WAHANA SOKO ALAS, WAHANA TERBESAR DI PONGGOK, POLANHARJO KLATEN JAWA TENGAH

Hai hai haiiii sobatku semuaaa.....
Bagaimana liburan akhir tahun 2022???
Bagi yang liburan semoga seru, bagi yang memutuskan di rumah saja jangan berkecil hati Bahagia kita yang ciptakan meski dirumah tetep aseikk dan seruu kan berkumpul dengan keluarga tercinta.

Hasil mudik tahun baru kemarin kami mampir ke Wahana yang baru dibuka 10 hari dimana sebelumnya tiket masuk GRATIS akan tetapi mulai tanggal 31 Desember sudah dikenakan biaya.

Konon wahana air ini bakalan menjadi wahana air terbesar di Klaten Jawa Tengah tepatnya di PONGGOK POLAN HARJO.

Ponggok terkenal dengan kolam air alami yang jernih dengan spot foto keren-keren di dalam air. 

Nah wahana baru ini satu jalur dengan Kolam Ponggok yang terkenal tersebut, penasaran apa namanya???

SOKO ALAS

Kebetulan kami dari Yogya menuju Soko Alas ini melewati Kolam Ponggok baru ketemu Wahana Soko Alas dimana lahan parkirnya luasss banget, selain lokasi luas Wahana air ini menawarkan restaurant dengan pemandangan area sawah, total luas Wahana Soko Alas ini 2 ha.
Halaman depan sekaligus lahan parkir Soko Alas

Soko Alas dimiliki oleh pasangan pengusaha exportir rotan Bp / Ibu Hari, yang berada di desa Transang tidak jauh dari Ponggok, jadi tidak heran kalau ornamen yang ada di Soko Alas dari rotan,  kayu dan sisa limbah kayu yang di manfaatkan untuk membuat hiasan.

Arti Nama Soko Alas

SOKO bisa berarti dari atau asal usul atau tiang utama, kalau rumah joglo jawa memiliki tiang penyangga alias SOKO. Nah di Soko Alas ini bagian gerbang utama disambut dengan 8 Tiang Penyangga alias 8 Soko


ALAS bisa berarti hutan merupakan sumber kehidupan, atau bisa diartikan dasar fondasi. Suasana hutan sepi syahdu akan tetapi memiliki kekayaan tersembunyi di dalamnya.

SOKO ALAS bisa diartikan Tempat yang bisa memberikan kenyamanan dan ketenangan.

Tujuan didirikan Soko Alas ini menghadirkan wahana wisata air dan restorant dengan suasana seperti di Bali, karena ownernya memiliki basic dibidang furniture sehingga desain furniture dibuat seperti nuansa di Bali.

Limbah dari furniture di gunakan hiasan di Soko Alam ini.
Bersama owner Soko Alas Ibu Rining Nur Farida kebetulan suaminya Bp Hari sedang ada keperluan jadilah kami ngobrol banyak tentang konsep Wahana Air Alas Soko ini.

Ide, desain maupun bentuk furniture murni hasil pemikiran Suami Ibu Rining, tanpa menggunakan jasa arsitek. 

Hiasan memanjang di belakang kami adalah sisa-sisa limbah kayu yang di susun memanjang menjadi hiasan yang cantik.

Proses Pembangunan Wahana Soko Alas

Proses pembangunan Wahana Air Soko Alas ini memakan waktu 2 tahun. Pada awalnya membeli lahan sedikit demi sedikit di bagian belakang mulai tahun 2014, kemudian beli lagi bagian depan alias yang sekarang dipergunakan unruk area parkir dan Resto Kaca. Lama kelamaan kok luas akhirnya terbersit keinginan membuat Wahana Air dan Resto.

Untuk tanah pada  bagian tengah yang ada danau / embung dan Sendhang merupakan tanah milik desa sehingga total milik Ibu Rining 1 ha, lahan bagian tengah milik desa 1 ha.

Pembangunan murni investor Ibu Rining, dikelola beliau,  pihak desa hanya menerima pembagian keuntungan.


