Menambah Penghasilan dengan Bisnis Rumahan



Hari gini kebutuhan semakin meningkat, harga sembako naik apalagi harga cabai melonjak tinggi, biaya sekolah setiap tahun meningkat, kejahatan meningkat, kemarin mendengarkan berita pengangguran semakin bertambah. Emak berdaster tidak bisa hanya berpangku tangan mengandalkan suami sedangkan perusahaan tempat suami bekerja baru mulai bernafas akibat terpaan pandemi, solusinya emak mesti menambah penghasilan dengan bisnis rumahan.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, sebagai emak berdaster kudu tetap update tentang perkembangan teknologi dan kegunaannya. Adanya teknologi membuat emak berdaster atau Ibu Rumah tangga bisa membuat bisnis rumahan, dimana bisnis rumahan ini bisa dilakukan dari rumah tanpa harus meninggalkan anak-anak, tanpa bermacet - macet ria, duh indah banget kan yakss....

Adapun ide bisnis rumahan yang bisa teman- teman lakukan antara lain : 

1. Menjual bucket bunga / bucket uang kekinian

2. Aksesoris fashion bisa perempuan atau laki-laki, seperti bros, kalung, gelang, sapu tangan, Kaos kaki, pita, kaca mata, topi dkk.


3. Cemilan ringan (keripik - keripik biasanya paling disukai)
Kalau yang hobby membuat sendiri bisa produksi sendiri tapi kalau ribet bisa mengambil dalam jumlah banyak, kemudian kita packaging kecil-kecil dengan brand nama toko kita.

4. Kerajinan tangan dari barang bekas
Kerajinan tangan dari barang daur ulang atau barang bekas seperti bekas bungkus deterjen, botol minum unik-unik, ngegemesin banyak pembelinya lho. Kalau kita sendiri tidak bisa membuat, mencari supplier.

5. Sarung Bantal Guling dan Kasur
Kebutuhan sarung bantal guling kasur selalu ada, dan pastikan kita menjual yang memiliki motif unik elegance tidak pasaran. Cocok buat ibu rumah tangga yang hobby menjahit.

6. Daster atau bahan motif batik
Ini yang biasa saya lakukan karena saya berasal dari Solo Jawa Tengah dimana rumah Orang Tua dikelilingi dengan konveksi daster batik. Daster merupakan seragam kebesaran para ibu dirumah, selalu ada peminatnya. Bisa teman-teman mengambil produk daster dari beberapa konveksi, ganti label di packing cakep kemudian dijual dech.

Memulai awal usaha lebih baik di mulai dari bisnis rumahan modal kecil terlebih dahulu, sambil melihat pangsa pasar saat ini yang sedang booming apa...

Contoh diatas adalah ide bisnis rumahan yang bisa teman-teman coba lakukan semua berawal dari hal kecil nanti lama-lama bisa banget menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan bahkan hasilnya melebihi kerja kantoran.

Bisnis rumahan itu kalau ditekuni hasilnya sangat menjanjikan. Banyak Toko Offline yang sepii bahkan bangkrut, bahkan Toko Raksasa memiliki cabang dimana - mana banyak yang tutup juga akibatnya kalah bersaing dengan toko online.

Berbelanja online saat ini merupakan hal yang biasa banget, beragam manfaat belanja secara online antara lain =

1. Hemat waktu : Tinggal klik klik bayar kelar deh

2. Hemat biaya  : Belanja online biasanya ada promo free ongkos kirim, tinggal klik klik pesan bayar eeeh sabar menunggu barang datang kerumah. Bandingkan kalau datang sendiri ke Tokonya, kena biaya transportasi, parkir belum jajannya.

3. Beragam pilihan, jikalau ragu tinggal baca riview-riviewnya.

4. Harga barang lebih murah : Belanja online beragam model coral warna dan harga.

5. Suka ada promo dan diskon : Emak-emak banget ya ini, biasanya promo di tanggal bulan sama misal 09.09 atau 10.10 alias jam dimulai kegiatan jam 9.09 menit dkk

E-commerce 
Adalah aktifitas yang dilakukan dalam kegiatan jual beli atau transaksi secara online atau menggunakan media elektronik (internet).

