Hanoi Vietnam Juni 2024 Selama 5D4N Pesawat Malaysia Airlines

Assalamualaikum Wr Wb
Alhamdulillah di Lebaran Idhul Adha 2024 GustiYeniFamtrip bisa merayakannya di negara lain, setelah 2023 di KBRI Tokyo Jepang di 2024 kami merayakan di KBRI Hanoi Vietnam.
Perdana kami ke Vietnam tujuannya Hanoi, awalnya mau ambil tiket multicity landing ho chi minh pulang dari Hanoi setelah di pikir-pikir ga jadi karena Ho Chi Minh ke hanoi jauhhh. 

Nah untuk tiket landing Ho Chi Minh lebih murah dibanding Hanoi lho...

Waktu Tempuh Penerbangan 
Jakarta Hanoi naik Malaysia Airlines otomatis transit di Malaysia. Berangkat transit 1.5 jam jakarta ke Malaysia 2 jam, Malaysia ke Hanoi 3 jam jadi total terbang 5 jam plus transit jadi 6.5 jam.

Pulangnya transit Malaysia 6 jam kalau mau keluar nanggung karena Imigrasi ramai jadilah cuma muter muter di KLIA 1 yang kurang menarik.
Malaysia Airlines makanan kenyang Halal  Jakarta Malaysia dapat makan, buah, roti 2 sama butter. Malaysia - Hanoi juga dapat free bagasi juga.

Ittinerary 
Day 1=15 Juni 2024
- Jakarta - Hanoi transit KLIA 1 karena pakai Malaysia Airlines
- Pesan Airport Transport dari Bandara ke Liliane Hotel via Klook, nanti di bandara terpampang splang tulisan Klook dan nama pemesan.
- Cek in Hotel Liliane daerah Old Quarter
    Recomended menginap disini karena persis di area strategis Old Quarter kemana mana dekat, meski kecil hotelnya tapi kamar kami luas memanjang ada bathtub, makanan halal enak pho, pancake, aneka buah, teh kopi, satu lagi petugasnya super duper ramaah.

- Jalan jalan ke railway cafe, nongkrong sambil menunggu kereta lewat yang jadi ikoniknya vietnam, wajib 1 orang pesen makan/minum ya, kami pesan minuman 
- Niat hati mau ke museum ternyata sudah kesorean jadi sudah tutup
- Nongkrong di danau
- ke Pasar Malam Old Quarter lebih murah malau mah belanja belanja yg unik2 
Kemacetan vietnam dan kegaduhan klakson klaksonnya.

Day 2 = 16 Juni 2024 One Day Tour Ninh Binh (Hoa Lu, Bai Dinh  Trang An, Tam Coc) 4 orang 1.8 jt By Klook

Ninh Binh adalah Ibu kota kuno pada abad ke - 10 sebelum Raja Ly Thai To  memindahkan Ibukota ke Hanoi. Jarak Hanoi ke Ninh Binh sekitar 100 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam, keunikan tempat ini terdapat dua bukit kapur yang menjulang tinggi.

Kami ambil paket one day tour Ninh Binh di aplikasi klook dengan destinasi antara lain :

a. Hoa Lu 
Merupakan kawasan Ibu kota kuno vietnam, terdiri dari bangunan luass megah, terdapat kerbau yang bisa di tungganggi, bisa sewa sepeda atau motor.  

Cuaca disini super panas, sediakan payung, topi, rajin pakai sunblok.

Terdapat 2 temples dari peninggalan 2 raja, guide berkisah tentang sejarah dari dinasti ke dinasti dalam bahasa English.

Makan siang di Asia Restaurant menu vegetarian dan TIDAK ADA PORK ATAU LARD insya Allah aman. Makan siang prasmanan tapi untuk minuman beli sendiri. Rata - rata harga minuman 30.000 VND.

b. Bai Dinh merupakan Peninggalan Pagoda
c. Tam coc
Kereen alamnya Ninh Bind yg terdiri dari bukit kapur terdapat sungai di tengahnya dan kita bisa naik perahu menyusuri sungai sepanjang 7 km pulang pergi 14 km. Perahu dari besi tapi dikayuh dengan tenaga manusia, woww banget pemandangan spektakuler memasuki goa, melewati bukit sawah amazing.

Yang tidak amazing panasnya nampol tidak ada pelindung di perahunya jadi pakai payung dan topi yaa...suhu nampol mencapai 37 drajat kering anginnya panas.