Fasilitas Soko Alas

1. Kolam Renang Dewasa Free
Dengan kedalaman sekitar 170, bagi yang tidak bisa berenang bisa sewa pelampung biasa atau ban model unicorn seharga 10.000 saja sepuasnya.
2. Kolam Renang Anak Free
Dibagian bawah kolam renang dewasa terdapat kolam renang anak-anak. Untuk saat ini belum ada wahana air seperti prosotan dkk Insya Allah kedepannya akan ada wahana air.
3. Resto Snack & Bar (Low Budget)
Resto Snack & Bar ini berada di depan simbol bola Soko Alam dan danau buatan. 
Model pelayanannya self service alias datang, antri pesan, bayar langsung dan membawa sendiri makanan yang kita  pesan.
Untuk harga lebih murah, dan kemasan makanan minumannya sekali pakai.
4. Gaharu Joglo Limasan Pool & Resto (Middle)
Restaurant ini berbentuk rumah joglo berada di depan kolam renang dewasa, tersedia ruang makan ber - AC maupun model outdoor.

Model pelayanan Resto Gaharu ini adalah pesan, bayar dan makanan diantar ke meja kita.

Tempat menu makanannya model piring, mangkok loreng-loreng jaman dulu.

Aneka menu dan harga yang di tawarkan sebagai berikut :

Recomended menu yang saya suka Nasi Goreng SeaFood Uenaak Versi saya yaa ada udang, cumi pastinya tanpa kecap karena saya kurang suka nasi goreng pakai kecap. Ichi sukaak mie godog Jawa dan Pizza tipisnya...
Bagian depan dapur Gaharu Resto terdapat kolam ikan yang nantinya digunakan untuk wahana memancing + bakar-bakar ikan, sudah tersedia jalur ATV akan tetapi AtV belum datang dan area tempat makan khusus reservasi.

5. Resto Kaca dengan menu western 
Baru proses, nantinya Resto kaca ini memiliki konsep datang, pesan, pesanan diantar dan baru bayar belakangan.

Resto kaca ini kedepannya memiliki menu western, dengan suasana lebih nyaman santai bisa melihat pemandangan dari atas, bisa outdoor maupun indoor.

Lokasi tepatnya disamping pintu masuk area Wahana Soko Alas. 

6. Sendang Gedhang alias mata air aslii yang masih terjaga 
Belakang saya adalah sumber mata air alami yang di beri pagar berbentuk gapura oleh owner Soko Alas.

7. Musholla
Wahana air kurang afdol kalau tidak ada tempat untuk beribadah ya kan???
Supaya acara berenang sambil cemal cemil tampak asik, disediakan Musholla sehingga ketika waktu Sholat tiba bisa langsung melaksanakan kewajiban solat 5 waktu tanpa harus keluar wahana air Soko Alas.

8. Danau dengan aneka ikan dan kano kaca
Terdapat danau buatan dengan ikan-ikan yang bisa kita beri makan, sekaligus ada fasilitas naik kano kaca.
Pengunjung bisa duduk cantik sambil ngemil di sekitar danau menikmati sunset.

9. Pemandangan berupa hamparan sawah.
Pemandangan di seputar Soko Alas masih di dominasi area persawahan sehingga menghadirkan suasana sejuk di mata.

10. Tempat makan yang ciamik baik model meja kursi maupun hiasan di sekitarnya

Selain 8 tiang di bagian gerbang masuk, ikon Solo Alas berupa bola dunia dari bahan kayu, kedepannya akan ada tulisan yang berputar seperti bola di Universal Studio.

Semoga Soko Alas ini diharapkan bisa mendunia juga seperti furniture rotan buatan Ibu Rining & Suami aminnn....

Tiket Masuk dan Waktu Kunjungan Soko Alas
Weekday Rp. 10.000 / orang
Weekend Rp 15.000 / orang

Semenjak dibuka anemo masyarakat luar biasa kurang lebih 3000an orang, area parkir selalu ramai. 
Ya pastilah yaa 10 hari pertama buka tiket masuk GRATIS, bebas berenang bebas foto foto, kebetulan kami datang di tanggal 31 Desember juga ramai sekali.