Salah satu contoh E-commerce adalah Lazada, Lazada ini merupakan perusahaan e-commerce swasta Singapura yang didirikan oleh Rocket Internet pada tahun 2011. Website Lazada launching pada Maret 2012 serentak di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Lazada 
Lazada salah platform eCmmerce untuk berjualan online nomor 1 di Indonesia, dan situs Yuk Jualan Online sebagai blog yang berisikan artikel tentang update dan tips mengenai jualan online dan strategi melakukan bisnis online.

Lazada menawarkan berbagai macam jenis produk mulai Elektronik, Fashion Wanita, Fashion Pria, Peralatan Rumah Tangga, Kesehatan, Kecantikan, Bayi & Mainan Anak, Otomotif, Olah raga & travel dkk pokoknya super duper komplit deh.

Dalam sebuah E-commerce terdapat beragam barang dagangan dimana bukan milik satu dua orang tapi banyak penjual. Nah penjual ini bisa siapa saja termasuk kita yang baru memulai merintis usaha.

Kemudahan Berbisnis Online dari Rumah

Kita di jaman sekarang ini, mau jualan apa saja bisa dan tidak perlu bersusah payah membutuhkan modal besar buat sewa tempat, butuh pegawai jaga toko, dkk. Semua aktifitas jualan bisa dari rumah sambil rebahan mengurus toko online yang ada di e-commerce alias jadi  bisnis ibu rumah tangga.

Kilas balik jaman dulu SD kebetulan saya model orang yang tidak bisa diam, libur kenaikan kelas sebulan bingung mencari kegiatan yang menghasilkan uang, sampai ke tempat pabrik snack minta lowongan pekerjaan buat saya memasukkan snack kedalam plastik sampai jualan door to door pernah itu saya lakukan sampai kuliah lho.

Jualan jaman dulu masih konvensional, bergerak dari satu tempat ke tempat lain istilahnya "Ora Obah Ora Mamah" artinya tidak Bergerak jualan ya tidak makan. Atau bagi yang memiliki modal besar ya membuat toko atau sewa toko, butuh pegawai yang menjaganya.

Jaman dulu jualan identik dengan aktifitas fisik menawar-nawarkan barang dagangannya, itu pun dukanya banyak antara lain :
- Dihutang 
- Susah bayar hutang endingnya terjadi pertengkaran
- Ditawar dengan sadis
- Meminta potongan harga dan bonus 

Sekarang dengan adanya perantara toko online siapa saja bisa membuat akun untuk berjualan, ketika fokus menjalaninya bisa dijadikan bisnis rumahan modal kecil, bisnis rumahan yang menjanjikan dan bisnis ibu rumah tangga.

Hal - hal yang harus di lakukan ketika jualan online

1. Memiliki barang dagangan yang unik, khas dan harga terjangkau 
2. Rajin posting
3. Mengadakan promo 

Ide Jualan Online Bisa Apa saja

Selain ulasan contoh jualan diatas, teman-teman bisa mencari ide apa saja, kadang hal yang tidak banyak di lakukan orang lain itu malah laris manis lho...

Contoh sepele jualan barang preloved / second ternyata banyak peminatnya lho, kebetulan saya kemarin dapat jaket winter uniqlo cuma 250rb di Lazada masih mulussss....Nah bisnis barang preloved bisa dimulai dari sortir-sortir barang dirumah, di foto, upload foto ke Lazada tawarkan harga yang murah, hitung- hitung mengurangi barang yang tidak terpakai di rumah.

Jadi memulai bisnis rumahan ibu rumah tangga tidak harus dengan modal mahal bisa dengan bisnis rumahan modal kecil, intinya rajin kreatif dan mau belajar. 

Teman- teman bisa mampir di www.yukjualanonline.com terdapat contoh-contoh ide untuk berjualan online atau Bisnis Rumahan.


