6 Cara agar Wajah Tidak Kusam dan Sehat Bikin Lebih Percaya Diri

6 Cara agar Wajah Tidak Kusam dan Sehat Bikin Lebih Percaya Diri

Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/young-male-doing-selfcare-routine_22910670.htm#fromView=search&page=1&position=12&uuid=9b639b28-24c8-40db-bbf6-25a29c7e870c

Bukan hanya wanita, pria yang memiliki wajah kusam apalagi berminyak pastinya tidak akan percaya diri. Alasan inilah yang membuat banyak pria mencari cara agar wajah tidak kusam sehingga wajah kembali bersih.

Tidak harus juga memiliki wajah bersih layaknya artis K-pop pria yang terkenal memiliki perawatan kulit cukup banyak seperti wanita. Cukup dengan memperhatikan perawatan kulit seperti mencuci wajah dan menggunakan pelembab bisa mengatasinya. Lebih lengkap lagi, Anda bisa menyimak cara-cara praktis dalam merawat wajah ini.

6 Cara agar Wajah Tidak Kusam bagi Pria yang Praktis

Penyebab utama mengapa pria memiliki wajah adalah karena aktivitas harian yang dilakukan. Pria yang memiliki aktivitas di luar saat siang hari lebih banyak berisiko terpapar sinar matahari yang menyebabkan kulit menjadi gelap.

Tidak hanya itu, paparan debu dan polusi udara di wajah juga bisa membuat kulit wajah menjadi kusam. Ditambah lagi jika Anda tidak menjaga pola makan yang kaya nutrisi dan vitamin, membuat kesehatan kulit dari dalam tubuh berkurang.

Demi mengatasinya Anda tidak perlu membatasi aktivitas di luaran, beberapa cara agar wajah tidak kusam berikut inilah yang seharusnya dilakukan.

  1. Rutin Mencuci Muka

Berapa kali sehari Anda mencuci muka? Seharusnya Anda rutin mencuci muka setidaknya minimal sehari dua kali yaitu saat bangun tidur dan usai beraktivitas. Cucilah wajah dengan air bersih yang mengalir dan menggunakan facial wash seperti Kahf Skin Energizing and Brightening Face Wash.

Sabun ini akan menjadikan kulit Anda terasa lebih bersih, segar dan terlihat lebih cerah dari sebelumnya. Apabila dirasa kulit sangat berminyak Anda bisa juga mencuci wajah dengan air hangat untuk mengangkat sebum pada wajah secara efektif.

  1. Mengaplikasikan Tabir Surya

Cara agar wajah tidak kusam ketika Anda harus sering beraktivitas di luaran adalah dengan mengaplikasikan sunscreen. Anda bisa mengaplikasikannya setelah mencuci wajah atau sebelum keluar rumah. Tabir surya berfungsi untuk melindungi wajah dari paparan debu, polusi udara dan juga sinar matahari langsung.

Pilihan produknya pun ada banyak, seperti Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer. Tabir surya dari Kahf ini akan melindungi kulit dari efek buruk sinar UVA dan UVB yang berbahaya dan menciptakan kulit kusam. Selain melindungi, produk Kahf ini juga mampu mengurangi minyak berlebih agar tidak menimbulkan jerawat.

  1. Mengaplikasikan Toner

Produk skincare agar wajah tidak kusam selain facial wash dan sunscreen adalah toner. Sebelum menggunakan tabir surya Anda bisa mengaplikasikan toner terlebih dahulu yang berfungsi untuk menghidrasi kulit usai mencuci wajah. Jenis toner pun disesuaikan dengan jenis kulit.

Misalnya Anda yang memiliki wajah kusam dan berminyak bisa memilih exfoliating toner. Selama menggunakannya Anda bisa mendapatkan eksfoliasi wajah kusam yang bekerja mengangkat sel kulit mati dan sisa kotoran di wajah.

  1. Menggunakan Masker Wajah

Masker wajah bukan hanya produk perawatan kulit khusus wanita. Ada juga masker yang diperuntukkan bagi kulit pria sebagai cara agar wajah tidak kusam. Anda yang tidak ingin repot bisa membeli masker wajah kemasan yang siap pakai agar semakin praktis.

Baca jenis masker sesuai dengan kondisi dan jenis kulit agar efektivitasnya bisa semakin baik. Misalnya jika Anda yang memiliki kulit kusam dan kering lebih cocok menggunakan masker dari lidah buaya yang mampu menghidrasi kulit dengan baik.

  1. Memperbanyak Minum Air Putih

Bukan hanya dari luar saja, perawatan kulit kusam juga harus dilakukan dari dalam. Salah satu yang efektif adalah dengan memperbanyak minum air putih. Setidaknya Anda harus rutin minum 8 gelas sehari untuk menjaga kulit lembab dan bebas kusam.

Air putih menjadi cara agar wajah tidak kusam karena akan membantu mengeluarkan racun akibat radikal bebas dalam tubuh. Ketika racun dikeluarkan otomatis wajah akan terasa lebih sehat dan juga segar. Wajah juga akan terlihat lebih bersinar.