Biaya sudah include di paketan tour ya, tinggal kasih tips ke pengayuh perahu 100 vnd/perahu.

d. Hang Mua 
Bukit kapur dimana kita bisa melihat pemandangan dari atas, tapi anak tangganya banyak tinggi ya siapkan stamina. Bagi yang tidak kuat naik bisa ke goa atau ke kebun bunga.
One day trip.ini sejak pagi jam 07.45 sudah dijemput, sampai hotel malam sekitar jam 8 malam. Puas sih karena perjalanan jauh, naik bus nyaman seat 2-2.


Day 3 = 17 Juni 2024
Sholat Idhul Adha di Kbri Hanoi
Alhamdulillah bisa berlebaran di Negara lain, Sholat Idhul Adha di KBRI dilaksanakan tanggal 17 Juni 2024, sedangkan di Masjid Al Noor yang merupakan satu-satunya Masjid di Hanoi di laksanakan tanggal 16 Juni 2024.

Dikarenakan tanggal 16 Juni 2024 kami one day trip ke Ninh Binh jadi ikut Sholat di KBRI Hanoi.

Masya Allah ternyata seruu Sholat di KBRI dengan jemaah yang tidak terlalu banyak, mayoritas WNI yang bekerja di KBRi, Perusahaan di Hanoi sisanya turis seperti kami, selepas sholat diadakan ramah tamah diakhiri dengan makan-makan prasmanan dengan menu Lontong Sate Padang dan opor Ayam Daging emmm yummy....

Berbeda dengan tahun sebelumnya 2023 kami Sholat Ied di KBRI Tokyo dimana yang sholat banyak sehingga di bagi 3 shift, nah kami dapar shift pertama sehingga selesai sholat langsung diarahkan keluar karena shift kedua sudah pada antri.

Setelah Sholat dan Ramah tamah di KBRI, kami jalan kaki kembali ke Hotel sambil mlipir mampir - mampir ke Toko Es Cream Jaman Dulu "Kem Trang Tien" anak-anak beli mochi enakk mochinyaa wajib di coba ya harga 30.000 VND. Kedai Es Cream jadulnya juga memiliki spot yang Instagramable.
Lanjut nongkrong di area Danau karena tidak kuat panasnya gerah bergegas kami ke Hotel buat mandi.

Sore hari kami keluar menuju Art Museum, bagus banyak kisah tentang Vietnam jaman dahulu kala, art museum ini salah satu request anak wedok yang akhir akhir ini sukaa dengan lukisan dan karya seni lainnya.

Selepas dari Art Museum kami pesan grab menuju Batavia Restorant milik WNI yang kebetulan ketemu ketika Solat Ied. Restorant Halal menu Indonesia ini bagus ber-Ac, ada wifii dan mushola, kebetulan posisinya dekat dengan Makan Ho Chi Minh Pahlawan Vietnam. Tak lupa mampir ke makam yang di jaga ketat jadi cuma bisa foto - foto di platarannya saja lanjut naik grab lagi kembali ke Hotel, mandi lagi saking gerahnyaa lhoo vietnam itu.

Siap-siap ganti baju setiap keluar keringat bercucuran padahal sudah sore menjelang maghrib.

Malamnya kami Sholat ke Masjid Al - Noor, eeh pulangnya kehujanan tapi seger hujan hujan.

Hanoi jumlah muslimnya tidak banyak, memiliki satu Masjid yang lokasinya di Old Quarter 400 meter dari Hotel yang kami inapi. Pemotongan hewan Quran di Masjid Al Noor dilaksanakan di Tempat Pemotongan Hewan kemudian dagingnya di bagikan pada tanggal 16 Juni 2024.

Masjid Al Noor ini kecil, ruangan buat jemaah perempuan sempit tidak sampai 3x3, Masjid kuno ini ada makanan khas Vietnam Pho Halal di dekat parkiran motor, jemaahnya juga tidak banyak kami sholat maghrib isya disitu.

Day 4 =18 Juni 2024 One Day Tour Halong Bay by Reina Cruise 4 orang 1.9 jt By klook

Halong Bay adalah Teluk seluas kira - kira 1500 km2, teluk ini dekat dengan Tiongkok. Kami ambil.one day tour menggunakan kapal include penjemputan, kapal, makan, snack dan tiket masuk wisata.

Kami dijemput menggunakan bus pagi hari sekitar jam 08.00 perjalanan ke.Halong Bay sekitar 2.5-3 jam. Sebelum ke.dermaga mampir dulu ke Pembuatan Mutiara, kami di jelaskan cara pembuatan mutiara dan jenis jenis mutiara, lanjut kalau mau belanja mutiara boleh, tidak sampai 1 jam di area Mutiara lanjut ke Dermaga untuk menaiki kapal.

