Sakura Tulip di Taipei / Taiwan Maret 2024 habis 5.7 jutaan/orang

Hai hai Assalamualaikum sobatku semuaaa
Semoga sehat dan bahagia selalu...
Alhamdulillah di awal Maret 2024 beberapa wishlist aku, impian aku dan keluarga beberapa tercapai...

Apa kah ituuuu....
Melihat BUNGA SAKURAAAA....
Melihat BUNGA TULIP....
Melihat RASI BINTANG....
Melihat sunset sunrise yang ajib masya Allah
Melihat semua itu bukan di Jepang, Turki, Belanda lhoo....

Tapi di Taipei atau biasa orang kenal Taiwan, saya menyebutnya Jepang versi Murah karena Taiwan itu kereen bersih seperti Jepang tapi lebih murah maklumlah negara jajahan Jepang.

Ini kali kedua kami ke Taiwan dunk  terakhir ke sana baruu Oktober 2023 kemarin.

Kapan Waktu Sakura di Taipei / Taiwan
Bunga bermekaran di Taipei / Taiwan lebih awal dari pada di Jepang jadi mulai bulan Februari - April. Tapi ada beberapa titik kemarin yang kami kunjungi bunganya sudah layu / berjatuhan.

Kapan Waktu Musim Gugur di Taipei / Taiwan
Lebih lambat di Oktober 2023 kami ke Taiwan tidak banyak daun musim.gugurnya. Musim.gugur bagus di Bulan Desember.


Perlukan Visa ke Taipei / Taiwan??
Kalau warga negara Indonesia iyess perlu, nah ada 2 cara Gratis Online Bebas visa ini berlaku untuk turis yang memiliki visa Jepang, Korea Selatan , Amerika, Inggris, Eropa, Australia, Selandia Baru/ New Zealand dan Canada. 

Visa dari negara yang telah disebutkan tadi TIDAK HARUS MASIH BERLAKU yang sudah EXPIRED BISA  akan tetapi kita sudah berkunjung ke negara tersebut lho yaaa, maksimal berakhirnya 10 tahun...Berupa e-visa yaa dan CETAK A4 BERWARNA.
 
Kalau yang berbayar mesti datang bisa juga pakai agent hasil visanya menempel di Paspor

Detilnya baca ini  Cara Urus Visa Taipei / Taiwan

Destinasi kami kali ini adalah Taiwan bagian Selatan, jadi Taiwan itu luas, alamnya bagus menyerupai Jepang, destinasi yang kami kunjungi antara lain :

A. KOTA CHIAYI
Merupakan kota kabupaten yang berada di bagian Selatan. Chiayi ini pintu gerbang menuju Alishan (Gunung Ali) yang merupakan destinasi wisata terkenal di Taiwan.  Chiayi penghasil teh yang paling terkenal di Taiwan yaitu Teh Gunung Tinggi Alishan. Peninggalan jaman Jepang yang bisa di nikmati di Kota Chiayi ini adalah jalur kereta api kecil ke Alishan untuk mengangkut kayu hinoki (cemara) dari pegunungan ke Kota Chiayi.

 Apa yang bisa di explore di Kota Chiayi?

- Hinoki Village / Desa Hinoki
Merupakan desa peninggalan Jepang yang masih di lestarikan, dua lusin bangunan era Jepang masih terpelihara dengan baik. Setiap bangunannya difungsikan untuk berjualan makanan, suvenir, atau persewaan baju kimono buat foto. 
Masuk Honoki Village Gratis. 
Selain Hinoki Village ada penjara chiayi kuno yang sudah tidak di fungsikan lagi.

Lokasi = St Chiayi berjalan kaki sekitar 20 menit

- Song of The Forest
Karya seni berskala besar yang menggunakan ubin kereta api kuno. Lokasinya tidak jauh dari Alishan Forest Garage Park, tempat ini biasa dipakai nongkrong, picnic ala -ala karena rumput tertata apik di belakang Song of Forest rel kereta api reguler tempat kereta api berlalu lalang.

