Wisata Budaya, Edukasi dan Penginapan di Kampung Bareto Garut Jawa Barat

Assalamualaikum sobatku semuaaa....
Jangan bosen yaaa dengan ulasan di blog ini tentang jalan-jalan. 
Dalam rangka liburan midtes anak-anak selama seminggu di akhir September 2022 dimana begitu kelar ambil raport Kamis, 22 September 2022 kami malamnya langsung menuju ke Bandung semalam kemudian lanjut ke Garut. 

Garut terkenal sebagai Swiss Van Java dimana alamnya emang indah dan menghasilkan air panas alami yang bau belerangnya tidak menyengat plus jernih airnya.

Kami sejak pandemi memang sukaak berburu penginapan dengan fasilitas air panas alami + wateeboom, nah penginapan pertama di Garut adalah Villa Cahaya di Cipanas, Villa dengan fasilitas private pool air panas alami bikin capek hilang+waterboom+danau+view cakep.

Penginapan berikutnya adalah penginapan dengan nuansa pedesaan dan memiliki unsur budaya, yupp cocok kan yaa liburan sambil mengenal budaya Indonesia.

KAMPUNG BARETO

Kampung Bareto baru 8 bulan berdiri sejak saya menulis tulisan ini 25 September 2022 oleh Yayasan  BUMDES dengan investor. Kampung Bareto didirikan dengan tujuan supaya masyarakat apalagi generasi muda mengenal budaya Sunda tepatnya di Kabupaten Garut Jawa Barat.

Kampung bareto mengacu kepada sebuah Kawasan yang dihuni masyarakat yang memiliki sebuah tatanan kehidupan, hukum dan norma adat budaya serta tradisi yang mengacu kepada kearifan local disertai dengan cara ciri bangunan serta tata letak bangunan yang berdasarkan filosofi keyakinan masyarakat pada masa lalu.

Wisata Kampung Bareto juga bisa di artikan wisata budaya kampung jaman dulu yang merupakan sala satu divisi Yayasan Bumi Pusaka Parahiyangan yang mengusung sajian sarana wisata tradisional sebagai tempat edukasi yang di aktualisasikan pada wisata minat khusus.

Berpedoman pada nilai nilai budaya lingkungan sosial masyarakat dan pendidikan Yayasan Bumi Pusaka Parahiyangan turut serta membangun pariwisata bertema budaya dan kearifan lokal di desa Tambakbaya kecamatan cisurupan sejak tahun 2022 bersama pemerintah desa tambakbaya serta dinas pariwisata Garut dan ekonomi kreatif kecamatan cisurupan.

Slogan Kampung Bareto
"Dari Alam dan Dengan Alamlah Kita Semua Bahagia"

Wisata kampung bareto bergerak
dalam bidang sarana permainan tradisonal yang semakin hari semakin terlupakan
yang ditunjang oleh fasilitas pelengkap lainnya yang memberikan nilai – nilai
edukasi yang mempertahankan budaya sunda seutuhnya seperti halnya

–Penginapan dengan adat suku sunda.

-Panggung budaya untuk pagelaran seni sunda .

-Museum sunda untuk memperkenalkan sejarah garut sebelum ada kota garut ataupun sesudah ada kota Garut.

Visi
Mengenalkan dan Mengedukasikan ke masyarakat tentang kepedulian terhadap Budaya

Misi

Memberikan nilai edukasi terhadap generasi mendatang tentang budaya yang makin hari makin di lupakan berdasarkan prinsip kualitas dan profesionalisme komitmen dalam pelayanan dan oreantasi kemitraan.

Menjadi tujuan wisata terdepan di kabupaten garut yang mengusung konsep wisata budaya dan fokus pada minat wisata khusus.

Ikut serta membangun dan mengembangkan desa desa wisata di kecamatan cisurupan dalam prinsip pemberdayaan masyarakat lokal dengan menghidupkan kembali tradisi masyarakat masa lalu.


PERMAINAN TRADISIONAL DI KAMPUNG BARETO

Berbagai mainan tradisional seperti gobak sodor, panah, engkrang, pluit, seruling bambu, parasut, bola bekel, engklek dkk. Bagi tamu menginap permainan GRATIS kecuali yang dibawa pulang seperti bola bekel, parasut, seruling, kapal, ketapel, pluit bambu.

