Kawah Putih Ciwidey Bandung

Hai hai haii sobatkuu semuuaaaa...
Semoga di hari Senin ini pada sehat semangat semua yaaa.....

Promo gledek tiket sudah berakhirr disusul promo citilink dan garuda dah pada dapat belum???

Kali ini saya akan mengulas tentang Kawah Putih Ciwidey, berkat gledek tiket.com dapat diskon tiket masuk.
Sejak lama pengen ke Kawah Putih, ketika roadtrip 2021 awal mula ke Ciwidey menginap di Ciwidey Hot Spring Resort sudah mau ke Kawah Putih tapi ga jadi gara gara terpengaruh cuitan jalannya jelek kasian kalau bawa orang tua emang kebetulan kami membawa mertua sih.

Akhirnya 30 Oktober 2022 kemarin kami mlipir ke Kawah Putih Ciwidey....

KAWAH PUTIH CIWIDEY
berada di Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. Kawah putih ini berasal dari letusan Gunung Patuha.
Kawah putih ini berada di ketinggian 2194 dengan luas danau 25 ha yang digunakan wisata 5 ha dan lokasi kawah sendiri 3 ha.

Tanah dan bebatuan di sekitar kawah berwarna putih, air di kawah putih kehijauan.

Cakepp memang tempat ini tapi tidak bisa berlama-lama karena membuat pusing dengan bau belerang yang menyengat, ada tulisan maksimal berada di area danau hanya 10-15 menit.
TIKET MASUK 
Tiket masuk WNI                 Rp   28.000
Tiket masuk WNA                Rp.  81.000
Tiket ontang anting pp        Rp.  29.000
Tiket mobil langsung TKP   Rp.162.000

Dari gerbang kawasan Kawah Putih untuk masuk kedalam jauhh dengan jalan nanjak, nah ada 2 opsi yang di tawarkan oleh pengelola Kawah Putih antara lain :

1. Naik Ontang Anting pp Rp. 29.000 / orang
Ontang anting ini sejenis angkot yang membawa kita naik keatas pulang pergi. Sobatku tidak perlu khawatir menunggu lama karena jumlah angkutan yang ready banyak.
2. Membawa mobil langsung keatas sehingga parkir di dekat akses menuju kawah putih. Emmm biayanya sih cukup lumayan yaa sebesar Rp. 162.000 / mobil belum tiket masuk perorangnya. 
Kebetulan ketika kami kesana jalanan di perbaiki sehingga ada mobil yang bannya nyungsep, semoga next kalau jalannya sudah jadi halus oke ya membawa mobil keatas.

Berkat Gledek Tiket.com kami mendapatkan harga diskon ber-4 tiket masuk include Ontang Anting pp total Rp. 187.000 ,-

Normalnya 
Tiket 4 x 28 rb : 112.000
Ontang anting 4 x 29rb : 116.000
Total Seharusnya Rp. 228.000

Perjalanan Menuju Kawah Putih
Kamar kami viewnya cakeppp murah meriah pula

Kami menginap di Villa Jurang, kebetulan rame-rame 4 keluarga bersama teman kantor suami. Sengaja berangkat pagi supaya masih sepi, sampai di Gerbang Kawah Putih kami registrasi terlebih dahulu di kantor bagia kiri sebelum loket, karena kami membeli dari aplikasi nanti bukti pembelian kami diganti dengan tiket masuk.

Mobil kami parkir di kantor tersebut kebetulan parkiran masih sepi dan kami menuju ke Ontang anting alias angkot yang akan membawa kami ke atas. 

Tidak membutuhkan waktu lama kami naik angkot dan langsung berangkat ke atas, sesampainya diatas jalan kaki menuju kawah diiringi udara yang super dingin seperti es.

Area kawah masih sepiii jadi bebas foto, disana teman2 juga bisa pakai jasa fotografer dengan tarif 25 rban, dan spot2 foto berbayar juga ada, biaya spot foto berbayar seperti jembatan kayu di atas danau 15.000, skybridge juga 15.000.

Tidak lama kami disini karena anak-anak merasa pusing dan kedinginan kebetulan juga asma saya mulai kambuh mencium bau menyengatnya.

Jepret jepret jepret cabut turun lagi kebawah dan mampir ke warung yang jualan seblak.
Bagus sih Kawah Putih apalagi banyak digunakan untuk syuting, foto prewed dkk sayangnya tidak bisa berlama-lama. 

Untuk biaya termasuk woww juga tapi sepadanlah dengan lokasi yang bersih tertata dengan baik.

Nah wisata kami ke Ciwidey ini hanya menghabiskan biaya 1 juta lebih tidak sampai 1.5 juta, hematkaan??

Refresing ga harus mahal kan, kalau ada yang bilang Mbak Yeni mah selalu dpt keren keren mahal yaa....

