Festival Literasi Digital Dalam Rangka Hari Anak Nasional 2023

Bersama Emak Blogger mulai yang paling tinggi mak dwina, founder KEB Mak Mira Sahid, Mak Icoel dan saya sendiri....

Pagii sobatku semuaaa...
Kali ini Gustiyenifamtrip akan bercerita tentang weekend kemarin dalam rangka mengisi kegiatan bermanfaat buat anak-anak, kami hadir di Festival Literasi Digital dalam rangka Hari Anak Nasional 2023 bertempat di Gedung A Kemendikbud jl Jend. Sudirman Jakarta.

Acara Festival Literasi Digital ini di selenggarakan oleh SIBERKREASI yang bertajuk #AnakBerkreasi bersama para jejaringnya, yang terdisi dari Kumpulan Emak Blogger (KEB), Ecpat Indonesia, Yayasan sejiwa, ICTWatch, Ayo Dongeng Indonesia, Next Generation, Mafindo, Relawan TIK, Portkesmas, PKPA, Kompak Jakarta dan Forum Bacaan didukung oleh Kominfo, Kemenko PMK, Kemen PPPA, Kemendikbud Ristek, Telkomsel, Google, Meta dan Twitter.

Bagi saya dan anak-anak sebetulnya dadakan awalnya kami ada acara menginap di puncak karena beberapa keluarga tidak bisa jadilah batal. Senin sebelum acara Mak Mira Founder KEB telfon menawarkan bisa hadir tidak acara Literasi Digital, saya menjawab belum pasti. 

Acara ke puncak  batal akhirnya saya mendaftar di acara Festival Literasi Digital barh di hari Jumat, kebetulan linknya di bagikan di Group Emak Blogger, eeh ketika mengisi form kok ada tulisan nama-nama anak, waah seru nih mengajak anak-anak tapi kok dadakan sudah hari Jumat pula, alhasil sepulang anak sekolah saya info, supaya mengajak teman dekat mereka supaya ramee seru berangkat bareng satu mobil.

Alhamdulillah anak-anak berhasil mengajak teman dekat mereka total 4 anak plus anak saya jadi total 6 anak, kami berangkat pukul 06.30 maklum jemput teman anak-anak, tiba di Kemendikbud tepat pukul 08.00 WIB pas banget acara sebentar lagi dimulai.
Memasuki gedung A registrasi diberikan kaos, kupon foto booth dan kupon makan (dapat snack pagi, makan siang dan snack sore). Memasuki ruangan yang telah didesain lesehan sambil ngemil snack melihat tayangan video-video tentang Bully, Tentang Postingan merugikan di sosial media dan video lain yang berhubungan dengan dampak baik dan  buruk penggunaan sosial media.


Acara dibuka oleh Ketua Siberkreasi dilanjutkan Kemendikbud dkk...

Ada penampilan anak-anak dari sekolah lain seperti
1. Paduan suara
2. Tari Sajojo
3. Tari lenggang bekasi
4. Tari Medley
5. Angklung
6. Dongeng

Ada 2x Talkshow dengan pembicara yg berbeda - beda. 

Talkshow Pertama "Mengisi Ruang Digital Dengan Kreativitas"
Mengisi ruang digital dengan kreatifitas, seperti dicontohkan oleh narasumber :

1. Kak Gerits dari Aman Warrior by ecpat dari Ambon,  terbiasa menulis sejak kecil lama-lama menjadikan tulisan supaya indah menjadi puisi dan dibukukan supaya lebih bermanfaat bagi orang lain. 

2. Kak Alisha (PKPA medan)  yang suka menulis puisi bahkan pernah mendapat juara 2 menulis surat untuk presiden, berpendapat bahwa jangkauan saat ini di ruang digital semakin luas, beliau  membagikan karya di ruang digital yang bertujuan baik atau wujud kritikan melalui karya.

3. Kak Luftan yang baru berusia 16th, Penggiat Lingkungan Hidup dan Keamanan Digital by Yayasan Sejiwa dan pernah ikut dalam mewakili Sejiwa Foundation di acara international bersama UN.
Saat ini beliau sedang membuat project rumah kita. Rumah kita ini untuk mewujudkan ekosistem masyarakat yg solid dalam rangka mengubah perubahan iklam karena smua pihak harus bekerjasama. Share di sosmed tentang perubahan iklim yang terjadi dan bagaimana langkah - langkah yang ditempuh supaya perubahan iklim bisa di tekan...

Adapun dengan adanya dunia digital lebih memudahkan, kalau dulu menulis diketik kemudian di kirim ke majalah atau redaksi sekarang bisa lewat email atau share tulisan kita ke sosial media.

Bagaimana untuk bisa memulai berkarya di dunia digital??

1. Mulai dari diri sendiri kadang kita merasa banyak mikir kalau saya posting ini kok  seperti pamer ya??? 
Ternyata  hal itu salah, kita kembali ke niat untuk berbagi informasi positif dan menyenangkan target. Kenali diri sendiri apa kemampuan kita dan terus gali.