Sementara buka pagi jam 08.30 WIB sampai jam 17.00 WIB, kedepannya Insya Allah sampai jam 22.00 WIB. Banyak wahana yang belum datang karena import dari Cina, nah ditunggu yaa update wahana wahana terbaru di Soko Alam Ponggok.
Alamat
Soko Alas
Jl. Delanggu - Polan Harjo
Area Sawah, Ponggok  Klaten

Reservasi 0878 1258 7418
Hari Senin Tutup



Posting Komentar

46 Komentar

  1. Langsung healing inih kl ke sini, pemandangan bikin adem hati, harga bersahabat sama kantong pula

    BalasHapus
  2. Wahananya bagus, harga pas di kantong. Keren. Saya belajar dari cara menulisnya, jadi tertarik untuk membuat ulasan tempat wisata di Manado. 🙏👍

    BalasHapus
  3. Bagus banget yaa konsepnya wahana air Soko Alas ini. Karena ownernya pengusaha furnitur rotan ya, jadi artistik juga tempat plus ornamen-ornamennya. Itu ornamen yang buat semacam tirai unik banget..
    Dan ternyata ownernya seorang ibu, ya. Masya Allah 👍

    BalasHapus
  4. Wah menarik ya konsepnya perpaduan wisata air dan wisata kuliner dengan memanfaatkan bahan dari alam tepatnya limbah hutan yg ternyata klo dipakai masih bisa mempercantik ya. Kolam renang dewasa lumayan dalem yaaa. Harus yg jago renang ini.mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai pelampung mak, disediakan persewaan pelampung

      Hapus
  5. Aesthetic banget yaah..
    Sisa kayu bisa dijalin dan dijadikan hiasan begitu.. Rasanya nyaman banget berlibur ke Soko Alas. Ada banyak yang bisa diexplore apalagi bepergiannya bersama anak-anak sambil makan bareng menu kesukaan..

    BalasHapus
  6. Wah jadi mau kesana deh. Ini berarti perpaduan nuansa Bali dan Jawa ya? nuansa Bali tapi resto pakai gaya rumah joglo. Penasaran ama resto kacanya.

    Untuk ukuran Solo harga 10rb itu masuk standar kali ya. Kalau di Jakarta mah murah bangeeeet hahaha.. Kolom renang standar ga pakai desain2 indah aja udah 30rban.

    Ah jadi mau ke Solo deh

    BalasHapus
  7. Keren ya konsepnya menggunakan limbah sebagai aksesoris, dan terkesan dengan penulisan Yeni yang selalu detail - selalu memuaskan rasa ingin tahu!

    Aku belum pernah ke Klaten mbak, jadi ingin ke sana juga

    BalasHapus
  8. Bagus nih, di bangun oleh pengusaha kayu, jadi banyak ornamennya yang memanfaatkan limbah kayu ya. Tapi limbah kayu pun kalau di susun bisa jadi sesuatu yang menarik

    BalasHapus
  9. Aseli kaget waktu baca tiket masuknya...murmer banget ini.Noted! bisa nih jadi jujugan wisata Soko Alas, wahana terbesar di Klaten yang keren. Paling suka lihat limbah kayu yang dimanfaatkan lagi,cakepp!

    BalasHapus
  10. Dari foto dan infonya, memang terlihat luas. Pengunjung anak yang bermain, atau pun orang tua yang datang untuk melihat-lihat sembari kulineran, dijamin puas. Tiketnya murah banget pula, begitu pun harga makanan.

