Umroh Mandiri Kel. Mb Dewi (anak 1.5th, 5th, 10th, 14th) Jan 2024 Impian jadi NYATA setelah 9 th

            Tidur sambil melihat ka'bah😍😍

Awal kenal dengan Mbak Dewi 29.Oktober 2023 dan beliau sudah punya tiket PP untuk keberangkatan 6 - 18 Januari 2024.

Step Umroh Mandiri itu 
1. Tiket dulu ditangan
2. Rajin hunting hotel setiap hari cek pagi siang malam di berbagai aplikasi, begitu harga turun langsung ambil pilihlah free cancel
3. Banyak baca belajar cari tahu transportasi.yang akan di.pakai
4. Visa urus h-30 amannya
5. Semua dokumen di cetak
6. Belajar tata cara umroh dkk
7. Hubungi mutowif

Mbak Dewi sudah melewati tahap pertama yaitu membeli tiket. Langkah berikutnya hunting hotel.

Hotel
Beliau member accor jadi fokus ke hotel yang ada di aplikasi All Accor. 
8 November 2023
Mba Dewi info kalau sudah order.Swissotel.Hotel by accor,.sudah kirim.email memastikan alhamdulillah sudah ada balasan, namun ternyata tranfernya ke rekening langsung hotelnya, seperti ini.


Mbak.Dewi juga sudah berhasil order Hotel Rafless dan sudah melakukan transaksi namun hotel ini pembayarannya lansung rek. hotel bukan accornya.

Jadi Mba Dewi menginap di 3 Hotel Ring 1 di Mekah, Fairmont Hotel, Swissotel Hotel & Rafless Mekah Palace Hotel semuanya view kabah.

Alasannya ....
Tulisan saya copas curhatan mb Dewi ke saya ya...

Sampai dititik ini  butuh 8 tahun Allah pantaskan kami untuk kesini mba .. 
It's My dream,,, 
Melihat kabah langsung dari kamar hotel.. Akhirnya terwujud....

Saya menginap di 3 hotel ring 1 mba,,, 
Mulai dari Raffless Makkah Palace View Kabah, Fairmount makkah clock royal tower vieuw kabah , dan Swissotel makkah junior suite vieuw kabah,,, 

Ada sesuatu dibalik saya bisa sampai mencoba 3 hotel ini mba... 

Saya pegawai mbaa bukan pengusaha,, jadi memantaskan diri sampai ke titik ini khusus nya ngumpulin budgetnya... 😂

Hotel saya order di all accor mba.. Kalo harga lumayan mba, tapi saya punya keyakinan apapun yang kita keluarkan perjalanan ke tanah Suci ini allah pasti akan ganti apa yang sudah dikeluarkan.

Mengawali dengan berterima kasih kepada allah SWT sudah dipertemukan dengan mba yeni, awalnya dari ig yang ngepost umrah mandiri. Dan memang dari dulu ingin sekali umrah privat/mandiri.

Berawal dari kekecewaan janji travel tidak sesuai yang dijanjikan, dari pesawat dan Hotel. Janji hotel dekat ternyata jauh. Dan berawal dari pending rencana umrah keluarga gara2 covid. Sampai ada pemotongan 20% dari uang masuk dari travel. 

Dari kekecewaan itu akhirnya kita ambil hikmah untuk mengumpulkan lagi dana umrah. Niat dari awal ingin memberikan fasilitas terbaik untuk keluarga. Dari pesawat dan Hotel. 

Tiap tahun saya sering bertanya kapan berangkat, suami berkata belum saatnya. 

Terinspirasi saat saya umrah ramadhan yang hotelnya begitu jauh, dan sempat ada kecelakaan kaki kena kejatuhan botol 1 liter sampe nangis kesakitan saat jalan menuju pulang. 

Saya  dijalan nangis dan menunjukkan ke hotel ya allah berikan kesempatan agar sy bisa menginap di hotel *5 ini (semuanya ingin saya coba ya allah maksudnya hotel yang saya lalui waktu itu di ring terdepan ).

Saya tidak mau lagi jauh- jauh seperti ini sambil kesakitan berjalan...