2. Maksimalkan penggunaan gadget dengan bijak, proteksi sosial media kita, filter pertemanan, gunakan password kombinasi huruf besar kecil angka dan sering ganti pasword. Jangan mudah menerima pertemanan, bisa cek terlebih dahulu melalui google atau getcontact setiap ada yg add pertemanan.

3. Berkreasi di ruang digital tapi diimbangi dengan memproteksi diri, Play, Connect, Learn. Harus perhatikan mana yg boleh mana yg tidak boleh untuk.di share di sosmed krn banyak sekali bahaya di dunia digital.

4. Tingkatkan kualitas diri kita jangan ikut viral, Hidup itu pilihan jadi pilihlah hidup yang berkualitas.

Talkshow kedua Keamanan anak di ranah digital

Diisi oleh 
- Kak Rose yg baru berusia 13 th dari Mafindo
- Kak Jody dari solo, Aman Warrior by ecpat 
- Kak Ripay dari Jawara Internet Sehat ICT Watch
- Kak Miranda dari NXG Indonesia
- Kak Tessa Aman Warrior by ecpat

Ciri berita hoaks
- mengandung kebencian
- tata bahasa berantakan

Menjaga diri di ruang digital menurut kak Ripay antara lain :

1. A mankan 
    B uka
    C ek sumbernya
Kalau pepatah lama Mulutmu Harimaumu kalau di era sekarang  "gadgetmu harimaumu" hati-hati dengan postingan karena bisa berakibat negatif jadi posting yg penting penting saja.

2. Kalau ada yg follow cek ke sosmed lain atau google 

3. Kalau ada pelaku pelecehan
- Tolak biasanya budaya senioritas
- Pergi tinggalkan pelakunya
- Ceritakan kpd orang yg terpercaya guru bk ecpat atau polisi
TOPCER = TOlak Pergi CERitakan

Closing steatment
*) Kita adl generasi digital masa depan jadi gunakan sosmed dengan sebaik mungkin

*) Internet sehat dimulai dari diri kita bikin konten baik 

*) Jadilah manusia yang mampu berpikir kritis diruang digital, hidup di era teknologi boleh mengikutinya akan tetapi ingat budaya.

Acara Bermain di area Permainan
Setelah Talkshow kedua dilanjutkan games berhadiah, makan siang, sholat dan bermain. Acara berikutnya adalah konferensi pers sampai pukul 15:00 WIB lanjut games dan penutup.

Area permainan diisi oleh
1. ICT Watch dengan game kahoot yg bikin anak-anak gemes gak menang menang. Game tentang pengetahuan tentang dunia digital.


2. Game dari panti asuhan van der steur

3. Ular tangga 
4. Photo booth dan stiker edukasi dr ecpat indonesia x kompak jakarta

Alhamdulillah seruu sekali, ketika pulang diberikan goodybag dan snack sore, makasih atas undangannya Mak Mira Sahid.
                             isi goodybag


Posting Komentar

26 Komentar

  1. Bagus banget acaranya Mak. Melibatkan dan mengajak anak untuk memahami penggunaan digital dengan baik dan benar. Semoga anak anak kita adalah mereka yang selalu membawa kedamaian.

    BalasHapus
  2. Keren sekali ya Festivalnya, edukasi yang bagus banget untuk anak-anak. Dari sana mereka punya bekal dan leterasi digital mereka semakin meningkat. Mereka akan lebih kristis lagi dalam menerima berbagai informasi dari internet

    BalasHapus
  3. Makasih mak tulisannya yaa. Seru bisa ketemuan... btw anak2 zaman now harus tau info ini juga nih ya. Orang tua nggak boleh bosan2 mengingatkan, ciri2 hoax kayak gitu yaa. Paling sering dapat hoax dr wag komplek 😁

    BalasHapus
  4. Rangkaian acara LIterasi Digital yang seru banget tuh Mak, melihat anak2 berkarya, apalagi sharing seputar bijak mengguanakan internet/sosmed agar tetep happy dan aman menggunakannya tergantung diri kita sendiri.
    Noted banget closing statementnya, makasih selalu siingatkan kembali di setiap literasi digital. Makasih sharingnya maak.

    BalasHapus
  5. Seru sekali nih acaranya Mbak. Apalagi ada anak-anaknya. Mereka bakal lebih aware tentang sosial media dan dunia internet

    BalasHapus
  6. Wah seru banget nih acaranya. Yang hadir pastinya kesenengan. Dapat ilmu yang bermanfaat. Mana ada acara gamenya juga ya. Anak-anak pasti udah jarang banget tuh main game yang begitu. Kudu dilakuin di banyak tempat nih yang begini. Biar anak tahu seperti apa informasi di internet itu.

    BalasHapus
  7. Wah rangkaian acaranya seru sekali, melihat karya anak anak yang semakin hari semakin berkembang dan modern, dibarengi sharing seputar kebijakan - kebijakan menggunakan internet, tema yang diusung juga apik mengingatkan perihal literasi digital.