Alishan Forest Garage Park
Taman Garasi Kereta Hutan Alishan lokasi tidak jauh dari Hinoki Village. Taman ini berisi kereta api lawas yang sudah tidak di pergunakan, toilet pengunjung berada di salah satu gerbong kereta lawas tapi ada juga beberapa kereta yang masih di pergunakan. Tempat ini sejuk rindang karena ditumbuhi pepohonan gedhe.

- Museum ubin 
Lokasinya di antara stasiun kereta dan Taman Garasi kereta, kalau suka melihat hal unik tempo dulu bisa dilihat model ubin Taiwan tempo dulu

- Taman Chiayi
 Berisi air mancur, Kuil  Konfusius, Taman bermain

- Street Food
Jajanan pinggir jalan yang enak enak sampai masuk di serial Netflix Street Food. Nah kalau muslim paling yang bisa di nikmati minuman jus, Boba, cemilan buah dkk

Menuju Chiayi bisa menggunakan kereta reguler (TRC)  tapi memakan waktu 2.5 - 5 jam dari Taipei atau kereta cepat (HSR) hanya 1.5 jam dari Taipei. 
Tapi lokasi HSR berada di pinggir Kota yaa....

 B. ALISHAN  = Kawasan Rekreasi Nasional Hutan Alishan
Resort Pegunungan tinggi yang populer di Taiwan. Alishan ini berbatasan dengan wilayah Nantou dan pemandangan matahari terbitnya menghadap ke Gunung Tertinggi di Taiwan yaitu Yushan.

Kawasan jauh dari mana-mana, sehingga satu lokasi yang luas didalamnya ada beberapa hotel yang berada di jalan yang sama. Tepatnya dibelakang parkiran utama, pusat aktifitas pengunjung dan jumlahnya hotel terbatas, sehingga kalau mau kesini wajib reservasi hotel 3 bulan sebelumnya apalagi dimusim Sakura bulan Maret & April.

Untuk menuju Alishan ini ada 2 cara yaitu menggunakan kereta api dan bus, jarak tempuhnya kurang lebih 2 jam dengan jalanan berkelok- kelok tapi pemandangannya sangat indah.
Sejak 2009 jalur kereta api terputus akibat Topan Marokot, jadi penumpang hanya bisa setengah perjalanan saja.

Apa yang bisa di lihat di Alishan?
- Sakura Park
- Sunrise
Kami ikut tour dijemput pagi-pagi dikasih alat buat melihat sunrise
- Sunset
Kami ikut tour yang ditawarkan hotel, di jemput sore pukul 05.40 begitu tiba di lokasi salah satu hp Kami di pasang tripod dan di setting buat merekam proses sunset.

- Stargazing 
Kami dijemput lagi oleh mobil menuju lokasi tempat sunset, tapi jalan kaki menaiki tangga ke lokasi yang lebih tinggi dan lapang untuk melihat banyak bintang2 bertaburan sambil diberi penjelasan tentang nama nama bintang.
Sedihhhnyaa Kami gak paham soale bahasa Mandarin cuman takjub ajaa bintang cakep cakep, guide menggunakan laser seolah2 cahayanya dekat ke menembus bintang kereen masya Allah.

- Alishan Forest
Selepas sunrise Kami lanjut naik mobil menuju hutan yang ada pohon kuno inii, mesti sedikit trekking sih.

C. TAICHUNG
Kota terbesar kedua setelah Taiwan City. Taichung tepatnya di Taiwan Tengah  dari rute terjauh Chiayi  Alishan balik Chiayi kami ke Taichung paling tidak mendekati Taiwan lah ya meski ya masih jauh hehehe.

Begitu masuk Taichung suasana Kota sangat berasa diaman stasiunnya besar naah khasnya Taiwan ini begitu masuk Kota banyak terlihat di pojokan gelandangan ngemper, tidur bertutup selimut bedcover. Padahal ya di Chiayi Alishan tidak ada lhoo....nah pengalaman Oktober di Taiwan City juga banyak apalagi di area Taipei Main Stasiun bagian pojok dekat air mancur dan taman.

Di Taichung ini kami juga melihat dan bertemu banyak TKW dari Indonesia yang lagi hangout apalagi pas bertepatan dengan malam minggu kami di Taichung.

Niat awal menginap di Taichung karena ada toko animate kesukaan anak-anak eeeh ternyata koleksinya kurang menarik.

