Umroh Mandiri Mba Eny disaat hamil 5 bulan bersama suami & ibu sudah tua 21 okt - 5 nov 2023



Umroh Mandiri Mbak Eny yang sedang hamil 5 bulan bersama suami dan ibu sudah tua
21 Oktober - 5 November 2023 
Di Saudiny 14D 13N. 
Sempat di KL 1 malam
Umroh mandiri Mbak Eny ini diam-diam, karena pengalaman perdana takut pada nyinyir apalagi kalau tahu keluarga besar Mbak Eny sedang hamil bakal dilarang.

Jadi teman - teman Mbak Eny dengan suami sudah menikah 14 tahun lamanya tapi belum memiliki buah hati. Mereka berdua sudah ikhlas makanya pola hidupnya sehat dengan menjaga asupan makanan karena mereka berdua harus sama - sama menjaga satu sama lain. Sudah dititik ikhlas dengan ketetapan Allah. Banyak  ikut kelas-kelas pencarian panjang ikhtiar hidup sehat Justru karena udah ridho blm dikasih keturunan sm Alloh, mikirnya harus sehat berdua biar bisa saling nemenin sampai tua. Kl sampai ditinggal salah satu atau sakit berat kasian satunya sendirian. 😭😭 (meleleh saya) Masya Allah di kasih sama Allah titipan alias positif hamil.


Awal kenal dengan saya
Melalui instagram beliau dm tentang Umroh Mandiri akhirnya berakhir di whatapp
Membaca chat mb eny diatas, beliau membeli tiket dadakan karena baru Pertengahan September sudah tidak nyidam dan kepikiran  untuk umroh.

Huntinglah tiket yang tidak melelahkan dan cocok dikantong, dapatlah rute 
Balilpapan - Kuala Lumpur by scoot 1.5 juta
Kuala lumpur - Jeddah by Air asia 3 juta

Pulangnya dari 
Medinah - Kuala lumpur by saudi 4.8 juta
Kuala lumpur - balikpapan by Air Asia + bagasi 1.4 juta

Drama Tiket Air Asia
 AA emg agak lelet per email an saya  di reschedule flight 3 minggu sblm keberangkatan pemberitahuan via Sms coba.. Cek email berkali2 gk ada apa2. Cek di flight status jg gk ada perubahan. Sampai ragu beneran di reschedule apa gk. Akhirnya datangun AA di bandara minta dikirim etiket baru via email manual sm petugasnya. H-2 kl gk salah baru dpt email resmi dr AA kl reschedule
 Dari KL - jeddah. Reschedule 20jam. Alhamdulillah nya belum ada pesen hotel di mekkah waktu itu. Kl udah pesen kan jd hangus semalam

Merahasiakan Kepergian Umroh

Beliau bilang waktu perjalanan berangkat umroh sampai mau keluar bandara Balikpapan masih deg-degan begitu sampai rumah lagi langsung lega bersyukur banget sama Alloh dimudahkan segalanya.

Keluarga besar banyak yang ngomel kenapa umroh tidak memberikan informasi,  ya Mb Eny jawab aja, gmn mau bilang  kalau  kami sendiri aja masih deg-degan tiada akhir, banyak minta pertolongan Alloh takut jumawa takut belok niat umrohnya.
Baru pas sudah dirumah baru berani bekabar2

MEKAH 
                   Pindah-pindah hotel
Indahnya Umroh mandiri sesuai budget, habis menikmati Hotel Sultan mundur dikit kita ke makarem Ajyad. Trik ngakalin harga hotel mahal pas kamis jum'at Jam 11 an sambil checkout hotel jam 1 kl bisa lgs pindah. Tp berhub  cuma pindah hotel jd ya barang titip di loby hotel pertama. Ditinggal dzuhur, Jalan2 dan ashar.

 
Karena naik  air asia, cuma koper kabin 7kg max aj. Itu tas lipat pink isinya makanan dari hotel movenpick, Air zam2 sm jaket

 Tim cuci jemur kering setrika jd 17 hari cuma bawa gamis 3 lembar termasuk yg dipakai..