Memasuki kapal sudah berjejer meja kursi dengan menu hidangan laut yang bikin perut tambah keroncongan karena memang sudah waktunya jam makan siang.

Makan siang menu sea food segar diantar oleh peamusaji sambil kapal berlayar, setelah kenyang kami ke deck buat melihat pemandangan yang keren.

Kapal berhenti di Hang Sung Sot, penumpang turun dan menaiki bukit dengan banyak anak tangga, sampai di atas masuk goa turun kebawah ternyata goa nya kereen abiss Masya Allah, masuk.kedalam goa dan naik lagi keatas keluar menuju kapal dengan dermaga yang berbeda.

Petugas kapal siaga begitu masuk kapal di beri handuk dingin buat lap keringat kita yang habis tracking, kapal melaju kembali menuju ke area goa dengan menggunakan perahu atau kayak.

Bagi yang tidak bisa mengayuh kayak bisa naik perahu yang disediakan, berlayar melewati goa nan indah.
Setelah selesai explore goa lanjut ke pantainya boleh renang bisa juga tracking ke atas bukit melihat pemandangan dari atas bulit nan indah, seperti Raja Ampat lho...


Pukul 17.15 berkumpul kembali masuk kapal dan bersih bersih badan bagi yang habis berenang, lanjut ke deck menikmati sunset sambil ngemil buah crancker minuman plus musik.

Day 5= 18 Juni 2024 Pulang
Penerbangan kami jam 1 siang tapi karena Hanoi kedatangan President Putin banyak akses jalan di tutup jam 09.00 kami sudah berangkat, pesan taksi dari Hotel H-1 300.000 VND. Sempet deg degan Alhamdulillah sampai bandara tepat waktu.

Saran bagi yang mau destinasi lain
1. Misal mau nambah ke SAPA bisa siapkan 2 hari kosong dan menginap ya karena perjalanan ke SAPA 6 jam, naik sleeper bus atau sewa mobil.


Pengeluaran
1. Tiket Jkt - Hanoi 2 orang MH  Rp. 8.348.000 x 2 = 16.696.000
2. Hotel Hanoi Liliane 5 hari 4 malam type Family + Bf Rp. 3.5 juta
3. Taksi Bandara Hanoi - Hotel 205 ribu
4. Taksi Hotel - Bandara 300rb vnd/Rp.200rb
5. Grab art museum - Batavia Resto 30rb vnd
6. Tiket Masuk Art Museum 100rb vnd /Rp.65rb 
7. Jajan minuman selama trip ninh bin
     - coca cola 30rb vnd
     - es cream 30rb vnd
     - jus jeruk 40rb vnd
     - jus semangka 30rb vnd
9. Beli topi 390rb vnd
10. Tips Guide + Bus ninh bin 500rb VND
11. Tips perahu 2 orang 100rb vnd x 2 = 200rb nvd/ Rp. 130.000
12. Batavia Resto Halal 145rb vnd 
       Pesanan kami 
       - Nasi Goreng Spesial 135rb vnd
       - Mie Nyemek Bakso 120rb vnd
       - Hot Chocolate 55rb vnd
       - Lemon Tea 35rb vnd
     Buat kenang - kenangan nota nota belanja
13. Jajan circle K 
     -  15 Juni.2024 total.145.000 vnd
    Coklat ferrero 85rb vnd, es cream 33rb vnd, minuman thaitea dan sejenisnya 13rb vnd dan 14rb vnd
- 17 Juni 2024 total 230 vnd
    Beli aneka minuman botol 1 literan
- 17 Juni 2024 total 13.000 vnd minuman thaitea
- 22 Juni 2024 total 222.000 vnd
Minuman botol thaitea sejenisnya, masker 38rb vnd, payung, indomie 7rb vnd per bungkus, cemilan 
14. Minuman di Halong bay
       - coca cola 30rb vnd
       - sprite 30rb vnd
       - air putih 60rbx 2 = 120rb vnd
       - es cream 20rb vnd
    
15. 2x beli lauk 138rb vnd dan 88rb vnd
16. Grab dari makam dekat makam.ho chi mint ke hotel 32 vnd
17. One Day Tour Ninh bin 4 orang 1.8 juta
18. One day tour halong bay 4 orang 1.9 juta
19. Es cream jadul yang mochi 30rb vnd beli 2 = 60rb vnd
20. Cafe Pinggir Rel Kereta 1 orang wajib pesan 1 menu kami pesan minuman 
- jus  60rb Vnd
- kelapa muda 60rb Vnd
- teh 50 rb Vnd
- es coklat 60rb Vnd
Total 230.vnd = Rp. 