Tapii yang saya sukaa dari Taichung ini kami naik kereta ke pinggiran tepatnya di Tai'an ada kebun tulip dan sakura yang cakeep sekalii...

ITTINERARY

#6 Maret 2024 
Sedikit ada drama karena tiba-tiba hujan lebat jam 3 sore akhirnya beberapa titik tergenang banjir, suami datang dari kantor jam 16.30 kami langsung bergegas pesan grab. Eehh macett paraah, masak sampai jam 7 malam masih di Cakung lho....Akhirnya aku bilang ke suami, yang mulai gelisah juga, yaah ayoo jalan kaki sampai pintu toll Cakung Barat nyari taksi lagi setelah kemacetan. 
Grabnya tetep kami bayar apa adanya, kami geret koper menerjang genangan air, becek, macet sampai bawah fly over Cakung sudah tidak macet, Qadarullah tiba-tiba disamperin Taksi Blue Bird kami bilang bandara langsung tancap gas....
Alhamdulillah sampai bandara lancar, tinggal kami doang di counter Air Asia, langsung sat set menuju Gate....plongggg...

Flight jam 9 malam Jakarta Taiwan tapi transit Kuala Lumpur semalaman, bobok dung kami di  bandara, gelar kasur lipet yang diinjek2 keisi udara buat bobo maklum sampai KL sudah jam 12.30. Bobo di bandara sudah 3x kami jadi santuuuyy aja

#7 Maret 2024
1. Habis tidur yang bergantian karena ada koper kabin 2 sama ransel tidak mungkinkan tidur semua,  kami sholat subuh, lanjut nongkrong di foodcourt KLIA beli teh tarik, burger, kentang eeeh ketemu keluarga Mb Ani.
(Jadi kami pergi 3 keluarga Saya, Mb Ani, Mb Susi nah mereka berdua menginap di Orange Hotel KL, pagi kami satu pesawat ke Taiwan, tapi rute kami misah yaa)

2. Otw kami ke Gate Air Asia nah Mb Susi sudah duluan sampai di Gate, tiba2 ada drama tidak bisa masuk karena Evisa Mb Susi di cetak hitam putih harusnya berwarna. Ternyata punya Mb Ani juga samaa duerrr....Untungnya malam hari tuh saya explore KLIA nemu Hotel jadi Mb Susi langsung ingat ayoo ke Hotel Numpang ngeprint warna, larilah Mb Ani n Mb susi jauhhh lhoo gaesss lokasi Hotelnya sedangkan waktunya sudah mepet...
Kami sabar menunggu (keluarga mb ani, kel mb susi dan kel saya) kalau Saya evisa sudah cetak berwarna. Eeeh akhirnya bisa masuk last minute tapi Mb Susi dan Mb Ani sudah lari-lari balik habis ngeprint warna ....OMG...olah raga pagiii...

3. Terbang lah kami  ke Toyuan Taiwann landing jam 14.30

4. Imigrasi & X-Ray Taiwan
Imigrasi menyita waktu karena X-Ray ketat,  bawaan koper dibuka, beras punya Mb Ani di sita, punyaku disuruh declare, yang lama Mb Susi di cek satu satu bawaannya.

- Imigrasi ada kendala lagi
Evisa suami Mb Ani bermasalah karena ada endorse nama sehingga ada perbedaan nama visa sama paspor, dramaa lamaa akhirnya Mb Ani Apply Visa Ulang secara online sampai keluar yang baru dan di cetak di situ tau ga sihhh hasil.printnya hitam putih nangess ga sih....itu tadi pas di Kuala Lumpur petugas AA kekeh harus Evisa cetak berwarna lhaa di taiwan sendiri bisa hitam putih😭😭...
Drama tlah usai kami berpisah sama Mb Ani...

4. Keluar imigrasi kami menuju counter Taiwan Lucky Land  yeayyy Masya Allah beruntung 2 nama keluar saya dan suami masing2 dapat kartu dengan saldo 2.5 juta digabung 5 jutaa kan....
Mb Ani juga dapat keluar 2 nama jugaa nah yang gak dapat Mb Susi...
Setiap kartu berisi 2,5 juta alias 5000 taiwan kami dapat 2 kartu berarti 5 juta cinn Hanya berlaku 90 hari dan tidak bisa diuangkan....
Bisa buat apa saja =
- Tap moda transportasi spt bus dan kereta tapi kereta cepat tidak bisa
- Belanja di supermarket, seven eleven, Watsons
Perhatikan ya batas belanja setiap hari hanya 3000 taiwan.