Langkah - langkah Cara Jualan di Lazada

1. Kunjungi lazada.co.id atau yukjualanonline.com
2. Klik "Menjadi Seller" atau "Daftar Menjadi Penjual Sekarang"
3. Masukkan nomor handphone yang aktif. Nanti akan ada verifikasinya melalui Whatsapp atau SMS.

4. Ketik nama toko, email yang aktif dan buat password untuk login, klik next
5. Tambahkan alamat gudang atau toko untuk pick up

6. Tambahkan no KTP dan nomor rekening Bank pastikan nama KTP dan nama rekening Bank sama.

7. Unggah atau masukkan foto - foto produk

8. Jangan lupa membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan yang ada di Lazada.

9. Klik DAFTAR  dan tunggu hasil verification team Lazada.

10. Selesai deh, kalau sudah terverifikasi sudah bisa langsung mulai jualan.

Setelah membuat akun penjual di Lazada, langkah berikutnya adalah membaca artikel tips n trik di blog YuksJualan Online dan Lazada. Banyak sekali ilmu yang didapatkan dari blog YuksJualan.com.

Seperti ulasan ini Tips Jitu Memaksimalkan Penjualan dengan Live Instagram.


Selamat Mencoba ...

Posting Komentar

57 Komentar

  1. Iya ya, kalau dulu jualan dari pintu ke pintu atau mesti sewa lapak. Kini bisa ulik ide mau berbisnis di Yukjualanonline lalu lanjut ke langkah berikutnya yaitu membuat akun jualan di Lazada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senangnya kini kita dimudahkan dengan bisa berjualan dari rumah sambil rebahan. Adanya toko online yang ada di e-commerce seperti Lazada yang bikin penjual online merasakan banyak keuntungannya sungguh banyak manfaatnya.

      Hapus
    2. Ternyata pengalaman hampir sama nih. Saya juga pernah jualan door to door gitu. Pegel, tapi yang beli ga ada. Sedih banget. Sekarang bisa buka jualan secara online lebih praktis dan nyaman ya

      Hapus
    3. Betul mba bisa lebih dimudahkan ya kalau jualan online. Apalagi lewat Lazada yang lebih punya banyak benefit

      Hapus
  2. Makasih tulisannya, Mak. Sangat menginspirasi terutama bagi saya yang ingin menambah pundi - pundi rupiah meski di rumah saja. Ah, semoga secepatnya bisa terealisasi.

    BalasHapus
  3. Jualan masa kini mudah asal ada kemauan ya mba. Kudu kreatif karena persaingan banyak. Kalau dulu jualan harus datangi customer sekarang gimana cara menarik customer walau dari rumah aja. Bisa nih daftar Lazada untuk jualan 😁

    BalasHapus
  4. Ternyata ide utk bisnis rumahan tuh sebenarnya sederhana ya kak. Yg susah itu benar2 ngelakuin ama yg udh dlm ide. Mental keberanian spt ini yg jarang dimiliki oleh masyarakat Indonesia sehingga mental karyawan msh tercipta.

    Pdhl di sini kita akan mendapat bimbingan lgsg dr Lazada loh. Profuk/jasa kita akan mendapatlan coaching utk bs berkembang.

    BalasHapus
  5. Zaman semakin canggih ya, jualan cukup dari rumah aja, sudah bisa menghasilkan uang 💰. Kalo dulu mesti capek keliling atau mangkal di suatu tempat. Beruntung banget sih, sekarang siapapun bisa jualan online di Lazada. Caranya mudah, syaratnya mudah, prosesnya cepat dan banyak benefitnya.

    BalasHapus
  6. Awalnya bisnis online sering hanya untuk menambah penghasilan, tapi banyak terjadi pada akhirnya justru berkembang menjadi penghasilan utama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren banget, teteh.
      Aku juga ngiler banget kalau liat jualan dan bisa menghasilkan. Tentunya gak instan yaa.. Ada proses dan perjuangan panjang yang harus dilewati.

