Masjid Viral di Kota Solo "Masjid Sheikh Zayed"

Hallo sobat gustiyenifamtrip semuaa....
Siapa sih yang tidak kenal Kota Solo alias Surakarta? Hayo ngacungg .....
Kota Solo merupakan Kota Kelahiran Bapak Presiden kita, Bapak Joko Widodo lho ..

Solo atau Surakarta yang berada di Jawa Tengah lebih dikenal dengan slogan "The Spirit of Java" yang memiliki arti "Jiwanya Jawa". Kota Solo memiliki 2 keraton yaitu keraton Mangkunegaran dan Keraton Surakarta Hadiningrat, sehingga budaya jawa di Kota Solo masih kental dan dijunjung tinggi, upacara adat seperti Kirab Kebo Kyai Slamet di malam suro, upacara gunungan dan upacara yang lainnya masih di laksanakan hingga sekarang. 

Kota Solo juga disebut sebagai kota tidak tidur, karena 24 jam keluar rumah mencari makan ada saja warung yang masih buka, sampai ada lho warung yang hanya buka mulai pukul 01.00, subuh sudah tutup dan pengunjungnya banyak padahal buka di jam yang tidak lazim. Solo juga dikenal dengan kota kuliner yang enak murah meriah seperti nasi liwet saja sebungkus 5000 masih dapat.  Solo juga disebut Kota Batik, banyak pengrajin batik tulis, batik cap, batik printing di Kota Solo ini.

Naah yang terbaru sekarang di Kota Solo  Masjid Solo Viral yaitu Masjid Sheikh Zayed (MBZ) yang berada di Jalan Raya Solo no. 122, Gilingan Kecamatan Banjarsari, Surakarta Jawa Tengah 57134.
            Sheikh Zayed Grand Mosque Solo

Masjid Sheikh Zayed ini diresmikan pada hari Senin, 14 November 2022 oleh Bapak Presiden Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ). Meskipun sudah diresmikan akan tetapi belum dibuka untuk umum, baru dibuka untuk umum pada 28 Februari 2023.

Masjid Sheikh Zayed adalah pemberian dari Putra Mahkota UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan kepada Bapak Presiden Joko Widodo, sebab itulah mengapa Solo digunakan sebagai tempat pembangunan Masjid megah ini, kalau orang Solo menyebut masjid ini "Masjidnya Pak Jokowi".

Dikutip dari Beranda.co.id yang merupakan portal berita online terkini yang menyajikan informasi akurat, terpercaya dan terbaru, konsep dari pembangunan Masjid Sheikh Zayed ini mengadaptasi keragaman budaya dunia islam dari berbagai negara mulai dari seni hingga komponen arsitektur.

Gaya arsitek dari Masjid Sheikh Zayed adalah Maroko, Asia Selatan dan Timur Tengah ditambah dengan motif-motif batik di setiap bangunan. Motif batiknya seperti motif kawung, kembang dan bokor kencono jadi kebayang yaa betapa indahnya. Karpet di Masjid MBZ ini bermotif batik Solo, batik Pekalongan dan Arab
                Foto diambil 1 Januari 2023


Masjid Sheikh Zayed ini memiliki empat menara, satu kubah utama dan dikelilingi kubah kecil berjumlah 81.
Masjid megah Sheikh Zayed ini menghabiskan dana sekitar Rp. 300 miliar, lantainya dari marmer yang didatangkan langsung dari Italia. Masjid Syeikh Zayed ini memiliki luas sekitar 2.7 ha, dibangun dua lantai, terdapat basement sebagai tempat wudhu Putra dan putri.

Bentuk Masjid Sheikh Zayed ini menyerupai Masjid Sheikh Zayed Grand Mosque yang berada di Abu Dhabi, UEA akan tetapi ukurannya lebih kecil.

Kapasitas jemaah di Masjid Sheik Zayed ini sekitar 10 ribu jemaah, di saat Sholat Ied bisa menampung 15 ribu jemaah.

Berdirinya Masjid Sheikh Zayed ini membuat banyak orang kepo alias penasaran, saking penasarannya ketika saya mudik ke Solo di tahun baru 2023, masjid belum dibuka tapi pengunjungnya sudah banyak berdatangan baik dari dalam maupun di luar Kota Solo.

Sampai saat tulisan ini dibuat Masjid Sheikh Zayed masih ramai dikunjungi atau sebagai ampiran untuk melakukan kewajiban sebagai umat Islam atau hanya berfoto ria.

Secara lokasi  Masjid Sheikh Zayed ini tidak begitu jauh dari exit toll Gondangrejo sekitar 5.6 km atau bisa juga dari exit toll banyuanyar.

Berdirinya Masjid Sheikh Zayed ini mengangkat perekonomian warga sekitar masjid, karena parkiran ramai, jualan apapun ramai. Ramadhan 2023 adalah perdana Masjid megah ini melaksanakan kegiatan ramadhan dengan menyediakan menu berbuka puasa gratis, mengadakan sholat tarwih dan kegiatan lainnya.

Semenjak adanya Masjid Sheikh Zayed, Kota Solo semakin dikenal, setiap sosmed ataupun group whatapp yang saya ikuti pasti menyarankan untuk jangan lupa mampir ke Masjid Sheikh Zayed kalau lewat Kota Solo.