 Madinah rencana odst sm plaza badr al maqom mb. Jd ngerasain dua sisi masjid nabawi

 Belum ada yg share kamar makarem kan ya. Ini letaknya di belakang sofwah Tower persis. Lumayan cakep. Pesan triple bed dikasih yg 4. Masih rata jalannya. Di depan byk taxi. Amenities lengkap dpt free buah jg
 Seberangan sm elaf mashaer. Kl yg lebih murah lagi sebelah ny elaf, rayyana

Isian di koper cuma bawa 
Cewek
3 set baju sholat ( kerudung, celana panjang, gamis) termasuk 1 set nya yg dipakai
3 daster
4 set Dalaman jilbab, kaos kaki, niqob 

Cowok
4 set Dalaman (baju kaos+ celana pendek) termasuk 1 set dipakai 
2 set baju sholat (kurta+celana panjang) 
Semua dipilih yg paling ringan dan gampang kering

hanger kawat 10 pcs
Yg mberat2in kmrn ihrom aja
Sm printilan2 macam timbangan, plastik es, kabel charger dll


Pas ditimbang air asia total 6kg termasuk koper kabin berat 2 kg

Ini segala koper 3 biji pinjem punya temen semua. Tdnya ihrom jg mau pinjem punya temen dipikir2 beli aja pas di indo 150rb yg kainny agak bagusan. Krn bakal bolak balik dipake jd cari yg nyaman. Dan krn miqot di pesawat jd kudu prepare dari Indonesia

Memang membawa sedikit baju  krn rencana mau beli gamis. Baju2 yg dibawa juga sebagian besar sudah amoh (baju luama) jd sebagian bakal ditinggal gk ikut dibawa pulang. Kdg itu kan kita punya y, baju yg udah lamaaa sekali mau dibuang sayang. Gamis2 ny suami ini beli dr tahun 2011 jd sudah waktunya ganti. Hehe

Riview Hotel Makarem Ajyad

Hotel ini letaknya di belakang sofwah Tower persis. Lumayan cakep. Pesan triple bed dikasih yg 4 bed. 
Jalanannya masih rata. 
Di depan banyak taxi. 
Amenities lengkap dpt free buah  berseberangan dengan Hotel Elaf mashaer. 
Teman - teman kalau mau yg lebih murah lagi sebelahnya hotel  elaf, yaitu Rayyana.

Early cek in bayar 200 sar.

Riview Hotel Movenpick Mekah
sekitar jam 9 pagi boleh early checkin tp kamar ready dalam 1 jam, sehingga koper dititipkan dulu di Lobby titip Koper dl di loby trus langsung lanjut umroh.

Selesai umroh lanjut dhuhur. Alhamdulillah kamar sudah ready dan bisa langsung buat istirahat.

 Kamar pesan yg triple untuk 2 org kelebihan org dewasa ttp disuruh nambah breakfast 75sar/org

MEDINAH
Di madinah cuma  7 hari 6 malam menginap di 2 hotel yang berada di 2 sisi masjid nabawi. 

Riview Hotel Odst type triple non bf 3 malam kena Rp. 3.1 juta 

Hotel ini enak secara jarak ke masjid tapi sayang dapat kasur tidak enak alias kasurnya agak keras. Tiap bangun dr tempat tidur selalu pegel2 padahal jalan k masjid jg gk jauh n relatif lebih santai. Kirain krn usia hamil uda mulai bikin sakit pinggang ternyata pas pindah k plaza badr al maqom gk sakit pinggang lagi.

Hotel ini termasuk rekomended bisa beli makanan nasi box atau catering di hotel ini.
Ini beli di odst, yang bawah itu 10sar, yang atas jd 15sar krn ada 'sayurnya'. Sayurnya térong sepotong, kembang kol sepotong n kentang potong dadu 3 potong. Untuk sambal, ayam dan sayur, gak kayak masakan indonesia sih. Tapi nasinya bulir kecil kayak di indo. 

Plaza Badr Al Maqom type triple non Bf kena 4 6 juta

Plaza badr al maqom ketika cek in tanya apalah bisa pakai kartu EDC? bilang resepsionis bisa pakai kartu, ternyata pas mau bayar mesin Edc nya gak ada yg mastercard atau visa, jd harus cash.

Lokasi deket pintu perempuan yg tidak terlalu padat, kamar enak bersih, staff ramah oke, makanan tidak tahu karena tidak pesan makan,deket sama foodcourt, ranjang empuk. 