  1. Menjaga Gaya Hidup Sehat

Ciri-ciri wajah kusam karena kurang nutrisi juga terlihat kering. Pria dengan ciri ini harus mulai menjaga gaya hidup. Dimulai dari meningkatkan asupan makanan bernutrisi seperti buah-buahan dan serat dari sayuran.

Begitu juga dengan menghindari aktivitas merokok, mendapatkan waktu tidur yang normal yaitu 8-9 jam dan harus nyenyak. Penting juga untuk mengelola stres dengan baik serta rajin berolahraga setidaknya 30 menit per hari.

Ada banyak cara agar wajah tidak kusam bagi pria yang bisa dimulai dari sekarang. Anda bisa memulainya dengan mempersiapkan produk skincare di rumah seperti Kahf Skin Energizing and Brightening Face Wash dan Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer.

Dua produk ini sangat wajib dimiliki karena akan digunakan setiap hari karena mampu memulihkan kulit wajah menjadi lebih segar dan cerah. Pastikan saja Anda menggunakannya dengan rutin untuk bisa segera melihat hasilnya.

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/5-cara-mengatasi-wajah-berminyak-dan-kusam-pada-pria

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/perwatan-kulit-3

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-perawatan-wajah-pria

https://www.kahfeveryday.com/product/kahf-triple-protection-sunscreen-moisturizer-30-ml/

Posting Komentar

13 Komentar

  1. Beda perempuan dan pria adalah perawatan wajah ya mbak Yen. Pria itu paling males melakukan hal seperti diatas. Padahal wajah kusam dan kering juga bisa dialami. Para pria, wajib ya dilaksanakan jangan males

    BalasHapus
  2. Keenam hal di atas harus dilakukan berbarengan ya untuk mendapatkan wajah yang cerah (tidak kusam) dan sehat. Niscaya terlihat awet muda :)

    BalasHapus
  3. Ishhh benerr bgt mbaaa
    Ponakanku cowok remaja juga sering alami problema kulit wajah.
    aku encourage utk terapkan tips ini, dah. moga2 bs cocok

    makasii makasiii

    BalasHapus
  4. Nah ini aku butuh olahraga dinaikkin lagi waktunya deh mba, kayaknya kurang dikit. Kudu olahraga minimal 30 menit. Aku baru sampai 25 menitan.huhu.
    Air putih penting banget, oh ya pak suami aku awal2 malas cuci muka pakai facial wash trus jadi sadar sndiri pas lihat debu di kacamata nempel banyak 😄

    BalasHapus
  5. Wah Terima kasih banyak tipsnya nih mbak, beberapa udah aku jalankan sih seperti cuci muka dan pake sunscreen, sepertinya harus fokus menjalankan gaya hidup sehat nih soalnya masih suka begadang dan suka males minum air putih

    BalasHapus
  6. Perlu nih saya menyarankan produk kahf untuk suami saya. Mungkin gaya hidup sehat suami saya sudah dijalankan, tetapi debu dan polusi di jalanan membuat wajah kotor dan kusam. Perlu banget nih pembersih wajah seperti kahf ini.

    BalasHapus
  7. Tidak hanya wanita saja, para pria juga perlu merawat mukanya supaya tidak kusam, sehat dan enak dipandang tentunya, hehehe. Rangkaian perawatannya juga sama, hanya produknya khusus untuk pria, ya.

    BalasHapus
  8. saya bagian pakai masker wajah jujur nggak terlalu rajin sih. tapi kalau step yang lainnya sudah jadi kebiasaan setiap hari

    BalasHapus
  9. Suamiku tipe cuek sama wajah, padahal kerjanya sering ke lapangan yg berpanas2. Jadi ya gitu deeh... berkebalikan dengan anak sulung yg mulai masuk remaja, duuuh emaknya pun kalah sama cowok abg ini dalam urusan konsistensi merawat wajah hehehe. Dan dia pakai Kafh lho.mm

    BalasHapus
  10. Aku liat produk Kahf ini semakin mudah diperoleh di tempat belanja offline yaa..
    Jadi pingin beliin suami Kahf Skin Energizing and Brightening Face Wash. Karena kulit pria juga butuh perawatan agar senantiasa sehat dan cerah.

    BalasHapus
  11. Nah pas nih, anakku cowok, mengingat lapisan ozon semakin tipis dan ada berlubang, kita semua baik laki-laki atau perempuan butuh menjaga kulit kita dari paparan sinar matahari, debu dan lainnya

    BalasHapus
  12. Memakai sunscreen jd keharusan ya karena ngaruh banget. Malah harus dimulai sejak muda

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah semua poinya udh aku lakukan kak. Untuk gaya hidup sehat ini juga sedang diupayakan olahraga teratur juga lagi di konsistenkan dan ini bener2 ngaruh ke kulit ya mantaap

    BalasHapus