Memanah free di dampingi pelatih

Main engkrang free
      Permainan engklek, gobak sodor dkk
Jalan-jalan kebagian belakang terdapat sumber mata air
Pemandangan ketika kami jalan ke belakang penginapan
Harga mainan yang bisa dibeli bola bekel 5k, bola kasti 5k, gasing besar 20k, gasing kecil 10k, parasut 5k, ketapel 5k, pedang 5k, yoyo 20k, gangsing 20k, pluit bambu 5k, ketapel bambu 10k, selepetan 5k, parasut 5k, ketapel plastik 10k, perahu 10k.

Kami membeli pluit bambu dan yoyo, kebetulan anak-anak belum banyak tahu cara memainkan mainan tradisional ini.

COTTAGE / PONDOk
Di Kampung Bareto ini tersedia penginapan dengan 2 type yaitu

a. Cottage dengan 2 kamar tidur 
Tarif normalnya Rp. 750.000
Kami ambil type 2 kamar ini di aplikasi Agoda dengan harga 500.000 diskon menjadi 470.000.

             Cottage kami asri kan yaa
Kamar saya menghadap halaman belakang area sawah
Kamar anak-anak menghadap halaman depan
        Secara keseluruhan cottage kami
Free sarapan 4 pax berupa nasi goreng dan roti bakar coklat keju

b. Cottage dengan 1 kamar tidur
Tarif Normal Rp. 450.000
      Cottage dengan 1 kamar

MUSEUM GARUT LINGGA RATU

Di dalam kampung Bareto terdapat mini museum yang berisi benda kuno seperti keris, golok, peralatan ke sawah, peralatan dapur jaman dulu dan foto Bupati Garut yang pernah menjabat sejak dulu sampai sekarang
Bupati Garut yang pernah menjabat dari awal sampai sekarang.

Arti Bentuk Genting Rumah Adat Sunda

      IMAH JOLOPONG (TERKULAI)
Bentuk atapnya sederhana segitiga sama kaki, bagi masyarakat sunda model seperti ini banyak dijumpai memiliki kesan sederhana karena mudah proses pembuatannya.
Cottage dengan 1 kamar buat 2 orang

PERAHU  KUMUREB
Artinya Perahu Terbalik, desain atap berbentuk trapesium ini memiliki kelemahan yaitu mudah bocor.
JULANG NGAPAK

Restaurant tempat karaoke juga, sarapan kami juga disini

CAPIT GUNTING
Menyerupai gunting, salah satu model kuno.
Bagian depan bangunan ada tulisan Capit Gunting ini tempat kami menginap 2 kamar kami menempati yang sebelah kanan. 


BADAK HEUAY ( BADAK MENGUAP)
Desain rumah adat dimana atapnya menganga mirip badak yang sedang menguap.     

Filosofi Rumah adat dengan atap Badak Heuay ini adalah menggambarkan masyarakat Sunda yang ramah dan terbuka, dinding rumah yang berasal dari kayu bambu diartikan dengan bersahaja, mengayomi orang yang tinggal di dalamnya.
Rumah ini di namakan Canoli alias tempat memasak disini buat cafe 
Bangunan ini buat tempat santai atau meeting 



MUSHOLLA
Tersedia musholla di bagian pojok kanan alias berdekatan dengan cottage kami.
Musholla kecil dengan toilet dan tempat wudhu bersih, dan asri.
Selain tamu menginap Kampung Bareto ini dibuka untuk umum, dengan tiket masuk 10rb/orang.

Hari pertama kami cek in ramai sekali pengunjung anak TK dan SD, hari kedua pagi rombongan ibu-ibu dengan seragam warna warni melakukan senam pagi bersama dilanjutkan acara games.
Untuk nyamuk karena disini suhunya dingin sehingga nyamuk sedikit, didalam cottage disediakan obat nyamuk elektrik. 