 8 tahun kemudian tepatnya 2022 sy coba menginap dihotel *5 di Rayana hotel (tanpa keluarga) pake travel, 2023 menginap di swissotel (tanpa keluarga) pake travel, dan 2024 ini akhirnya saya bersama keluarga menginap di Hotel Raffles Makkah palace, Hotel Fairmont makkah clock royal tower, Swissotel makkah hotel semuanya view kabah.

Madinah di sofitel hotel shad Madiah dengan view haramain. Semua hotel*5 sya coba mba... 

 Akhirnya ada satu hotel *5 yang saya langsung jatuh cinta, dan semangat lagi untuk kembali lagi untuk ke tanah suci. 

Bekerja giat dan akan berpulang kampung ke tanah suci. Pernah saya mengosongkan tabungan sy untuk pergi berpulang kampung kebaitullah ini. 

Sekali lagi saya  bukan pengusaha mba, tapi pegawai setiap kali saya mendptkan gaji saya selalu sisihkan diniatkan untuk umrah fasilitas terbaik dengan hotel*5. 

Saya   minta ke allah untuk memantaskan diri untuk mendapatkan pelayanan terbaik dan kembali tiap tahun untuk ke tanah suci. 

Umrah ini bukan masalah punya uang atau tidak, tapi seberapa siap berkorban kita untuk menempuh perjalanan suci ini. Dan allah akan pantaskan. Dan undangan ini ke tanah Suci harus selalu diminta ke allah. 

Satu lagii impian Mbak Dewi pengen menginap di Hotel View Kabah



Ada kisah kenapa memilih view kabah itu berawal dari 2015 beliau berangkat haji diumur 25 tahun (haji reguler penginapan jauh). 
Beliau menulis di instagram berikut fotonya Ya Allah Indah Rasanya Jika Sebelum Tidur Bisa Melihat Ka'bah Langsung 

Masya Allah tabarakallah impian itu terwujud di awal tahun 2024, amazing impian menjadi nyata seperti gambar yang pernah beliau sc dalam instagram.


Foto dibawah ini kamar yang Mb Dewi inapi persis seperti impiannya di 2015
Terharuuu .....

Keinginan & Harapan di tahun 2015 selang 9 tahun kemudian allah kabulkan. MasyaAllah.. Maha baiknya allah tidak ada doa yang allah tak pernah kabulkan. Kata kata adalah doa yang menaungi perjalanan Mbak Dewi.

Mulai cerita ya  dari awal.. 

1. Saya daftar Accor member untuk memudahkan pesan hotel di aplikasi Accor
Saya memutuskan untuk menjadi Accor plus silver (memang diawal berbayar tapi benefitnya sy dpt menginap free di hotel, akses pelayanan prioritas, dan selalu mendapatkan welcome drink, cek out bisa lebih sore, dan tentunya pelayanan terbaik bagi seorang member) dan benar saya rasakan di Mekkah begitu mudah.
Alasan yang lain adalah poin yang didapatkan dari menginap menjadi saya menjadi member gold bahkan sebentar lagi menjadi platinum amin... 
Order di aplikasi all accor
Ini adalah pengalaman  pertama Mbah Dewi order via All Accor ke luar negeri. 

Salah satu Kendalanya adalah saat payment, kenapa belum terdebet sampe tanya bank, telpon hotelnya  akhirnya diberikan link pembayaran dari pihak hotel. 

Kesimpulan setelah melakukan payment di aplikasi, lalu giat email hotel nya sampe 2 hari sekali sy follow, akhirnya dari pihak hotel memberikan link pembayaran. 

Lanjut email lagi untuk konfirmasi memastikan apakah bookingan sudah masuk apa  belum. Itulah akhir finish dari order hotel.

Keuntungan melalui member all accor ada banyak.
1. Ada konter sendiri untuk member accor.
Lebih cepat dilayani, karena member silver mendapatkan selalu welcome drink saat menginap dihotel. 
Bisa Upgrade diutamakan, akses prioritas. Dan banyak lagi. Tentunya poin2 yang menginap yang lumayan di makkah dan Madinah bisa menghantar ke member diamond (alhamdulillah) dari poin itu Mb Dewi bisa ditukar untuk staycation di hotel*5 seluruh dunia bisa sampai free. 