      Hapus
  7. Suka gengges yaa.. kalau jualan malah minta "harga teman".
    Tapi ya, namanya pembeli memang mintanya serba untung. Jadi kudu mempersiapkan senjata dan mental bisnis yang mantap. Seperti menyediakan paket bundling atau inovasi bisnis yang bisa menarik hati pembeli.

    BalasHapus
  8. Wah kalau di Lazada boleh ya jualan preloved? jadi pengen mencoba nih kebetulan ada beberapa barang tak terpakai.
    Aku belum pernah soalnya jualan di platform ini mbak, ternyata cukup mudah ya, udah gitu dikasi beberapa tips jualan juga.

    BalasHapus
  9. Sekarang siapapun bisa mulai usaha ya dengan modal seadanya pun bisa sejak ada marketplace, tinggal ada kemauan dan konsisten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memanfaatkan peluang walau mungkin modal belum besar dengan andalkan jualan bareng Lazada ya. Apalagi bisa sekalian belajar juga

      Hapus
  10. Wah, seru ya. Sekarang kita bisa melakukan usaha jualan dari rumah melalui internet yang serba mudah.
    Seperti halnya kita bisa jualan di Lazada yang memiliki banyak benefit untuk para seller. Dengan kemudahan yang diberikan Lazada untuk para seller tentu sangat menguntungkan dari sisi finansial.

    BalasHapus
  11. Lazada ini membantu banget ya bagi pemula yang ingin jualan, teknisnya bisa dibantu Lazada, proses daftarnya pun mudah, mantab nih

    BalasHapus
  12. Hari gini emang emak2 wajib cari uang jajan tambahan sih ya, salah satunya dengan bisnis rumahan. Apalagi sekarang juga bisa online kaya jualan cemilan ringan atau jualan daster.
    Salah satu tempat jualan paling okey a di Lazada, ada tips2 jualan juga.

    BalasHapus
  13. Selama ada niat, kemauan, dan tekad. Kudu dilaksanakan nih bisnis rumahan yang menjanjikann dan mudah dijalankan. Makin banyak untung lagi jualan di Lazada.

    BalasHapus
  14. Cocok tuk ibu² di rumah yang mau nambah pengh nih, ide bisnis onlinenya. Skrg bisnis memang semakin mudah ya, apalagi dengan hadirnya market place seperti Lazada.

    BalasHapus
  15. Bisnis rumahan yang pernah aku lakukan adalah jual baju anak dengan gambar karakter dari kain perca. Lalu pernah juga jual sprei, sarung bantal dan selimut. Penghasilannya lumayan bangeeet. Tapi aku belum pernah nih jualan di Lazada. Apa aku coba aja, yaaa?

    BalasHapus
  16. Senang banget deh sekarang tuh sudah semakin banyak bisnis yang bisa dijalankan dari rumah, terutama bisnis online ini ya. Mengingat orang kitakan senangnya belanja secara online.

    BalasHapus
  17. Minat masyarakat yang semakin tinggi akan belanja online harus kita manfaatkan ya bund. Bener banget, sebagai irt kita ga boleh hanya berpangku tangan. Yuk semangat memanfaatkan berbagai peluang yang ada di sekitar kita.

    BalasHapus
  18. Waduh, salahsatu slogan dari kakak aku paling favorit ini mbak
    Ora Obah Ora Mamah, ada benernya juga
    Tapi alhamdulillahnya dengan adanya platform toko online speerti Lazada, tetap bisa obah, tapi obah nya jadi lebih luas lagi,
    Aku juga udah buka situs Yuk Jualan Online, emang banyak tips-tips yang diberikan buat pemula yang ingin berbisnis mbak

    BalasHapus
  19. buibu bisa banget nih mulai bisnis rumahan dgn manfaatin platform di lazada mayan kan yaa buat nambah2 uang bulanan buibu dari rumah aja

    BalasHapus
  20. Mulai berbisnis rumahan jaman sekarang anti ribet ya. Karena ada Lazada denfn situs Yuk Jualan Onlinenya yg bisa jadi panduan buat para pemula.

