike yang terbentuk dari letusan gunung berapi Tateyama itu juga, cantiknyaa...
    Pantesan pakai ransel ternyata ada larangan pakai koper!
    T o p b g t infonya Mba Yeni, thanks:)

    BalasHapus
  14. Yaaah pakai acara tiket hilang ya Ichi. Jadi beli tiket lagi deh. Tapi gak papa ya mam demi pemandangan indah. Rela.

    By the way itu lucu banget ya keretanya nanjak ke atas buat masuk ke lorong gua. Rasanya kayak mana ya naik kereta nanjak ke atas. Mbak itu saljunya keras ya kok kayak batu gitu ya bentuknya.

    BalasHapus
  15. Sore mbak Yen, piye kabare? udah lama nih aku gak baca tulisan travellingmu. Aku membacanya seperti ikut ada disana. Sempat salfok ketika mbak Yen di kereta api. Kok kaya kereta api commuterline kursinya? eh baru ingat kalau kereta Indonesia kan belinya di Jepang ya. Hmm...mata air alami Tateyama Tamadono Spring Water pastinya sejuk banget ya. Apalagi saat udara panas ya

    BalasHapus
  16. Mak dari kemaren baca perjalananmu ke Jepang seru banget sumpah. Apalagi aku baru nyadar walau ikut ngetrip bareng orang lain bukan berarti monoton malah menyenangkan ya

    BalasHapus