2. Menjadi member garuda miles
Dari situ banyak penawaran seperti penawaran cc garuda BNI bahkan penawaran untuk bid upgrade ke bisnis.

Saat mendapatkan penawaran ke bisnis sempat cc saya ada penyadapan identitas, hampir uang 7,8 jt buat upgrade bisnis melayang. 

Semalaman tidak bisa tidur malah jadi semakin dekat dengan Allah karena terus minta pertolongan allah agar tidak ada penyadapan.

 Alhamdulillah akhirnya sy memutuskan untuk blokir, dan tidak mengambil tawaran bid upgrade (dua transaksi dengan nominal 17 jt sy close) . 

Sempet kecewa tapi dibalik itu Allah siapkan dipesawat untuk kami. Tepat sekali di jajaran tempat duduk kami tidak ada yg memesan, sangat pas depan sekali. Akhirnya kita bisa pakai untuk selonjoran bahkan tidur. Alhamdulillah sangat nyaman. Kita bisa hemat 17 jt karena tidak jadi bid upgrade.


Rafless Makkah Palace Hotel Zam Zam Tower (Hotel *5 para Sultan)
Hotel pertama tempat kami menginap. Tidak menyangka bisa nginep di hotel ini. Berawal dari riview youtober yg tinggal di makkah tentang hotel ini, katanya yang paling nyaman dan mewah. 

Kamar yang di pilih  suite deluxe pemandangan kabah sebagian. Selama 3 hari 2 malam menginap disini. 

Posisi yang sangat dekat ke haram. Naik lift tanpa antri. Dan pelayanan serba luxury.

Pertama kali  memandang kabah di kamar hotel sampai air mata menetes begitu saja Mb Dewi bersama suami. 

Kebahagiaan melebihi apapun, beliau menikmati masa menginap ini. Perjalanan yang melelahkan bisa terobati dengan fasilitas empuknya kasur, dan bathub nya hotel bisa rendam santai anak2. 

Disini tidak melihat orang Indonesia, mungkin karena BCL (bunga citra lestari) sudah menuju Madinah jadi kita ga ketemu hehehe.. 

Kelebihan: akses ke haram sangat dekat, lift cepat mudah , ga nemu orang Indonesia (sangat jarang), akses ke bindawod dekat. Dekorasi mewah. Nyaman tenang damai, tidak terlalu banyak orang.

Anak2 susah dari sini susah move on nya 1-2 hari mba,,, anak yg kecil pengen kesini lagi 😂 yaahh.. Siap2 ngumpulin budgetnya yang lumayan ini ahahaha...

Yang menginap kesini ini kebanyakan yang pada bawa sekertaris pribadi, kalau koper2 banyak sepertinya jarang 😂... 
Anak2 lari dan teriak rada malu kalo disini 🤣🤣 ,,lebih ekslusif, hening, jauh dari antrian,, pelayanan best banget front officenya...selalu ada welcome drink tiap hari dan tentunya wangiiii baget ke lorong sampe front office,, sempet kepoo sih mba,, pengawainya pake apa biar buat dirumah,, kalo pake pewangi itu jadi rasa2 di hotel Raflesh hahahaha 🤣🤣

Kalo nanya ke anak2 apa yang mereka senang di hotel ini adalah kamar mandinya...kegiatan Berendam air hangat dengan taburan garam dan berlama2 berendam. Yaa menjadi salah satu selain kegiatan kemasjidil haram.

Masya Allah buah perjuangan dan doa 9th...

Tidak ada doa yang allah tak pernah kabulkan, allah itu mengabulkan saat waktu yang tepat. Proses perjuangan inilah yang nikmatnya terasa sampai kita bisa menikmati fasilitas terbaik ini.

Rates : 11 jtaan per malam mba include sarapan sudah diskon 10% member accor

Fairmont Hotel Clock Tower
Lanjut hari berikutnya adalah hotel Fairmont clock tower makkah 2 hari 1 malam. Pilihan  type kamar signature twin pemandangan kabah. 
Proses cek in yang cepat, sempat sebelumnya nyasar mencari cari lift bolak balik. 
Liftnya tidak secepat hotel Raflesh. Saat masuk loby, kemewahannya memukau mata.. Luar biasa. 