Ohhh tidakkkk....lha kami sering pergi drpd mahal2 kan mending buat pergi ke tempat lain lagi. 

Trip ke Ciwidey ini menginap semalam di Villa yang cakep, ulasannya menyusul yaa...
Itung2an budget spt ini
1. Villa plus makan (malam + pagi) 450rb 
2. Bensin 350rb
3. Toll jakarta - Soreang pp 200rb masih sisa
4. Tiket kawah putih 187rb
5. Masuk ke kawasan air panas alami mandi sepuasnya 90rb
6. Jajan murah2 bikin laper mata total jajan 100rb
7. Beli Mc Donald 75rb
8. Beli recheese 100rb

Banyak yang berkomentar gak worth it ke Kawah Putih dengan biaya segitu, ada yang menyarankan ke Kawah Rengganis bisa rendeman air panas...okelah yaa buat masukan next mau explore yang hemat lagi di pasin 1jt all in dg destinasi cakep semoga bulan November bisa mewujudkannya.

Ulasan detil destinasi mana saja di ulasan berikutnya yaa....

Teman teman juga bisa ubek ubek disini Tiket.com buat dapatin harga2 promo

Posting Komentar

36 Komentar

  1. Aku kira ontang anting itu apa, terjawab sudah.. Sering banget lihat kawah putih di tv. Next semoga bisa main kesini, bagus sekali... Lumayan juga ya tiket mobil keatasnya

    BalasHapus
  2. Ya Allah pengen banget ke ciwidey belum kesampaian sampai sekarang, hiks

    BalasHapus
  3. waduh kayaknya harus pantengin tiket.com juga nih, udah lama nggak jalan2 jauh. APalagi lihat kawahnya yg eksotik abis

    BalasHapus
  4. udah lama banget gak ke Kawah Putih kayaknya terakhir tahun 2013 deh, ya ampun so long ago...

    BalasHapus
  5. Oh, mobil sejenis angkot warna orens yang PP bawa penumpang itu namanya Ontang-Anting? Pas aku sekeluarga main ke Kawah Putih tahun lalu, aku lihat beberapa diantaranya nyungsep deh, kasian. Apa karena sebagian jalanannya ada yang kurang halus atau kepenuhan? Kapan2 aku pengen nginep ah di kawasan kawah, seru banget kayaknya.

    BalasHapus
  6. Makasih infonya, Mbak Yeni...aku mau ke sini batal mulu, termasuk minggu lalu ke Bandung ternyata ga sempat juga. Keep infonya, Ntar ke sana ga bingung lagi. Kalau bagiku info Mbak Yeni bermanfaat, bahkan termasuk hemat...jadi suka kepoin akutuuu. thank you

    BalasHapus
  7. waah, diskonnya lumayan banget yaa ituu. Worth it enggaknya kayanya tergantung ya mbak. Kalau suka dengan pemandangan alam sih worth it deh, masuknya hanya sekitar 57ribu per orang (tiket masuk plus ontang-anting), ini belum dengan potongan lagi, hahaha. Hitung2 meramaikan kembali wisata alamnya yaa, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp betul betul betul meramaikan wisata dalam negeri ❤️

      Hapus
  8. Tahun kmr udh cita2 kesitu eh gagal semoga tahun ni kesampean bawa anak2 liburan ke Bandung. Pengen nyamperin kawah putih. Simpen infonya thanks mbak

    BalasHapus
  9. Dari dulu saya juga punya planning ke kawah putih..kalau ga berdua suami ya ketika anak2 udah gede saja lah. Jalurnya beneran ga lansia friendly dan anak friendly kah? Tiket masuknya mayan ya. Kukira 10 ribuan🤭

    BalasHapus
  10. Wah mba saya sudah lama sekali tidak ke kawah putih ini, kayaknya 2013 atau tahun berapa ya saya lupa, pastinya sekarang banyak berubah dan pastinya hospitalitynya lebih bagus ya

    BalasHapus
  11. Hai mbakyu,asik ya liburan dengan keluarga biayanyapun terjangkau. Penasaran deh pengen kesana dengan keluarga, pemandangannya bisa untuk healing nih mbak. Sumpek juga tinggal di Jakarta susah ketemu pemandangan

    BalasHapus
  12. Kalo basa Jawa ontang anting itu artinya tunggal. Kirain solo traveler gitu ada tarifnya sendiri hahahaha..gagal fokus jadinya..Anyway pengin banget ke Ciwidey. Belum pernah aku kesana huhuhu..

    BalasHapus
  13. Noted nih, liat fotonya aja dah bikin terpana apalagi kalau langsung datang ke Lokasinya yah

    BalasHapus
  14. Belum terwujud keinginan ke kawah ini. Harus menabung juga nih buat bisa menikmati pemandangan nya. Indah sekali.