Mb Eny dpt welcome fruit smp 2 kali. Kekurangan nya cuma di liftnya yg terbatas jd agak antri. Tp ada 1 lift ekstra yg byk tamu gk tau jd bisa agak cepet.

 Grand plaza badr al maqom ada 4 lift,  Ada satu lift tersembunyi jadi dari resepsionis belok kanan. Kami seringny pakai itu kmrn.

Tapi tetep aja kecil liftnya.. Seringnya suami naik turun tangga, ak sm emak yg antri lift karyawan ini.

Pengalaman kan tiba di madinah 3 hari sblmnya dan menginap Hotel Odst. Waktu mendatangi hotel ingin membayar pesanan dan ingin membayar sblm hari H mereka tidak mau terima. Bilangnya nanti aja checkin. Bahkan hari H check in kami mau bayar paginya jd siang tinggal masuk gt jg ttp gk boleh. Katanya nanti saja kl sudah waktuny check in baru bayar

Perjalanan Umroh 

1. Proses Imigrasi di Balikpapan-Kuala lumpur via Singapore aman lancar jaya turun di KLIA2, karena naik scoot pasti transit ke Singapore.

2. Menginap 1 malam di Kuala Lumpur, dari KLIA2 ke hotel orange di kota warisan naik grab pesen via aplikasi 30RM 10-15 menit bayar cash

3. Hotel orange family room dpt 2 bed double 500rb

4. Tarik RM (ringgit mata uang malaysia) via atm bca 1,3 jt dpt 350 RM biaya tarik 25rb.

5. City tour ke KLCC, putra Jaya, dll dr jam 12.00- 2.00 habisnya  200 RM

6.  Kalau menunggu di KLIA2, buat rebahan, enak udah check in dan imigrasi dulu daripada area sblm checkin. . Di dalam tempatnya lebih luas dan bekarpet semua, banyak spot buat rebahan. Pastikan udah membawa snack dr luar.

7. koper kabin air asia bener2 ditimbang 7kg. Tapi pas saya tidak termasuk tas cangklong.   
8.  Imigrasi Kuala Lumpur juga lancar jaya, cuma pas mau masuk ruang tunggu, bener - benar dicek visa nya. Kyknya ada report visa bermasalah sblmnya, Kl visa Umroh malah aman.

9. Ruang tunggu dan isi pesawat air asia KL-Jeddah lebih indonesia daripada ruang tunggu n isi pesawat balikpapan ke Kuala Lumpur

10. Di dalam. pesawat air asia, semua dikabari, waktu sholat, miqot. Tidak ada larangan wudhu di wc pesawat asal tidak basah lantainya

11. Sampai terminal hajj dijemput harmain transport pesan yg sedan 250riyal. Alhamdulillah  dapat barengan jd sharecost.

 haramain transport kita pesan lewat web, nanti akan di wa oleh admin, H-1 akan di wa oleh driver yg bertugas

12  Naik uber pesen on the spot  Ketika lagi rame-ramenya turun dari kereta cepat Mekah - Medinah memang jd agak mahal waktu itu sekitar 75sar. Tp kl sabar menunggu bisa turun lagi sampai 20-40 sar. Berhub waktu itu sudah mau magrib, jd pas udah turun di 38 sar langsung ambil. Alhamdulillah dapat murah.

13. Mencoba jalan kaki ke Masjid Quba dari Grand Badr Al Maqom Hotel 
Jarak 4,5km, jd pp 9km start grand plaza badr al maqom. suami sy kmrn sempat 2 kali pp jalan kaki. Pagi hari sama sore habis magrib. Sholat di masjid quba jg rame.

14. Bawaan pulang
Jgn lupa bawa lakban coklat/item sm spidol buat nandain. Kl lakban bening susah nyariin satu2
Pembuatan Paspor
Sempat ditabya pas membuat paspor di balikpapan dan bilang kalau mau umroh memang ditanya sih.
Umroh nya kapan bu? Mb Eny jawab belum tau kapan, ini untuk persiapan aja siapa tau ada rejekinya. Waktu itu memang belum kepikiran mau berangkat tanggal berapa.