Saat breakfast mulailah kami melihat orang Indonesia,,, travel sepertinya memilih hotel ini sebagai pilihan hotel *5 paket luxury di paket mereka.

 Tibalah cek out kami melanjutkan ke hotel berikut nya swissotel makkah

Swissotel Hotel Zamzam tower
Mbah Dewi  menginap dihotel ini 7 hari 6 malam, memilih type kamar klasik tiga tempat tidur pemandangan Ka'bah. 

Saat menempati hotel ini untuk ber 5 sangat sempit. Saat itu ketemu dengan cleaning service dari cianjur ngobrol dengan suami saya. Dan beliau memberi informasi bahwa ada kamar yg luas dengan pemandangan kabah langsung full yaitu type junior suite pandangan Ka'bah. 

Beliau mengajak untuk melihat kamar itu setelah cek out pengunjung. Akhirnya setelah melihat  diputuskanlah  untuk mengupgrade kamar di hari ke 3, karena menunggu ketersediaan kamar dan akhirnya dapat info untuk bisa menempati di lantai 40. 

Dengan nambah 2 jt/malamnya. Saat memasuki kamar yg telah kami upgrade.. Itu seperti magnet terkesima lama memandang jelasnya kabah di balik kamar hotel menginap. Semuanya takjub melihat Ka'bah.
 Disinilah dimulai, bertepatan pemindahan upgrade kamar, Mb Dewi haid (padahal sudah memakan obat penahan haid) ,, 
sedih ga bisa ke Masjidil haram,,, 
Tapi berupaya berpositif thinking kepada Allah. 

Allah memberikan yang terbaik untuk hambanya. Mb Dewi tidak bisa ke haram namun  bisa memandang kabah selama mungkin, sambil makan, sambil di kamar, sambil duduk dan saat ketika waktunya solat saya bisa melihat dan merasakan atmosfer saat berjamaah. 

Melihat deretan solat dibawah hotel, deretan orang solat dijalan, dan deretan solat di depan kabah. MasyaAllah....

Allhamdulilah Saat tawaf wada Mb Dewi bisa melaksanakan, biasanya haid lama eeh ini cuma sebentar saja. 

MADINAH
Lanjut ke hotel Madinah. 
Kenapa kok pindah pindah hotel apakah ga cape atau ribet? 

Jawabannya adalah stateginya dari 5 koper  hanya membuka 2 koper saja di rafless hotel, lanjut 1 koper saja di farmount dan terakhir sisa koper di swissotel (koper dibuka semuanya 5 bh) .

 Saat upgrade kamar harus merapikan koper secepat mungkin. Keluarga Mb Dewi terbiasa karena hobi  di Indonesia selalu camping. Merangkai tenda lalu merapikan barang2. Jadi kecepatan merapikan sudh terbiasa, kekompakan itu kuncinya, dan happy. 

Kel. Mb Rahma bisa merapikan koper 5 bh dan barang2 yang lainnya dalam waktu setengah jam. 

Perpindahan antar hotel sangat mudah karena masih di area satu kompleks, kita hanya memberikan voucer koper hotel yang diberikan ke bellboy untuk melakukan ke hotel berikut nya.

Hotel Sofitel shahd al - Madinah
Tibalah di hotel ini dengan type prestige suite partial haram plaza view twin. Mb Rahma pilih ruangan yg luas dan terdapat meja makan, dan bad kursi mengahadap TV.  konfirmasi ke hotel 3 hari sebelum nya dan kunci sudah disediakan. 
Ketika datang tidak lama langsung cek - in. Jadi bisa segera istirahat dengan anak2 di kamar. (Jaminan ketersediaan untuk member accor sangat diperhatikan). 
Dalam cek in semua hotel dengan all accor alhamdulillah berjalan lancar.

Mutowif 
Tidak menggunakan jasa mutowif semua belajar sendiri dari Indonesia, pengalaman sudah pernah Haji & Umroh sebelumnya.