Pokoknya kalau mau booking ke Agoda aja lebih murah KAMPUNG BARETO GARUT 25 MENIT KE PAPANDAYAN


NB : Pengalaman yang tidak menyenangkan dan buat masukan juga untuk Kampung Bareto 
- Sabun & Handuk tidak tersedia
- Gula, Teh, Kopi, Teko air dan air putih tidak disediakan
Akan tetapi setelah kami mengajukan kritik setelah cek out harusnya point diatas disediakan mungkin petugasnya lupa.
Dilihat dari harganya Kampung Bareto termasuk mahal setara dengan Hotel nah alangkah baiknya sprei seperti Hotel warna putih semua, karena di kamar saya putih di kamar anak-anak bermotif.

Sekian ulasan dari Gusti Yeni Famtrip nah penginapan kami Berikutnya adalah Penginapan + Fasilitas Air Panas Alami + Waterboom Luassss...dimana?




Posting Komentar

44 Komentar

  1. Keren... Bareto kalau dalam bahasa Sunda artinya dulu, dahulu, jadi sesuai banget tuh sama konsepnya yang mengajak mereka yang datang untuk merasakan sekelumit kehidupan di masa lalu.

    Foto-fotonya juga bagus yang membaca bisa ikut merasakan berada di sana.

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumussalam. Saya sudah lama tidak ke Garut ternyata ada wisata kampung Bareto yang penuh kearifan lokal. Cocok untuk yang ingin healing jauh dari hiruk pikuk perkotaan

    BalasHapus
  3. Wah asyik banget nginep di cotage sekalian wisata budaya yah, anak2 juga pastinya seneng karena banyak permainan tradisional yaah. Jadi pengen ajakin anak2 ke sana juga deh

    BalasHapus
  4. Dulu anak saya kesulitan menghafal nama model atap bangunan sunda. Coba udah ada kampung bareto saat itu, ya..

    BalasHapus
  5. Memang sekarang lagi booming tempat wisata yang menyajikan kehidupan adat masyarakat terdahulu. Menarik banget kak Yeni, karena anak sekarang jadinya wisata sambil diedukasi banyak nilai-nilai yang arif untuk kehidupan mereka.
    Lumayan banget ya kak, kalo booking dari agoda. Harga normal 750k. Dari agoda 500 akhirnya bisa dapet dibawah 500.000

    BalasHapus
  6. gemes banget itu penginapannya mba, aku pernah semacam ini tapi jarak kamarnya masih agak dekeeet dan nggak ada bunga2nya. Harga hunting mba Yen yaaa, keren teruuuus dpt di bawah 500 euy ini. Wisata budaya edukasi bikin kelar refresh juga dapat ilmunya nih anak2^^

    BalasHapus
  7. Datang ke tempat secakep ini beneran makin tahu kebudayaan Sunda yang dikemas secara menarik ya. Tempatnya juga asri dan nyaman. Semoga selalu terjaga dengan baik

    BalasHapus
  8. berasa banget suasana perdesaan yang sejuk saat menginap di sini, dan model penginapannya cottage

    BalasHapus
  9. Kalo untuk fasilitas seperti handuk tidak disediakan, padahal harganya setara hotel bintang 3 mestinya diinfokan ya. Takutnya yang tidak bawa handuk dari rumah malah jadi kecewa. Kalo permainan itu termasuk fasilitas yang bisa dinikmati tamu yang nginap, mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess masuk dalam fasilitas dan didampingi diajari cara makai di bantu foto dan video

      Hapus
  10. Tempat da bangunannya bagus. Tapi setelah lihat bentuk nasi goreng, mungkin menu sarapan harus ditambah istimewa agar tamu betah dan banyak yang berkunjung berkat promosi yang baik.

    Soal handuk dan sabun, itu perlengkapan standar hotel. Penginapan sekelas Kampung Bareto juga mestinya sediakan hal standar itu. Termasuk seprai dan lainnya.

    Itu masukan penting bagi osngelola agar tidak sepi karena tamu puas dengan layanan Kampung Bareto.

    Soalnya tempat dan filosofi Kampung Bareto sudah bagus, hanya harus dikelola lebih profesional

    BalasHapus
  11. Penampakan cottage dari luar, serta suasana sekitar, terlihat menyenangkan, terasa nuansa pedesaannya.
    Soal kekurangan yang disebutkan, aku setuju hal itu harus jadi perhatian pengelola. Karena dengan tarif yang diberikan, bahkan lebih mahal dari hotel berbintang di Jakpus yang serba modern dan lengkap, seharusnya disertai dengan kelengkapan fasilitas. Lupa bukanlah alasan. Beberapa orang termasuk saya, tidak masalah membayar mahal asal sesuai dengan yang didapat.