Makan 
1. Membeli ayam goreng krispi 22 riyal dapat setengah ekor yg disamping Hotel Al Anshor golden tulip

2. Membeli nasi box ayam di Hotel Odst bisa juga pesan antar ya tidak ada minimumnya diantar sampai depan kamar meski hotel lain, bisa hubungi wa 

3. Di madinah ada  warung sunda sama di foodcourt yg depan gate 333 itu ada bubur ayam

4. Chicking sebelah Hotel Al Anshor Golden Tulip  ayamnya lebih enak daripada Albaik harga 22 sar dapat 4 potong. https://maps.app.goo.gl/wzp6gU8d8YADWEo4A

5. Pernah beli di resto hotel sanabel medinah juga enak murah

6. Ote ote, tahu isi di madinah ada harga 3 sar
7. Zaitoon Restaurant chicken friend ricenya enakk dapat salad 
8. Perkacangan ini, suami ama emakku suka banget. Selama di makkah 2 kali beli yg toples an gt yg varian mede panggang 450gr 35-40sar 

9. Hasil perjuangan suami Ini albaik 35 riyal dapat ayam seekor antrinyaaaa
TIPS
- Jika perjalanan perginya panjang plus langsung lanjut umroh, worth it banget menginap di hotel ring 1  plataran  Masjidil Haram untuk beberapa hari pertama sambil memulihkan tenaga. Selanjutny terserah ke budget masing masing, mau lanjut di situ atau mundur agak ke belakang dikit. 

- Jgn lupa baca doa ini stlh bacaan niat umroh. Agar ketika ada kesalahan ringan yg tidak disengaja, InsyaAlloh tidak perlu bayar dam. Wallohu'alam

- InsyaAlloh tidak berat kok menjaga ihrom itu.. Apalagi kl Mandiri.

- Saya bandingin sama kalau pake travel. Mulai perjalanan dr madinah ke makkah karena tunggu - tungguan bisa molor smp 8-10jam masih banyak  istirahat jg dll.

 Dibandingkan ihrom dr pesawat langsung makkah, istirahat di kamar hotel pula. InsyaAllah lebih mudah menjaga ihromnya kl mandiri.

- Ambil.miqot di pesawat Air Asia
Air Asia toiletnya sama aja kyk pesawat lain. Menurut suami kurang representative buat pakai bawahan ihrom. Jd suami kmrn pakai bawahan ihrom dr bandara klia kyk sarung gt. Atasnya ttp pakai kaos dan hoodie. Pas ud mendekati miqot baru ganti atasnya.
Kl saran sy tetep saja ambil miqot di pesawat. Langsung ke mekkah. Kl mau Istirahat dl gpp umroh besoknya. Krn secapek2nya ketika sudah ada disana entah energi dari mana untuk menyelesaikan umroh.

Pengaturan Bagasi atau Bawaan 
Mbak Eny  3 org 3 koper. Sejak dari awal memang cuma bawa masing-masing koper 6kg aja. Pulangnya masing-masing koper 15kg. Sy tetep beli 20*3.

 Kl untuk air zam2 nya gk bayar mb. Diluar jatah bagasi kmrn KL-Balikpapan bertiga bawa air zam2 3 box  Nanti setelah dpt stiker dr counter, disetor nya khusus nanti Yg ditimbang koper2nya aja.

Oleh - oleh simple beli parfum Parfum totalnya bawa 9 box yg 100ml. Murah cuma 10sar buat oleh2 pantes bgt. Box nya kan gede2 tuh jd biar gk makan tempat, botol parfumnya dikeluarin, bungkus pake plastik es satu2, trus diselipin di baju biar gk pecah.  box nya lipet yg rapi.
Kl parfum yg roll on bawa buanyak tp disebar aja di tas se box nya diselip2an alhamdulillah aman.

Sempat deg2an pas di beacukai  bandara Balikpapan takutny dikira parfum mahal an krn mutowif yg jualan parfum gissah itu kena cukai nya mahal. Alhamdulillah lolos aja. Gk ditanyain apapun.

- Beberapa kali nitip koper di lobby hotel alhamdulillah aman :  Movenpick. Bisa early checkin (wktu itu dtg jam 9. Tapi kamar ready sekitar jam 10) daripada nunggu sejam kami titip koper di loby (ada petugasnya) alhamdulillah aman

- Makarem. Gk bisa early checkin tapi titip koper boleh.

