Tokoh Inspirasi Arsjad Rasjid

Haii sobat gustiyenifamtrip ....
Semoga sobatku semua sehat, bahagia, menjalani hari - hari yang lebih baik dibanding hari kemarin, keinginan atau cita - cita dalam hidup tercapai.  Bicara tentang keinginan dan cita-cita, sejak kecil saya tuh suka menghayal, membayangkan besok gedhe mau jadi apa? Mau sekolah dimana? Kalau tidak tercapai alternatif yang lain bagaimana? ....

Membuat daftar cita-cita dan keinginan yang ingin saya capai jangka pendek maupun jangka panjang.

Setiap orang pasti punya dunk Tokoh Inspirasi, tokoh inspirasi bukan hanya orang sukses terkenal tapi bisa dari lingkup terdekat seperti kedua orang tua atau Pakdhe Budhe dkk.

Kalau saya pribadi sukaa membaca biografi tokoh terkenal, orang sukses, suka duka yang mereka jalani seperti apa? Karena dari membaca kisah mereka yang lebih senior  banyak hikmah yang bisa saya pelajari, menjadi tokoh inspirasi bagi saya.

Jaman era tahun  90an membaca biografi orang hebat mesti lewat surat kabar atau membaca bukunya, itupun mesti membeli atau bisa juga sih meminjam di Perpustakaan.

Di era digital saat ini sangat mudah mencari tahu biografi tokoh - tokoh terkenal baik di dalam negeri ataupun di luar negeri, cukup browsing lewat Gadget, Laptop, dan Komputer nama tokoh yang ingin kita ketahui akan banyak bermunculan. Bisa membaca di web mereka, atau berita berita yang tersebar di dunia maya atau wikipedia.


Salah satu contoh web yang sedang saya sukai atau sering saya kunjungi akhir - akhir ini adalah arsjadrasjid.com.

Siapa sih Arsjad Rasjid?

Di dalam web Arsjad Rasjid dibagian profil di jelaskan  bahwa Mohammad Arsjad Rasyid Prabu Mangkuningrat biasa disebut Arsjad Rasjid seorang pengusaha, pebisnis, mentor dan tokoh masyarakat terkemuka asal Indonesia. 

Putra dari pasangan H.M.N Rasjid (purnawirawan TNI AD) dan Hj. Suniawati dahulu telah berhasil lulus dari University of Southern California di bidang Computer Engineering tahun 1990 dan Administrasi Bisnis memperoleh gelar Bachelor of Science dari Pepperdine University California Amerika Serikat pada tahun 1993. Selain itu Ketua Kadin 2021 - 2026 ini juga berhasil menyelesaikan program Executive Education on Leadership and Decision Making in the 21st Century di Jackson Institute for Global Affairs, Yale University, Amerika Serikat.

Dilihat dari tahun kelulusannya ketahuan ya sekarang beliau berusia diatas 50an pastinya, karena di tahun 90an saya masih lulus SD, SMP dan di akhir tahun 90an baru masuk kuliah.

Yang membuat saya kagum di usia yang tidak lagi muda masih semangat untuk mau belajar dan belajar terus akhirnya bisa menyelesaikan program Executive Education Global Leadership and Public Policy fir the 21st Century 2012 di Harvard Kennedy School, Amerika Serikat. 

Pada tahun 2013 beliau menyelesaikan Executive Education on Impacting Investing di Said Business School, University of Oxford Inggris. Lalu beliau juga menyelesaikan program Insight Into Politics and Public Policy in Asia untuk Para Pemimpin Global di Lee Kuan Yew School of Public Policy, Singapura.

          sumber https://arsjadrasjid.com

KARIER 

2005 - Sekarang
Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk.

2005 - 2013
Group CEO PT Indika Energy Tbk.

2013 - 2016
Wakil Presiden Direktur/Group CFO PT Indika Energy Tbkm

2022
Panitia Pengarah Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi

2021 - 2026

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industry Indonesia (Kadin) beliau terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Nasional (Munas) VIII di Kendari, Sulawesi Tenggara.

2023 
Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN - BAC)

2023 - 2027
Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani)


Di dalam website Pak Arsjad banyak informasi positif yang bisa kita dapatkan, mulai dari Berita, kisah inspirasi, video dan profil lengkap beliau.


 
Orang hebat banyak karya yang dihasilkan, senantiasa bekerja dan berkarya, saya suka berfikir sama - sama memiliki waktu 24 jam tapi hasil setiap orang berbeda. 

Ternyata di dalam web beliau ada ulasan dimana beliau mengaku waktu tidurnya rata-rata lima jam sehari.
Suka malu sama diri sendiri disaat dalam satu hari tidak ada kegiatan positif yang dilakukan, melihat deretan kesibukan Pak Arsjad membuat saya geleng - geleng kepala membayangkan betapa sibuknya mengemban amanah sebagai CEO, Ketua Kadin, Ketua Perpani, Ketua ASEAB-BAC dan kalau melihat di web bagian video kita akan melihat beberapa video Coffee Break with Arsjad.

Rata - rata waktu tidur Pak Arsjad yang hanya 5 jam tersebur merupakan sisa dari kesibukan yang harus ia lakukan sehari - hari.... 

Adapun tips mengatur durasi tidur Pak Arsjad antara lain :

1. Membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama, meskipun sangat sibuk tapi usahakan menjaga konsistensi dalam mengatur waktu tidur dan bangun.

2. Jangan tunda saat bangun tidur, hal ini berlaku juga untuk hari libur supaya ritme tidur terjaga dan badan terasa lebih segar

3. Berlatih untuk mencapai tahap deep sleep dan REM sleep, metode ini bermanfaat untuk memulihkan memori.

4. Memejamkan mata di waktu luang, meskipun aktifitas padat cobalah mencuri waktu luang untuk memejamkan mata sejenak, jangan lebih dari 30 menit. Lebih dari 30 menit membuat tubuh terasa berat saat terbangun karena memasuki tahap deep sleep.