    BalasHapus
  12. Itu lupa atau gimana ya 😂
    Menurut Mbak Yeni, dengan harga sepadan dengan tarif hotel umumnya, masuk akal gak? Eh tapi kalau jendelanya model gitu hadep sawah, gak takut ada ular masuk kah?

    BalasHapus
  13. Konsep cottage-nya bikin merindu masa lalu, serasa mengunjungi rumah nenek saat liburan sekolah. :')

    BalasHapus
  14. Slogannya iya banget. Dan kalau wisata ke alam lebih tenang rasanya ya, Maak. Suka banget dengan aktivitas2 di Kampungnya, anak2 pasti betah, apalagi cottagenya bagus2.

    BalasHapus
  15. Damaaaiiii bgt ya berada d sini.
    Banyaaakk yg bs dilakukan bareng kluarga.
    Sunggu awesome

    BalasHapus
  16. Asri banget Mba tempatnya, jadi ingin berlibur juga di kampung Bareto sekaligus menikmati alam pedesaan yg masih alami Yaa. Cottage ya juga bikin berasa nyaman banget.

    BalasHapus
  17. Gambar-gambarnya bikin pingin healing ke kampung Bareto. Apalagi selain wisata budaya juga edukasi.

    BalasHapus
  18. Suasana alam yang asri pasti membuat pengunjung dari kota terpuaskan dengan layanan alam seperti ini ya Mba.
    Sebagai perbaikan tentunya pihak cottage harus terbuka dengam masukan seperti kelengkapan fasilitas standar menginap agar tamu puas dengan layanan hotel

    BalasHapus
  19. Melihat suasana Garut ini memang sederhana banget yaa..
    Jauh dari perkotaan ini kadang membuat kita lebih adem dan slow dalam menghadapi hidup. Ternyata staycation begini bisa semakin mempererat komunikasi antar keluarga apalagi sambil bermain-main selama liburan.

    Semakin kompak, kak Yeni dan keluarga.

    BalasHapus
  20. Seru banget kampung Bareto ini. Selain penginapan dengan nuansa alam dan khas Sunda, yang paling kusuka itu ada bagian permainan tradisional. Tahun sendiri kan sekarang ini udah jarang banget karena tergeser gadget. Kaya balik ke zaman dulu

    BalasHapus
  21. Konsepnya benar-benar alami, dekat dengan alam dan menghadirkan kebahagiakan saat di sana ya, Kak. Apalagi bisa buat edukasi, dan banyak permainan tradisional yang bisa dikenalkan pada anak

    BalasHapus
  22. unik juga ya bun konsep penginapan yang diusung. Kental dengan nuansa desa, dan juga lengkap dengan adanya permainan tradisional. Jadi pengen belajar lagi naik engkrang euy..

    BalasHapus
  23. Liat cottagenya imut2 banget, jadi ingat rumah di kampung kalau kayak gini full kayu semua, lingkungan di sekitar juga asri mendukung banget liburan khas desa :)

    BalasHapus
  24. Penasaran nih. Itu kan dikelilingi sawah. Apakah aman dari binatang yang tak diinginkan misalnya ular? Apakah banyak nyamuk? Kalau suasananya asik banget sih. Buat yang suka adventure ini cocok banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disediakan obat nyamuk elektrik, rumahnya model panggung Insya Allah tidak ada hewan. Udaranya dingin banget say jadi nyamuk tidak banyak kalau lalat cepet datang ketika kita makan di luar.