Tips sehat selama safar

1. Kenali kondisi kesehatan masing2 anggota keluarga. 
- Bawa obat2an terkait riwayat penyakit. Contoh suami ada riwayat asam urat= bawa alopurinol n cataflam
- kulit sensitif thdp makanan atau perubahan cuaca = bawa lotion/krim andalan
- tenggorokan sensitif manis = hindari yg manis2 sebisa mungkin. Kl pun kepengen bgt stlh konsumsi gelontor dgn air putih, vit c n probiotik

2. Bawa suplemen andalan keluarga
Versi sy kl safar wajib bawa n konsumsi ( bawa sejumlah hari safar) 
- probiotik = versi sehatnya antibiotik. Untuk mengamankan sistem pencernaan n imun
- vit c= pilih yg dari bahan alami, buffered, dan gk asam biar bisa diminum kapan saja tanpa harus makan (sy pakai now c-1000. Berbahan calcium carbonate. Sy potong2 jd sekali minum 500)
-vit d 5000iu = untuk immune n anti peradangan
- omega 3 atau fish oil = immune n anti peradangan
- magnesium = buat pegel2, biar tidur nya nyenyak

- essential oil buat oles2an

3. Istirahat yg cukup. Malam wajib tidur yg cukup. Sy kmrn habis isya smp jam 3an tidur. Bangun baru ke masjid lg. Jangan porsir tenaga. Enakny kl Mandiri kita sendiri yg atur waktunya

4. Sesuaikan musim. Kl musim dingin y bawa jaket atau pakaian yg tebal. Kl musim panas y pake yg tipis2 melindungi. 

5. Jaga makanan. Baik waktu maupun jenisnya. Segala pantangan yg dipunyai masing-masing org beda, jd perhatikan pantangan masing-masing. Jgn lupa bawa penawarny kl pun terpaksa makan pantangan itu. Kurangi kekepoan yg di Indonesia jg ada n banyak. Selama disana kami gk berani es krim sama sekali wlpn kl di bpp y sesekali masih makan. 
Sy kepo bgt sm kunafa. Berani cobain satu porsi buat bertiga. Tp gula cairny itu pake dikit aja. 

6. Banyak minum air putih khususnya air zam2. Wajib 2-3 liter perhari

7. Wlpn harus pakai toilet umum ttp jaga kebersihan diri kita


Alhamdulillah kmrn Alloh jaga kami bertiga sebelum, selama dan setelah pulang. Sy sempat pilek 2 hari krn nekat makan kurma yg dibagi2 jamaah di nabawi pas Subuh2 laper bgt. Tp alhamdulillah segera membaik. Ibu sy lansia jg alhamdulillah sehat. Suami sempat kumat asam uratny krn nyobain falafel segigit di hotel ( tnyt falafel dr kacang ijo). Stlh minum alopurinol plus cataflam alhamdulillah ud gk terasa lagi.

8. Banyak2 minta perlindungan Alloh, ikhtiar Dzikir2 meminta kesehatan. Jgn merasa sombong knr sudah minum suplemen dll gk bakal sakit.

Bahasa
Saya pakai harrmain transport dpt driver org Pakistan.. Asli gak nyambung diajak komunikasi pake bahasa Tarzan pun. Akhirnya dia chat ke wa suami saya.
Agak - agak mudeng. 
Sepanjang jalan jeddah makkah dia telp nan terus sm temanny. Kita kira cuek aja orgny. 
Tapi ada suatu momen yg so sweet banget ternyata  pas barengan sy tidur di kursi depan, kan kena panas matahari pagi tuh, eh tetiba driver Pakistan y nurunin sun visor Di samping org yg duduk di kursi dpn.
 Itu perhatian kecil yg sangat menyentuh buat kami.

Bahasa bisa pakai google translate voice kita ngomong akan menerjemahkan di hp tinggal sodorin atau ketik aja.