Transportasi

- belajar bikin account member dl garuda,  lalu buka aplikasi, buka tutorial saat order pesawat, sampai mempelajari posisi duduk di pesawat. Semuanya belajar lewat tutorial. Lumayan ngumpulin miles buat terbang umrah berikutnya. Amin

- Pilihan pesawat garuda Indonesia PP direct 
Pergi :Jakarta - Jeddah
Pulang : Jeddah -jakarta
Dengan membawa anak usia 1,5 th, 5 th, 10 th, dan 14 th
Pertimbangan membawa anak itulah memilih garuda langsung, dan makananpun sesuai dengan anak2... 
Sebenarnya rencana kami hanya sekeluarga saja. Namun ternyata adik mb dewi ikut  dengan membawa anak (1,5 th) dan istrinya. Namun order memilih masing2. Karena hotelpun berbeda. 

- hujajj travel (transportasi hiace) 
Transportasi yang di gunakan adalah hiace dengan kapasitas banyak 8 orang. Karena Mb Dewi dan adik koper  banyak,  memilih mobil hiace karena kepraktisan dengan 8 koper besar, koper kecil 3 . 

Mobil Langsung menuju hotel  mempertimbangkan kenyamanan anak2. 

Hujajj travel (order booking di Indonesia) 
Jeddah - hotel makkah 385 SAR (2 hotel) 
Hotel makkah- hotel madinah 670 SAR 
Hotel madinah- Jeddah 670 SAR

-Taxi tembak di makkah
Selama di makkah menggunakan taxi yang melewati hotel kita, banyak pilihan harganya. Memilih taxi dan nego harga sesuai budget.

- Kereta cepat al haramain
pernah ditagihkan pake kereta cepat saat bareng travel 2 jt per orang kelas ekonomi,sambil gerek koper.

Sangat tidak worthed.. 
Dari situ Mb Dewi sengaja untuk mencoba moda transportasi kereta cepat ini, makkah- ke airport Jeddah, berangkat pake kelas ekonomi, pulang pake kelas bisnis. 
Bisnis
Ekonomi

Cara order kereta cepat klik disini tutorialnya

Sengaja pake kelas berbisnis dan ekonomi biar ngerasain dua duanya. Kelas bisnis  bisa masuk ke lounge bisnis haramain dimana banyak makanan yang tersedia, sambil menunggu keberangkatan. 
Anak2 happy diajak jalan2 tanpa bawa koper atau tas besar. 
Total2 kurang lebih 3 jutaan untuk 5 orang PP ekonomi dan bisnis

 Makan
-Semua hotel yang dipesan beserta breakfast. Kecuali Swissotel plus makan malam. Alasannya katanya makan diswissotel enak enak. 
Dan pembuktiannya dari ke 3 hotel  Swissotel sangat juara ada food corner untuk anak2 sampai mereka menyediakan badut seperti jeje. 
Lucu aja lihat anak dari seluruh negara berkumpul sambil bersenang2 dengan jeje. Anak2 pun sangat senang. 

Dan paling ditunggu2 saat makan malamnya yang berlimpah. Konsep internasional tapi taste masuk ke lidah Indonesia. 

Cuma sayang saat kami menginap tidak pernah melihat orang Indonesia yang makan malam.. Ga tahu apa memang makan ke cepetan atau diakhir. 

- makan siang kami bawa dari Indonesia
Beras,Bawa rendang, bawa ayam ungkep, kering sapi kering tempe, abon, mie pavorit, pop mie, ikan asin,sambel terasi. Untuk lalap kita beli ben Dawood wangsui, daun mint, jarjir. 
Tanpa dimasak coel coel ke sambel terasi em enak juga.. Daun mint jadiin lalap enak di tenggorokan.

MasyaAllah tidak kehilangan rasa Indonesia. 
Cemilan kami bawa bakso, cuanki, toppoki ada cemilan yang ga kebawa pempek, sama dimsum (kelupaan ga dimasukkan). 
Sisanya kita beli sendiri ayam bakar, telur saat stok makanan habis. 
Kita nyobain makan rumansia yang lagi ngehits, take away pesannya karena mengundang adik untuk saat bersama.

Suka duka umrah Mandiri, karena serba mandiri jadi serba urus sendiri. 