    BalasHapus
  8. Ah seru kali acaranya. Cocok untuk yang berjiwa muda dan bersemangat. Ngebuka wawasan digital terutama etika bersosmed hm

    BalasHapus
  9. Wah, acara yang bagus untuk anak-anak, ya. Mereka jadi bisa belajar tentang literasi digital dan bisa lebih paham cara menghindari konten hoaks.

    BalasHapus
  10. Wahhh anakku Pijar juga kesini, kebetulan anakku jadi Osis di sekolanya jadi dipilih untuk ikut diacara literasi digital.tersebut.

    BalasHapus
  11. Dunia digital itu luas banget. Daripada main ponsel gak jelas, emang lebih baik dimanfaatkan dengan baik untuk berkarya. Literasi Gigital ini wajib banget buat semua, bukan hanya anak atau orang tua saja

    BalasHapus
  12. Dunia digital itu luas banget. Daripada main ponsel gak jelas, emang lebih baik dimanfaatkan dengan baik untuk berkarya. Literasi Gigital ini wajib banget buat semua, bukan hanya anak atau orang tua saja

    BalasHapus
  13. Aaahhh... Keren banget ini acaranya mak Gusti, sayang sekali aku kemarin gak bisa ikutan padahal pengin banget. Apalagi melihat flyer acara yang bagus-bagus banget programnya. Semoga kalau ada lagi nanti bisa ikutan.

    BalasHapus
  14. Seru bangets, hari anak yang dipenuhi keseruan anak-anak. Festival literasi digital yang semoga akan membawa banyak kebaikan di bidang digital khususnya terkait anak dengan lebih optimal

    BalasHapus
  15. ini acaranya super komplit ya mbak
    edukatif dan menyenangkan
    anak-anak zaman now memang perlu edukasi literasi digital karena mereka dekat banget sama gadget dan media digital
    semoga anak2 kita lebih bijak ya

    BalasHapus
  16. Seru ya festivalnya. Dari sekolah anakku juga nawarin emak2nya jadi volunteer utk datang, sayangnya ada kerjaan di hari yang sama jd berhalangan hadir hehe.
    BTW itu Kak Ripay yang sama yang kita kenal waktu pelatihan literasi digital itu kan yaa?

    BalasHapus
  17. Wah, seru banget acaranya ya mbak
    Selain banyak ilmu juga bisa bangun networking
    Mereka jadi sadar hoax juga

    BalasHapus
  18. Dengan adanya Literasi digital buat anak-anak membuat anak-anak lebih memahami apa yg disampaikan dan tidak menelan mentah-mentah informasi yg didapat dari internet

    BalasHapus
  19. Aku kemarin juga pengen banget daftar dan mengikuti acara Festival Literasi Digital inii..karena mumpung di Jakarta. Hiiks~
    Ternyata anaknya cuma boleh bawa 1 yaa.. hiihi, padahal paketanku ada 2 nih..
    Acaranya seruu banget.. Rame dan banyak edukasi pentingnya jugaaa..

    BalasHapus
  20. Wah pengalaman seru nih mba Yeni. Penting banget ya jaman sekarang ngasih kesadaran literasi digital pada anak anak

    BalasHapus
  21. Pengalaman seru nih mba Yeni. Jaman sekarang penting banget ya membekali anak2 dgn literasi digital

    BalasHapus
  22. Seru banget acaranya mak, bisa bawa anak juga, jadi bisa cerita bareng topik yang sama tentang literasi digital

    BalasHapus
  23. Waktu KEB share event ini, ku cuma bisa gigit jari. Ga bisa ikutan padahal pengen. Penasaran dengan sesi Sejiwa karena di minggu yang sama aku ikut webinar bareng Sejiwa.

    Thanks for sharing pengalaman ikut peringatan Hari Anak Nasional ya mbak. Anak-anak happy dan punya ilmu baru terutama buat melawan perundungan.

    BalasHapus
  24. Ketika kita posting foto atau video di medsos, pastinya respon setiap orang beda-beda. Ada yang respon positif atau parahnya lagi negatif. Saya pribadi sih enggak terlalu ambil pusing, lah wong itu kan medsos saya, ya suka-suka saya mau posting apaan, yang penting tidak melanggar hukum atau merugikan orang lain, hehehe...

    Acaranya bagus banget sih ini. Rugi deh kalo sampe ketinggalan acara seperti ini. Very nice sharing

    BalasHapus
  25. hwaaa pengen ikutaan. Selamat hari anak nasional mbaa! Seru banget kayaknya nih eventnyaa. pasti anak2 juga happy nih kalo ikutan

    BalasHapus
  26. Amankan,buka,cek sumbernya. Beneran ini bagus bgt semua materi disini buat anak,apalagi raffi yg udah mulai kls 4 SD,banyaaakk bgt yg ditanyain skrg tentang informasi di internet. Bekal penting buat anak² kita semua :)

    BalasHapus