    BalasHapus
  21. MasyaAllah ternyata banyak benefitnya ya kalau jadi seller baru di Lazada. Jadi pengen coba juga ide jualan onlinenya

    BalasHapus
  22. sudah cukup lama daftar di lazada, sekarang tampilannya lebih elegan dan enak diliat mata, jadi makin semangat untuk jualan lagi, maklum sempet vakum jualannya, he

    BalasHapus
  23. Bisnis atau jualan online dari rumah tuh membantu banget untuk mereka yang pengen tetep menghasilkan uang tanpa harus kantoran. Aku sendiri freelance dan kerja dari rumah, tapi belum coba jualan barang fisik.

    BalasHapus
  24. inget juga jaman kecil suka jual-jualan gitu, bebikinan terus dijual hehe.. sekarang, bersyukur ya makin ada jalan buat mulai usaha berkat era online hehe

    BalasHapus
  25. Saat ini bisnis rumahan menjadi peluang yang menjanjikan untuk menambah penghasilan ya mbak

    BalasHapus
  26. Buat pebisnis pemula gabung sama Lazada mungkin bisa mgsruh banget sama penjualan. At least bisa tahu gimana cara ningkatin penjualan secara onlen misalnya

    BalasHapus
  27. Eh beneran tuh mbak, kalau jualan offline dan ketemu secara fisik, ada gontok-,hontokan pas tawar menawar. Bisa juga berakibat pada pertengkaran dan saling ejek.

    Biar aman, jualan online di Lazada aja, semua jelas dan untungnya juga jelas.

    BalasHapus
  28. Jualan online memang oke buat raih cuan, apalagi berniaganya ini dilakukan dengan memanfaatkan rumah dan gabung menjadi sellernya Lazada ya

    BalasHapus
  29. Alhamdulillah zaman now memang Karena perkembangan zaman kita terbantu sekali ya kak. Jualan pun bisa dilakukan di rumah. Apalagi lazada sekarang dukung banget mitra bisnisnya yang punya toko di lazada. Semua kegiatan penjualan jadi aman tanpa adanya kesulitan yang berarti. Apalagi pengirimannya bisa diandalkan.

    BalasHapus
  30. Jualan online makin dipermudah ya sekarang dengan adanya Lazada. Lebih aman, praktis, dan menghemat biaya operasional juga.

    BalasHapus
  31. Yup, siapa bilang emak2 berdaster gak bisa dapat penghasilan sendiri dari rumah. Sekarang zaman sudah canggih ya jadi ibu rumah tangga seperti kita pun bisa memanfaatkan teknologi untuk berbisnis dari rumah. Apalagi ada ecommerce seperti Lazada yang juga sangat mendukung banget buat jualan online karena proses registrasinya mudah dan cepat dan banyak benefit lainnya pula yang bisa kita dapatkan dengan join jadi seller Lazada

    BalasHapus
  32. Dengan semakin canggihnya teknologi, seharusnya semakin terbuka juga pikiran kita terhadap berbagai peluang yang ada, ya. Saya kurang bisa berjualan secara langsung, sepertinya tidak ada salahnya mencoba membuka toko online di Lazada.

    BalasHapus
  33. Kehadiran marketplace sekarang memang membantu banget ya mbak buat yang mau bikin usaha apalagi selalu ada inovasi dari marketplace tersebut

    BalasHapus
  34. Salah satu yang bikin orang pemalu kayak aku semangat jualan ya jualan online ini. Gak harus keliling door to door. Makin semangat deh pengen daftar di Lazada.

    BalasHapus
  35. Gabung di Lazada, jualan online makin mudah. Membuat para pebisnis muda semangat dalam menjalankan usahanya. Senengnya lagi di blog Yuk Jualan Online banyak informasi dan tips yang menarik.

    BalasHapus
  36. Memulai bisnis rumahan bukan hal sulit lagi sekarang ya. Apalagi ada Lazada, trusted untuk penjual maupun pembeli.