Sedekah di Mekah
Ada tmn titip sedekah kubelikan roti ini 2 sar, trus dibagiin k jamaah Krn liat di dalam masjid pun khususnya yg perempuan byk yg bagi2 makanan. Kl misal gk boleh masuk gpp bagi2 di pelataran. Beli rotiny di abraj atau bin dawood, atau kl di madinah byk toko kelontong kecil2. Kl subuh baru dtg masih anget. Sekalian jd sedekah subuh MasyaAlloh keterima bgt sm jamaah yg lg nunggu syuruq laper kan

Total Biaya Umroh Mandiri bertiga sekamar

*Umroh Mandiri 17 hari 3 dewasa (20 okt-5nov 2023)*

Start Balikpapan

*Total 82.6jt /3= 27,5 jt/org*

*Makan+biaya hidup 15hari   5 jt*
*Pesawat 10,7*3=            32,1jt*
Bpp-kl 1,5 scott
Kl-jed 3 air asia
Med-kul 4,8 sv
Kul-bpp 1,4 air asia+bagasi

*Hotel =                              27,6jt*
Makkah
Movenpick triple+breakfast 3,2*3= 9,8
Makarem triple non bf 2,5*4=10,1
Madinah
Odst triple non bf 3mlm 3,1 
Plaza badr  triple non bf 3mlm =4,6

*Visa 183$ +siskopatuh 10$    3jt*3=9jt*

*Transport  saudi     879sar= 3,7jt*
Bandara haji jeddah-hotel mekkah 250 sharecost      190sar
Hotel mekkah-stasiun haramain 40sar
Stasiun madinah-hotel 38sar 
Kereta 172*3=516 sar
Quba 1= 23+30=53
Quba 2= free
Hotel-madinah airport= 42

*Malaysia                      = 1,8  jt*                                
Hotel 500rb
City tour Kl-Putra Jaya 9jam 200rm 
Taxi bandara 30rm
Makan dll 120rm 

*Pulsa roaming  3 x 300= 900rb*

*Oleh2 2,5jt*

Jadi step step Umroh Mandiri 

1. Niat kuat
2. Siapkan tanggal yang kita mau
3. Rajin hunting tiket di aplikasi seperti skyscanner, agoda, booking.com, tiket.com, web maskapai langsung
4. Rajin hunting hotel, termasuk menentukan tujuan mekah atau madinah dulu, misal mekah dulu karena hotel lebih murah dibandingkan ke Madinah dulu.
5. Belajar belajar dan belajar tata cara ibadah dkk
6. Urus visa melalui provider visa
7. Berkas2 di cetak hardcopy
8. Transportasi dipersiapkan juga apa naik kereta cepat atau taksi
9. Banyak berdoa kepada Allah supaya dimudahkan
10. Bawa bekel lauk pauk bebas aman di arab

Ulasan detil.transportasi di arab bisa klik.disini

Moda transportasi dan mutowif yg bisa dipakai 
Transportasi
1. Haramaintransport bs web ya tar lgs whatapp admin
2. Hujjaj travel
3. 
4. Taxi umroh indo
5. Pak Subari +966 55 428 3201 mekah
6. Mas Farhan +966 54 821 2842 madinah
7. Pak Zahir +966 54 707 6812 mekah
8. Pak syarief +966 55 993 7723 mekah mobil sedan kami diarahkan ke pak subari pakai innova yang cukup berlima plus koper2 kami
9. Muhammad Rauf +966 58 056 6867 (mobilnya bisa pilih ada macam2)
10. Taksi argo hijau dpn st haramain
11. Uber / careem 
12. Mas farham
13 bus 300 langsung di dpn stasiun
14. Ubaid pakistan +966560741185
15. Abdullah indonesia 
+966560908868
16. Kereta cepat tutorialnya di sini
17..citytour madinah bisa pakai bus hop on off ulasannya klik disini

Mutowif

1. Dhika 08381224937
2. Arfat +966565998479 / +966565998479
3. Usta tholab 083129526670 (jgn lupa req tausiah malam2 di haram)
4. Ust hakim +62 822-8387-3709 ( mekkah )
5. Ust ahmad +966 50 174 0642 ( medinah )
6. Ust nursamsi mekah kk abdur 0878 6932 5677

Kalau butuh handling
1. No tlp handling soekarno hatta 0812 1148 4159

2. No tlp handling jeddah babah salma +966 53 8006254

3. No tlp handling mekah hakimi 0822 8387 3709

4. No tlp handling madinah +966 50 174 0642

5. iwan catering 15 sar di madinah bisa diantar tanpa minimum jumlahnya +955 53 972 9368 

 Pengalaman Mb Eny Naik Travel dan Umroh Mandiri pake travel memang lebih capek Krn waktuny terbatas, agenda byk, banyak habis di tunggu2an

 Capeknya Mandiri itu cuma nggledek koper sendiri aja kok. Itupun masih bisa di delegasikan porter kl mau.