      Hapus
  25. Waahh iya budaya Sundanya kental banget, bisa lihat2 bangunan khas Sunda. Senengnya bisa dapat diskon. Utk cottage seluas itu cukup worth it ya mbak.
    Anak2 juga hepi pastinya bis abelajar permainan tradisional yang sekarang udah mulai jarang ada yang mainain. Tfs infonya :D

    BalasHapus
  26. Lihat foto-fotonya,apalagi cottagenya,berasa meluncur ke masa kakek-nenek,sederhana,damai,tenang hehehehe. Suasana alamnya sejuk tenang banget itu ya,suka bangett

    BalasHapus
  27. Sekilas kalau baca Kampung Bareto kelihatan kayak ke Latin-latinan padahal artinya unik juga. Bareto (Sunda) artinya dulu, zaman dulu. Bener-bener keren idenya ini.

    BalasHapus
  28. Seperti ulasan ulasan sebelumnya di blog ini. Komplit plit plit sampai kritikan untuk hotel pun ada. Semoga ada perbaikan kedepan. aku suka dengan konsep tema alam yg diusung.. thanks mba

    BalasHapus
  29. Wah menarik anak-anak bisa mengenal permainan tradisiinal sekaligus budaya Sunda, hanya fasilitas penginapan yang kurang ya mbak

    BalasHapus
  30. Wah seru banget tempat penginapannya
    Suasana alam dan ada permainan tradisionalnya
    Ada seperti museum nya juga ya mbak

    BalasHapus
  31. wah ada kampung Bareto yaa, keren banget. nuansanya bener bener dibuat seperti zaman dulu yaa. hanya saja, sayangnya piring untuk makannya kok gak pake piring zaman dulu atau piring kaleng yang legendaris itu lho.

    BalasHapus
  32. Wah keren banget yaa semua fasilitasnya. Murah dong ya sewa cottage buat keluarga cuma 500rb. Duh galau.. Mau jalan2 ke Garut apa ke Malang yaa after BW nih. Hahaha

    BalasHapus
  33. Kampung Bareto, walau baru 8 bulan beroperasi, fasilitasnya komplit ya. Nggak cuma dapat kesenangan pemandangan yang indah dan udara sejuk, tapi bisa belajar banyak budaya juga di sana. Cocok nih kalau ke sana sama anak-anak

    BalasHapus
  34. Kampung Bareto masukin ke bucket list yaa karena bisa ajak anak-anak main di alam. Permainan tradisional yang dijual juga beragam. Mengingat masa kecil main gasing sama yoyo.

    BalasHapus
  35. Masih penasaran sama bentuk atap yang capit gunting, kalau dari foto diambil dari samping ya jadi nggak keliatan capit guntingnya..?yang lucu lagi nama Badak heuay ya

    BalasHapus
  36. Kalau Cahaya Villa saya familiar tempatnya. Nah ini, Kampung Bareto menarik banget cottagenya. Seru banget pasti bisa nginep di sini. Nuansa sawahnya dapat. Suka deh ama cottage model begini. Bisa main panahan, asyik nih anak-anak pasti suka nyobain panahan gini

    BalasHapus
  37. Wah wah Garut, bikin keingetan udah lama gak main ke Garut. Tahun 2019 terakhir itu. Duh kangen. Alam Garut mah selalu asyik. Seru bawa keluarga liburan di sana. Ini tempatnya kok asyik ya. Penginapannya seru 😍

    BalasHapus
  38. Menyenangkan sekali setiap baca tempat wisata di Bandung apalagi akomodasi. Maklum saya sudah ngebet mau ke Bandung sejak SD tapi belum kesampaian saja ini...

    BalasHapus
  39. wah seru banget nih. buat anak-anak koita pastijadi pengalaman tak terlupakan ya liburan di desa wisata gini, menyehatkan pula alamnya masih asri

    BalasHapus
  40. Salah satu destinasi wisata yang sering kami kunjungi ke Garut juga nih tapi belum pernah kesini. Nanti coba ah.. mantep juga ya mba

    BalasHapus
  41. Kampung Bareto luas juga ya fasilitasnya lengkap. Aku berasa di Jogja karena kamarnya bentuk dan bahannya tradisional sekali. Yg penting makanan mudah dan ada banyak permainan tradisional

    BalasHapus
  42. Waaah free sarapannya mengundang seleraaa mba, apalagi untuk 4 pax wkwkw, asyik bener. Ada roti dan nasi goreng dahlah auto kenyaaaaang~ pemandangannya jg alamiii banget bikin mata ijo

    BalasHapus