    BalasHapus
  37. Artikel nya bagus banget nih Kak buat emak emak pemula yang pengen terjun di dunia bisnis online, mana sekalian review salah satu e commers, terimakasih sharingnya kak

    BalasHapus
  38. pastinya bisnis rumahan seperti ini waktunya fleksible ya mba bisa dikerjakan semuanya dari rumah dan bermanfaat banget untuk para Mom, buka usaha tanpa harus keluar rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Bisnis dari rumah lebih hemat tenaga dan nggak perlu biaya sewa. Meski rumahnya nggak di tempat yang strategis pun bisa jualan juga.

      Hapus
  39. Kehadiran Lazada selaku e-commerce yang UMKM friendly begini jadi memudahkan buat sesiapa saja yang pelan-pelan mau mencoba berbisnis dari rumah ya.

    BalasHapus
  40. Saya suka lho belanja di lazada ini.
    Sejauh ini sih pengalaman baik-baik saja.
    Saya mau juga de coba jadi penjual di lazada.

    BalasHapus
  41. Betul. Jaman dulu kalo cari uang harus kerja keluar rumah..minimal jualan door to door. Sekarang lebih praktis jualan bisa online dan bisa menjangkau banyak konsumen. Jadi ga itu-itu aja yang beli.

    BalasHapus
  42. Siapa pun bisa mulai berbisnis di rumah ya tanpa harus keluar rumah seperti jaman dulu. Ada Lazada yang siap jadi tempat jualan online. Jadi makin gampang

    BalasHapus
  43. Bisnis rumahan kalau dikelola dengan serius dan baik bisa memberikan pemasukan yang cukup lumayan ya, Kak. Apalagi kalau bisa buka toko di e-commerce seperti Lazada, makin luas jangkauannya.

    BalasHapus
  44. bisnis online memang prospektif banget buat menjadi sumber penghasilan jaman now yaa, apalagi ada platform kaya lazada yg memudahkan sebagai ecommerce terpercaya

    BalasHapus
  45. Buat yang ingin berbisnis online, kendala utama di awal adalah engga punya pengalaman.
    Untuknya di Lazada ada program Yuk Jualan Online. Minimal kita punya persiapan dulu sebelum mulai.
    Nah, produk apa nih yang lagi tren?

    BalasHapus
  46. sekarang sudah banyak cara untuk mendapatkan cuan termasuk dari rumah. tinggal memanfaatkan peluang dengan tepat salah satunya dengan berjualan online. Apalagi dekarang sudah lebih mudah dan bisa dilakukan kapan asaja

    BalasHapus
  47. Bucket bunga dan bucket uang itu sekarang sedang kekinian banget ya. Bisa jadi ide bisnis baik skala kecil maupun besar. Apalagi jika menggunakan mode digital marketing, melalui iklan dan jualan di e-commerce misalnya. jangkauan bisnis jadi makin luas

    BalasHapus
  48. Jualan buket tuh sekarang menjanjikan loh Mbak, temenku tuh juga jualan buket bunga, buket snack, buket uang dan jualan di Lazada juga. Alhamdulillah, setiap hari pesanan banyak.
    Sekarang tuh, IRT bisa ya berpenghasilan dari rumah aja, kemajuan teknologi memang memudahkan sih...

    BalasHapus
  49. Wah banyak banget ya kak ide bisnis rumahan yg bs ningkatin pendapatan kita. Aku jg mau coba jualan di Lazada ah. Soalnya kita akan diberi training gratis selama 3 bulan tuh. Plus komisi dikasih semua ke merchant. Asyik bgt nih cara jualan di Lazada.

    BalasHapus
  50. Aku kemarin kemarin juga udah nyobain jualan keripik tapi ngga bikin sendiri. Sebenarnya hasilnya lumayan tapi aku yang angot-angotan. Jafi kepikiran buat menjualnya secara online..

    BalasHapus
  51. Ada banyak banget platform jualan online sekarang yaa..
    Dan aku salut untuk yang terus mau berkembang dan meningkatkan skills di bidang bisnis bersama Lazada.

    BalasHapus