Masya Allah keren banget yaa tips dari Pak Arsjad Rasjid ini, wajib banget nih kita praktekkan bener ga sobatku semuaa???

Yukss meski usia taklagi muda kita upayakan produktif, mau belajar hal baru dan tidak malu untuk berguru ke yang lebih muda.

Salam Semangat 🙏🙏


Posting Komentar

19 Komentar

  1. Merasa tertohok dengan tips mengatur durasi tidur yang nomer 2. Biasanya kalau liburan malah dienak-enakan buat tidur lebih lama dan banyak rebahan. Mungkin ini juga yang bikin kalau mau memulai hari Senin tuh males banget

    BalasHapus
  2. Jadi malu sama usia sendiri nih Mbak. Saya sudah setua ini masih saja suka tidur asal-asalan. Mau tidur kapan saja dan begadang tidak lihat waktu dan usia padahal seperti Pak Arsjad yg luar biasa ini selalu memperhatikan jadwal tidurnya.

    BalasHapus
  3. Baca tipsnya jadi malu sendiri heuheu. Tidur 5 jam, apa kabar aku yang tidurnya lbh dari 5 jam.. Tapi keren banget perjuangannya untuk menjadi pribadi yang inspiratif

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas tips tidurnya pak, semog sehat selalu dan berkah sisia umurnya. aamiin

    BalasHapus
  5. Yg poin 4 itu kalau aku pas siang mau jemput tp harus ngelonin yg bontot 😁 pantes lebih dari 30 mnit, malah jadi kurang.. makasih ya mba tulisannya bikin smangat

    BalasHapus
  6. Bener ya, rata-rata orang sukses tuh emang salah satu caranya mengatur waktu tidur. Karena hal itu justru penting banget buat badan, supaya badan bisa cukup istirahat di tengah aktivitas yang padat. Keren yaa

    BalasHapus
  7. Aawwww 5 jam sehari? Jadi malu nih yang kebanyakan tidur apalagi masih sempet tidur siang hehhe. Tapi bener sih membiasakan tidur dan bangun di waktu yang konsisten harus dilatih apalagi buat yang demen begadang. Tar liburan bangunnya siang deh. Tipsnya bener2 bermanfaat bund!

    BalasHapus
  8. Seneng banget kalau tahu ada kisah inspiratif dengan kerja keras seperti pak Rasjid ini. Tidur hanya 5 jam dan konsisten dalam segala hal termasuk ritme
    untuk bangun dan tidurnya. Ahh noted banget tuh tipsnya

    BalasHapus
  9. Memang orang-orang hebat tuh rata-rata waktu tidurnya sedikit ya, karena waktunya lebih banyak dihabiskan untuk berpikir, bekerja, berkarya.

    BalasHapus
  10. Pak Arsjad menginspirasi banget ya etos kerja dan rahasia suksesnya bisa kita tiru dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari misalnya bangun dan tidur di waktu yang sama menciptakan kedisiplinan

    BalasHapus
  11. Aku langsung buka dong webnya karena penasaran pengen tau lebih banyak lagi tentang Arsjad Rasjid ini mbak. Duh jadi malu sama diri sendiri ini, karena suka merasa kurang tidur padahal banyak yang bisa dilakukan juga. Apalagi setelah melihat inspirasi dari Arsjad Rasjid ini.

    BalasHapus
  12. Apa kabar diriku yg masih suka kedistract medsos? Huhuhu.. beneran suka kagum sama org2 di masa skrg yg bisa fokus ngerjain sesuatu, ga mudah kena distraksi gitu.

    BalasHapus
  13. Konsisten bangun pagi itu baik manfaatnya ya. Termasuk pas hari libur. Kita bisa memiliki ritme yang pasti, badan segar dan siap menghadapi tantangan. Sehingga untuk berkarya makin semangat dan menghasilkan seauatu yang luar biasa.

    BalasHapus
  14. Orang sukses emang jam tidurnya dikit. Aku jam tidurnya pun sedikit, tapi waktunya lebih banyak untuk urusan rumah wkwkw. Ya beda-beda standar suksesnya yah yang penting bermanfaat.

    BalasHapus
  15. Mendesain habit manusia itu memang kudu dipaksakeun banget.
    Termasuk untuk membiasakan diri tidak tidur berlebihan dan bangun langsung memanfaatkan waktu-waktu produktif untuk berkarya.

    BalasHapus
  16. Aku tidur ya buat melepaskan penat
    Tapi ternyata enggak boleh terlalu lama ya
    Hmm perlu manajemen ulang

    BalasHapus
  17. Luar biasa. Gak heran ya, seseorang sesibuk dan sepenting Bapak Arsjad Rasjid tetep bisa fresh dan produktif di usia yang tidak lagi muda karena memiliki keteraturan hidup yang patut ditiru oleh generasi muda. Saya pribadi juga tidak bisa tidur terlalu lama. Rata2 5-6 jam sudah cukup, selebihnya malah pusing dan lemes.

    BalasHapus
  18. Sama-sama punya waktu 24 jam tapi orang bisa produktif sekali sedangkan saya huhuhu...banyakan rebahan. Hiks. Inspiratif ya Pak Arsjad Rasjid ini. Noted untuk tips dari Beliau

    BalasHapus
  19. Boleh diikuti juga nih tips mengatur tidur dari Pak Arsjad, mencuri waktu memejamkan mata tetapi tidak lebih dari 30 menit ya, keren banget. Terima kasih artikelnya ya Mbak.

    BalasHapus