Sampai disini kami berpisah Mb Ani ke Taipei City saya menuju Chiayi bersama Keluarga Mb Susi.

5. Menuju kereta di lantai bawah bandara, naik kereta menuju Touyuan St untuk pindah ke Kereta Cepat HSR (High Speed Railway)

6.  Touyuan - Chiayi by Kereta Cepat HSR sekitar 3.5 jam
7. St HSR Chiayi keluar naik bus menuju Stasiun TRC (kereta reguler)

8. Cek in di Yes Hotel Chiayi
Salah satu hotel strategis di jantung Kota Chiayi karena persis berada di seberang Stasiun TRC dimana disekelilingnya merupakan night market.

#8 Maret 2024 Chiayi
Ini adalah stasiun utama di Kota Chiayi tapi kereta reguler alias TRC, untuk kereta cepat HSR berada di pinggiran sehingga dari stasiun ini naik bus terlebih dahulu menuju st HSR.

1. Explore Chiayi dengan berjalan kaki di pagi hari pukul 06.30 
Song of Forest  karya seni yang dibangun menggunakan ubin kereta api kuno

         Alishan Forest Railway Garage Park
            Kampung Jepang Hinoki Village

2. Kembali ke Hotel lanjut Cek out dari yes hotel, menunggu bus di depan stasiun menuju Alishan.
3. Sampai di Alishan cek in di Hotel Chinsan kawasan tempat wisata  
4. 17.40 ikut tour sunset
- 18.50 ikut tour melihat rasi bintang


#9 Maret 2024
- selepas subuh ikut tour melihat sunrise dan pohon tua

- explore Alishan melihat stasiun dan sakura park
- Cek out naik bus menuju Chiayi
Gerbang pintu masuk Alishan tempat bus, area wisata masuk kedalam.
- Chiayi Makan di Resto Indonesia
Warung makan ini tidak jauh dsri stasiun chiayi. Dari depan stasiun ambil.jalan ke kanan pelan saja karena posisinya persis pinggir jalan besar. Mana muraah nasi sayur lauk, es jeruk, Rambam, baksi 2 porsi gedhe habis 250rb
- Chiayi menuju Taichung

Nah disini kami berpisah dengan keluarga Mb Susi, beliau lanjut ke Taipei naik kereta cepat esok harinya ke Taroko 

- Chek in di Palmer Hotel Thaichung

#10 Maret 2024
Jalan pagi explore Taichung, belanja 
- Cek out Palmer Hotel dan titip koper
- Taichung - Ta'in by kereta 
- Ta'in st menuju kebun tulip
- Kebun tulip menuju kebun sakura
- Kebun Sakura ke stasiun dengan jalan kaki
- Balik Taichung, habisin saldo Taiwan Pass, beli es cream viral 
- Ambil koper menuju stasiun naik kereta cepat ke Bandara 
- Cek In Habisin saldo
- Pesawat 01.00 menuju Changi Singapore

#11 Maret 2024
- Landing Changi subuh
- Sholat subuh
- Counter singapore city tour
Kami ambil city tour tentang pemukiman penduduk dengan fasilitasnya di Singapore, peraturan-peraturan yang harus di taati warga seperti tidak boleh meludah sembarangan, tidak boleh merokok sembarangan kalau melanggar dendanya mahal. 

Terakhir istirahat di Pantai yang bersih, tempat penduduk refreshing, bermain pasir dan olah raga Pantai.