- Dalam mengatur waktupun ritme kegiatan menyesuaikan anak anak.  Lebih santai dan happy. 
- Alhamdulillah berjalan lancar dan memuaskan. Karena kita yang memilih sendiri, komplain sendiri, dan riview ulasan sendiri. 
-Saat landing pesawat ke Jeddah, ada poin yang kurang diperhatikan adalah nomor plat mobil dan penjemput,, hal itu yang buat sempat tertahan sebentar oleh petugas nusuk. Tp setelah memperlihatkan chat dll baru bisa melanjutkan perjalanan. 

- Saat ke raudah dengan aplikasi nusuk kami terlewat jadwal sehingga kami memutuskan untuk melalui tasreh. Ini adalah penjuangan menuju raudhah. Mengantri lama lalu di tolak itu sampai 2 kali, lalu mencoba hari berikutnya dan alhamdulillah bisa memasuki raudah. Adik Mb Dewi sampai bolak balik ngantri 6 kali. 

Dan finish antrian ke 6 kali bisa masuk. 
Dari kejadian itu, perjalanan menuju raudah berasa sekali.. Saat di raudhah mau nangis pengen nangis kenceng.. Tapi mau dilihatin orang...

- Niat ingin berumrah mandiri dari awal dan atas izinkan allah mempertemukan  dengan orang-orang yang sama menuju Baitullah dengan usaha dan perjuangan sendiri, karena kita punya hak untuk memilih jalur mana yang kita akan lalui, apakah melalui travel, maupun jalur mandiri menuju Baitullah bahkan melalui bersepeda .  

- Berapapun budget yang di anggarkan tergantung kemampuan masing-masing. Tidak ada patokan berapa biaya menuju Baitullah. 

-  Pengorbanan akan harta, pengorbanan waktu karena harus menabung, pengorbanan Yang allah catat adalah " Pengorbanan menuju perjalanan suci " Apakah lillah karena allah. Seperti kisah perjalanan suci nabi Ibrahim mengorbankan nabi Ismail saat allah meminta menyembelNUSHWTih. Ada pengorbanan untuk lillah karena allah. Yaitu pengorbanan anak yang dicintainya untuk allah. 

Semoga allah mempermudahkan perjalanan2 suci para umrah mandiri... Amin ya rabbal'alamin

Yang ditunggu tunggu HABIS BERAPA JRENG JRENG....
Worth it banget karena harga tiket normal lho...

Masya Allah tabarakallah kisah perjalanan yang bikin meleleh. So BERMIMPILAH YANG TINGGI JANGAN SETENGAH SETENGAH YA

Tips Menabung Umroh Ala Mb Dewi

Mengumpulkan budget umrah jauh2 hari saving di emas. Saat itu sy kredit emas ke bank bsi sebesar 2 bh x 100 gr dengan hrga per gr nya 480.000/gram tahun 2015 selama cicil 2 tahun , saat berangkat saya lepas emas 2024 sy sebesar 980 rb per grm. Artinya selama mengumpulkan tidak mengalami inflasi berbeda dengan nabung di bank. 
Emas ini untung besar jika save jangka panjang dibandingkan ngesave di dolar karena covid sy save ke dollar.. Selisihnya sangat dikit

Video hotel ada di ig @kusumaningrumgusti

Tau ga sih Mb Dewi bilang sempet ga enak banget ada postingan tentang Palestina dari seorang bloger jg, sedangkan kita bisa umrah nyaman tenang dan mewah. 

Beliau tanggapi aja, mereka Palestina berjuang untuk mendapatkan surga-Nya allah dengan cara mereka. Kitapun sama mengeluarkan harta kita untuk beribadah umrah untuk mendapatkan surga-Nya dengan cara berumrah tentunya banyak yg harus dikorbankankan. Tidak relevan jika kita tidak berumrah gara2 melihat Palestina. Jika dua2nya kita lakukan, berumah dan membantu Palestina kenapa tidak.

Hadew jaman NoW yaa apa2 serba dikaitkan...