Posting Komentar

13 Komentar

  1. MasyaAllah BarokAllah mba Eny dan suami dan ibundaaaa

    ku ikut hepiiii bacanyaaa. dan umroh mandiri ciamiikk bgt. bisa menyesuaikan dgn kebutuhan dan selera kita yahh 💯🤣😍

    BalasHapus
  2. Keren banget bisa umroh beginiii... aku save ah biar bisa jadi panduan kalau ada kesempatan umroh lagi... niatin aja dulu, yakan...

    BalasHapus
  3. Masya Allah... Hebat mbak Eny ya, dengan kondisi hamil dan juga membawa orang tua semoga Allah selalu beri kesehatan pari purna untuk mbak Eny dan keluarga. Umrah mandiri ini memang enak banget menurutku karena bisa menyesuaikan waktu kita.

    BalasHapus
  4. Barakallah. Aku agak kepikiran juga buat umroh mandiri, tapi ya lihat juga nanti. Enaknya tuh karena bisa nyesuaiin budget sendiri. Cuma memang kudu banget mau repot pesan tiket ini dan itunya

    BalasHapus
  5. MashaAllaa~
    Barakallahu fiikum.

    Mba Eny dan keluarga sehat dan akhirnya bisa hamil di usia pernikahan yang ke 14 tahun. Rejeki tiada terkira yang Allah berikan dengan semua kegigihan dan doa beliau.

    BalasHapus
  6. Salut sama yang Umrah mandiri, kalau aku pasti pakai agnesi travel gitu karena gak mau repot. Hehe... Tapi ALhamdulillah ya Mba Eny bisa umrah dengan lancar. Semoga saya juga bisa umrah secepatnya. Amin.

    BalasHapus
  7. MasyaAllah sedang hamil tapi semangat ibadah luar biasa ya mbak, trus bawa org sepuh pula.
    Dapat hotel yang bisa memesan makanan catering jadi bisa menghemat tenaga buat gak sering masak ya jadinya, ternyata bisa ya gtu, thanks infonya.
    15 hari per orang kurang dari 30 juta luar biasa.

    BalasHapus
  8. Masya Allah, terharu banget baca ceritanya Mbak Eny yang diamanahi baby dan kepikiran mau umrah saat hamil. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, ya. Terima kasih sudah share biaya-biayanya, jadi ada gambaran kalau mau umrah mandiri.

    BalasHapus
  9. Niat ibadah memang sering membuat hal yang sulit bahkan terasa mustahil menjadi mungkin yaaa.. Seperti pengalaman mb Eny ini. Dan mak yeni sudah menginspirasi banyak orang utk mencapai tujuan umroh mandiri. Good job.

    BalasHapus
  10. 3 minggu lalu tetangga saya berangkat umroh. Janda sepuh yang rumahnya masih sederhana banget. Tapi tetap ngikutin tradisi umroh di desa. Tahulah apa saja. Saya membayangkan andai bisa umroh diam-diam, mungkin lebih asyik, Eh baca cerita Mbak Eny, malahan sedang hamil. Saya jadi ingat saat hamil 5 bulan saya naik ke puncak Borobudur lalu lanjut ekspedisi penelitian ke Karimun dan pulau-pulau terpencil.
    Kalau dasarnya kuat akan kuat. Tapi harus pastikan memang tipe yang kuat.

    BalasHapus
  11. Masyallaah... seneng bangeeettt pastinya ya dapat buah hati, bisa umroh jugaaa... saya bacanya aja ikutan haru bahagia. Umroh mandiri ternyata baik-baik dan lancar-lancar aja kok yaaa alhamdulilaaah.

    BalasHapus
  12. Bahagia yang bisa umroh bahkan bisa sambil bawa anak
    Apalagi kalau masih dalam perut setidaknya masih bisa sedikit khusyuk ketika ibadah
    Ah rasanya pengen banget

    BalasHapus
  13. Umroh mandiri emang kayanya butuh lebih banyak persiapan ya mak.. Tapi kayanya lebih seru karena beneran bisa lebih bebas eksplor kesana kemari yaaaa

    BalasHapus