- City tour changi,  selepas city tour naik bus kami lanjut ke Jewel.
- Nongkrong di Jewel
- Nongkrong di Marhaba Lounge bonus dari tiket.com karena point jadi Gratis
- Pulang deh ke Jakarta

Cara free city tour kalau kita transit minim 5.5 jam di changi Airport caranya bisa klik ini step by step ikut free city tour

PUBLIC TRANSPORT
1. Jadi kami pakai taiwan pass semacam emoney yang bisa di top up buat transportasi kereta dan bus. Namanya Taiwan EasyCard beli di klook waktu Oktober 2023 ke Taiwan jadi maret 2024 balik lagi tinggal di top up saja isi saldonya.
2. Kereta cepat beli di aplikasi klook kebetulan lagi promo.
3. Bus Chiayi ke Alishan plus tiket masuk Alishan juga beli di klook

PAKET INTERNET
Membeli esim by klook 45 ribu 

HOTEL 
1. YES HOTEL CHIAYI 676.000/malam
Lokasi super duper strategis persis kanan kiri depan hotel jajanan, sebrangnya Stasiun Chiayi, resto Indonesia juga dekat sekali, naik bus ke Alishan juga dekat.
Harga murah dapat 600rban untuk kamar berempat. Terdapat bath up.

Kelemahannya tidak ada lift dan kamar saya di lantai 3 😭😭

2. CHINSAN HOTEL ALISHAN 1.978.000/mlm
Hotel super duper strategis, ya iyalaah secara di lokasi wisata tidak banyak pilihan itupun pesen jauh jauh hari sudah mahal. Air hangat untuk mandi hanya menyala malam sampai pagi hari saja. Model hotelnya unik cakep dengan ornamen kayu kayu.

Kelemahannya sama tidak ada lift untung hanya naik satu lantai saja. Hotel kapasitas berempat tapi sempit kek di Jepang buka koper kabin saja gantian.

3. PALMER HOTEL TAICHUNG 1.306.000/malam
Strategis sekali dekat banget dengan stasiun utama, sebelah hotel Toko Indonesia, tempat pembelian tiket bus plus naik bus dari situ juga, sayangnya pas hari trakir kami kemalaman jadi tiket bus sold akirnya naik bus dari deretan hotel juga menuju stasiun HSR lanjut naik kereta cepat menuju bandara karena kami terbang dini hari.


PENGELUARAN KAMI BEREMPAT
# Tiket Jakarta-Taiwan by AA 4 org 7.6 juta
# Tiket Taiwan-Jakarta By Scoot 4 org 6.8 juta
# Hotel Chiayi - Yes Hotel 676.000
# Hotel Alishan-Chinsan 1.978.000
# Hotel Taichung-Palmer 1.306.000
# Tiket Bus & Tiket Masuk Alishan Forest 4 orang 1.2 juta
# Paket Sunset, Sunrise, Rasi Bintang 4 orang 1.2 juta
# Taksi stasiun - Kebun Tulip 75 rb 
# Taksi kebun tulip - kebun sakura 150 rb
# Tiket sakura total 30rb
# Tiket kereta cepat taoyuan chiayi 700rb
# Taichung chiayi kereta cepat 800rb
# Kereta chiayi taichung 70 rb an x 4 280.000
# Kereta taichung ke sakura taian --> 17rb x 4 = 68rb
# Tiket masuk taman bunga tulip 220 rb

Total 23.083.000 bagi 4 orang jadi perorang Rp. 5.770.750

MAKAN
Kami bawa bekel (Roti tawar, meses, mentega, pop mie, susu, rumput laut, beras, indomie, kremes)

#Jajan di Kuala Lumpur 250rb
# Makan di pesawat 
# Sampai Hotel Chiayi Makan Pop Mie, lelah jadi masuk kamar mandi makan bobok
# Beli telur, roti, puding makan di taman Chiayi
# Beli cemilan kentang 
# Sampai Hotel Chinsan makan perbekalan rumput laut, telur asin, mie
# Pagi selepas tour sunrise Alishan sarapan hotel hanya bisa makan telur, susu kedelai sama roti selai coklat saja
# Sore Makan di Resto Indonesia di Chiayi sebelum ke Taichung habis 250rb (2 bakso, es jeruk 1, nasi urap lauk daging)
# Makan malam habisin stok sama jajan jus buah, cemilan di night market
# Sarapan pagi di Palmer Hotel hanya bisa makan roti 
# Belanja aneka cemilan buat bekel 
#Beli Es Cream
# Makan stok yang ada masih ada telur rebus di habiskan
# Singapore jajan Eureka dan free makan sepuasnya di Lounge 

*Biaya jajan makan tidak saya masukkan karena pakai Kartu saldo gratisan hadiah Taiwan Lucky Land*

Taiwan itu murah, transportasi murah nyaman banget deh...