Budget bayar online
- tiket                                 Rp. 16.696.000
- Transport byr online     Rp.        250.000
- hotel                                Rp.    3.500.000
- Halong Bay                     Rp.    1.900.000
- Ninh Bin                          Rp.     1.800.000
Total ======= Rp. 24.146.000
Plus tukar uang 3 juta jadi total habisnya include blanja pribadi jajan oleh2 Rp.27.146.000 dibagi 4 orang jadi
 Rp. 6.786.500 / orang 

Tukar uang di Indonesia 3 juta dihabiskan buat jajan, makan, jastip, oleh2, tiket museum, transport Hotel Bandara ketika pulang, aneka tips

Kesan Tentang Hanoi
- Serasa berada di Jaman era 80 / 90-an, masih ada tukang cukur di pinggir jalan, dibawah pohon
- Macet
- Berisik dengan klakson
- Motor war wer sembarangan
- Nyebrang jalan bebas suka suka
- Panasnya Masya Allah 37 drajat tanpa angin, Panas kering meskipun kami dibawah pohon tidak ada angin sejuk, anginnya panas, kami deck kapal juga samaa anginnya panas mau pagi siang malam sama saja
- Parkir pada di.trotoar
- Sepeda motor pakai helm ala kadarnya seperti topi malah ga pake helm juga banyak
- Tongkrongan disana identik dengan meja kursi kecil biasa saya sebut "Dingklik"
- Terang-terangan kalau minta Tips
- Masih ada becak 
Pesan yang mau ke Vietnam
- Cek Accu wheater cari cuaca yang sejuk dingin seperti.Desember - Januari, karena teman saya Oktober masih hot juga cuacanya
- SAPA di bulan Februari tutup
- Siapkan baju yang nyaman, sepatu nyaman
- Trip Vietnam bisa hemat kalau TIKET DAPAT MURAH YAA kebetulan kami memang ambil.pesawat full service jadi harga tiketnya sudah mahal.

Aplikasi Online di Vietnam
- Gojek - GOVIET
- Grab

                              Peta hanoi
Daftar Museum, street food, hotel area old quarter

Posting Komentar

7 Komentar

  1. masyaallah liburan ke hanoi vietnam selama 5 hari pastinya seru dan menyenangkan, dan puas menikmati semua destinasi wisata di sana termasuk explor kuliner

    BalasHapus
  2. Railway cafe sepadat itu ya pengunjungnya, lagi viral sih ya. Kalau ke sana mending naik grab atau sewa motor sih? Kayaknya jalannya juga bnyk jalan kecil

    BalasHapus
  3. Ihhh masya Allah bisa lebaran di Vietnam, asyik bangettts. Oh bisa ambil paket one day tour Ninh Binh lewat aplikasi klook yah. Kayanya puas banget maen seharian nih. Tapi btw vibesnya lebaran di KBRI Hanoi ngga kalah syahdu yaa meskipun jamaahnya ngga terlalu banyak juga. Ada ramah tamahnya pulak hihii.

    BalasHapus
  4. Menyambangi negara tetangga pastinya banyak kesan manisnya ya mbak, budget segitu untuk ber-4 lumayan juga nih jadi cek tabungan deh kali aja bisa ke Hanoi juga hehee

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah bisa baca-baca referensi ke Hanoi di sini. Sudah lama niat ke Halong Bay nggak jadi terus. Semoga tahun depan bisa ke sana sekalian ajak keluarga.

    BalasHapus
  6. Pengalaman yang menarik bisa sholat Idul Adh adi KBRI Hanoi 🤩. Sudah gitu naik pesawat Maysia Airlines dengan full service, bikin perjalanan berjalan lancar dan tentram. Memilih penginapan yang tepat juga nih, lokasi sangat strategis jadi bisa explore Hanoi Vietnam secara maksimal. Dokumentasi perjalanannya pun komplit plus pengeluarnya, jadi buat kami yang nanti nya mau ke Hanoi sudah ada bayangan budget dan lokasi mana saja worth buat di kunjungi.

    BalasHapus
  7. Masya Allah mak Gusti betapa bahagianya ya bisa berwisata di Vietnam sekaligus merayakan Iduladha bersama keluarga. Asyik banget kulineran makanan khas di sana juga. Yang ngeri2 sedap seru adalah rel kereta api yang jaraknya sangat dengan dengan pemukiman warga. Mantap itinerary-nya, TFS :D

    BalasHapus