    BalasHapus
  11. Bagusnya mbak, bisa jadi referensi untuk refreshing menghilangkan penat, HTM nya terjangkau banget ini, pas untuk pergi bersama keluarga

    BalasHapus
  12. Kalaupun berbayar, ternyata HTMnya juga masih bersahabat. Kolam renangnya terlihat bagus. Setelah berenang pasti bakalan laper banget. Asik juga karena menunya banyak pilihan

    BalasHapus
  13. ini masih di kawasan umbul poonggok ya mba? itu enak banget kolam anaknya free.. udah pasti bakal rame terus nih destinasinyaa

    BalasHapus
  14. Setahun yang lalu sempat ke Ponggok tapi nggak tahu ada pemandian Soko Alas. Ternyata masih baru banget, bakal mampir kalo ke Ponggok lagi. Sayangnya besok Sabtu hanya ke Sukoharjo aja, karena waktu direncanakan belum tahu wahana air Soko Alas. Konsepnya keren dengan menggunakan limbah kayu untuk dekorasi bangunannya

    BalasHapus
  15. Kupikir "Soko Alas" awalnya karena tempat itu dari bukit mbak hehe :D
    Ternyata "soko" artinya tiang penyangga ya.
    Asyik banget nih restorannya ada view sawah2nya. Udah gitu menu2nya lengkap dan tampak menggiurkan. Harganya juga ramah dompet.
    Kolam renangnya murce sekali cuma 10 ribuan udah bisa berenang sepuasnya, bahkan free buat anak2 yaa :D
    Moga kapan2 bisa ke Soko Alas juga :D

    BalasHapus
  16. Hai mbak Yen, happy new year ya
    Asik banget nih berkesempatan liburan bersama keluarga di Soko Alas ya.Banyak freenya ya, kolam renang anak dan dewasa masih free ya. Makanannya juga terjangkau ya. Kebanggaan untuk warna Klaten nih karena menjadi wahana terbesar ya

    BalasHapus
  17. Lokasi wisatanya bagus ya, selain menikmati wisata alam da air juga tersedia beragam kuliner, cocok nih buat destinasi wisata keluarga. Ternyata Jawa Tengah memiliki banyak sekali lokasi wisata yang bagus-bagus, sayang kalau mudik cuma bisa mampir sebentar di Jawa Tengah.

    BalasHapus
  18. Konsepnya keren dan menarik, jadi bisa menikmati wisata alam dan wusat kulineran. Andai dekat langsung meluncur

    BalasHapus
  19. Asik nih tempatnya ya mbak, duh jadi ingin ke Klaten nih, saya liburannya sekitaran Jawa Barat saja huhuhu

    BalasHapus
  20. asyik banget ya, banyak wahana yang bisa digunakan, ada kolam renang yang free pula, tidak lupa ada Musholla juga, jadi gak ada alasan ya buat ninggalin waktu shalat.
    makanannya juga lengkap ya begitupun dengan minumannya.

    BalasHapus
  21. konsepnya itu lho mba, yang bikin siapapun tertarik untuk mampir ketika ada kesempatan berkunjung ke Klaten

    BalasHapus
  22. Wah cakep banget tempat wisatanya mba, ada wisata alam, ada kolam renang dan ke depannya ada wahana juga. Liat harganya pun bersahabat banget, keren ya

    BalasHapus
  23. Wah, saya langsung kepincut nih, Mbak. Kok baru tau saya. Padahal lebaran kemarin, saya diajak adik ke rumah mertuanya. Jadi dari kebumen, lewat Jogya, terus ke solo ya lewat Klaten.
    Secara nuansa sangat memikat, apalagi bernuansa alam. yang saya suka ornamennya unik dari rotan, dan juga hiasan yang memanfaatkan limbah kayu. Makanan juga beragam dan harga pas. Tiketnya masuknya sangat terjangkau. rekomended nih.

    BalasHapus
  24. Soko alas, nama yang menarik, dan juga di tempatnya ternyata banyak hiasan-hiasan limbah kayu yang keren-keren. Ini contoh tempat wisata yang benar-benar nerapin Go Green parah ini.

    BalasHapus
  25. Mbak Yeni ini selalu kece klo kasih rekomendasi tempat wisata
    Soko Alas ini menarik untuk dikunjungi
    Pemandangannya bagus, makanannya juga murah meriah
    Kalau ke Klaten aku mau mampir sini ah

    BalasHapus
  26. Ini tempatnya enak banget mbak, aku mah salfok sama menu-menu di restonya itu. Terus lihat restonya juga bagus banget ya, sentuhan masa kini sekali. Aku nih pernah ke Desa Polaharjo, tapi waktu itu mengunjungi para petani disana.