PENGELUARAN KELUARGA MB SUSI BERTIGA

*TIKET PESAWAT Kel. Mb Susi*
- Jkt-kul-jkt : 06/12 Maret :
2.914.454✅
- kul-taipeh-kul : 07/11 Maret :
6.208.625✅

*HOTEL*
- 6-7 Maret : orange hotel KL 311.801✅
- 7-8 Maret : Yes Hotel Chiayi : 705.014✅
- 8-9 Maret : Yin Shan Hotel Alishan: 2,5jt✅
Hotel ini juga diarea Alishan National Forest dapat lebih mahal dari saya karena telat booking, beda hotel tapi lokasi tidak jauh.

- 9-10 Maret : Resand Hotel Taipei : 1.104.999✅ ini lokasi strategis di kota taiwan
- 10-11 Maret : Chyuan Di Spring Resort Beitou : 1.517.380✅ ini rekomended hotel muslim friendly 
- 11-12 Maret : Verdant hill hotel KL 198,40RM = 660.000 include sarapan 3 org✅

*KERETA*
Taipei-chiayi
- dewasa 2 in 1 : 300.041
- anak2 : 227.585
Jumlah : 527.626✅

Chiayi-taipei kareta cepat
- dewasa : 2x427.024
- anak2 : 267.873
Jumlah : 1.121.921✅

*ATRAKSI*
- tiket bus PP Alisan-tiket masuk hutan nasional : 316.573 x 3 = 949.719✅
- paket tour sunset, stargazinh+sunrise utk 2 org : 1.200 TND (cash)= 600rb✅
- paket tour papi tanpa sunrise 300 TND (cash) 150rb✅
- sewa mobil taroko 1,6jt✅

*EASYCARD*
- easycard+ simcard 5day 4G : 394.303 ✅
- only eaycard : 246.439x2 = 492.878✅

*MAKAN*
- indojaya 250rb✅
- noodle 460 TND 230rb✅
- makan siang indo Arema 200rb✅

*TRANSPORT KL :*
- KLIA2-organge hotel : 50RM = 170rb
- orange hotel- KLIA 2 : 30RM = 105rb
- KLIA 2-verdant hotel : 175RM = 586.250
- Bukit bintang - KL sentral by Rapid : 7,5RM = 25rb
- bus KL sentral- KLIA2 32,55RM= 110rb

Total 21.834.970 bagi 3 orang jadi 7.278.323/orang

ITTINERARY KELUARGA MB SUSI
6 Maret'24 sore otw KL lanjut menginap di Orange Hotel KL
7 Maret'24 otw Taiwan lanjut Chiayi bareng saya
8 Maret'24 Explore Chiayi, cek out otw Alishan, tour sunset dan stargazing
9 Maret'24 Tour sunrise, sakura park cek out menuju chiayi naik bus, chiayi pindah kereta cepat ke Taipei City, cek in hotel
10 Maret'24 Tour Taroko bersama keluarga Mb ani sewa mobil, pulang pindah hotel di Beitou
11 Maret'24 Explore Taiwan malamnya kembali ke Kuala Lumpur menginap sahur pertama di KL
12 Maret'24 Jalan2 di Pavilion KL  pulang jakarta malam.


NB buat yang mau ke Taiwan

1. Visa taiwan kalau di KL mesti print warna pdhal di taiwan nya sendiri cuma item putih, jd memandai2 lah petugas di AA

2. ⁠Perugas immig taiwan cooperative banget, mb Anie dikasi tempat buat applied visa baru, trs Visa di kirim ke email mereka, mereka bantu print kan

3. ⁠Utk Visa mesti print kertas A4 ya dan full halaman

4. ⁠lucky draw ikut aja, kalau rezki dapat 5000 NTD, mayan kan gaes buat beli oleh2

5. ⁠trs kagak boleh bawa buah segar, produk daging, beras mesti declare, ketahuan bawa yg di atas di denda, mayan besar, kalau produk daging bisa 1 jt NTD, 

Posting Komentar

0 Komentar