Nb
Moda transportasi dan mutowif yg bisa dipakai 
Transportasi
2. Hujjaj travel
3. Pak abdur 081240000025
4. Taxi umroh indo
5. Pak Subari +966 55 428 3201 mekah
6. Mas Farhan +966 54 821 2842 madinah
7. Pak Zahir +966 54 707 6812 mekah
8. Pak syarief +966 55 993 7723 mekah mobil sedan kami diarahkan ke pak subari pakai innova yang cukup berlima plus koper2 kami
9. Muhammad Rauf +966 58 056 6867 (mobilnya bisa pilih ada macam2)
10. Taksi argo hijau dpn st haramaib
11. Uber / careem 
12. Mas farham
13 bus 300 langsung di dpn stasiun
14. Ubaid pakistan +966560741185
15. Abdullah indonesia 
+966560908868

Mutowif

1. Dhika 08381224937
2. Arfat +966565998479 / +966565998479
3. Usta tholab 083129526670 (jgn lupa req tausiah malam2 di haram)
4. Ust hakim +62 822-8387-3709 ( mekkah )
5. Ust ahmad +966 50 174 0642 ( medinah )

Kalau butuh handling
1. No tlp handling soekarno hatta 0812 1148 4159

2. No tlp handling jeddah babah salma +966 53 8006254

3. No tlp handling mekah hakimi 0822 8387 3709

4. No tlp handling madinah +966 50 174 0642

5.  iwan catering 15 sar di madinah bisa diantar tanpa minimum jumlahnya  +955 53 972 9368 


Posting Komentar

11 Komentar

  1. Cerita yang sangat menginspirasi. Jadi pengen juga bisa kayak mbak Dewi ini, penantian 8 tahun akhirnya berbuah manis. Penantian yang penuh dengan perjuangan

    BalasHapus
  2. Masya Allah... perjalanan yang memang selalu bikin kangen ya mbak. Selalu menginspirasi cerita dari mbak Yeni untu umrah mandiri.

    BalasHapus
  3. MashaAllaa~
    Bacanya sambil shalawat, semoga bisa umrah dengan mimpi besar seperti mba Dewi. Rasanya merinding.. Bukan 8 tahun-nya, tapi kalimat Allah pantaskan untuk sampai ke titik ini.

    Memang kalau Allah sudah berkehendak, tidak ada satu makhluk pun yang bisa menghalangi.
    Semoga Allah ijabah doa-doanya dan mabrur, in syaa Allah.

    Barakallahu fiik, tulisannya ka Yeni.

    BalasHapus
  4. sangat seru baca kisahnya, jadi pengen segera umroh dan semoga Allah berikan kemudahan untuk berangkat bersama keluarga, aamiin

    BalasHapus

  5. Masyaallah seneng ya bisa umrah mandiri. Meskipun ribet peesiapannya tapi aku membayangkan kepuasaannya pasti jauh lebih besar klo bisa umrah mandiri ya mbak

    BalasHapus
  6. masyaAllah inspiratif banget ceritanya semoga saya dan keluarga juga dimudahkan buat berangkat ke mekkah nanti

    BalasHapus
  7. Maasyaa Allah
    Saya nangis bacanya Mbak
    Aku sudah nyaris 10 tahun tapi belum dipanggil
    Dana pun sudah susah payah dikumpulkan tapi tetap saja ada yang menghalangi
    Ya Allah aku benar benar menunggu dipanggil ke sini sebelum mati

    BalasHapus
  8. MasyaAllah, aku simpan postingan ini
    Aku shalawatin juga
    Semoga rencana umroh mandiri sama suami tahun ini bisa tercapai

    BalasHapus
  9. Mbak Gusti, kalau misalnya tiket dulu di tangan itu kita bisa beli maksimal banget berapa lama mbak? Apakah ada ketentuan2 khusus gitu?
    Luar biasa ini Mbak Dewi bawa krucil2 apalagi ada yg 1,5 tahun. Untung makanannya cocok yaaa.
    Wah pakai emas ya nabungnya, ini tips oke nih kudu dicatet dan dipraktikkin thanks sharingnyaaa

    BalasHapus
  10. mba dewi barakallah, bacanya seneng banget, semoga kamipun bisa menyusul,tertarik dengan umroh mandiri, ijin save contactpersonnya ya mba,makasih

    BalasHapus
  11. Saya punya impian pengen umrohin orang tua dan mertua, semoga ada rejeki banyak dan bisa terwujud, amin

    BalasHapus