    BalasHapus
  15. Aku sudah lama sekali tidak ke Kawah Putih Ciwedey, ini sekarang sudah keren ya angkot untuk naik keatasnya. Dulu tuh beneran masih jadul banget, kayaknya aku pas tahun 2016 deh kesana dan belum balik kesana lagi. Lihat ulasannya mbak Gusti jadi pengen bikin rencana kesana bersama keluarga.

    BalasHapus
  16. suasanya seperti di Belitong nih, danau putih bersih idaman banget nih buat healing bersama keluarga

    BalasHapus
  17. Zaman masih tinggal di Surabaya sering dipamerin temen foto di sini dan penasaraaann kek apa. Tp blm ada kesempatan ke sana haha. Ternyata anak2 udah bisa diajakin ke sana yaa. Noted jd pengeluaran buat liburan ke sana msh terjangkau lha yaa. TfS 😁

    BalasHapus
  18. Aku pengen ke Kawah Putih juga. Cakep, tapi mungkin gak pas musim hujan kaya gini. Ntar kabut mulu kan gak asyik ya. Btw, kalau bisa liburan hemat, hayuk capcus

    BalasHapus
  19. sayang yaa ternyata nggak bisa lama-lama ternyata di kawah putih ini. padahal harga tiketnya memang lumayan. untung beli tiketnya pas harga promo ya, mbak

    BalasHapus
  20. wah keren ada ontang anting, jadi pengen mampir :D

    BalasHapus
  21. Saya belum pernah liburan ke kawah putih nih, tempatnya cantik banget ya dan mirip dengan tangkuban perahu, duh kangen liburan ke Bandung deh jadinya :)

    BalasHapus
  22. Pengen bisa traveling ke sana. Bisa jadi patokan buat liburan ke sana nih. One day semoga bisa ke kawah itu bersama anak dan suami.

    BalasHapus
  23. Lebih murah jajan lokalnya ya ketimbang meksi dan ricis. Hehehe. Baguslah kadang ada tempat wisata yang jajan lokalnya mahal. Pernah ke sini tapi udah lamaaaa banget.

    BalasHapus
  24. Wah noted. Aku belum pernah ke kawah putih. Cantik banget pengen juga kalau liburan kesana. Thanks udah sharing infonya ya mba. Bisa dimasukkan list liburan ntar

    BalasHapus
  25. Wah, tempat ini sih deket sama rumahku. Hehehe, tapi ya gitu, mentang-mentang deket rumah, aku malah udah lama gak ke sana. Udah bertahun-tahun. Heuheu, soalnya kalo mau ke Ciwidey itu males duluan. Saat wiken jalan penuh sama orang kota. Nah giliran hari-hari biasa, kita juga sibuk. Lain kali mah kudu diniatin deh kalo mau ke sana. Kangen juga bisa main ke Kawah Putih.

    BalasHapus
  26. Saya udah sering dengar dari teman tentang enaknya wisata ke kawah putih Ciwidey. Baru ini lihat foto secara langsung. Memang bagus banget ya mba

    BalasHapus
  27. Iiih murah yaa villa plus 2x makan cuma 450rb. Jadi mau cobain aah liburan bareng anak kesana nanti.

    BalasHapus
  28. Liburan ke kawah putih Ciwidey ini seru ya mbak
    Pemandangannya bagus
    semoga aku kapan kapan bisa jalan jalan ke sini

    BalasHapus
  29. Seperti nya kalau sudah sampai sana sih harus siap siap bawa masker double deh, biar bau belerang nya gak begitu tercium dan menyengat..

    BalasHapus
  30. Terakhir ke sini jaman SMA tahun 1996, pastinya buanyak perubahan dan harus kembali berkunjung dengan kondisi jaman now yang makin keren.

    BalasHapus
  31. Ingin rasanya bisa nginap di villanya, apalagi bisa lihat pemandangan kawah putih yang indah. Yang lucunya sih, ada teman yang debat bahwa itu tuh kawah ijo 🤣

    BalasHapus
  32. Maasyaa Allah cantiknya untuk spot foto
    Jadi pengen saya ke sana apalagi Bandung adalah tempat idaman sejak kecil

    BalasHapus
  33. Kapan ya aku bisa kesana. Asyik sekali pastinya seseruan dan pepotoan bareng keluarga and saudara. Beberapa kali ke Bandung belum sempat ke Kawah Putih Ciwidey euy..

    BalasHapus
  34. Kok bisa yaaa aku bolak balik ke Bandung dan belum pernah ke Kawah Putih!
    tapi sepertinya Kawah Rengganis bisa dicoba juga sih

    BalasHapus
  35. Aduhhh kapan ya, aku bisa sekeluarga kesana, semoga tahun depan bisa terlaksana ke kawah putih Ciwidey.

    BalasHapus