Semoga Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini menjadi titik sentra pertemuan masyarakat muslim di Indonesia.

Akan tetapi Masih ada PR, ramainya pengunjung Masjid MBZ membuat susah parkir,  banyak penduduk yang membuka lahan parkir dadakan.

Lewat Kota Solo???
Jangan Lupa Mampir Masjid Sheikh Zayed yaaakss....

Posting Komentar

18 Komentar

  1. Masya Allah, bagus sekali masjid Masjid Sheikh Zayed ini. Pantas saya belum pernah lihat. Karena saya terakhir ke solo itu lebaran 2022 dan belum diresmikan ya, Mbak. Insya Allah kalau ke Kebumen, mau lanjut nih ke Solo mengunjungi Masjid Sheikh Zayed.

    BalasHapus
  2. wih. marmer nya langsung dari Italia? kebayang sih betapa megah dan nyamannya beribadah di sana. Masjid Raya Syekh Zayed ya namanya. di Solo. Semoga kelak bisa main ke Solo dan sholat di sini.

    BalasHapus
  3. Baru sempet nglewatin aja nih kalo ke sana, belum sempet mampir ke masjidnya. Bagus banget dari luar Mak

    BalasHapus
  4. Belum pernah ke Solo, tapi kalo suatu saat ke Solo, InsyaaAllah bisa mampirin dan biasanya di jam-jam salat sih, sekaligus abadikan moment foto bersama.

    BalasHapus
  5. Saya pernah ke Kota Solo dan memang kotanya adem plus ngangenin. Masjid Sheikh Zayed bisa jadi pilihan wisata ke Solo. Makasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  6. Masya Allah keren banget ya masjidnya. Awalnya saya pikir ini di Abu Dhabi loh, tapi ternyata di Solo. Siip. Insya Allah kalau ke sana mampir deh. Terima kasih atas ulasannya

    BalasHapus
  7. Bagus banget masjidnya, nuansa putih dan mirip masjid-masjid di Timur Tengah emang. Karena emang menyurapia masjid Masjid Sheikh Zayed Grand Mosque yang ada di Abu Dabhi ya? Pasti seru nih kalau bisa salat di sana.

    BalasHapus
  8. Dulu liburan ke Solo belum ada Masjid Sheikh Zayed, sekarang udah berdiri megah dengan luas 2,7 ha. Jadi pengen liburan ke Solo lagi nih.

    BalasHapus
  9. Oh sekarang Masjid Sheikh Zayed (MBZ) lagi viral yaa. Keren banget sii adaptasi gaya arsitektur khas Maroko, Asia Selatan dan Timur Tengah tapi tete pada ornament motif batik. Mana bisa nampung sampai 15 ribu Jemaah. Wahhh pengen ke sanaaaa.

    BalasHapus
  10. aaahh, mbaaaakkk kemaren aku ke Jogja liat masjid ini dari kereta cakep bangeeettt. pengen mampir tapi nggak memungkinkan hiks. mana lagi nggak solat pula. sayang soalnya kalo udah mampir tapi nggak solat hehe. semoga next bisa mampir ke sini. cakep bangetttt masjidnyaa

    BalasHapus
  11. Kalau banyak pengunjung pasti jadinya membutuhkan lahan parkir, apalagi yang membawa kendaraan pribadi ya. Semoga suatu saat bisa ke sana

    BalasHapus
  12. Wah ini masjid yang kapan lalu akan dikunjungi Ibu, tapi batal karen beliau sakit. masyaAllah bagus ya ternyata

    BalasHapus
  13. Pantesan nama masjidnya belum begitu akrab di telinga, ternyata baru diresmikan November 2022 dan dibuka untuk umum Feb 2023. Saya terakhir ke Solo 2018, udah lama ternyata.
    Masjid Sheikh Zayed megah ya, kalau berkunjung ke Solo kudu singgah nih.

    BalasHapus
  14. Iya loh bener bangett, ini jadi masjid yangg viral dan tanggal 3 besook ibuku sama rombongan pengajiannya mau kesonooo wkwkkw

    BalasHapus
  15. Masjid yang dibangun dengan serius nih, apalagi marmernya langsung didatangkan dari Ilatia. Jadi pengen main ke Masjid ini, mencoba sujud di marmer import dari Italia.

    BalasHapus
  16. Megah banget ya kak masjidnya. Aku kira semua bercorak modern loh. Ternyata ada ornamen2 batik ya kak. Kalo kayak gini, tidak melupakan budaya lokal tuh. Pasti unik banget nih. Beda dgn masjid2 lain. Smg jamaahnya mkn banyak ya kak. Dan smg ntr kl ke Solo lagi bs dtg ke masjid ini.

    BalasHapus
  17. Masya Allah bagusnya masjid ini, jadi penasaran deh sama dalam nya seperti apa. Harus masuk list sih kalau main ke Solo.

    BalasHapus
  18. Belum pernah ke Solo. Pasti mampir deh kalau suatu saat nanti ke Solo. Jadi ingat masjid turen di Malang ya. Viral karena banyak bangunan. Keren

    BalasHapus