    BalasHapus
  27. Dengan tempat yang cozy begitu harga makanannya sangat affordable ya mb, mantap

    BalasHapus
  28. Bisa mampir nih pas mudik ke Magetan nanti. Harga sangat bersahabat tapi tempatnya luas banget. Enak kalau bawa rombongan bocil.

    BalasHapus
  29. Boleh juga nih liburan semesteran ini ngajak si sulung ke Soko Alas. Dia bakalan seneng banget karena banyak spot foto cantik. Klo aku lebih menikmati acara makan2nya mbak hehehee.... Hidangannya beragam banget dan harga masih sangat terjangkau.

    BalasHapus
  30. Seneng banget liat view Wahana Soko Alas.
    Selain juga masih gratis untuk masuknya, hehhe.. juga bisa menikmati danau dengan kano kaca. Penasaran sama kano kacanya, kak Yeniii...

    BalasHapus
  31. wah jadi penasaran saya gimana besarnya soko alas ini. mana tiket masuknya murah banget, mbak. di sini kalau kolam renangnya selengkap itu tiket masuknya di atas 50 ribu soalnya

    BalasHapus
  32. Seru juga ini destinasinya kak.
    Apalagi suasananya, kulinernya, dan HTMnya ramah ya di kantong.
    Noted dulu nih, pankapan berwisata bis ake sini

    BalasHapus
  33. Wuaa bagus banget ini tempatnya, apalagi kalo lihat aksesoris area ya banyak yang terbuat dari kayu, bambu ya mbak. Yang bikin pingin banget main kesini karena area kolam renangnya ada pilihan plus restonya unik.

    BalasHapus
  34. Eh, tanggal 31 Desember sudah dikenakan biaya ya? Wah sekarang berarti udah berbayar ya. Tp masih murah kok tiketnya. Nah liat foto2 nya kayaknya bakal jadi next destination nih liburan nanti. Pingiiin

    BalasHapus
  35. Kok lihatin venue sama menunya aja dah ngiler ya kak huahahah, next kayaknya perlu diagendakan kesana nih

    BalasHapus
  36. Murah banget nih tiket masuknya. Nanti kalau main ke Klaten, mampir ke sini ah. Kebetulan punya sodara di Klaten. Jadi sekalian deh jalan-jalannya.

    BalasHapus
  37. adem banget yaaa! pilihan makanannya juga banyak, plus tiketnya pun terjangkau banget! cocok banget buat healing yaa

    BalasHapus
  38. ya ampun bagus banget sih soko alas ini walopun aku baru denger nih, kayanya oke jg buat jadi salah satu tujuan jalan2 kalo ke klaten

    BalasHapus
  39. wow sunsetnya cakep bener mba
    keren juga konsep sustainablenya yaa
    auto nyaman liburan bareng keluarga di tempat ini

    BalasHapus
  40. Widihh, terjangkau banget HTM-nya hahaha. Duh aku udah lama banget pengen ke Umbul Ponggok yang ngehits itu, skalian deh kalau pas ke Klaten mampir ke Soko Alas cocok banget ajak sepupu2

    BalasHapus
  41. Rekomendasi tempat wisata air yang bagus banget nih, apalagi ke depannya juga bakal ditambahkan wahana2 baru jadi pastinya makin kece ya, fasilitasnya juga lengkap dan harga makanan terjangkau. Recommended nih buat dikunjungi

    BalasHapus
  42. Kulinernya cukup terjangkau ya mbak dari segi harga. Duh lagi-lagi dibikin kepengen setiap mbak Yeni membagikan pengalaman Travelling nya

    BalasHapus
  43. Tempatnya emang bikin nyaman ya pastinya suka deh ke sini karena menenangkan banget sepertinya, ya

    BalasHapus
  44. Semoga ada rejeki bisa main ke sini aamiin, indah itu senja pas di kolam renangnya mba.

    BalasHapus